IRT di Pasar Bengkel Tersambar KA di Perlintasan, Polisi Olah TKP – SuaraBorneo.com
Connect with us

Sergai

IRT di Pasar Bengkel Tersambar KA di Perlintasan, Polisi Olah TKP

Published

on

Polisi saat di ruang IGD korban dan TKP lintasan rel kereta api. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kab Sergai, Selasa(8/3/2022) sekira pukul 16;40WIB dikabarkan terserempet kereta api Sri Bilah Jurusan Medan – Rantau Prapat, tepat tepatnya KM 43. 700 Desa Bengkel.

Atas kejadian tersebut, Resort Polsek Perbaungan langsung mengecek tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud melalui Kapolsek Perbaungan AKP, M Pandiangan membenarkan peristiwa tersebut.

“Awalnya Bhabinkamtibmas Polsek Perbaungan, Aiptu D Hasibuan mendapatkan informasi tentang adanya seorang ibu rumah tangga(IRT) terserempet kereta api Sri Bilah kujurusan Medan-Rantau Prapat di perlintas kereta api Desa Bengkel,” ucap AKP M Pandiangan.

Atas informasi tersebut, petugas langsung melakukan pengecekan dilokasi tempat kejadian perkara. Ternyata benar, korban diketahui Bernama Dayem alias Nek Rondo (84) warga Dusun IV Desa
Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Atas kejadian tersebut, korban mengalami patah tulang di Pinggang, patah kaki sebelah kiri, patah lengan sebelah kiri dan saat ini korban dirawat RS Trianda Pasar Bengkel,” ujar AKP M Pandiangan.

‘Saat ini Korban di rawat di RS. Trianda Bengkel, namun pihak Rs Trianda tidak sanggup menanganinya dan rencana akan di rujuk ke RS Grand Medistra Lubuk Pakam,” pungkas Kapolsek Perbaungan menambahkan. (ynr)

Bagikan ke

Sergai

Pemkab Sergai Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Jenjang SD

Published

on

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan melalui saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK. (Foto/Ist)

PERBAUNGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan menggelar sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Bebasis Komputer untuk Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2024 bertempat di Aula Titik Temu Sergai Kecamatan Perbaungan, Rabu (12/6/2024).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan melalui saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK merupakan inovasi baru yang dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional (UN). Hal ini merupakan salah satu langkah yang telah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.

Asesmen ini menurut Wabup Adlin bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa dalam berbagai aspek, termasuk literasi membaca, numerasi, serta karakter. selain itu, ANBK juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kualitas pendidikan di sekolah-sekolah kita.

“Saya mengajak seluruh tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi diri dan mempersiapkan siswa-siswi dengan sebaik mungkin. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat mengikuti ANBK dengan baik dan meraih hasil yang optimal. yang mana hasilnya nanti akan kita lihat bersama melalui terbitnya rapor pendidikan,” ajak Adlin Tambunan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution S.Pd, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pelaksanaan ANBK kepada seluruh pihak yang terlibat, baik itu kepala sekolah, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh peserta dapat lebih siap dan memahami teknis pelaksanaan ANBK, sehingga tujuan dari asesmen ini dapat tercapai dengan baik penguatan pendidikan karakter dan pengembangan sekolah berdasar pada 8 standar nasional pendidikan dan harapan Pemkab Sergai agar seluruh sekolah di Sergai menjadi sekolah mandiri, terampil, asri, dan berkualitas (MANTAB),” jelas Suwanto.

Disampaikan juga bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 12-13 Juni dan diikuti oleh 235 peserta yang terdiri dari operator kecamatan dan operator sekolah dari satuan pendidikan sekolah dasar negeri/swasta se- kabupaten Sergai. (MSC)

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Hadiri HUT APKASI, Bupati dan Wabup Sergai Puji Kesiapan Trenggalek sebagai Tuan Rumah

Published

on

Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke-24. (Foto/Ist)

TRENGGALEK, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke-24 yang dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, Jumat (7/6/2024). Acara tersebut berlangsung dengan meriah di area Tebing Kepuh dan dihadiri oleh pejabat dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia.

Bupati Sergai dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan APKASI 2024. Darma Wijaya menyebut, dirinya terkesan dengan bagaimana Kabupaten Trenggalek mampu memanfaatkan perbukitan dan mengubahnya menjadi tempat yang indah dengan pencahayaan yang baik untuk mendukung pelaksanaan acara.

Salah satu hal yang juga menarik perhatiannya dari pelaksanaan APKASI 2024 ini adalah komitmen terhadap konsep Eco Green di mana seluruh kebutuhan listrik untuk rangkaian kegiatan hari ini bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata. Hal ini menunjukkan keseriusan panitia dalam mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Saya sangat mengapresiasi kreativitas Trenggalek dalam menyelenggarakan HUT APKASI 2024 ini. Tempat ini benar-benar disulap menjadi lokasi yang indah dengan efek pencahayaan yang memukau. Selain itu, saya mendengar bahwa seluruh listrik yang digunakan di sini bersumber dari PLTA, yang tentu saja sangat ramah lingkungan,” kata Bupati Darma Wijaya.

Bupati yang dikenal akrab dengan panggilan Bang Wiwik ini juga menambahkan bahwa Sergai dapat belajar banyak dari pelaksanaan acara ini.

“Kita harus belajar bagaimana mengelola dan menggali potensi yang ada di Sergai. Potensi-potensi tersebut dapat kita kembangkan untuk mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” tambahnya.

Wabup Adlin Tambunan juga turut memberikan komentarnya mengenai acara tersebut. Ia menilai suasana yang tercipta sangat bagus, tata panggungnya diatur dengan baik, dan dirinya pun menikmati makanan yang disajikan.

Selain itu, dirinya dan Bupati Sergai pada kesempatan ini juga menyatakan memberikan dukungan penuh kepada Ananda Dwi Putri Sinaga yang berkompetisi di Grand Final Putri Otonomi Indonesia 2024.

“Hal ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Sergai dalam mendukung generasi muda yang berprestasi,” terangnya.

Adlin Tambunan menilai, kehadiran para pemimpin daerah ini dalam forum APKASI diharapkan dapat menciptakan hubungan antar kabupaten yang semakin erat dan dapat saling berbagi pengalaman serta inovasi untuk kemajuan bersama.

“Acara HUT APKASI ke-24 di Trenggalek menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar Pemkab di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Sebelumnya pembukaan acara HUT APKASI dilakukan oleh Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin. Dalam sambutannya, Bupati Nur Arifin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya HUT APKASI 2024 di Trenggalek. Ia menyampaikan kebanggaannya karena Kabupaten Trenggalek dipilih sebagai tuan rumah untuk acara nasional yang bergengsi ini. “Ini adalah kehormatan besar bagi kami. Terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah hadir di Kabupaten Trenggalek,” ujarnya.

Ikut hadir pada acara ini di antaranya Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD. (NR/MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Penanaman 50 Pohon dan Penaburan 1.000 Ekor Ikan di Desa Sekitar PTPN IV Regional II Unit Adolina

Published

on

Manajemen Unit Adolina bersinergi dengan Desa sekitar. (Foto/Ist)

SERGAI, Suaraborneo.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Juni 2024 yang berlokasi di beberapa tempat di Desa sekitar Unit Adolina, Manajemen Unit Adolina bersinergi dengan Desa sekitar melaksanakan kegiatan penanaman pohon buah-buahan berbagai jenis sebanyak 50 pohon dan penaburan 1.000 ekor ikan di daerah aliran sungai yang melintasi desa sekitar Unit Adolina.

Kegiatan ini berlokasi di 10 tempat terpisah di setiap Afdeling unit adolina yang berdampingan dengan desa sekitar.
Seremonial kegiatan dihadiri segenap unsur Manajemen dan perangkat Desa. Hadir di lokasi Kepala Desa Cilawan kecamatan pantai cermin tuhadi simbolon, Kepala Desa Ujung Rambung kecamatan perbaungan Rusdi / mewakili, Kepala Desa pondok tengah kecamatan pegajahan irfan sinaga/mewakili, Kepala Desa Bangun Purba Tengah kecamatan Bangun Purba Heri Suwardi, serta Kepala Desa lainnya di sekitar Unit Adolina, mitra kerja Unit Fendi.

Dilokasi penanaman pohon dan tabur bibit ikan, dalam sambutan mewakili Kepala Desa, Tuhadi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PTPN IV Regional II Unit Adolina atas pelaksanaan kegiatan ini, dengan harapan terjalin komunikasi dan sinergitas yang harmoni antara perusahaan dengan Desa sekitar, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi keberlangsungan alam sehingga tetap terjaga kedepannya.

Mengusung tema Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan, Ruben Sihombing yang dalam hal ini mewakili Manajer Unit adolina Yudhi Hari Prabowo, menyampaikan sambutan bahwa kebersamaan dan sinergitas antara Perusahaan dengan Desa sekitar tetap harus dijaga dan harmonis, hal ini bisa ditunjukkan dengan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan seperti yang kita laksanakan saat ini.

“Penanaman pohon dan penaburan bibit ikan yang kita laksanakan ini merupakan wujud nyata dari bentuk kepedulian dan dukungan perusahaan terhadap kelestarian lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman pohon di bantaran daerah aliran sungai dan penaburan bibit ikan di sungai sekitar.

“Semoga kegiatan sosial seperti ini tetap konsisten dilaksanakan Setiap tahunnya dan semoga PTPN IV Regional II Unit Adolina khususnya semakin sukses dan Jaya kedepannya,” pungkasnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

PT Perkebunan Nusantara IV Regional II Unit Adolina Tanam Perdana Tahun 2024

Published

on

Manager Unit Adolina, Yudhi Hari Prabowo, ST. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – PT. Perkebunan Nusantara IV Regional II Unit Adolina ( AFD VIII BLOK 03 AC) Melaksanakan Penanaman Perdana Tanaman Ulang (TU), Kamis (30 /5/ 2024).

Sebelum acara di mulai seluruh hadirin terlebih dahulu menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a yang dipimpin oleh Ustadz Hamid Dasopang, berlangsung dengan hikmat untuk mengharapkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT.

Setelah selesai Do’a acara dilanjutkan dengan Pemberian Santunan kepada anak Yatim sebanyak 55 orang, yang langsung diberikan oleh Bapak Region Head Regional II beserta SEVP Op. I dan II, GMD III,Brigif 07/RR, FORKOPIMCA dan seluruh Karyawan Pimpinan Unit Adolina.
Acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan yang pertama oleh Manager Unit Adolina (Bapak Yudhi Hari Prabowo, ST).

Yudhi Hari Prabowo menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini kita diberikan kesehatan dan cuaca yang cerah, dan mudah-mudahan acara pada hari ini yakni Tanam Perdana Tahun 2024 dapat berjalan dengan sesuai yang kita harapkan.

Lanjutnya, bahwa Tanam Perdana di Unit Adolina ada di dua Afdeling yakni Afdeling VIII seluas 416 Ha dan di Afdeling IX seluas 321 Ha.

Sambungnya lagi, bahwa tanam ulang ini untuk /Ha nya ada 143 tanaman pohon sawit yang berumur 12 bulan. Capaian yang diharapkan produksi buah sawit harus menghasilkan sekitar 20 ton/Ha, sebutnya.

Manager, menyampaikan rasa terima kasih kepada FORKOPIMCA, BRIGIF 7/RR, Kepala Desa Bandar Kuala, Ormas serta Tokoh masyarakat Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang serta semua yang hadir diacara tanam perdana ini, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari DAN BRIGIF yang diwakili oleh Letkol. Inf. Suirwan (Kasbrigif 7 – RR) , beliau menyampaikan bahwa BRIGIF 07/RR siap membantu keamanan dan ketertiban Tanaman Perdana Afdeling VIII Blok 03 AC dan aset yang ada di wilayah Afdeling VIII Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang Deli Serdang meskipun Brigif 07/RR bukan merupakan teritorial, tetapi kami siap untuk membantu.

Selanjutnya sambutan/arahan dari Region Head PTPN IV Regional II (Bapak Sudarma Bhakti Lessan).

Beliau menyampaikan Tanam Perdana Afdeling VIII Blok 03 AC, di Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, seperti yang disampaikan Manager ada seluqs 737 Ha, dan nantinya bisa menambah hasil Produksi yang baik seseuai dengan SOP, disela-sela sambutannya beliau menyampaikan bahwa Regional II bertambah dalam hal pengawasannya yakni PTPN II, KSO dan PTPN XIV.

Beliau juga menyampaikan bahwa Tanam Perdana yang di laksanakn oleh PTPN IV Regional II yang ada di beberapa Unit sebanyak 7.700 Ha, berarti Unit Adolina ada 10% nya dari total Tanam Perdana yang dilaksanakan.

Acara Berikutnya Brifing Instruction oleh Askep Rayon Bangun Purba (Bapak Azhir) Langsung memperagakan cara tanam kelapa sawit yang benar yang akan mempengaruhi kualitas tanaman sawit dan mempengaruhi buah yang akan dihasilkan.
Mungkin beberapa petani sawit masih ada yang menanam kelapa sawit secara sembarangan dan tidak memperhatikan standarisasi penanaman yang baik dan benar, ungkapnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan siang yang diawali terlebih dahulu dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Region Head Regional II dan potongan pertama diberikan kepada Manager Adolina beserta semua staf dan para undangan secara bergiliran.

Sebelum acara di tutup pemandu acara (MC) memberikan kesempatan kepada seluruh hadirin untuk foto bersam dengan Region Head, SEVP Op. I dan II serta tamu-tamu undangan lainnya, acara tanam perdana ini berlangsung denga lancar dan hikmat. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

PTPN IV Unit Adolina Berbagi di HUT Ke 28th Integration for a Greater Success

Published

on

Manajer PTPN IV Unit Kebun Adolina Yudhi Hari Prabowo, ST. (Foto/Ist)

SERGAI, Suaraborneo.com – Kamis pagi yang cerah, tanggal 30 Mei 2024, menjadi saksi bagi momen spesial di PTPN IV Unit Kebun Adolina. Dengan semangat yang membara, mereka menggelar acara berbagi sembako untuk warga kurang mampu di sekitar afdeling kebun unit adolina.

Bertempat di Kantor Unit Kebun Adolina, kegiatan ini tidak hanya menjadi perayaan biasa, melainkan juga bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun ke-28 PT. Perkebunan Nusantara Group. Dengan tema “Integration for a Greater Success,” PTPN IV Adolina menegaskan komitmennya untuk menjadi kekuatan dalam industri agribisnis nasional, Jum’at (31/05/2024).

Tema ini menyiratkan semangat kebersamaan seluruh insan PTPN Group untuk menjadi perusahaan Agribisnis Nasional Kelas Dunia dengan kinerja prima dan melaksanakan tata kelola bisnis terbaik.

Dibuka oleh Manajer Yudhi Hari Prabowo, ST, acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan optimisme. “Kegiatan pagi hari ini adalah bentuk kepedulian PTPN IV Adolina untuk terus semangat bekerja maksimal demi kemajuan perkebunan di unit Adolina,” ujarnya dengan tulus.

Lebih dari sekadar beras dan gula, berbagi sembako ini adalah ekspresi nyata dari kepedulian mereka terhadap masyarakat sekitar. “Bukan tentang berapa kilo atau nominalnya, tetapi sebagai bukti bahwa kami sangat memperdulikan masyarakat di sekitar kebun unit Adolina,” tambahnya.

Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para karyawan dan pimpinan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, sambil memperkuat ikatan kebersamaan. sebanyak 50 orang menerima bantuan berupa sembako, memberikan sentuhan kemanusiaan yang hangat di tengah kesibukan perkebunan.

Dengan semangat yang membara dan tindakan nyata, PTPN IV Unit Adolina tidak hanya merayakan pencapaian mereka dalam dunia perkebunan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang membutuhkan. Acara ini adalah cerminan dari semangat integrasi dan kepedulian yang menjadi fondasi kesuksesan mereka di masa mendatang. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

TP-PKK Sergai Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, Suaraborneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (29/5/2024).

Membuka sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyebut kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesejahteraan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama. Untuk itu, bagi semua yang tergabung dalam wadah organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator serta dinamisator pembangunan.

“PKK juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” ucapnya.

Ia menjelaskan TP-PKK memiliki program pokok yang dituangkan dalam 10 program dan diimplementasikan dari PKK pusat, provinsi, kabupaten serta kecamatan hingga desa. Dari program itu mencakup seluruh kepentingan masyarakat dari mulai pemberdayaan, peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan, dan kesehatan.

“Sebagai mitra pemerintah, TP-PKK Kabupaten Sergai perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Sergai untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kapasitas kader dalam melaksanakan 10 program Pokok PKK serta diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran kader pkk,” katanya.

Dirinya menyebut, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk para Kader PKK kedepannya, sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, guna membangun Kabupaten Sergai menjadi lebih Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius di masa yang akan datang.

“Kami berharap materi-materi yang diberikan, nantinya bisa diterapkan dalam melaksanakan kegiatan PKK di setiap jenjang wilayah masing-masing,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menjelaskan TP-PKK merupakan salah satu kelembagaan penting dan mendasar di desa.

“PKK adalah wadah untuk pembangunan dan pemberdayaan keluarga di tingkat desa. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah,” jelasnya.

Rosmaida Saragih menyebut kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Kabupaten Sergai untuk meningkatkan Kapasitas Kader PKK.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran Kader PKK, meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk PKK kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, perwakilan OPD terkait, dan Kader PKK se-Sergai. (Media Center Sergai).

Bagikan ke
Continue Reading

Polkam

Polisi Sahabat Anak, Dekatkan Polisi Dan Anak Sejak Dini

Published

on

Polres Serdang Bedagai , Polisi RW Polres Serdang Bedagai Bripka Juparto Situmorang menyambangi anak usia dini TK. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Polres Serdang Bedagai , Polisi RW Polres Serdang Bedagai Bripka Juparto Situmorang menyambangi anak usia dini TK Kantor Desa Sei Buluh Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai dalam kegiatan Polisi Sahabat Anak. Senin (27/5/2024)

Di TK Kantor Desa Sei Buluh Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai adalah daerah binaan Bripka Juparto Situmorang selaku Polisi RW Polres Serdang Bedagai , pada kesempatan menyambangi Taman Kanak – Kanak (TK) tersebut anak – anak asyik belajar dengan dibimbing guru pengajar dan orang tua wali murid yang mendampinginya.

Dengan kehadiran Polisi RW Polres Serdang Bedagai dengan disambut guru / pengajar dan anak – anak Bripka Bripka Juparto Situmorang memberikan cerita ala anak – anak , mewarnai gambar polisi dan memberikan pembinaan tentang menjaga keamanan diri dan ketertiban baik di sekolah maupun dirumah.

Kehadiran Polisi RW Polres Serdang Bedagai Bripka Juparto Situmorang menyapa anak – anak disambut girangnya menyapa balik ‘ Pak Polisi … Komandan ,,

Dengan kegiatan Sambang bertemu anak Taman Kanak – Kanak (TK) ini dengan harapan Polisi dapat di kenal masyarakat bukan ditakuti anak namun sebaliknya Polisi adalah Sahabat Anak , selalu dekat dengan anak dalam rangka merubah karakter yang dimulai dari usia dini dan diperkenalkan bahwa Polisi sebagai pelindung , pengayom dan pelayan masyarakat.

Pertemuan dilanjutkan dengan guru / pengajar dan orang tua wali murid untuk menyampaikan himbauan kamtibmas, “Perlunya menjaga keamanan kepada anak – anak jika bermain dan perlu dipantau serta berikan pembinaan yang positif agar anak berkembang dengan baik dan sehat sehingga kelak memiliki bekal dan karakter yang patuh dan disiplin dengan aturan baik disekolah maupun di rumah sekaligus di lingkungan masyarakat nantinya , tutur Bripka Juparto Situmorang. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Ketua KAHMI Sergai Serius Bacalon Bupati pada Pilkada 2024

Published

on

Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Nahwan, S.Ag. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Nahwan, S.Ag kembali mendaftar ke PKB dan PPP sebagai bakal calon (Bacalon) Bupati Sergai pada Pilkada 2024, Rabu (22/5).

Nahwan selaku Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sergai, kepada wartawan mengaku serius dalam ikut serta pencalonan dan penjaringan pemilihan Bupati Sergai periode 2024-2029.

“Kita fokus hari ini, bagaimana cara mendapatkan rekomendasi beberapa Partai politik atau kalau bisa seluruh Partai di Sergai, sehingga kita dapat mencalonkan diri sebagai Calon Bupati hingga mendaftar ke KPU,”ujarnya.

Langkah kedepannya, sebut Nahwan, dirinya akan berkoordinasi dan terus menjalin silaturahmi dengan Partai-partai
diantaranya sudah 5 partai politik yang menerima berkas pencalonannya sebagai Bacalon Bupati Sergai diantaranya PAN, Demokrat, Gerindra, PKB dan PPP.

“Insya Allah, ketika saya direstui oleh parpol maju sebagai calon Bupati dengan niat agar dapat membangun Kabupaten Serdang Bedagai lebih baik lagi dari sebelumnya,”pungkasnya yang juga sebagai Direktur SAHABAT SEMUA bergerak di bidang sosial masyarakat. (NR*)

Bagikan ke
Continue Reading

Religi

Bupati dan Wabup Sergai Tampung Tawar 322 Calhaj 

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri acara Tampung Tawar calon jamaah haji (Calhaj) Sergai. (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri acara Tampung Tawar calon jamaah haji (Calhaj) Sergai yang digelar di Halaman Masjid Agung Sergai, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (22/5/2024).

Bupati Sergai dalam sambutannya menyampaikan calon jamaah haji Kabupaten Sergai akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah melalui embarkasi Medan untuk menunaikan rukun islam yang ke-5.

Darma Wijaya berharap niat yang tulus dan ikhlas tersebut, benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah, untuk memenuhi panggilan Allah dan semata-mata untuk mengharap Rida Allah SWT, bukan untuk tujuan lain, apalagi tujuan yang bersifat tercela seperti riya.

“Untuk itu, jadikan sifat tabah, sabar, dan tawakal sebagai sebaik-baiknya bekal, karena sifat-sifat tersebut, sangat diperlukan dalam melakukan perjalanan ibadah haji dan sekaligus akan mengantarkan seorang memperoleh predikat haji yang mabrur dan mabruroh,” ujarnya.

Bupati Sergai kemudian merinci jumlaah calon jamaah haji asal Sergai adalah sebanyak 319 orang dan ditambah 8 orang petugas haji yang tergabung dalam kloter 16 gelombang 2 akan diberangkatkan ke Asrama Haji tanggal 29 Mei 2024. Kemudian pada tanggal 30 Mei 2024 akan diterbangkan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Jedah. Sedangkan 3 orang calon jamaah haji akan tergabung pada kloter 24 di tanggal 7 Juni 2024.

“Oleh karena itu kami berpesan kepada calon jamaah haji, mulai saat ini Bapak dan Ibu dituntut tetap menjaga kesehatan dan stamina, jaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga dapat mengantisipasi apapun kondisi cuaca di sana. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana dengan sebaik mungkin,” pesan Darma Wijaya.

Ditegaskan oleh Darma Wijaya, Pemkab Sergai terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam setiap penyelenggaraan haji.

“Selama di tanah suci dan khususnya di tempat-tempat yang mustajab, kami mohon bapak dan ibu jangan pernah lupa untuk mendoakan kami serta daerah ini agar tetap aman, tenteram dan sejahtera, sehingga niat kita untuk menjadikan Kabupaten Sergai ini Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, mendapat rida Allah SWT,” ucapnya.

Sementara itu Wabup Sergai menyampaikan harapannya kepada yang belum berkesempatan dan berkecukupan untuk berangkat haji, agar segera diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

“Kami ucapkan selamat kepada para calon jamaah haji suntuk menunaikan ibadah haji, semoga Allah senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada Bapak dan Ibu sekalian selama menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Amin,” ungkap Adlin Tambunan.

Acara Tampung Tawar calon jamaah haji ini juga dihadiri oleh Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, Dandim 0204/DS Letkol Inf. Alex Sandri S.Hub, Int, H.M.I, Kajari Sergai Mayhardi Indra Putra, SH, MH, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, para jamaah haji, serta keluarga yang mendampingi. (NR/MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer