Kemenkumham Kalteng Gelar Sosialisasi Promosi Dan Diseminasi Kekayaan Intelektual – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

Kemenkumham Kalteng Gelar Sosialisasi Promosi Dan Diseminasi Kekayaan Intelektual

Published

on

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd saat menjadi narasumber pada Acara Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual pada Rabu (16/3/2022). (Foto: Ist)

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya pada Rabu (16/3). Kegiatan mengangkat tema “Pentingnya Perlindungan Karya Literasi di Dunia Pendidikan Melalui Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POPHC)”.

Hadir dalam kegiatan ini selaku Keynote Speaker yaitu Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Razilu) yang mengikuti secara virtual dan Anggota Komisi III DPR RI (Ary Egahni Ben Bahat), di tempat yang sama hadir Kepala Kantor Wilayah (Ilham Djaya), Rektor Universitas Muhammadiyah (Dr. Sonedi, M.Pd), dan Analis Kebijakan pada DJKI (Aulia Andriani) sebagai Narasumber serta para Pimpinan Tinggi Pratama.

Sebagai informasi bahwa pada masa sekarang ini telah banyak pelanggar hak cipta maka dari itu kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta terhadap Perlindungan hukum kekayaan intelektual itu sendiri dan juga diharapkan dapat memotivasi untuk berkarya sekaligus mendaftarkan hasil karya intelektualnya.

Dengan harapan agar semakin meningkatnya pemahaman para pemangku kepentingan di daerah, diharapkan jumlah permohonan KI dari wilayah/daerah akan semakin meningkat sehingga produk hasil para pelaku ekonomi kreatif maupun UMKM terlindungi secara hukum.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah yang menyampaikan dalam sambutannya bahwa pada Tahun 2022 ini Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual telah mencanangkan bahwa tahun 2022 merupakan Tahun Hak Cipta, dimana untuk mendukung hal tersebut Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan aplikasi Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POPHC).
POPHC merupakan sistem yang diciptakan untuk mempercepat proses persetujuan hak cipta.

“Sistem ini diluncurkan bersamaan dengan pencanangan 2022 sebagai Tahun Hak Cipta demi mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional serta mendorong kemajuan ilmu pengetahuan, seni, dan sastra,”tutur Ilham Djaya.

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd yang menjadi narsumber pada acara ini mengharapkan melalui kegiatan ini, kesadaran dan pemahaman para peserta tentang pentingnya perlindungan serta pengelolaan dan pemanfaatan KI akan semakin meningkat.

“Semoga dengan kegiatan ini kesadaran setiap orang akan meningkat terhadap kekayaan intelektual khususnya di dunia pendidikan untuk selanjutnya dapat diterapkan dan dimanfaatkan tidak hanya untuk kepentingan dan kemajuan daerah masing-masing, terutama demi kesejahteran bangsa dan negara secara menyeluruh,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd. (ujang/ery-SB)

Bagikan ke

Kalteng

Penanganan KLB DBD DPRD Kapuas Terima Kunker DPRD Batola

Published

on

Pihak sekretariat DPRD Kapuas ketika menerima kunker Komisi II DPRD Batola. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kabupaten Kapuas menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Barito Kuala Kalsel Kamis (22/2/2024).

Kunker Komisi II dipimpin langsung Ketua DPRD Batola Saleh serta rombongan diterima pihak sekretariat dewan DPRD Kapuas.

Ketua DPRD Batola Saleh mengatakan kunker dalam rangka sharing terkait penanganan KLB kasus DBD belakangan dialami warga.

Dikatakan sejauh apa penanganan hal ini tentunya menjadi perhatian bersama baik di Kabupaten Batola maupun di Kabupaten Kapuas.

Oleh karena itu lanjutnya hal ini diharapkan menjadi perhatian Pemkab apakah terkait penanganan maupun anggaran melalui dinas terkait untuk kemudian melaksanakannya.

“Sehingga dengan begitu kasus DBD dapat tertangani dengan baik dan warga bebas dari itu,” ujar legislator Partai Golkar itu.
(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

14 Perpusdes di Kapuas Akan Terima Bantuan

Published

on

Jajaran Disarpustaka Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sedikitnya 14 Perpustakaan Desa (Perpusdes) yang tersebar di 8 Kecamatan akan menerima bantuan masing-masing 1.000 buku beserta rak untuk penyimpanannya. Hal ini disampaikan Kadisarpustaka Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat kepada media Rabu (21/2/2024).

“Keempat belas Perpusdes itu tersebar di Kecamatan Selat Kapuas Hilir Kapuas Timur Basarang Bataguh Mantangai Kapuas Barat dan Pulau Petak Selain usulan proposal untuk mobil keliling dan motor ke Perpusnas,” katanya.

Dia melanjutkan Disarpustaka akan memberikan Bimtek kepada perpusdes itu terkait pengusulan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) akreditasi pengelolaan dan pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) sehingga akan semakin tumbuh dan berkembang budaya literasi.

“TPBIS bertujuan agar terjadi peningkatan budaya literasi melalui pemasyarakatan kegemaran membaca penguatan konten literasi dan transformasi perpustakaan melalui peningkatan akses dan kualitas layanan berbasis inklusi sosial bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan inovatif kreatif serta berkarakter,” katanya.

Ditambahkan untuk oengukuhan Bunda Literasi 17 Kecamatan aplikasi iKapuas dan Kartu Sakti yang telah dilaunching beberapa waktu lalu merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam mencapai tujuan program TPBIS itu. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Lantik Direktur PDAM

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika melantik direktur PDAM Abisua Setia Nugroho. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi melantik secara resmi Abisua Setia Nugroho sebagai direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pambelom (PDAM) Kabupaten Kapuas masa jabatan 2024 – 2029 bertempat di Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas, Senin (19/2/2024).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kapuas Septedy unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas Dewan Pengawas Perumdam Tirta Pambelom Kapuas Rohaniawan saksi dan para undangan.

Abisua Setia Nugroho dilantik setelah melalui sejumlah tahapan seleksi calon Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pambelom oleh Panitia Seleksi.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan pelantikan dan pengambilan janji jabatan tersebut dilakukan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah pasal 51 ayat (1) yang menyatakan bahwa masa jabatan Direksi adalah selama 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.

Dan Surat Keputusan Bupati Kapuas Nomor 122/PSDA tahun 2024 tanggal 6 Februari 2024 yang mengangkat saudara Abisua Setia Nugroho sebagai Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pambelom Kabupaten Kapuas masa jabatan 2024 – 2029.

“Laksanakan tugas dengan baik untuk kemajuan PDAM sehingga kedepannya semakin bertambah baik,” harap Pj Bupati.

Lebih lanjut dikatakan bangunlah sinergi kreatifitas dan inovasi untuk mewujudkan PDAM yang mandiri dan sehat. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Pelantikan PAW Anggota DPRD Kapuas

Published

on

Pj Bupati Kapuas ketika menghadiri rapat paripurna pelantikan PAW anggota dewan. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri pelantikan PAW anggota DPRD Kapuas dalam rapat paripurna dewan masa persidangan II tahun sidang 2024 bertempat di Kantor DPRD Kapuas, Senin (19/2/2024).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah dan diikuti anggota DPRD Kapuas lainnya serta dihadiri perwakilan Forkopimda Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas dan undangan lainnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya menyampaikan selamat atas peresmian pengakatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kapuas. Sebagai Anggota DPRD diharapkan dapat memenuhi segala kewajiban serta dapat meningkatkan citra dan kinerja.

“Sebagai wakil rakyat mari kita bersama-sama bekerja dan bersama untuk satu tujuan yaitu kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Kapuas yakni terwujudnya Kabupaten Kapuas yang lebih maju sejahtera dan mandiri melalui pembangunan yang adil dan merata serta berkelanjutan,” katanya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Panen Padi di Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada kegiatan panen perdana padi di Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi menghadiri sekaligus melakukan panen raya padi di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Selasa (20/2/2024).

Rasa bangga disampaikan Pj Bupati atas terlaksananya panen padi diwilayah tersebut dimana Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh merupakan salah satu penyuplai terbesar untuk hasil beras diwilayah Kabupaten Kapuas dan juga sebagai pemasok untuk Kalimantan Tengah.

Dikatakan dengan adanya panen padi ini kita mengharapkan hasil panen yang didapatkan bisa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan itu seusai melakukan panen secara simbolisdirinya pun bersama rombongan melakukan temu wicara bersama Kelompok Tani Catur Dharma Desa Terusan Makmur untuk mendengar langsung dan berdiskusi bersama para petani setempat terkait usulan-usulan maupun kendala yang dihadapi para petani diwilayah itu.

Adapun beberapa pembahan yang dilakukan diantaranya usulan peningkatan infrastruktur sistem irigasi bantuan pupuk dan penyediaan mesin pertanian.

Lebih lanjut dikatakan untuk jalur infrastruktur akan menjadi perhatian oleh Pemerintah Daerah khususnya jembatan penghubung yang direncanakan akan dibangun pada tahun ini begitu juga dengan jalan yang akan ditingkatkan dan tentunya hal-hal demikian akan dilakukan secara bertahap

“Kemudian untuk pemberian bantuan berupa pupukselain adanya bantuan dari pemerintah pusatkami juga dari Pemkab Kapuas akan membantu para petani kita dengan memberikan bantuan suplai pupuk, ” pungkasnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Beberapa Lembaga Survey Nyatakan Pasangan Prabowo Gibran Unggul Dalam Hitung Cepat

Published

on

Survey hitung cepat dari media, sementara pasangan Prabowo-Gibran unggul. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Pemilihan Umum serentak telah dilaksanakan di 38 Provinsi di seluruh Indonesia, bahkan warga Indonesia di Luar Negeri juga ikut merayakan Pemilu 2024 ini.

Dari hasil survey hitung cepat di beberapa media dan https://kawalpemilu.org menunjukan perolehan suara pasangan Prabowo Gibran mengungguli dua Capres lainnya.

Dari Hasil sementara perolehan suara yang di lansir dari https://kawalpemilu.org, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 53,28 persen, di lanjut oleh pasangan Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan perolehan 29,21 persen, di urutan ke tiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan 17,51 persen.

Dari tiga Provinsi Paslon urut 01 unggul suara sementara, di Aceh suara sementara 86,94 persen, sedangkan Paslon 02 mendapat 11,32 persen, DKI Jakarta paslon 01, 44,21 persen, pasangan Paslon 02 mendapat 39,04 persen, Sumatra Barat Paslon 01 mendapat 60,11 persen, dan untuk Paslon 02 mendapat 34,61 persen.

Untuk 35 Provinsi paslon urut 02 unggul, di Kalimantan Selatan perolehan sementara suara saat ini, unggul pasangan 02 dengan hasil survey 54,00 persen sedang paslon urut 01 memperoleh hasil 38,98 persen sedang paslon nomor urut 03 mendapat 7,02 persen.

Hasil perolehan suara bisa berubah ubah sewaktu waktu, untuk mengetahui hasil suara bisa buka di situs resmi kawal pemilu, http://kawalpemilu.org/ atau dari media yang menayangkan penghitungan cepat. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Kapuas Laksanakan Pelepasan Logistik Pemilu

Published

on

Pelepasan logistik pemilu 2024. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melaksanakan pelepasan logistik pemilu 2024. Secara resmi pelepasan dilakukan Sekda Kapuas Septedy mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi KPU dan Forkopimda bertempat di halaman GOR Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas, Jumat (9/2/2024).

Sekda Kapuas Septedy mengatakan terkait pelepasan logistik pemilu berjalan lancar untuk setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Diharapkan KPU berkoordinasi dengan camat dan kades memastikan logistik sudah diterima terutama untuk daerah yang mengalami kendala,” katanya.

Dia melanjutkan terkait logistik pemilu dirinya juga sudah meminta camat memberikan support pada pendistribusian tersebut.

“Oleh karena itu harapannya distribusi logistik pemilu sampai titik lokasi berjalan aman lancar,” tutupnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

FGD Pemkab Kapuas Susun KLHS Untuk RPJPD dan RPJMD

Published

on

FGD penyusunan KLHS untuk RPJPD dan RPJMD Kabupaten Kaouas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui DLH menggelar FGD terkait penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

FGD dipimpin Sekda Kapuas Septedy melibatkan para pihak dihadiri OPD tenaga ahli Muhammad Hatta serta tim LP2M ULM Banjarmasin bertempat di Aula Pemkab Kapuas, Selasa (6/2/2024).

KLHS berkaitan isu starategis tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas 2024-2029.

Sekda Kapuas Septedy mengatakan LHS sebagaimana KLHS dimaksud wajib diintegrasikan ke dalam penyusunan RPJPD dan RPJMD Kabupaten Kapuas termasuk memaduserasikan KRP pembangunan daerah dalam 20 (dua puluh) tahun ke depan yang berpotensi menimbulkan dampak atau resiko lingkungan hidup.

“FGD ini bertujuan untuk mengumpulkan dan membahas isu strategis Kabupaten Kapuas terkait lingkungan hidup yang kemudian berdampak pada pembangunan dan pengembangan daerah, “katanya.

Dia melanjutkan rapat ini diadakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang tata cara penyelenggaraan kajian lingkungan hidup strategis, sehingga dapat memberikan informasi terkait isu lingkungan hidup agar pembangunan berkelanjutan dapat di implementasikan dengan baik kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu Tenaga Ahli KLHS RPJPD dan RPJMD Kabupaten Kapuas Gusti Muhammad Hatta, mengatakan KLHS dilakukan dalam rangka meyakinkan bahwa tujuan pembangunan berkelanjutan dijadikan dasar dan terintegrasi didalam pembuatan RPJPD.

“Dulu ada 3 pilar yang penting dalam RPJPD yaitu ekonomi sosial dan lingkungan. Sekarang ditambah dengan tata kelola. Oleh karena harus seimbang dengan pilar-pilar itu,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Atasi Inflasi Pemkab Kapuas Laksanakan Pasar Penyeimbang

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika membuka Pasar Penyeimbang digelar Pemkab Kapuas. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Disperindagkop melaksanakan pasar penyeimbang bertempat di Jalan Maluku Kuala Kapuas, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan dibuka resmi Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. Pasar penyeimbang di Kabupaten Kapuas yang diadakan untuk Masyarakat dan Tenaga Kontrak

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan pasar penyeimbang sebelumnya memang akan dilakukan secara bertahap guna mengatasi inflasi yang terjadi di Kabupaten Kapuas.

“Hari ini ada 3.000 paket yang akan dibagikan untuk bapak ibu semuanya yang terdiri dari 5 kilogram beras 1 kilogram gula pasir 1 liter minyak goreng sarden dan mie instan,” ucapnya.

Karena itulah lanjutnya diharapkan dengan diadakannya kegiatan-kegiatan pasar penyeimbang ini mampu untuk mengendalikan inflasi yang ada.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi Kepala Dinas Disperindagkop Apendi dan Kepala Dinas DPMPTSP Pangeran S Pandiangan. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer