Indonesia Tuan Rumah AEM Special Meeting di Bali, Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Ekonomi

Indonesia Tuan Rumah AEM Special Meeting di Bali, Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan

Published

on

Para Menteri Ekonomi ASEAN peserta Pertemuan ASEAN Economic Ministers’ (AEM) Special Meeting pada 17–18 Mei 2022 disambut eksotisme tarian tradisional Bali dan hidangan kuliner nusantara yang disuguhkan pada jamuan penyambutan bersama pada Selasa (17/5/2022). (Foto: Kemendag)

JIMBARAN, SuaraBorneo.com – Para Menteri Ekonomi ASEAN telah tiba di Jimbaran, Bali untuk menghadiri Pertemuan ASEAN Economic Ministers’ (AEM) Special Meeting pada 17–18 Mei 2022.

Kehadiran para menteri ekonomi ASEAN disambut eksotisme tarian tradisional Bali dan hidangan kuliner nusantara yang disuguhkan pada jamuan penyambutan bersama pada Selasa (17/5/2022). Pada acara santap malam dimulai, para menteri ekonomi ASEAN menikmati sore dengan pemandangan laut biru yang memukau.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan AEM Special Meeting, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi menyambut para menteri ekonomi ASEAN dengan antusias. Selain tarian Bali, para tamu juga menikmati tarian dari berbagai tarian tradisional daerah di Indonesia.

“Sajian tari-tarian tradisional malam ini adalah keinginan menunjukkan keanekaragaman budaya Indonesia sebagai wujud keramahtamahan bangsa kita. Tarian malam ini juga untuk membangun suasana makan malam. Indonesia berharap, Pertemuan AEM Special Meeting kali ini berkontribusi positif bagi pengembangan ekonomi kawasan,” ujar Mendag Lutfi.

Sejumlah tarian tradisional Indonesia ini digelar di acara tersebut untuk memperkenalkan ragam budaya Indonesia. Tari-tarian tradisional yang ditampilkan yaitu Tari Cendrawasih, Tari Bali Panyembrama, Tari Oleg Tamulilingan, Tari Baris, dan Tari Legong. Tarian tradisional memberikan hiburan kepada para menteri yang hadir sembari menikmati makan malam yang disajikan.

Tari Cendrawasih menjadi tarian pertama yang disajikan. Para penari menggambarkan pesona dan keindahan burung-burung tersebut melalui gerakan-gerakan khas. Tarian selanjutnya adalah Tari Bali Panyembrama yang dibawakan penari-penari perempuan. Tari ini memiliki komposisi dengan gerakan yang menggambarkan penyambutan dewa-dewa yang turun ke kuil.

Tarian berikutnya adalah Tari Oleg Tamulilingan yang bercerita tentang sepasang kumbang jantan dan betina di suatu taman bunga. Dilanjutkan dengan Tari Baris yang menceritakan perjuangan kesatria ke medan perang. Tari Legong menjadi tarian pamungkas yang menutup sesi jamuan penyambutan.

Sedangkan kuliner nusantara yang disajikan yaitu lobster bakar bumbu rujak, sop iga sapi, selat solo, hingga es cendol. Suguhan makanan nusantara disajikan untuk memperkenalkan cita rasa khas kuliner Indonesia.

“Kami berharap, alam yang memukau di Bali, suasana pantai yang menyenangan, tari-tarian tradisional yang menggambarkan budaya bangsa, dan kuliner nusantara dengan cita rasa yang khas dapat memberikan lebih banyak energi dan semangat kepada para menteri ekonomi untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi ASEAN,” pungkas Mendag Lutfi. [adv/ad]

Banjarmasin

BI Dan Perbankan Terus Perluas Kaliber Ke Daerah Terluar Kalsel

Published

on

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan kembali membuka Layanan Kas Keliling Bersama (Kaliber) Perbankan di wilayah terluar bagi masyarakat Kalimantan Selatan. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan kembali membuka Layanan Kas Keliling Bersama (Kaliber) Perbankan di wilayah terluar bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Jika sebelumnya, Kaliber Kotabaru hadir di Desa Teluk Tamiyang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, maka pada tanggal 23 Oktober 2022, kegiatan Kaliber terus diperluas jangkauan penukaran uang di Kotabaru pada daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Tim SP PUR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dan Pimpinan Perbankan Cabang Kotabaru. Kegiatan Kaliber Kotabaru merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan 7 (tujuh) Bank yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, BSI, Bank Mega, BPD Kalsel dan Bank Danamon dalam konteks pendistribusian uang rupiah hingga ke pelosok negeri. Sekaligus untuk menjunjung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang direpresentasikan ke dalam uang Rupiah agar dapat mencapai wilayah-wilayah terluar.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi menyampaikan terima kasih kepada Perbankan yang telah ikut serta mendukung kegiatan Kaliber Kotabaru. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kotabaru dalam layanan penukaran uang Rupiah hingga ke daerah terluar. Hal ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan kegiatan Kaliber antara lain untuk memperluas jangkauan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah, mempercepat penarikan uang lusuh (clean money policy) dan menyediakan uang Rupiah Layak Edar dalam jumlah dan pecahan yang cukup kepada masyarakat. Serta dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI melalui penggunaan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah. Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan kegiatan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan pengenalan uang kertas Tahun Emisi 2022 yang memiliki 3 (tiga) aspek penguatan yakni Lebih Indah, Tahan Lama dan Aman (atau disebut INTAN)”.

Secara keseluruhan, acara berlangsung meriah. Terlihat masyarakat Kotabaru antusias hadir menukarkan uang dalam kegiatan ini, dengan sebanyak 500 orang berhasil melakukan penukaran uang. Masyarakat yang melakukan penukaran Uang Rupiah dalam kegiatan ini telah melakukan pemesanan melalui https://pintar.bi.go.id terlebih dahulu. Melalui pelaksanaan kegiatan Kaliber, masyarakat semakin mengenal Rupiah sebagai mata uang Republik Indonesia, sehingga tumbuh rasa Cinta Bangga dan Paham terhadap Rupiah. [ad/rls-bi]

Continue Reading

Banjarmasin

Lewati Triwulan III, Bank Kalsel Catat Kinerja Positif

Published

on

Grafik Kinerja Bank Kalsel di Triwulan III 2022. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel terus mencatatkan kinerja positifnya. Terhitung sejak awal tahun 2022, Bank Kalsel terus berakselerasi baik di kancah daerah maupun nasional dengan menghasilkan capaian optimal terhadap target yang diharapkan. Langkah-langkah strategis yang telah ditetapkan oleh Bank Kalsel di tahun 2022, sejauh ini terbukti berhasil memberikan hasil positif terhadap kinerja. Adapun strategi tersebut diterjemahkan dalam tiga fokus strategi.

Pertama, Optimalisasi Pendapatan, sebagai upaya mempertahankan rentabilitas dalam tingkatan wajar, dimana salah satunya adalah dengan menjaga dan meningkatkan performa aset-aset Bank yang potensial mendukung pendapatan bisnis.

“Bank Kalsel berhasil menunjukkan hasil menggembirakan. Posisi Aset per 30 September 2022 adalah sebesar Rp18,52 triliun, mampu tumbuh sebesar 18,76% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp15,59 triliun (yoy). Hal ini juga ditunjang dari meningkatnya Dana Pihak Ketiga (DPK), dimana per 30 September 2022 mampu mencatatkan sebesar Rp14,96 triliun atau tumbuh 19,31% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp12,54 triliun (yoy),” beber Hanawijaya, Jum’at (7/10/22) selaku Direktur Utama Bank Kalsel.

Sebagai informasi, rincian pencapaian untuk DPK antara lain meliputi Giro, Tabungan dan Simpanan Berjangka. Per tanggal 30 September 2022, Giro berhasil mencatatkan pencapaian sebesar Rp5,96 triliun, tumbuh 37,85% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp4,33 triliun (yoy). Untuk Tabungan, mencatatkan capaian sebesar Rp3,85 triliun, tumbuh 6,72% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp3,61 triliun (yoy).

Sedangkan Simpanan Berjangka, berhasil tumbuh sebesar 11,74% dimana per tanggal 30 September 2022 mencatatkan capaian sebesar Rp5,14 triliun, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp4,60 triliun (yoy).

Kedua, Efisiensi Biaya, yakni meminimalkan/mengoptimalkan pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan disusun berdasarkan skala prioritas, yang memang penting dan berdampak dalam mendukung kinerja bank.

“Strategi yang kami bangun, berhasil memberikan dampak efektif dalam kinerja kami, dimana per 30 September 2022, Bank Kalsel mampu mencatatkan BOPO sebesar 73,76% dibanding tahun sebelumnya sebesar 77,15% (yoy). Hal ini menunjukkan, Bank Kalsel telah berhasil menekan biaya-biaya yang timbul sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan perusahaan. Imbas dari langkah ini, per 30 September 2022 Bank Kalsel berhasil mencatatkan Laba sebesar Rp317,58 miliar lebih tinggi dibandingkan perolehan pada tahun sebelumnya sebesar Rp286,92 miliar (yoy) atau tumbuh sebesar 10,68%,” terang Hanawijaya.

Yang ketiga, Menjaga Kualitas Kredit yang berkualitas baik dan mengoptimalkan penagihan. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memastikan kinerja kredit Bank Kalsel selalu berada dalam kondisi
comply.

“Untuk kredit dan pembiayaan, Bank Kalsel mampu mencatatkan sebesar Rp12,20 triliun di posisi 30 September 2022, dengan kontribusi Kredit Produktif sebesar Rp5,75 triliun atau 47,14% dan Kredit Konsumtif sebesar Rp6,44 triliun atau 52,85%. Catatan tersebut meningkat 12,53% apabila dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar Rp10.84 triliun (yoy). Raihan ini turut menjadi salah satu faktor keberhasilan Bank Kalsel dalam menjaga Peringkat Komposit di level 2, dimana NPL (gross) berada di posisi 3,52% lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yakni 3,96% (yoy). Ini
mengindikasikan, Bank secara umum Sehat,” tukas Hanawijaya.

Atas pencapaian kinerja tersebut, tentunya patut disyukuri, dimana meskipun banyak dipengaruhi oleh keadaan ekonomi global yang tidak menentu, kondisi kinerja keuangan Bank Kalsel tetap.mampu bertumbuh positif. Upaya pemenuhan Modal Inti Minimum (MIM) yang ditetapkan regulator sebesar Rp3 triliun per 31 Desember 2024, menunjukkan progress yang positif, dimana per 30 September 2022 mencatatkan Modal Inti sebesar Rp2,02 triliun, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,94 triliun (yoy).

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Pemegang Saham, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Kalimantan Selatan serta DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Kalsel yang senantiasa memberikan dukungan, khususnya dalam upaya pemenuhan kewajiban yang ditetapkan regulator. Tak lupa saya ucapkan juga terima kasih kepada seluruh Insan Bank Kalsel yang sudah memberikan kinerja terbaiknya dalam upaya meningkatan pencapaian Bank Kalsel,” pungkas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Bank Kalsel Teken Pinjaman Bilateral Bersama Bank BCA

Published

on

Penandatanganan dilakukan di ruang rapat Lantai 3 Kantor Pusat Bank Kalsel oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya dan Kepala KCU BCA Banjarmasin, Cecep Sopwan Hadi. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk komitmen dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Kalimantan Selatan, Bank Kalsel bersama Bank BCA Kantor Cabang Utama Banjarmasin melakukan penandatanganan Pinjaman Bilateral / Bank Loan guna menambah pendanaan dalam menyalurkan kredit kepada masyarakat. Penandatanganan dilakukan di ruang rapat Lantai 3 Kantor Pusat Bank Kalsel oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya dan Kepala KCU BCA Banjarmasin, Cecep Sopwan Hadi, Kamis (6/10).

Turut berhadir Kepala Pengembangan Bisnis BCA Cabang Banjarmasin serta Jajaran Bank Kalsel dari Divisi Treasury, Divisi Konsumer, Divisi Kredit UMK, Divisi Dana & Digital Banking. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Jajaran Pejabat BCA Kantor Pusat melalui Virtual Zoom.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang dilakukan antara Bank Kalsel dengan Bank BCA.

“Masuknya Bank-bank daerah melalui kerjasama seperti ini merupakan salah satu yang diharapkan bagi Treasury nya masing-masing BPD, tak terkecuali di Bank Kalsel. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan saat ini bisa memberikan benefit yang positif bagi Bank BCA dan Bank Kalsel di masa akan datang,” ungkap Hanawijaya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KCU BCA Banjarmasin, Cecep Sopwan Hadi mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk bisa menyalurkan alternative financing solutions kepada Bank Kalsel sebagai dukungan terhadap pengembangan ekonomi wilayah Kalimantan selatan.

“Sebagai komitmen dalam mendorong pertumbuhan perbankan, Bank BCA senantiasa hadir untuk memberikan dukungan terutama kepada Bank Kalsel untuk membangun perekonomian di Kalimatan Selatan, hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan sinergi yang sangat kuat antara Bank Kalsel dan Bank BCA,” tutup Cecep. [adv/ad]

Continue Reading

Ekonomi

ASPI Dukung Konsolidasi Industri Sistem Pembayaran Nasional

Published

on

Bank Indonesia (BI) telah resmi meluncurkan infrastruktur pembayaran, yaitu BI-Fast pada Desember 2021. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) telah resmi meluncurkan infrastruktur pembayaran, yaitu BI-Fast pada Desember 2021. Direktur Eksekutif Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Djamin Nainggolan mengatakan, BI-Fast dibangun dalam rangka mendukung konsolidasi industri sistem pembayaran nasional dan integrasi ekonomi keuangan digital secara end-to-end.

BI Fast juga dibangun untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana yang lebih efisien, cepat (real-time), dan tersedia setiap saat.

Djamin mengatakan, BI-Fast hadir seiring dengan tumbuhnya transaksi digital di Indonesia. Menurut Djamin, pertumbuhan uang elektronik di Indonesia meningkat 10 kali lipat sepanjang 2016-2021. Pada 2016 tercatat ada sebesar 51 juta. Lalu, pada 2021 tercatat ada sekitar 575 juta transaksi elektronik.

“Tahap pertama BI-Fast pada Desember 2021 sudah kredit transfer dan masih akan dilengkapi fitur-fiturnya. Peserta juga akan lebih banyak. Pada tahap pertama ada 21 bank. Ada sekitar 128 peserta bank, yang akan masih terus bergerak”, seperti dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (3/10/2022).

Djamin meyakini, tren digitalisasi yang terus berkembang dapat mengurangi GAP antara bank besar maupun bank kecil di Indonesia. Sebab, pada akhirnya semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa memberikan kepuasan kepada nasabah.

Selain itu, lanjut dia, selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam tren perkembangan digital di dalam negeri dengan dapat meningkatkan kerjasama antara fintech maupun bank, mengingat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan ekosistem yang bisa menunjang berbagai layanan untuk pelanggan.

“Sebagai pemain kita sama-sama bisa lihat bahwa banyak tren menggunakan uang elektronik chip maupun server base, karena onboarding yang gampang, customer experience-nya berbeda dan tidak ribet kalau buka account,” kata dia. (ril/her/Azs)

Continue Reading

Banjarmasin

Hyundai STARGAZER Hadir Di Banjarmasin Dengan Berbagai Program Menarik Dan Kecanggihannya

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyapa Kota Banjarmasin melalui Hyundai Duta Mall Banjarmasin, yang berlangsung pada 7-11 September 2022.

Melalui pameran ini, Hyundai menghadirkan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, Hyundai STARGAZER, yang baru diluncurkan secara resmi di gelaran GIIAS 2022 pada 11 Agustus 2022, lalu.

Berbagai promo menarik telah disiapkan untuk memanjakan pengunjung, tak hanya itu HMID juga menyediakan test-drive untuk STARGAZER agar pengunjung dapat merasakan pengalaman langsung mengendarai Hyundai STARGAZER.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengatakan, pihaknya menghadirkan Hyundai STARGAZER sebagai produk MPV terbaru untuk masyarakat Kota Banjarmasin.

“Kami percaya bahwa STARGAZER yang telah disesuaikan dengan karakteristik masyarakat ini akan selalu menjawab kebutuhan berkendara keluarga Indonesia, terutama masyarakat Banjarmasin,” ucapnya, Kamis (7/9/2022).

Hyundai memberikan tampilan Eksterior yang Tangguh dan Mengesankan, STARGAZER mengusung tipologi konsep kendaraan Sleek One Box yang membuat kendaraan ini tampak dinamis, ekspresif, dan futuristis. Ciri khas ini diperkuat dengan adanya Horizontal DRL yang melintang pada bagian depan kendaraan.

“Horizontal DRL disematkan menjadi tanda bahwa STARGAZER diluncurkan pertama kali di Indonesia, sebuah negara yang terletak di garis Khatulistiwa,” ungkap Makmur.

Pada bagian belakang kendaraan, Hyundai memperkuat identitas STARGAZER dengan Distinctive H Rear Lamp yang ikonik. Lampu belakang berbentuk huruf H memungkinkan STARGAZER mudah dikenali sebagai produk Hyundai meski tampak dari kejauhan.

Huruf H yang simetris juga melambangkan keseimbangan, kesatuan, dan keharmonisan yang menghubungkan Indonesia dari bagian Barat hingga ke Timur. Desain yang dirancang menunjukkan inovasi Hyundai dalam menggabungkan teknologi dan nilai-nilai emosional.

Dari segi dimensi kendaraan, Hyundai STARGAZER dipastikan menjadi MPV tangguh yang siap menemani setiap perjalanan keluarga Indonesia. STARGAZER memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu roda sepanjang 2.780 mm, serta jarak overhang sisi depan 800 mm dan sisi belakang sepanjang 880 mm.

Lebih lanjut, ground clearance dari Hyundai STARGAZER setinggi 195 mm membuatnya semakin andal melalui kontur jalanan yang bergelombang dan berbatu.

Berbicara Interior STARGAZER sangat Lapang dengan Ruang Penyimpanan Praktis Multifunctional Storage Space menjadi konsep utama dalam mendesain interior STARGAZER.

Dengan konsep ini, STARGAZER memaksimalkan ruang yang tersedia untuk penyimpanan, seperti adanya glove box, console tray, cup holder pada sisi pintu, dan lainnya. Banyaknya ruang
penyimpanan yang praktis membuat ruang kabin jauh lebih lega tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

Bahkan One Curve Design pada kendaraan menciptakan lengkungan di langit-langit kendaraan, sehingga menghasilkan headroom dari baris pertama hingga ketiga menjadi jauh lebih lapang. Selain itu, suasana mewah semakin terasa dengan Ambient Mood Lighting yang menghiasi interior STARGAZER.

Di baris pertama atau kursi pengemudi, hadirnya Head Unit Audio Touch Display berukuran 8 inci telah didukung konektivitas pada smartphone. Terdapat juga wireless smartphone charger yang dapat membantu mengisi daya pada smartphone pengguna selama perjalanan.

Memasuki baris kedua, pengguna STARGAZER akan semakin dimanjakan dengan adanya captain seat. Pemilihan captain seat menambah kesan kabin yang lebih lega karena adanya ruang
kosong pada tengah kabin. Lebih lanjut, keberadaan captain seat lengkap dengan armrest yang memungkinkan penumpang di baris kedua untuk menyandarkan tangan serta melakukan konfigurasi kursi yang dapat diatur maju, mundur, tegak atau bersandar dengan leluasa.

STARGAZER juga tersedia dalam tipe 7 seater, sehingga membuat lebih nyaman untuk bepergian bersama seluruh anggota keluarga baik di dalam kota maupun ke luar kota. Pada tiga tipe teratas yaitu Trend, Style, dan Prime, penggunaan Rear A/C system dengan EVA-type sebagai bagian dari fitur Full Automatic Temperature Control dapat menghasilkan udara kabin yang dingin untuk penumpang di baris kedua dan ketiga.

Dari Performa Responsif dan Efisien, STARGAZER menawarkan 4 (empat) mode berkendara yang tersedia mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa yang lebih maksimal di mode Sport.

Lebih lanjut, STARGAZER sendiri telah dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga pengguna tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin.

Dari segi performa, STARGAZER memiliki mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm. Kemampuan tersebut membuktikan kinerja mesin yang disuguhkan STARGAZER tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang dalam namun sudah siap memberikan dorongan instan dan responsif..Tentunya, responsivitas dan performa ini sangat cocok digunakan untuk kondisi jalanan di Indonesia.

Ditambah dengan adanya sistem Intelligent Variable Transmission (IVT), mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan dan irit bahan bakar. Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional saat di perjalanan.

Fitur Keamanan dan Hyundai Smartsense STARGAZER memiliki fitur keamanan terkini yang meningkatkan pengalamanberkendara dengan lebih aman. Salah satu fitur yang dimiliki adalah Hill-Start Assist Control (HAC) yang dapat mencegah kendaraan mundur saat menyalakan mesin dari posisi berhenti di tanjakan.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), merupakan fitur yang dirancang untuk membantu mendeteksi adanya kendaraan dari arah depan dan memperingatkan pengemudi bahwa akan terjadi potensi tabrakan. Jika diperlukan, fitur ini akan secara otomatis melakukan pengereman.

Terdapat juga Lane Keeping Assist(LKA), yang dirancang untuk mendeteksi marka jalan atau tepi jalan saat berkendara di atas kecepatan tertentu. Fitur ini akan memperingatkan pengemudi
jika kendaraan menjauh dari jalur tanpa menggunakan lampu sein atau secara otomatis akan membantu pengemudi untuk mencegah kendaraan keluar jalur.

Dilengkapi juga dengan Lane Following Assist (LFA), yang mampu membantu mendeteksi marka jalur dan/atau kendaraan di jalan, serta membantu mengarahkan roda kemudi untuk membantu menjaga kendaraan di jalur.

Fitur keselamatan lainnya pada STARGAZER semakin sempurna dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Safe Exit Warning (SEW), Driver Attention Warning (DAW) dan High Beam Assist (HBA).

Hyundai Motors Indonesia juga kembali menghadirkan teknologi inovatif, Hyundai Bluelink, sebuah inovasi Connected Car Service yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Hyundai Bluelink memberikan akses penuh kepada pemilik STARGAZER untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, termasuk mengetahui dimana kendaraan diparkir.

Salah satu alasan Hyundai Bluelink dihadirkan adalah untuk meningkatkan pengalaman dalam berkendara yang aman bagi pengguna STARGAZER, seperti beberapa fitur unggulan dari Bluelink yakni tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Fitur-fitur unggulan lain dari Hyundai Bluelink juga meliputi Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Hyundai STARGAZER tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Midnight Black Pearl, Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Optic White Solid, Dragon Red Pearl dan Mangrove Brown Pearl. Kemudian STARGAZER juga tersedia dengan pilihan Two- Tone Color dengan tambahan biaya Rp 1.500.000 untuk varian Prime dan akan ada tambahan biaya Rp 1.000.000 untuk Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime.

STARGAZER tersedia dalam empat varian yaitu Active, Trend, Style dan Prime dengan pilihan harga (OTR Banjarmasin):
o STARGAZER Active MT: IDR 249.300.000,-
o STARGAZER Active IVT: IDR 261.900.000,-
o STARGAZER Trend MT: IDR 269,300.000,-
o STARGAZER Trend IVT: IDR 281.300.000,-
o STARGAZER Style IVT: IDR 301.300.000,-
o STARGAZER Prime IVT: IDR 312.100.000,-

Hyundai Owner Assurance Program dan Layanan Purna Jual Hyundai Motors Indonesia tentunya juga telah mempersiapkan berbagai program penjualan dan purna jual yang menarik dan penting bagi pelanggan STARGAZER di Indonesia, yaitu seperti:

1. Gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 3+1 tahun atau 60.000 (mana yang tercapai lebih dulu)
2. Garansi Dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).
3. Gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 (mana yang tercapai lebih dulu). [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

BI Mencabut Dan Tarik Uang Rupiah Tahun Emisi 1995 Dari Peredaran

Published

on

Pampleat, Bank Indonesia akan tarik uang tahun emisi 1995. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik Uang Rupiah Khusus Peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun Emisi 1995 (URK TE 1995) dari peredaran, melalui penerbitan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 24/15/PBI/2022, terhitung sejak 30 Agustus 2022.

“Dengan demikian, terhitung tanggal dimaksud, URK tersebut tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya yang disampaikan pada, Selasa (6/9/2022).

Pencabutan dan penarikan itu, adalah untuk Uang Rupiah Khusus Seri Demokrasi Pecahan 300.000. Uang Rupiah Khusus Seri Presiden Republik Indonesia Pecahan 850.000.

Bagi masyarakat yang memiliki URK tersebut dan ingin melakukan penukaran, dapat menukarkannya di Bank Umum terhitung sejak 30 Agustus 2022 – 30 Agustus 2032, atau 10 tahun sejak tanggal pencabutan.

Penggantian atas Uang Rupiah Khusus Tahun Emisi 1995 yang dicabut dan ditarik dari peredaran sebesar nilai nominal yang sama dengan yang tertera pada URK dimaksud. Layanan penukaran juga dapat dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan BI sesuai dengan jadwal operasional dan layanan publik BI.

“Penggantian atas URK dalam kondisi lusuh, catat, atau rusak dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Bank Indonesia mengenai pengelolaan Uang Rupiah. Yaitu dalam hal fisik uang Rupiah logam lebih besar dari 1/2 (satu perdua) ukuran aslinya dan ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang Rupiah yang ditukarkan, dan d alam hal fisik uang Rupiah logam sama dengan atau kurang 1/2 (satu perdua) ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian,” tambahnya.

BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan pemerintah. [ad/rls]

Continue Reading

Ekonomi

Indonesia Dan Singapura Sepakat Dorong Konentivitas Pembayaran Kode QR Lintas Negara Dan Promosi Penggunaan Mata Uang Lokal

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) pada hari ini (29/8) meresmikan implementasi kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Indonesia dan Thailand. Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 2021 yang telah berjalan dengan baik dan dilanjutkan dengan fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Melalui inisiatif ini, masyarakat di wilayah Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant. Lebih lanjut, BI dan BoT juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara (cross border transfer) melalui fast payment. Kedua bank sentral akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait inisiatif tersebut.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, pada kesempatan tersebut menyampaikan, “Inisiatif untuk mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara merupakan agenda prioritas dalam pembahasan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022. Inisiatif tersebut bertujuan untuk menghubungkan pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code nasional antar kedua negara. Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal. Inisiatif ini dipandang dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas”.

Lebih lanjut, Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput, juga menyampaikan, kerja sama yang juga merupakan bagian dari ASEAN Payment Connectivity Initiative, menunjukan komitmen bersama untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan pembayaran lintas negara yang semakin inklusif. QR cross border memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan, aman, dan efisien. Ke depan, kerja sama pembayaran lintas negara akan diintegrasikan dengan fast payment systems yang terdapat pada kedua negara, Indonesia’s BI-FAST dan Thailand’s PromptPay, yang telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna. Konektivitas pembayaran antara Indonesia dan Thailand akan menyediakan real-time cross border fund transfer untuk pekerja migran, ekspatriat, dan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam melakukan transfer lintas negara secara efisien. Melalui inisiatif tersebut, konektivitas pembayaran di ASEAN akan semakin inklusif kedepannya.

