Kronologis Keributan Ojol dengan Costumer – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Kalsel

Kronologis Keributan Ojol dengan Costumer

Published

on

Mediasi serta bersepakat untuk menyelesaikan kesalahpahaman secara kekeluargaan dan membuat Surat Pernyataan / Surat Kesepakatan Bersama. (Foto : Ist)

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Kapolsek Kertak Hanyar Iptu Agung Kristanto, S.H., M.H., bersama anggota piket Jaga Polsek Kertak Hanyar Polres Banjar berhasil melakukan mediasi terkait permasalahan yang terjadi antara Driver Ojek Online dengan seorang Kostumer.

Adapun identitas driver Ojol yang berseteru adalah Mansyur (24th), Ikhsan Camel (24th), dan identitas Kostumernya adalah Agus Maulana (29th).

Berikut kronologis lengkap yang disampaikan Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Kertak Hanyar mengenai perseteruan tersebut.

Pada hari Rabu tanggal 02 Maret 2022 skp 22.15 wita Sdr. Agus Maulana (Kustomer Gojek) ada memesan Gojek melalui aplikasi untuk mengantarkan barang pesanan dengan titik tujuan jalan raya Banjar Indah Permai 1. Kemudian Driver Gojek sdr. Mansyur mengambil barang tersebut dari sdr. Agus Maulana di seberang jalan Komplek Bunyamin Residence Kertak Hanyar untuk diantar sesuai titik tujuan. Selanjutnya karena tidak ada orang di lokasi tujuan Sdr. Mansyur menghubungi sdr. Agus Maulana dan oleh sdr. Agus Maulana mengatakan bahwa titik tujuan salah bukan di Banjar Indah, akan tetapi di Jalan Japri Zam-zam II Gang ABC, namun setelah sampai di lokasi tersebut penerima juga tidak ditemukan oleh sdr. Mansyur.

Pada hari Kamis 03 Maret 2022 skp 15.30 wita sdr. Mansyur menuju rumah sdr. Agus Maulana. Dan sdr. Mansyur mengetahui alamat rumah sdr. Agus Maulana karena ingat Nomor Polisi Mobil Brio yang dibawanya saat mengambil pesanan, lalu melakukan pengecekan pemilik mobil tersebut melalui (aplikasi bayar pajak kendaraan).

 

Pada saat di rumah sdr. Agus Maulana, sdr. Mansyur membawa beberapa orang kawannya (Driver Gojek) termasuk sdr. Ikhsan Camel untuk mengembalikan barang milik sdr. Agus Maulana dan meminta uang COD (Cash on Delivery) atau ongkos pengiriman sebesar Rp. 347.888,- (Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Delapan Ratus Delapan Puluh Delapan Rupiah). Akan tetapi sdr. Agus Maulana tidak kunjung mengembalikan uang COD tersebut sehingga terjadi keributan sampai sdr. Agus Maulana mengeluarkan parang yang ada di rumahnya untuk mengusir sdr. Mansyur dan kawan-kawan.

Karena terus didesak untuk mengembalikan uang COD akhirnya sdr. Agus Maulana meminta sdr. Mansyur untuk mengikutinya ke ATM tetapi sampai dengan parkiran Rumah Sakit Ciputra Mitra Hospital Jalan A. Yani Km. 8 Komplek Citraland Desa Kertak Hanyar II Kec Kertak Hanyar Kab. Banjar, sdr. Agus Maulana tidak juga mengembalikan uang COD dan akhirnya terjadi dorong mendorong.

Melihat situasi tersebut Briptu Suharno anggota Polres Banjar yang secara kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian atau Rumah Sakit Ciputra Mitra Hospital mengamankan sdr. Agus Maulana ke dalam mobilnya dan akan dibawa ke Mapolsek Kertak Hanyar untuk diamankan. Akan tetapi oleh pihak sdr. Mansyur yang sudah menghubungi kawanan Gojek lainnya beranggapan, bahwa sdr. Agus Maulana akan melarikan diri, serta melakukan penghadangan dan mengejar mobil milik Briptu Suharno yang sudah membawa sdr. Agus Maulana dan berusaha menghentikan mobil dengan menabrak bagian samping mobil dengan menggunakan sepeda motor. Melihat situasi tersebut Briptu Suharno keluar mobil dan mengenalkan diri bahwa dia adalah anggota Polres Banjar karena pada saat kejadian tidak (menggunakan pakaian dinas). Karena dalam keadaan terdesak serta untuk untuk menenangkan para Driver Gojek Online agar tidak melakukan penganiayaan maupun amuk masa terhadap sdr. Agus Maulana, Briptu Suharno sempat mengeluarkan senjata api inventaris dinas. Selanjutnya Briptu Suharno membawa sdr. Agus Maulana (Kustomer Gojek) serta para Driver Gojek menuju Mapolsek Kertak Hanyar beralamat Jl. Ahmad Yani Km. 7 Kertak Hanyar Kab. Banjar.

Setelah sampai di Mapolsek Kertak Hanyar para masing-masing Pihak difasilitasi oleh Petugas Piket melakukan Mediasi serta bersepakat untuk menyelesaikan kesalahpahaman secara kekeluargaan dan membuat Surat Pernyataan / Surat Kesepakatan Bersama.

Dari kejadian tersebut, pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Kertak Hanyar menarik kesimpulan bahwa keributan ini di latar belakangi adanya pesanan fiktif yang dilakukan oleh sdr. Agus Maulana (Kustomer Gojek) kepada sdr. Mansyur (Driver Go-Jek), karena Driver Gojek sdr. Mansyur tidak menemukan pihak penerima dan meminta balik sdr Agus Maulana untuk mengembalikan uang COD dan mengembalikan barang antaran tersebut namun sdr Agus Maulana menolak.

Kemudian anggota Polres Banjar an. Briptu Suharno pada saat kejadian secara kebetulan berada di TKP dan berusaha untuk membawa sdr. Agus Maulana (Kustomer Gojek) ke Mapolsek Kertak Hanyar guna antisipasi terjadinya penganiayaan oleh para Driver GoJek, akan tetapi dianggap oleh para Driver Gojek akan membawa lari sdr. Agus Maulana.

Hingga akhirnya  Briptu Suharno mengeluarkan Senjata Api karena dalam keadaan terdesak serta untuk untuk menenangkan para Driver Gojek Online agar tidak melakukan penganiayaan terhadap sdr. Agus Maulana, serta menyampaikan agar permasalahan tersebut diselesaikan di Mapolsek Kertak Hanyar.

Langkah-langkah yang telah diambil Polsek Kertak Hanyar, Polres Banjar dalam memecahkan permasalahan ini antara lain membawa dan mengamankan para Driver Gojek dan Kustomer Gojek ke Mapolsek Kertak Hanyar serta memfasilitasi kegiatan mediasi antara Sdr. Mansyur (Driver Gojek) dengan sdr. Agus Maulana (Kustomer Gojek) untuk menyelesaikan kesalah pahaman tersebut secara kekeluargaan dan membuat Surat Pernyataan / Surat Kesepakatan Bersama. [ad-sb]

Banjarbaru

Pemprov Kalsel Apresiasi Inovasi Ready Cash Digital Bank Kalsel

Published

on

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi atas sejumlah inovasi yang telah dilaksanakan Bank Kalsel. (Foto: Ist) 

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi atas sejumlah inovasi yang telah dilaksanakan Bank Kalsel dalam rangka mempermudah pelayanan pada masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi atas inovasi Bank Kalsel dalam rangka mempermudah pelayanan kepada masyarakat, termasuk aplikasi Ready Cash Digital,” ujarnya pada pembukaan sosialisasi Ready Cash Digital Bank Kalsel di Kantor Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Rabu (18/5).

Sosialisasi Ready Cash Digital kepada ASN di lingkungan Pemprov Kalsel tersebut dihadiri Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya.

Roy mengatakan aplikasi Ready Cash Digital tersebut akan memudahkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk mengajukan pembiayaan tanpa harus datang ke kantor Bank Kalsel.

Hadirnya pembiayaan online ini, kata Sekda, akan memangkas aspek waktu yang tersita dalam aktivitas perbankan di kantor-kantor cabang.

“Dengan ditandatanganinya facilities agreement antara Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel, saya harapkan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian di daerah,” katanya.

Roy mengimbau ASN Pemprov agar dapat memanfaatkan fasilitas ini secara bijak dan baik serta tetap diiringi dengan pengelolaan keuangan yang sesuai kemampuan dalam beraktivitas ekonomi.

Sosialisasi juga diharapkan dapat lebih memahami cara kerja aplikasi ready Cash digital terbaru dari Bank Kalsel dan dapat meningkatkan inklusi keuangan di Provinsi Kalsel.

Dikatakan Roy, berkembangnya inovasi teknologi diranah perbankan tentu memberi kemudahan dan manfaat bagi nasabah.

Financial Technology melalui aplikasi perbankan saat ini semakin tumbuh besar seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang di dominasi oleh pengguna teknologi informasi serta tuntutan hidup yang serba cepat.

Teknologi keuangan ini membantu transaksi jual-beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis, namun tetap efektif.

Bank Kalsel sebagai bank pembangunan daerah di Banua, tentunya dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan ini untuk memberikan kontribusi yang positif bagi para pemegang sahamnya secara khusus dan masyarakat umumnya.

Bank Kalsel dalam beberapa tahun terakhir mampu menunjukkan kinerja yang bagus dan mampu bersaing dengan bank swasta atau BUMN lainnya.

Kontribusi Bank Kalsel dapat dirasakan pada setiap keuntungannya yang dikembalikan kepada masyarakat melalui masing-masing pemerintah daerah di Kalsel. [adv/ad]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Wabup Syamsuri Undang Sandiaga Uno

Published

on

Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno untuk mempromosikan dan mendongkrak kunjungan wisata di Bumi Rakat Mufakat. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Untuk mempromosikan dan mendongkrak kunjungan wisata di Bumi Rakat Mufakat, Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno datang ke HSS.

Undang tersebut disampaikan langsung oleh Wabup HSS Syamsuri Arsyad kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno), dalam audensi Gubernur Kalsel, di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (18/5).

Selain menyampaikan undangan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Wabup HSS Syamsuri memaparkan kunjungan wisata di Kabupaten HSS pada 2019 sebanyak 231 ribu pengunjung dan saat pandemi sebanyak 270 ribu kunjungan wisata.

Dalam audensi tersebut, Wabup Syamsuri menyarankan adanya paket-paket wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalsel, yang masing-masing daerah memiliki destinasi wisata yang bisa dinikmati.

Wabup Syamsuri berharap Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif RI Sandiaga Unu, dapat hadir pada event Loksado yang akan digelar dalam dekat ini.

“Kehadiran Menteri Sandiaga Uno dapat menguatkan pariwisata di daerah. Semoga setelah dari Kota Baru, pak Mentri bisa hadir pada 2 Juni 2022 ke Loksado,” harap Wabup Syamsuri.

Menurut wabup, festival Loksado satu-satunya di dunia dengan objek wisatanya Bamboo Rafting (rakit bambu) yang menjadi andalan wisata di Kabupaten HSS.

Wabup HSS berharap, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendapat dukungan akses guna memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke Loksado.

“Kami juga minta Jalur Begandah Rantau bisa tembus ke HSS, karena bisa menjadi alternatif Ibu Kota Negara (IKN),” ujar Wabup Syamsuri.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, mengatakan akan menugaskan deputi untuk memberikan perhatian khusus ke Kalsel. “Saya sangat tertarik dengan Loksado, mudah-mudahan saya bisa ke sana, ” ucap Sandiaga Uno. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Berikan Arahan Kepada Anggota Satpol PP

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP mengajak seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP mengajak seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab membantu menciptakan kondisi keamanan serta ketertiban di setiap wilayah tugas masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati HSS saat bersilahturahmi dengan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran yang bertempat di Aula Satpol PP Kab. HSS. Rabu(18/05/2022)

Dalam arahanya, bupati juga menyampaikan bahwa Satpol PP harus mempunyai kemampuan teknis tidak sekedar kemampuan fisik.

“Satpol PP harus tidak hanya memiliki kemampuan fisik akan tetapi harus mempunyai kemampuan teknis yang dalam artian satpol PP merupakan penegak aturan jadi sebelum meraka menegakkan aturan mereka harus wajib mengkuasai aturan khususnya aturan daerah,” ucap Bupati

Selain itu bupati juga berharap dengan ini diharapkan adanya perubahan yang signifikan kedepannya dalam pendekatan.

“Kami juga berharap pendekatan yang di lakukan kepada masyarakat bukan sekedar pendekatan akan tetapi pendekatan dalam penegakan aturan Yang harapannya dengan ini adanya perubahan yang signifikan dari SatPP HSS karena satPP HSS juga merupakan sebuah cerminan dari Kabupaten”. Harap bupati

Sementara itu, Kasat PolPP HSS Auliya Sofi Azmi,SSTP,M.Ec,Dev menyampaikan bahwa arahan dari Bupati ini bertujuan agar setiap anggota yang hendak melaksakan tugas dilapangan, mengerti dan memahami tugas yang harus dilakukan sesuai atensi pimpinan. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD 

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) mengadakan acara Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Kab. HSS dalam rangka penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) mengadakan acara Evaluasi Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Kab. HSS dalam rangka penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021, Rabu (18/05/2022) di Pendopo Kab. HSS

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor M.AP, serta juga diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan juga bendahara yang ada di Kab. HSS.

Bupati HSS menjelaskan Rapat Kegiatan Tindak Lanjut Rekomendasi LHP BPK RI tahun 2021 ini dilaksanakan guna mempelajari dan menindaklanjuti Rekomendasi BPK RI pada LKPD tahun 2021 serta memastikan bahwa setiap rekomendasi yang diberikan akan sesegeranya dikerjakan sesuai dengan ketentuan dan batas waktu yang telah ditentukan.

“Kita akan kerjakan rekomendasi yang diberikan BPK RI sesuai dengan ketentuan dan kita selesaikan lebih awal dari batas waktu yang ditentukan, sehingga laporan kita terus sesuai dengan standart akutansi pemerintah yang ditetapkan BPK RI”, ucapnya.

Lebih lanjut Bupati HSS mengatakan bahwa Kab. HSS saat ini adalah Kabupaten yang mendapat apresiasi dari BPK RI Kalsel karena Kab. HSS merupakan Kabupaten terbanyak di Kalsel yang telah menyelesaikan Rekomendasi LHP BPK RI yakni sebesar 99,2%.

Dikesempatan ini Bupati HSS juga tidak lupa mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada jajarannya yang telah bekerja sama dan bekerja maksimal menyajikan Laporan yang terbaik kepada BPK RI sehingga Pemkab HSS kembali bisa memperoleh predikat WTP ke 9 kali.

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Laksanakan Program Tahunan Ramadhan Berbagi Zakat

Published

on

Penyerahan zakat secara langsung kepada mustahik. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalael melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah melaksanakan program tahunan yakni Ramadhan Berbagi.

Dalam program tersebut melibatkan Komisaris, Direksi, dan Pegawai Bank Kalsel untuk diserahkan langsung kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) yang ada disekitar tempat tinggal Pegawai Bank Kalsel.

Dalam program tersebut dana yang telah disalurkan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) sebesar Rp 1 (satu) Milyar Rupiah.

“Semoga dengan adanya program tahunan Ramadhan Berbagi yang diinisiasi oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel dapat meringankan beban hidup saudara kita yang kurang mampu di Bulan Ramadhan 1443 H tersebut,” ungkap UPZ Bank Kalsel.

“Bagi para dermawan (donatur) serta sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat,Kalsel infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajaknya menambahkan. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Bantuan Dana Kepada Korban Kebakaran Di Desa Kambat Selatan Kabupaten HST

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung kepada para korban kebakaran di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022). (Foto: Ist) 

BARABAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui dana UPZ (UnitPengumpul Zakat) menyerahkan bantuan kepada para korhan kebakaran di Desa Kambat Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung di Kecamatan Pandawan pada Rabu (11/05/2022), yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Hulu Sungai Tengah Drs. Wahyudi Rahmad yang juga disaksikan Camat Pandawan As’ad, ST, M.Si dan Kepala Desa Kambat Selatan.

Bantuan dana UPZ, total sebesar Rp24juta, disalurkan kepada 6 Kepala Keluarga beserta 22 jiwa yang menjadi korban kebakaran. Musibah yang terjadi sekitar pukul 16.00 WITA tersebut, mengakibatkan para korban harus kehilangan tempat tinggal.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan bantuan yang diberikan Bank Kalsel saat ini merupakan bagian dari program UPz Bank Kalsel, dimana penanganan bencana menjadi salah satu program sosial.

“Bank Kalsel turut bersimpati kepada para korban kebakaran yang terjadi di Desa Kambat Selatan Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Semoga para korban bisa Kembali membangun perlahan rumahnya dan bisa segera beraktivitas seperti sedia kala,” ungkap Hanawijaya.

Diharapkan bantuan yang diberikan Bank Kalsel dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bank Kalsel juga turut mengimbau agar warga senantiasa selalu kewaspadaan terhadap segala macam potensi bencana. [adv/ad]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022 bertempat di halaman depan Kantor Bupati HSS, Selasa (17/5/2022).

Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI ini mengambil tema “Bergerak Baimbayan Gasan Membangun Banua Kita”.

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan turut hadir Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Sekda HSS Drs. H. M Noor, M.AP, Kepala OPD, Instansi Vertikal BUMN/BUMD serta para pejuang veteran dan janda veteran. Adapun peserta upacara terdiri dari ASN, TNI/Polri, Satpol PP, PGRI, Pengurus DHC 45 HSS, NKPI dan pelajar.

Dalam amanatnya Bupati HSS yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke-73 ini banyak mengandung pelajaran yang dapat di ambil hikmahnya. Peringatan ini kata bupati menjadi momentum dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia di zaman itu.

Di sampaikan pula bahwa peristiwa besar pembacaan proklamasi pada tanggal 17 Mei tahun 1949 di Kandangan, yang dibacakan dan ditandatangani langsung oleh Brigjen Hasan Basry atas nama rakyat Kalimantan Selatan, menyatakan bahwa Kalimantan Selatan adalah bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Republik Indonesia.

Bupati juga berharap sejarah Proklamasi 17 Mei tahun 1949 di Kalimantan Selatan, menjadi satu catatan yang sangat bermakna, cermin bagi semua bahwa gerilya rakyat Kalimantan Selatan dibawah komando Brigjen Hasan Basry meninggalkan jejak sejarah yang sangat berharga untuk di renungkan dan di teladani.

“mari kita gali, dan kita kembangkan nilai-nilai sejarah itu untuk kehidupan kita saat ini, kita teladani semangat, kegigihan dan ketulusan sang proklamator proklamasi 17 Mei 1949, bapak Brigjen Hasan Basry dalam memelihara keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia” ajak Bupati HSS.

Selain membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Bupati HSS juga berpesan agar semua kita bisa mewarisi dan meneladani serta melanjutkan nilai dan semangat perjuangan para pahlawan yang setia terhadap NKRI, dan juga sebagai umat beragama diharapkan juga agar bisa mendoakan para arwah pahlawan agar mereka mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

“Sebagai generasi penerus tentu semangat dan kesetiaan para pahlawan akan terus kita tanamkan dan pupuk, semoga kita diberikan kekuatan dan pertolongan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Bupati juga menyatakan sejak para tokoh pahlawan HSS ditetapkan sebagai pahlawan Nasional pihaknya sudah menginstruksikan setiap sekolah dan kantor-kantor agar memajang foto Brigjen H. Hasan Basery, Pangeran Antasari serta KH. Idham Khalid di tempatnya masing-masing.

“Dengan memajang foto-foto, kita ingin menimbulkan semangat dan kebanggaan bahwa kita memiliki tokoh asli HSS yang bergelar Pahlawan Nasional serta untuk terus mengingatkan kita agar terus melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau” tutur Bupati HSS.

Diakhir Upacara juga diserahkan bantuan tali asih kepada para veteran dan janda veteran yang turut berhadir mengikuti Upacara peringatan HUT ke-73 proklamasi pemerintahan Gubernur tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan tahun 2022. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Lantik 49 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Untuk mengisi kekosongan dan juga penyegaran, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry, M. AP melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSS bertempat di Pendopo Bupati HSS, Selasa (17/05/2022).

Pelantikan disaksikan Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan jajaranya.

Pelantikan pejabat administrator dan pejabat pengawas ini berdasarkan Keputusan Bupati HSS Nomor 821.23/305/BKPSDM dan 821.24/306/BKPSDM.

Untuk pejabat administrator yang dilantik sebanyak 25 orang dan pejabat pengawas yang dilantik sebanyak 24 orang. Diantara pejabat administrator dan pejabat pengawas yang dilantik, di antaranya Syamsuri SSTP,M.Si sebagai Camat Kandangan, Fathul Mushalli, S.STP sebagai Camat Sungai Raya, Ahmad Yani, S.Sos,M. IP sebagai Camat Daha Barat, Ahmad Busairi, SSTP sebagai Kepala Seksi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Loksado, Herdison Juani, A. Md sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. HSS dan Alpian Mahfuz, S. Sos sebagai Kepala Sub Bagian Umum Rumah Tangga dan Perlengkapan Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kab. HSS.

Bupati HSS mengatakan pelantikan dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan organisasi yang sifatnya dinamis, mengisi sebagian besar kekosongan jabatan dalam struktur organisasi pemerintahan, yakni pejabat administrator dan pejabat pengawas.

“Hari ini pelantikan pejabat administrator dan juga pengawas. Pertama penyegaran dan yang kedua mengisi formasi yang kosong. Seperti yang saya sampaikan tidak sembarang menempatkan orang dengan penuh pertimbangan karena kita tidak ingin coba-coba,” ucap Bupati ditemui saat wawancara

Bupati berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja dengan baik, dan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Kami akan evaluasi terus mereka sampai waktunya nanti kita lihat lagi, tentu ada di tahap pembinaan. Mudah-mudahan dengan semakin lengkap sebuah organisasi semakin maksimal kita bekerja,” tuturnya

Selain itu Bupati juga menghimbau kepada para pejabat agar menjadi teladan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 yang masih terjadi. [adv-hss]

Continue Reading

Banjarbaru

Lanal Banjarmasin Peringati HUT Ke-73 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Published

on

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor dan sebagai ketua rombongan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla. [Foto: Ist]

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Bertempat di Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry Jln. Ahmad Yani KM.19 Liang Anggang Kota Banjarbaru telah dilaksanakan acara ziarah rombongan dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan atau Proklamasi Kesetiaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ziarah rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor dan sebagai ketua rombongan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, Selasa (17/5/2022).

Peserta ziarah rombongan terdiri dari Prajurit dan PNS Lanal Banjarmasin, unsur Forkopimda Kalsel, ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, para pejuang (Veteran) dan yang tergabung dalam KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Se-Kalimantan Selatan.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan naskah sejarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan do’a, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan tabur bunga.

Sementara itu, diwaktu yang sama juga Prajurit Lanal Banjarmasin menghadiri upacara memperingati HUT Ke-73 Tahun 2022 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan bertempat dihalaman Balai Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina dan diikuti unsur Forkopimda Kota Banjarmasin, ASN dan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Dikesempatannya, Danlanal mengatakan dalam rangka peringatan HUT Ke-73 tahun 2022 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan pada tanggal 17 Mei 2022 ini kita telah melaksanakan acara ziarah rombongan tabur bunga dan pembacaan naskah sejarah Proklamasi kemerdekaan.

Karena dengan adanya Proklamasi tersebut untuk menyatakan kepada masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia bahwa gerilya Tentara ALRI DIVISI IV yang berada di Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan serta kemampuan untuk menyusun suatu pemerintahan hingga menjadi bagian dari NKRI.

Kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan bahwa proklamasi tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia dan sebuah wujud jiwa patriot Nasionalisme dari sosok Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry yang patut dijadikan contoh suri tauladannya bagi generasi muda sebagai Pahlawan Nasional yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini., tutur Danlanal.

Acara diakhiri dengan penyerahan paket Sembako dan tali asih kepada para veteran dan penjaga/pengelola taman makam pahlawan. Selama pelaksanaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pasukan upacara dan peserta ziarah rombongan serta tabur bunga dibatasi guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

Selanjutnya Danlanal Banjarmasin beserta rombongan melanjutkan rangkaian kegiatan menuju Kab. Kandangan meninjau museum rakyat HSS (Hulu Sungai Selatan) sekaligus memberikan tali asih kepada pengelolanya, tinjau cagar budaya rumah perjuangan ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan, melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga di makam pahlawan pusara bakti banua sekaligus memberikan tali asih kepada penjaga dan pengelolanya. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer