Kejari Dan Bupati HSS Launching Kampung Restorative Justice (RJ) Pertama Di Kalsel – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Hulu Sungai Selatan

Kejari Dan Bupati HSS Launching Kampung Restorative Justice (RJ) Pertama Di Kalsel

Published

on

Asisten Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Indah Laila, S.H bersama Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP. bentuk Kampung Restorative Justice (RJ). (Foto : Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Guna memberikan kepastian, keadilan dan kebermanfaatan hukum di tengah masyarakat, Kejaksaan Negeri (Kejari) Hulu Sungai Selatan (HSS) membentuk dan menetapkan Desa Lungau Kecamatan Kandangan sebagai Kampung Restorative Justice (RJ), digelar di Kantor Desa Lungau, Rabu (03/02/2022).

Acara pembentukan Kampung Restorative Justice ini diresmikan secara langsung oleh Asisten Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Indah Laila, S.H bersama Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP.

Tampak berhadir duduk di kursi undangan, Wakapolres HSS Rissan, Kepala Rutan Kandangan Jeremia Leonta Sinuraya, Kasdim 1003/HSS Mayor Inf. Sarifudin, Camat Kandangan Lothvie Rahmani, S.STP, M.Si, Perwakilan Pengadilan Negeri Kandangan, Perwakilan PMD serta Kepala Desa Lungau Kecamatan Kandangan.

Asisten Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Indah Laila, S.H menjelaskan pembentukan kampung RJ didasarkan pada Peraturan Jaksa Agung RI Nomor B 475 Tanggal 8 Februari Tahun 2020. Penerapan keadilan restoratif ini diharapkan dapat menyelesaikan penanganan perkara secara cepat, sederhana dan berbiaya ringan. Selain itu dapat mewujudkan kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan secara menyeluruh.

Indah Laila menjelaskan dibentuknya kampung Restorative Justice di Desa Lungau Kecamatan Kandangan karena sebelumnya pernah terjadi perkara penganiayaan yang ancaman hukumannya 2 tahun 8 bulan yang dapat termasuk perkara yang dapat di Restorative Justice.

Lebih lanjut beliau menegaskan dengan program kampung RJ, bukan berarti semua perkara hukum dapat diselesaikan atau didamaikan di kampung. Karena ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi, di antaranya ancaman hukumannya tidak lebih dari lima tahun, jumlah kerugian tidak lebih dari Rp 2,5 juta serta pelaku baru pertama kali melakukan tindak pidana.

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Pembentukan kampung Restorative Justice ini sebagai tindak lanjut dari telah dilaksanakannya penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restoratif oleh Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Selatan tanggal 21 Februari 2022.

“Tentunya dengan keadilan restorative ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sebagai upaya penyelesaian yang telah terjadi,” ucap Bupati

Lebih lanjut Bupati HSS menyampaikan Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Selatan telah berupaya memberikan andil bagi penegakan hukum, dengan pembentukan Kampung Restorative Justice di Desa Lungau Kecamatan Kandangan ini.

“Saya berharap masyarakat dapat menerima pembentukan Kampung Restorative Justice ini sebagai jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi, sehingga dapat diselesaikan di tingkat Desa. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Selatan yang selama ini telah banyak memberikan kontribusi bagi Kab. HSS,” tuturnya

Pencanganan Desa Lungau sebagai Kampung Restorative Justice ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. [adv]

Hulu Sungai Selatan

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Wabup Syamsuri Undang Sandiaga Uno

Published

on

Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno untuk mempromosikan dan mendongkrak kunjungan wisata di Bumi Rakat Mufakat. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Untuk mempromosikan dan mendongkrak kunjungan wisata di Bumi Rakat Mufakat, Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno datang ke HSS.

Undang tersebut disampaikan langsung oleh Wabup HSS Syamsuri Arsyad kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno), dalam audensi Gubernur Kalsel, di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (18/5).

Selain menyampaikan undangan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Wabup HSS Syamsuri memaparkan kunjungan wisata di Kabupaten HSS pada 2019 sebanyak 231 ribu pengunjung dan saat pandemi sebanyak 270 ribu kunjungan wisata.

Dalam audensi tersebut, Wabup Syamsuri menyarankan adanya paket-paket wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalsel, yang masing-masing daerah memiliki destinasi wisata yang bisa dinikmati.

Wabup Syamsuri berharap Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif RI Sandiaga Unu, dapat hadir pada event Loksado yang akan digelar dalam dekat ini.

“Kehadiran Menteri Sandiaga Uno dapat menguatkan pariwisata di daerah. Semoga setelah dari Kota Baru, pak Mentri bisa hadir pada 2 Juni 2022 ke Loksado,” harap Wabup Syamsuri.

Menurut wabup, festival Loksado satu-satunya di dunia dengan objek wisatanya Bamboo Rafting (rakit bambu) yang menjadi andalan wisata di Kabupaten HSS.

Wabup HSS berharap, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendapat dukungan akses guna memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke Loksado.

“Kami juga minta Jalur Begandah Rantau bisa tembus ke HSS, karena bisa menjadi alternatif Ibu Kota Negara (IKN),” ujar Wabup Syamsuri.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, mengatakan akan menugaskan deputi untuk memberikan perhatian khusus ke Kalsel. “Saya sangat tertarik dengan Loksado, mudah-mudahan saya bisa ke sana, ” ucap Sandiaga Uno. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Berikan Arahan Kepada Anggota Satpol PP

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP mengajak seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP mengajak seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab membantu menciptakan kondisi keamanan serta ketertiban di setiap wilayah tugas masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati HSS saat bersilahturahmi dengan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran yang bertempat di Aula Satpol PP Kab. HSS. Rabu(18/05/2022)

Dalam arahanya, bupati juga menyampaikan bahwa Satpol PP harus mempunyai kemampuan teknis tidak sekedar kemampuan fisik.

“Satpol PP harus tidak hanya memiliki kemampuan fisik akan tetapi harus mempunyai kemampuan teknis yang dalam artian satpol PP merupakan penegak aturan jadi sebelum meraka menegakkan aturan mereka harus wajib mengkuasai aturan khususnya aturan daerah,” ucap Bupati

Selain itu bupati juga berharap dengan ini diharapkan adanya perubahan yang signifikan kedepannya dalam pendekatan.

“Kami juga berharap pendekatan yang di lakukan kepada masyarakat bukan sekedar pendekatan akan tetapi pendekatan dalam penegakan aturan Yang harapannya dengan ini adanya perubahan yang signifikan dari SatPP HSS karena satPP HSS juga merupakan sebuah cerminan dari Kabupaten”. Harap bupati

Sementara itu, Kasat PolPP HSS Auliya Sofi Azmi,SSTP,M.Ec,Dev menyampaikan bahwa arahan dari Bupati ini bertujuan agar setiap anggota yang hendak melaksakan tugas dilapangan, mengerti dan memahami tugas yang harus dilakukan sesuai atensi pimpinan. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD 

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) mengadakan acara Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Kab. HSS dalam rangka penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) mengadakan acara Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Kab. HSS dalam rangka penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021, Rabu (18/05/2022) di Pendopo Kab. HSS

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor M.AP, serta juga diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan juga bendahara yang ada di Kab. HSS.

Bupati HSS menjelaskan Rapat Kegiatan Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021 ini dilaksanakan guna mempelajari dan menindaklanjuti Rekomendasi BPK RI pada LKPD tahun 2021 serta memastikan bahwa setiap rekomendasi yang diberikan akan sesegeranya dikerjakan sesuai dengan ketentuan dan batas waktu yang telah ditentukan.

“Kita akan kerjakan rekomendasi yang diberikan BPK RI sesuai dengan ketentuan dan kita selesaikan lebih awal dari batas waktu yang ditentukan, sehingga laporan kita terus sesuai dengan standart akutansi pemerintah yang ditetapkan BPK RI”, ucapnya.

Lebih lanjut Bupati HSS mengatakan bahwa Kab. HSS saat ini adalah Kabupaten yang mendapat apresiasi dari BPK RI Kalsel karena Kab. HSS merupakan Kabupaten terbanyak di Kalsel yang telah menyelesaikan Rekomendasi LHP BPK RI yakni sebesar 99,2%.

Dikesempatan ini Bupati HSS juga tidak lupa mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada jajarannya yang telah bekerja sama dan bekerja maksimal menyajikan Laporan yang terbaik kepada BPK RI sehingga Pemkab HSS kembali bisa memperoleh predikat WTP ke 9 kali.

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022 bertempat di halaman depan Kantor Bupati HSS, Selasa (17/5/2022).

Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI ini mengambil tema “Bergerak Baimbayan Gasan Membangun Banua Kita”.

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan turut hadir Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Sekda HSS Drs. H. M Noor, M.AP, Kepala OPD, Instansi Vertikal BUMN/BUMD serta para pejuang veteran dan janda veteran. Adapun peserta upacara terdiri dari ASN, TNI/Polri, Satpol PP, PGRI, Pengurus DHC 45 HSS, NKPI dan pelajar.

Dalam amanatnya Bupati HSS yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke-73 ini banyak mengandung pelajaran yang dapat di ambil hikmahnya. Peringatan ini kata bupati menjadi momentum dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia di zaman itu.

Di sampaikan pula bahwa peristiwa besar pembacaan proklamasi pada tanggal 17 Mei tahun 1949 di Kandangan, yang dibacakan dan ditandatangani langsung oleh Brigjen Hasan Basry atas nama rakyat Kalimantan Selatan, menyatakan bahwa Kalimantan Selatan adalah bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Republik Indonesia.

Bupati juga berharap sejarah Proklamasi 17 Mei tahun 1949 di Kalimantan Selatan, menjadi satu catatan yang sangat bermakna, cermin bagi semua bahwa gerilya rakyat Kalimantan Selatan dibawah komando Brigjen Hasan Basry meninggalkan jejak sejarah yang sangat berharga untuk di renungkan dan di teladani.

“mari kita gali, dan kita kembangkan nilai-nilai sejarah itu untuk kehidupan kita saat ini, kita teladani semangat, kegigihan dan ketulusan sang proklamator proklamasi 17 Mei 1949, bapak Brigjen Hasan Basry dalam memelihara keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia” ajak Bupati HSS.

Selain membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Bupati HSS juga berpesan agar semua kita bisa mewarisi dan meneladani serta melanjutkan nilai dan semangat perjuangan para pahlawan yang setia terhadap NKRI, dan juga sebagai umat beragama diharapkan juga agar bisa mendoakan para arwah pahlawan agar mereka mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

“Sebagai generasi penerus tentu semangat dan kesetiaan para pahlawan akan terus kita tanamkan dan pupuk, semoga kita diberikan kekuatan dan pertolongan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Bupati juga menyatakan sejak para tokoh pahlawan HSS ditetapkan sebagai pahlawan Nasional pihaknya sudah menginstruksikan setiap sekolah dan kantor-kantor agar memajang foto Brigjen H. Hasan Basery, Pangeran Antasari serta KH. Idham Khalid di tempatnya masing-masing.

“Dengan memajang foto-foto, kita ingin menimbulkan semangat dan kebanggaan bahwa kita memiliki tokoh asli HSS yang bergelar Pahlawan Nasional serta untuk terus mengingatkan kita agar terus melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau” tutur Bupati HSS.

Diakhir Upacara juga diserahkan bantuan tali asih kepada para veteran dan janda veteran yang turut berhadir mengikuti Upacara peringatan HUT ke-73 proklamasi pemerintahan Gubernur tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan tahun 2022. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Lantik 49 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Untuk mengisi kekosongan dan juga penyegaran, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS bertempat di Pendopo Bupati HSS, Selasa (17/05/2022).

Pelantikan disaksikan Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan jajaranya.

Pelantikan pejabat administrator dan pejabat pengawas ini berdasarkan Keputusan Bupati HSS Nomor 821.23/305/BKPSDM dan 821.24/306/BKPSDM.

Untuk pejabat administrator yang dilantik sebanyak 25 orang dan pejabat pengawas yang dilantik sebanyak 24 orang. Diantara pejabat administrator dan pejabat pengawas yang dilantik, di antaranya Syamsuri SSTP,M.Si sebagai Camat Kandangan, Fathul Mushalli, S.STP sebagai Camat Sungai Raya, Ahmad Yani, S.Sos,M. IP sebagai Camat Daha Barat, Ahmad Busairi, SSTP sebagai Kepala Seksi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Loksado, Herdison Juani, A. Md sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. HSS dan Alpian Mahfuz, S. Sos sebagai Kepala Sub Bagian Umum Rumah Tangga dan Perlengkapan Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab. HSS.

Bupati HSS mengatakan pelantikan dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan organisasi yang sifatnya dinamis, mengisi sebagian besar kekosongan jabatan dalam struktur organisasi pemerintahan, yakni pejabat administrator dan pejabat pengawas.

“Hari ini pelantikan pejabat administrator dan juga pengawas. Pertama penyegaran dan yang kedua mengisi formasi yang kosong. Seperti yang saya sampaikan tidak sembarang menempatkan orang dengan penuh pertimbangan karena kita tidak ingin coba-coba,” ucap Bupati ditemui saat wawancara

Bupati berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja dengan baik, dan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Kami akan evaluasi terus mereka sampai waktunya nanti kita lihat lagi, tentu ada di tahap pembinaan. Mudah-mudahan dengan semakin lengkap sebuah organisasi semakin maksimal kita bekerja,” tuturnya

Selain itu Bupati juga menghimbau kepada para pejabat agar menjadi teladan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 yang masih terjadi. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup Syamsuri Arsyad Pimpin Rapat Kerja DHC dan DHR 45 Pertama Kalinya

Published

on

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dalam kesempatannya membuka rapat kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (DHC 45) dan Dewan Harian Ranting (DHR 45) se-Kab. HSS. (Foto: Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Rapat kerja idealnya untuk membicarakan program yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran berjalan dan terlaksana dalam rangka pembinaan berorganisasi, karena bagaimanapun organisasi yang kita lakoni seidealnya itu berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian sepotong sambutan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dalam kesempatannya membuka rapat kerja Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (DHC 45) dan Dewan Harian Ranting (DHR 45) se-Kab. HSS. Bertempat di Cottage Tanuhi Gunung Kantawan, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado. Pada Senin (16/05/2022).

Kegiatan rapat ini dimulai dengan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan DHC 45 Kab. HSS oleh Syakhril Anwar selaku Sekertaris DHC 45 Kab. HSS. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan program kerja per-Kecamatan oleh pengurus atau perwakilan DHC 45 Kecamatan terkait program yang akan dilaksanakan di Kecamatannya masing – masing.

Ditemui seusai rapat, dalam wawancaranya Wabup Syamsuri Arsyad, S.AP, MA yang juga selaku Ketua Umum DHC 45 Kab. HSS menjelaskan kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakannya rapat kerja oleh DHC 45 Kab. HSS. Rapat kerja ini sendiri mempunyai untuk menyamakan persepsi untuk program – program di tahun 2022.

Wabup mengharapkan dengan dilaksanakannya rapat kerja ini masing – masing DHR akan membuat program sesuai dengan kondisi di Kecamatannya.

“Program itu menyentuh tentang bagaimana pewarisan nilai – nilai Kejuangan 45. Kita menyediakan dana yang kita alokasikan dari dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah,” jelas Wabup HSS.

Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa rapat hari ini telah menyepakati beberapa program yang akan dilaksanakan di tingkat Kabupaten. Sementara untuk di tingkat Kecamatan usulannya akan dipelajari dan didiskusikan lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP sebagai pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kab. HSS yang telah memberikan dana hibah kepada DHC 45 Kab. HSS yang ditaksir sebesar 350 juta rupiah.

“Insyaallah dana – dana ini akan kami gunakan sebaik – baiknya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai organisasi yang diberikan kewenangan untuk pewarisan Nilai Kejuangan 45,” tutupnnya, [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemjab HSS) gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar". (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar” yang digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab. HSS, Jum’at (13/05).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang diantaranya mengatakan bahwa kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Anak – anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid tetapi sebagai bahan refleksi,” ucap Bupati HSS.

Kemudian, Bupati HSS juga menjelaskan kurikulum merdeka yang diterapkan juga agar guru terus terdorong untuk belajar serta supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Dikesempatan ini, Bupati HSS juga berpesan agar anak-anak sekolah tidak hanya diberi mata pelajaran tetapi juga harus di kawal perilaku anak sesuai dengan norma-norma yang telah di atur.

“Sekolah tidak hanya memberikan mata pelajaran, menuntaskan kurikulum tetapi juga mengawal anak-anak agar menjadi anak yang berakhlak dan bermoral karena mereka adalah penerus di masa yang akan datang, dan apa bila ada perilaku anak yang mencurigakan agar segera di ambil langkah oleh sekolah,” pesannya.

Bupati HSS juga berharap di momentum Hardiknas ini program vaksinasi anak sekolah 6 – 11 tahun kembali di gerakkan agar imunitas individual peserta didik bisa terjaga dengan baik.

“Dengan pemberian vaksin imunitas individual anak-anak kita akan terjaga dengan baik sehingga mereka menjadi generasi yang sehat dan dapat belajar dengan maksimal,” tutur Bupati HSS.

Upacara peringatan Hardiknas juga turut di hadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA dan jajaran Forkopimda serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab HSS. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Disdikbud HSS Gelar Lokakarya 7 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-3

Published

on

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3 Kabupaten Hulu Sungai Selatan bertempat di Aula Sehati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. HSS, Jum’at (13/05/2022)

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi dan Pendampingan

Untuk Kab. HSS Pendidikan Guru Penggerak di Kab. HSS akan dimulai pada tanggal 07 Agustus 2021 dan akan berakhir pada bulan Juni 2022.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Umar dani, M. Pd menyampaikan di Kab. HSS pendaftaran calon guru penggerak angkatan 3 dapat dilaksanakan pada bulan Januari 2021 s. d 15 Maret 2021.

“Untuk menjadi guru penggerak, gurus harus lulus seleksi yakni tahap 1 mengisi curriculum vitae dan menjawab esai, tahap 2 simulasi dan wawancara serta mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan,” ungkapnya

Lebih lanjut beliau menyampaikan setelah melalui tahapan seleksi 1 dan 2, sebanyak 8 orang guru dinyatakan lolos sebagai calon guru penggerak.

“8 calon guru penggerak tersebut terdiri dari jenjang TK sebanyak 1 orang, SD sebanyak 1 orang, SMP sebanyak 3 orang dan SMA sebanyak 3 orang,” tuturnya

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. HSS Drs. Kamidi, M.IP berharap semua calon penggerak dapat menjadi pioner, inspirator, motivator dan kreator di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, kreatif, mandiri sesuai dengan profil belajar pancasila yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, inovatif, kreatif dan bergotong royong di Kabupaten kita tercinta ini,” harapnya

Dalam kegiatan ini juga turut berhadir tim dari STIPA Bandung, perwakilan pengawas TK,SD, SMP dan SMA, Kepala Sekolah dari calon guru penggerak, Ketua PBSI Kab. HSS yang diwakili oleh Sekretaris, para guru penggerak dan pengajar praktik, perwakilan Dewan Pendidikan dan Himpaudi, para guru perwakilan MGMP, serta calon guru penggerak dan pengajar praktik. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Hadiri Haul Datuk Daha/Surgi Tuan Syekh H.M Thahir

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP Bersama Wakil Bupati hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, mengikuti kegiatan haulan Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Usai melaksanakan haulan di pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP Bersama Wakil Bupati hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP,MA langsung menuju Nagara/ Daha tepatnya di desa Taluk Haur Kecamatan daha Utara. Selasa (10/05/22)

Adapun keberangkatan beliau pada malam hari ini yaitu guna mengikuti kegiatan haulan Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin sekaligus ingin bertemu kembali dengan Abah Guru KH. Asmuni/ Guru Danau.

Kegiatan haulan yang di isi dengan pembacaaan Doa, Dzikir Bersama dan tausyiah Agama yang dilaksanakan serta dipimpin langsung oleh KH. Asmuni/ guru Danau.

Sebelum memulai tausyiah agama yang di sampaikan oleh abah guru sebelumnya Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP di berikan kesempatan oleh Abah Guru meyampaikan sambutan sebelum memulai tausyiah agama.

Dalam sambutan bupati pada malam hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP memanjatkan Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT karena bisa berkumpul kembali dengan Abah Guru KH. Asmuni atau lebih dikenal dengan Guru Danau dan masyarakat.

“Alhamdulillah malam ini bisa berkumpul Bersama Abah Guru dan masyarakat dalam mengisi rangkaian haul Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin dan tentunya ulun bersyukur abah guru dalam keadaan sehat sehingga bisa memimpin doa Bersama dalam kegiatan malam hari ini,” ucap Bupati.

Bupati juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesarnya karena kedatangannya pada malam ini terlambat sehingga setelah tiba di tempat haulan, abah guru sudah tiba terlebih dahulu.

Beliau juga terus mengucapkan rasa syukur karena semenjak menjadi camat dan sampai sekarang menjadi bupati masih bisa diberikan kesempatan berhadir dalam haulan ini dan kembali bertemu dengan Abah Guru.

“Ulun juga bersyukur semenjak ulun manjadi camat ulun bisa berhadir dan atas ijin Allah jua lah malam ini ulun juga bisa berhadir sekaligus berjumpa kembali dengan abah guru di haulan Datuk Daha/ Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin dan Mudahan-mudahan kita bisa mengambil manfaat dan keberkahan di dalam kegiatan malam hari ini,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP berharap abah guru terus membimbing kami sebagai murid dan akan selalu di berikan kesehatan dan kekuatan agar bisa selalu Bersama kami.

“Kita juga tentu sangat berharap abah guru kita terus diberikan ALLAH SWT kesehatan karena beliau sangat kita harapkan untuk terus bisa membimbing umat serta doa dan petuah beliau bisa menjadikan cahaya bagi kita yang mana disaat kita berada di tengah-tengah beliau merasa sejuk merasa nyaman dan tentunya juga kita sebagai murid akan terus mendoakan beliau agar terus di berikan ALLAH SWT kekuatan dan kesehatan untuk terus bisa bersama kita,” harapnya.

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP juga mengucapkan Kepada panitia terima kasih yang sebesarnya atas kerja kerasnya yang mudah-mudahan acara pada malam hari ini yang sudah dimulai dengan Doa dan Dzikir Bersama yang Alhamdulillah bisa berjalan dengan tertib dan lancar. [adv-hss]

Continue Reading

Umum

Populer