Kunker, Ini Harapan Ketua Bhayangkari Pulpis – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalteng

Kunker, Ini Harapan Ketua Bhayangkari Pulpis

Published

on

Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan menyaksikan panen ikan lele di kolam Bhayangkari Ranting Kahayan Tengah. (Foto: Ist)

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau (Pulpis) Daerah Kalimantan Tengah Ny. Prietha Perthantri Kurniawan menyampaikan sejumlah harapan dan pesan ketika melakukan kunjungan kerja (Kunker) di dua ranting jajaran, Selasa (17/5/2022).

“Saya mengharapkan anggota bhayangkari jajaran Cabang Pulpis dapat membagi waktu antara kepentingan keluarga dan organisasi, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” ungkap Ny. Prietha P Kurniawan dalam arahannya, saat kunjungan kerja ke Ranting Banama Tingang dan Kahayan Tengah.

Isteri Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono ini menambahkan, pihaknya juga sangat mengapresiasi kepada anggota bhayangkari yang bekerja.

“Ini karena walau bekerja, mereka tetap mampu mendukung dan mendampingi tugas suami serta mampu membantu menjalankan program kerja organisasi dengan baik,”ungkapnya.

Ketua Bhayangkari Cabang Pulpis ini juga berpesan, agar anggota bhayangkari selalu rendah diri dan di era kemajuan teknologi informasi ini, dapat tetap bijak bermedia sosial.

“Semoga dengan kunjungan kerja ini, seluruh jajaran Bhayangkari Cabang Pulang Pisau dapat semakin mempererat jalinan silaturahmi, dan semakin baik lagi dalam menjalankan program kerja organisasi bhayangkari,” pungkas Ny. Prietha P Kurniawan.

Adapun dalam kunjungan kerja ini, tampak ikut mendampingi rombongan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Pulang Pisau Ny. Dewi Nandi Indra, para Ketua Seksi dan Pengurus Cabang Bhayangkari Pulang Pisau. [ujang/ery-SB]

Kalteng

DPRD Kapuas Terima Kunker Komisi I DPRD Katingan

Published

on

Foto bersama DPRD Kapuas dan DPRD Katingan. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Katingan Senin (5/12/2022).

Kegiatan audiensi bersama di ruang rapat gabungan dihadiri pihak DPRD Kapuas Didi Hartoyo Ketua Komisi I DPRD Katingan
Toni Yosepha bersama rombongan serta pihak Setwan DPRD Kapuas.

Dalam pertemuan dilakukan tukar informasi terkait dana bantuan parpol.

“Ya kami ingin mengetahui dana bantuan parpol di Kabupaten Kapuas. Sehingga nantinya bisa untuk dilaksanakan di Katingan, ” kata Ketua Komisi I DPRD Katingan Toni Yosepha politisi Partai Golkar itu.

Sementara itu Komisi I DPRD Kapuas Didi Hartoyo mengatakan untuk Kabupaten Kapuas terkait dana parpol sudah berjalan sesuai kursi di legislatif.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Komisi I DPRD Katingan bahwa dengan adanya kunker ini bisa saling tukar informasi untuk alokasi dana parpol, ” ujar politisi PDI Perjuangan ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

2022 Kasus Persetubuhan Anak Di Bawah Umur di Kapuas Meningkat

Published

on

Meriyanty Unit PPA Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Berdasar penanganan kasus persetubuhan anak di bawah umur di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meningkat.

“Dibanding tahun sebelumnya tahun 2022 ini terjadi peningkatan yakni ada puluhan kasus yang dilaporkan kepada kami, ” kata Unit PPA Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Meriyanty kepada media usai Press Release di Aula Kantor Polres Kapuas Senin (5/12/2022).

Menurutnya terkait itu pihaknya terus bekerja sama baik penanganan hukum oleh pihak kepolisian kemudian juga pendampingan dalam penanganan terhadap korban.

“Pendampingan dengan terapi psikologis terhadap korban, ” katanya.

Oleh karena itu diharapkan kepada masyakat kalau ada yang mengalami pun mendapat informasi sampaikan kepada kami sehingga bersama-sama dapat membantu korban.

Meriyanty menambahkan faktor-faktor yang mempengaruhi hingga adanya kejadian karena faktor ekonomi pola asuh keluarga gadget maupun dampak medsos.

“Ini hanya yang dilaporkan dan ditangani. Mungkin masih banyak. Karenanya kepada masyarakat bantu kami memberikan pendampingan kepada korban, ” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Polres Kapuas Ungkap Kasus Penganiayaan Dan 3 Kasus Pesetubuhan Anak Di Bawah Umur

Published

on

Press Release Polres Kapuas penganiayaan dan 3 kasus persetubuhan anak di bawah umur Senin (5/12/2022). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Polres Kapuas menggelar Press Release kasus penganiayaan dan 3 kasus persetubuhan terhadap anak di bawah umur di Aula Kantor Polres Jalan Pemuda Kuala Kapuas Senin (5/12/2022).

Kapolres AKBP Qori Wicaksono SIK didampingi Kasat Reskrim Kapolsek Kapuas Murung Kanit PPA dan UPT PPA Dinas P3APPKB mengatakan pengungkapan terhadap 4 kasus tersebut kini dalam penanganan hukum Polres Kapuas.

Dikatakan Kapolres adapun kasus penganiayaan tersangka HD (38) dan korban wanita (36). Tindak pidana itu menyebabkan korban mengalami luka berat. Tersangka diputus korban serta cincin pemberian tersangka dijual korban.

“Tersangka dikenai pasal 351 ayat (2) KUHPidana, “kata Kapores.

Kasus persetubuhan anak di bawah umur dengan tersangka seorang kakek AA (65)
di Kecamatan Selat yang tega melakukan perbuatan bejat terhadap cucunya itu.

Kemudian di Kecamatan Bataguh dengan tersangka RN (24) Selanjutnya terhadap 4 tersangka yakni HS (20) RTN (23) AA (19) dan KS (19) di Kecamatan Kapuas Murung.

Kapolres melanjutkan terhadap kasus persetubuhan anak di bawah umur dikenai pasal 81 Ayat (2) Undang-Undang RI nomor 17 tahun 2016 Tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Ancaman pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun, ” jelasnya.

Pada kesempatan itu Kapolres Kapuas merasa prihatin dan menghimbau kepada orang tua agar selalu melakukan pengawasan terhadap anak-anak perempuan selain pentingnya peranan para tokoh agama dan tokoh agama bersama-sama mengawasi. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Laksanakan Seleksi P3K

Published

on

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Komari SE. (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) pada bulan Desember Tahun 2022 ini melaksanakan seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Komari SE kepada media Kamis (1/12/2022) mengatakan seleksi P3K saat ini masih dalam proses penilaian.

“Untuk tenaga guru jumlah pendaftar sebanyak 598. Lulus pra sanggah 576. Lulus setelah pasca sanggah 587 orang dengan quota 88,” katanya.

Kemudian jelasnya untuk tenaga kesehatan jumlah pendaftar 638. Tak lulus pra sanggah 238 lulus setelah pra sanggah 373. Adapun quota 87.

Ia melanjutkan pelaksanaan seleksi P3K tanggal 6-20 Desember 2022 sambil menunggu informasi lebih lanjut dari BKN regional VIII terkait pelaksanaan seleksi P3K Kabupaten Kapuas.

“Harapannya dengan adanya seleksi P3K dapat mengisi kekurangan tenaga guru dan nakes pada dinas terkait. Sedangkan bagi yang belum berhasil tahun ini tahun depan dapat mengikuti seleksi kembali.

Lebih dari itu seleksi P3K dapat meningkatkan kinerja secara profesional sesuai tupoksinya, “katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Ultah ke 55 Plt Sekwan Kapuas Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota DPRD

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik usai pelaksanaan rapat paripurna di Kantor DPRD Kapuas, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta sejumlah anggota dewan mengucapkan selamat ulang tahun ke 55 untuk Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara simbolis memberikan tumpeng kepada Plt Sekwan sebaliknya kepada unsur pimpinan dewan.

“Semoga Plt Sekwan DPRD Kapuas Ibu Hj Marlina selalu diberikan kesehatan panjang umur bahagia serta dapat menjalankan tugas dan pelayanan yang baik, “ucap Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan yang telah memberi perhatian selama ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2023 disetujui. Persetujuan tersebut tertuang dalam rapat paripurna ke X masa persidangan pertama, Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna di Kantor DPRD dpimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta anggota DPRD.

Dari eksekutif Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor
mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda Sekda Kapuas Septedy serta OPD.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah kepada awak media usai kegiatan Selasa (29/11/2022) mengatakan untuk raperda APBD TA 2023 Kabupaten pada hari ini resmi disetujui dengan penandatanganan.

“Ya sudah disetujui untuk selanjutnya sesuai mekanisme dan ketentuan disampaikan kepada gubernur untuk evaluasi, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama antara TAPD dan dewan terkait APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 tersebut.

Adapun rancangan skema APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 yakni
Pendapatan Rp. 2.252.316.387.888.00
Belanja Rp. 2.226.619.285.544.00 Surplus (defisit) Rp. 25.697.102.344.00
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Mentan Tinjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas

Published

on

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kawasan Food Estate di kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meninjau kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Sabtu (36/11/2022).

Kunker Mentan didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya beserta rombongan dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan lahan yang berada di Dadahup ini memiliki keasaman atau tingkat (PH)
yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Oleh karena itulah perlu kita benahi. Kita tak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini. Namun masa depanlah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia, ” jelasnya Mentan.

Namun demikian imbuhnya bahwa
lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus.

Karenanya kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya, “ujarnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32 yang mana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa disamping peninjauan infrastruktur di area kawasan Food Estate.

Sedangkan Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Harapan kita bersama kawasan Food Estate ini menjadi lumbung ketahanan pangan nasional, ” katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Gerbong Pemerintah Bergerak Bupati Kapuas Lantik 10 Kepala OPD

Published

on

Pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Aula Kantor Bupati Kapuas Kamis (24/11/2022). (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Gerbong Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik sebanyak 10 pejabat tinggi pratama eselon II B Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas di Aula Kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (24/11/2022).

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengatakan pelantikan terhadap sejumlah pejabat tinggi pratama sudah sesuai proses seleksi dan ketentuan perundangan aturan yang berlaku.

“Untuk itu laksanakan tugas dengan baik sesuai ketentuan berlaku. Saya minta para pejabat untuk segera melakukan pembenahan di OPD masing-masing. Tunjukkan kinerja yang baik kedepankan pelayanan masyarakat, “pinta orang nomor satu di Kapuas itu. k

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy MSi mengatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini di lakukan untuk pemenuhan kebutuhan organisasi dan pengembangan karir.

“Ini berdasarkan penilaian kinerja dan kompetensi jabatan pimpinan tinggi pejabat pratama Kabupaten Kapuas. Sedangkanuntuk kekosongan pejabat tinggi di OPD sesuai mekanisme akan dilakukan seleksi ketat, “jelas Sekda.

Adapun 10 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah :

1. Ahmad M Saribi jabatan baru Asisten III Setda Kapuas.

2. Idie Gaman jabatan baru Kepala BPPRD Kapuas.

3. Catur Ferianto jabatan baru Kepala Bappeda Kapuas.

4. H Suparman Jabatan baru Staf Ahli Kemasyarakatan Setda Kapuas.

5. Aswan jabatan baru Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kapuas.

6. Budi Kurniawan jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kapuas.

7. Yanmarto jabatan baru Kepala Dinas Sosial Kapuas.

8. Suwarno Muriyat jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kapuas.

9. Komari jabatan Kepala BKPSDM Kapuas.

10. Kusmiati jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Camat Minta Lurah di Kecamatan Selat Sosialisasikan Perbup Nomor 61/2022

Published

on

Camat Selat Yaya setiabudi. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Camat Selat Yaya Setiabudi meminta lurah di wilayah Kecamatan Selat agar mensosialisasikan Perbup Nomor 61 Tahun 2022.

“Supaya disoalisasi Perbub tersebut sehingga masyarakat tahu terkait pendirian sarang burung walet,” kata Yaya, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya terkait keberadaan sarang burung walet di wilayah Kecamatan Selat saat ini terus melakukan inventarisasi lapangan berapa jumlah termasuk produksi.

Hanya saja imbuh camat terkait pendirian sarang burung walet yang baru akan diberikan toleransi mengacu Perbup 61/2022 itu.

“Terkait radius jarak dari sungai apakah dekat sarana pendidikan fasilitas publik juga harus mendapat persetujuan warga, “ujarnya.

Camat menambahkan karena itulah
dengan adanya Perbup tersebut diharapkan keberadaan saramg burung walet dapat mendongkrak PAD. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Umum

Populer