Derai Hujan Tak Surutkan Langkah Wabup Syamsuri Arsyad Hadiri Syukuran Panen Cabai – SuaraBorneo.com
Connect with us

Umum

Derai Hujan Tak Surutkan Langkah Wabup Syamsuri Arsyad Hadiri Syukuran Panen Cabai

Published

on

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (Wabup HSS) Syamsuri Arsyad, S. AP, MA saat hadiri syukuran Panen Cabai Kelompok Tani Hidup Makmur. (Foto: Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Hujan yang deras di pagi hari, tak menyurutkan semangat Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (Wabup HSS) Syamsuri Arsyad, S. AP, MA untuk menghadiri langsung syukuran Panen Cabai Kelompok Tani Hidup Makmur di Desa Madang Kec. Padang Batung. Jum’at (18/02/2022)

Sambil berjalan menuju Kampung Cabai, sesekali Wabup melihat kanan dan kiri, tampak terlihat raut wajah senang juga bahagia melihat hamparan cabai yang sangat luas dan sudah dapat di panen.

Sebelum syukuran dimulai, Wabup bersama Kapolres HSS AKBP. Sugeng Prianto, S.I.K M.H, Dandim 1003 Kandangan Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M, Camat Padang Batung dan Kelompok Tani Hidup Makmur meninjau serta memetik cabai besar dan juga cabai rawit.

Pada panen tahun ini, Kelompok Tani Hidup Makmur menghasilkan panen ratusan juta rupiah dengan modal sekitar kurang lebih 70 juta rupiah.

Kepala Dinas Pertanian Kab. HSS Muhammad Noor, SP menyampaikan, panen yang dilaksanakan hari ini merupakan bantuan benih cabai dan sarana Saprodi tahun 2021 yang bersumber dari dana APBN seluas 20 HA yang diberikan pada kelompok tani diantaranya Kelompok Tani Hidup Makmur Desa Madang Kec. Padang Batung seluas 5 HA, Kelompok Tani Suka Maju Desa Madang Kec. Padang Batung seluas 2 HA, Kelompok Tani Maju Baling Desa Madang Kec. Padang Batung seluas 3 HA, Kelompok Tani Mekar Sari Desa Telaga Langsat seluas 10 HA.

“Alhamdulillah bantuan yang telah diberikan pada kelompok tani telah dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan keperuntukkannya dan ditanam dan dipelihara sehingga pada hari ini kita sama-sama memanen dan petani bisa merasakan hasilnya,” ucapnya saat memberikan laporan

Sementara itu, dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wabup, beliau menyambut baik terlaksananya kegiatan syukuran panen cabai yang dilaksanakan pada hari ini.

“Dimana melalui kegiatan panen ini menunjukkan bahwa sektor pertanian kita masih dapat bertahan dan memberikan hasil yang baik sebagaimana yang diharapkan. Mengingat saat ini kondisi pandemi masih melanda kita dan membawa dampak terhadap perkembangan perekonomian masyarakat,” ungkapnya

Lebih lanjut beliau berharap tren positif ini kedepan dapat terus dipelihara dan dapat ditingkatkan lagi sebagai upaya bersama meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selain itu, juga diharapkan dengan adanya panen ini dapat memenuhi kebutuhan daerah kita terhadap hasil pertanian khususnya cabai, Di satu sisi menghendaki agar kiranya harga cabai dapat memberikan keuntungan bagi para petani, namun tentunya juga diharapkan jangan sampai harga tersebut menyulitkan bagi masyarakat lainnya. Harapan saya adalah keuntungan bagi semua pihak baik petani maupun masyarakat konsumennya,” tuturnya. [adv]

Bagikan ke

Sergai

Kunjungi Warga Korban Bencana Puting Beliung, Bupati Sergai : Semoga Lebih Sabar Menghadapi Musibah

Published

on

korban bencana alam angin puting beliung, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya bergerak cepat menuju rumah korban. (Foto/Ist)

PERBAUNGAN, SuaraBorneo.com – Mendapat informasi tentang warganya yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya bergerak cepat menuju rumah korban Nurhayati (58) di Dusun II Desa Lubuk Dendang Kecamatan Perbaungan, Sabtu (22/6/2024).

Didampingi Camat Perbaungan Edy Syahputera, Bupati menyerahkan santunan dan bantuan berupa sembako kepada korban bercana.

“Musibah ini terjadi pada Kamis (20/6/2024) malam, sekira pukul 23.50 WIB. Tampak rumah roboh dihantam angin puting beliung,” kata Bupati disela-sela kunjungannya yang juga didampingi oleh beberapa warga.

Seperti kita ketahui, lanjutnya lagi, akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrem. Saat malam hari terkadang hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang. Oleh karenanya, Bupati Darma Wijaya menghimbau agar masyarakat tetap waspada menghadapi cuaca seperti ini.

Bupati juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang dialami oleh warganya tersebut.

“Kami sangat prihatin atas musibah ini. Semoga dapat lebih sabar dan tawakal dalam menghadapinya. Kepada masyarakat sekitar mari sama-sama kita membantu korban agar dapat lebih meringankan bebannya,” pungkas Bupati. (MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Sekda Kapuas Resmi Buka Kejuaraan Tenis Meja Tingkat Pelajar dan Umum

Published

on

Sekda Kapuas Septedy pada pembukaan Kejuaraan Tenis Meja tingkat Peljar dan Umum Sabtu (22/6/2024). (foto/Suhaili)

KUALAKAPUAS, SuaraBorneo.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy resmi membuka Kejuaraan Tenis Meja Tingkat Pelajar dan Umum digelar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTSMI) Kabupaten Kapuas bertempat di GOR MMG Jalan Tambun Bungai Gang III Kuala Kapuas, Sabtu (22/6/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy yang juga KONI Kapuas mengatakan kegiatan digelar untuk mengasah bakat dan kemampuan sebagai atlet tenis meja.

“Untuk itu kepada para peserta kiranya ikut kejuaraan ini jangan hanya berorientasi pada hadiah tetapi ikutlah pertandingan sebanyak-banyaknya,” katanya.

Dilanjutkan dalam hal ini kita berlatih bukan hanya untuk menjadi juara namun lebih dari itu untuk menjadi pemenang di setiap pertandingan.

Disampaikannya pula kegiatan itu tentu untuk menjaring atlet-atlet yang berbakat dan kejuaraan itu bagian dari program PTMSI.

“Kegiatan ini lebih sering dilaksanakan sebab dengan seringnya ikut pertandingan menjadi salah satu faktor para pemain bisa meningkatkan kualitas,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Budiman Syah mengatakan kejuaraan itu diikuti peserta dari Kapuas dan Pulang Pisau.

Dikatakannya jumlah peserta yang ikut 95 orang. “Harapan ke depan semoga lebih banyak lagi didukung pemerintah atau swasta agar kegiatan ini lebih semarak lagi,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas Gelar Festival Seni Qasidah ke II

Published

on

Pembukaan Festival Seni Qasidah 2024 digelar LASQI Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas menggelar Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024.

Kegiatan bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Letjend Soeprapto Kuala Kapuas dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Kapuas diwakili Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekda Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi, Jumat (21/6/2024).

Hadir pula Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi selaku Ketua Panitia Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat sejumlah Kepala OPD dan para Camat se Kabupaten Kapuas.

Ratusan peserta pun diketahui mengikuti kegiatan festival ini yang mana memperlombakan beberapa cabang lomba seperti Bintang Vokalis Qasidah Gambus Bintang Vokalis Pop Religi Rebana Qasidah Klasik dan Penabuh Rebana Seni Qasidah.

Dalam sambutannya Asisten III Setda Kapuas Ahmad M Saribi saat membuka kegiatan LASQI Nusantara Jaya betul-betul berfungsi sebagai wadah dalam menyalurkan kreativitas para seniman muslim untuk berkreasi dan berpartisipasi dalam memperkenalkan seni budaya islam, juga memberi manfaat yang positif kepada seniman muslim dalam memperkenalkan seni budaya islam.

“Harapannya lembaga ini tidak hanya sebagai media akan tetapi sebagai mitra dari pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan moral terhadap masyarakat umum terkait ukhuwah islamiah mensyiarkan dawah islamiah membimbing melestarikan khasanah budaya melalui peningkatan mutu seni Islami,” katanya.

Dijelaskan pula seni budaya islam termasuk aset kekayaan seni dan budaya yang ada di indonesia. maka dari itu perlu diangkat ke permukaan sehingga masyarakat akan mengenal baik di daerah di tingkat lokal nasional bahkan internasional.

Lebih dari itu lanjutnya hal itu dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan seni budaya islam di Tingang Menteng Panunjung Tarung di Kota Kuala Kapuas melalui Lembaga Pengembangan Seni Qasidah Indonesia Nusantara Jaya sebagai lembaga yang diberi amanat dan menjadi tumpuan harapan mengangkat tinggikan syiar agama.

Ketua Umum Panitia FSQ Kabupaten Kapuas
Agustina Erlin Hardi dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti Festival Seni Qasidah Ke II DPD LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas tahun 2024 berjumlah 347 orang peserta dari 17 Kecamatan.

Rinciannya Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-Anak 12 orang, remaja 16 orang dan dewasa 14 orang. Kemudian Bintang Vokalis Pop Religi anak-anak 17 orang, remaja 20 orang dan dewasa 11 orang. Sedangkan untuk Rebana Klasik diikuti 7 Grup (77 orang) serta Penabuh Rebana Seni Qasidah 12 Grup (180 orang).

Sementara itu Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat menuturkan DPD LASQI Nusantara Jaya rutin dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang langsung menyentuh kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Audisi Bintang Vokalis, Lomba Bagarakan Saur Lomba Penabuh Rebana Seni Qasidah dan lain sebagainya.

Melalui gelaran Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 ini diharapkan mampu mewadahi bakat dan kreatifitas para pemuda-pemudi islam dibidang kesenian serta dapat menyelamatkan generasi muda dari pengaruh pergaulan yang tidak baik.

“Peserta yang Juara pada Festival Seni Qasidah Tahun 2024 ini akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya pada Bulan Agustus Tahun 2024,” katanya.

Disampaikannya seni qasidah di Kabupaten Kapuas sendiri pun diutarakannya telah menunjukkan eksistensinya di Kalimantan Tengah bahkan nasional yang mana hal ini dibuktikan dengan peserta dari Kabupaten Kapuas sering mendapatkan Juara Tingkat Provinsi.

“2 putra dan putri terbaik Kapuas mendapatkan Juara ditingkat Nasional yaitu Saudara Kamaludin Abdi Juara Satu Bintang Vokalis Remaja di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022.

Terbaru Saudari Nikmah Wardani berhasil meraih Juara Satu Bintang Vokalis Dewasa di Kota Tanggerang Provinsi Banten pada tahun 2023 serta Peserta Rebana Klasik Kabupaten Kapuas mendapatkan Juara di tingkat nasioal,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Bersama OJK Kalsel Gebyarkan Pentingnya Menabung kepada Pelajar SLB Negeri 3 Banjarmasin

Published

on

Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalsel dalam rangka mendorong masyarakat banua semakin berminat untuk menabung sejak dini. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kolaborasi nyata kembali dilakukan oleh Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalsel dalam rangka mendorong masyarakat banua semakin berminat untuk menabung sejak dini. Untuk Tahun 2024 ini kita kembali berbeda dengan target pelajar Disabilitas untuk tau dan memahami dan memaksimalkan cara menabung untuk mencapai suatu keinginan baik jangka pendek maupun jangka Panjang, apalagi sebagai asli urang banua, seharusnya menabung di bank daerah, Ketika kita menabung ke Bank Kalsel, hasil yang kita dapat akan kembali menjadi pendapatan asli daerah. Melalui kegiatan KICK OFF Hari Indonesia Menabung Bank Kalsel Bersama Disabilitas dengan hastag #BankKalselInklusifUntukSemua yang diselenggarakan, Jumat (21/6/2024) di Aula Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 3 Banjarmasin.

Turut berhadir, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Firmansyah beserja jajaran; Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan LMS OJK Provinsi Kalsel Andy Rahman Yuliman beserja jajaran dan Kepala Administari Sekolah SLB Negeri 3 Banjarmasin Cecep beserta jajarannya.

Kegiatan berlangsung dengan kegembiraan melalui sosialisasi baik dari OJK Prov Kalsel dan Bank Kalsel dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami oleh Pelajar SLB Negeri 3 Banjarmasin.

Kepala Divisi Sekertaris Perusahaan Bank Kalsel, Firmansyah mengatakan kegiatan yang menggandeng OJK kali ini merupakan kegiatan yang mendukung program Pemerintah Pusat, dimana agar siswa bisa tereduksi sejak dini untuk menabung.

“Selain sosialisasi, kami juga mengeluarkan program Satu Rekening Satu Pelajar Gratis tanpa dipungut biaya dengan menggandeng OJK. Melalui cara ini kita berharap kedepannya siswa dan juga wali murid SLB Negeri 3 Banjarmasin bisa memanfaatkan buku tabungan tersebut untuk mulai menabung sejak dini,” jelas Firmansyah.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan LMS OJK Provinsi Kalsel, Andy Rahman Yuliman menyampaikan kegiatan kali ini dimaksudkan dalam rangka Kick Off untuk memperingati Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap bulan Agustus nanti.

“Di Momen Hari Indonesia Menabung ini, kami akan mendorong dan berkolaborasi dengan Perbankan, khususnya Bank Kalsel, menyelenggarakan rangkaian kegiatan literasi keuangan kepada masyarakat secara masif dan merata. Salah satunya bersama Bank Kalsel, kita menggelar sosialisasi di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Berharap melalui ini, dapat mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan untuk masyarakat Banua, termasuk para disabilitas yang punya hak yang sama untuk mengelola keuangannya melalui menabung di Bank,” ungkap Andy.

Dilain pihak, Kepala Administari Sekolah SLB Negeri 3 Banjarmasin, Cecep berterimakasih diberikan kesempatan untuk sekolahnya dijadikan tempat kegiatan Sosialisasi KICK OFF Hari Indonesia Menabung yang digelar oleh Bank Kalsel bersama OJK.

“Kita Menghibau kembali untuk siswa/i dan wali siswa/i untuk pentingnya menabung. Sebagai mana sudah dijelaskan tadi bahwa bijak dalam menabung, karena dikemudian hari tidak tau apa yang akan terjadi. Semoga dengan adanya program ini, Baik dari Bank Kalsel maupun OJK kedepannya bisa berkesinambungan dengan program lainya dalam melibatkan anak didik dan guru-guru baik di SLB Negeri 3 Banjarmasin maupun di SLB tempat lainnya,” pungkas Cecep. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pansus I DPRD Kapuas Konsultasi Raperda Bangunan Gedung ke DPUPR Kabupaten Badung

Published

on

Pansus I DPRD Kapuas saat konsultasi ke DPUPR Kabupaten Badung Provinsi Bali. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Setelah ke DPRD Provinsi Bali Pansus I DPRD Kabupaten Kapuas melanjutkan kunjungan kerja konsultasi dan koordinasi ke DPUPR Kabupaten Badung Bali terkait Raperda Bangunan Gedung Kamis (20/6/2024).

Ketua Pansus I DPRD Kapuas Ahmad Zahidi bersama anggota diterima oleh Staff DPUPR Kabupaten Badung Gung Denis.

Staff DPUPR Kabupaten Badung Gun Denis mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk melanjutkan konsultasi dan koordinasi membahas terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Bangunan Gedung.

Dikatakan dalam hal ini tentang prosedur pengajuan dan verifikasi PBG di Kabupaten Badung. Dimana permohonan tersebut PBG mengikuti sistem dan menugaskan tenaga ahli yang bersertifikat kementerian di samping PBG juga melibatkan Tim Penilai Teknis.

“Untuk pemantauan dan evaluasi PBG DPUPR Kabupaten Badung Mengembangkan sistem online untuk mempermudah pengisian dan verifikasi PBG yang telah meningkatkan efisiensi dan transparansi,” katanya.

Kemudian katanya terkait waktu pemeriksaan permohonan 3-5 hari setelahnya pihaknya memberikan respon walaupun banyak permohonan pengajuan.

Lebih lanjut dikatakan terkait keluhan masyarakat yakni sistem PBG yang bisa error bahkan bagian verifikator pun tidak bisa memeriksa ditambah masalah eksternal lainnya ada sidang PBG sebelum PBG dikeluarkan dan pemohon mengikuti sidang PBG tersebut.

Sementara itu Ketua Pansus I DPRD Kapuas Ahmad Zahidi mengatakan ada beberapa hal yang kita dapatkan dalam rangka menambah referensi Raperda tentang bangunan gedung pertama Persetujuan Bangunan Gedung berkaitan kaidah-kaidah struktur bangunan dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Kedua masa tenggang waktu berlakunya PBG mulai dari administrasi sampai selesai.
Dimana diusahan 5 hari setelah pengajuan ada respon. Ketiga PBG berdasarkan kegunaan bangunan dan kelayakan untuk tempat tinggal.

Keempat melibatkan tenaga ahli berserifikat Kementrian dalam pembangunan gedung. Kelima adanya seleksi rapat persetujuan di lapangan dan sidang PBG.

“Sidang PBG bertujuan untuk mengkoreksi terhadap proses perizinan. Sidang rapat terbuka disaksikan oleh pemohon dan ditayangkan lewat online. Saya rasa 5 point itu yang menjadi patokan kita bersama untuk menambah referensi Raperda,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Tindak Lanjut Raperda Bangunan Gedung Pansus I DPRD Kapuas Konsultasi ke DPRD Provinsi Bali

Published

on

Pansus I DPRD Kapuas saat melakukan konsultasi dan koordinasi ke DPRD Provinsi Bali. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus I DPRD Kabupaten Kapuas melaksanakan konsultasi dan koordinasi ke DPRD Provinsi Bali, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan Pansus I DPRD Kapuas diketuai Ahmad Jahidi beserta rombongan melakukan konsultasi dalam rangka tindak lanjut Raperda Bangunan Gedung.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kepegawaian Humas dan Protokol I Kadek Putra Suantara.
mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk melanjutkan konsultasi dan koordinasi untuk membahas hal yang terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Bangunan Gedung.

Dikatakan Peraturan Daerah (Perda) Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sudah berlaku dan berjalan di Provinsi Bali dalam penyusunan Peraturan Daerah (Perda).

Persetujuan Bangunan Gedung dirasa penting adanya kolaborasi antara legislatif dan eksekutif proses penyusunan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa semua aspek teknis dan sosial dipertimbangkan.

“Pembangunan Gedung di Provinsi Bali Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) boleh disetujui apabila bangunan tersebut tidak melebihi tinggi pohon kelapa,” katanya menjelaskan.

Dilanjutkan lalui pertemuan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyusunan Raperda di Kabupaten Kapuas Kalteng.

“Sehingga banyaknya informasi yang didapat pada saat ini di implementasikan di Kab. Kapuas untuk kedepannya untuk membawa perubahan terhadap masyarakat dan pemerintah daerah di kab. Kapuas,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pengayaan Raperda Pansus II DPRD Kapuas Konsultasi ke Satpol PP Jakarta Selatan

Published

on

Pansus II DPRD Kapuas saat konsultasi ke Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Selatan. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus II DPRD Kabupaten Kapuas Kalteng melaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pengayaan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 10 tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah dan Raperda tentang Pengakuan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Kamis (20/6/2024).

Pansus II DPRD Kapuas diketuai Darwandie bersama anggota konsultasi dan Koordinasi ke mitra kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Selatan diterima Plh Kasat Pol PP Kota Administrasi Jakarta Selatan Rahmat Efendi.

Ketua Pansus II DPRD Kapuas Darwandie mengatakan Kabupaten Kapuas saat ini sedang menggodok lima buah Perda ditargetkan sebelum mengakhiri masa jabatan 2019-2024.

Dikatakan terkait penyelesaian pembahasan dua buah buah rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan struktur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas serta Perda baru yaitu Perda Pembentukan Pengakuan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat diharapkan sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita.

“Apalagi sekarang ini melihat mutasi para investor yang menanamkan modalnya terkait dengan perkebunan swasta.

Oleh karena itu tanpa adanya sebuah regulasi khusus yang akan melakukan pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat hukum adat tentu kita lampirkan pada investor yang berinvestasi di Kapuas,” katanya.

Dikatakan pula terkait struktur OPD saat ini Pol PP di Kabupaten Kapuas masih tergabung dengan Damkar. “Kalau diukur dari struktur organisasinya kemudian dilihat personalia yang terkait kami ingin mempelajari dari daerah ibukota ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan memang perlu dukungan kewajiban moral untuk mendukung itu supaya nanti ada kemandirian Pol PP.

Jika dua institusi itu terpisahkan tentu dari sisi tipologi antara dinas itu akan terjadi penurunan sedangkan apabila Damkar terpisah akan menjadi tipe C.

“Karenanya dengan kunjungan ke Pol PP Jakarta Selatan ini diharapkan kita ingin lebih mendalami sisi strukturalnya dan ingin mengetahui apa saja kiat-kiat pendekatannya dengan Pemda ketika nanti akan ada keinginan untuk meningkatkan jumlah pegawai,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pansus III Laksanakan Kunker ke DPPAPP DKI Jakarta

Published

on

Kunker Pansus III DPRD Kapuas ke DPPAPP DKI Jakarta. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus III DPRD Kabupaten Kapuas melaksanakan kunjungan kerja ke DPPAPP DKI Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Menurut Ketua Pansus III DPRD Kapuas Lawin kegiatan kunker dalam rangka pemenuhan dan pelengkapan data terkait Raperda Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak.

Sementara itu Sekretaris Dinas DPPAPP DKI Jakarta Darwoto beserta jajaran ketika menerima Pansus III DPRD Kapuas mengatakan tahapan-tahapan yang dilakukan dinas guna mengcover perda dimaksud melalui berbagai tahapan dan melewati isu strategis.

“Kami menghimpun dan mengawal penuh sehingga Perda benar-benar mampu menjadi benteng dalam permasalahan kasus perundungan bullying,” katanya.

Dilanjutkan terkait Perda telah mendapatkan dukungan penuh serta kerjasama yang baik antara eksekutif legislatif dan sektor swasta.

“Lebih dari itu didukung infrastruktur dan SDM yang memadai kawasan berkualitas yang berbasis kepedulian masyarakatnya,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

TNI-Polri Gelar Olahraga Bersama di Bengkayang Jelang HUT Bhayangkara Ke-78

Published

on

Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang Polda Kalimantan Barat menggelar olahraga bersama personel TNI-AD Kompi C Yonif 645/GTY. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Jelang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 yang Jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang.

Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang Polda Kalimantan Barat menggelar olahraga bersama personel TNI-AD Kompi C Yonif 645/GTY, di Halaman Sat Samapta Polres Bengkayang, Jum’at (21/6/24) pagi.

Olahraga bersama ini tidak bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik, Sekaligus mempererat hubungan dan sinergi antara Polri dan TNI.

Kapolres Bengkayang melalui Wakapolres Bengkayang Kompol Anne Tria Sefyna, S.H., S.I.K., dalam sambutannya menyampaikan olahraga bersama ini merupakan wujud nyata dari soliditas dan sinergitas antara Polri dan TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Bengkayang.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, hubungan antara POLRI dan TNI semakin kuat dan solid untuk menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Wakapolres.

Olahraga ini diikuti dengan penuh seluruh penuh semangat dan sungguh-sungguh oleh peserta.

Selain olahraga, berbagai rangkaian kegiatan juga telah dilakukan. Mulai dari senam pagi hingga sarapan bersama.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dan solidaritas antar instansi.

Acara berlangsung dengan lancar, tertib dan aman serta situasi tetap aman.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama sebagai tanda kebersamaan dan kenang-kenangan HUT Bhayangkara ke-78 pada Tahun 2024.

Dengan sinergitas tersebut TNI dan Polri diharapkan dapat terus memacu kekompakan terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam rabga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS) sehingga bukti wujud pelayanan terbaik dapat dirasakan masyarakat. (Rbn)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer