2 Dekade, Laten Rusuh Berbau Etnis, Makam Korban Tragedi Sampit 2001 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Kalteng

2 Dekade, Laten Rusuh Berbau Etnis, Makam Korban Tragedi Sampit 2001

Published

on

Oleh : Ahmad Suhaili

Medio Oktober 2018 ketika itu kami tengah berada di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menyempatkan waktu ke “Makam Korban 18 Februari 2001 Sampit” di Jalan Jenderal Sudirman Km 13 Sampit-Pangkalan Bun.

Jalan masuk menuju makam, kurang lebih 300 meter dari akses jalan utama, hanyalah berupa jalan tanah bercampur pasir putih sedangkan samping kiri kanan dipenuhi tumbuhan Ilalang.

Pagi itu sekitar pukul 9.00 Wib Rabu (17/11/2018) suasana sepi dan hembusan angin disertai hangatnya sinar matahari
begitu terasa bagiku Eryantho Kamis, Fridol Suan, Robby Fadillah ketika menuju makam, meski bagi kami dimana pun dalam situasi kondisi apapun sudah hal biasa menghadapi segala sesuatu.

Sesampainya di area makam, kami turun dan langsung masuk menuju ke dalam. Ada 5 blok makam berukuran besar sambil berjalan aku pun sembari memperhatikan lingkungan sekitar, yang banyak ditumbuhi pohon Akasia. Setelah mengambil foto kami meninggalkan area makam.

“Makam massal ini saksi bisu, sejarah konflik antar etnis Madura – etnis Dayak. Di masa mendatang jangan sampai terulang lagi pertikaian sesama anak bangsa di bumi Kalimantan.

Tragedi ini tentu menjadi pengalaman pembelajaran bersama dengan adanya tugu perdamaian itu. Seperti pepatah “Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung,”kata Bang Ery panggilan akrab Eryantho Kamis, wartawan senior Pelita Pembangunan dan Kalteng Pos itu.

//Eskalasi Konflik//

Kekerasan antar etnis ini terjadi pada 18 Februari 2021. Kekerasan yang dilatarbelakangi perseteruan antara etnis Dayak etnis Madura, yang notabene warga pendatang di Kalimantan.

Latar belakang tradisi, dianggap sebagai salah satu penyebab meluasnya konflik antar etnis ini. Sejak awal mula kedatangan etnis Madura di Kalimantan sejak tahun 1930 melalui, program transmigrasi yang digerakkan sering kali berbuah konflik dengan masyarakat asli Kalimantan.

Terlebih ketika program transmigrasi memberikan peluang lebih kepada penduduk Madura, untuk bergerak dalam berbagai sektor publik. Sebelum peristiwa ini pada tahun 1996 dan 1997 pernah terjadi konflik rasial yang menimbulkan korban 600 jiwa.

Dalam penelusuran fakta-fakta peristiwa Sampit, kemudian diketemukan bahwa asal mula pertikaian ini didasari karena perselisihan antar kedua belah pihak yang berakhir pada aksi kekerasan pembunuhan disertai pembakaran rumah di sudut-sudut Kota Sampit.

Selama awal mula konflik etnis, Madura berhasil menguasai kota dan melakukan berbagai tindakan kekerasan berlatar belakang dendam atas peristiwa-peristiwa sebelumnya.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat, korban mencapai sekitar 400 jiwa. Sementara, menurut data kepolisian ada 319 lebih rumah dibakar dan sekitar 197 lainnya dirusak.

//Rekonsiliasi//

Konflik dapat terjadi sebagai akibat hubungan sosial dalam masyarakat terganggu. Isu penyebab terganggunya hubungan sosial masyarakat tersebut sangat bervariasi
misalnya, adanya perbedaan kultur, etnis, agama, kelompok atau golongan, status sosial ekonomi, kebijakan pemerintah dan lain-lain.

Konflik antara etnis Madura dan etnis Dayak di Sampit Kalimantan Tengah, merupakan konflik antar kelompok etnis yaitu sebagai akibat memperjuangkan dan mempertahankan sumber daya dan nilai-nilai religius untuk mempertahankan kelompoknya masing-masing. Dengan kata lain, konflik yang demikian adalah konflik kepentingan sosial- ekonomi dan budaya bukan konflik agama.

Faktor penyebab konflik etnis di Sampit dapat diidentifikasi sebagai berikut, terganggunya kebutuhan dasar warga etnis lokal yang berlarut-larut sering terjadinya konflik sosial yang tidak pernah diselesaikan secara tuntas dan adanya peran elit lokal yang diduga memanipulasi identitas etnis sehingga terjadi ketimpangan dan ketidakadilan terhadap etnis Dayak, secara masif gerakan etnis Madura menggunakan jaringan organisasi Ikama hingga tingkat bawah.

Kebijakan yang direkomendasikan adalah, kebijakan peningkatan sosial ekonomi dan politik warga etnis lokal kebijakan pelaksanaan dan penegakan hukum yang efektif pasca konflik etnis dan kebijakan, budaya falsafah Rumah Betang dijadikan kultur dominan di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

Kalteng

Bupati Kapuas Berikan Bantuan Korban Kebakaran Jalan Pilau

Published

on

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT ketika menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran Jalan Pilau Kuala Kapuas Senin (16/5/2022). (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat memberikan bantuan kepada korban kebakaran, bertempat di Jalan Pilau, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Senin (16/5/2022).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Apollonia, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga dan Camat Selat Yaya Setiabudi.

Bantuan tersebut diberikan kepada korban kebarakan yang menimpa 2 kepala keluarga terdiri dari 6 jiwa. Bantuan tersebut sebagai rasa kepedulian Pemerintah Kabupaten Kapuas kepada warga yang tertimpa musibah.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengharapkan agar korban kebakaran tersebut tetap bisa tabah, serta dengan bantuan yang sudah diberikan tersebut dapat meringankan beban korban kebakaran tersebut.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, bisa menjadi penyemangat bagi keluarga korban yang terkena musibah kebarakan ini,” ucap Ben.

Adapun bantuan yang berikan diantaranya seperti sembako, uang tunai, serta pembuatan dokumen penting dan tidak lupa Pemerintah Kabupaten Kapuas juga memberikan perlengkapan makan, perlengkapan harian keluarga, selimut, matras, kasur, paket sandang, paket makanan siap saji, paket makanan anak dan beras.

Warga terdampak kebakaran menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang telah memberikan bantuan tersebut melalui dinas terkait. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Kunker, Ini Harapan Ketua Bhayangkari Pulpis

Published

on

Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan menyaksikan panen ikan lele di kolam Bhayangkari Ranting Kahayan Tengah. (Foto: Ist)

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau (Pulpis) Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan menyampaikan sejumlah harapan dan pesan ketika melakukan kunjungan kerja (Kunker) di dua ranting jajaran, Selasa (17/5/2022).

“Saya mengharapkan anggota bhayangkari jajaran Cabang Pulpis dapat membagi waktu antara kepentingan keluarga dan organisasi, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” ungkap Ny. Prietha P Kurniawan dalam arahannya, saat kunjungan kerja ke Ranting Banama Tingang dan Kahayan Tengah.

Isteri Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono ini menambahkan, pihaknya juga sangat mengapresiasi kepada anggota bhayangkari yang bekerja.

“Ini karena walau bekerja, mereka tetap mampu mendukung dan mendampingi tugas suami serta mampu membantu menjalankan program kerja organisasi dengan baik,”ungkapnya.

Ketua Bhayangkari Cabang Pulpis ini juga berpesan, agar anggota bhayangkari selalu rendah diri dan di era kemajuan teknologi informasi ini, dapat tetap bijak bermedia sosial.

“Semoga dengan kunjungan kerja ini, seluruh jajaran Bhayangkari Cabang Pulang Pisau dapat semakin mempererat jalinan silaturahmi, dan semakin baik lagi dalam menjalankan program kerja organisasi bhayangkari,” pungkas Ny. Prietha P Kurniawan.

Adapun dalam kunjungan kerja ini, tampak ikut mendampingi rombongan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau Ny. Dewi Nandi Indra, para Ketua Seksi dan Pengurus Cabang Bhayangkari Pulang Pisau. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Jalin Silaturahmi, Ketua Bhayangkari Cabang Pulpis Kunker ke Dua Ranting Jajaran

Published

on

Ketua Bhayangkari Cabang Pulpis Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan kala melakukan panen sayur dan meninjau taman baca saat melakukan kunjungan kerja ke Bhayangkari Ranting Banama Tingang, Selasa (17/5/2022). (Foto: Ist)

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau (Pulpis) Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke ranting jajaran. Untuk hari pertama, Selasa (17/5/2022) kunker dilakukan dengan tujuan Ranting Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, tampak ikut mendampingi rombongan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau Ny. Dewi Nandi Indra, para Ketua Seksi dan Pengurus Cabang Bhayangkari Pulang Pisau.

Setibanya di Polsek Banama Tingang, bersama rombongannya, istri dari Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono ini, disambut langsung oleh Kapolsek Banama Tingang IPDA Abi Wahyu Prasetyo dan Pengurus Bhayangkari Ranting Banama Tingang Ny. Resky Arif serta jajaran.

Kegiatan di Ranting Banama Tingang, diawali dengan peninjauan dan panen sayur di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan penebaran benih ikan patin di kolam bhayangkari serta meninjau taman baca. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tatap muka dan pengecekan buku-buku bhayangkari.

Kunker kemudian dilanjutkan ke Ranting Kahayan Tengah. Tiba di Kahayan Tengah, rombongan disambut Kapolsek Kahayan Tengah AKP Nurheriyanto Hidayat didampingi Ketua Bhayangkari Ranting Kahayan Tengah Ny. Yeyen Nurheriyanto beserta jajaran.

Dalam kunjungan di Kahayan Tengah, kegiatan diawali dengan tatap muka, kemudian pemeriksaan buku, peninjauan P2L dan panen ikan lele.

Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau (Pulpis) Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan utamanya untuk menjalin silaturahmi dengan bertatap muka bersama jajaran anggota bhayangkari ranting dan melakukan pembenahan internal khususnya terkait administrasi pembukuan.

“Hasil pantauan kami di Bhayangkari Ranting Banama Tingang maupun Kahayan Kuala, keduanya sudah menjalankan program kerja bhayangkari dengan baik, walaupun masih ada beberapa yang perlu dilakukan peningkatan,”ungkapnya. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Dewan Jadwalkan Monitoring Progres Pembangunan Dan Kunker Luar Daerah

Published

on

DPRD Kabupaten Kapuas gelar Rapat Banmus menyusun jadwal kegiatan II dewan, bertempat di ruang rapat gabungan pada Selasa (17/5/2022). (foto: Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Badan musyawarah (Banmus) DPRD Kapuas menggelar rapat agenda dewan dihadiri pihak esekutif di ruang rapat gabungan DPRD Kapuas Selasa (17/5/2022).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohens diikuti sejumlah anggota dewan Sekretaris DPRD Kapuas Yunabut.

“Monitoring pembangunan daerah kami jadwalkan yang akan dilaksanakan anggota dewan melalui komisi. Melihat sejauh mana progres pembangunan,”kata
Wakil Ketua DPRD Kapuas Yohanes kepada media usai rapat Selasa (17/5/2022).

Politisi PDIP ini menyampaikan, monitoring tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan legislatif.

Lanjutnya selain monitoring juga dijadwalkan kunjungan kerja ke luar daerah berkaitan dengan kaji banding terkait berbagai program ataupun kebijakan yang akan datang.

“Harapannya agenda kegiatan dewan dapat terlaksana dengan baik dan lancar, “ujar Yohanes. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Sekwan dan Tenaga Ahli DPRD Kapuas Lakukan Koordinasi

Published

on

Sekwan bersama Tenaga Ahli DPRD Kapuas diskusi dan koordinasi penguatan tupoksi. (Foto : ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Hari pertama kerja pasca libur panjang Idul Fitri, Sekretaris DPRD Kapuas Drs Yunabut, menerima kedatangan tenaga ahli DPRD Kapuas, Singkang, SH, MH, di ruang kerjanya Senin (9/5/2022).

“Kegiatan itu tentunya dalam rangka berdiskusi dan koordinasi terkait tugas, kewajiban serta tanggung jawab memfasilitasi kegiatan-kegiatan serta kewajiban-kewajiban di lingkup Setwan DPRD Kapuas,”kata Sekwan Kapuas, Selasa, (10/5/2022).

Menurut mantan Kabag Humas Pemda Kapuas ini, dalam pertemuan dan diskusi itu banyak hal dan masukan-masukan yang dikemukakan.

“Ini tentunya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tupoksi sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku,”ujarnya.

Hal itu juga, guna meminimalisir dan antisipasi hal-hal yang tidak diharapkan

“Kami apresiasi dan terimakasih atas masukan-masukan yang diberikan dan yang telah didiskusikan ini tentunya demi kemajuan di lingkup Setwan DPRD Kapuas,”pungkasnya. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Terus Dorong Percepatan Vaksinasi Bagi Pelajar Dan Masyarakat

Published

on

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Sekda Kapuas Septedy. (Foto: Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas terus berupaya mendorong percepatan vaksinasi dalam rangka pencapaian target.

Hal ini disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat usai memimpin rapat vaksinasi Covid-19 di Aula Bappeda Kuala Kapuas dihadiri Sekda OPD dan camat se Kabupaten Kapuas, Selasa (9/5/2022).

Dikatakan Bupati sebagai upaya percepatan vaksinasi tersebut maka pentingnya melakukan pendataan hingga tingkat desa.

“Setidaknya ini dapat terlaksana dengan baik dan cepat,” kata Ben.

Bupati menghimbau dan berharap agar masyarakat yang belum vaksin agar dapat melakukan vaksin baik 1 2 dan booster. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Wabup Hadiri Peringatan Haul Qubah Basarang ke-12

Published

on

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor (ujung kiri) saat berfoto bersama dengan sejumlah tokoh agama usai menghadiri haul qubah Basarang ke-12 Sayyidil Walid Habib Yahya Balghaist di Desa Maluen km 2,5 Kecamatan Basarang, Sabtu (7/5/2022). (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri secara langsung haul qubah Basarang ke-12 Sayyidil Walid Habib Yahya Balghaist di Majelis Pecinta Rasul (MPR) Desa Maluen km 2,5 Kecamatan Basarang, Sabtu (7/5/2022).

Tampak hadir juga mengikuti kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy dan Ketua Tanfidziyah PCNU KH Nurani Sarji.

Wabup dalam kesempatan tersebut mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama.

“Mari kita bina rasa persaudaraan sehingga kita menjadi manusia yang baik kedepannya, serta selalu memelihara kerukunan, kedamaian, ketentraman dan persatuan karena kita semua bersaudara,” ujar Nafiah.

Adapun penceramah dalam haul ini diisi oleh Habib Hasan Bin Ahmad Al Aydrus dan Guru Ahmad Humaidi (Guru Umai). [ujang/ery-SBery-SB]

Continue Reading

Kalteng

Bupati Dukung Kapuas Menuju Kota Layak Anak

Published

on

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda Forum Anak Daerah (FAD) dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H saat menyematkan Pin kepada FAD Kabupaten Kapuas. (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda Forum Anak Daerah (FAD) dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H hadiri acara kegiatan Deklarasi Kabupaten Kapuas Menuju Kota Layak Anak (KLA), bertempat di Gedung Pertemuan Manggatang Tarung Kabupaten Kapuas, belum lama ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Apollonia Septedy, Kepala BAPPEDA Kabupaten Kapuas yang juga Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Ahmad Muhammad Saribi, Forkopimda Kabupaten Kapuas, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas serta Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan rasa bangganya kepada Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas dan OPD yang terkait sudah melaksanakan tugas dengan baik dan terus mendukung komitmen yang sama untuk mencapai Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Tentu dengan kemauan belajar kita bisa mempelajari variable-variable serta objek yang menjadi penilaian, dalam arti kita tidak mengejar penghargaan tetapi dengan kita melaksanakan tugas sebelumnya seperti mendapatkan Piala Adipura, dengan seperti ini sudah pasti Kabupaten Kapuas dapat menjadi Kota Layak Anak, dengan mempersiapkan generasi emas ini menjadi pemimpin kedepan yang handal dan ini harus kita lakukan terus demi anak-anak kita,” tutur Ben.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas selaku Bunda PAUD dan juga Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, S.H., M.H mengapresiasi kegiatan tersebut dengan momentum yang sangat baik untuk genarasi penerus ini dirinya sampaikan pesan kepada seluruh pihak yang terkait. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Gelar RDP, Bahas Nasib Guru Non PNS

Published

on

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Syarkawi H Sibu. (Foto: Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jajaran Komisi IV DPRD Kapuas menggelar rapat dengar pendapat atau RDP terkait permasalahan tenaga kontrak guru tidak tetap kategori dua (K2) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di ruang rapat gabungan DPRD Kapuas Senin (8/5/2022).

Rapat dipimpin Ketua Komisi IV Syarkawi H Sibu bersama anggota dewan lainnya.

Rapat dihadiri Kepala Disdik Kapuas Suwarno Muriyat pihak Pemda Kapuas serta perwakilan guru kontrak guru tidak tetap dan honorer K2

Ketua Komis IV DPRD Kapuas, Syarkawi H Sibu usai rapat mengatakan ada beberapa hal yang dibahas dan akan ditindaklanjuti terkait insentif guru non PNS di Kabupaten Kapuas itu yang telah dituangkan dalam berita acara hasil RDP.

“Yaitu terkait pembayaran gaji guru kontrak guru tidak tetap dan guru honor K2 Kabupaten Kapuas untuk bulan Januari 2022 sampai dengan Mei 2022 akan direalisasikan pada minggu ke empat bulan Mei 2022,”kata Syarkawi.

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini hal itu
setelah dikoordinasikan dengan Bupati Kapuas, Sekda Kapuas dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kapuas melalui SK Bupati. [ujang/ery-SB]

Continue Reading

Umum

Populer