Cegah Desa Disusupi Paham Radikal, Kodim 0204/DS Resmikan Kampung Pancasila di Bangun Purba – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Sumatera Selatan

Cegah Desa Disusupi Paham Radikal, Kodim 0204/DS Resmikan Kampung Pancasila di Bangun Purba

Published

on

Dandim, 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, meresmikan Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah. (Foto : Ist) 

DELISERDANG, SuaraBorneo.com – Kodim 0204/Deliserdang meresmikan Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Kamis (10/3/2022).

Peresmian Kampung Pancasila secara perdana di wilayah teritorial Kodim 0204/DS ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Dandim, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti dan peninjauan demplot ketahanan pangan tanaman obat yang dikelola warga secara swadaya.

Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

“Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di Kecamatan Bangun Purba ini,” jelas Dandim.

Masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dinilai Dandim sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

Pembentukan Kampung Pancasila di Kecamatan Bangun Purba ini sendiri, diakui Dandim akan menjadi role model atau pilot projek bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Deliserdang.

Bahkan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Sumatera Utara, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/BB, salah satunya Kodim 0204/DS.

“Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara,” ungkap Dandim.

Dandim mengucapkan terima kasih dan bangga dengan antusiasme warga yang begitu tinggi dalam menyambut pencanangan Kampung Pancasila ini.

“Warga sangat menyambut positif pencanangan Kampung Pancasila di wilayahnya, dan ini menjadikan kita (Kodim 0204/DS) sebagai motor semakin semangat dalam menyelaraskan dengan semua program pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ungkap Dandim.

Hal senada disampaikan Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto, SSTP. Diakuinya, pencanangan Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah ini sangat berpeluang untuk menular ke desa-desa lain di sekitar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi yang diharapkan bisa terwujud.

Begitu juga tanggapan dari tokoh masyarakat setempat, Julitus Purba. Ia merasa nyaman dengan hadirnya Kampung Pancasila ini yang akan memberi nilai tambah terhadap pendidikan anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

Bahkan Manager Kebun Adolina, Ihsan, SP, menilai, pembentukan Kampung Pancasila ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap rasa dan jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air generasi muda di tengah serbuan informasi di era digital saat ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 0204/DS dan TNI AD khususnya atas kepercayaan membentuk Kampung Pancasila di Desa Bangun Purba Tengah ini,” pungkasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, dan dihadiri Danramil 19/BP, Kapten Kav Sudirno, Sekretaris Kesbangpol Pemkab DS, Surya Bangun Muda Harahap, Kades Bangun Purba Tengah, Heri Suwardi, dan tamu undangan lainnya. [ynr]

Muara Enim

Bangun Jalan Setapak Desa Tebing Abang Kecamatan SDT Terkesan Asal Jadi

Published

on

Pembangunan jalan setapak diduga pekerjaannya asal-asalan. (Foto: Ist) 

MUARA ENIM, SuaraBorneo.com -Pembangunan Tahun Anggaran 2022 yang dianggarkan dari dana desa (DD), di desa Tebing Abang diduga asal jadi, disaat awak media melakukan kontrol sosial di tempat pembangunan jalan setapak yang sedang di kerjakan tersebut disitu sangan jelas cara tukang yang mengerjakannya asal asalan.

Bagaimana bangunan bisa tahan lama jika kita tidak menggunakan matrial setandar cor, material yang di guna bukan lagi sfelit atau koral sebab ukurannya sangat besar besar sudah sama seperti batu kali dan adonannya pun sangat amburadul.

Sarip sebagai pengawas pekerjaan saat di minta keterangannya, mengatakan, “Batu besar itu cuman campurannya saja banyak yang kecil kecil,” ungkapnya kepada awak media, Kamis (16/6/2022).

Ditempat lain Umarlin selaku Kepala Desa Tebing Abang mengatakan, “Batu materil tersebut mesannya yang kecil-kecil dan barangnya sedang habis, kalau masih mau yang kecil kecil bisa gak jadi,” kata Kades.

Lanjut Kades Umarlin, “jangan biar lah walau batunya besar-besar, kepada tukang pengangkut material batu koral,” pungkasnya. [Rusilin]

Continue Reading

Sergai

Kondisi Jalan Rusak Dekat Dengan Kantor Desa Menuju Akses Wisata Dikeluhkan Warga

Published

on

Kondisi jalan umum mengalami rusak padahal sangat dekat dengan Kantor Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Miris, kondisi jalan umum mengalami rusak padahal sangat dekat dengan Kantor Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terkesan terabaikan.

Informasi dihimpun wartawan, puluhan tahun warga Desa Kuala Lama mengeluhkan jalan rusak tersebut namun hingga kini tidak ada perbaikan, Rabu (15/6/2022).

Kalau musim hujan, air akan tergenang dibahu jalan namun jika saat ini musim panas sangat mengganggu kesehatan warga karena abu yang berterbangan.

Padahal jalan tersebut juga merupakan akses menuju sejumlah objek wisata Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Saya sudah tinggal di kampung ini lebih dari 20 tahun namun tak pernah saya lihat diperbaiki, cuma bolak balik ditimbun saja sehingga kalau panas ya gini debunya sangat banyak apalagi kalau musim hujan tambah parah banyak kolamnya,”demikian dikatakan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), Usnet (48) warga Dusun I, Desa Kuala Lama kepada media ini.

Dijelaskannya, awalnya pada 2 tahun belakangan mau diperbaiki namun hingga sekarang tidak ada perbaikan, kemudian saya dapat kabar akan diperbaiki lagi pada bulan Juni 2022 tetapi ini sudah masuk bulan Juni pertengahan belum juga ada tanda-tanda.

“Hingga kini kok belum ada juga perbaikan, saya berjualan terpaksa steling jualan dipindah kesamping soalnya kalau didepan debunya sangat banyak”bilangnya.

Usnet menambahkan, bahkan ketika sebelum Pilkada kemarin ada tim sukses dari salah satu paslon yang menjanjikan pembangunan jalan ini, karena permohonan kami hanya pembangunan jalan waktu itu kami mendukung Pasangan Dambaan (Darma Wijaya-Adlin Tambunan).

“Semoga aja melalui pemberitaan kawan-kawan wartawan segera diperbaiki dan tidak ada janji janji lagi,”tutupnya.

Saat dilokasi, bahkan seorang warga pengendara sepeda motor langsung meneriaki wartawan agar jalan tersebut segera diperbaiki.

“Bang, cepat perbaiki jalan kami sudah rusak parah,”ujarnya sambil berlalu.

Sementara itu, Camat Pantai Cermin Ahmad saat dikonfirmasi awak media melalui pesan WhatsApp mengatakan jalan umum Desa Kuala Lama itu merupakan status jalan Provinsi, namun ia mengaku sudah menyampaikan kepada pihak terkait termasuk ke Dinas PUPR Sergai.

“Status jalan Provinsi bang. Secara lisan sudah kita sampaikan ke pihak terkait dalam hal ini ke Dinas PUPR Kabupaten,”ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Kuala Lama Usman hingga berita ini diterbitkan belum dapat dikonfirmasi. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

HUT Bhayangkara ke -76, Polres Sergai Gelar Bakti Kesehatan Pengobatan Massal

Published

on

Polres Serdang Bedagai Melaksanakan Bhakti Kesehatan Pengobatan massal dalam rangka Hari Bhayangkara Ke- 76 tahun 2022. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Polres Serdang Bedagai Melaksanakan Bhakti Kesehatan Pengobatan massal dalam rangka Hari Bhayangkara Ke- 76 tahun 2022 di Dusun III Kp. Mandailing Kec Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai. Jumat (10/6/2022) sekira pukul 08:00WIB.

Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud mengatakan bahwa bakti kesehatan pengobatan massal dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 76 tahun.

“Sebanyak 257 orang yang hadir mengikuti pengobatan massal yang dilakukan pengobatan berbagai keluhan penyakit seperti Hipertensi, Osteo Artritris/Asam Urat. Dermatitis/Gatal-Gatal. Ispa/Batuk dan Flu, Kolestrol, Celpalgia/Sakit Kepala Mencret/Diare. Febris/Demam,” kata Kapolres

Selain pengobatan massal, lanjut Kapolres juga mengadakan Penyemprotan Nyamuk (Poging), di Seputaran Masjid dan Rumah rumah Warga yang berlokasi Dusun-III Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Serdang Bedagai.”papar Kapolres Sergai.

Dalam kegiatan turut hadir, Kabag SDM Polres Serdang Bedagai, Kompol E. Tambunan, Ps. Kasi Dokkes Polres Serdang Bedagai, Aiptu Sukadenan, Dokter Si Dokkes Polres Serdang Bedagai, dr. Fahry, Brigadir Si Dokkes Polres Serdang Bedagai, Briptu Wahdiny. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Ratusan Massa KT RAMPAH Geruduk DPRD, BPN dan Kantor Bupati Sergai

Published

on

Kelompok Tani (KT) RAMPAH Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meminta berantas mafia tanah di Serdang Bedagai. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Kelompok Tani (KT) RAMPAH Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meminta berantas mafia tanah di Serdang Bedagai, karena pemberantasan mafia tanah merupakan salah satu program Presiden RI.

Demikian ditegaskan Ketua KT RAMPAH, Musanif Saragih dalam orasinya di Kantor DPRD, BPN dan Kantor Bupati, dengan massa ratusan pada Kamis (9/6).

“Kasus ini selama 30 tahun tidak terselesaikan, PT Soeloeng Laoet ini banyak bermasalah karena bersengketa dengan masyarakat karena ada tanah rakyat didalamnya,”bilang Musanif.

Lanjutnya, salah satu tuntutan kami meminta DPRD agar menyurati Bupati, kenapa beliau menerbitkan rekomendasi surat perpanjangan HGU, padahal Bupati baru menjabat dua bulan.

Ia juga menyebut padahal DPRD Sergai telah mengeluarkan rekomendasi pada tahun 2016 guna memberikan rekom kepada Bupati untuk segera menyelesaikan sengketa lahan antara masyarakat dengan PT. Soeloeng Laoet.

“Kami akan blokir lapangan pada tanggal 20 Juni 2022 nanti dengan massa yang lebih banyak lagi, apabila ini tidak diakomodir,” teriak Musanif.

Setelah beberapa lama menyampaikan orasinya, Ketua DPRD Sergai dr.M. Riski Ramadhan Hasibuan didampingi Komisi A DPRD Sergai diantaranya Robert Butarbutar, Longway M. Pakpahan, Edisman Situmorang, dan Enriko Silalahi menemui para massa aksi didepan gerbang pintu DPRD setempat.

“Bukan kami (DPRD), tapi kita semua yang memperjuangkannya. Insya Allah kami ada dibarisan bapak dan ibu, dengan sesuai prosedur kelembagaan dan hukum yang berlaku,”ujar Riski Ramadhan Hasibuan.

“Hidup DPRD, hidup wakil rakyat, hidup pak Riski,”teriak para massa aksi menyambut perkataan Ketua DPRD Sergai.

Usai aksi unjuk rasa di DPRD, kemudian para massa KT RAMPAH menuju Kantor BPN dan Kantor Bupati Sergai.

Saat aksi di Kantor Bupati Sergai, ratusan petani yang tergabung dalam KT RAMPAH diterima oleh Kabag Pemerintahan Setdakab Onggung Purba.

Adapun tuntutan aksi KT RAMPAH diantaranya:

Kantor DPRD

1. Kami memohon kepada DPRD Serdang Bedagai agar menyurati Kepala Daerah Serdang Bedagai agar mencabut rekomendasi penerbitan HGU PT. Soeloeng Laoet.

2. Kami meminta DPRD Serdang Bedagai menyelesaikan sengketa antara masyarakat dengan PT. Soeleng Laoet yang belum terselesaikan hingga saat ini.

3. Kami meminta kepada DPRD agar memanggil pihak BPN dan Bupati untuk memberikan klarifikasi atas terbitnya HGU PT. Soeloeng Laoet No.40 Tanggal 28 Mei 2021.

Kantor BPN

1. BPN diduga sebagai sarang mafia tanah .

2. Panitia B patut diduga terlibat mafia tanah.

3. Kanwil BPN Sumut, dan Kantah Kab. Serdang Bedagai diduga terlibat mafia tanah.

4. Meminta kepada BPN untuk mencabut SKHGU PT. Soeloeng Laoet no. 40 Tanggal 28 Mei 2021.

Kantor Bupati

1. Meminta kepada Bupati untuk mencabut surat rekomendasi perpanjangan SK. HGU PT. Soeleng Laoet Tanggal 19 April 2021.

2. Kami meminta agar Bupati Serdang Bedagai untuk membantu menyelesaikan sengketa lahan antara masyarakat kelompok Tani RAMPAH dengan PT. Soeloeng Laoet.

Terakhir mereka menegaskan, apabila tuntutan kami ini tidak segera ditindaklanjuti maka kami akan mengadakan pemblokiran lahan sesuai dengan patok tapal batas yang sudah disepakati kedua belah pihak pada tanggal 03 Oktober 2013 dan telah diukur pada tanggal 20 November s/d 24 Desember 2014 dan telah keluar peta bidang tanahnya yang ditandatangani oleh Ir. Embun Sari.

Pantauan wartawan, aksi unjuk rasa tersebut berlangsung aman dan kondusif dengan pengawalan ketat oleh jajaran Polres Sergai dan Satpol-PP Sergai. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Para OPD Harus Ikuti Gerak Cepat Bupati Sergai

Published

on

Bupati Sergai, H Darma Wijaya. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Para OPD harus mengikuti gerak cepat Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, karena Bupati dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan sangat intens dalam percepatan pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Demikian disampaikan Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat dikonfirmasi wartawan, pada Rabu (8/6/2022) sore tadi, melalui sambungan telepon WhatsApp.

“Ya para OPD harus mengikuti gerak cepat Bupati. Nah, jika OPD lambat, akan kita evaluasi nanti,”tegasnya.

Dikatakannya, karena para OPD itu harus cepat untuk bekerja maksimal dalam berinovasi berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), sehingga dapat mewujudkan visi Maju Terus, yakni Mandiri, Sejahtera dan Religius.

“Program andalan 7 SAPTA DAMBAAN harus tercapai, karena telah menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkas Darma Wijaya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Gelar Giat Bakti Kesehatan Donor Darah

Published

on

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, Kepolisian Resor Serdang Bedagai melaksanakan giat Bakti Kesehatan Donor Darah. (Foto: Ist) 

SERDANG BEDAGAI, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, Kepolisian Resor Serdang Bedagai melaksanakan giat Bakti Kesehatan Donor Darah bertempat di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai, Selasa (7/6/2022).

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr. Ali Machfud mengatakan kegiatan Bakti kesehatan donor darah dalam rangka menyambut hari bhayangkara ke 76 tahun 2022.

“Menyambut hari bhayangkara ke 76 Polri khususnya Polres Serdang Bedagai melakukan bakti kesehatan donor Darah,” Kata AKBP Ali

AKBP Ali juga menambahkan, pada kegiatan Donor Darah tersebut personel dan Bhayangkari Polres Serdang Bedagai sangat antusias diikuti sebanyak 196 pendonor

“Personel sangat antusias mendonorkan darahnya, dari 196 pendonor sebanyak 109 pendonor yang berhasil,” ungkapnya

Sementara Ketua PMI Kabupaten Serdang Bedagai Hj. Yanti Handayani Siregar mengungkapkan Apresiasi kepada Polri khususnya Polres Serdang Bedagai, melakukan kegiatan bakti kesehatan dengan Donor Darah.

“Kami Apresiasi jajaran Polri melakukan Bakti Sosial menyambut hari bhayangkara ke 76 dengan donor darah, semoga darah yang sudah dinonorkan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” Ungkap Hj. Yanti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Sergai Kompol Sofyan,S.H, Kabag SDM Kompol Elman Tambunan,S.H, Para Perwira, Personel serta Bhayangkari Cabang Serdang Bedagai. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Polres Serdang Bedagai Gelar Talk Show , Sosialisasi Lomba Menulis Surat Kepada Kapolri

Published

on

Talk show yang dilakukan oleh Brigadir Si Humas Polres Serdang Bedagai Bripka Juparto Situmorang SH. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Seksi Humas (Si Humas) Polres Serdang Bedagai melakukan berbagai macam cara dan inovasi untuk menarik minat siswa dan siswi yang ada di Kab. Serdang Bedagai untuk mengikuti Lomba Menulis Surat Kepada Kapolri.

Seperti talk show yang dilakukan oleh Brigadir Si Humas Polres Serdang Bedagai Bripka Juparto Situmorang SH, Senin (07/06/2022), bertempat di Radio Indah Suara (RIS FM) di Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai.

“Diinformasikan bagi Siswa Siswi SD /SDLB , SMP / SMPLB , SMA / SMK / SMALB Kab. Serdang Bedagai dan Sekitarnya khususnya para siswa dan siswi yang berminat untuk mengikuti lomba menulis surat untuk Kapolri , dalam rangka Hari Bhayangkara Ke – 76 ”, kata Bripka Juparto Situmorang.

“ Bagi yang berminat agar segera mungkin mempersiapkan diri untuk menulis surat untuk Kapolri , untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi website http:/tribratanews.polri.go.id , atau datang langsung ke Ruang Si Humas Polres Serdang Bedagai ”, jelas Juparto.

Ditambahkan Juparto , untuk mengikuti lomba menulis surat untuk Kapolri tidak dipungut biaya. Jadi adik – adik hanya menulis surat untuk Kapolri dengan tulisan tangan dan menguploadnya di website http:/tribratanews.polri.go.id.

Polres Serdang Bedagai juga telah mengerahkan para Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek – Polsek untuk mensosialisasikan pendaftaran lomba menulis surat untuk Kapolri ini kepada Siswa Siswi SD /SDLB , SMP / SMPLB , SMA / SMK / SMALB , imbuh Juparto. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Dumas Terkait Limbah Abu Kayu, DPRD Sergai Sudah Panggil PT BASJ

Published

on

Pimpinan DPRD dan Komisi A DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sudah memanggil PT. Berkah Agung Semesta Jaya (BASJ) terkait pengaduan masyarakat (dumas). (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Pimpinan DPRD dan Komisi A DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sudah memanggil PT. Berkah Agung Semesta Jaya (BASJ) terkait pengaduan masyarakat (dumas).

Dumas tersebut tentang permasalahan limbah abu kayu yang mengancam kesehatan dan keselamatan warga setempat.

Perusahaan PT BSAJ beraktivitas di Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Demikian disampaikan anggota Komisi A DPRD Sergai, Sadarita Purba kepada wartawan Senin (6/6) juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan yang telah menanggapi Dumas tersebut dan langsung mendisposisikan surat atau mengarahkan ke Komisi A DPRD untuk menindaklanjutinya.

“Kami telah menindaklanjuti Dumas, dengan memanggil perusahaan tersebut pada Senin (30/5) kemarin digelar di ruang rapat umum DPRD, yang turut dihadirkan Kadis Lingkungan Hidup Sergai dan termasuk pihak lab nya untuk mengambil keterangan tentang Dumas tersebut, namun kami sayangkan Camat dan Kades tidak hadir, “ujar politisi asal Partai Gerindra itu.

“Hasil pertemuan tersebut, ternyata Dinas Lingkungan hidup telah memberikan arahan untuk perbaikan-perbaikan agar tidak terjadi polusi yang banyak lagi,”sambung Sadarita.

Sadarita Purba menambahkan, DPRD Sergai berharap apabila perusahaan tersebut tidak mengindahkan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup Sergai maka kami minta akan dicabut izinnya.

“Selanjutnya, Komisi A DPRD Sergai akan turun ke lapangan meninjau langsung perusahaan PT. BASJ tersebut,” tutupnya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

SD Negeri No.107424 Suka Beras Terkesan Tak Tersentuh Dinas Pendidikan Sergai

Published

on

Bangunan SD Negeri No.107424 Desa Suka Beras Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami rusak. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| SD Negeri No.107424 Desa Suka Beras Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami rusak yang terkesan tak tersentuh Dinas Pendidikan Sergai.

Pantauan dilokasi pada Kamis (2/6/2022), bangunan SD Negeri tersebut tampak kumuh dengan ruang guru dan perpustakaan yang tidak berfungsi, dari toilet, atap seng hingga mobiler juga mengalami rusak parah.

Saat diwawancarai salah seorang warga yang tidak ingin disebut namanya mengatakan memang kondisi SD Negeri No.107424 ini sudah lama tidak ada perbaikan hingga sekarang.

“Setahu kami belum ada perbaikan, makanya kondisinya sangat memprihatinkan pak,”ujarnya kepada wartawan.

Atap plafon mengalami kerusakan (menyedihkan). (Foto: Ist)

Sementara, seorang guru inisial RD
kepada wartawan menyampaikan bahwa sejak berdiri SD Negeri ini sekitar pada tahun 1982 -1983 hingga sekarang tidak pernah ada renovasi ataupun perbaikan baik ruang guru dan perpustakaan bahkan mobiler tidak pernah ada bantuan hanya terkadang perbaiki sendiri.

“Siswa kami hanya sekitar 70 orang karena juga penduduknya kurang padat. Anak-anak kecil pun sedikit disini pak, namun pada waktu dulu diperkirakan tahun 2007-2008 banyak siswanya,”ujarnya.

“Oleh karenanya, siswa untuk kedepannya belum tau juga ini. Dana Bos pun kurang apalagi untuk bayar gaji kami sangat minim, karena kami 6 guru honor semua, cuma 1 PNS yaitu Kepala Sekolah,”sambung RD.

Ia menuturkan, pihaknya direncanakan akan melakukan pengusulan dan mudah-mudahan terealisasi untuk perbaikan.

“Jadi saat ini rencana mau pengusulan bantuan pak,” tutup RD. [yusnar]

Continue Reading

Umum

Populer