Menimang PJ Wako dan Bupati Kampar – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Umum

Menimang PJ Wako dan Bupati Kampar

Published

on

Catatan H. Dheni Kurnia

TEMAN saya seorang walikota. Dia mengatakan, jadi walikota itu tak enak. “Saya menyesal,” katanya. Saya terkejut. Loh, kenapa Abang dulu maju jadi walikota. Berapa uang yang dihabiskan sampai terpilih?

Dia gelak mengekeh. Tapi walau tidak enak, aku mau maju lagi. Mau dua priode, katanya. Saya makin heran. Lalu dia menjawab; “Karena jadi walikota itu sungguh sangat enak. Menyesal kalau saya tak jadi lagi.”

Kali ini kami tertawa berdua. Menurut saya, itu candaan yang tidak lucu. Tapi bagi teman saya itu, tampaknya jadi walikota adalah sebuah prestise dan kebanggan. Dia sangat bangga jadi walikota, meski dia harus menghadapi banyak tantangan tak selesai serta berbagai pengorbanan untuk menang.

Seorang teman saya (juga) jadi bupati di sebuah kabupaten di Riau. Meski dia mantan pesuruh, tapi kini gayanya tak macam pembantu lagi. Dia sering kunjungan kerja. Acap jumpa gubernur dan menteri, bahkan presiden RI. Mobilnya keren, meski minyaknya ditanggung pemerintah. Kemana pergi selalu punya ajudan. Sebagian masyarakat pun memuja-muja dia separuh mati.

“Saya sebenarnya gak punya cita-cita jadi bupati. Dulu saya mau jadi pedagang beras saja. Hidup aman dan bebas. Tapi teman-teman dan masyarakat terus mendorong saya. Ya, saya coba-coba uji nyali. Saya maju dan menang,” ujarnya dengan bangga.

Kali ini saya tertawa ngakak. Menurut saya, pernyataan ini lucu sekali. Sangat aneh dan dibuat-buat, terkesan sederhana dan main-main. Tapi mengantarkan dia jadi bupati. Tabeklah!

Saya cerita walikota dan bupati, karena akhir-akhir ini nama pejabat (PJ) bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru segera diumumkan. Karena jabatan keduanya akan berakhir 22 Mei 2022, sementara pemilihan serentak baru 2024.

Jadi ada waktu 2 tahun lebih lagi menjadi pejabat. Konon, nama PJ itu sudah disetujui dan ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Katanya, nama tersebut sudah diteken lebih cepat, sebab Mendagri nak berangkat ke luar negeri. Tapi nama-nama ini, belum sampai ke Riau.

Sebelumnya, sesuai aturan, Gubernur Riau Syamsuar, mengajukan tiga nama untuk PJ Wako Pekanbaru dan tiga nama untuk PJ bupati Kampar. Tapi kabar yang berkembang, tidak nama yang dikirimkan yang akan dipilih. Jelas ini tak sesuai dengan ekspetasi gubernur.

Syamsuar jadi kaget. Saya juga. Tapi untuk tertawa ngakak, saya kurang berani. Karena setahu saya, nama-nama yang dikirim ke mendagri adalah orang-orang hebat dan sudah teruji kemampuannya. Mereka adalah para eselon dua yang notabene adalah petinggi di kabinet Syamsuar.

Menurut cerita, mendagri lebih memilih pejabat lain, yang juga punya jabatan eselon dua, anak buah Gubernur Riau Syamsuar. Entah bagaimana nama mereka bisa muncul. Mungkin mereka melobi sendiri ke Pusat atau malah mereka saudara dekatnya
“Orang Pusat”.

Secara moral, mereka adalah orang Syamsuar. Namun, nama mereka tak tertera dalam daftar. Andailah nanti mereka benar-benar ditunjuk Mendagri, apa mereka tidak risih dan malu. Apalagi beralasan macam-macam. Yang jelas, menurut saya mereka ini adalah “bawahan” yang melawan toke. Tak bermoral dan tak punya muka malu.

Kabar ini merebak cepat. Pro dan kontra bermunculan, seperti tendawan tumbuh di hutan lembab. Ada yang menyebut, nama yang diajukan Syamsuar tidak terampil dan punya masalah. Ada pula yang bilang ini haknya Mendagri sesuai Permendagri No. 1 tahun 2018, tentang kepala daerah. Tak sedikit yang beranggapan, keputusan Mendagri tersebut, menabrak otonomi daerah.

Memang, sejauh ini ada provinsi yang ditolak Mendagri pengajuan pejabat yang diajukan gubernur. Sumatera Barat, Jawa Barat serta Jawa Tengah misalnya. Gubernur Sumbar kecewa. Begitu juga Jawa Barat. Tiga paket calon PJ yang diusulkan Gubernur Ridwan Kamil untuk Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi ditolak dan diganti. Ridwan meradang, tapi tak bisa berbuat apa-apa.

Di Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo, memilih “diam karung” atau kalem saja, meski dia kader PDIP.
Enam kabupaten dan kota yang akan dipimpin PJ di Jateng adalah; Kabupaten, Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati, Cilacap, Brebes dan Kota Salatiga. Tapi tak semua diakomodir.

Bagaimana dengan Riau? Tampaknya, meski masyarakat panas bergejolak atau dingin bersarung, Gubernur Syamsuar tampaknya memilih arif saja. Tak tampak arus kekecewaan di wajahnya, meski menurut saya pasti dia kecewa dan direndahkan.

Sebagai orang Melayu dia memilih bijak. Layaknya sultan-sultan di Riau zaman dulu; Tak emas, bungkal diasah, tak kayu jejang dibelah. Andai yang dia ajukan beda dengan putusan Mendagri, mungkin dia akan memilih diam. Tapi dia pasti punya cara lain untuk memperlakukan pilihan itu.

Halnya mengenai Permendagri No.1 tahun 2018, pasal 5, ayat 3 yang menyebut PJ kepala daerah bisa diangkat Mendagri di luar yang diusulkan, Syamsuar saya kira juga tidak mempermasalahkannya. Meski maksud Permendagri itu, bukan seperti yang dibicarakan banyak pihak selama ini.

Setelah saya baca, Permendagi No. 1 tahun 2018 tersebut, mengatur tentang penunjukan kepala daerah jika Gubernur sedang cuti panjang. Mendagri berhak menunjuk penggantinya atau pejabat yang di bawahnya. Dengan alasan, agar lebih “leluasa” berkomunikasi dengan pusat.

Ketika hal ini ditanyakan kepada Gubernur Syamsuar, dia menyebut; “Kami belum tahu menahu soal nama yang akhirnya disetujui Mendagri sebagai PJ walikota Pekanbaru dan bupati Kampar,” katanya singkat

Sedang Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau, Firdaus, kepada wartawan mengatakan, Mendagri memang sedang kunjungan kerja ke luar negeri. Surat Keputusan (SK) calon PJ kedua kepala daerah sudah ditandatanganinya. Namun Pemprov Riau belum mendapatkan perintah untuk menjemput SK tersebut.

Mengenai kebenaran tentang PJ Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar bukan orang yang ditunjuk gubernur, Firdaus mengatakan tak tahu, karena belum melihat SK-nya. Katanya lagi, SK itu berkemungkinan diserahkan Selasa 17 Mei 2022 ini, atau beberapa hari sebelum jabatan walikota dan bupati berakhir.

“Tugas kami hanya mengantarkan usulan dari Gubernur dan mengambil SK kalau sudah diperintahkan,” ujarnya. Tugas yang sederhana sekali. Menurut saya, tak ada keberanian Firdaus untuk mempertanyakan kepada Mendagri, siapa yang akhirnya di-SK-kan. Mungkin Firdaus takut pula melawan induk semangnya.

Dari tiga nama yang diajukan Gubernur, saya menilai H. Masyrul Kasmi layak dipilih menjadi PJ Walikota Pekanbaru. Salah seorang Asisten Sekdaprov ini, pantas dipilih karena memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Hanya saja kemudian dia diisukan terlibat dalam kasus Jembatan Dorak, ketika dia menjadi Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

Sedangkan untuk calon Pj Bupati Kampar layak disandang Imron Rosadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tapi kabarnya, tokoh-tokoh dari Kampar, menganggap dia kurang cergas dan menginginkan pihak yang “sepenciuman” dengan mereka.

Begitulah! Sebenarnya, menjadi PJ Wako Pekanbaru atau bupati Kampar itu bukanlah pekerjaan semudah membalik daun pisang. Diperlukan sosok yang benar-benar berpihak kepada masyarakat. Bukan pesanan atau sesuai keinginan seseorang saja atau pula kelompok tertentu. Dan saya melihat, Gubernur Syamsuar sudah paham betul mengenai hal ini.

Saya kurang yakin, orang yang ditunjuk Pemerintah Pusat mengerti persoalan di daerah, meski dia dari Riau ini juga. Ada yang lebih faham dan mengerti tentang tata pemerintahan dan bisa mencari solusi serta bekerja sama dengan pemimpin daerah lainnya. Dan seharusnya pemerintah pusat faham juga masalah ini.

Karena menjadi walikota atau bupati, bukan karena enaknya saja, atau karena coba-coba, atau pula pendekatan sana-sini lalu terpilih. Dia haruslah orang yang paham dan loyal pada aturan, masyarakat dan orang yang lebih tinggi darinya.

Walikota dan bupati, menurut saya, harus menerima jabatan dan keberadaan gubernur. Begitu pula gubernur harus mengakui keputusan menterinya. Kuncinya, memang saling terkait dan saling menghargai.

Apa jadinya kalau sama keras dan sama adu kepala. Sama-sama rusak dan sama-sama bubar kerjasama yang dibangun sesuai aturan dan harapan masyarakat. Mari kita menimang-nimangnya dengan kepala yang cerdas. Kalau ini masih tetap terjadi, mari pula kita sama-sama tertawa terkekeh-kekeh, sambil menyaksikan kisah lucu dan lawak-lawak saja. [ad/rls]

Dheni Kurnia: Pemimpin Redaksi Harian Vokal, Ketua JMSI Riau dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Riau.

Nasional

Amman Salurkan Donasi Kemanusiaan Guna Bantu Pemulihan Korban Bencana Alam di Cianjur

Published

on

Penyerahan donasi kemanusiaan dilakukan oleh KTT/Site Director AMMAN Wudi Raharjo kepada Inspektor Tambang Ahli Madya Kepala Seksi Keselamatan Pertambangan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Dwinanto Herlambang, S.T., serta Inspektur Tambang Ahli Muda Direktorat Jendral Mineral Dan Batu Bara, Alex Sander Lumban Gaol, S.T., M.T. (Foto/Ist) 

SUMBAWA BARAT, SuaraBorneo.com – Gempa bumi berkekuatan M5,6 yang menimpa Cianjur beberapa hari lalu telah menimbulkan banyak korban jiwa serta kerusakan infrastruktur.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hingga 1 Desember 2022, jumlah korban meninggal dunia adalah 329 orang dengan jumlah pengungsi yang mencapai 114.683 jiwa.

Melihat besarnya kerusakan serta korban jiwa yang ditimbulkan, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) mengirimkan bantuan kemanusiaan serta personil tanggap darurat guna membantu pemulihan korban bencana alam di Cianjur. Simbolisasi penyerahan donasi kemanusiaan dilakukan oleh KTT/Site Director AMMAN Wudi Raharjo kepada Inspektor Tambang Ahli Madya Kepala Seksi Keselamatan Pertambangan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Dwinanto Herlambang, S.T., serta Inspektur Tambang Ahli Muda Direktorat Jendral Mineral Dan Batu Bara, Alex Sander Lumban Gaol, S.T., M.T.

Sebanyak 440 unit kasur, 7 unit tenda berukuran 25×9 meter, bantuan logistik dalam bentuk bahan pangan dan kebutuhan dasar anak dan balita, perlengkapan sanitasi serta 9 personil yang terdiri atas karyawan dan mitra bisnis AMMAN dengan keahlian emergency, evakuasi serta disaster relief (penanganan pasca bencana) dikirimkan dari site Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Proses pengiriman dilakukan secara bersamaan berdasarkan koordinasi erat dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana serta Pemerintah daerah terkait.

Vice President Corporate Communications AMMAN Kartika Octaviana mengatakan, segenap jajaran manajemen, karyawan AMMAN beserta mitra bisnis menyampaikan duka yang mendalam, terutama terhadap para warga yang terdampak bencana alam ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Misi kemanusiaan serta donasi yang kami salurkan merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujarnya.

Dikatakan Vina, nantinya selama 14 hari ke depan, para personil yang dikirimkan akan membantu penanganan pemulihan pasca bencana dengan keterampilan yang dimiliki, seperti proses pendirian hunian sementara, penyaluran serta pengamanan bantuan logistik. Berbagai bencana alam di wilayah Indonesia, di mana AMMAN turut berpartisipasi secara aktif dalam membantu para korban bencana alam antara lain adalah gempa Lombok di tahun 2018, gempa di Majene, Sulawesi Barat pada tahun 2021, hingga bencana banjir Bima pada tahun 2021. [ad/rls]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Membuka Resmi HSS Expo Tahun 2022

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry beserta Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry membuka secara resmi HSS Expo tahun 2022. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry beserta Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry membuka secara resmi HSS Expo tahun 2022, di komplek Stadion 2 Desember Kandangan, Senin (05/12/2022) malam.

Gelaran HSS Expo ini sendiri merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Kabupaten HSS yang jatuh pada tanggal 2 Desember 2022 kemarin.

Dalam acara pembukaan, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, expo kali ini lebih menonjolkan produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal itu dimaksudkan untuk mendukung perkembangan UMKM yang ada di Kabupaten HSS, dengan cara memperkenalkan seluruh hasil olahan masyarakat lokal.

“Selain menyampaikan informasi, setiap stand OPD juga diwajibkan untuk menampilkan produk UMKM. Karena kita ingin terus mengawal UMKM agar bisa terus tumbuh dan berkembang,” ucap Bupati Fikry.

Dirinya berharap, dengan adanya HSS Expo tahun 2022 ini perputaran uang bisa lebih tinggi, sehingga dapat menguntungkan para pelaku UMKM berkat produk unggulan mereka.

“Pesan saya kepada UMKM jangan sampai mengatakan tidak siap, jika nanti ada orang yang ingin membeli produknya dengan jumlah banyak. Itu adalah salah satu kunci kesuksesan kita,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan HSS, Sudiono mengungkapkan, pada HSS Expo 2022 yang bertemakan “UMKM Semakin Mantap Barakat Gawian Manuntung, Barataan Himung” kali ini diikuti sebanyak 126 stand peserta.

Dimana diantaranya yakni berasal dari Organisasi Vertikal, OPD, Forkopimda, Organisasi Wanita, Organisasi Kemasyarakatan, Komunitas, Sekolah Pendidikan, Perbankan, Perusahaan Swasta, serta UMKM yang ada di Kabupaten HSS.

“HSS Expo tahun ini dilaksanakan selama tujuh hari, terhitung dari tanggal 5 hingga 11 Desember 2022 yang dimulai sejak pukul 09.00 sampai 22.00 WITA,” terangnya.

Tidak hanya itu, pada HSS Expo 2022 ini nantinya juga akan diisi dengan berbagai penampilan dari beberapa komunitas kesenian lokal maupun luar daerah untuk menghibur para pengunjung.

“Semoga HSS Expo tahun 2022 ini berjalan dengan lancar dan dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat di Harjad ke-72 Kabupaten HSS,” pungkasnya. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Dandim 1003/HSS Hadiri Pembukaan HSS Expo 2022 Wujud Dukungan Kepada Pemerintah Daerah

Published

on

Kegiatan HSS Expo 2022 secara resmi di buka Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP di Kawasan Stadion 2 Desember. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) merupakan wilayah Teritorial Kodim 1003/HSS yang saat ini sedang merayakan hari jadi yang Ke 72, diantara rangkaian kegiatan peringatan tersebut salah satunya adalah dengan menggelar Expo HSS 2022 dengan mengangkat tema “UMKM Semakin Mantap Berkat Gawian Manuntung Sabarataan Himung”.

Kegiatan HSS Expo 2022 ini secara resmi di buka oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP di Kawasan Stadion 2 Desember Desa Hamalau Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Senin Malam (5/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M.M.M didampingi Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXVI Dim 1003 Ny, Nurliwedie yang hadir bersama unsur Forkopinda lainya berikan komentar bahwa pihaknya Kodim 1003/HSS yang merupakan satuan Teritorial yang ada di Kabupaten HSS tidak ketinggalan dengan membuka Stand Kodim 1003/HSS, selain untuk memeriahkan kegiatan Expo, Kodim juga menunjukkan berbagai macam alutsista TNI AD dan menampilkan berbagai macam kegiatan teritorial dalam membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan daerah dari aspek ekonomi sosial dan budaya sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud.

“Momen seperti ini sangat tepat bagi masyarakat HSS untuk menunjukan UMKM bisa bersaing dengan daerah lain, diharapkan semangat terus terwujud tidak berhenti sampai di Expo ini saja, sehingga peningkatan perekonomian masyarakat benar benar tercipta sesuai dengan tema yang di usung pada tahun ini,” ungkapnya.

Dikatakan juga bahwa Kodim 1003/HSS siap mendukung program pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakat seperti halnya saat ini, jajaran Kodim 1003/HSS juga di gelar melaksanakan pengamanan guna menciptakan situasi dan kondisi yang aman pada pelaksanaan Expo yang rencana akan di buka selama sepekan kedepan ini. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup Hadiri Syukuran Dan Silaturahmi Penanggung Jawab Venue Porprov XI HSS

Published

on

Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., menghadiri kegiatan Syukuran dan Silaturrahmi dengan para penanggung jawab venue Poprov XI Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., menghadiri kegiatan Syukuran dan Silaturrahmi dengan para penanggung jawab venue Poprov XI Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan / Gedung Pramuka tersebut dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai juara umum pada gelaran Porprov tersebut.

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 5 Desember 2022 juga merupakan sarana menjalin silaturrahmi dan kebersamaan diantara para pengurus KONI dengan para penanggung jawab venue dan para pengurus cabang olahraga. Pada kesempatan ini, Wakil Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, serta Ketua Umum dan Sekretaris Umum KONI Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dalam sambutannya, Ketua KONI menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungan yang telah diberikan kepada KONI dalam menjalankan tugas- tugasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olaraga dan Pariwisata menyampaikan bahwa kegiatan silaturrahmi dan syukuran yang dilaksanakan jangan menjadi titik ahir, tetapi harus berlanjut di masa mendatang.

Wakil Bupati dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan syukuran yang dilaksanakan merupakan wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas terlaksananya kegiatan Porprov XI dengan lancar dan sukses. Sekaligus juga menjadi sarana silaturrahmi dan meningkatkan kebersamaan. Karena selama penyelenggaraan Porprov telah dapat mengatasi tantangan dan rintangan dan akhirnya sukses menjadi tuan rumah dan sukses dalam prestasi.

“Syukuran menjadi sarana untuk mengembalikan perasaan kita kepada Allah SWT serta untuk menyukuri segala sesuatu yang telah kita peroleh,” kata Wakil Bupati. [adv/HSS]

Continue Reading

Kaltara

Sekprov Kaltara: Dirgahayu Korem 092/Maharajalila ke-3

Published

on

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Dr H Suriansyah M.AP menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Komando Resort Militer (Korem) 092/Maharajalila. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Dr H Suriansyah M.AP menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Komando Resort Militer (Korem) 092/Maharajalila bertempat di Lapangan Korem 092/Maharajalila, Selasa(6/12).

Mengangkat tema “Wira Kangar Begali Mundur” yang memiliki makna bahwa seluruh prajurit Korem 092/Maharajalila merupakan prajurit petarung yang pemberani dan pantang mundur dalam setiap penugasan yang diberikan.

Dengan suasana penuh kebersamaan, Sekprov Suriansyah duduk bersama dengan Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Ari Estefanus, S. Sos, M.Sc, ditemani oleh sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di lingkungan Provinsi Kaltara.

Sekprov menyampaikan dirgahayu ketiga Korem 092/Maharajalila kepada seluruh jajaran Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya di lingkungan Korem 092/Maharajalila.
“Keberadaan Korem 092/Maharajalila di wilayah Kaltara sebagai garda terdepan TNI di wilayah perbatasan,” katanya.

Sementara Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI, Ari Estefanus menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan satuan dan tradisi korps serta sebagai wahana yang sangat efektif untuk memupuk soliditas jiwa korsa maupun nilai-nilai kejuangan yang dilandasi oleh kebanggaan, kecintaan serta ikatan batin yang kuat sesama warga Korem 092/Maharajalila serta komponen masyarakat di wilayah Kaltara.

Selama tiga tahun pengabdiannya, katanya, Korem 092/Maharajalila telah memberikan dharma bhaktinya kepada masyarakat Provinsi Kaltara, hal tersebut dapat tercapai karena seluruh komponen telah ikut membantu Korem 092/Maharajalila.

Dengan bertambahnya usia Korem 092/Maharajalila, Ia mengharapkan jajaran TNI semakin profesional dalam melaksanakan tugas mulia menjaga keamanan daerah serta bersama-sama bersinergi mewujudkan keamanan untuk Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera.

“Mewakili seluruh prajurit Korem 092/Maharajalila yang bertugas di Provinsi Kaltara, saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada seluruh masyarakat yang telah mengapresiasi kinerja TNI, hal tersebut menjadi pemicu semangat dan dukungan bagi seluruh prajurit TNI untuk berbuat yang terbaik tulus dan ikhlas,” pungkas Ari Estefanus. (md/dkisp)

Continue Reading

Banjarmasin

Jelang Akhir Tahun, UNIQLO Buka Toko Pertamanya Di Banjarmasin 9 Desember Mendatang

Published

on

Persiapan Opening UNIQLO Di Banjarmasin 9 Desember Mendatang. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Menjelang akhir tahun, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO mengumumkan akan membuka toko pertamanya di Kalimantan Selatan yang berlokasi di Duta Mall Banjarmasin Lantai 2 pada Jumat, 9 Desember 2022 mendatang. Sesuai dengan komitmen UNIQLO untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pakaian yang berkualitas dan nyaman, toko ke-56 di Indonesia dengan luas 2452,8 m2 ini diharapkan bisa menjawab antusiasme masyarakat dengan menyediakan semua kebutuhan gaya hidup melalui berbagai koleksi LifeWear.

Berbagai koleksi LifeWear favorit lengkap untuk pria, wanita hingga anak-anak dengan beragam model dan warna telah disiapkan di UNIQLO Duta Mall Banjarmasin untuk dinikmati masyarakat kota Banjarmasin dan sekitarnya. Beberapa diantaranya adalah koleksi pakaian olahraga lewat deretan Sport Utility Wear dan Proteksi Sinar UV yang mendukung aktivitas di luar ruangan, koleksi Loungewear dan Innerwear, koleksi Sweat untuk luaran, koleksi UT atau UNIQLO T-Shirt dengan berbagai kolaborasi, seperti Disney dengan Mickey Stands, Museum of Modern Art (At MoMA) hingga yang menjadi incaran penggemar anime UT Makoto Shinkai dan SPY X Family. Selain itu, berbagai produk esensial yang menjadi koleksi wajib juga tersedia serta koleksi AIRism yang selalu menjadi favorit pecinta LifeWear di Indonesia karena bahannya yang nyaman, sederhana namun sangat fungsional dan cocok digunakan di iklim tropis seperti Banjarmasin, Selasa (6/12/22).

Pelanggan UNIQLO LifeWear di Banjarmasin dan sekitarnya juga bisa mendapatkan harga khusus pembukaan untuk produk-produk tertentu yang hanya berlaku di UNIQLO Duta Mall Banjarmasin selama periode 9-15 Desember 2022, diantaranya beberapa koleksi untuk pria dan wanita seperti Blus Rayon Kerah Skipper Lengan 3/4, Kemeja Oxford Slim Fit Lengan Panjang, dan AIRism Celana Pendek Rileks. Ada juga koleksi anak-anak seperti Gaun Motif Panel Lengan Panjang, Jeans lembut Ultra Stretch (Resleting) dan masih banyak lagi. Untuk kebutuhan traveling khususnya ke daerah yang dingin, pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai koleksi Mantel Rajut, Jaket Fleece dan HEATTECH innerwear dengan penawaran khusus.

Berbagai promo menarik juga telah disiapkan selama periode pembukaan diantaranya pengunjung akan mendapatkan :
Exclusive Thermal Tumbler terbatas dengan pembelanjaan senilai Rp. 500.000, berlaku untuk kelipatan dan selama persediaan masih ada mulai dari tanggal 9 – 11 Desember 2022.

Bagi pengguna baru aplikasi UNIQLO akan mendapatkan UNIQLO App Welcome Coupon senilai Rp. 25.000 mulai dari tanggal 1 – 31 Desember 2022.

UNIQLO Duta Mall Banjarmasin juga mengimplementasikan pilar keberlanjutan (yang terdiri dari pilar People dan juga Society) yang diusung UNIQLO melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalam toko. Diantaranya dengan menyediakan ruang ganti untuk penyandang disabilitas yang dilengkapi bangku dan pegangan khusus agar memudahkan mereka memilih koleksi LifeWear favoritnya dengan nyaman sebagai komitmen untuk memberikan ruang bagi semua orang dari berbagai latar belakang (pilar People).

Kemudian penerapan pilar keberlanjutan Society, UNIQLO Duta Mall Banjarmasin menyediakan area khusus di dalam toko yang menampilkan instalasi produk dan informasi dari UKM terpilih dengan memadukan barang lokal dengan pakaian LifeWear bernama #BanjarmasinNEIGHBORHOOD. Program bertajuk UKM Neighborhood Collaboration ini merupakan bentuk dukungan dan kontribusi UNIQLO untuk turut membantu pelaku bisnis lokal agar bisa terus berkembang semakin baik lagi.

Hingga saat ini, UNIQLO telah memiliki 55 toko yang tersebar di seluruh Indonesia dan UNIQLO Duta Mall Banjarmasin menjadi penutup rangkaian pembukaan toko terbaru UNIQLO di tahun ini. UNIQLO Duta Mall Banjarmasin secara resmi akan dibuka untuk umum mulai Jumat, 9 Desember 2022 dan dapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dengan menikmati penawaran terbatas dan eksklusif selama periode pembukaan.

Untuk informasi terkini tentang UNIQLO Indonesia, kunjungi:
https://www.uniqlo.com/id/

Instagram Resmi UNIQLO Indonesia:
https://www.instagram.com/uniqloindonesia/

#####

Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan gaya modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Kesederhanaan desain dengan detail-detail modern yang tersembunyi dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, lebih hangat, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan bermasyarakat.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, Theory, PLST (Plus T), Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2.3 Triliun Yen untuk tahun 2022, tahun fiskal yang berakhir pada Agustus 2022 (USD 16.6 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2022 1 US Dollar = 138.7 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.400 toko di seluruh dunia termasuk Jepang, Asia, Eropa dan Amerika Utara. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri lebih dari 20 toko Grameen-UNIQLO di Dakha.

Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world (mengubah pakaian, mengubah pemikiran konvensional, merubah dunia) Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UNIQLO dan Fast Retailing, kunjungi www.uniqlo.com dan www.fastretailing.com. [ad/rls]

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
UNIQLO Indonesia PR
Yulia Rachmawati (yulia.rachmawati@uniqlo.co.id)
Yuli Triastuti (yuli.triastuti@uniqlo.co.id)
South Quarter Tower C, 17th Floor
Jl. R.A. Kartini Kav. 8 Cilandak, Jakarta Selatan, 12430

Image Dynamics (PR Agency):
Ayunda Putri ayunda@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-2001-411)
Ima Silaban ima.silaban@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-9055-4435)
Menara Sentraya Lt 11, Blok A1 11
Jl Iskandarsyah Raya No 1A, Jakarta

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Terima Kunker Komisi I DPRD Katingan

Published

on

Foto bersama DPRD Kapuas dan DPRD Katingan. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Katingan Senin (5/12/2022).

Kegiatan audiensi bersama di ruang rapat gabungan dihadiri pihak DPRD Kapuas Didi Hartoyo Ketua Komisi I DPRD Katingan
Toni Yosepha bersama rombongan serta pihak Setwan DPRD Kapuas.

Dalam pertemuan dilakukan tukar informasi terkait dana bantuan parpol.

“Ya kami ingin mengetahui dana bantuan parpol di Kabupaten Kapuas. Sehingga nantinya bisa untuk dilaksanakan di Katingan, ” kata Ketua Komisi I DPRD Katingan Toni Yosepha politisi Partai Golkar itu.

Sementara itu Komisi I DPRD Kapuas Didi Hartoyo mengatakan untuk Kabupaten Kapuas terkait dana parpol sudah berjalan sesuai kursi di legislatif.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Komisi I DPRD Katingan bahwa dengan adanya kunker ini bisa saling tukar informasi untuk alokasi dana parpol, ” ujar politisi PDI Perjuangan ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Nasional

Bank Kalsel Bersama Sedekah Beras Banjarmasin Peduli Gempa Cianjur

Published

on

Bantuan UPZ Bank Kalsel dan Sedekah Beras diterimakan para korban bencana Cianjur. (Foto/Ist) 

CIANJUR, SuaraBorneo.com – Meskipun disambut hujan deras dan angin kencang saat tiba di Cianjur, Jawa Barat, tetapi tak mengurangi niat dan tujuan mulai UPZ Bank Kalsel yang berkalaborasi Founder Sedekah Beras Banjarmasin saat mengantar bantuan korban Gempa ke Pos-Pos Penampungan bencana yang disatukan dalam tenda-tenda darurat di sejumlah Kecamatan Kabupaten Cianjur.

Bantuan UPZ Bank Kalsel dan Sedekah Beras diterimakan para korban bencana Cianjur di masing-masing tenda yang diisi 179 orang yang dibagikan bantuan ke Desa Lebe RT 02 & 03 RW 07 Desa Sukawangi Kecamatan Warung Kondang, Rt 001 RW 004 Desa Sukajaya, Kecamatan Cugenang, Jl Gatot Mangkupraja, Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022) dan Jumat (24/11/2022) dari pagi hingga malam hari.

Diberangkat dari Banjarmasin perwakilan UPZ Muhammad Rizaldy Mustary Haaq dan Asri Maulida juga dari Sedekah Beras Muhammad Mustakim, S.Sos M.AB dan Reza Nuzully Rahman mereka bekerja tak hanya mengantar bantuan sembako dan selimut sejumlah dana untuk meringatkan beban para korban bencana Cianjur.

“Pengiriman bantuan ini tak hanya memakai mobil roda empat karena medan paska gempa tentu tak semulus sebelumnya, sehingga selain harus memakai kendaraan roda dua juga harus berjalan kaki menuju tenda darurat,’’ujar Founder Sedekah Beras Muhammad Mustakim, S.Sos M.AB kepada awak media, sepulang mengantarkan bantuan saat tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Minggu (03/12/2022) sore.

Bantuan yang diantar selain 500 Paket sembako dan 200 selimut, dengan harapan bantuan bisa meringatan beban penderitaan para korban gempa. Founder Sedekah Beras BanjarmasiMuhammad Mustakim, S.Sos M.AB dan Muhammad Rizaldy Mustary Haaq dan Asri Maulida selaku perwakilan UPZ Bank Kalsel tak bisa menahan perasaannya saat berada di tengah-tengah korban bencana.

Tak hanya mengantarkan bantuan, rombongan UPZ Bank Kalsel dan Founder Sedekah Beras Banjarmasin pun saat tiba di lokasi penampungan satu persatu para korban Gempa masing-masing mencertiakan pengalaman dan perjuangan mempertahankan hidup sampai mendapatkan bantuan yang setiap hari datang mendorong dirinya kembali bangkit.
Mereka masing-masing melakukan curhat dan komunikasi. Bahkan mereka juga tak segan-segan memeluk dan menunjukan luka2 di tangan kaki hinga di kepala. Bahkan ada seorang bayi menangis saat kedatangan rombongan duta Bank Kalsel dan Founder sedekah Beras sehingga membuat suasana semakin haru dan terdorong untuk mengendonnya.

Tampak rombongan UPZ Bank Kalsel dan Founder Sedekah Beras tak ingin larut kesedian setelah mengantar bantuan dan mendengarkan para korban, para rombongan memutus cerita dan ijin meninggalkan lokasi korban Gempa untuk kembali ke Banjarmasin. [adv/ad]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Resmikan Taman Pamulasaran Di Masjid Agung  Taqwa

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP meresmikan Gedung Taman Pamulasaran Masjid Agung Taqwa Kandangan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Gedung baru Masjid Taqwa Kandangan pada siang ini resmi di operasikan secara menyeluruh setelah diresmikan siang ini.

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP meresmikan Gedung Taman Pamulasaran Masjid Agung Taqwa Kandangan. itsnaini, 11 Jumadil Akhir 1444 H/ Senin(05/12/22)

Serenomi peresmian ini ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh Bupati Hulu Sungai Selatan dengan di damping oleh Ketua MUI Kab. HSS dan Ketua Panitia Masjid Agung Taqwa Kandangan

Dalam kesempatan ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengapresiasi Langkah Masjid Taqwa Kandangan.

“ini merupakan Langkah maju dari masjid taqwa dalam merespon aspirasi masyarakat yang terkendala dalam pemulasaran jenazah di karenakan secara fisik tempatnya tidak memungkinkan,” ucap bupati

Bupati juga menghibau kepada masyarakat yang mana nantinya apabila rumahnya tidak memenuhi syarat dalam melaksanakan pemandian jenazah maka sebagai alternatif bisa di laksanakan di taman pamulasaran jenazah masjid agung taqwa kandangan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada para Pengurus Masjid Agung Taqwa Kandangan yang sudah mewujudkan aspirasi masyarakat dan mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan di rahmati ALLAH SWT”. Ungkap bupati

Ketua panitia menjelaskan gedung ini dibangun atas aspirasi masyarakat yang mana ketika mau melaksanakan pemulasaran jenazah terkendala fisik tempat.

“Selain itu panitia juga menyampaikan pemulasaran jenazah ini tidak dipungut biaya atau gratis dan untuk mobilisasinya sendiri jenazah akan di jemput dan diantarkan dengan ambulan,” jelasnya. [adv/hss]

Continue Reading

Umum

Populer