Camat Talisayan Tinjau Kondisi Jembatan Yang Sangat Memprihatinkan – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Umum

Camat Talisayan Tinjau Kondisi Jembatan Yang Sangat Memprihatinkan

Published

on

Camat Talisayan, Ahmad Juhri saat meninjau jembatan. (Foto/Ist)

TALISAYAN, SuaraBorneo.com – Dengan adanya laporan masyarakat, mengenai jembatan Talisayan yang sudah sangat memprihatinkan. Camat Talisayan turun langsung meninjau kondisi jembatan saat ini, Senin 14 februari 2022.

yang hadir memantau langsung Camat Talisayan, beserta staf Kecamatan, Masyarakat yang beraktivitas di area jambatan Talisayan.

“Camat Talisayan, Ahmad Juhri mengatakan kepada Media Suara Borneo, ini kami sudah melihat langsung, ternyata memang benar sudah patah besinya. dan sebagian tengah ini, lantai-lantainya besinya sudah turun . dan ini kami akan sampaikan ke PU kabupaten, untuk menyapaikan lagi ke provinsi.

Setelah ini peninjau, kami menghubungi PU Kabupaten   untuk minta penjelasan, dan mohon di sampaikan ke provinsi agar jembatan ini segerah di perbaiki.

Kaena ini patah besinya dan sudah terturun, dan juga membahayakan Masyarakat di bawah dan yang lewat melitasi jembatan. yang di hawatirkan besinya jatuh menimpah Masyarakat.

Dan nanti kita melaporkan ini, dan bersama-sama Masyarakat mengawal proses perbaikan jembatan. agar bisa terlaksana dengan cepat dan lebih baik lagi, agar Masyarakat nanti bisa tenang, jaman melewati jambatan ini Ucap Ahmad Juhri Camat Talisayan.

“Kami selaku Masyarakat yang berdomisili di sini , kami merasa was-was hendak melewati jembatan . Karna jembatanya goyang-goyang apabila ada kendaraan yang lewat. dan kami juga yang berprofesi Nelayan, melewati di bawa jembatan hawatir jangan sampai besi yang patah itu jatuh menimpah kami,” ucap Masyarakat. (Ynr)

Bagikan ke

Kalteng

Pansus I DPRD Kapuas Kunker ke Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung Jabar

Published

on

Kunker Pansus I DPRD Kapuas di Kota Bandung Jabar. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus I anggota DPRD Kabupaten Kapuas melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Kunker dipimpin Ketua Pansus I Ahmad Zahidi diikuti anggota DPRD Pansus I lainnya beserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemkab Kapuas.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Bambang Suhari.

Diketahui kunjungan bertujuan untuk Konsultasi dan Koordinasi terkait dengan Raperda yang sedang dibahas pada saat ini yakni tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung serta Izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sesuai dengan standar teknis Bangunan Gedung.

“Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan gedung yang tepat sasaran,” kata Ketua Pansus I DPRD Kapuas Ahmad Zahidi.

Dikatakan terkait ini artinya sesuai dengan standar teknis bangunan gedung sebagaimana banyaknya informasi yang di dapat pada saat ini sehingga nantinya akan di implementasikan di Kabupaten Kapuas. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Apresiasi Kinerja Camat, Lurah dan Ketua RT/RW, Gubernur Sahbirin Noor Optimistis Pilkada 2024 Sukses dan Lancar

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan silaturahmi dengan para camat, lurah, dan ketua RT dan RW se-Kota Banjarmasin. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan silaturahmi dengan para camat, lurah, dan ketua RT dan RW se-Kota Banjarmasin di Gedung Sultan Suriansyah Kayutangi, Banjarmasin pada Kamis (23/05/2024)

Kedatangan Paman Birin didampingi TGH Wildan Salman dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Komandan Korem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, dan undangan lainnya.

Tiba di halaman gedung, rombongan Paman Birin disambut kesenian Reog Ponorogo gabungan kelompok Singo Manggolo Manunggal Banjarbaru, Pawargo Batola, Sardulo Mudho Banjarmasin, dan Singo Budoyo, dengan diiringi atraksi kuda lumping atau tarian jaran kepang.

Paman Birin menyampaikan terima kasih atas partisipasi para perangkat pemerintahan di Kota Banjarmasin ini.
Silaturahmi ini ujarnya, menjadi momentum bernostalgia, karena Paman Birin pernah memegang jabatan mulai ketua RT, lurah hingga sekretaris camat , sebelum menjadi Gubernur Kalsel.

“Semua itu adalah amanah dan rezeki yang diberkan Allah subhana wataala,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga mengapresiasi kinerja para camat, lurah hingga ketua RT/RW dalam turut mensukseskan Pemilu serentak 2024 beberapa waktu lalu.

Partisipasi mereka pun masih diharapkan lagi untuk kelancaran penyelanggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) hingga tahapan puncak yakni pencoblosan suara pada tanggal 27 November nanti.

Berkaca dari pelaksanaan pemilu dan pilkada sebelumnya, Paman Birin yakin penyelanggaraan nanti pun bisa dilakukan dengan baik.

“Mari kita ciptakan pesta demokrasi menjadikan masyarakat senang dan gembira,” ajaknya.

Disela-sela penyampaian sambutan, Paman Birin memanggil empat orang yang diberikan challenge menjawab pertanyaannya, sebelum mereka diberikan hadiah umrah gratis.

Selanjutnya, TGH Wildan Salman menyampaikan tausiah dengan pesan-pesan penting terkait harapan kelancaran dan kesuksesan pilkada nantinya.

Disampaikan, banyak jalan bagi umat muslim untuk mendapatkan ganjaran surga di akhirat nanti dengan segala kegembiraan dan keutamaan yang dijanjikan Allah SWT. Profesi apapun, bisa menjadikan jalan untuk menuju kesana.

Mereka yang menjadi camat, lurah, ketua RT atau RW, apabila melepaskan kesusahan orang yang datang kepada mereka, maka di akhirat Insya Allah akan dilepaskan dari kesusahannya. Dengan catatan ujar Guru Wildan, bantuan yang diberikan, dilakukan ikhlas demi mendapat ridho Allah SWT.

“Mudah mudahan silaturahim ini memudahkan pelaksanaan Pilkada nanti,” doa Guru Wildan di akhir tausiyahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel Heriansyah menegaskan, kegiatan silaturahmi ini bagian dari tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk memastikan terselenggaranya pilkada dengan am dan lancar.

Hal ini juga jadi tugas dan kewenangan yang diberikan kepada Badan Kesbangpol Kalsel. Termasuk rencana rakor para ketua RT dan RW di Kalsel.

Adapun peserta yang hadir, disebutkan Heri, dari camat dan lurah atau yang mewakili, dan para ketua RT dan RW yang diperkirakan 60 persen dari total 1.505 orang yang ada di Kota Banjarmasin. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Sahbirin Noor Buka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13, Komitmen Terus Majikan Olahraga Banua

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi membuka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi membuka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 Tahun 2024, dilapangan Upik Mini Soccer Banjarmasin, Kamis (23/5) pagi.

Pada pembukaan itu, dihadiri Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Tenaga Ahli Gubernur Rizal Akbar, KH. Wildan Salman, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, Ketua Umum Futsal Kalsel H. Anwar Hadimi, Tokoh Banjarmasin Yuni Abdi Nur Sulaiman serta sejumlah tamu undangan.

Pada pembukaan itu, Paman Birin tampak antusias melihat ratusan anak yang siap bertanding. Bahkan, selepas pembukaan pun, Paman Birin dengan senang melayani salaman para anak-anak.

Disampaikan Paman Birin, kompetisi sepakbola, terutama usia dini adalah modal penting sekaligus momen bagi kita semua dalam membangun dan memajukan olahraga di Banua khususnya sepak bola.

Paman Birin mengatakan, dirinya selalu berkomitmen dan serius dalam memajukan olahraga di Banua.

“Kita selalu berkomitmen untuk terus memajukan olahraga di Banua. Dan perlu diketahui, ulun satu-satunya Gubernur yang pernah meraih penghargaan dari Menpora sebagai Pembina dan Penggerak Olahraga,” ujar Paman Birin.

Paman Birin berharap, melalui kompetisi ini dapat menciptakan generasi yang sportif guna membangun kejujuran sejak usia dini.

“Kepada para peserta, adik-adik generasi penerus bangsa sekalian, junjunglah setinggi-tingginya sportifitas dan kejujuran. Tidak hanya disaat bertanding, tapi juga dikehidupan sehari-hari. Karena kejujuran merupakan modal yang sangat penting dalam kehidupan kedepan, disaat apapun dan dimanapun kalian berada,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto mengungkapkan, dengan adanya turnamen ini dapat menumbuhkan kreatifitas anak-anak guna mencegah kecanduan Gadget.

“Kita selenggarakan turnamen ini agar anak-anak tidak terlalu ketergantungan dengan hp atau sejenisnya. Namun bisa memaksimalkan potensinya di bidang lain seperti olahraga terutama sepakbola,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 tahun 2024 ini, diikuti sebanyak 44 Sekolah Sepak Bola (SSB). SSB tidak hanya dari Kalsel, namun juga ada dari Provinsi Kalteng hingga Kaltim. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Program Bantuan Bedah Rumah di HST Dinilai Belum Merata

Published

on

Kantor DPRD Kabupaten HST. (Foto/Ist)

BARABAI, SuaraBorneo.com – Program bantuan bedah rumah untuk pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masih dinilai belum merata oleh masyarakat.

Hal itu sempat berulang kali dikeluhkan warga, khususnya yang tinggal di daerah terujung atau daerah pinggiran Kabupaten HST. Contohnya keluhan warga Dusun Awang Landas belum lama tadi.
Anggota Komisi III DPRD HST, Erwin Jecky Silalahi pun buka suara terkait hal itu. Dirinya pun akan mencoba mengkoordinasikan dengan dinas terkait agar ada solusinya ke depan.

Jecky mengaku, pihaknya berkomitmen memperjuangkan bedah rumah secara konsisten untuk membantu masyarakat HST yang membutuhkan.

“Tentunya, kita berharap program bedah rumah ini tepat sasaran. Oleh karena itu, butuh pengawasan bersama seluruh elemen masyarakat untuk memastikan itu,” ungkapnya, Selasa (21/5/2024). (Sumber : Pojokbanua)

Lebih lanjut, pihaknya mengaku terus berjuang untuk bedah rumah ini agar bisa dari segi jumlah meningkat setiap tahunnya.

“Kita perjuangkan jumlah penerimanya agar bisa lebih banyak membantu dalam hal menyelesaikan permasalahan RTLH di HST,” ujarnya.

Ia memastikan, akan berusaha menggandeng seluruh instansi terkait untuk sama-sama mengawasi berjalannya program ini, baik itu kejaksaan maupun Kepolisian.

“Pelibatan berbagai pihak ini untuk mengawasi diharapkan program bantuan ini tersalurkan tepat sasaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim HST, Dr Sa’dianoor memastikan untuk tahun ini program bedah rumah akan masuk ke Dusun Awang Landas, Desa Sungai Buluh, HST.

Pihaknya pun telah menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Desa untuk melakukan kolaborasi penyaluran di lapangan, yakni menggunakan perahu milik desa karena harus melewati perairan rawa.

“Kita akan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dalam penyalurannya,” singkatnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Mandiri Utama Finance Autofest 2024 Hadir Di Banjarmasin, Wujudkan Semua Mimpi Miliki Kendaraan Bermotor

Published

on

Mandiri Utama Finance (MUF) menggelar Event Autofest 2024 di Dutamall Banjarmasin. (Foto/Abdi)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai salah satu anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Mandiri Utama Finance (MUF) menggelar Event Autofest 2024 di Dutamall Banjarmasin. Event ini berlangsung sejak 22 hingga 26 Mei 2024 mendatang.

Masyarakat Banjarmasin khususnya dan Kalimantan umumnya di manjakan dengan berbagai penawaran kredit menarik dari kendaraan baru roda empat dan roda dua juga kendaraan bekas dengan berbagai jenis type dan merk.

SEVP Marketing Mandiri Utama Finance, Yanto Tjia di Banjarmasin mengatakan, Kalimantan memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang besar. Buktinya, pada periode Januari-April 2024, MUF mencatat penyaluran kredit kendaraan di wilayah ini sebesar Rp524,8 miliar, meningkat sebesar 31% dibandingkan tahun sebelumnya, Rabu (22/5/24)

Juga, kota Banjarmasin berkontribusi paling besar terhadap capaian penyaluran pembiayaan Mandiri Utama Finance di Kalimantan, yaitu mencapai 32%.

“Dengan antusias masyarakat Kalimantan, Mandiri Utama Finance langsung memilih kota Banjarmasin dalam event Auto Fest 2024 setelah Bandung dan Jakarta, dan ini pertama kali disini,” ujarnya dihadapan wartawan.

RCEO RO IX Kalimantan PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Ricky Recardo Mulyadi mengatakan, event ini tentu sangat ditunggu konsumen di Kota Banjarmasin.

“Sangat baik kolaborasi dan sinergi ini, masyarakat Kalimantan Selatan dan sekitarnya bisa dilayani untuk pembelian kendaraan bermotor,” ujar Ricky.

Bagi pecinta otomotif, yuuk datang dan wujudkan semua mimpi untuk memiliki kendaraan bermotor bersama Mandiri Utama Finance Auto Fest 2024 di Duta Mall Banjarmasin. [rivani/sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Ketua KAHMI Sergai Serius Bacalon Bupati pada Pilkada 2024

Published

on

Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Nahwan, S.Ag. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Nahwan, S.Ag kembali mendaftar ke PKB dan PPP sebagai bakal calon (Bacalon) Bupati Sergai pada Pilkada 2024, Rabu (22/5).

Nahwan selaku Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sergai, kepada wartawan mengaku serius dalam ikut serta pencalonan dan penjaringan pemilihan Bupati Sergai periode 2024-2029.

“Kita fokus hari ini, bagaimana cara mendapatkan rekomendasi beberapa Partai politik atau kalau bisa seluruh Partai di Sergai, sehingga kita dapat mencalonkan diri sebagai Calon Bupati hingga mendaftar ke KPU,”ujarnya.

Langkah kedepannya, sebut Nahwan, dirinya akan berkoordinasi dan terus menjalin silaturahmi dengan Partai-partai
diantaranya sudah 5 partai politik yang menerima berkas pencalonannya sebagai Bacalon Bupati Sergai diantaranya PAN, Demokrat, Gerindra, PKB dan PPP.

“Insya Allah, ketika saya direstui oleh parpol maju sebagai calon Bupati dengan niat agar dapat membangun Kabupaten Serdang Bedagai lebih baik lagi dari sebelumnya,”pungkasnya yang juga sebagai Direktur SAHABAT SEMUA bergerak di bidang sosial masyarakat. (NR*)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Pertemuan Lintas Sektor di Palangka Raya

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat menghadiri acara Pertemuan Akbar Lintas Sektor Provinsi Kalimatan Tengah bertempat di GOR Indoor Serba Guna Jalan Tjilik Riwut KM 5 Palangka Raya. (Foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri acara Pertemuan Akbar Lintas Sektor Provinsi Kalimatan Tengah bertempat di GOR Indoor Serba Guna Jalan Tjilik Riwut Km Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Kegiatan pertemuan akbar lintas sektor ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan juga HUT Provinsi Kalteng yang akan berusia 67 tahun pada tanggal 23 Mei mendatang.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berharap hendaknya momen tersebut dapat dijadikan untuk memperkuat semangat persatuan, bekerja keras bersama seuai bidang masing – masing menggerakan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Gubernur mengatakan sangat penting untuk Kalimatan Tengah kedepan agar memiliki pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalteng yang unggul dan dapat berdaya saing sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang semakin berat.

“Agenda prioritas pembangunan di Provinsi Kalteng ini masih tetap sama yaitu bidang pendidikan kesehatan infrastruktur dan juga perekonomian terutama hilirisasi dan pengembangan sentra produksi pangan,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan stunting harus ditangani secara terpadu mulai dari tingkat desa kecamatan kabupaten atau kota provinsi hingga pusat yang mana peran semua unsur desa tentu sangat penting baik dari Kepala Desa Kader Posyandu Babinsa Babinkamtibmas dan juga lainnya.

“Revitalisasi Posyandu di wilayah desa perlu dilakukan sebagai garda terdepan pencegahan stunting,” katanya.

Pada kegiatan tersebut juga Gubernur menyerahkan bantuan Operasional (BOP) tenaga pendamping profesional program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pemdes) se Kalteng tahun 2024. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Komitmen Gubernur Kalsel Bantu Pendampingan 1.000 Sertifikat Halal Pelaku Usaha Banua

Published

on

Penyerahan secara simbolis sertifikat halal dilakukan Gubernur Paman Birin melalui Plt Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel Hj Raudatul Jannah SKM M.Kes atau Acil Odah. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin mengintruksikan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pendampingan 1.000 sertifikat halal bagi pelaku usaha usaha yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

Penyerahan secara simbolis sertifikat halal dilakukan Gubernur Paman Birin melalui Plt Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel Hj Raudatul Jannah SKM M.Kes atau Acil Odah di Aula Idham Khalid Kantor Gubernur di Banjarbaru, Selasa (21/05/2024).

Gubernur Paman Birin melalui Acil Odah menyampaikan sejauh ini Pemerintah Provinsi Kalsel berkomitmen gerak cepat untuk menerbitkan 1000 sertifikat halal.

Selain itu, pelaku usaha di Provinsi Kalsel, memiliki peluang lebih besar lagi untuk tumbuh sebagai produsen makanan halal dan potensi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan merangkul seluruh elemen baik dari kalangan ulama, akademisi, organisasi, dan media guna menumbuhkan atensi masyarakat Banua maupun pelaku usaha terhadap pentingnya sertifikasi halal.
Sertifikat yang didapat ujar Acil Odah merupakan aset kepercayaan konsumen terhadap produk yang tawarkan.
Acil Odah menambahkan, para pelaku usaha agar mengajak rekan-rekannya untuk segera mendapatkan sertifikat halal ini, sehingga produk mereka mudah diterima semua kalangan. Acil Odah pun mendorong para pelaku usaha yang didominasi kaum perempuan atau acil-acil ini, bisa memasarkan produknya ke tingkat pasar lebih luas atau ke luar daerah bahkan mancanegara.

Lakukan upaya perbaikan kualitas mutu ujarnya, apalagi saat ini terbuka peluang besar di kawasan IKN, Kalimantan Timur untuk pemasangan produk usaha.

Turut hadir dalam kegiatan “Roadshow Kita Halalin 2024” ini, Kepala Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM AH Noviet, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Rivai, Kepala Dinas Kominfo Kalsel Muhammad Muslim, para kepala dinas terkait, pengurus KADIN, IWAPI, dan pejabat Kementerian Agama Kalsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Rivai menambahkan, terkait pendampingan 1.000 sertifikat halal, hingga saat ini sudah terlampaui.

Dalam waktu dekat ujar Rivai, pihaknya akan meminta kuota tambahan agar lebih banyak pelaku usaha di daerah ini yang mendapatkan sertifikat halal.

Sedikitnya di Kalsel lanjut Rivai, terdapat 255.000 pelaku usaha kecil dan menengah diberbagai bidang, dan sekitar 8000 diantaranya sudah mengantongi sertifikat halal.

Pendampingan halal sertifikat ini, dilakukan untuk memudahkan pelaku usaha memenuhi ketentuan UU No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang mewajibkan produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman untuk bersertifikasi halal.

Sebagai informasi, semula kewajiban sertifikasi halal bagi produk-produk UKM paling lambat Oktober 2024, tapi dimundurkan menjadi Oktober 2026.

Ketentuan ini berlaku di antaranya untuk produk UMK makanan dan minuman, obat tradisional, herbal, produk kimia kosmetik.

Sementara itu, tenggat waktu wajib sertifikasi halal untuk produk dari usaha kategori menengah dan besar tetap Oktober 2024.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik di Bogor, Kamis (16/5) mengatakan, meskipun ditunda, pihaknya tetap mengawal kewajiban sertifikasi halal bagi UMKM, termasuk memperkuat sosialisasi dan literasi para pelaku usaha terkait kebijakan ini. Sehingga pelaku UMKM bisa lebih mudah, cepat, agresif untuk bisa terlibat dalam inisiatif ini untuk mendaftar diri.
Kemenkop UKM juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memvalidasi halal, memperkuat data UKM yang membutuhkan sertifikasi halal. Dia meyakini dengan literasi yang kuat terkait sertifikasi halal, semua isu dan permasalahan yang terkait dengan hal tersebut dapat diselesaikan tuntas pada tahun 2026.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5), menyebutkan penundaan kewajiban sertifikasi halal untuk usaha mikro dan kecil ini salah satunya disebabkan rendahnya pencapaian target sertifikasi halal per tahun.

Ia menyebut saat ini target yang diharapkan adalah 10 juta sertifikasi halal per tahun, tetapi baru tercapai sekitar 4 juta. Kewajiban sertifikasi halal hanya ditujukan bagi usaha yang telah memiliki nomor induk berusaha (NIB).

Oleh karena itu, pemerintah mendorong para pelaku usaha pedagang kaki lima untuk mendapatkan NIB terlebih dulu sebagai syarat sertifikasi halal.

Adapun Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan penundaan sertifikasi halal bagi produk makanan dan minuman UMK menjadi Oktober 2026 merupakan sebuah bentuk keberpihakan pemerintah kepada rakyat.

Dengan penundaan ini, kata Menag Yaqut, pelaku UMK diberi kesempatan untuk mengurus NIB dan mengajukan sertifikasi halal sampai Oktober 2026.

Meski demikian, kewajiban sertifikasi halal tetap diberlakukan mulai 18 Oktober 2024 bagi selain produk UMK yang terkategori self declare.

Kewajiban sertifikasi halal diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Religi

Bupati dan Wabup Sergai Tampung Tawar 322 Calhaj 

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri acara Tampung Tawar calon jamaah haji (Calhaj) Sergai. (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri acara Tampung Tawar calon jamaah haji (Calhaj) Sergai yang digelar di Halaman Masjid Agung Sergai, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (22/5/2024).

Bupati Sergai dalam sambutannya menyampaikan calon jamaah haji Kabupaten Sergai akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah melalui embarkasi Medan untuk menunaikan rukun islam yang ke-5.

Darma Wijaya berharap niat yang tulus dan ikhlas tersebut, benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah, untuk memenuhi panggilan Allah dan semata-mata untuk mengharap Rida Allah SWT, bukan untuk tujuan lain, apalagi tujuan yang bersifat tercela seperti riya.

“Untuk itu, jadikan sifat tabah, sabar, dan tawakal sebagai sebaik-baiknya bekal, karena sifat-sifat tersebut, sangat diperlukan dalam melakukan perjalanan ibadah haji dan sekaligus akan mengantarkan seorang memperoleh predikat haji yang mabrur dan mabruroh,” ujarnya.

Bupati Sergai kemudian merinci jumlaah calon jamaah haji asal Sergai adalah sebanyak 319 orang dan ditambah 8 orang petugas haji yang tergabung dalam kloter 16 gelombang 2 akan diberangkatkan ke Asrama Haji tanggal 29 Mei 2024. Kemudian pada tanggal 30 Mei 2024 akan diterbangkan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Jedah. Sedangkan 3 orang calon jamaah haji akan tergabung pada kloter 24 di tanggal 7 Juni 2024.

“Oleh karena itu kami berpesan kepada calon jamaah haji, mulai saat ini Bapak dan Ibu dituntut tetap menjaga kesehatan dan stamina, jaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga dapat mengantisipasi apapun kondisi cuaca di sana. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana dengan sebaik mungkin,” pesan Darma Wijaya.

Ditegaskan oleh Darma Wijaya, Pemkab Sergai terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam setiap penyelenggaraan haji.

“Selama di tanah suci dan khususnya di tempat-tempat yang mustajab, kami mohon bapak dan ibu jangan pernah lupa untuk mendoakan kami serta daerah ini agar tetap aman, tenteram dan sejahtera, sehingga niat kita untuk menjadikan Kabupaten Sergai ini Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, mendapat rida Allah SWT,” ucapnya.

Sementara itu Wabup Sergai menyampaikan harapannya kepada yang belum berkesempatan dan berkecukupan untuk berangkat haji, agar segera diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

“Kami ucapkan selamat kepada para calon jamaah haji suntuk menunaikan ibadah haji, semoga Allah senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada Bapak dan Ibu sekalian selama menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Amin,” ungkap Adlin Tambunan.

Acara Tampung Tawar calon jamaah haji ini juga dihadiri oleh Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, Dandim 0204/DS Letkol Inf. Alex Sandri S.Hub, Int, H.M.I, Kajari Sergai Mayhardi Indra Putra, SH, MH, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, para jamaah haji, serta keluarga yang mendampingi. (NR/MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer