Mantan Kades di Kecamatan Lembah Bawang Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Bengkayang

Mantan Kades di Kecamatan Lembah Bawang Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

Published

on

Penahanan Mantan Kades di kecamatan Lembah Bawang dalam mobil Kejari Bengkayang. (Foto: Ist)

 

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Kejaksaan Negeri Bengkayang baru-baru ini, Rabu (18/5) menahan salah satu mantan kepala desa di Bengkayang. Saat melakukan Press release, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang, Tommy Adhiyaksahputra yang didampingi Kasi Pidsus Kejari Bengkayang, Adityo Utomo membenarkan penahanan tersebut.

Kepada awak media, Kajari Tommy menyampaikan, bahwa penahanan terhadap tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang NOMOR: Print-569/O.1.18/Fd.1/07/2021 tanggal 16 Juli 2017. Dan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang NOMOR: PRINT-03/O.1.18/Fd.1/05/2022 tanggal 18 Mei 2022. Tersangka ditahan selama 20 (dua puluh) hari kedepan dengan jenis penahanan Rutan di Rutan Kelas II B Bengkayang.

Kemudian, kata Tommy, selaku Penyidik telah menetapkan tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka NOMOR: 46/O.1.18/Fd.1/05/2022 tanggal 18 Mei 2022 yang berinisial “JS”.

JS merupakan mantan Kepala Desa Janyat, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang periode 2016-2022. JS di tahan dalam proses penyidikan perkara tindak Pidana Korupsi Dugaan Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa tahun Anggaran 2018 dan tahun Anggaran 2019 yang tidak dapat di pertanggungjawabkan.

“Tim Penyidik telah mengumpulkan barang bukti dan alat bukti berupa Keterangan Saksi-saksi. Laporan Hasil Pemeriksaan tim tkknis dan auditor Inspektorat, yang dengan bukti itu membuat terang tindak pidana sehingga berdasarkan bukti permulaan yang cukup, telah ditetapkan Kepala Desa Janyat Periode 2016-2022 sebagai Tersangka,” ungkap Tommy, Kamis (19/5).

Selanjutnya kata Tommy, Tim Penyidik pada Kejaksaan Negeri Bengkayang melakukan pemeriksaan terhadap Tersangka dan kemudian Tim Penyidik pada Kejaksaan Negeri Bengkayang langsung/telah melakukan Penahanan terhadap Tersangka “JS” – yang saat ini sudah ditahan di Rutan Kelas II B Bengkayang.

“Akibat perbuatan Tersangka “JS” terdapat kerugian keuangan negara sebesar Rp.582.515.100,00 (Lima Ratus Delapan Puluh Dua Juta Lima Ratus Lima Belas Ribu Seratus Rupiah),” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Bengkayang Adityo Utomo menambahkan, penyelidikan kasus terhadap oknum Kades ini berdasarkan laporan dari masyarakat. Dan perbuatan Tersangka melanggar Pasal 2 ayat (1) jo. pasal 18 dan/atau Pasal 3 jo. pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Untuk perkara dugaan penyalahgunaan dana desa di Desa Janyat tahun 2018-2019 ini kita sangkakan dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun, atau seumur hidup,” ucapnya.

Terhadap perkara ini kata Adityo, pihaknya masih melakukan pendalaman apakah ada alat bukti yang menentukan tersangka lainnya. Tapi, kata ia untuk sementara ini, dugaan Korupsi masih mengarah pada mantan kades tersebut.

” Sementara baru satu yang kita tetapkan tersangka. Tapi tidak menutupi kemungkinan ada tersangka-tersangka lain,” pungkasnya. [Rbn]

Bengkayang

Nursiah Guru Bengkayang Di Daerah Terpencil Dinobatkan Sebagai Duta Teknologi Kemendikbud

Published

on

Nursiah, bertugas di SMPN 2 Seluas, Bengkayang diberikan Anugerah Kihajar 2022. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) kembali menggelar Anugerah Kihajar tahun 2022, 30 November lalu.

Anugerah Kihajar 2022 ini diberikan pada 34 guru dari sekolah berbeda di Indonesia. Salah satunya yang juga menerima anugerah Kihajar tahun 2022 ini yakni Nursiah, yang bertugas di SMPN 2 Seluas, Bengkayang.

Anugerah Kihajar tahun ini diberikan kepada pendidik dan peserta didik dari seluruh Indonesia yang berkarya dalam melakukan inovasi-inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya.

Salah satu apresiasi tersebut di berikan kepada para guru yang mengikuti program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2022. Pembatik ini berlangsung mulai dari tahap level 1 hingga Level 4 yang pada akhirnya terpilih 1 guru dari tiap provinsi yang mendapatkan apresiasi sebagai Duta Teknologi Pendidikan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono saat di hubungi Suara Pemred, Minggu (4/12) menyampaikan, salah satu guru hebat Bengkayang menjadi Duta Teknologi Kemendikbud. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan untuk Bengkayang dan Kalbar pada umumnya.

“Salah satu guru hebat kabupaten Bengkayang yang bertugas di SMPN 2 Seluas, tempatnya terpencil dan susah sinyal tetapi tetap bisa mengharumkan nama Kalbar. Selamat buat Bu Nursiah,” ucap Heru Bangga.

Lanjut Heru, meskipun berada di daerah terpencil dan juga keterbatasan yang ada, tetapi hal tersebut tak menjadi halangan untuk berkreasi dan berinovasi. Ia juga berpesan kepada guru-guru lain untuk terus bisa berinovasi, sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Gunakan growth mindset berpikir positif untuk menghasilkan sebuah karya besar. Semoga prestasi guru di pedalaman ini dapat menginspirasi guru-guru dipedalaman. Selamat dan sukses. Guru Bengkayang senantiasa Gembira Bergerak untuk “Mewujudkan SDM Unggul Bengkayang MANTAP,” pungkasnya.

Sementara itu, dari rilis Kemendikbud, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan, saat ini transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedepankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas.

“Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien,” ujar Mendikbudristek dalam sambutannya secara virtual pada acara Anugerah Kihajar 2022 yang diselenggarakan di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (30/11).

Nadiem Makarim mengatakan, salah satu faktor yang mendorong pengembangan transformasi digital adalah semangat para guru, pelajar, dan para pemerintah daerah (Pemda) untuk mengikuti berbagai pelatihan teknologi yang diadakan Kemendikbudristek seperti program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK), Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering, Math), serta materi-materi pembelajaran yang dibagikan melalui platform belajar.id.

Untuk itu, lanjut Mendikbudristek, sebagai apresiasi semangat dalam mengakselerasi transformasi sistem pendidikan dengan Gerakan Merdeka Belajar, Kemendikbudrsitek menggelar Anugerah Kihajar 2022. Melalui Anugerah Kihajar 2022, Menteri Nadiem berharap agar dapat mendorong semangat belajar para peserta didik serta guru sebagai pembelajar sepanjang hayat dan penggerak perubahan.

“Selamat kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan Anugerah Kihajar 2022. Marilah kita terus serentak berinovasi bergotong royong mewujudkan Merdeka Belajar,” pesan Mendikbudristek.

“Transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedepankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas. Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien,” ujar Menteri Nadiem lagi.

Kemudian, Dr. Hasan Chabibie, selaku Kepala Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek menyampaikan, bahwa Duta Teknologi Pendidikan Tahun 2022 adalah mitra Pusdatin dalam menciptakan ekosistem digital pada pendidikan di daerah. Kedepannya para duta akan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada di daerah demi menciptakan pendidikan yang lebih maju dan mampu menciptakan Profil Pelajar Pancasila.

“Ini adalah awal perjalanan dari guru-guru hebat untuk berbagi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan dalam menyebarkan inovasi-inovasi pembelajaran yang ada sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi siswa,” tutupnya. [rbn]

Continue Reading

Bengkayang

11 Atlet E-sport Bengkayang Siap Tampil Maksimal di Porprov XIII Kalbar

Published

on

Atlet E-sport Bengkayang Siap berlaga di Porprov XIII Kalbar. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Pengurus E-sport kabupaten Bengkayang tengah persiapkan kematangan atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar November mendatang. Persiapan demi persiapan sudah dilakukan termasuk pembinaan dan kesiapan para atlet.

Porprov 2022 ini, E-sport atau biasa di singkat Esi mengirim dua tim atau 11 atlet yang terdiri dari atlet Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battlelgrounds (PUBG). Pengirim atlet tersebut sesuai dengan kemampuan, mengingat terbatasnya anggaran dari Pemda dan KONI. Walau keterbatasan itu, Esi yakin tim dari Bengkayang bisa memperoleh mendali.

“Kesiapan baik panitia dan juga atlet kita sudah siap. Saat ini pun atlet kita sudah berlatih, semoga lancar sampai hari H dan membawa mendali pulang,” ucap Ketua E-sport kabupaten Bengkayang, Mujidi, pada rapat internal pengurus E-sport Bengkayang, Kamis (13/10).

Mujidi menyatakan, pada Porprov tahuini Esi tetap mengirimkan atlet walaupun hanya exhibition.

Salah satu atlet PUBG Acun, menyampaikan rasa optimisnya pada ajang bergengsi ini, bisa membawa mendali pulang ke Bengkayang dan membanggakan kabupaten Bengkayang. Saat ini dia sendiri bersama tim tak henti-hentinya terus berlatih, baik itu tentang kelompokan tim maupun emosional.

“Optimis dapat mendali,” ucapnya Acun.

Sementara itu, sebagai Official, Baruna juga turut menyampaikan rasa optimisnya pada Porprov tahun ini. Melihat euforia dan semangat para atlet yang bersungguh-sungguh dalam berlatih, membuatnya haus akan kemenangan saat berlaga pada turnamen bergengsi di provinsi.
“Saya yakin kontingen E-sport Kabupaten Bengkayang dapat meraih prestasi dalam turnamen Porprov kali ini,”pungkasnya. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Koni Bengkayang Berangkatkan Cabor Futsal Lebih Awal Ikut Porprov Kalbar Ke-13

Published

on

Kontingen Porprv ke-13 Kalbar kabupaten Bengkayang Tahun 2022. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bengkayang Memberangkatkan sebanyak 24 Atlet Putra-putri Dari cabang olahraga Futsal pada 31 Oktober 2022, Senin Siang.

kontingen Cabang olahraga Futsal adalah 1 dari 31 Cabang Olahraga kabupaten Bengkayang yang di berangkatkan lebih Awal pada Porprv ke-13 Kalbar Tahun 2022.

Sebelum di berangkatkan Ke Pontianak pusat Kompetisi Porprv Kalbar.

Para Atlet Cabor Futsal di berikan motivasi Oleh Ketua KONI kabupaten Bengkayang.

Ketua KONI kabupaten Bengkayang Mardiansyah Herman Berharap Para atlet Cabor Futsal dapat mengikuti Porprv ke-13 Kalbar Lebih maksimal dan mampu mengumpulkan medali untuk daerah.

“ kepada atlet Cabor Futsal tetap semangat dan siap berkompetisi untuk Porprv ke-13 ini, serta juga harus dapat bertanding lebih maksimal, Ungkap Ketua KONI Kabupaten Bengkayang Mardiansyah Herman

Herman mengatakan Atlet Cabor Bengkayang yang di berangkatkan akan menginap di Mess Pemda Bengkayang selama pertandingan berlangsung.

“ para atlet yang akan menginap di Mess Pemda supaya tetap mematuhi peraturan tempat menginap seperti menjaga kebersihan Mess juga selain yang tak kalah penting nya menjaga kesehatan dan persiapan supaya saat berkompetisi pada Porprv Kalbar dapat Maksimal, Beber Herman.

Sementara itu Ketua Futsal Kabupaten Bengkayang Aven mengatakan sebelum berkompetisi pada Porprv ke-13 Kalbar, pihaknya sudah mempersiapkan matang para atlet.

“ sekitar sebulan lebih atlet Cabor Futsal sudah berlatih maksimal sebagai kesiapan menghadapi Porprv Kalbar dengan harapan dapat mewujudkan target medali salah satu tujuan yang akan di raih,jelas Aven Ketua Futsal Kabupaten Bengkayang

Aven berharap selama mengikuti Porprv ke-13 Kalbar atlet Cabor Futsal dapat berkompetisi lebih maksimal demi kabupaten Bengkayang.

“ agar lebih maksimal kepada para atlet futsal yang kita berangkat kan selama Porprv ,saya berpesan tetap menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup sehingga bisa lebih maksimal, ” kata Aven

Salah satu Atlet putri Cabor Futsal Rika ,mengatakan sebelum mengikuti pertandingan Porprv ke-13 Kalbar,ia dan Atlet sesama sudah melakukan persiapan matang.

“ kami sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti Porprv seperti latihan Rutin, Semoga dengan maksimal nya kesiapan ini kami bisa juara dan dapat membawa medali untuk kabupaten Bengkayang , ” Ungkap Rika Atelt Putri Cabor Futsal. (Rbn)

Continue Reading

Bengkayang

Kapolres Bengkayang Pikul Keranda Jenazah Anggota Aiptu Dede Aos Firdaos Polsek Seluas

Published

on

Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH memimpin upacara pemakaman anggota Polsek Seluas Polres Bengkayang Alm. Aiptu Dede Aos Firdaos. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH memimpin upacara pemakaman anggota Polsek Seluas Polres Bengkayang Alm. Aiptu Dede Aos Firdaos, Sabtu (22/10/22).

Upacara pemakaman dihadiri oleh PJU Polres Bengkayang dan Kapolsek jajaran Polres Bengkayang serta personel Polres Bengkayang dan Polsek Seluas serta Bhayangkari.

Dalam sambutannya Kapolres Bengkayang mengucapkan belasungkawa kepada almarhum dan keluarga.

“Kita yakin bersama bahwa tidak ada suatu peristiwa yang terlepas dari takdir tuhan YME termasuk apa yang telah menimpa almarhum Aiptu Dede Aos Firdaos. Ini merupakan ketetapan dari Allah SWT yang nantinya kita pun akan mengalaminya”, ucap Kapolres Bengkayang.

“Saya atas nama pribadi dan kesatuan Polres Bengkayang mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya almarhum Aiptu Dede Aos Firdaos kepada pangkuan Ibu Pertiwi. Teriring doa semoga arwah almarhum diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan, kekuatan serta ketabahan dalam mengahadapi cobaan ini”, tambahnya.

Kapolres mengatakan bahwa Polres Bengkayang kehilangan sosok anggota terbaik dalam bertugas.

“Sungguh Polri khususnya Polres Bengkayang sangat kehilangan salah satu anggota Polres yang terbaik dengan meninggalnya Aiptu Dede Aos Firdaos”, katanya

AKBP Dr. Bayu Suseno meminta menjadikan sosok almarhum sebagai contoh dan teladan bagi anggota Polri khususnya personel Polres Bengkayang.

“Perjuangan dan pengabdian yang telah dilakukan oleh Almarhum selama hidupnya sebagai anggota Polri hendaknya menjadi contoh bagi kita semua sebagai generasi penerus untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan dan pengabdian yang telah diberikan Almarhum kepada instansi Polri”, pintanya.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan Almarhum selama bertugas di Polri khususnya Polres Bengkayang.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar almarhum yang selama ini telah mendukung, membantu, memberi semangat kepada almarhum sehingga selama bertugas almarhum dapat melaksanakan tugas dengan pengabdian terbaik”, tutur Kapolres.

“Saya ingatkan kepada personel Polres Bengkayang untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada YME karena kita hidup hanya sementara, tentunya kita akan juga kembali kepada Tuhan YME, Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian untuk itu, tidak hentinya kita juga mempersiapkan suatu untuk itu denga persiapan yang matang”, tutup Kapolres Bengkayang.

Almarhum dimakamkan di pemakaman umum di Dusun Seluas Desa Seluas Kecamatan Seluas Kab. Bengkayang.

Pada kesempatan ini, Kapolres Bengkayang turut memikul keranda jenazah almarhum menuju pemakaman.

Almarhum meninggal dalam usia (57) tahun dengan meninggalkan 1 istri dan 4 orang anak. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Perumdam Tirta Bengkayang Bantu Zipur Bangun Jembatan Menuju Intake Madi

Published

on

Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Kabupaten Bengkayang memberikan apresiasi dengan kerja bhakti pembangunan salah satu jembatan di jalan menuju intake Madi. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Kabupaten Bengkayang memberikan apresiasi dengan kerja bhakti pembangunan salah satu jembatan di jalan menuju intake Madi Kabupaten Bengkayang, Minggu sore (16/10/22).

Direktur Perumdam Kabupaten Bengkayang, Wardi menyatakan, Perumdam wajib ikut berpartisipasi membantu pembangunan jembatan dan memberikan dampak bagi masyarakat sekitar.

“Kita mengucapkan selamat ulang tahun ke 77 untuk Zipur, dan kita memberikan apresiasi atas pembangunan salah satu jembatan di Madi,” kata Direktur Wardi.
Wardi menjelaskan, Perumdam wajib berpartisipasi dengan pembangunan jembatan tersebut. Pasalnya jembatan tersebut sebagai penghubung jalur satu satunya Perumdam menuju sumber air minum masyarakat Kabupaten Bengkayang.
Komandan Zipur 6 S/D Mabak, Frizal, menuturkam kerja bhakti yang dilakukan merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat, dan salah satunya dengan membangun salah satu jembatan di Madi.
Frizal menambahkan, kerja bhakti dilaksanakan selama dua hari dan pembangunan jembatan sudah 100 persen rampung. Kami sangat berterimakasih dengan bantuan Perumdam Bengkayang, dan juga bantuan dari salah seorang anggota DPRD Bengkayang,” ucap Frizal.

Frizal juga menambahkan, Karya Bhakti dalam rangka HUT ZENI ke-77 ini membangun jembatan penghubung dusun madi, yang dikerjakan selama dua hari. Dan biaya untuk pembuatan jembatan tersebut juga bersumber dari dana tanggap satuan Kompi B Yonzipur 6.

“Selain itu juga bantuan dari Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang Bapak Esidorus serta partisipasi dari Direktur Perumdam Tirta Bengkayang Bapak Wardi yang mendukung material untuk kegiatan,” jelasnya. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Pengurus E-Sport Bengkayang Matangkan Persiapan Atlet Menuju Porprov Kalbar 2022

Published

on

Pengurus E-sport kabupaten Bengkayang tengah persiapkan kematangan atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar November mendatang. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Pengurus E-sport kabupaten Bengkayang tengah persiapkan kematangan atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar November mendatang. Persiapan demi persiapan sudah dilakukan termasuk pembinaan dan kesiapan para atlet.

Porprov 2022 ini, E-sport atau biasa di singkat Esi mengirim dua tim atau 11 atlet yang terdiri dari atlet Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battlelgrounds (PUBG). Pengirim atlet tersebut sesuai dengan kemampuan, mengingat terbatasnya anggaran dari Pemda dan KONI. Walau keterbatasan itu, Esi yakin tim dari Bengkayang bisa memperoleh mendali.

“Kesiapan baik panitia dan juga atlet kita sudah siap. Saat ini pun atlet kita sudah berlatih, semoga lancar sampai hari H dan membawa mendali pulang,” ucap Ketua E-sport kabupaten Bengkayang, Mujidi, pada rapat internal pengurus E-sport Bengkayang, Kamis (13/10).

Mujidi menyatakan, pada Porprov tahuini Esi tetap mengirimkan atlet walaupun hanya exhibition.

Salah satu atlet PUBG Acun, menyampaikan rasa optimisnya pada ajang bergengsi ini, bisa membawa mendali pulang ke Bengkayang dan membanggakan kabupaten Bengkayang. Saat ini dia sendiri bersama tim tak henti-hentinya terus berlatih, baik itu tentang kelompokan tim maupun emosional.

“Optimis dapat mendali,” ucapnya Acun.

Sementara itu, sebagai Official, Baruna juga turut menyampaikan rasa optimisnya pada Porprov tahun ini. Melihat euforia dan semangat para atlet yang bersungguh-sungguh dalam berlatih, membuatnya haus akan kemenangan saat berlaga pada turnamen bergengsi di provinsi.
“Saya yakin kontingen E-sport Kabupaten Bengkayang dapat meraih prestasi dalam turnamen Porprov kali ini,”pungkasnya. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Bawaslu Bengkayang Dorong Peran Perempuan Dalam Pemilu 2024

Published

on

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bengkayang gelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif dengan mengusung tema " peran perempuan dalam Demokrasi dan Netralitas ASN pada pemilu serentak 2022". (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bengkayang gelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif dengan mengusung tema ” peran perempuan dalam Demokrasi dan Netralitas ASN pada pemilu serentak 2022″. Kegiatan ini melibatkan kaum perempuan dari berbagai organisasi dan latar belakang di Bengkayang, Kamis (13/10).

Ketua Bawaslu Bengkayang, Yosef Harry Suyadi menyatakan, peran perempuan dalam mengawasi proses pemilu serentak 2024 sangatlah penting. Sebab kata Harry, perempuan menjadi garda terdepan dalam mengambil sikap dan juga keputusan. Di Bawaslu sendiri lanjut Harry, akan terus meningkatkan kolaborasi baik itu dengan pegiat perempuan, maupun jejaring lainnya dalam rangka peningkatan kapasitas menyongsong pemilu 2024.

Harry juga menyampaikan, perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam mengawasi pemilu. Oleh karenanya, melalui sosialisasi yang dilakukan Bawaslu ini, ia berharap nantinya partisipasi perempuan dalam pengawasan pemilu dan berdemokrasi akan lebih tinggi. Selain itu, Perempuan juga menjadi kaum yang merasakan langsung dampak dari pengambilan kebijakan pemerintah. Sehingga, keterlibatan perempuan dalam proses demokrasi sangat diperlukan.

“Kegiatan hari ini fokus pada perempuan, karena harapan kita perempuan dapat menjadi corong dan juga garda terdepan bagi Bawaslu dalam keterlibatannya untuk mengawasi Pemilu dan proses berdemokrasi terutama di Bengkayang ini,” ucapnya.

Peran perempuan dalam mencegah terjadi pelanggaran pemilu juga dinilai sangat penting, pengawasan partisipatif inilah diperlukan untuk ciptakan pemilu yang demokratis, Luber dan Jurdil.

“Memang dalam pengawasan pemilu perlu keterlibatan semua pihak, dan itu menjadi bagian dari tugas kita sebagai warga negara. Tetapi bawaslu juga punya tanggung jawab untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait cara partisipasinya, dan apa bentuk-bentuk pelanggaran pemilu,” jelas Harry.

Harry menyatakan, perempuan masih kerap kali menjadi kaum yang dikesampingkan dalam banyak hal. Namun, Bawaslu justru menipis stigma itu karena lanjut Harry, perempuan memiliki peran yang tinggi dalam proses demokrasi di Indonesia.

“Terutama kita ini dalam partisipasi mencegah politik uang. Perempuan ini menjadi sasaran, tapi kita harap melalui sosialisasi ini memberikan pengetahuan baru yang dapat memberikan dampak baik bagi peran perempuan,” ujarnya.

Harry berharap peran aktif perempuan secara sadar bersama-sama mengawasi proses demokrasi pada pemilu serentak 2024 nanti. Dan ia berharap organisasi-organisasi perempuan di Bengkayang dapat menjadi mitra dalam penegakan hukum terkait pengawasan pemilu.

Harry berharap, peran perempuan menjadi dimensi yang membuat dinamika politik akomodatif dan berkeadilan untuk kesetaraan akan lebih baik pada 2024. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Masyarakat Bengkayang Terima Bantuan Program Pasang Listrik Baru

Published

on

PLN Salurkan Bantuan (BPBL) di Bengkayang. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Katherine Oendoen bersama Direktorat Jenderal Ketanagalistrikan menyalurkan Program Bantuan Pasang Baru Listrik ( BPBL ) di wilayah Kabupaten Bengkayang, Kecamatan Samalantan, Desa Samalantan, pada hari Selasa, 11/10/2022.

Katherine Oendoen menyebut dari kouta 5400 penerima Program BPBL di Kalimantan Barat dirinya baru dapat 1000-an BPBL untuk disalurkan di wilayah terluar, terjauh dan tertinggal (3T). Sedangkan rekannya dari partai Golkar Maman Abdulrahman baru 2000-an.

“Hari ini saya sangat senang wilayah kami terlah dikunjungi oleh Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL), sejumlah 5.400 untuk wilayah Kalimantan Barat. Tapi sayangnya wilayah Kabupaten Bengkayang wilayah 3T hanya dapat 398 BPBL dari 5400 yang saya ajukan bersama bapak Maman Abdulrahman,” ungkap Katherine Oendoen pukul 14:30 Wib.

Ia pun meminta masyarakat kurang mampu yang belum tersentuh program BPBL jangan berkecil hati sebab program ini tetap diperjuangkan selama dirinya berada di DPR-RI. “Kami di Komisi VII memperjuangkan program ini tetap harus ada, kami ingin masyarakat kami menikmati sama dengan daerah lain terutama daerah jawa yang saat ini sudah surplus,” ujarnya.

Muhamad Sofian Hadi General Manager PLN Persero UIW Kalbar menjelaskan penyalaan program BPBL untuk masyarakat belum mampu dan miskin di Desa Samalantan merupakan wujud hadirnya pemerintah ditengah masyarakat melalui legislatif pusat.

“Sebagai perusahaan yang diberi amanah oleh pemerintah dalam bentuk untuk memenuhi kelistrikkan masyarakat, kami akan berupaya melakukan pembangunan serta perluasan listrik hingga keseluruh pelosok desa semakin banyak masyarakat desa ataupun dusun yang dapat menikmati listrik,” sebut Muhamad Sofian Hadi.

Kepala Desa Samalantan Hartono berterima kasih pada pihak PLN Persero Kalimantan Barat karena warganya telah menikmati layanan listrik (Pemasang) secara gratis. “Kami mengajukan 24 kepala keluarga, yang lolos 14. Yang belum lolos 10. Harapan kami semoga warga kami yang belum menikmati (pemasangan) meteran listrik supaya mereka dapat menikmati juga,” ujar Hartono, pukul 11:30 Wib. (RB)

Continue Reading

Bengkayang

Pemkab Bengkayang Diminta Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Published

on

Pengerajin Bidaid di perbatasan RI-MALAYSIA kecamatan Jagoi Babang kab Bengkayang. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang mendorong agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang bangkitkan Ekonomi Kreatif. Hal tersebut di sampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus.

“Hal ini perlu di dorong Pemda karena masih banyak ekonomi kreatif belum mendapat perhatian serius. Terutama dalam pemasaran produk lokal seperti Kerajinan tangan,” kata Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Fransiskus, Senin (3/10).

Selain itu, menurut Fransiskus, beberapa Potensi wisata alam yang ada di kabupaten Bengkayang juga masih kurang maksimal dikelola. Ia meminta, agar pemerintah kabupaten Bengkayang untuk lebih fokus dan serius.

“Kedepan pemerintah daerah harus lebih serius dan fokus , untuk membangkitkan dan ekonomi kreatif ini perlu juga ada pendampingan, ” ungkap Ketua DPC partai Gerindra .

Fransiskus menilai, saat ini masih banyak hasil kerajinan kreatif belum di perhatikan seperti anyaman kerajinan Bidai. Padahal lanjutnya, kerajinan tangan tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan ekonomi.

“Bahkan sampai sekarang Bidai contohnya masih di pasarkan ke Negara tetangga Malaysia, karena nilai dan harganya lebih tinggi. Sementara dalam negeri atau daerah sendiri belum memiliki wadah khusus dalam pemasarannya sehingga terkesan terjadi pembiaran,” bebernya.

Beberapa tahun terakhir kabupaten Bengkayang terbatas bahan Baku rotan sebagian harus di datangkan dari luar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus mengingatkan Pemkab Bengkayang melalui dinas terkait untuk mampu memaksimalkan pemanfaatan gedung pusat kuliner yang telah dibangun untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Bumi Sebalo.

Terkait itu, Esi meminta agar fasilitas ini segera difungsikan untuk membantu pedagang yang ada. Terutama untuk segera diisi. Hal tersebut, kata Esi, agar produk UMKM bisa menggeliat kembali pascapandemi covid-19.

“Wadah yang telah tersedia harus dimaksimalkan dengan baik. Sehingga ekonomi masyarakat juga segera pulih,” pesan Esi.

Dirinya menilai, sampai saat ini jajaran Pemkab Bengkayang masih belum mampu menonjolkan keunggulan-keunggulan khas daerah yang memiliki nilai ekonomis. Seperti diantaranya potensi pariwisata, mulai dari wisata budaya, hingga kuliner belum terpromosikan dengan baik.

Sehingga, katanya, potensi ini masih belum dikenal luas. Dia beranggapan, hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk diperbaiki kedepannya. Dari DPRD sendiri lanjut Esi akan berupaya terus mendorong lewat fungsi dan peran yang ada.

“Kita sudah punya gedung pusat kuliner dan UMKM. Ini mesti dimaksimalkan supaya bisa menjadi sektor unggulan untuk mendongkrak pertumbuhan ekomoni di Kabupaten Bengkayang,” katanya.

Oleh Karena itu, fasilitas pusat kuliner dan UMKM yang telah dibangun harus benar-benar dimanfaatkan. Termasuk untuk dikonsep agar menarik dan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan.

“Sehingga UMKM dapat hidup dan berkembang,” katanya.

Lebih jauh, dia mengingatkan, bahwa pengelolaan pusat kuliner ini menjadi tantangan dinas terkait untuk dikembangkan dan benar-benar menjadi pusat ekonomi baru bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bengkayang.

“Fasilitas pusat kuliner itu harus mampu menjadi wadah khusus untuk mempromosikan berbagai aneka potensi khas daerah untuk dijual,” tegasnya. (Rbn)

Continue Reading

Umum

Populer