Wakil Wali Kota Effendhi Djuprianto Lantik Pengurus IPHI Tarakàn – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kaltara

Wakil Wali Kota Effendhi Djuprianto Lantik Pengurus IPHI Tarakàn

Published

on

Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto, mewakili Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melantik Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). (Foto: Ist) 

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tarakan dilantik oleh Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto, mewakili Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPHI.

Acara yang digelar di Gedung Wanita Tarakan, Sabtu (19/3/2022), dirangkai juga dengan Rapat Kerja (Raker) untuk menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu periode ke depan.

Pelantikan disaksikan juga Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan H. Muhammad Shaberah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Utara (Kaltara) K. H. Zainuddin Dalila, Ketua MUI Tarakan Tarakan K. H. Muhammad Anas, Kepala Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tarakan H. Syamsi Sarman dan tamu undangan lannya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan H. Muhammad Shaberah mengapresiasi dilantiknya pengurus IPHI Tarakan sebagai salah satu mitra Kementerian Agama yang membantu dalam pembinaan haji baik sebelum maupun pasca menunaikan ibadah haji.

“Organisasi ikatan persaudaraan haji ini sesungguhnya sudah lama berdiri dan di kota Tarakan juga sudah lama. Harapan saya, selama inikan IPHI itu bekerjasama dengan kami di Kementerian Agama dalam membina calon Jemaah haji untuk praktek manasik haji, pembinaan manasik haji, yang kami harapkan lagi pembinaan pasca haji,” harap Shaberah, saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Shaberah lebih menekankan pada upaya IPHI Tarakan dalam menjaga kemabruran haji seseorang pasca menunaikan ibadah haji. Ia menilai perlu ada wadah yang selalu mengadakan kegiatan rutin.

Sementara itu, Ketua IPHI Tarakan Drs. H. Sutiyono menjelaskan tujuan hadirnya IPHI ini. Menurutnya, IPHI hadir untuk membimbing para jemaah baik yang akan berangkat agar ibadah hajinya menjadi sempurna, maupun yang telah pulang haji agar dapat menjaga kemabruran hajinya.

Karena itu, pihaknya akan mewujudkan tujuan itu melalui kegiatan-kegiatan yang bakal dilaksanakan ke depan.

“Ada program IPHI untuk melestarikan kemabruran haji, di antaranya ada kegiatan pengajian-pengajian, kita bentuk kelompok-kelompok haji perangkatan. Kemudian kita bentuk haji perkelurahan, kemudian kita akan adakan kegiatan rutin skala besar di tingkat kota 1 bulan sekali, khususnya pada saat hari besar Islam dan rencana dipusatkan di Masjid Baitul Izzah,” tuturnya.

Pengurus IPHI Tarakan sendiri berjumlah 56 orang dari berbagai kalangan, baik PNS, akademisi, organisatoris, ustad dan ustazah, pengusaha dan lain-lain. Sedangkan anggotanya diperkirakan mencapai 3 ribu orang.

“Harapan saya IPHI akan lebih semarak, lebih kompak, sehingga kemabruran haji di Tarakan akan tercipta serta kesejahteraan mereka juga akan terjamin,” harap Sutiyono. (mdd)

Bagikan ke

Kaltara

Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan Menguatkan Komitmen untuk Pelayanan Publik yang Berkualitas

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dalam acara Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dalam acara Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan 1445 H/2024 M di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Rabu (17/4/2024).

Dalam acara yang bertema “Sucikan Hati Kuatkan Silahturahmi Tingkatkan Kinerja”, turut hadir para pejabat tinggi diantaranya Sekda, para Asisten serta sejumlah kepala perangkat daerah dan staf ahli.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran KORPRI Kota Tarakan atas peran aktif mereka dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Ia menekankan bahwa KORPRI bukan hanya sekadar organisasi, tetapi merupakan garda terdepan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan merata bagi semua lapisan masyarakat.

“Acara silaturahmi ini juga menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota KORPRI. Pj. Wali Kota menegaskan bahwa silaturahmi adalah pondasi utama dalam membangun kebersamaan, solidaritas, dan kerjasama yang harmonis demi terwujudnya Kota Tarakan yang lebih baik,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota KORPRI yang telah hadir dalam acara silahturahmi ini. Beliau berharap agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ritual formalitas semata, tetapi juga menjadi titik awal untuk memperkokoh komitmen dalam menjalankan tugas dan amanah dengan integritas, profesionalisme, dan keikhlasan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pawai Takbiran 1445 H/2024 M Dihadiri Kepala Perwakilan Kementerian Dan Lembaga Negara

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan peserta Pawai Takbiran 1445 H/2024 M. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan peserta Pawai Takbiran 1445 H/2024 M di Masjid Baitul Izzah Tarakan pada Selasa (9/4/2024).

Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kementerian, Badan, Lembaga Negara, serta Komandan Satuan TNI/POLRI tingkat Provinsi Kalimantan Utara di Kota Tarakan. Hadir pula Ketua DPRD Kota Tarakan beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan, serta tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi Islam.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Tarakan menyampaikan ucapan selamat memasuki hari kemenangan yang penuh kesucian bagi umat Islam. Ia berharap agar puasa yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan dapat membentuk insan yang bertakwa.

“Acara Pawai Takbiran tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Idul Fitri, dengan tujuan mempererat silaturahmi dan menyediakan hiburan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pj Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara acara, mitra, dan pendukung yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri di Kota Tarakan. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para peserta untuk menjaga ketertiban dan patuh terhadap semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

“Dengan demikian, diharapkan Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H/2024 M ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta menjadi momen yang berkesan bagi seluruh masyarakat Kota Tarakan,” pungkasnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menggelar Berbuka Puasa Bersama PWI

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara buka bersama. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Dalam upaya memperkuat hubungan antara Pemerintah Kota Tarakan dan insan pers, Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara buka bersama di uphill pada Senin (8/4/2024)

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PWI Kalimantan Utara, serta para awak media , Dalam kesempatan tersebut Pj.Walikota menyampaikan pentingnya silaturahmi antara Pemkot Tarakan dan para insan pers.”Selama satu bulan tujuh hari saya menjabat sebagai Pj Wali Kota Tarakan, kami telah menjalankan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku, Menyadari peran strategis media dalam membangun opini publik, Pj.Walikota menegaskan perlunya kerjasama yang erat antara Pemerintah Kota Tarakan dan media untuk menyampaikan informasi yang positiv.

Salah satu fokus utama Pj Wali Kota Tarakan adalah menangani inflasi daerah, yang menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat. Mendagri telah memberikan arahan terkait penurunan angka kemiskinan di Tarakan dari 0.99% menjadi 0%, serta menangani masalah stunting yang terjadi akibat perpindahan penduduk.

Sementara itu, dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kalimantan Utara, Dr. Bustan,SE,M.Si menyampaikan harapannya agar proses tersebut dapat berlangsung sukses seperti halnya Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi/ Kab/kota serta DPD RI yang telah dilaksanakan sebelumnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Posko Operasi Ketupat Kayan, Ditinjau Gubernur Bersama Pj Walikota Tarakan

Published

on

Pj Walikota Tarakan dan Gubernur Kalimantan Utara Tinjau Posko Operasi Ketupat Kayan 2024

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Walikota Tarakan dan Gubernur Kalimantan Utara Tinjau Posko Operasi Ketupat Kayan 2024 Pj Walikota Tarakan, Dr. Bustan, SE, M.Si, bersama-sama dengan Gubernur Kalimantan Utara, Bapak DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum, melakukan peninjauan di posko Operasi Ketupat Kayan 2024 yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Kota Tarakan, pada Minggu (7/4/2024).

Kedatangan keduanya ke posko ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Operasi Ketupat Kayan dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2024. Mereka turut mengapresiasi kerja keras petugas serta relawan yang bertugas di posko untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat.

”Dengan adanya posko ini, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri di Kota Tarakan,” ujar Pj. Walikota Bustan dalam keterangannya.

Peninjauan ini juga menjadi momen untuk berkoordinasi antara pemerintah kota dan provinsi dalam memastikan kelancaran operasi pengamanan selama musim mudik dan arus balik Lebaran.

Langkah-langkah preventif dan responsif diharapkan dapat meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan dan gangguan kamtibmas selama periode libur panjang ini.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Wartawan Diundang Berbuka Puasa Bersama PT PRI Kafe Pondok Lesehan Di Kampung Bugis

Published

on

Manajemen PT Phoenix Resources International atau disingkat PRI melalui Tim Humasnya menggelar buka puasa bersama dengan pemimpin redaksi media dan wartawan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Manajemen PT Phoenix Resources International atau disingkat PRI melalui Tim Humasnya menggelar buka puasa bersama dengan pemimpin redaksi media dan wartawan serta organisasi wartawan yang berdomisili di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Acara itu dilaksanakan pada Kamis (4/4/2024) di Kafe Pondok Lesehan Kampung Bugis Tarakan Barat yang bertujuan guna meningkatkan silahturahmi dan ukhuwah islamiyah di bulan suci Ramadan.

Humas Media Relation Officer PT PRI, Mansyur menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan media, organisasi pers dan wartawan yang telah hadir memenuhi undangan PRI untuk acara buka puasa bersama ini.

“Semoga, acara yang pertama kali ini dapat memperkuat tali silaturahmi dan kemitraan antara PT Phoenix dan insan pers yang ada di Tarakan, khususnya Kaltara,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran pimpinan media, wartawan dan juga organisasi pers termasuk sejumlah pelaku media sosial ini merupakan suatu kehormatan bagi manajemen pabrik bubur kertas yang beroperasi di Kelurahan Juata Permai itu.

Adapun organisasi wartawan dan perusahaan pers yang turut hadir dalam momentum bulan Ramadan ini adalah IJTI Kaltara, PWI Kaltara dan Tarakan, JMSI Kaltara, Amsindo Kaltara dan SMSI Tarakan.

“Sebagaimana diketahui bahwa project pembangunan pabrik bubur kertas PT Phoenix saat ini masih berproses. Untuk itu, mewakili perusahaan kami memohon dukungan dan doa teman-teman wartawan semua, agar semuanya berjalan lancar hingga waktu operasionalnya nanti,” kata Mansyur.

Keberadaan perusahaan pabrik bubur kertas terbesar di Kalimantan ini dipastikan menghasilkan multiplier effect bagi kemajuan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Tarakan Utara.

“Salah satunya berkontribusi dalam pajak dan kegiatan CSR yang selalu rutin diberikan oleh perusahaan melalui program Comdev bagi masyarakat sekitar pabrik. Insya Allah kontribusinya ini akan lebih lagi kalau nantinya sudah beroperasional,” katanya.

Menyingung rencana operasional pabrik, lanjut dia, akan dilakukan tiga tahap. “Untuk tahap pertama akan dilakukan di tahun ini, kalau tidak ada kendala dilaunching bulan Agustus nanti. Untuk itu, sekali lagi mohon dukungan dan doanya teman-teman, InsyaAllah akan indah pada waktunya nanti, jadi mohon bersabar dulu ya,” pungkas Mansyur.

Ketua PWI Kaltara, Nicky Saputra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada manajemen PT PRI yang sudah menggelar acara silahturahmi dengan seluruh pemangku media di Tarakan.

Ia pun berharap agar acara positif tersebut menjadi agenda rutin tahunan dan bukan yang pertama dan terakhir kalinya dari PRI.

Melainkan dapat dilakukan secara kontinyu di agenda-agenda lainnya. Salah satunya melalui media gathering atau family gathering serta kegiatan lainnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua IJTI Kaltara Usman Coddang melalui Wakillnya Henry Muhammad Hatta. Serta Ketua JMSI Kaltara Mulyadi dan Ketua Amsindo Kaltara Septian Asmadi. “Terimakasih PRI, sukses dan lancar selalu,” tutupnya. (HMSPRI)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Serahkan Zakat Fitrah Di Gedung Serbaguna

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyerahkan zakat fitrah dalam kegiatan Tarakan Berzakat. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyerahkan zakat fitrah dalam kegiatan Tarakan Berzakat yang digelar pada Kamis, 4 April 2024.

Selain menyelenggarakan kegiatan Tarakan Berzakat yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan di Gedung Serbaguna, Pemerintah Kota Tarakan juga secara aktif mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam pemungutan zakat penghasilan. Potongan sebesar 2,5% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipotong setiap bulannya untuk disalurkan melalui Baznas.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada Baznas atas peranannya sebagai garda terdepan dalam mengatasi kemiskinan masyarakat melalui berbagai program dana zakat, infak, sedekah, dana sosial keagamaan, serta sinergi corporate social responsibility dengan badan usaha.

Berdasarkan data dari Baznas Kota Tarakan, total pemungutan zakat, infaq, dan sedekah pada tahun 2023 mencapai angka Rp. 8.799.271.820.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kaltara, Forkopimda Tarakan, Pimpinan Instansi Vertikal dan Perbankan, BUMN/BUMD, serta Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tarakan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Memimpin Apel Operasi Ketupat Kayan 2024 Di Polres Tarakan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menjadi Inspektur Apel dalam Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kayan 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menjadi Inspektur Apel dalam Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kayan 2024, yang bertujuan untuk memastikan keamanan selama perayaan Idul Fitri 1444 H/2024 M. Acara ini dilaksanakan di Halaman Mako Polres Tarakan pada Rabu (3/4/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya kerjasama antara TNI, Polri, dan stakeholder terkait dalam mengamankan arus mudik. Dia juga menyebutkan bahwa pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri serta Forkopimda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama masa mudik, baik transportasi laut maupun udara.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menyoroti titik rawan di pelabuhan Tengkayu I yang menjadi pusat arus mudik yang signifikan, di mana penjagaan ekstra diperlukan untuk mengantisipasi potensi kerawanan. Selain itu, Pj. Wali Kota juga menekankan pentingnya penggunaan pelampung keamanan bagi para pemudik laut untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.(mdhms).

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara Musrembang Jangka Panjang Diadakan Gedung Serba Guna

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan., S.E., M.Si, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) Kota Tarakan Tahun 2025 – 2045. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan., S.E., M.Si, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) Kota Tarakan Tahun 2025 – 2045. Acara ini digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota Tarakan pada Selasas, 2 April 2024.

RPJPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan makro yang menjabarkan visi, misi, dan arah pembangunan suatu daerah dalam jangka waktu 20 tahun. Dalam penyusunan RPJPD Kota

Tarakan Tahun 2025-2045, pemerintah mempedomani arahan dari RPJPN dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT RW), serta RPJPD Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2025-2045.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota juga menekankan pentingnya dukungan dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan kota dalam memberikan masukan terkait sasaran kebijakan yang diusulkan dalam RPJPD.

“Pentingnya dukungan dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan dalam musrenbang ini sangat penting. Input dan masukan dari berbagai pihak akan menjadi landasan kuat dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan,” tambahnya.

Musrenbang RPJPD Kota Tarakan Tahun 2025 – 2045 akan menjadi forum penting untuk menggali masukan dan saran dari berbagai pihak terkait arah pembangunan Kota Tarakan ke depan.

Dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dan stakeholders lainnya, diharapkan RPJPD yang disusun dapat mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Tarakan secara menyeluruh. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Gelar Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah Bersama Gubernur Kaltara

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyelenggarakan acara Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com (25 Maret 2024) – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyelenggarakan acara Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., MH., di Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan.

Acara ini turut dihadiri oleh Forkopinda Kaltara, Forkopimda Kota Tarakan, Ketua MUI, Ketua Baznaz, serta berbagai tokoh agama lainnya. Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Tarakan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan kota Tarakan, yang menjadikan kota ini tampak bersih dan asri.

Lebih dari 800 undangan hadir, melebihi jumlah yang diharapkan, mencapai 1000 orang. Sebanyak 688 orang mendapatkan bantuan beras seberat 10 kg sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi, yang merupakan hasil kolaborasi dengan bagian ekonomi. Pembagian beras premium yang disuplai oleh bulog ini diharapkan dapat membantu mengatasi gejolak harga menjelang Ramadhan 1445 H.

Acara ditutup dengan penyerahan simbolis bantuan beras seberat 10 kg kepada para petugas kebersihan, petugas pemakaman DLH Kota Tarakan, swakelola pemeliharaan drainase DPUPR, dan petugas kebersihan Sekda Kota Tarakan. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kaltara, Pj. Wali Kota Tarakan, Forkopimda Kaltara, Forkopimda Kota Tarakan, sebelum diakhiri dengan foto bersama sebagai kenangan dari acara tersebut. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer