Dandim 1007/Bjm Bagikan Parcel Lebaran Koperasi Kartika – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Banjarmasin

Dandim 1007/Bjm Bagikan Parcel Lebaran Koperasi Kartika

Published

on

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., bagikan Paket Lebaran Primer Koperasi (Primkop) Kartika Kodim 1007/Banjarmasin ke seluruh personil baik militer maupun PNS. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., bagikan Paket Lebaran Primer Koperasi (Primkop) Kartika Kodim 1007/Banjarmasin ke seluruh personil baik militer maupun PNS bertempat di Aula Makodim 1007/Banjarmasin, Senin (25/4/22).

Penyerahan paket Lebaran diserahkan secara simbolis oleh Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., dan Kasdim 1007/Banjarmasin Letkol Arm Agung Nugroho, S.Sos., kepada perwakilan personil TNI dan PNS Kodim.

Usai menyerahkan secara simbolis Dandim mengatakan bahwa, “Seluruh anggota yang terdaftar di Koperasi Kartika Kodim 1007/ Banjarmasin mempunyai hak yang sama untuk menerima Paket Lebaran, karena Koperasi bertujuan untuk membantu kesejahteraan anggota. Koperasi adalah dari anggota dan untuk anggota,” pungkas Dandim.

Paket lebaran yang berisikan sembako tersebut diharapkan dapat membantu seluruh personil Kodim 1007/Banjarmasin untuk mempersiapkan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi, tutup Dandim

Sementara Ka Prim Kartika Kodim 1007/Banjarmasin Peltu Jainuri mengatakan adapun Alokasi Dana yang dikeluarkan untuk satu paket sebsar Rp.200.000,_ yang dikeluarkan dari Sisa Hasil Usaha (SHU) Prim Kartika Kodim 1007/Banjarmasin. [ad/ism]

Bagikan ke

Banjarmasin

Bank Kalsel Buka Kantor Kas BPKPAD

Published

on

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman meresmikan Kantor Kas Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin didampingi Plt Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman meresmikan Kantor Kas Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin yang terletak di Samping Kantor BPKPAD Kota Banjarmasin, Rabu (31/05/2023).

Kegiatan juga dihadiri Plt Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dan Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah, Pahriadi serta jajaran terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. Dalam kesempatanan itu, Ikhsan Budiman menyampaikan, dengan diresmikannya kantor kas tersebut tentu dapat memudahkan dan mendekatkan pelayanan yang dilakukan oleh BPKPAD Kota Banjarmasin.

“Jadi pendapatan pengelolaan kas yang dilakukan BPKPAD itu dapat dibantu dengan kantor kas ini, selanjutnya nanti penerima layanan menjadi mudah,” ungkap Ikhsan, Rabu (31/05/20233).

Ikhsan pun berharap, dengan adanya kerja sama antara Pemko Banjarmasin dan Bank Kalsel itu dapat mendekatkan diri dengan masyarakat dalam hal pelayanan pengelolaan kas serta juga dengan para SKPD yang terkait.

“Disampaikan oleh Bank Kalsel bahwa kedepan ini tidak hanya kantor kas namun juga akan dilengkapi dengan fitur lain, misalkan tadi tentang penopang UMKM dan beberapa program-program lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengatakan, kantor kas yang diresmikan itu adalah bentuk upaya Bank Kalsel mendekatkan pelayanan pemerintah daerah yang dimana sebelumnya sudah diresmikan di Balaikota Banjarmasin.

“Kedepan juga kami akan kembangkan sebagai centra pelayanan kreadit ASN dan juga UMKM,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Didukung Bank Kalsel, Club MHN Table Tennis Banjarmasin Ikuti Kejurnas Tenis Meja Pelajar di Kaltim

Published

on

Ketua Club MHN Table Tennis Banjarmasin H Muhaimin bersama 8 orang atlet pelajar tenis meja asa Kalsel yang siap mengikuti kompetisi nasional di Provinsi Kaltim. (Foto/Arief) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Club Muda Harapan Nusantara (MHN) Table Tennis Banjarmasin secara resmi mengirimkan 8 orang perwakilannya untuk bisa mengikuti kegiatan Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Kejuaraan Terbuka Tenis Meja Pelajar Nasional se-Indonesia Tahun 2023 di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, pada 11 – 15 Juni 2023 mendatang.

Ada pun 8 orang perwakilan dari Club MHN Table Tennis Banjarmasin ini diantaranya dari Kota Banjarmasin sebanyak 6 orang yakni M Nisfu Firda Azhar, M Alfin Rizqi Arisandi, Ihsanul Karim Hidayatullah, Justin Sadara, Alvina Kayla dan Gusti Hayrun Nadwa. Sedangkan dari luar Kota Banjarmasin ada 2 orang, yaitu M Aldiansyah dari Kabupaten Banjar dan Fatimatuz Zahra dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ketua Club Muda Harapan Nusantara (MHN) Table Tennis Banjarmasin H Muhaimin mengaku optimis, ke-8 orang yang dikirim dalam turnamen Piala Gubernur Kaltim Kejuaraan Terbuka Tenis Meja Pelajar Nasional se-Indonesia Tahun 2023 di Balikpapan dapat menyumbangkan medali dan membawa harum nama banua.

“Mereka punya semua punya skill yang bagus dan potensi untuk menang. Kita optimis mereka bisa meraih medali dalam kejuaraan tersebut,” tegasnya.

Melalui even ini diharapkannya juga bisa mengasah kemampuan anak didiknya agar lebih siap nantinya untuk bertarung di even olahraga yang lebih besar lagi kedepannya untuk mewakili Provinsi Kalsel.

“Kita memang rutin mengikutkan anak didik kita untuk even-even semacam ini. Agar mereka bisa melihat sudah sejauh mana latihan yang dilakukan efektif atau tidak saat berkompetisi,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini dirinya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, yakni Bank Kalsel, serta donatur lainnya, sehingga 8 orang perwakilan Club MHN Table Tennis Banjarmasin bisa mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim Kejuaraan Terbuka Tenis Meja Pelajar Nasional se-Indonesia Tahun 2023 di Balikpapan.

“Dukungan Bank Kalsel dan Donatur lainnya ini tentunya sangat berarti bagi kami, untuk bisa terus konsisten menciptakan bibit-bibit berkualitas di bidang olahraga, khususnya tenis meja,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Tunjukkan Bakat Mahasiswa, Kalsel Jadi Tuan Rumah POMNAS Ke XVIII

Published

on

Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan, di halaman Gedung Rektorat Universitas Lambung Mangkurat. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVIII tahun 2023, para mahasiswa dapat menunjukkan bakat, kemampuan, dan dedikasi dalam bidang olahraga, serta diharapkan menjadi platform yang dapat memperkuat semangat persaingan sehat.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelorakan ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 yang mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor) diikuti para atlet berasal dari perguruan tinggi seluruh provinsi di Indonesia.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan, seluruh provinsi dipastikan mengirimkan kontingennya untuk ajang POMNAS tahun ini yang digelar November mendatang.

“Tahun kemaren di Padang cuma ada 12 Cabor nanti di Kalimantan Selatan ada tambahan 2 menjadi 16 cabor yang dipertandingkan, yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, tae kwon do, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir,” kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri saat soft launching POMNAS XVIII 2023 di halaman gedung Rektorat ULM di Banjarmasin, Selasa (30/5/2023).

Rektor ULM Ahmad Alim mengajak semua pihak dan masyarakat luas dapat mendukung suksesnya POMNAS yang mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah. Terlebih unsur perguruan tinggi di seluruh Kalsel yang semuanya terlibat baik dalam kepanitiaan maupun kontribusi mengirimkan mahasiswanya sebagai atlet mewakili kontingen Kalsel.

“Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke 18 tahun 2023 yang digelar November di Kalimantan Selatan bakal dihadiri sebanyak 10.000 mahasiswa. Jadi kami berkomitmen pada Pomnas tahun 2023 ini dapat meningkatkan prestasi dan target Kalsel masuk 10 besar,” tambah Rektor.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah pada Soft Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan, menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang bergengsi yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Wujud nyata dari semangat olahraga, persatuan, dan kompetisi yang tinggi di kalangan mahasiswa, acara ini tidak hanya menjadi sarana untuk memperlihatkan keahlian dan bakat olahraga mahasiswa, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat tali persaudaraan dan meningkatkan kerja sama antar perguruan tinggi. Melalui kompetisi yang sehat, kita dapat memupuk semangat sportivitas, kejujuran, dan kepemimpinan di antara peserta,” katanya.

Kegiatan ini akan memberikan pengalaman berharga dan menjadi momentum, untuk mendorong semangat berolahraga di kalangan mahasiswa dan melalui kompetisi ini dapat membawa semangat fair play.

“Kami berharap para peserta dapat menginspirasi satu sama lain, untuk terus berusaha mencapai prestasi yang lebih tinggi, dan menjunjung tinggi sportivitas,” pungkasnya. [ad/sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Untuk Penerbangan Haji 2023 di Kalsel Terpenuhi

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memastikan stok tersedia dan penyaluran avtur selama penerbangan haji fase 1 dan 2 melalui Embarkasi Haji Bandara Syamsudin Noor. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan bakar penerbangan pada penerbangan haji tahun 2023, PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memastikan stok tersedia dan penyaluran avtur selama penerbangan haji fase 1 dan 2 melalui Embarkasi Haji Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) berjalan lancar. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Senin (29/5).

“Patra Niaga di Regional Kalimantan telah menyiapkan kebutuhan avtur sebanyak 365 Kiloliter (KL) pada fase pertama penerbangan haji yang dimulai per hari ini 29 Mei 2023 hingga 21 Juni 2023 nanti dan 1.049 KL untuk fase kedua yang akan dimulai pada 9 Juli 2023 hingga 2 Agustus 2023 nanti. Jumlah kebutuhan di fase dua lebih banyak dikarenakan adanya frekuensi penerbangan pulang dari fase pertama,” ujar Arya.

Ia menambahkan, jika dilihat dari penyaluran di tahun sebelumnya, ada peningkatan kebutuhan avtur sebesar 293% dimana pada tahun 2022 penyaluran hanya berkisar di angka 482 KL sementara di tahun 2023 sebesar 1.414 KL.

“Jumlah tersebut dikarenakan kondisi tahun lalu masih pandemi dan adanya pengurangan kuota ibadah haji di Kalimantan Selatan yang hanya sebanyak 7 kloter. Sementara pada tahun ini ada peningkatan jumlah kloter menjadi 17 kloter,” tambah Arya.

Sementara itu, Operation Head Pertamina Patra Niaga Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor, Hariyanto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura, otoritas bandara serta maskapai guna memastikan kelancaran penyaluran bahan bakar pesawat udara.

“Penerbangan haji dari Banjabaru, Kalimantan Selatan, dilayani oleh Airhub yang dikoordinasi oleh maskapai Garuda Indonesia dan telah menyiapkan 17 frekuensi penerbangan di tiap fasenya. Kami telah berkoordinasi dengan pihak Garuda Indonesia, Angkasa Pura dan pihak penyelenggara haji untuk memastikan penyaluran avtur dapat berjalan secara optimal,” ungkap Hariyanto.

Selama penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini, PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan juga menyiapkan beberapa skenario kesiapan dan kesiagaan penyaluran diantaranya pelayanan waktu tambahan DPPU dan memastikan para pekerjanya untuk selalu fit to work selama pelayanan ibadah haji tersebut.

Selain memberikan pelayanan dalam penyaluran Avtur utk penerbangan haji, DPPU Syamsudin Noor melakukan doa bersama menjelang penerbangan perdana tanggal 29 Mei ini. Doa bersama dilakukan dengan mengundang tokoh agama setempat. “Semoga semua kegiatan ibadah haji dapat berjalan lancar dan Pertamina dapat memberikan pelayanan terbaik dalam mendukung pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 khusus di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Hariyanto.

“Pada prinsipnya kami dari PT Pertamina Patra Niaga khususnya DPPU Syanmsudin Noor telah siap memberikan pelayanan terbaik selama penerbangan haji kepada maskapai dan jamaah. Kami mendoakan seluruh jamaah haji diberikan kesehatan, kelancaran dan semoga menjadi haji mabrur, amin ya rabbal alamin,“ tutup Hariyanto. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Kolaborasi BI Gelar Merchant Gathering Dan Launching QRIS Racing

Published

on

Kegiatan digelar dengan menghadirkan 75 (tujuh puluh lima) Pelaku UMKM binaan Bank Kalsel sebagai peserta QRIS Racing. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah guna menyelenggarakan implementasi transaksi non tunai (cashless), Bank Indonesia (BI) senantiasa melakukan perluasan adopsi Quick Response Indonesian Standard (QRIS) guna mengakselerasi digitalisasi sistem pembayaran, salah satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel). Terhitung sebanyak 235.866 orang di Kalimantan Selatan pada tahun 2022 terdata sebagai pengguna baru, dengan jumlah merchant mencapai 270.227 merchant, dengan rincian 71,29% dari Pelaku Usaha Mikro, 23,73% dari Pelaku Usaha Kecil, 2,54% dari Usaha Menengah, dan 2,29% dari Usaha Bersama, Kamis (25/5/2023)

Pada tahun 2023, target pencapaian QRIS di Kalsel meningkat menjadi 290.572 penambahan pengguna/user baru, ditambah dengan target baru untuk volume transaksi sebanyak 6.948.586 transaksi. Atas hal ini, BI menggagas pelaksanaan Merchant Gathering dan Lomba QRIS Racing 2023 dengan mengajak Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), salah satunya adalah Bank Kalsel, dengan tajuk Merchant Gathering dan QRIS Racing Bank Kalsel di Galaxy Hotel, Banjarmasin (24/5).

Kegiatan digelar dengan menghadirkan 75 (tujuh puluh lima) Pelaku UMKM binaan Bank Kalsel sebagai peserta QRIS Racing Bank Kalsel. Gelaran ini, menyuguhkan Talk Show terkait edukasi penggunaan QRIS maupun penjabaran program QRIS Racing, Sharing Session Pelaku UMKM, hiburan Live Music dari BigBoss Band, serta pemberian apresiasi berupa doorprize kepada para peserta. Tentunya kegiatan yang tak kalah penting adalah Launching QRIS Racing yang dilakukan oleh Budi Widihartanto selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Hambali, selaku Kepala Divisi Dana dan Digital Banking Bank Kalsel.

Dalam sambutannya, Fachrudin selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, mengungkapkan kebanggaannya atas kepercayaan yang diberikan oleh BI untuk berkolaborasi melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami merasa bangga dan terhormat atas kepercayaan yang diberikan BI untuk berkolaborasi menggelar Merchant Gathering dan QRIS Racing Bank Kalsel pada hari ini. Tentunya kami berharap, kegiatan ini semakin mendorong peningkatan transaksi QRIS lebih besar lagi begitu juga dengan penambahan user baru, sehingga target realisasi QRIS 2023 dapat tercapai,” tutur Fachrudin.

Lebih lanjut Fachrudin menyampaikan kepada seluruh peserta QRIS Racing agar giat dalam mengkampanyekan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran guna mendukung program pemerintah untuk transaksi non tunai.

“QRIS Racing, terhitung 3 (tiga) bulan, dimulai launching hari ini hingga tanggal 24 Agustus 2023. Nantinya bagi 5 (lima) peserta yang melakukan jumlah transaksi terbanyak akan mendapatkan apresiasi oleh BI, dan diumumkan dalam kegiatan Festival Antasari tahun 2023. Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh peserta agar giat mempromosikan QRIS sebagai metode pembayaran utama, sehingga nantinya berhasil menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi Widihartanto selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan menjabarkan tujuan atas dilaksanakannya kegiatan tersebut guna mendukung tercapainya target QRIS 2023 di Kalsel.

“Pelaksanaan kegiatan diharapkan dapat mencapai target transaksi QRIS di Kalsel pada tahun 2023. Selain itu, semoga kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan pemahaman masyarakat umum dalam bertransaksi menggunakan QRIS. Tentunya yang tidak kalah penting, tujuan kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada para merchant yang telah berpartisipasi serta mengampanyekan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran, guna mewujudkan digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia,” beber Budi.

Beliau menambahkan, pencapaian target realisasi QRIS akan tercapai dengan dukungan seluruh pihak terkait.

“Kami mengharapkan dukungan, sinergi, dan kolaborasi, baik dari Bank Kalsel, merchant, dan masyarakat umum untuk bersama-sama mendorong penggunaan transaksi QRIS sebagai metode pembayaran sehari-hari di Kalsel. Dengan kegiatan hari ini, diharapkan edukasi dan literasi serta geliat penggunaan QRIS di Kalsel terus meningkat,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Modal Usaha kepada Ibu Tri Mulyati

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Staf UPZ Bank Kalsel kepada lbu Tri Mulyati. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ibu Tri Mulyati tinggal di Jl. A. Yani KM 5.5 Komplek Uvaya, Kota Banjarmasin (45) adalah seorang janda yangt elah ditinggal oleh suaminya dikarenakan meninggal dunia beberapa tahun yang lalu.

Untuk mencukupi kebutuhannya, Ibu Tri Mulyati kesehariannya merupakan pelaku usaha kecil yang menjual nasi kuning dan lontong. Mengingat ini usaha satu-satunya yang dimilikinya, keseharian lbu Tri Mulyati hanya bergantung pada pendapatan dari hasil berjualannya tersebut.

Adapun keuntungan kotor yang di dapat Ibu Tri Mulyati kurang lebih sebesar Rp.40.000- Tentunya bagi Tri Mulyati, hal ini seringkali tidak mampu menutupi seluruh pengeluaran per harinya yang rata-rata lebih tinggi dibandingkan pendapatannya.

Berdasarkan hal tersebut, setelah melalui serangkaian proses, baik itu survei maupun kajian persyaratan yang ditetapkan, Ibu Tri Mulyati dimasukkan dalam kedalam kategori 8 Asnaf, orang yang berhak menerima zakat sehingga Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan modal usaha kepada lbu Tri Mulyati.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Staf UPZ Bank Kalsel kepada lbu Tri Mulyati.

“Semoga bantuan tersebut dapat membantu dalam peningkatan modal usaha dan meringankan biaya hidup bagi keluarga pra sejahtera yang membutuhkan, tentunya termasuk dalam kategori 8 Asnaf, sehingga nantinya berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian keluarga,” harap UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

CSR Bank Kalsel Dukung Program Semesta Cegah Stunting

Published

on

“Bank Kalsel memiliki Program CSR (Corporate Social Responsibility) yang salah satunya adala sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan Stunting. Atas hal ini, Bank Kalsel memberikan dukungan terhadap Program Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur ini, yang Saya nilai sangat bagus dijalankan dan semoga dapat berkelanjutan. Dikemudian hari angka Stunting Kalsel Saya harap semakin menurun, bahkan tidak akan ditemukan lagi angka Stunting diKalsel dimasa akan datang” - IGK Prasetya (Direktur Kepatuhan Bank Kalsel). (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Stunting merupakan masalah global yang melanda di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil SSGI Tahun 2022, Kalimantan Selatan berada di urutan 15 dari seluruh Indonesia dengan angka 24,6% untuk tingkat Stunting. Nilai ini tergolong masuk dalam level tinggi, mengingat WHO menetapkan standar prevalensi Stunting diangka kurang dari 20%. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi Banjarmasin Post Group bersama dengan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan mencetuskan program Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur.

Konsep sederhananya adalah, bahwa pencegahan Stunting dinilai dapat dilakukan dengan pemberian 2 (dua) telur setiap harinya kepada anak balita. Kandungan protein hewani yang tinggi dalam sebutir telur, diyakini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, sehingga nantinya terbebas dari Stunting.

Bank Kalsel melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan dukungan terhadap Program Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur sebesar Rp50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) yang diperuntukkan kepada 40 (empat puluh) anak Stunting di wilayah Kelurahan Mantuil dan Kelurahan Berangas. Secara simbolis, penyerahan distribusi telur dilakukan di Kantor Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan, yang dilakukan oleh Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya, kepada warga penerima Program Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur pada Selasa, tanggal 9 Mei 2023. Turut berhadir pula Dewan Komisaris Bank Kalsel, Syahrituah Siregar dan Rizal Akbar Sarupi, menyerahkan secara simbolis dukungan bantuan CSR Bank Kalsel. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Inovasi Layanan Kas, KPw BI Kalsel Gelar Ekspedisi Rupiah Susur Sungai

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan inovasi layanan kas untuk menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, yaitu Ekspedisi Rupiah Susur Sungai.

Dalam kegiatan ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan akan bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan akan menyusuri sungai di wilayah Kabupaten Barito Kuala hingga Kabupaten Kapuas sedangkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah akan menyusuri sungai dari Palangkaraya hingga Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 11 Mei 2023 dan jumlah uang rencana akan didistribusikan sebanyak Rp3,2 Milyar.

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, Ekspedisi Rupiah Susur Sungai turut menghadirkan kegiatan, yang meliputi: (i) Layanan Kas Keliling, (ii) Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan (iii) Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yaitu PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang.

Tujuan PSBI ini, agar dapat memberikan dukungan peningkatan kualitas pendidikan setempat.

Seremonial acara pelepasan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 di Taman Siring Piere Tandean – Patung Bekantan, yang dihadiri Walikota Banjarmasin, Bapak H. H. Ibnu Sina, S,.Pi.,M.Si, Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Pimpinan Perbankan Wilayah Kalimantan Selatan dan Segenap unsur Forkopimda Kota Banjarmasin.

Acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam acara tersebut, akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah yang juga disertai kegiatan Layanan Kas Keliling dan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah.

Kegiatan ekspedisi ini akan menjadi momen yang berharga untuk menghadirkan Bank Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri dan menjadi komitmen untuk :

– Menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

– Meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kebanggan masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah.
Menjaga reputasi uang Rupiah sebagai salah simbol kedaulatan negara.

Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Pedagang UMKM Cari Keberuntungan Meraih Rezeki Di Kawasan Wisata Religi Makam Guru Zuhdi

Published

on

Amat dan Ibu Wati pedagang UMKM di kawasan Makam Guru Zuhdi. (Foto/Ady) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pasca lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kembali mencari keberuntungan untuk meraih rezeki setelah sempat libur di bulan Ramadan di tempat Wisata Religi Makam Guru Ahmad Zuhdiannoor atau dikenal dengan nama Abah Guru Zuhdi .

Salah satu pelaku UMKM, pedagang snack ciri khas makanan ringan Kalimantan Selatan (Kalsel), Ibu Wati (54) mengatakan, selama bulan puasa (Ramadan) libur berjualan selama satu bulan.

“Disamping fokus untuk beribadah, juga dikarena pengunjung wisatawan untuk ziarah ke Makam Guru Zuhdi juga sepi,” katanya, Jum’at (5/4/2023).

Ibu Wati kembali menyampaikan, setelah libur satu bulan selama Ramadan dan setelah lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini kembali cari keberuntungan dengan meraih rezeki berjualan lagi.

Pedagang UMKM, Ibu Wati penjual snack makanan ringan khas Kalsel. (Foto/Ady)

“Buka setiap hari sejak pagi sampai sore hari, untuk hari biasa Senin sampai Jumat kunjungan wisatawan kurang rami, pendapatan normal kisaran Rp 300 ribu sampai 500 ribu, tapi untuk dihari libur Sabtu kisaran Rp 1 juta. Hari Minggu yang lumayan penjualan sampai Rp 2 juta, adapun barang yang jual berupa snack makanan ringan khas dari Kalimantan Selatan, seperti Amplang, Kue Harum Manis, Kue Satu, Marijen, Akar Pinang, Sagu, Kue Semprong/Kue Roko, Kue Rangai, Jintan Manis, Kue Bawang. Kue Tambak Hanyar, Peye, Kue Abon, Roti Bolu Telor dan dan Kue Colok, kisaran harga mulai Rp 5 ribu sampai Rp 13 ribu, murah meriah harga terjangkau,” bebernya.

Kawasan Wisata Religi Makam Guru Zuhdi beralamat di Belakang masjid Jami, Jalan Antasan Kecil Timur RT.12, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Di sepanjang jalan masuk dan keluar makam Guru Zuhdi terdapat puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlapak dan bertoko mulai dari fashion Muslim, produk makanan lokal, alat pelengkap ibadah, dan lain sebagainya.

Selain Ibu Wati meraih rezeki di tempat Wisata Religi Makam Guru Zuhdi, Amat (55) pedagang souviner berupa Sendok Nasi (Wancuh dalam bahasa Suku Banjar), alat Cobek (Cubik bahasa Banjar) yang terbuat dari Kayu Besi (Kayu Ulin).

Pedagang UMKM, Amat penjual souviner cobek (sendok nasi). (Foto/Ady)

“Sama dengan Ibu Wati, penjualan hari biasa normal Rp 200 ribu, hari libur Rp 500ribu sampai Rp 1 juta, Wancuh dan Cobek saya jual kisaran harga mulai dari Rp 5 ribu (ukuran kecil), Rp 20 ribu (ukuran besar),” ungkap Amat.

Selain pelaku UMKM pedagang makanan ringan dan souviner yang meraih rezeki di makam ulama karismatik tersebut, penyedia jasa parkir dan penjual kembang juga mendapatkannya.

Tempat Wisata Religi Makam Guru Zuhdi Banjarmasin ini sangat mendukung kegiatan UMKM dan wisata halal di sektor ekonomi. Di samping tempat wisatanya adalah religi juga didukung dengan barang yang diperdagangkan bernilai Syariah, seperti fashion Muslim dan Muslimah, makanan produk lokal, dan alat pelengkap ibadah seperti peci, kerudung, mukena, tasbih, dan lain sebagainya. Hal ini juga membangkitkan perekonomian serta berpengaruh terhadap pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Tips-tips berwirausaha, diantaranya: 1) Mental pengusaha tidak boleh takut rugi, dan berani untuk berkompetisi harga dengan para kompetitor; 2) Memperhatikan kemasan produk, karena konsumen yang dilihat pertama kali adalah kemasan, menurutnya kemasan harus menarik dan enak dilihat; 3) Selalu memperhatikan kualitas bahan dan kualitas produk untuk menjamin tingkat kesehatan konsumen dan kepercayaan pelanggan; 4) Berwirausaha harus banyak bersedekah, karena menurutnya berwirausaha juga tidak terlepas dari sisi spiritual seperti memperbanyak sedekah. Menurutnya sedekah dalam berwirausaha juga berarti bentuk promosi kepada masyarakat. [Ady-SB]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer