Indek Persepsi Korupsi Indonesia Kian Membaik – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Umum

Indek Persepsi Korupsi Indonesia Kian Membaik

Published

on

Oleh: Ketua KPK RI Firli Bahuri

SuaraBorneo – SAHABAT, ada kabar baik dari Transparansi Internasional tahun lalu. Mereka mengumumkan angka efektifitas pemberantasan korupsi juga resiko korupsi secara umum di suatu negara. Mereka menghitung IPK atau CPI yang dilakukan secara rutin setiap tahun dengan membuat perbandingan di antara negara-negara yang diukur.

Kabar baiknya adalah, tahun 2021 nilai CPI  (corruption perception index) atau index persepsi korupsi (IPK) Indonesia meningkat satu poin dibandingkan dengan Tahun 2020 (37 menjadi 38). Nilai tersebut memang masih berada di bawah skor global (43).

Tapi, peningkatan yang signifikan terjadi pada nulai index World Economis Forum EOS (46 menjadi 53), Global Insight Country Risk Rating (35 menjadi 47). Sementara nilai yang mengalami penurunan adalah PRS Internastional Country Risk Guide (50 menjadi 48), Bertelsmann Foundation Transform Index (37 menjadi 33) dan Varieties of Democracy Project (26 menjadi 22).

Ada 3 (tiga) komponen lainnya mengalami nilai yang stagnan yaitu Economist intelligence unit country ratings, PERC Asia Risk Guide, dan World Justice Project-Rule of Law Index.

NIlai-nilai pada komponen tersebut menunjukkan bahwa tugas berat Indonesia masih bergerak pada korupsi dalam system politik, korupsi politik di eksekutif, legislatif dan yudikatif, pungutan liar (pungli) dan suap pada kegiatan ekspor impor, serta hubungan mencurigakan antara politikus dan pebisnis.

Selain itu, angka-angka itu juga  menggambarkan masih maraknya korupsi di birokrasi dan cara pemberian hukuman pada pejabat publik yang menyalahgunakan kewenangan dalam birokrasi dan pemerintahan.

IPK indonesia tahun 2021 sebesar 38. Dibandingkan dengan negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan), Indonesia memiliki nilai yang sama dengan Brazil (38), dan nilai Indonesia lebih tinggi dibandingkan Rusia (29). Sementara dibandingkan dengan 3 (tiga) negara lainnya Indonesia masih jauh tertinggal dengan India (40), China (45), Afrika Selatan (44).

Pada negara-negara G20 perolehan sebagai berikut; Amerika Serikat (67), Afrika Selatan (44), Arab Saudi (53), Argentina (38), Australia (73), Brasil (38), China (45), India (40), Indonesia (38), Inggris (78), Italia (56), Jepang (73), Jerman (80), Kanada (74), Meksiko (31), Korea Selatan (62), Rusia (29), Perancis (71), Turki (38).

Indonesia memiliki nilai yang sama dengan negara Argentina, Brazil, dan Turki. Namun demikian, Indonesia masih lebih baik dibandingkan Meksiko dan Rusia.

Melihat angka-angka tersebut, KPK dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam pemberantasan korupsi terus mematangkan peta jalan pemberantasan korupsi.

KPK juga tidak pernah lelah mengajak seluruh komponen bangsa untuk tidak melakukan korupsi melalui upaya pendidikan masyarakat untuk membangun budaya antikorupsi.

KPK juga melakukan tindakan tindakan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi dengan melakukan perbaikan sistem di seluruh kementerian lembaga, pemerintah pusat dan daerah supaya tidak ada celah, peluang untuk melakukan korupsi. KPK pun dengan tegas melakukan penindakan kepada para pelaku korupsi. Bukan saja pada aspek pemidanaan badan tetapi menyasar pada pengembalian kerugian negara, perampasan harta hasil korupsi dan pengenaan pidana tindak pidana pencucian uang.

Di awal tahun 2022 sudah 3 kepala daerah dan 1 orang hakim yang tertangkap tangan oleh KPK karen melakukan korupsi.

Kita masih harus bekerja keras untuk upaya-upaya pemberantasan korupsi dengan melibatkan peran seluruh kamar kekuasaan, dan parpol, serta segenap stakeholder serta seluruh elemen bangsa. Kita ingin Indonesia benar benar bersih dan bebas dari korupsi. (ad-sb)

Kalteng

Ultah ke 55 Plt Sekwan Kapuas Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota DPRD

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik usai pelaksanaan rapat paripurna di Kantor DPRD Kapuas, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta sejumlah anggota dewan mengucapkan selamat ulang tahun ke 55 untuk Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara simbolis memberikan tumpeng kepada Plt Sekwan sebaliknya kepada unsur pimpinan dewan.

