Vaksinasi Masal Covid-19 Bertempat Di Halaman Sekolah SD 018 Karang Rejo – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kaltara

Vaksinasi Masal Covid-19 Bertempat Di Halaman Sekolah SD 018 Karang Rejo

Published

on

Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto, Wakapolda Kaltara, Kapolres Kota Tarakan beserta jajaran. (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Bertempat di Halaman Sekolah Dasar (SD) 018 Karang Rejo Kota Tarakan Kalimantan Utara menggelar Vaksinasi massal Covid-19 dalam rangka mencapai Herd Immunity bagi semua penduduk Indonesia dalam antisipasi penularan Covid-19 kepada Masyarakat dan anak usia dari 6-12 tahun dengan target 25 ribu di vaksin dosis I dan dosis II, sekaligus mensaksikan langsung oleh Kapolri melalui Zoom, Jum’at sampai Minggu (11/2/2022.

Zoom Meeting siaran langsung dari Kapolri, di saksikan oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto, Wakapolda Kaltara, Kapolres Kota Tarakan beserta jajaran.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi serentak sendiri dilaksanakan oleh Polri bersama unsur kesehatan melalui Polda/Polres merupakan Giat vaksinasi Serentak Indonesia yang bertujuan untuk percepatan Vaksinasi  mencapai 70% dari total sasaran sehingga Herd Immunity bagi semua penduduk di indonesia termasuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun dan mencegah penularan Covid 19.

Kegiatan ini disambut baik oleh Wali Kota, ia berharap agar vaksinasi ini dapat membantu percepatan vaksinasi usia 6-12 tahun dengan target 25 ribu anak dan juga masyarakat Kota Tarakan secara keseluruhan baik itu dosisi I dan dosis II dan mereka yang sudah 2 kali bisa vaksin booster.

Walikota Tarakan “Saat ini sudah hampir 95 persen masyarakat telah tervaksinasi, dan secara teori herd immunity telah tercapai,” maka untuk masyarakat khususnya Kota Tarakan ayu vaksin agar tubuh kita  atau Herd Immunity bisa mencegah percepatan penularan Covid-19 ungkap dr. Khairul. M.Kes.

Sementara Wakapolda Kaltara Kombes Pol Erwin Zadma “Pelaksanaan giat vaksinasi secara serentak, yang mana bentuk dukungan Polri terhadap program pemerintah, dalam mencapai HERD IMMUNITY dan memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 dari usia 6-12 yang masih sekolah dasar atau masyarakat kota Tarakan dari dosis I dan II.

Kami dari kepolisian mengucapkan “Terima kasih kepada Pemerintah Kota Tarakan serta Dinas Kesehatan yang telah membantu kegiatan Vaksinasi serentak ini,” dan “Vaksinasi adalah salah satu upaya menurunkan angka penyebaran, sehingga sangat perlu dilakukan langkah pencegahan, sehingga dapat mengurangi angka kasus positif,” ujar Wakapolda Kaltara Erwin Zadma (mdd).

Kaltara

KC Bankaltimtara Segera Berkantor di Banhub Kaltara di Jakarta

Published

on

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. (Foto/Ist) 

SAMARINDA, SuaraBorneo.com – Dalam waktu dekat, Kantor Cabang (KC) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltim-Kaltara) yang berada di Panin Tower Senayan City Jakarta akan pindah ke Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jalan Kramat II Kwitang, Jakarta Pusat.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan Kesepakatan Bersama (KB) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT BPD Kaltim Kaltara yang digelar di Mahakam Room Gedung Kantor Pusat PT BPD Kaltim Kaltara, Samarinda terkait dengan Sewa Sebagian Bangunan pada Kantor Badan Penghubung Provinsi Kaltara di Jakarta.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. Hadir pula sejumlah Anggota Direksi Bankaltimtra Direktur Kredit, Siti Aisyah dan Direktur Operasional dan Manajemen Resiko, Muhammad Edwin, Jum’at (25/11/22).

Sementara dari jajaran Pemprov Kaltara, hadir mendampingi Gubernur Kaltara Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Kepala Biro Adpim Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P, Kepala Banhub Kaltara, Ruslim, Sekretaris Inspektorat Kaltara dan Sekretaris Bapenda Kaltara.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur, akhirnya rencana pemindahan Kantor Cabang Bankaltimtara dari Panin Tower Senayan City Jakarta ke Kantor Badan Penghubung Kaltara dalam waktu dapat terlaksana,” kata Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang.

Ditarget awal Januari 2023, Kantor Cabang Bankaltimtara akan mulai menempati sebagian Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jakarta dengan luas total 756,594 M2.

Selain mengoptimalkan pemanfaatan barang milik daerah, sekaligus menambah potensi pendapatan daerah bagi Pemprov Kaltara.
Gubernur Kaltara berharap dengan keberadaan kantor cabang Bankaltimtara di Kantor Badan Penghubung Kaltara semakin memudahkan segala urusan transaksi keuangan nasabah Bank Kaltim Kaltara yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Utamanya, bagi mereka (para pengusaha dan investor,red) yang berkantor pusat di Jakarta yang saat ini sedang berinvestasi maupun yang ingin membuka usahanya di wilayah Kaltara. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Wujudkan ASN Kaltara Berintegritas dan Profesional

Published

on

Mewakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang SH., M.Hum., Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD). (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Mewakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang SH., M.Hum., Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Manajemen Karir dan Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara Tahun 2022 di Ruang Pertemuan, Hotel Crown, Tanjung Selor, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesungguhan Pemprov Kaltara dalam mewujudkan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN), yang profesional yang mampu menyukseskan pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Kaltara.

Selain itu, meningkatkan profesionalise dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik di Pusat maupun daerah yang berorientasi mendukung pembangunan nasional.

Diketahui saat ini masih terdapat berbagai tantangan dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintahan. Khususnya dalam pengembangan kompetensi, potensi manajerial, dan sosio kultural ASN. ASN harus memiliki pola pikir yang lain.

“ASN dituntut harus memiliki pola pikir (mindset) vuca yang lain, yakni vision (visi), understanding (kesempatan untuk mengubah ketidakpastian), clarity (kejelasan) dan awareness (ketangkasan),” ujar Pollymaart Sijabat
.
Untuk itu, sebagai langkah strategis untuk menyiapkan pelaksanaan kebijakan manajemen karir bagi ASN di lingkungan Pemprov Kaltara agar tetap eksis, antisipatif dan inovatif dalam berinovasi dengan berupaya untuk menyusun perencanaan, pengembangan, pola karir dan kelompok rencana sukses yang diperoleh dari manajemen talenta.

Pollymaart mengungkapkan bahwa faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan manajemen ASN adalah komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan dan seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Setiap ASN dituntut untuk dapat selalu mengembangkan potensi dan kompetensinya, setidaknya menguasai empat skill generik normal baru . Yaitu mampu menggunakan informasi, media, and technology skills, menambah life and career skills, mengembangkan learning and innovation skills dan yang terakhir memiliki skill komunikasi yang efektif,” katanya.

Sebagai informasi, ebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PP No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, salah satu kriteria sistem merit adalah memiliki manajemen karir yang terdiri dari perencanaan, pengembangan, pola karir, dan kelompok rencana suksesi yang diperoleh dari manajemen talenta yang sejalan dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 40/2018 tentang Pedoman Sistem Merit.

Untuk itu, sesuai dengan ketentuan-ketentuan tersebut, ASN yang akan diangkat ke dalam jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas wajib memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

“FGD ini sangat penting, dilaksanakan agar Pemprov Kaltara dapat memiliki ASN dengan skill dan motivasi yang tinggi, ASN yang memiliki inisiatif, selalu memperbaiki diri dan suka berbagi pengalaman dengan tujuan dan sasaran yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan program-program untuk mewujudkan terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) tentunya selaras dengan visi dan misi Provinsi Kalimantan Utara,” tutupnya. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Buka Turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup, Gubernur: Junjung Tinggi Sportivitas

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum membuka secara langsung turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup Tahun 2022. (Foto/Ist) 

BUNYU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum membuka secara langsung turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup Tahun 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Bapor Pertamina Bunyu, Minggu (20/11/2022).

Turnament Bola Voli tersebut digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Provinsi Kaltara.

Hadir Kabinda Kaltara, Marsma TNI Aminul Hakim, Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol. Rudi Hartono, S.H., S.I.K., Kepala Dispora Kaltara, Obed Daniel Lumban Tobing, Ketua KONI Kaltara, Muhammad Nasir, Pimpinan PT Pertamina Ep Bunyu Field, Camat Bunyu, para peserta turnamen bola voli serta masyarakat Pulau Bunyu.

Gubernur Kaltara dalam sambutannya menyampaikan bahwa olahraga merupakan arena pengasahan bakat-bakat muda, serta menjadi ajang penyaluran kreativitas termasuk mengarahkan semangat jiwa muda untuk bangkit berolahraga mewujudkan padang lawas yang sehat.

Menurut gubernur olahraga mempunyai sifat mempersatukan. “Saya berharap turnamen ini dapat memupuk tali persaudaraan, serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar-peserta, khususnya antar-masyarakat Kaltara pada umumnya,” ujar Gubernur.

Disamping itu, melalui turnamen ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat untuk berprestasi dalam bidang olahraga.
Tak kalah penting, adanya peningkatan dalam pembinaan prestasi olahraga, serta dapat menjadi sarana menjalin sinergitas yang baik, sehingga prestasi olahraga dapat ditingkatkan.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, menyambut gembira pelaksanaan turnamen ini.
“Saya optimis, dengan kita memberikan ruang berkompetisi dan menciptakan iklim kompetisi yang sehat, akan banyak bermunculan talenta-talenta olahraga terutama bola voli yang akan mengharumkan nama Kaltara di kancah Nasional bahkan Internasional,” ucapnya.

Selanjutnya, Gubernur berpesan kepada seluruh pemain untuk bermain sebaik mungkin dan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.
“Menang kalah hal biasa, mengakui kemenangan lawan dan bisa mengakui kekalahan sendiri, itulah Sportivitas,” jelas Gubernur. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Zainal Dukung Rakor Pertama BGP di Kaltara

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Guru Penggerak (BGP) Kaltara. (Foto/Ist) 

TARAKAN, Suara lBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Guru Penggerak (BGP) Kaltara bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kaltara dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota se-Kaltara.

Menurutnya, sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) baru, Balai Guru Penggerak atau BGP diberi tugas menggerakkan guru-guru diseluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Kaltara.

Hal tersebut tertuang dalam pasal 1 ayat (2) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 14 Tahun 2022 yang menyebut bahwa “Balai Guru Penggerak atau BGP adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang pengembangan dan pemberdayaan guru, pendidik lainnya, tenaga kependidikan, calon kepala sekolah, kepala sekolah, calon pengawas sekolah, dan pengawas sekolah yang berkedudukan di provinsi”.

Demikian disampaikan oleh Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang saat membuka secara resmi kegiatan Rakor Pertama BGP Provinsi Kaltara yang digelar di Swiss Bell Hotel, Tarakan, Jumat (18/11/2022) malam.

“Ini sebagai salah satu upaya kita untuk mensosialisasikan arah kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tentang Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Guru Penggerak (PGP), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),” katanya.

Seperti diketahui, Program Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan indonesia. Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (Literasi dan Numerasi) serta karakter, diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, dalam hal ini kepala sekolah dan guru.

Kemudian Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan kompetensi guru. Program ini diharapkan dapat berjalan optimal dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait lainnya.

Selanjutnya terkait Implementasi Kurikulum Merdeka, yang mana merupakan kurikulum pembelajaran dengan kurikulum beragam serta lebih mengoptimalkan materi atau konten yang memberi peserta didik cukup waktu untuk mengeksplorasi konsep dan memperkuat kemampuannya.

Melalui Rakor ini, Gubernur Zainal Paliwang berharap kegiatan dalam mensosialisasikan arah kebijakan Kemendikbudristek menyangkut tiga program (PSP, PGB dan IKM.Red), dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Ia mengajak kepala seluruh unsur terundang agar menyamakan persepsi dan pemahaman sehingga dapat menentukan rencana dan tindak lanjut untuk memberikan dukungan penuh demi optimalnya program-program tersebut.

“Mari bersama menguatkan komitmen pembangunan pendidikan di Kaltara, sebagai salah satu upaya untuk mempercepat langkah mewujudkan Katara yang berubah, maju dan sejahtera,” tandas Zainal.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara diantaranya Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Kaltara, Drs Hari Purwanto, M.Si, Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri Sutanto, Kepala BPMP Kaltara, Dr Jarwoko, M.Pd, serta Kepala Disdik Kabupaten/Kota se-Kaltara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Staristik dan Persandian (DKISP) Kaltara, Ilham Zain. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Pembangunan Bandara di Kaltara Dongkrak Nilai Ekspor Produk Kelautan

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum mengapresiasi terlakasananya Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT Whitesky Facility dan Canadian Commercial Corporation (CCC). (Foto/Ist) 

NUSA DUA, SuaraBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum mengapresiasi terlakasananya Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT Whitesky Facility dan Canadian Commercial Corporation (CCC), tentang Studi dan Pengembangan The Green AirPort Initiative di Provinsi Kaltara yang digelar pada Jumat, 11 November 2022 lalu, di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh pria kelahiran 6 Desember 1962 itu dalam acara Caremony di The Maj Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Hadir Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Perhubungan, sekaligus CEO PT Whitesky Aviation, Denon B. Prawiraatmadja, serta President and CEO at Canadian Commercial Corporation (CCC), mr Robert Kwon.
Dalam sambutannya, pria yang mengawali karier sebagai Pamapa Polres Buleleng, Polda Bali itu mengungkapkan dengan terlaksananya penandatangan nota kesepahaman ini, diharapkan dapat meningkatkan fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara di Kaltara. Khususnya, dalam mendukung pengembangan Mega Proyek Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau disebut juga KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi di wilayah Kabupaten Bulungan-Kaltara.

Zainal-sapaan akrab Gubernur Kaltara mengatakan, hadirnya Kawasan Industri yang ramah lingkungan di Kaltara menjadi terobosan yang sangat berarti bagi kemajuan infrastruktur dan ekonomi di Provinsi Kaltara.
Ia menjelaskan, sebagai provinsi termuda di Kalimantan yang memiliki luas hampir setengah pulau Jawa, saat ini Kaltara sedang gencar melakukan pembangunan.

“Karenanya kami sangat besyukur dengan rencana pembangunan bandara kargo oleh Canadian Commercial Corporation (CCC) dengan bantuan dari Kadin Indonesia bidang Perhubungan. Atas nama pribadi dan masyarakat Kaltara, kami mengucapkan terimakasih dan bersyukur atas rencana studi dan pembangunan bandara yang ramah lingkungan ini,” katanya.

Selain itu, Zainal juga menjelaskan bahwa saat ini daerahnya memiliki keunggulan dalam hasil budidaya perikanan seperti kepiting, ikan dan udang. Namun selama ini penjualan hanya secara tradisional. Diharapkan dengan adanya bandara khusus kargo ini dapat meningkatkan perekonomian di daerahnya.

Sementara mengutip dari laman KADIN Indonesia Bidang Perhubungan, dijelaskan bahwa rencana studi dalam pembangunan bandara di Kaltara ini dinilai sangat tepat dan diperlukan, terlebih provinsi Kaltara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) dibidang perikanan yang sangat luar biasa.

Dengan adanya bandara ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor produk kelautan, dimana para akhirnya dapat meningkatkan perekonomian di Kaltara.
Hal ini diungkapkan oleh President and CEO Canadian Commercial Corporation (CCC), Robert Kwon pada acara Penandatangan Nota Kesepahaman bersama antara PT Whitesky Facility, Canadian Commercial Corporation (CCC), dan Pemprov Kaltara untuk melakukan studi dalam rangka pembangunan green airport, di Nusa Dua Bali, Minggu (13/11/2022). Dimana kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pertemuan lanjutan B20.

Dijelaskan juga oleh Robert bahwa Canadian Commercial Corporation merupakan lembaga pendanaan resmi dari Kanada, dan pihaknya membantu pembangunan yang mempunyai potensi bisnis ke depan. Konsen dari lembaga ini bukan hanya sekedar pembiayaan semata, namun membantu pengguna dan transfer teknologi yang diterapkan, yang dikhususkan pada teknologi yang ramah lingkungan. Seperti solar panel, hydro energi, dan lainnya. Dimana hal ini juga pernah dilakukan di beberapa negara seperti Kolombia.

“Saat melakukan studi dalam waktu dekat ini, nanti kami akan melihat secara langsung potensi apa saja yang bisa kami lakukan di Kaltara. Terutama dalam membangun green airport yang nanti untuk mendukung ekspor dan impor hasil dari sumber daya alamnya, yaitu produk kelautan,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/11/2022).(mdd).

Continue Reading

Kaltara

Sekprov Suriansyah Tekankan ASN Tingkatkan Produktivitas

Published

on

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Suriansyah, M.A.P., memimpin apel pagi gabungan. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Suriansyah, M.A.P., memimpin apel pagi gabungan di lingkungan Pemprov Kaltara di Lapangan Agathis, Senin (14/11/2022).

Dalam amanatnya, Sekprov Suriansyah menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kaltara meningkatkan produktivitas kinerjanya sebagai seorang ASN. Hal ini mengingat bahwa saat ini telah masuk minggu ketiga dibulan November. Artinya menyisakan satu bulan setengah dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Sekprov mengharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan yang menangani anggaran untuk melaksanakan percepatan terhadap realisasi kegiatan.

“Ke depannya masalah makin kompleks untuk dipecahkan. Bekerja sesuai aturan, apa yang menjadi perintah Gubernur atau atasan, jalankan dengan sebaik-baiknya,” tutur Suriansyah.

Selain itu, Ia juga berharap pelayanan publik pada tahun ini lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan persentase kegiatan kita (Pemprov,red) dalam rangka pelayanan publik dengan pemerintah dan pembangunan melebihi presentase dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.
Dalam amanatnya, disampaikan juga terkait upaya pengembangan kompetensi melalui pendidikan Formal dan Non Formal. Untuk yang ingin melanjutkan program pasca sarjana, masih dibuka pendaftaran ditahap berikutnya.

“Kami mendorong Bapak/Ibu, terutama yang masih muda untuk terus mengembangkan kompetensi pendidikan formal,” ujar Sekprov.

Diakhir sambutanya, Sekprov mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah melaksanakan kegiatan.

Pada minggu ini, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara beserta beberapa Perangkat Daerah akan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan.

Ia berpesan kepada perangkat daerah yang akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari data dan informasi. Karena ini penting dilaksanakan menyangkut penyusunan APBD tahun 2023 mendatang, terutama dalam menentukan sisa anggaran. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Pemprov Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RPB 2022-2026

Published

on

Mewakili Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum, acara Konsultasi Publik terkait Penyusunan RPB Kaltara 2022-2026. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Provinsi Kaltara Tahun 2022-2026.

Mewakili Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum, acara Konsultasi Publik terkait Penyusunan RPB Kaltara 2022-2026 dibuka oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Jumat (11/11/2022).

Dalam sambutan tertulis Gubernur, Datu Iqro mengatakan bahwa upaya kesiapsiagaan terhadap meminimalisir dampak bencana di wilayah Kaltara terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan konsultasi publik penyusunan RPB.

Lewat kegiatan ini, diharapkan mampu mengoptimalkan penyelenggaraan penanggulangan bencana secara sistematis dan menjadi salah satu isu utama dalam perencanaan pembangunan Nasional maupun di daerah.

“Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan, dilaksanakan untuk menggali masukan dalam menetapkan strategi, tujuan, arah kebijkan dan program serta rencana dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Selain itu, Ia juga megungkapkan bahwa rencanan penanggulangan bencana pada bulan Agustus 2022 lalu, tercatat beberapa agenda telah diselesaikan.

Seperti penentuan bencana prioritas yang ditangani, identitas akar permasalahan, perumusan isu strategis, perumusan tujuan dan sasaran, perumusan program dan rencana aksi pada kegiatan Lokakarya penyusunan rencana penanggulangan bencana.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, tidak hanya menggali maskan dari para peserta kegiatan, namun juga dapat menjadi sarana untuk mewujudkan harmonisasi perencanaan penanggulangan bencana dengan perencanaan pembangunan,” pungkas Datu Iqro. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Minta Perangkat Daerah Fokus Wujudkan Good Governance

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengungkapkan Reformasi Birokrasi. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBoeneo.com – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengungkapkan Reformasi Birokrasi merupakan bagian dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Menurutnya, pembaharuan dan perubahan dilakukan agar pemerintah dapat memberikan pelayanan public yang berkualitas dan meningkatkan kepercayaan public kepada pemerintah.

“Perubahan tidak dapat terjadi tanpa adanya tekad dan komitmen dari pimpinan.Karena kunci utama dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan kesuksesan pencanangan zona integritas adalah komitmen pimpinan,”terang Gubernur, Rabu (9/11/22).

Sebab, pembangunan dan pelaksanaan reformasi birokrasi yakni membangun sistem dan kebiasaan yang sangat membutuhkan pemahaman dan kesungguhan bersama dari berbagai pihak.

“Oleh karena itu, pimpinan tertinggi suatu daerah dan unit kerja harus memiliki tekad dan komitmen menuju perubahan yang lebih baik,”terangnya.
Dikatakannya, reformasi birokrasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan.

Di mana tata kelola pemerintahan yang baik merupakan prasyarat utama kesuksesan pembangunan nasional. Kualitas tata kelola pemerintahan akan sangat mempengaruhi pelaksanaan program pembangunan nasional.

“Semakin baik tata kelola pemerintahan suatu daerah, semakin cepat pula perputaran roda pembangunan pemerintah daerah yyang berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Berdasarkan hasil evaluasi, Reformasi Birokrasi Pemprov Kaltara pada tahun 2021 mendapatkan nilai 65,97 dengan predikat B. Tahun ini, kata Gubernur, telah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada September lalu.

Sebagai wujud implementasi dan peningkatan reformasi birokrasi, Pemprov Kaltara akan melaksanakan penandatangan komitmen kepala daerah dengan pemerintah pusat.

“Saya berharap agar semua perangkat daerah dapat berkomitmen yang tinggi dan pemahaman yang kuat terhadap 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi serta terlibat aktif dalam penerapannya,”papar Gubernur.

Gubernur juga memberikan penghargaan atas penilaian kinerja perangkat daerah dan penilaian kinerja individu di lingkungan Pemprov Kaltara. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Ajak Lulusan STMIK PPKIA Tarakan Ita Rahmawati Kompeten Perkuat Sistem Informatika dan Teknologi

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum., dalam hal ini diwakilkan Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Bustan,SE., M.Si menghadiri Wisuda Program Vokasi dan Sarjana XII Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) PPKIA Tarakanita Rahmawati.

Bertempat di Ruang Kayan Multifunction Hall, Hotel Tarakan Plaza, sebanyak 157 Wisudawan/Wisudawati STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati diwisuda, Sabtu (5/11/2022). Adapun rinciannya, sebanyak 7 orang dari program studi D3 Manajemen Informatika, 113 orang dari program studi S-1 Sistem Informatika, dan sebanyak 37 lainnya dari program studi S-1 Teknik Informatika.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltara yang diwakilkan Asisten II, Dr Bustan mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan/wisudawati yang telah wisuda.

“Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara, mengucapkan selamat dan sukses kepada 157 wisudawan/wisudawati STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati yang telah diwisuda, sebagai generasi penerus pembangunan di Kaltara diharapkan dapat membawa perubahan yang baik di dalam masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa pemerintah dan masyarakat Kaltara menanti kontribusi dan pengabdian wisudawan dan wisudawati untuk bersama-sama mewujudkan Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera.

Ia berpesan kepada wisudawan dan wisudawati, untuk terus membekali diri karena kesuksesan hari ini akan menjadi pembuktian kualitas yang dimiliki untuk terjun ke dalam dunia kerja.

“Semoga ilmu dan keahlian yang diperoleh selama perkuliahan di STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati dapat diaplikasikan dan menghantarkan saudara semua pada kesuksesan dalam berkiprah bagi pembangunan daerah ke depan, serta selalu berpikir positif dan optimis,” ujar Bustan dalam sambutan tertulis Gubernur.

Dalam hal ini, Gubernur mengajak bersama-bersama memperkuat sistem informatika dan teknologi yang berkompeten, modern dalam pembangunan pemerintahan instansi maupun wirausaha daerah yang majemuk agar lebih merata, serta mengurangi pengangguran yang merajalela.

“Sekali lagi selamat mengukir prestasi, berjuang dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai bersama, khususnya provinsi Kaltara,” tutupnya.

Sebagai informasi, hadir dalam acara tersebut turut diantaranya Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, Walikota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes, Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Citra Muda Tarakan, serta Ketua STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. (mdd).

Continue Reading

Populer