Gubernur: Perpindahan Ibukota Menurunkan Kesenjangan – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kaltara

Gubernur: Perpindahan Ibukota Menurunkan Kesenjangan

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum menghadiri Celebes Strategic Forum dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). (Foto: Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum menghadiri Celebes Strategic Forum dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam Rapimnas yang mengangkat tema “Sulawesi sebagai penunjang strategis IKN Nusantara” Gubernur hadir sebagai narasumber di Kampus 1 BPSDM Makassar pada Kamis (12/5/2022) malam.

“Dengan perpindahan IKN ke Provinsi Kaltim ini merupakan suatu niat Bapak Presiden RI untuk pemerataan pembangunan,” bukanya.

Ia menjelaskan nantinya kegiatan-kegiatan pemerintahan, perekonomian akan berpindah ke wilayah Kalimantan. Karena keberadaannya di tengah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dan akan mendapat efek domino terhadap provinsi sekitarnya sebagai provinsi penyanggah termasuk Kaltara,” ujarnya dihadapan peserta Rapimnas.

Ia menambahkan, di luar pulau Kalimantan seperti pulau Sulawesi salah satunya Provinsi Sulsel pun pasti akan terdampak dan memiliki peran penting kedepannya terhadap perkembangan IKN.

“Ini mendorong penurunan kesenjangan antar wilayah. Mudah-mudahan dengan mulainya perpindahan IKN ini, masalah kesenjangan dapat diatasi,” tuturnya. [mdd]

Kaltara

Gubernur Minta Rute Tarakan-Tawau Dibuka Kembali

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Guna menggerakkan kembali sejumlah sektor ekonomi di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sabah, Malaysia. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah, Malaysia menuju Tarakan (PP) dan reaktivasi jalur penerbangan kargo Tarakan-Tawau.

“Mengingat Pandemi Covid-19 telah dapat dikendalikan, maskapai yang biasanya beroperasi tiga kali dalam seminggu (MASWings,red), diharapkan bisa kembali aktif,” kata Gubernur Kaltara, pada saat melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Rabu (30/11).

Berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Gubernur didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, Andi Nasuha dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P.

Sementara Menhub, didampingi Dirjend Perhubungan Laut, Arif Toha, Direktur ASDP, Junaidi, Direktur Navigasi Hengky, dan Direktur Angkutan Udara, Putu Cahyadi
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengungkapkan reaktivasi rute penerbangan dan pelayaran (Tarakan-Tawau) dilakukan sebagai upaya peningkatan pembangunan kawasan perbatasan. Hal tersebut, katanya, sebagaimana program kerja pada forum Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) pada tiga bidang. Yakni kerjasama sosial dan budaya, kerjasama ekonomi, perdagangan dan perhubungan serta kerjasama keamanan dan perbatasan.

Kondisi saat ini, trayek Tarakan-Tawau hanya melayani pengiriman hasil laut melalui jalur pelayaran. Namun pengiriman menurun dikarenakan biaya cargo naik.

“Kita mau terbukanya pengiriman cargo melalui jalur udara. Ini juga menghindari adanya petani kepiting bakau yang melalui jalur tidak resmi dalam menyalurkan barang ekspor ke wilayah Tawau,” ungkapnya.

Dihadapan Menhub Budi Karya, Gubernur Zainal juga meminta agar rute dan frekuensi penerbangan dari Tanjung Selor keluar Kaltara ditambah. “Hal ini agar masyarakat Kaltara memiliki banyak pilihan waktu untuk keluar dan masuk Kaltara,” terangnya.

Sementara terkait dengan hibah atau pinjam pake Kapal Rade, Gubernur mengungkapkan bahwa pada intinya Kaltara siap menerima.
Dimana Kapal Rade nantinya, akan dioperasikan untuk melayani Daerah 3TP (Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Pedalaman). Misal ke daerah Lumbis, Sungai Ular, Ancam dan Sungai Dangkal di wilayah Kaltara. Tak hanya mengangkut barang dan orang, tapi juga kendaraan, sembako dan lainnya.

“Intinya kita (Pemprov,red) siap, prosesnya sendiri lagi penyusunan kajian operasional Kapal Rede di wilayah Provinsi Kaltara,” beber Gubernur didampingi Plt Kadishub Kaltara, Andi Nasuha.

Terakhir, disampaikan perihal rencana pembangunan pelabuhan barang di Sei Menjuaring Salangketo, Desa Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan.
“Alhamdulillah, mendapat respon positif. Kita berharap Menteri Perhubungan segera dapat menfasilitasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltara. (md/dkisp)

Continue Reading

Kaltara

Tingkatkan Ekspor Lewat Produk UKM

Published

on

Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah terus berupaya agar pelaku usaha dalam negeri bisa menembus pasar global. Di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, dalam mendorong hal tersebut berbagai program pembinaan terus dilakukan. Kali ini, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dilakukan bagi para pelaku UKM.

Bertajuk “Peningkatan Ekspor Kaltara Melalui Produk UKM”, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindakop-UKM) Kaltara itu, dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry, Senin (28/11/2022).

Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa dan Politik, Amir Bakry mengatakan, sektor ekspor saat ini menjadi bagian penting dan memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan ekonomi nasional. Hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dimana menurutnya, kegiatan ekspor suatu negara sangat erat hubungannya dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di negara tersebut,” Karena semakin tinggi aktivitas ekspor suatu negara, maka iklim investasu dan pertumbuhan ekonominya juga semakin baik,” kata Amir Bakry.

Amir Bakry yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara itu juga mengungkapkan, jika kodisi ekspor Kaltara di penghujung tahun 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan.

Amir menjelaskan jika merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, tercatat pada bulan Juli 2022 nilai ekspor Kaltara untuk sektor migas dan non migas sebesar USD 1.877.670.000. Nilai ini, katanya, mengalami peningkatan sebesar 54,41 persen dibandingkan nilai ekspor pada September tahun 2021 yang berada pada angka USD 1.002.830.000.

“Hal ini tentunya merupakan sinyal positif bagi pemulihan ekspor nasional, terutama setelah kita mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara, Hj Hasriyani menambahkan, dalam mendorong peningkatan ekspor nasional melalui pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengembangan para pelaku usaha menjadi salah satu fokus Pemerintah Pusat maupun daerah, tidak terkecuali di Provinsi Kaltara.

“Seperti kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor ini, adalah salah satu upaya kita (Pemprov Kaltara,red) untuk meningkatkan potensi mereka, para pelaku usaha yang berorientasi ekspor,” terangnya.

Hasriyani mengharapkan, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi pelaku usaha dalam meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam meningkatkan kualitas standar produk.

Dengan begitu, akan melahirkan para pelaku usaha yang terampil, berwawasan tinggi, memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan bisnisnya serta berdaya saing tinggi di dalam menghadapi persaingan di pasar ekspor. (dksip/mdd)

Continue Reading

Kaltara

KC Bankaltimtara Segera Berkantor di Banhub Kaltara di Jakarta

Published

on

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. (Foto/Ist) 

SAMARINDA, SuaraBorneo.com – Dalam waktu dekat, Kantor Cabang (KC) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltim-Kaltara) yang berada di Panin Tower Senayan City Jakarta akan pindah ke Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jalan Kramat II Kwitang, Jakarta Pusat.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan Kesepakatan Bersama (KB) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT BPD Kaltim Kaltara yang digelar di Mahakam Room Gedung Kantor Pusat PT BPD Kaltim Kaltara, Samarinda terkait dengan Sewa Sebagian Bangunan pada Kantor Badan Penghubung Provinsi Kaltara di Jakarta.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang S.H., M.Hum dan Direktur Utama PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Yamin. Hadir pula sejumlah Anggota Direksi Bankaltimtra Direktur Kredit, Siti Aisyah dan Direktur Operasional dan Manajemen Resiko, Muhammad Edwin, Jum’at (25/11/22).

Sementara dari jajaran Pemprov Kaltara, hadir mendampingi Gubernur Kaltara Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Kepala Biro Adpim Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P, Kepala Banhub Kaltara, Ruslim, Sekretaris Inspektorat Kaltara dan Sekretaris Bapenda Kaltara.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur, akhirnya rencana pemindahan Kantor Cabang Bankaltimtara dari Panin Tower Senayan City Jakarta ke Kantor Badan Penghubung Kaltara dalam waktu dapat terlaksana,” kata Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang.

Ditarget awal Januari 2023, Kantor Cabang Bankaltimtara akan mulai menempati sebagian Kantor Badan Penghubung Kaltara di Jakarta dengan luas total 756,594 M2.

Selain mengoptimalkan pemanfaatan barang milik daerah, sekaligus menambah potensi pendapatan daerah bagi Pemprov Kaltara.
Gubernur Kaltara berharap dengan keberadaan kantor cabang Bankaltimtara di Kantor Badan Penghubung Kaltara semakin memudahkan segala urusan transaksi keuangan nasabah Bank Kaltim Kaltara yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Utamanya, bagi mereka (para pengusaha dan investor,red) yang berkantor pusat di Jakarta yang saat ini sedang berinvestasi maupun yang ingin membuka usahanya di wilayah Kaltara. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Wujudkan ASN Kaltara Berintegritas dan Profesional

Published

on

Mewakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang SH., M.Hum., Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD). (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Mewakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang SH., M.Hum., Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Manajemen Karir dan Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara Tahun 2022 di Ruang Pertemuan, Hotel Crown, Tanjung Selor, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesungguhan Pemprov Kaltara dalam mewujudkan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN), yang profesional yang mampu menyukseskan pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Kaltara.

Selain itu, meningkatkan profesionalise dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik di Pusat maupun daerah yang berorientasi mendukung pembangunan nasional.

Diketahui saat ini masih terdapat berbagai tantangan dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintahan. Khususnya dalam pengembangan kompetensi, potensi manajerial, dan sosio kultural ASN. ASN harus memiliki pola pikir yang lain.

“ASN dituntut harus memiliki pola pikir (mindset) vuca yang lain, yakni vision (visi), understanding (kesempatan untuk mengubah ketidakpastian), clarity (kejelasan) dan awareness (ketangkasan),” ujar Pollymaart Sijabat
.
Untuk itu, sebagai langkah strategis untuk menyiapkan pelaksanaan kebijakan manajemen karir bagi ASN di lingkungan Pemprov Kaltara agar tetap eksis, antisipatif dan inovatif dalam berinovasi dengan berupaya untuk menyusun perencanaan, pengembangan, pola karir dan kelompok rencana sukses yang diperoleh dari manajemen talenta.

Pollymaart mengungkapkan bahwa faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan manajemen ASN adalah komitmen yang kuat dari jajaran pimpinan dan seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Setiap ASN dituntut untuk dapat selalu mengembangkan potensi dan kompetensinya, setidaknya menguasai empat skill generik normal baru . Yaitu mampu menggunakan informasi, media, and technology skills, menambah life and career skills, mengembangkan learning and innovation skills dan yang terakhir memiliki skill komunikasi yang efektif,” katanya.

Sebagai informasi, ebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PP No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, salah satu kriteria sistem merit adalah memiliki manajemen karir yang terdiri dari perencanaan, pengembangan, pola karir, dan kelompok rencana suksesi yang diperoleh dari manajemen talenta yang sejalan dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 40/2018 tentang Pedoman Sistem Merit.

Untuk itu, sesuai dengan ketentuan-ketentuan tersebut, ASN yang akan diangkat ke dalam jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas wajib memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

“FGD ini sangat penting, dilaksanakan agar Pemprov Kaltara dapat memiliki ASN dengan skill dan motivasi yang tinggi, ASN yang memiliki inisiatif, selalu memperbaiki diri dan suka berbagi pengalaman dengan tujuan dan sasaran yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan program-program untuk mewujudkan terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) tentunya selaras dengan visi dan misi Provinsi Kalimantan Utara,” tutupnya. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Buka Turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup, Gubernur: Junjung Tinggi Sportivitas

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum membuka secara langsung turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup Tahun 2022. (Foto/Ist) 

BUNYU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum membuka secara langsung turnamen Bola Voli Piala Gubernur Cup Tahun 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Bapor Pertamina Bunyu, Minggu (20/11/2022).

Turnament Bola Voli tersebut digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Provinsi Kaltara.

Hadir Kabinda Kaltara, Marsma TNI Aminul Hakim, Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol. Rudi Hartono, S.H., S.I.K., Kepala Dispora Kaltara, Obed Daniel Lumban Tobing, Ketua KONI Kaltara, Muhammad Nasir, Pimpinan PT Pertamina Ep Bunyu Field, Camat Bunyu, para peserta turnamen bola voli serta masyarakat Pulau Bunyu.

Gubernur Kaltara dalam sambutannya menyampaikan bahwa olahraga merupakan arena pengasahan bakat-bakat muda, serta menjadi ajang penyaluran kreativitas termasuk mengarahkan semangat jiwa muda untuk bangkit berolahraga mewujudkan padang lawas yang sehat.

Menurut gubernur olahraga mempunyai sifat mempersatukan. “Saya berharap turnamen ini dapat memupuk tali persaudaraan, serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar-peserta, khususnya antar-masyarakat Kaltara pada umumnya,” ujar Gubernur.

Disamping itu, melalui turnamen ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat untuk berprestasi dalam bidang olahraga.
Tak kalah penting, adanya peningkatan dalam pembinaan prestasi olahraga, serta dapat menjadi sarana menjalin sinergitas yang baik, sehingga prestasi olahraga dapat ditingkatkan.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, menyambut gembira pelaksanaan turnamen ini.
“Saya optimis, dengan kita memberikan ruang berkompetisi dan menciptakan iklim kompetisi yang sehat, akan banyak bermunculan talenta-talenta olahraga terutama bola voli yang akan mengharumkan nama Kaltara di kancah Nasional bahkan Internasional,” ucapnya.

Selanjutnya, Gubernur berpesan kepada seluruh pemain untuk bermain sebaik mungkin dan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.
“Menang kalah hal biasa, mengakui kemenangan lawan dan bisa mengakui kekalahan sendiri, itulah Sportivitas,” jelas Gubernur. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Zainal Dukung Rakor Pertama BGP di Kaltara

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Guru Penggerak (BGP) Kaltara. (Foto/Ist) 

TARAKAN, Suara lBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum menyambut baik kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Guru Penggerak (BGP) Kaltara bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kaltara dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota se-Kaltara.

Menurutnya, sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) baru, Balai Guru Penggerak atau BGP diberi tugas menggerakkan guru-guru diseluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Kaltara.

Hal tersebut tertuang dalam pasal 1 ayat (2) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 14 Tahun 2022 yang menyebut bahwa “Balai Guru Penggerak atau BGP adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang pengembangan dan pemberdayaan guru, pendidik lainnya, tenaga kependidikan, calon kepala sekolah, kepala sekolah, calon pengawas sekolah, dan pengawas sekolah yang berkedudukan di provinsi”.

Demikian disampaikan oleh Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang saat membuka secara resmi kegiatan Rakor Pertama BGP Provinsi Kaltara yang digelar di Swiss Bell Hotel, Tarakan, Jumat (18/11/2022) malam.

“Ini sebagai salah satu upaya kita untuk mensosialisasikan arah kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tentang Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Guru Penggerak (PGP), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),” katanya.

Seperti diketahui, Program Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan indonesia. Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (Literasi dan Numerasi) serta karakter, diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, dalam hal ini kepala sekolah dan guru.

Kemudian Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan kompetensi guru. Program ini diharapkan dapat berjalan optimal dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait lainnya.

Selanjutnya terkait Implementasi Kurikulum Merdeka, yang mana merupakan kurikulum pembelajaran dengan kurikulum beragam serta lebih mengoptimalkan materi atau konten yang memberi peserta didik cukup waktu untuk mengeksplorasi konsep dan memperkuat kemampuannya.

Melalui Rakor ini, Gubernur Zainal Paliwang berharap kegiatan dalam mensosialisasikan arah kebijakan Kemendikbudristek menyangkut tiga program (PSP, PGB dan IKM.Red), dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Ia mengajak kepala seluruh unsur terundang agar menyamakan persepsi dan pemahaman sehingga dapat menentukan rencana dan tindak lanjut untuk memberikan dukungan penuh demi optimalnya program-program tersebut.

“Mari bersama menguatkan komitmen pembangunan pendidikan di Kaltara, sebagai salah satu upaya untuk mempercepat langkah mewujudkan Katara yang berubah, maju dan sejahtera,” tandas Zainal.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara diantaranya Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Kaltara, Drs Hari Purwanto, M.Si, Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri Sutanto, Kepala BPMP Kaltara, Dr Jarwoko, M.Pd, serta Kepala Disdik Kabupaten/Kota se-Kaltara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Staristik dan Persandian (DKISP) Kaltara, Ilham Zain. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Pembangunan Bandara di Kaltara Dongkrak Nilai Ekspor Produk Kelautan

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum mengapresiasi terlakasananya Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT Whitesky Facility dan Canadian Commercial Corporation (CCC). (Foto/Ist) 

NUSA DUA, SuaraBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum mengapresiasi terlakasananya Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan PT Whitesky Facility dan Canadian Commercial Corporation (CCC), tentang Studi dan Pengembangan The Green AirPort Initiative di Provinsi Kaltara yang digelar pada Jumat, 11 November 2022 lalu, di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh pria kelahiran 6 Desember 1962 itu dalam acara Caremony di The Maj Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Hadir Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Perhubungan, sekaligus CEO PT Whitesky Aviation, Denon B. Prawiraatmadja, serta President and CEO at Canadian Commercial Corporation (CCC), mr Robert Kwon.
Dalam sambutannya, pria yang mengawali karier sebagai Pamapa Polres Buleleng, Polda Bali itu mengungkapkan dengan terlaksananya penandatangan nota kesepahaman ini, diharapkan dapat meningkatkan fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara di Kaltara. Khususnya, dalam mendukung pengembangan Mega Proyek Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau disebut juga KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi di wilayah Kabupaten Bulungan-Kaltara.

Zainal-sapaan akrab Gubernur Kaltara mengatakan, hadirnya Kawasan Industri yang ramah lingkungan di Kaltara menjadi terobosan yang sangat berarti bagi kemajuan infrastruktur dan ekonomi di Provinsi Kaltara.
Ia menjelaskan, sebagai provinsi termuda di Kalimantan yang memiliki luas hampir setengah pulau Jawa, saat ini Kaltara sedang gencar melakukan pembangunan.

“Karenanya kami sangat besyukur dengan rencana pembangunan bandara kargo oleh Canadian Commercial Corporation (CCC) dengan bantuan dari Kadin Indonesia bidang Perhubungan. Atas nama pribadi dan masyarakat Kaltara, kami mengucapkan terimakasih dan bersyukur atas rencana studi dan pembangunan bandara yang ramah lingkungan ini,” katanya.

Selain itu, Zainal juga menjelaskan bahwa saat ini daerahnya memiliki keunggulan dalam hasil budidaya perikanan seperti kepiting, ikan dan udang. Namun selama ini penjualan hanya secara tradisional. Diharapkan dengan adanya bandara khusus kargo ini dapat meningkatkan perekonomian di daerahnya.

Sementara mengutip dari laman KADIN Indonesia Bidang Perhubungan, dijelaskan bahwa rencana studi dalam pembangunan bandara di Kaltara ini dinilai sangat tepat dan diperlukan, terlebih provinsi Kaltara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) dibidang perikanan yang sangat luar biasa.

Dengan adanya bandara ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor produk kelautan, dimana para akhirnya dapat meningkatkan perekonomian di Kaltara.
Hal ini diungkapkan oleh President and CEO Canadian Commercial Corporation (CCC), Robert Kwon pada acara Penandatangan Nota Kesepahaman bersama antara PT Whitesky Facility, Canadian Commercial Corporation (CCC), dan Pemprov Kaltara untuk melakukan studi dalam rangka pembangunan green airport, di Nusa Dua Bali, Minggu (13/11/2022). Dimana kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pertemuan lanjutan B20.

Dijelaskan juga oleh Robert bahwa Canadian Commercial Corporation merupakan lembaga pendanaan resmi dari Kanada, dan pihaknya membantu pembangunan yang mempunyai potensi bisnis ke depan. Konsen dari lembaga ini bukan hanya sekedar pembiayaan semata, namun membantu pengguna dan transfer teknologi yang diterapkan, yang dikhususkan pada teknologi yang ramah lingkungan. Seperti solar panel, hydro energi, dan lainnya. Dimana hal ini juga pernah dilakukan di beberapa negara seperti Kolombia.