Inisiatif linkage sejalan dengan komitmen G20 dalam roadmap pembayaran lintas negara untuk menciptakan sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inkusif. Hal ini juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.
Inisiatif linkage ini dilakukan melalui kolaborasi perwakilan industri kedua negara yang berada di bawah pengelolaan bersama BI dan BoT. Melalui peluncuran ini, BI dan BoT mendorong partisipasi seluruh pengguna dari Indonesia dan Thailand untuk mendukung ekosistem pembayaran lintas negara. [ad/rls-bi]

Continue Reading

Ekonomi

BI Dan Pemerintah Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada hari ini (18/8) di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada  HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang. Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya. Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini selaras pula dengan tema HUT RI ke-77 : Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia. Pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022. Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Dorong Pemulihan Ekonomi Di Kalsel Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan Green Economy

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Humas BI Provinsi Kalsel menyampaikan _Capacity Building on G20 Issues_ untuk _Stakeholder_ Daerah di Banjarmasin dengan tema “Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Merata dan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan _Green Economy_” telah sukses dilaksanakan di Banjarmasin secara _Hybrid_ pada 11 Agustus 2022. Acara dimaksud juga dirangkaikan dengan peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara dibuka dengan _opening remarks_ dari Bapak Bimo Epyanto selaku Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan dan dilanjutkan dengan sesi panel diskusi dengan narasumber Ibu Lisa Khulasoh (Deputi Direktur DUPK Bank Indonesia), Bapak Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D. (Guru Besar Institut Pertanian Bogor), serta Bapak Tommy Tjiptadjaja, MBA (Co-Founder dan CEO Greenhope). Sesi diskusi panel dan tanya jawab dipandu oleh moderator Ibu Dr. Hania Rahma (Dosen Universitas Indonesia).

Secara ringkas, _Capacity Building_ ini membahas mengenai bagaimana pemberdayaan dan digitalisasi UMKM menjadi salah satu upaya inklusi keuangan untuk mendukung pemulihan ekonomi, serta hilirisasi industri melalui inovasi teknologi dan produk ramah lingkungan sebagai kunci dalam mewujudkan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Peserta yang hadir mencapai 231 orang secara luring dan daring yang berasal dari perwakilan _stakeholder_ Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan selatan. Para peserta sangat antusias terlibat secara aktif dalam setiap sesi tanya jawab.

🇮🇩_Recover Together, Recover Stronger_🇮🇩

Kamis 11 Agustus 2022 berlokasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalsel, telah dilaksanakan Peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dengan judul “Dinamika Hulu-Hilir Sungai: Bank Indonesia dalam Lintasan Sejarah Kalimantan Selatan.”

Buku ini hadir melengkapi publikasi BI Instititute, sebagai rekaman _institutional memory_ tentang perjalanan sejarah perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan serta kiprah De Javasche Bank hingga Bank Indonesia dalam mengawal laju perekonomian Kalsel dari masa ke masa.

Peluncuran buku ini menandai beredarnya buku ini secara luas di tengah masyarakat. Secara simbolis dilakukan penyerahan buku oleh Ibu Arlyana Abubakar kepada beberapa pihak:
1. Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. (Tim Penulis)
2. Ir. Pakhri Anhar, M.T. (Tim Penulis)
3. Bimo Epyanto, (Dep KaKPw BI Prov. Kalsel)
4. Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP (Wakil Rektor BidangKemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat)
5. Way Hudi Anden (Ketua Persatuan Pensiunan Bank Indonesia Kalsel)

Untuk mengenal lebih dekat tentang isu buku, silakan menyimak video teaser buku melalui link berikut:
https://drive.google.com/file/d/1UsUOlGF5hkc8mVnQQS58pmGGV63FGx6G/view?usp=sharing. [ad/rls]

Continue Reading

Populer