Pemkab Kapuas Gelar Rakor Kota Layak Anak – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Kalteng

Pemkab Kapuas Gelar Rakor Kota Layak Anak

Published

on

Bersama - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT pada Rakor KLA di Aula DPMD Kapuas (14/2/2022). (Foto /A.Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menggelar rapat koordinasi Kota Layak Anak (KLA), Senin (14/2/2022).

Rakor bertempat di Aula DPMD dipimpin langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Sekda Kapuas Septedy Plt Kadis DP3APPKB Polres dan OPD terkait.

“Ada beberapa hal yang menjadi bahasan dalam rakor KLA diantaranya terkait usia pernikahan bagi masyarakat, ” kata Plt Kadis DP3APPKB Kapuas Santoso kepada media Senin (14/2/2022).

Dikatakan berdasarkan UU perkawinan adalah usia 19 tahun ke atas. Sedangkan usia di bawah 18 tahun belum diperbolehkan karena masih kategori anak-anak.

Oleh karena itu lanjut Santoso pihak pemerintah sejauh ini terus melakukan konseling penyuluhan dan sosialisasi. Sehingga masyarakat bisa memahaminya.

Santoso menambahkan terkait adanya kasus kekerasan terhadap anak misalnya korban perkosaan tetap melakukan pendampingan secara intens.

“Kita bekerja sama dengan pihak Dinas Sosial untuk kemudian memberikan pendampingan atas trauma yang dialami korban,” ujarnya.

Harapanya melalui rakor KLA ini terus melakukan penguatan sinergitas dengan lintas OPD terkait. (ujang/ery-SB).

Kalteng

Sekwan dan Tenaga Ahli DPRD Kapuas Lakukan Koordinasi

Published

on

Sekwan bersama Tenaga Ahli DPRD Kapuas diskusi dan koordinasi penguatan tupoksi. (Foto : ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Hari pertama kerja pasca libur panjang Idul Fitri, Sekretaris DPRD Kapuas Drs Yunabut, menerima kedatangan tenaga ahli DPRD Kapuas, Singkang, SH, MH, di ruang kerjanya Senin (9/5/2022).

“Kegiatan itu tentunya dalam rangka berdiskusi dan koordinasi terkait tugas, kewajiban serta tanggung jawab memfasilitasi kegiatan-kegiatan serta kewajiban-kewajiban di lingkup Setwan DPRD Kapuas,”kata Sekwan Kapuas, Selasa, (10/5/2022).

Menurut mantan Kabag Humas Pemda Kapuas ini, dalam pertemuan dan diskusi itu banyak hal dan masukan-masukan yang dikemukakan.

“Ini tentunya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tupoksi sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku,”ujarnya.

Hal itu juga, guna meminimalisir dan antisipasi hal-hal yang tidak diharapkan

“Kami apresiasi dan terimakasih atas masukan-masukan yang diberikan dan yang telah didiskusikan ini tentunya demi kemajuan di lingkup Setwan DPRD Kapuas,”pungkasnya. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Terus Dorong Percepatan Vaksinasi Bagi Pelajar Dan Masyarakat

Published

on

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Sekda Kapuas Septedy. (Foto: Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas terus berupaya mendorong percepatan vaksinasi dalam rangka pencapaian target.

Hal ini disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat usai memimpin rapat vaksinasi Covid-19 di Aula Bappeda Kuala Kapuas dihadiri Sekda OPD dan camat se Kabupaten Kapuas, Selasa (9/5/2022).

Dikatakan Bupati sebagai upaya percepatan vaksinasi tersebut maka pentingnya melakukan pendataan hingga tingkat desa.

“Setidaknya ini dapat terlaksana dengan baik dan cepat,” kata Ben.

Bupati menghimbau dan berharap agar masyarakat yang belum vaksin agar dapat melakukan vaksin baik 1 2 dan booster. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Wabup Hadiri Peringatan Haul Qubah Basarang ke-12

Published

on

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor (ujung kiri) saat berfoto bersama dengan sejumlah tokoh agama usai menghadiri haul qubah Basarang ke-12 Sayyidil Walid Habib Yahya Balghaist di Desa Maluen km 2,5 Kecamatan Basarang, Sabtu (7/5/2022). (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri secara langsung haul qubah Basarang ke-12 Sayyidil Walid Habib Yahya Balghaist di Majelis Pecinta Rasul (MPR) Desa Maluen km 2,5 Kecamatan Basarang, Sabtu (7/5/2022).

Tampak hadir juga mengikuti kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy dan Ketua Tanfidziyah PCNU KH Nurani Sarji.

Wabup dalam kesempatan tersebut mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama.

“Mari kita bina rasa persaudaraan sehingga kita menjadi manusia yang baik kedepannya, serta selalu memelihara kerukunan, kedamaian, ketentraman dan persatuan karena kita semua bersaudara,” ujar Nafiah.

Adapun penceramah dalam haul ini diisi oleh Habib Hasan Bin Ahmad Al Aydrus dan Guru Ahmad Humaidi (Guru Umai). [ujang/ery-SBery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Bupati Dukung Kapuas Menuju Kota Layak Anak

Published

on

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda Forum Anak Daerah (FAD) dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H saat menyematkan Pin kepada FAD Kabupaten Kapuas. (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda Forum Anak Daerah (FAD) dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H hadiri acara kegiatan Deklarasi Kabupaten Kapuas Menuju Kota Layak Anak (KLA), bertempat di Gedung Pertemuan Manggatang Tarung Kabupaten Kapuas, belum lama ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Apollonia Septedy, Kepala BAPPEDA Kabupaten Kapuas yang juga Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Ahmad Muhammad Saribi, Forkopimda Kabupaten Kapuas, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas serta Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan rasa bangganya kepada Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas dan OPD yang terkait sudah melaksanakan tugas dengan baik dan terus mendukung komitmen yang sama untuk mencapai Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Tentu dengan kemauan belajar kita bisa mempelajari variable-variable serta objek yang menjadi penilaian, dalam arti kita tidak mengejar penghargaan tetapi dengan kita melaksanakan tugas sebelumnya seperti mendapatkan Piala Adipura, dengan seperti ini sudah pasti Kabupaten Kapuas dapat menjadi Kota Layak Anak, dengan mempersiapkan generasi emas ini menjadi pemimpin kedepan yang handal dan ini harus kita lakukan terus demi anak-anak kita,” tutur Ben.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda PAUD dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H mengapresiasi kegiatan tersebut dengan momentum yang sangat baik untuk genarasi penerus ini dirinya sampaikan pesan kepada seluruh pihak yang terkait. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Gelar RDP, Bahas Nasib Guru Non PNS

Published

on

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Syarkawi H Sibu. (Foto: Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jajaran Komisi IV DPRD Kapuas menggelar rapat dengar pendapat atau RDP terkait permasalahan tenaga kontrak guru tidak tetap kategori dua (K2) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di ruang rapat gabungan DPRD Kapuas Senin (8/5/2022).

Rapat dipimpin Ketua Komisi IV Syarkawi H Sibu bersama anggota dewan lainnya.

Rapat dihadiri Kepala Disdik Kapuas Suwarno Muriyat pihak Pemda Kapuas serta perwakilan guru kontrak guru tidak tetap dan honorer K2

Ketua Komis IV DPRD Kapuas, Syarkawi H Sibu usai rapat mengatakan ada beberapa hal yang dibahas dan akan ditindaklanjuti terkait insentif guru non PNS di Kabupaten Kapuas itu yang telah dituangkan dalam berita acara hasil RDP.

“Yaitu terkait pembayaran gaji guru kontrak guru tidak tetap dan guru honor K2 Kabupaten Kapuas untuk bulan Januari 2022 sampai dengan Mei 2022 akan direalisasikan pada minggu ke empat bulan Mei 2022,”kata Syarkawi.

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini hal itu
setelah dikoordinasikan dengan Bupati Kapuas, Sekda Kapuas dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kapuas melalui SK Bupati. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Ketua Komisi I DPRD Kapuas: Daftar Calon Kepala Desa tak Dipungut Biaya

Published

on

Ketua Komisi I DPRD Kapuas, Lawin usai RDP bersama dinas terkait tentang Pilkades. (Foto: Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah akan digelar bulan Juli mendatang.

Ketua Komisi I DPRD Kapuas Lawin mengatakan pihaknya telah melaksanakan
rapat dengar pendapat (RDP) bersama panitia Pilkades kabupaten dan Dinas PMD Kabupaten Kapuas terkait pelaksanaan Pilkades di 155 desa di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Tadi RDP adanya isu berdasar laporan masyarakat pendaftaran Calon Kades dipungut biaya. Namun ditegaskan bahwa tidak ada pungutan,”kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas Lawin usai RDP kepada media Senin (9/5/2022).

Dia melanjutkan pernyataan itu juga sudah dipertegas oleh Dinas PMD Kabupaten Kapuas saat RDP bahwa memang untuk pendafratan calon kades tidak dipungut biaya.

Legislator Partai Hanura tersebut menyampaikan apresiasi kepada pihak Panitia dan Dinas PMD Kabupaten Kapuas karena tahapan-tahapan Pilkades kini sudah berjalan.

“Lantas adanya kebijakan terkait rekomendasi tokoh masyarakat juga menjadi perhatian kami,” ujar Lawin.

Lanjut dia surat rekomendasi dari tokoh masyarakat ulama setempat menjadi pertimbangan untuk ditiadakan karena akan menjadi tidak netral atau keperpihakan.

“Harapannya kita dapat mendengar langsung penjelasan-penjelasan dari Panitia Pilkades serentak tingkat kabupaten terkait tahapan yang berlangsung,”pungkas Lawin.
[ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Hantaman Angin Puting Beliung, Belasan Rumah Warga Hancur

Published

on

Salah satu rumah warga yang terkena hantaman angin puting beliung. (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Belasan rumah warga Km 13 Anjir Serapat Timur Kecamatan Kapuas Timur hancur akibat hantaman Angin Puting Beliung yang terjadi sekitar pukul 14.15 Wib Jumat (6/5/2022).

Kondisi rumah warga nampak porak poranda termasuk harta benda milik mereka namun sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono melalui Kapolsek Kapuas Timur Iptu Eko Sutrisno dikonfirmasi membenarkan kejadian itu.

Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Sosial dan Tagana turun kelapangan menyalurkan bantuan kepada korban terdampak, Sabtu (7/5/2022). (Foto: Ist)

“Warga diminta untuk berhati-hati dan tetap bersabar atas musibah yang dialami, ” ujar Kapolsek Jumat (6/5)2022).

Sementara itu pasca kejadian Sabtu (7/5/2022) Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Sosial dan Tagana turun kelapangan menyalurkan bantuan kepada korban terdampak.

“Atas nama Pemkab Kapuas melalui Dinas Sosial kami menyalurkan bantuan untuk warga. Semoga ini bermanfaat memulihkan kondisi sosial warga,” kata Kadisos Kapuas Budi Kurniawan S.Sos M.Si. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Kemenag Kapuas Tetapkan Zakat Fitrah 2,8 Kg Beras

Published

on

Kakemenag Kapuas Hulu Hamidhan. (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah hasil penetapan zakat fitrah yang harus ditunaikan oleh umat Islam pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas H Hamidhan melalui Kasubag Tata Usaha Muhammad Poteran Susilo menyampaikan ketentuan zakat fitrah ini mengacu peraturan pasal 30 ayat 1 Menteri Agama RI nomor 52 tahun 2014.

“Berdasarkan hasil koordinasi Kementerian Agama Pemda dan perwakilan Ormas Islam dalam penetapan keputusan syariah tentang zakat yang diselenggarakan Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah pada 11 April 2022 lalu telah disepakati bahwa kadar zakat fitrah 3,5 liter atau 2,8 kilo gram beras,”katanya melalui pesan aplikasi Jumat (29/4/2022).

Dia melanjutkan Kemenang Kapuas bersama perwakilan Disdagperinkop UKM PC NU PD Muhammadiyah para kepala KUA dan perwakilan pedagang beras setempat pada 4 April 2022 juga telah sepakat menetapkan zakat fitrah beras dengan nilai uang sesuai dengan harga beras yang biasa dikonsumsi.

Hasil penetapan tersebut adalah Beras Siam Mayang Rp 48 ribu Siam Karang Dukuh Rp 42 ribu beras Jawa seperti Lopoijo Cap Melon, Lahap Rp 40 ribu, untuk beras Siam Unus atau Siam Lantik Rp 37 ribu dan jenis beras Gadabung Rp 34 ribu dan sudah sosialisasi. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Bupati Kapuas Lantik 11 Pejabat Administrasi Lingkup Pemkab Kapuas

Published

on

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Drs Aswan MSi. (Foto: Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT melantik pejabat administrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Rabu (27/4/2022).

Pelantikan berlangsung di Aula Bappeda Jalan Tambun Bungai itu dihadiri Sekda Kapuas Drs Septedy MSI dan sejumlah OPD lingkup Kapuas.

Adapun pejabat administrasi yang dilantik berjumlah 11 orang. Terdiri dari 10 pejabat administrator eselon III A sekretaris dan kepala bagian (Kabag). Kemudian 1 orang pejabat pengawas eselon III B.

“Pelantikan ini adalah rotasi dan mutasi di internal masing-masing OPD, ” kata Kepala Badan BKPSDM Kabupaten Kapuas Drs Aswan MSi kepada wartawan Rabu (27/4/2022).

Disampaikan Aswan terkait mutasi jabatan adalah amanah. Dimanapun ditempatkan tentunya bagi ASN selalu siap.

Seperti pesan Bupati Kapuas lanjutnya pejabat agar selalu bekerja dengan baik ikhlas dan jujur.

“Harapannya dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai ketentuan,” tutup Aswan. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Populer