“Saat melakukan studi dalam waktu dekat ini, nanti kami akan melihat secara langsung potensi apa saja yang bisa kami lakukan di Kaltara. Terutama dalam membangun green airport yang nanti untuk mendukung ekspor dan impor hasil dari sumber daya alamnya, yaitu produk kelautan,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/11/2022).(mdd).

Continue Reading

Kaltara

Sekprov Suriansyah Tekankan ASN Tingkatkan Produktivitas

Published

on

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Suriansyah, M.A.P., memimpin apel pagi gabungan. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Suriansyah, M.A.P., memimpin apel pagi gabungan di lingkungan Pemprov Kaltara di Lapangan Agathis, Senin (14/11/2022).

Dalam amanatnya, Sekprov Suriansyah menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kaltara meningkatkan produktivitas kinerjanya sebagai seorang ASN. Hal ini mengingat bahwa saat ini telah masuk minggu ketiga dibulan November. Artinya menyisakan satu bulan setengah dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Sekprov mengharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan yang menangani anggaran untuk melaksanakan percepatan terhadap realisasi kegiatan.

“Ke depannya masalah makin kompleks untuk dipecahkan. Bekerja sesuai aturan, apa yang menjadi perintah Gubernur atau atasan, jalankan dengan sebaik-baiknya,” tutur Suriansyah.

Selain itu, Ia juga berharap pelayanan publik pada tahun ini lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan persentase kegiatan kita (Pemprov,red) dalam rangka pelayanan publik dengan pemerintah dan pembangunan melebihi presentase dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.
Dalam amanatnya, disampaikan juga terkait upaya pengembangan kompetensi melalui pendidikan Formal dan Non Formal. Untuk yang ingin melanjutkan program pasca sarjana, masih dibuka pendaftaran ditahap berikutnya.

“Kami mendorong Bapak/Ibu, terutama yang masih muda untuk terus mengembangkan kompetensi pendidikan formal,” ujar Sekprov.

Diakhir sambutanya, Sekprov mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah melaksanakan kegiatan.

Pada minggu ini, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara beserta beberapa Perangkat Daerah akan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan.

Ia berpesan kepada perangkat daerah yang akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari data dan informasi. Karena ini penting dilaksanakan menyangkut penyusunan APBD tahun 2023 mendatang, terutama dalam menentukan sisa anggaran. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Pemprov Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RPB 2022-2026

Published

on

Mewakili Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum, acara Konsultasi Publik terkait Penyusunan RPB Kaltara 2022-2026. (Foto/Ist) 

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Provinsi Kaltara Tahun 2022-2026.

Mewakili Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH., M.Hum, acara Konsultasi Publik terkait Penyusunan RPB Kaltara 2022-2026 dibuka oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si, Jumat (11/11/2022).

Dalam sambutan tertulis Gubernur, Datu Iqro mengatakan bahwa upaya kesiapsiagaan terhadap meminimalisir dampak bencana di wilayah Kaltara terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan konsultasi publik penyusunan RPB.

Lewat kegiatan ini, diharapkan mampu mengoptimalkan penyelenggaraan penanggulangan bencana secara sistematis dan menjadi salah satu isu utama dalam perencanaan pembangunan Nasional maupun di daerah.

“Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan, dilaksanakan untuk menggali masukan dalam menetapkan strategi, tujuan, arah kebijkan dan program serta rencana dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Selain itu, Ia juga megungkapkan bahwa rencanan penanggulangan bencana pada bulan Agustus 2022 lalu, tercatat beberapa agenda telah diselesaikan.

Seperti penentuan bencana prioritas yang ditangani, identitas akar permasalahan, perumusan isu strategis, perumusan tujuan dan sasaran, perumusan program dan rencana aksi pada kegiatan Lokakarya penyusunan rencana penanggulangan bencana.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, tidak hanya menggali maskan dari para peserta kegiatan, namun juga dapat menjadi sarana untuk mewujudkan harmonisasi perencanaan penanggulangan bencana dengan perencanaan pembangunan,” pungkas Datu Iqro. (mdd).

Continue Reading

Umum

Populer