Rakornas Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Bapok, Mendag: Kebutuhan Puasa dan Lebaran Terkendali – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Jawa Timur

Rakornas Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Bapok, Mendag: Kebutuhan Puasa dan Lebaran Terkendali

Published

on

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi membuka sekaligus memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2022/1443 H di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/2/2022). (Foto/Kemendag)

SURABAYA, SuaraBorneo.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) untuk menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri di wilayah Indonesia terkendali dengan harga yang terjangkau.

Hal ini diungkap Mendag Lutfi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga & Ketersediaan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2022/1443 H di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/2/2022).

“Pasokan bapok tersedia di seluruh wilayah Indonesia untuk  satu setengah bulan ke depan. Meskipun  terdapat beberapa kendala terkait distribusi, khususnya di wilayah terluar Indonesia untuk komoditas minyak goreng (migor),” papar Mendag Lutfi.

Menurut Mendag Lutfi, secara umum pasokan migor sudah digelontorkan dan harga akan berangsur normal dalam beberapa waktu ke depan. Untuk komoditas lainnya seperti gula, pasokannya melimpah dan harga dalam kondisi terkendali.

“Untuk itu, Kemendag memastikan stok ada, tidak merugikan petani, dan pada saat bersamaan memastikan pada puasa dan Lebaran tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi membuka sekaligus memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2022/1443 H di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/2/2022). (Foto/Kemendag)

Mendag Lutfi mengungkapkan, terdapat beberapa kondisi yang perlu diwaspadai yang dapat berdampak pada kenaikan harga komoditas dan perekonomian nasional. Salah satunya, adanya ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang akan mengakibatkan kenaikan harga terigu karena kedua negara tersebut merupakan penghasil utama dunia.

Ancaman lainnya yaitu perubahan iklim situasi yang basah akan mengganggu produksi negara produsen di Amerika Latin sehingga menaikkan harga kedelai.

“Ini semua kita bicarakan dan diskusikan untuk memastikan keadaan stok dan memitigasi lonjakan harga,” tegas Mendag Lutfi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menyampaikan, rakornas dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi dan identifikasi kesiapan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perum Bulog, Satgas Pangan Polri, dan pelaku usaha.

Khususnya, dalam mengantisipasi kecukupan stok/pasokan bapok dalam menghadapi puasa dan Lebaran 2022/1443 H.

“Rakornas merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Lebaran. Rakornas dilaksanakan untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan pasokan di tengah potensi peningkatan permintaan masyarakat terhadap bapok pada periode tersebut,” jelas Oke. [adv/ad]

Jawa Timur

Rutin Sidak Pasar dan Distributor, Mendag Pastikan Distribusi Migor Berjalan Baik sampai ke Indonesia Timur

Published

on

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar dan distributor minyak goreng di Pasar Tambakrejo Surabaya, Jumat (18/2/2022). Pada sidak tersebut Mendapat mendapati temuan harga minyak goreng curah masih sangat tinggi yaitu Rp20.000/liter. (Foto/Kemendag)

SURABAYA, SuaraBorneo.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi  kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak)  ke pasar dan distributor minyak goreng. Temuan di Pasar Tambakrejo Surabaya, Jumat (18/2/2022)  harga minyak goreng curah diketahui masih sangat tinggi yaitu Rp20.000/liter.  Padahal,  14 juta liter minyak goreng digelontorkan ke Surabaya.

Kepada wartawan,  Mendag Lutfi menegaskan segera menggelontorkan migor ke pasar Tambakrejo dengan harga Rp10.500/liter untuk pedagang pasar.  Selanjutnya pedagang menjual ke konsumen Rp11.500/liter.  Mendag Lutfi langsung memimpin penjualan migor curah dan disambut tepuk tangan para pedagang.

“Yang kita lakukan untuk memastikan pasokan dan harga sesuai dengan ketetapan Pemerintah. Migor curah kita jual dengan harga Rp10.500/liter dan pedagang tidak boleh jual lebih dari Rp11.500/liter,” ucap Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi meminta enam pasar di kota Surabaya diguyur migor dengan harga Rp10.500/liter. Keenam pasar tersebut yakni Pasar Keputran, Pasar Tambakrejo, Pasar Wonokromo, Pasar Pucang Anom, Pasar Genteng, dan Pasar Wonokromo Waru.

“Kemendag akan memastikan harga di setiap segmentasi terjamin dan pasokannya tersedia,” tegas Mendag Lutfi

Tidak puas dengan harga migor di Surabaya yang masih tinggi,  Mendag Lutfi sidak ke pabrik kemasan dan distributor migor di Sidoarjo.  Benar,  di pabrik ini terdapat ribuan karton migor kemasan.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik dan distributor minyak goreng di Surabaya-Sidoarjo, Jumat (18/2/2022). Mendag menemukan ribuan migor yang belum didistribusikan ke pasar rakyat. (Foto/Kemendag)

Menemukan temuan ini, Mendag Lutfi meminta seluruh distributor segera menyalurkan minyak goreng secara cepat dan masih ke seluruh wilayah di Indonesia Timur.  Sanksi keras akan diberikan jika masih ada distributor yang main-main dengan menimbun minyak goreng di gudang.

“Permasalahan bukan hanya di pasokan migor, tetapi juga di distribusi. Permasalahan ini akan disingkirkan semua agar distribusi berjalan dengan baik. Kami akan pastikan distribusi migor sampai ke Indonesia Timur akan berjalan,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi menyampaikan, dalam empat hari terakhir Pemerintah telah menggelontorkan migor sebanyak 73 juta liter ke seluruh Indonesia. “Diharapkan dengan distribusi yang cepat dan masif dapat segera menurunkan harga migor,” ucapnya.

Selain memantau migor,  di pasar Mendag Lutfi juga mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok lainnya. Menurutnya, harga bapok di pasar tersebut masih stabil dan terkendali.

Berdasarkan pantauan, harga beras premium tercatat Rp11.500-12.500/kg, beras medium Rp9.000-10.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg, migor kemasan untuk stok baru Rp14.000/liter sedangkan stok lama Rp21.000/liter, daging sapi Rp110.000/kg, daging ayam Rp29.000-30.000/kg, telur ayam ras Rp19.000-20.000/kg, tepung Rp10.500/kg, cabe keriting Rp30.000-32.000/kg, cabe besar Rp30.000/kg, cabe rawit merah Rp40.000-45.000/kg, bawang merah Rp30.000-38.000/kg, bawang putih Rp25.000-28.000/kg, tempe Rp10.000/kg. [adv/ad]

Continue Reading

Populer