Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Hulu Sungai Selatan

Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024

Published

on

Ketua KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Nida Gulaili Rahmadina, S. Pd bersama Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S. AP, MA, Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE Forkopimda, Bawaslu, Partai Politik serta Stakeholder terkait. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan turut serta berpartisipasi pada peluncuran hari pemungutan suara pemilihan umum serentak 2024, yang digelar KPU RI secara virtual, Senin, (14/02/2022).

Pada peluncuran pemilu serentak yang diadakan di Kantor KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Jalan Singakarsa Kelurahan Kandangan Barat ini dihadiri Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S. AP, MA, Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE Forkopimda, Bawaslu, Partai Politik serta Stakeholder terkait.

Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam daring mengatakan, di tengah kondisi Covid-19 yang meningkat, sekiranya masih bisa dilaksanakan dan diikuti peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024.

Diketahui, KPU RI telah menetapkan pemilu serentak ini tertuang pada KPU Nomor 21 Tahun 2022, terkait Pemungutan Suara pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Rakyat Kabupaten/Kota serentak tahun 2024.

Beliau menambahkan, kegiatan peluncuran hari pemungutan suara pemilu serentak tahun 2024 ini, diikuti 34 provinsi beserta KPU kabupaten kota.

Ditemui usai acara, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan mengharapkan dukungan pemerintah di semua lini kegiatan KPU. Di antaranya, anggaran, pemutahiran data, logistik, teknis. Sehingga terlaksana Pemilu yang berintegritas, berkualitas sampai di TPS.

“Bagaimana disampaikan pada prinsipnya adalah dimana menjamin suasana yang demokratis karna bagaimanapun tahun 2024 nanti adalah tahun pertama kita menyelenggarakan kegiatan secara serentak oleh karena itu harapan kita semua, agar kita semua bersiap partai politik dan segala yang terlibat, dan pada hari ini 14 februari terima kasih KPU kabupaten karena telah mengundang,” ucap Wabup

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Nida Gulaili Rahmadina, S. Pd mengatakan tujuan kegiatan malam ini, adalah sebagai peluncuran hari pemilu serentak yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024.

“Berdasarkan surat keputusan KPU RI No. 21 tahun 2022 bahwa 14 Februari 2024 itu ditetapkan sebagai hari pemilu dan berdasarkan surat yang dikirimkan KPU RI dan juga KPU Provinsi maka memerintahkan kepada KPU Kabupaten/Kota se Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya

Lebih lanjut beliau mengatakan pemilu serentak ini tidak akan bisa terselenggara tanpa adanya dukungan dari pemerintah, DPRD, partai politik dan stakeholder lainnya.

“Begitu kami sudah sosialisasikan untuk kegiatan pemilu 2024 maka kami punya semangat untuk mengawalinya dan berharap kepada pemerintah daerah dukungan dan doa restu kepada kami,karena pertengahan 2022 ini kami sudah memulai tahapan tahapan,” tuturnya. [adv]

 

Hulu Sungai Selatan

Pemerataan Energi Hingga Pelosok, Pertamina Hadirkan BBM 1 Harga Di Kalsel

Published

on

Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman bersama Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama BPH (Badan Pengatur Hilir) Migas meresmikan secara serentak 14 titik lembaga penyalur bahan bakar minyak, melalui program BBM Satu Harga.

Adapun peresmian secara simbolis dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Rabu, 30 November 2022. Penerapan BBM Satu Harga ini merupakan wujud program energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Sejak awal kehadiran program BBM 1 Harga pada tahun 2017 hingga November 2022, Pertamina telah membangun total 402 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 63 tahun 2020. Sementara khusus untuk Tahun 2022, sudah terbangun 81 SPBU dari target 92 lokasi. Pertamina sendiri ditargetkan untuk bisa membangun total 573 SPBU sampai dengan Tahun 2024.

Selain di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada hari ini akan diresmikan 14 lembaga penyalur BBM 1 Harga yang berada di Kabupaten Sambas, Sintang, Melawi, Sanggau, Landak, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung. Acara peresmian dilakukan serentak di 3 lokasi yaitu di Kab. Hulu Sungai Selatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Nias Selatan di Provinsi Sumatera Utara, dan Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

“Dengan resminya 14 titik BBM 1 Harga yang kita lakukan pada hari ini, Pertamina bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali mewujudkan energi  berkeadilan bagi saudara-saudara kita yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses untuk menikmati energi dengan harga yang terjangkau,” jelas M. Taufiq Setyawan, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Rabu (30/11/22).

Taufiq menambahkan realisasi volume penyaluran BBM 1 Harga terus meningkat setiap tahunnya, hingga tahun 2022 ini volume BBM yang tersalurkan kepada masyarakat sudah mencapai 819.876 KL. Hal ini menunjukkan bahwa program BBM 1 Harga ini telah berhasil memberikan akses energi yang mudah dengan harga yang sama hingga ke wilayah 3T di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman dalam sambutannya menyampaikan harapannya akan BBM 1 Harga bagi masyarakat. “Kami menargetkan BBM 1 Harga tidak hanya dapat mendukung pemerataan energi di seluruh negeri namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya.

Apresiasi atas terwujudnya keadilan energi juga datang dari Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. “Masyarakat mengapresiasi pemerintah dan pertamina dalam program BBM 1 harga, kami mendukung pelaksanaan program tersebut dan harapannya kedepan makin banyak lokasi terpencil yang tersedia BBM 1 harga,” tuturnya. [ad/rls]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pembukaan Peparprov IV Kalsel 2022 Di HSS

Published

on

Opening ceremony Pekan Paralympic Provinsi (Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi di dibuka oleh Gubernur Kalsel Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Opening ceremony Pekan Paralympic Provinsi (Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi di dibuka oleh Gubernur Kalsel Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H pagi ini. Ahad, 25 Jumadil Akhir1444/Minggu(20/11/22)

Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 yang dilaksanakan di kabupaten Hulu Sungai Selatan ini dari tanggal 20-27 November 2022 dan di ikuti oleh 13 Kabupaten/kota dengan total sebanyak 807 Atlet, 381 Pelatih dan Official serta 11 cabang olahraga yang di pertandingkan.

Sebelum dibuka resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H pada kesempatan ini terlebih dahulu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalsel dan seluruh Atlet, Pelatih serta Official di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Bumi Rakat Mufakat.

“Kehadiran bapak gubernur di tengah-tengah kita memberikan motivasi yang luar biasa dengan melihat perhatian beliau dalam bidang olahraga di rangkaian kegiatan Porprov dan peparprov yang meluangkan waktu sudah bersama kita meskipun di hari libur akan tetapi beliau bersedia hadir dalam membuka resmi kegiatan ini”. Ungkap Bupati

Bupati juga berharap ajang olah raga ini menjadi ajang silaturahim bukan hanya sekedar ajang berkompetesi sesama atlet warga Kalimantan selatan.

“”Kami berharap kepada para pimpinan kontingen 13 kabupaten/kota apabila nantinya ada persaingan kompetisi antara satu sama lain yang meninbulkan ketidak nyamanan atlet, pelatih danofficial lainnya sekiranya bisa di selesaikan dengan arif serta bijaksana yang sesuai dengan semboyan Hulu Sungai Selatan yaitu Rakat Mufakat”.

Dalam arahan Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H berharap dengan adanya event olah raga ini bisa melahirkan lagi para atlet yang lebih handal dan bisa berprestasi di tingkat internasional.

“di moment kali ini saya ingin menyatakan rasa salut,rasa bangga kepada para atlet Paralympic Kalimantan selatan atas prestasinya sebagai peringkat 4 di Indonesia”. Ungkap gubernur
Dan saya sangat bangga kegiatan olah raga ini bisa dilaksanakan di kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menurut saya kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah kota pahlawan karena di kabupaten ini banyak lahir para pejuang.

Setelah membuka secara resmi kemudian Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H didampingi oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP menyalakan Obor Perparov IV Kalsel yang merupakan tanda Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi dibuka. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Lepas 146 Kontingen Paralimpik (Peparprov) IV Kab HSS

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP kembali melepas kontingen Pekan Olahraga Provinsi IV (Peparprov) Kalimantan Selatan Tahun 2022. (Foto//Ist) 

 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Setelah closing ceremonial Pekan Olahraga Provinsi Porprov XI Kalimantan Selatan, Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP kembali melepas kontingen Pekan Olahraga Provinsi IV (Peparprov) Kalimantan Selatan Tahun 2022 di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab HSS, Senin (14/11/2022).

Pelepasan atlet ini sendiri ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Peparprov IV oleh Bupati HSS kepada Ketua Kontingen Peparprov IV.

Turut hadir melepas kontingen, Forkomimda HSS, Sekretaris Daerah Kab HSS, Kemenag Kab HSS, Kepala OPD dan Ketua Kontingen, Manager, Official.

Ketua Kontingen Peparprov IV Tarmiji menyampaikan bahwa kontingen Peparprov Kab HSS diterjunkan untuk turut serta berlaga dan berprestasi membawa nama baik Kab HSS dalam multi event Peparprov IV Kalsel di Kab HSS.

Kontingen Peparprov IV ini diberangkatkan untuk mendulang emas prestasi berjumlah 146 Kekuatan yang terdiri dari 100 Atlet dan 22 pelatih dan 24 Official yang tersebar dalam 11 Cabang Olahraga yang diikuti. Pelaksanaan direncanakan selama 8 hari, yaitu sejak tanggal 20 Nopember 2022 sampai dengan tanggal 27 Nopember 2022, bertempat di Kabupaten Hulu sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ditambahkannya lagi Tarmiji mengatakan dalam pelaksanaan Peparprov IV TAHUN 2022 ini Kontingen Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang diterjunkan mengemban misi prestasi yaitu dengan sekuat tenaga untuk Kab HSS dengan FINISH MINIMAL pada posisi jajaran 5 besar teratas Klasemen Perolehan Medali Akhir, tuturnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan kehadiran kami semua disini ingin memberikan support dan doa restu kepada para atlet paralimpik untuk bisa mengukir prestasi yang terbaik.

Tunjukanlah semangat dan prestasi yang terbaik, mudahan juga Peparprov IV ini bisa mengukir sejarah baru seperti Porprov XI Kalsel bisa menjadi juara umum, “beban tuan rumah harus bisa menunjukan prestasi yang terbaik, apa yang dilakukan pemerintah adalah merupakan upaya penyataraan, tidak ada perbedaan, meskipun kalian atlet disabilitas tetap akan kami berikan ruang yang sama untuk menunjukan prestasi dalam olahraga”, tuturnya.

Kita masih punya waktu untuk lebih memantapkan kemampuan individual maupun kemampuan grop sehingga pada saat bertanding kita sudah betul-betul bisa memberikan yang terbaik, ucapnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry berkeinginan bahwa jadilah peserta Porprov sekaligus tuan rumah yang baik, terhadap kontingen kabupaten/kota lainnya, Jadilah kita orang yang bisa menghargai prestasi orang lain, jangan mencari kambing hitam, belajar menghargai prestasi orang lain, tunjukan sportifitas kita sebagai kontingen HSS, jaga nama baik HSS dengan Moto Rakat Mufakatnya untuk tidak melakukan hal yang tidak kita inginkan, pesan Bupati.

Bupati mengharapkan apa yang sudah dicapai oleh rekan atlet Porprov XI, saya ingin juga bisa dicapai oleh kawan-kawan atlet paralimpik yang juga bisa menunjukan yang terbaik, kawinkanlah juara 1 di Kalimantan Selatan, ajak Bupati. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Buka Latsar CPNS, Bupati HSS Ingatkan ASN Melayani Bukan Dilayani

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengingatkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk berkerja profesional. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengingatkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk berkerja profesional dengan pola pikir atau mindset yang melayani bukan minta layani.

Penegasan itu disampaikan Bupati Achmad Fikry saat membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan II Angkatan I dan II Tahun 2022 di Gedung 2 BKPSDM HSS, Senin (14/11/2022).

Bupati juga mengingatkan jika seorang sudah menerima SK penetapan sebagai PNS maka ia harus siap menyerahkan kebebasannya dan waktunya untuk di atur oleh pemerintah.
“ada banyak aturan yang harus di taati seorang PNS mulai dari berpakaian , jam kerja dan lainnya diserahkan kepada pemerintah untuk di atur, tidak bisa sekehendak sendiri” kata bupati.

Selain itu Bupati juga berpesan agar semua peserta Latsar ini meluruskan niatnya untuk menjadikan ASN sebagai ladang pengabdian. Kembangkan diri untuk berkreatifitas dan berinovasi dengan menunjukkan kinerja yang terbaik sehingga bisa berkarier dan berkompetisi di masa mendatang.

Sementara berdasarkan laporan Kepala BKPSDM Kab. HSS H. Zulkipli, S,Sos, M.AP, Latsar ini terselenggara atas kerjasama BKPSDM Kabupaten HSS dengan BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan pola fasilitasi.

Pelatihan Dasar CPNS ini dilaksanakan untuk Golongan II sebanyak 2 angkatan secara Blended Learning, yaitu dengan tiga bagian MOOC, E Learning dan Klasikal. Untuk peserta adalah CPNS formasi tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kab. HSS dengan jumlah peserta sebanyak 40 masing-masing angkatan hingga jumlahnya 80 orang.

Adapun tujuan dari Latsar ini adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan Mujiyat S.Sn, M.Pd, Kepala OPD terkait dan jajaran BPKSDM HSS. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Meresmikan Musda IX MUI HSS

Published

on

Bupati hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry M.AP membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Daerah IX Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Pendopo Bupati hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry M.AP membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Daerah IX Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun 2022.

Dengan tema Meningkatkan Peran Ulama dalam Membina, Membimbing dan Mangayomi Umat dihadiri oleh Sekretaris MUI Prov. Kalsel H. Nasrullah, TGH. Ahmad Syairazi Pimpinan Ponpes Dalpa Kandangan, para Alim Ulama HSS, FORKOPIMDA HSS Kepala Kantor Kemenag HSS, serta para Camat Se-HSS.

Dikesempatan ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry M.AP dalam sambutannya mengatakan selamat dan sangat mengapresiasi dengan terlaksananya Musda IX MUI Kab. HSS tahun 2022 ini.

“Semoga kegiatan Musda IX MUI Kab. HSS ini dapat berjalan dengan lancar sehingga menghasilkan keputusan dan program-program yang bisa diterapkan di Kab. HSS”, ungkap Bupati.

Serta terima kasih kepada MUI Kab. HSS baik periode yang sekarang dan juga yang sebelumnya atas kerjasama yang sudah terjalin dengan baik.

“kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada MUI Kab. HSS yang selama ini sudah membantu kami dalam mewujdkan visi misi kabupaten menuju masyarakat sejahtera dunia akhirat dan harapnnya kolaborasi serta kerjasama ini terus berjalan”, ucap Bupati HSS.

Selanjutnya Sekretaris MUI Prov. Kalsel H. Nasrullah mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Pemkab HSS karena perhatiannya terhadap MUI Kab. HSS sangat tinggi.

“Pada saat kita MUI Prov. Kalsel melakukan evaluasi, kami dapati se Kalimantan Selatan alhamdulillah dari sisi anggaran yang di berikan Pemkab HSS kepada MUI Kab. HSS anggarannya melebihi anggaran MUI Prov. Kalsel”, ungkap Beliau.

Kemudian, H. Nasrullah juga berpesan agar MUI Kab. HSS dengan banyaknya anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan program-program keumatan yang tepat sasaran. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Cabor Bridge Dan Softball Menambah Koleksi Emas Untuk HSS

Published

on

Sofball dan Bridge menambah Koleksi Emas untuk HSS pada ajang Porprov XI Kalsel. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Sofball dan Bridge menambah Koleksi Emas untuk HSS pada ajang Porprov XI Kalsel, Jum’at (11/11/2022)

Pada kesempatan tersebut Kepala Dispera KPLH Kab. HSS Ronaldy Prana Putra, SSTP, M. Si, mengalungkan medali emas pada Atlet HSS yang sudah menambah koleksi emas Kab. HSS

Sementara untuk UPP di cabor Bridge hari ini, Atlet HSS berhasil mengumpulkan 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu untuk menambah koleksi emas Kab. HSS.

Usai UPP di cabor Bridge kemudian Kepala Dispera KPLH Kab. HSS, kembali melakukan pengalungan medali di cabor baseball dan softball.

Sedangkan untuk UPP di cabor ini Kab. HSS kembali menambahkan 1 emas pada pertandingan Softball dan mendapatkan 1 perunggu pada pertandingan baseball. [adv/hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Peringati Hari Pahlawan, Pemkab HSS Gelar Upacara dan Penyerahan Tali Asih

Published

on

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022 diperingati Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan melaksanakan upacara di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Kamis (10/11/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Unsur Forkopimda HSS, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala OPD Lingkup Kab. HSS. Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, ASN, PGRI, DHC 45, Pramuka dan pelajar.

Bupati HSS dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia mengatakan bahwa Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahun dengan renungan yang sungguh-sungguh adalah untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Hidupkan kembali dalam benak masing-masing dan resapi semangat dan keikhlasan pejuang mepertahankan kemerdekaan.

Dalam era saat ini bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata- nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa juga harus diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

Untuk itu, maka semuanya harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola Sumber Daya Air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

Selain melaksanakan upacara diserahkan juga tali asih bagi keluarga veteran pejuang di Kabupaten HSS. [adv/hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup Ambil Sumpah 43 Anggota BPD Antar Waktu

Published

on

Pengambilan sumpah dan melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pergantian antar waktu dipimpin oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad SAP, MA. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Sebanyak 43 anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) antar waktu dari 11 Kecamatan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilantik dan diambil sumpah.

Pengambilan sumpah dan melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pergantian antar waktu dipimpin oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad SAP, MA di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kamis (10/11/2022).

Turut hadir Kepala Dinas PMD, Susilo Adianto, Camat se Kab HSS, Kasi Pem Pemerintahan, Anggota BPD.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad pada kesempatan itu menyampaikan agar anggota BPD antarwaktu terpilih ini dapat membantu dan mengawal kinerja kepala desa dan seluruh perangkat desa dalam percepatan pembangunan desa.

Wabup juga mengatakan bahwa BPD dituntut agar belajar cepat, karena pergantian waktu sementara pemerintahan desa sudah berjalan, jadi perlu memahami apa yang harus dikerjakan, apa yang tidak harus dikerjakan dan bila ragu silahkan tanyakan kepada pihak kecamatan.

“Saya ingin anggota BPD kedepannya agar mendahulukan persoalan-persoalan kemiskinan, persoalan stunting, persoalan anak putus sekolah dan persoalan pencari kerja, “beri masukanlah kepada kepala desa, jangan pekerjaan proyek saja yang dianggarkan, pintanya.

Ayo kita bangun desa kita masing-masing, utamakan untuk mengentaskan kemiskinan, untuk kesehatan, untuk Pendidikan dan untuk pengangguran, ajak wabup.

Wakil Bupati berpesan kepada BPD yang sudah diambil sumpahnya, hindari kesalahpahaman, hindari pertentangan, hindari perselisihan, karena disaat-saat berselisih kinerja kita tidak akan produktif.

“Mari kita membangun HSS bersama dengan semangat kebersamaan, mari kita bersama-sama melangkah tujuannnya satu yaitu membangun HSS sejahtera dunia dan akherat,” tutup Wabup. [adv/hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Tim Standardisasi dan Sertifikasi Paparkan Hasil Evaluasi RBRA Taman Palidangan Sehati dan Taman Darmansyah Zauhidie

Published

on

Tim Auditor Standardidasi dan Sertifikasi Ruang Bermaian Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Tim Auditor Standardidasi dan Sertifikasi Ruang Bermaian Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sampaikan hasil audit Standarisasi dan Sertifikasi RBRA Taman Palidangan Sehati dan Taman Darmansyah Zauhidie, di Aula Rakat Mufakat Setda, Kamis (10/11/2022).

Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan (PHAPL) Kementeriaan PPPA, Rohika Kurniadi Sari, mengapresiasi kordinasi, singkronisasi, sinergi dan intervensi yang di lakukan oleh Kabupaten HSS dalam perwujudan Kabupaten Layak Anak salah satunya dengan terpenuhinya hak bermain anak yang sangat penting sebagai bagian dari ruang publik yaitu RBA Palidangan Sehati dan Darmansyah Zauhidie.

Dari kesimpulan tiam auditor bahwa untuk RBA Palidangan Sehati mendapatkan nilai atau skor 508 dan diusulkan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) untuk pemberian anugerah dengan peringkat RBRA tanpa perbaikan sesuai dengan yang tertera pada berita acara. Begitu pula dengan RBA Darmansyah Zauhidie mendapat nilai dengan skor 498 dan juga diusulkan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) untuk pemberian anugerah dengan peringkat RBRA tanpa perbaikan.

Untuk di ketahui, peringkat RBRA terbagi atas beberapa tingkatan berdasarkan kesesuaian dengan persyaratan yang pertama RBA Pratama dengan rentang nilai 249-285, RBRA Madya dengan rentang nilai antara 286-321, RBRA Nindya rentang nilai antara 322-368, RBRA Utama rentang nilai 360-423 dan yang paling tinggi adalah RBRA rentang nilai 418-510.

Menanggapi hasil audit dari tim auditor tersebut, Wakil Bupati (Wabup) HSS menyatakan akan terus menjaga mempertahankan dan meningkatkan standarisasi untuk RBA Palidangan Sehati dan RBA Darmansyah Zauhidie.

“jangan sampai setelah dinilai nanti terabaikan, sibuk dengan kegiatan OPD masing-masing yang tergabung dalam Pokja, jangan sampai yang sudah terstandarkan terlupakan” ucap Wabup.

Wabup juga ingin tempat-tempat yang di nyatakan sebagai tempat ramah anak malah terjadi hal-hal yang kontradiktif.
“Ini akan menjadi catatan penting bagi kami untuk menambah CCTV di tempat-tempat tertentu supaya kalau ada terlihat dari penjaga taman ada gejala anak yang perilakunya kurang mendukung bisa dari awal di antisipasi, jangan sampai terjadi baru kita menangani,” kata Wabup. [adv/hss]

Continue Reading

Umum

Populer