“Semoga Plt Sekwan DPRD Kapuas Ibu Hj Marlina selalu diberikan kesehatan panjang umur bahagia serta dapat menjalankan tugas dan pelayanan yang baik, “ucap Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan yang telah memberi perhatian selama ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2023 disetujui. Persetujuan tersebut tertuang dalam rapat paripurna ke X masa persidangan pertama, Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna di Kantor DPRD dpimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta anggota DPRD.

Dari eksekutif Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor
mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda Sekda Kapuas Septedy serta OPD.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah kepada awak media usai kegiatan Selasa (29/11/2022) mengatakan untuk raperda APBD TA 2023 Kabupaten pada hari ini resmi disetujui dengan penandatanganan.

“Ya sudah disetujui untuk selanjutnya sesuai mekanisme dan ketentuan disampaikan kepada gubernur untuk evaluasi, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama antara TAPD dan dewan terkait APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 tersebut.

Adapun rancangan skema APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 yakni
Pendapatan Rp. 2.252.316.387.888.00
Belanja Rp. 2.226.619.285.544.00 Surplus (defisit) Rp. 25.697.102.344.00
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Mentan Tinjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas

Published

on

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kawasan Food Estate di kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meninjau kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Sabtu (36/11/2022).

Kunker Mentan didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya beserta rombongan dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan lahan yang berada di Dadahup ini memiliki keasaman atau tingkat (PH)
yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Oleh karena itulah perlu kita benahi. Kita tak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini. Namun masa depanlah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia, ” jelasnya Mentan.

Namun demikian imbuhnya bahwa
lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus.

Karenanya kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya, “ujarnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32 yang mana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa disamping peninjauan infrastruktur di area kawasan Food Estate.

Sedangkan Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Harapan kita bersama kawasan Food Estate ini menjadi lumbung ketahanan pangan nasional, ” katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Banjarmasin

Open Donasi, Bank Kalsel Peduli Korban Gempa Cianjur

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Musibah gempa Cianjur yang menelan korban ratusan jiwa dan meluluhlantakkan puluhan ribu rumah serta puluhan ribu jiwa mengungsi, memantik kepedulian Bank Kalsel.

Sebagai bank kebanggaan urang Banua, Bank Kalsel mengajak masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), karyawan khususnya nasabah Bank Kalsel untuk menyisihkan rezeki membantu korban gempa Cianjur.

“Mari bantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa Cianjur,” ujar Direktur UPZ Bank Kalsel HM Fajri Muhtadi, Senin (28/11/22).

Bank Kalsel membuka Donasi bagi korban Gempa Cianjur ke rekening 6500045777 atas nama Donasi Bencana dan Kemanusiaan UPZ Bank Kalsel.

Pengumpulan donasi ini, kata dia, merupakan inisiatif Bank Kalsel dan jajaran sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kepada korban gempa Cianjur.

“Mudahan donasi yang terkumpul dan dikirim nantinya dapat meringankan beban dan penyemangat warga yang menjadi korban gempa tersebut,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel Hanawijaya mewakili jajarannya, mengatakan ikut merasakan duka yang mendalam akibat bencana alam yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya.

TOP 100 CEO di Indonesia ini, juga mengajak dan mengirimkan doa kepada warga yang terkena musibah gempa, agar diberikan ketabahan dan kesabaran serta kekuatan melewati ujian tersebut.

“Semoga musibah ini menjadi yang terakhir di Indonesia. Mari semua pihak saling bahu membahu memberikan bantuan kepada korban terdampak gempa,” pungkasnya. (adv/ad)

Continue Reading

Kalteng

Gerbong Pemerintah Bergerak Bupati Kapuas Lantik 10 Kepala OPD

Published

on

Pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Aula Kantor Bupati Kapuas Kamis (24/11/2022). (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Gerbong Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik sebanyak 10 pejabat tinggi pratama eselon II B Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas di Aula Kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (24/11/2022).

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengatakan pelantikan terhadap sejumlah pejabat tinggi pratama sudah sesuai proses seleksi dan ketentuan perundangan aturan yang berlaku.

“Untuk itu laksanakan tugas dengan baik sesuai ketentuan berlaku. Saya minta para pejabat untuk segera melakukan pembenahan di OPD masing-masing. Tunjukkan kinerja yang baik kedepankan pelayanan masyarakat, “pinta orang nomor satu di Kapuas itu. k

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi mengatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini di lakukan untuk pemenuhan kebutuhan organisasi dan pengembangan karir.

“Ini berdasarkan penilaian kinerja dan kompetensi jabatan pimpinan tinggi pejabat pratama Kabupaten Kapuas. Sedangkanuntuk kekosongan pejabat tinggi di OPD sesuai mekanisme akan dilakukan seleksi ketat, “jelas Sekda.

Adapun 10 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah :

1. Ahmad M Saribi jabatan baru Asisten III Setda Kapuas.

2. Idie Gaman jabatan baru Kepala BPPRD Kapuas.

3. Catur Ferianto jabatan baru Kepala Bappeda Kapuas.

4. H Suparman Jabatan baru Staf Ahli Kemasyarakatan Setda Kapuas.

5. Aswan jabatan baru Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kapuas.

6. Budi Kurniawan jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kapuas.

7. Yanmarto jabatan baru Kepala Dinas Sosial Kapuas.

8. Suwarno Muriyat jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kapuas.

9. Komari jabatan Kepala BKPSDM Kapuas.

10. Kusmiati jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Nasional

Perdalam Kelola Dana CSR, Bank Kalsel Ajak Komisi II ke Bank Jatim

Published

on

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel Suriadi, bersama Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo. (Foto/Ist) 

SURABAYA, SuaraBorneo.com – Memperdalam cara pengelolaan dana corporate responsibility (CSR) agar lebih optimal dan efektif, Bank Kalsel (Kalimantan Selatan) mengajak mitra kerjanya, Komisi II DPRD Provinsi Kalsel melakukan studi komparasi ke Bank Jatim (Jawa Timur) di Surabaya, Jumat (25/11/2022).

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo, hal ini merupakan tindak lanjut rapat kerja dengan Bank Kalsel, terkait sinergitas antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), beberapa waktu sebelumnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, Bank Kalsel mengundang Komisi II DPRD Kalsel untuk ikut serta ke Bank Jatim.

Ia mengatakan, perlu memahami pengelolaan dana CSR pada bank milik Pemprov Jatim tersebut, karena Bank Jatim memiliki banyak program dengan dana CSR lumayan besar, yakni senilai Rp 23 miliar yang dikelola.

“Hal inilah yang perlu digali dan dipelajari agar tidak salah dalam menyalurkan CSR. Karena, dari anggota DPRD sendiri, sudah menanyakan terkait ruang penyaluran CSR, apakah bisa DPRD ikut merekomendasikan tempat atau tujuan CSR ?, tanpa harus ikut campur,” katanya.

Mengingat, kata dia, CSR seringkali menjadi bahan pembicaraan, karena dipakai untuk dana bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena musibah, terutama pada saat terjadi bencana seperti banjir dan sebagainya.

Di kesempatan itu, Imam Suprastowo berpesan, Bank Kalsel termasuk BUMD Kalsel lainnya meningkatkan kesadaran dan memaksimalkan media digital.

“Sebab, saat digitalisasi tidak bisa dipisahkan dengan semua sektor. Jika digitalisasi tidak dikembangkan, maka Kalsel akan tertinggal,” sebutnya.

Sementara itu, Pimpinan Corporate Secretary Bank Jatim, Budi Sumarsono menganggap sinergitas antara wakil rakyat dan Bank daerah memanglah sebuah keharusan, dan itu tergambar di Provinsi Kalsel. “Sinergitas itu sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan BUMD setempat,” katanya.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel Suriadi menyatakan, menyambut baik materi pola pengelolaan CSR dan hal lain yang didapat pihaknya di Bank Jatim.

“Apa yang sudah didapat ini mudahan bisa diadopsi demi kemajuan Bank Kalsel, sejalan dengan tagline kami. Setia Melayani, Melaju Bersama,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Kalbar

Jemaah Sholat Jum’at Masjid Shiratull Jannah Gelar Sholat Ghaib Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Published

on

Jemaah Sholat Masjid Shiratull Jannah Polres Melawi melaksanakan sholat Ghaib. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Jemaah Sholat Masjid Shiratull Jannah Polres Melawi melaksanakan sholat Ghaib untuk korban gempa bumi Cianjur Jawa Barat.

“Hari ini personil Polres Melawi bersama jemaah sholat jumat melaksanakan sholat Ghaib di Masjid Shiratull Jannah,” ujar AKBP Sigit, Jum’at (25/11/2022).

Tujuan dari pelaksanaan Sholat Ghaib untuk mendoakan korban gempa bumi cianjur.

“Dengan dilaksanakan sholat ghaib,kami mendoakan semoga saudara saudara kita yang sedang diuji yang maha kuasa selalu diberikan ketabahan,” harapnya

Seperti diketahui akibat gempa bumi menyebabkan korban meninggal dunia,korban luka serta kerugian harta benda. (io)

Continue Reading

Kaltara

KC Bankaltimtara Segera Berkantor di Banhub Kaltara di Jakarta

Published

on

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. (Foto/Ist) 

SAMARINDA, SuaraBorneo.com – Dalam waktu dekat, Kantor Cabang (KC) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltim-Kaltara) yang berada di Panin Tower Senayan City Jakarta akan pindah ke Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jalan Kramat II Kwitang, Jakarta Pusat.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan Kesepakatan Bersama (KB) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT BPD Kaltim Kaltara yang digelar di Mahakam Room Gedung Kantor Pusat PT BPD Kaltim Kaltara, Samarinda terkait dengan Sewa Sebagian Bangunan pada Kantor Badan Penghubung Provinsi Kaltara di Jakarta.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. Hadir pula sejumlah Anggota Direksi Bankaltimtra Direktur Kredit, Siti Aisyah dan Direktur Operasional dan Manajemen Resiko, Muhammad Edwin, Jum’at (25/11/22).

Sementara dari jajaran Pemprov Kaltara, hadir mendampingi Gubernur Kaltara Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Kepala Biro Adpim Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P, Kepala Banhub Kaltara, Ruslim, Sekretaris Inspektorat Kaltara dan Sekretaris Bapenda Kaltara.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur, akhirnya rencana pemindahan Kantor Cabang Bankaltimtara dari Panin Tower Senayan City Jakarta ke Kantor Badan Penghubung Kaltara dalam waktu dapat terlaksana,” kata Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang.

Ditarget awal Januari 2023, Kantor Cabang Bankaltimtara akan mulai menempati sebagian Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jakarta dengan luas total 756,594 M2.

Selain mengoptimalkan pemanfaatan barang milik daerah, sekaligus menambah potensi pendapatan daerah bagi Pemprov Kaltara.
Gubernur Kaltara berharap dengan keberadaan kantor cabang Bankaltimtara di Kantor Badan Penghubung Kaltara semakin memudahkan segala urusan transaksi keuangan nasabah Bank Kaltim Kaltara yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Utamanya, bagi mereka (para pengusaha dan investor,red) yang berkantor pusat di Jakarta yang saat ini sedang berinvestasi maupun yang ingin membuka usahanya di wilayah Kaltara. (mdd).

Continue Reading

Nasional

Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur, FWJ Indonesia Punya Cerita Baru

Published

on

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,6 yang mengguncang kawasan Cianjur. (Foto/Ist) 

CIANJUR, SuaraBorneo.com| Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,6 yang mengguncang kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang.

Gempa tersebut dikatakan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika BMKG, Daryono di Jakarta, Selasa lalu merupakan sejarah yang mencatat sebanyak 14 kali gempa merusak terjadi di kawasan Cianjur-Sukabumi.

“Untuk pertama kalinya, gempa Cianjur-Sukabumi tercatat pada tahun 1844. Sebelum tahun 1844 pernah juga terjadi gempa, tapi tidak tercatat, “kata Daryono di Jakarta.

Menyoroti hal itu, Mayjen TNI (Purn) Tatang Zaenudin singgung peran pemerintah dalam penanganan para korban gempa bumi yang menimpa warga Cianjur dan sekitarnya masih dirasakan lambat.

Persoalan musibah gempa bumi kata Tatang menjadi tanggungjawab bersama, namun dalam hal ini Pemerintah, BNPB, Kemensos, Kemenkes, TNI / Polri dan Basarnas harus menjadi kesatuan kordinasi terarah dengan baik, sehingga penanganan korban gempa dapat terselesaikan.

“Memang ini tanggungjawab bersama, tetapi Pemerintah, BNPB dan lembaga terkait serta TNI / Polri harus satu tujuan. Karena musibah bukan ajang pencitraan. Korban bencana ini harus segera mendapatkan penanganan ekstra yang sangat serius. “Beber Tatang di Kediamannya Jl. Salam Permai Cianjur (25/11/2022) pagi.

Dia mengatakan sebagai pemulihan korban gempa bumi harus dibudayakan gotong royong, “kita harus kembali ke budaya yang pernah membawa harum bangsa ini. Gotong royong itulah yang menjadi kekuatan kita bersama dalam menangani semua persoalan bangsa, termasuk musibah gempa bumi. “Jelas Tatang.

Sebagai eks Deputi Basarnas yang memiliki kemampuan pencarian orang, Tatang Zaenudin menginginkan bantuan yang disalurkan harus sampai ke para korban hingga pelosok – pelosok.

“Mereka membutuhkan makanan, selimut, air bersih, tenda evakuasi yang layak, pampers bayi, pampers orangtua, baju layak pakai, pakaian dalam wanita, vitamin dan kebutuhan lainnya. “Ucap Tatang.

Kebanyakan lanjut dia, bantuan yang disalurkan tidak sampai ke warga yang membutuhkan, dan hanya singgah di posko – posko.

“Saya bukan untuk menuding posko – posko bantuan gempa, tetapi faktanya memang harus dilakukan sistem dan jaringan yang kuat mengingat penanganan para korban gempa harus di prioritaskan. “Singgungnya.

Jenderal purnawirawan bintang 2 yang juga berasal dari Cianjur Jawa Barat ini berkeyakinan akan segera kembali normal.

“Kita berdo’a semoga keadaan ini segera kembali normal meskipun masih kita rasakan disini adanya beberapa kali gempa susulan seperti yang baru saja dirasakan tadi dini hari. “Ulasnya.

Sementara Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia yang dikomandoi langsung Ketua umumnya Mustofa Hadi Karya atau yang biasa disapa Opan turun langsung berikan bantuan logistik kepada korban bencana gempa bumi Cianjur.

Pendistribusian bantuan langsung ketitik – titik lokasi warga korban gempa Cianjur kata Opan atas arahan Mayjen TNI (Purn) Tatang Zaenudin selaku ketua Dewan Pembina FWJ Indonesia.

Opan menyoal bentuk kepekaan sosial bermasyarakat menjadi hal utama, “persoalan gempa bumi, Opan menyebut sebagai musibah yang tidak bisa dimajukan atau diundurnya waktu. Dengan reaksi cepat dan tanggap merupakan langkah awal dalam evakuasi korban untuk memberikan pertolongan pertama hingga dinyatakan clear evakuasi.

“Kita sedang di uji dengan adanya musibah yang menimpa saudara – saudara kita di Cianjur, karena kepekaan dsn penuh kesadaran diri kita menjadi tolak ukur SDM yang berdaya guna.

“Dengan respon baik secara bergotong royong dan penggalangan donasi secara mandiri, FWJ Indonesia berangkat dari Jakarta dengan lima kendaraan pada tanggal (23/11/2022) pukul 22.30 WIB.

Tim FWJ Indonesia yang terdiri dari Ketua Umum dan Bendum (Tri Wulansari) didampingi beberapa jajaran DPD, KSB Korwil serta didkukng oleh lembaga Gapta Law Office, serta beberapa lembaga lainnya dan para media yang berpartisipasi guna menyalurkan bantuan.

“Penyalurannya sejak kemaren kami mulai dari titik lokasi pertama di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenan, dilanjutkan ke lokasi kedua di Kp. Dadap Jajar, Desa Benjot, Kec Cugenang.

“Lokasi ketiga, kami berada di Kp. Angkrong Desa Talaga 1, Kec Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat sejak pagi hingga menjelang sore. “Ujarnya.

“Kami melihat pemandangan banyaknya rumah warga dan bangunan seperti tempat ibadah, sekolah SD dan fasilitas umum ambruk rata dengan tanah dan banyaknya korban luka bahkan korban jiwa. “Tulis Opan.

Bahkan lebih rinci Opan menjelaskan berdasarkan keterangan warga setempat dan para pengungsi korban gempa Cianjur, masih banyak keperluan yang mereka butuhkan, semisal pakaian dalam, obat – obatan, selimut, terpal dan juga keperluan untuk bayi.

“Kita berharap kepada Pemerintah, TNI / Polri dan para relawan dapat membantu meringankan beban kesedihan sodara – sodara kita dengan berpartisipasi memberikan donasi,” pintanya. (ril/azs)

Continue Reading

Populer