Ketua KADIN Sergai: Pedagang Lelo Bagian Dari UMKM, Harus Kita Dukung Bersama – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Sumatera Utara

Ketua KADIN Sergai: Pedagang Lelo Bagian Dari UMKM, Harus Kita Dukung Bersama

Published

on

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Sergai, Suyanti.

SERGAI, suaraborneo.com – Seharusnya Pekan Lelo Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah itu ditata lebih baik, karena Pekan Lelo merupakan ‘urat nadi’ sumber ekonomi masyarakat Sei Rampah yang sudah berjalan tahunan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) harus mengkaji ulang rencana relokasi Pekan Lelo tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Sergai, Suyanti kepada wartawan Selasa (25/1) sore di Kantor KADIN Sergai, Jalan Umum Belidaan, Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah.

Lanjutnya, jika pedagang Lelo merasa nyaman dan pemilik lahan tidak keberatan maka kenapa tidak, kita dukung bersama.

“Mereka para pedagang Lelo juga bagian dari UMKM sebagai “penggerak roda perekonomian” Kabupaten Sergai yang harus kita dukung bersama perekonomiannya,”ujarnya lagi.

Ketua KADIN Sergai periode 2021-2026 itu juga menegaskan pihaknya tetap mendukung para UMKM dan tetap mensupport rakyat kecil di Kabupaten Serdang Bedagai.

Karena kehadiran KADIN ini mendukung dan mendongkrak peningkatan perekonomian Indonesia terkhusus UMKM naik kelas demi kepentingan masyarakat.

“Oleh karenanya, sebagai percepatan pertumbuhan ekonomi di Sergai, KADIN Sergai menyiapkan rumah UMKM sebagai pemulihan ekonomi terdampak pandemi,”tutup Suyanti didampingi pengurus lainnya.

Sergai

Penuhi Kriteria, Sergai Terima Penghargaan KLA

Published

on

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak Kementrian PPPA, Agustina Erni, menyerahkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) level Madya yang diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Perhatian maksimal Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terhadap sistem pembangunan hak dan perlindungan anak, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak Kementrian PPPA, Agustina Erni, menyerahkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) level Madya yang diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Kamis (4/8/2022). Apresiasi ini diserahkan di kantor Kementerian PPPA, Jl. Medan Merdeka Barat No.15, RT 2/RW 3, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Wabup menyampaikan, penghargaan yang diberikan kali ini menjadi istimewa karena status Sergai mengalami peningkatan.

“Sebelumnya beberapa kali Sergai sudah mendapat penghargaan serupa dengan status Pratama. Sekarang kita naik satu tingkat ke level Madya,” jelas Wabup Adlin. .

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian PPPA yang sudah melaksanakan penilaian dan di saat yang sama selalu memberi dukungan terhadap implementasi program kerja Pemkab Sergai, terutama dalam upaya memberantas stunting.

“Kami juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi sehingga Sergai berhasil mendapatkan penghargaan ini, terkhusus kepada orang tua angkat maupun stakeholder lainnya,” ungkap Adlin Tambunan.

Selain itu, bagi Wabup, prestasi yang diraih ini bisa menjadi motivasi bagi OPD terkait untuk menjaga kinerja, bahkan meningkatkannya ke arah yang lebih baik.

“Saya optimis, level Nindya, bahkan Utama, bisa kita capai jika bekerja sama-sama dan bergotong royong. Insya Allah,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Sergai dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes, yang ikut mendampingi Wabup, menyampaikan kalau penghargaan ini diberikan sebab Kabupaten Sergai memenuhi kriteria KLA.

“Kriteria tersebut antara lain sudah adanya regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati yang mengatur tentang implementasi KLA, pengentasan stunting, dan sebagainya. Selain itu fasilitas publik seperti rumah ibadah yang layak anak. Ada pula Desa Layak Anak, Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan lainnya,” papar dr. Helminur. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Baliho Robek dan Kusam di Jalinsum Sergai Ancam Pengguna Jalan

Published

on

Baliho yang 'kedaluwarsa' terlihat robek dan kusam bahkan kini bergelantungan tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Sei Bamban. (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Baliho berukuran besar berbahan easy banner yang berada di Jalinsum Medan – Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut tampak sangat semerawut dan mengancam pengguna jalan yang melintas.

Baliho yang ‘kedaluwarsa’ terlihat robek dan kusam bahkan kini bergelantungan tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Sei Bamban, Sei Rampah dan Kecamatan Perbaungan.

Bahkan papan reklame billboard di jalan umum ini juga tidak menutup kemungkinan turut andil dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai.

Hingga dinilai penertiban baliho tak layak dan nyaris tersentuh aspal tersebut sengaja dibiarkan maka diduga ini merupakan bentuk kelalaian Dinas terkait.

Dikatakan inisial AS (32), salah satu pengguna jalan yang sering melintas mengatakan bahwa baliho yang menempel pada papan iklan besar itu, kondisinya sobek dan juga menggantung sangat rawan terlepas menyebabkan jatuh jika diterpa angin kencang. Sampai kini, baliho tersebut masih menggantung belum ada tanda-tanda penertiban.

“Kondisi itu sangat membahayakan masyarakat pengguna jalan saat melintasi lokasi tersebut, apalagi terutama saat cuaca hujan sangat rawan terbawa angin kencang akibatnya jatuh ke pengendara melintas,” ujarnya.

Hal senada dikatakan warga inisial SW (44). Dia menyesalkan, belum ada tindakan dari pengelola billboard dan Dinas terkait saat baliho sudah bergelantungan. Padahal itu sangat rawan ambruk saat cuaca memburuk diterpa angin kencang.

“Baliho itu sangat membahayakan warga dan pengguna jalan yang melintas di lokasi itu. Semoga cepat ditertibkan, jangan sampai jatuh duluan menimpa orang di bawahnya yang bisa membuat celaka,”ujar SW.

Lanjutnya, apalagi jalan tersebut sebagai jalur utama penghubung antara Medan – Tebing Tinggi dan tak terhitung pejabat Pemkab Serdang Bedagai yang melintas dibawah papan iklan tersebut tetapi hal itu nampaknya tidak berpengaruh terhadap baliho yang nyaris menyentuh Jalinsum.

“Sudah dari bulan kemarin itu bang (wartawan-red), kadang-kadang kita warga sini juga takut kalau copot dan mengenai warga dan pengguna jalan. Soalnya baliho tersebut berukuran besar,”tutupnya.

Sementara Kasat Pol PP Sergai, M. Wahyudhi kepada wartawan Jumat (29/7/2022) melalui sambungan telepon seluler WhatsApp menyebutkan penertiban baliho di Jalinsum terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Setdakab Sergai.

“Dimana titik-titiknya. Nanti kami akan berkoordinasi dulu dengan Bapenda,” ujarnya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Tokoh Muda Sergai Kunjungi Korban Angin Puting beliung

Published

on

Tokoh muda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Zoefri Arie Harahap, S.Pd didampingi Anggota DPRD Sumut, Loso Mena mengunjungi korban bencana angin puting beliung. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Tokoh muda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Zoefri Arie Harahap, S.Pd didampingi Anggota DPRD Sumut, Loso Mena mengunjungi korban bencana angin puting beliung di Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Sergai, Rabu (27/7/2022) malam.

Pada kesempatan itu sekaligus memberikan bantuan berupa 50 goni beras dan 30 kotak mie instan di Posko Bencana di Dusun XV Kampung Jati, Desa Sei Bamban.

Dikatakan Zoefri Ari Harahap, dirinya turut prihatin atas bencana angin puting beliung yang menimpa warga khususnya di Kecamatan Sei Bamban.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga yang tertimpa bencana angin puting beliung,”katanya

Terakhir, Zoefri Ari Harahap menyebut agar warga yang tertimpa musibah agar diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis di Posko Bencana mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan terhadap warganya.

“Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Loso Mena dan rombongan atas bantuannya,” ujarnya

Kades juga menjelaskan, bencana angin puting beliung ini menimpa 149 rumah di Dusun I, Dusun XII, Dusun XIII, Dusun XV dan Dusun XVI. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Puting Beliung Di Sergai Telan Korban Jiwa, Pembuat Batubata Rewas Tertimpa Pohon

Published

on

Bencana angin puting beliung rumah warga porak-poranda. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara, menelan korban jiwa, Rabu (27/).

Pembuat batubata, Junaidi (60) warga Dusun XI Pintu Air, Desa Sukadamai, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Sergai meninggal dunia setelah tertimpa pohon.

Tewasnya korban dibenarkan oleh
Kepala Desa Sukadamai, Karnain.

“Korban saat itu sedang kerja membuat batubata di Dusun V. Tiba-tiba pohon di sekitar tempatnya bekerja tumbang diterjang angin kencang disertai hujan,” ujarnya dihubungi melalui sambungan telepon seluler.

Selain menelan korban jiwa, dalam bencana angin puting beliung rumah warga porak-poranda.

“Data sementara ada sekitar ratusan rumah rusak berat dan ringan. Saat ini masih mendata berapa pasti jumlahnya,” terang Karnain.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sergai, Marnangkok Gultom menyebutkan data yang baru masuk di Kecamatan Sei Bamban diterjang angin puting beliung.

Begitupun, tidak menutup kemungkinan ada kecamatan lainnya. Oleh karena itu, masih didata.

“Untuk berapa jumlah rumah yang rusak di Kecamatan Sei Bamban belum diketahui, karena sedang mendata,” sebut Marnangkok dari panggilan ponselnya. [yusnar]

Continue Reading

KrimHum

Polisi Sergai Bekuk 6 Pengedar Narkotika di Sejumlah Lokasi

Published

on

Personel Sat Res Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) membekuk 6 terduga pengedar narkotika. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Personel Sat Res Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) membekuk 6 terduga pengedar narkotika dari sejumlah lokasi dan waktu yang berbeda.

“Senin (23/5) lalu , petugas berhasil menangkap S (31) , DIP (41) dan SU (34) di kawasan Dusun I Desa Kesatuan , Kecamatan Perbaungan , Kabupaten Sergai ,” ujar Wakapolres Sergai Kompol Sofyan didampingi Kasat Res Narkoba AKP Juriadi Sembiring , KBO Iptu Bonar Manurungv, Kanit I Ipda Anggiat Sidabutar dan PS Kasi Humas Bripka Juparto Situmorang ketika menggelar konferensi pers, Rabu (13/7), di Mapolres Setempat.

Kemudian lanjut Wakapolres , memasuki akhir Juni 2022 , petugas juga meringkus dua pengedar sabu inisial FH (29) dan MY (26) di Lingkungan VII Kelurahan Tualang , Kecamatan Perbaungan.

Lalu, sambung Sofyan , di awal Juli 2022 Tim Opsnal Sat Res Narkoba Polres Sergai kembali menciduk I (50) alias Iwan , warga Jalan Gunung Arjuna , Kelurahan Mekar Sentosa (Mentos) , Kecamatan Rambutan , Kota Tebing Tinggi di sekitar Dusun III Desa Liberia , Kecamatan Teluk Mengkudu , Kabupaten Serdang Bedagai.

Menurut perwira berpangkat melati satu emas itu , keenam tersangka ditangkap petugas berdasarkan adanya laporan dari masyarakat yang menyebut , lingkungan tempat tinggal mereka kerap dijadikan sarang peredaran gelap narkotika jenis sabu maupun pil ekstasi.

Usai menerima info tersebut , tanpa berlama – lama , petugas bergegas menuju lokasi di maksud untuk melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan para pengedar tanpa perlawanan beserta sejumlah alat bukti kejahatan narkotika.

“Dari keenam tersangka ini , petugas turut mengamankan 131 Butir Pil Ekstasi , 50 Gram Sabu , 1 Timbangan Elektrik , 3 HP dan Uang Tunai diduga hasil kejahatan sebesar Rp 229.000 ,” ucap Sofyan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan para tersangka , masih kata Sofyan , mereka mengaku sudah menjalankan bisnis haram itu selama dua tahun (sejak 2020) di beberapa Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai.

Atas perbuatannya , keenam pengedar narkotika itu akan dijerat Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 112 Ayat (2) dari UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan diancam dengan Hukuman Penjara Maksimal 20 Tahun atau Seumur Hidup.

“Kini tersangka S , DIP , SU , FH , MY dan I beserta berbagai alat bukti kejahatan narkotika telah diamankan di Polres Serdang Bedagai untuk kepentingan pemeriksaan lanjutan ,” pungkas Kompol Sofyan sembari menegaskan pihaknya tetap komit dalam memberantas peredaran gelap narkoba bersama elemen masyarakat guna menyelamatkan generasi penerus di Tanah Bertuah Negeri Beradat. [yusnar]

Continue Reading

KrimHum

Korban Nyaris Diperkosa dan Barang Berharga Dibawa Kabur, Pelaku Akhirnya Meringkuk di Polres Batubara

Published

on

Pelaku yang diamankan Polres Batubara. (Foto: Ist)

BATUBARA, SuaraBorneo.com| Sat Reskrim Polres Batu Bara, Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap kasus melakukan pencurian dengan kekerasan (curas).

Hal itu berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP / 491 / VII / 2022 / SPKT / Polres Batu Bara tanggal 11 Juli 2022 dengan korban seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), Minawati Malau (46) warga Dusun I Desa Perbaungan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan.

Peristiwa curas tersebut terjadi di Jalan Juanda Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Minggu (10/7/2022) sekira pukul 04.30 WIB.

Tidak butuh waktu lama pada Senin (11/7) sekira pukul 15.00 WIB, akhirnya Sat Reskrim Polres Batu Bara berhasil meringkus pelaku yang diketahui bernama Rahmat (34) warga Lk VII Sebrang, Desa Perdagangan I Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.

Pelaku diringkus di Jalan Lintas Lima Puluh Perdagangan Desa Perdagangan II Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.

Menurut Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes, S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP JH Tarigan kepada wartawan, Selasa (12/7) menyampaikan pada saat itu pelapor (korban) menumpangi bus dari arah Dumai menuju Siantar, dimana tujuan pelapor adalah turun di daerah Simpang Kawat Kabupaten Asahan, namun karena pelapor ketiduran, dan saat terbangun dari tidur posisi bus sudah tiba di daerah Perdagangan.

“Terpaksa kemudian pelapor di turunkan oleh supir bus di Kota Perdagangan, dan saat itu situasi masih gelap sekira pukul 04.00 WIB, pada saat pelapor turun, ada beberapa pengemudi becak bermotor membawa penumpang lain,” paparnya.

Selanjutnya, kata AKP JH Tarigan, pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Supra menawarkan jasa untuk mengantarkan pelapor, dan saat itu pelapor minta di antar ke Simpang Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, setelah berunding mengenai ongkos Rp 40,000 (empat puluh ribu rupiah) kemudain pelapor setuju.

“Saat itu pelaku juga menyetujuinya kemudian pelaku mengarahkan sepeda motor langsung ke arah Indrapura, dimana saat itu pelapor sempat bertanya kepada pelaku dengan mengatakan kok kesini jalannya ? “kemudian pelaku mengatakan “ kita tukar sepeda motor dulu kerumah saya”jelas Kasat.

Lanjut Kasat Reskrim, setelah melintasi rel Kereta Api Lima Puluh, kemudian pelaku mengarahkan sepeda motor ke jalan pintasan samping rel menuju arah Simpang Dolok, dan setelah di dekat penurunan tepatnya di perkebunan kelapa sawit PT. Socfindo, kemudian pelaku langsung memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan dan membuang tas pakaian yang di pegangnya lalu pelaku langsung turun dan langsung menarik baju pelapor dengan tujuan, pelaku ingin memperkosa pelapor dimana saat itu pelapor sempat melawan dan berontak sehingga pakaian pelapor robek.

“Pada saat itu juga, pelaku membentak pelapor dan mengatakan diam kau dan saat itu pelapor berusaha melepaskan diri, dan saat itu pelaku mengambil 1 (satu) buah tas sandang yang pelapor kalungkan ke leher dan badan pelapor yang tas tersebut berisi 2 (dua) buah hand phone masing-masing 1 ( satu ) buah merek Samsung warna belau dan 1 ( satu ) buah hand phone merek Vivo warna biru dan 2 ( dua ) buah cincin emas, dan uang tunai sebesar Rp 400.000 ( empat ratus ribu rupiah ), 1 lembar uang kertas dolar Singapura sebesar 10 dolar, dan 1 lembar uang dolar Singapura sebesar 2 dolar Singapura, 2 (dua) buah jam tangan, KTP, Kartu ATM BRI, Kartu Pra sejahtera sebanyak 2 ( dua ) buah masing masing atas nama pelapor (Wesly Marbun) dan nama pelapor Minawati Br Malau, 1 ( satu) buah buku paspor,”beber AKP JH Tarigan.

Kemudian, sebutnya, korban mencoba melawan dengan cara menarik tas nya tersebut namun pelaku memaksa dan mendorong pelapor hingga pelapor terjatuh dan menarik tas pelapor yang pada saat itu pelapor kalungkan dan akibat tarikan tas yang di lakukan pelaku, menyebabkan pelapor terjatuh ke aspal hingga tas pelapor tersebut putus.

Karena korban terjatuh, pelaku langsung kabur dan membawa tas pelapor tersebut saat itu pelapor sempat berteriak minta tolong di kebun kelapa sawit, namun tidak ada satu orang pun yang mendengar dan datang ke tempat kejadian, dan kemudian pelapor berusaha berjalan ke arah Jalan Lintas Sumatera dan pelapor bertemu dengan seseorang bermarga Damanik di simpang jalan lintas.

“Selanjutnya pria bermarga Damanik tersebut menyarankan agar pelapor melapor ke polisi namun saat itu pelapor dalam keadaan panik dan pelapor meminta agar di berhentikan bus lalu pria tersebut menyetopkan bus untuk pelapor dan setibanya di rumah lalu pelapor menceritakan kejadian tersebut kepada suami pelapor bernama Wesli Marbun (52), hingga akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Batu Bara,” terang Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim Polres Batu Bara itu menambahkan, pelaku sudah diamankan serta dibawa ke Polres Batu Bara untuk di mintai keterangannya dan pada saat dilakukan wawancara pelaku mengakui perbuatannya dan terhadap barang-barang yang dicuri dilakukan penjemputan ke tempat dimana pelaku menyimpan barang hasil curiannya guna di jadikan barang bukti di persidangan untuk proses lebih lanjut.

“Motifnya, pelaku tidak memiliki uang sehingga pelaku melakukan pencurian tersebut dan uang yang didapat untuk kebutuhannya sehari-hari,”demikian disampaikan AKP JH Tarigan.

Diketahui, Barang Bukti yang diamankan polisi diantaranya berupa 1(satu) buah tas berwarna coklat beriksikan, 1 (satu) buah dompet warna merah, 1 (satu) buah hand phone merek VIVO warna biru, 2 (dua) buah jam tangan, Kartu Pra sejahtera sebanyak 1 (satu) buah atas nama Wesly Marbun, dan 1 (satu) buah buku paspor. [yusnar]

Continue Reading

Kuala Kapuas

Kesal Kampungnya Tempat Lapak Judi, Warga Desa Pantai Cermin Kanan Hancurkan Alat Judi Tembak Ikan

Published

on

Lokasi lapak perjudian yang dihancurkan warga. (Foto: Ist) 

SERDANG BEDAGAI, SuaraBorneo.com – Diduga warga resah dengan kehadiran lapak judi tembak ikan yang telah beroperasi lama.

Akhirnya, puluhan warga menghancurkan lokasi judi tembak ikan di Dusun IV, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.
Informasi yang berhasil dikumpulkan media ini, bahwa kejadian itu terjadi pada hari Minggu 10 Juli 2022, sekitar pukul 12.00 WIB, persisnya pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Menurut keterangan warga yang enggan disebutkan identitasnya, penghancuran lokasi judi tembak ikan itu terjadi diduga lantaran warga kesal dan menolak adanya tempat judi.

Apalagi banyak kaum pria tua muda yang menghabiskan waktunya untuk bermain judi tembak ikan di tempat maksiat tersebut.

” Mungkin warga kesal. Lantaran lokasi judi itu sudah sangat meresahkan,” ujarnya, Selasa 12 Juli 2022.

Menurutnya, lokasi judi itu pernah ditutup, tetapi buka kembali sekitar sebulan yang lalu, kata pria berumur 50 tahun itu sembari memperlihatkan foto dari kamera ponsel miliknya alat judi tembak ikan yang sudah hancur. (yusnar)

Continue Reading

Sergai

Akun MiChat ini Banyak Tipu Korban

Published

on

akun MiChat mengatasnamakan @Indah W. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Diharapkan para pengguna media sosial agar waspada karena akun MiChat mengatasnamakan @Indah W merupakan akun fake (palsu) yang dikabarkan sudah banyak korban tertipu.

Melalui aplikasi kencan itu diduga bermodus prostitusi online, dengan meminta sejumlah uang yang dikirim ke rekening ditentukan dan mengaku stay di salah satu Hotel di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Usai korban mengtransfer uang, selanjutnya akun korban langsung diblokir.

Seorang warga yang namanya dan fotonya dicatut, Indah Sari Hamdani kepada wartawan Senin (11/7) menyampaikan dirinya membantah bahwa tidak pernah memakai akun MiChat apalagi menawarkan kencan di media sosial.

“Awalnya teman ada yang beri tahu dan bertanya apa benar memakai akun MiChat. Namun saya bilang itu bukan akun saya. Dibilangnya, sampai ada yang bertanya ke pihak Hotel,”katanya.

“Oleh karenanya, saya merasa dirugikan dengan mencatut nama dan foto. Jadi segala sesuatunya bukan tanggung jawab saya, karena itu bukan akun resmi saya,”sambung Indah.

Selain memberikan klarifikasi hal tersebut, Indah juga turut mengingatkan para pengguna untuk berhati-hati dalam menggunakan aplikasi kencan online. Hal ini lantaran banyak orang yang menggunakan profil palsu demi menarik perhatian.

“Banyak oknum-oknum nakal menggunakan profil yang bukan dirinya untuk terlihat menarik. Jadi bagaimanapun kita sebaiknya menggunakan dengan baik dan benar biar nggak ada namanya online dating jadi masalah, jadi bencana,”ujarnya lagi.

Indah Sari Hamdani menegaskan dirinya akan melaporkan akun palsu tersebut ke pihak kepolisian agar tidak ada lagi korban selanjutnya.

“Saya akan lakukan upaya hukum,”tutupnya. [yusnar]

Continue Reading

Medan

HUT Bhayangkara Ke 76 Tahun 2022, JMSI Apresiasi Kapolda Sumut

Published

on

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia Sumatera Utara (JMSI) Sumut, Rianto Ahgly SH. (Foto: Ist) 

MEDAN, SuaraBorneo.com – Pada momen perayaan HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022 tepatnya 1 Juli 2022, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia Sumatera Utara (JMSI) Sumut, Rianto Ahgly SH memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumut Irjen Pol.Drs. RZ. Panca Putra Simanjuntak.

Apresiasi itu disampaikan Rianto Ahgly terhadap orang nomor satu di Mapolda Sumut ini atas keberhasilan dalam menjalankan program dan pelayanan Polri kepada masyarakat yang mendapat dukungan penuh semua pihak lapisan masyarakat.

“Keberhasilan dalam menjalankan program dan pelayanan Polri yang diberikan kepada masyarakat Sumut yang mendapat dukungan semua lapisan masyarakat dan kondusifnya situasi dan kondisi di Sumut. Ini adalah karya nyata Kapolda Sumut dan seluruh PJU Polda, Polres hingga Polsek,” ucap Rianto Ahgly.

Selain itu sambung Rianto yang juga CEO Media Sumut24 Group ini, integritas Polri khususnya Polda Sumut dan jajaran tidak hanya melaksanakan program dan menjalankan pelayanan sesuai motto Polri, Melayani, Melindungi dan Mengayomi masyarakat. Akan tetapi, Polri semakin kuat membangun sinergitas terhdap instansi pemerintah, swasta khususnya TNI.

Memang, Kapolda Sumut sebagai pimpinan Polri di Sumatera Utara masih ada kekurangan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, namun saya yakin, Kapolda Sumut beserta jajaran akan terus berbuat yang terbaik sebagaimana harapan masyarakat, ungkap dikatakan Rianto yang akrab disapa Anto Genk ini.

“Kedepan kita berharap, HUT Bhayangkara ke 76 ini dan seterusnya, Polri khususnya Polda Sumut beserta jajaran menjadi bagian dari masyarakat sebagai, Pelayan, Pelindung dan Pengayom masyarakat dalam memotivasi untuk melakukan hal yang terbaik lagi bagi Sumatera Utara,. Pada peringatan HUT Bhayangkara ke 76 ini menjadi momentum membangkitkan semangat kebersamaan dan menghilangkan polarisasi yang ada di masyarakat selama ini. Tidak ada perbedaan yang ada adalah kebersamaan kita dibalik keberagaman,” pungkas disampaikan Anto Genk. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer