KPw BI Kalsel Paparkan “Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Bank Indonesia Terkini” – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Banjarmasin

KPw BI Kalsel Paparkan “Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Bank Indonesia Terkini”

Published

on

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah. Didampingi (kiri) Ekonom Ahli, Kelompok Perumusan Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Wilayah dan Provinsi, Muslimin Anwar, (kanan) Kepala Divisi Implementasi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern (SP PUR & MI), Robi Ariadi, (kanan) Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR), Roy Ramantho Sarwono. (Foto: Ady)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perkembangan Ekonomi Nasional Pemulihan ekonomi global diprakirakan terus berlanjut meski lebih rendah dari proyeksi sebelumnya seiring ketegangan geopolitik Rusia – Ukraina yang terus berlanjut dan berdampak pada perlemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga komoditas, dan ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah penyebaran Covid-19 yang mulai melandai.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, memaparkan, perbaikan ekonomi domestik diprakirakan terus berlangsung didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi nonbangunan, dan kinerja ekspor, sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik. Sejumlah indikator dini, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan PMI manufaktur mengindikasikan pemulihan ekonomi domestik terus berlangsung. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi.

“Untuk keseluruhan tahun 2022, Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi nasional akan mencapai 4,5 – 5,3%. Pertumbuhan ekonomi akan dipengaruhi oleh kinerja ekspor yang terdampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan dunia yang lebih rendah akibat ketegangan geopolitik Rusia – Ukraina yang masih berlanjut,” beber Imam Subarkah,  Jum’at (20/5/2022).

Respon Kebijakan Bank Indonesia

Dengan pertimbangan atas hal-hal tersebut, Rapat Dewan Gubernur pada Bulan April 2022 memutuskan bahwa Bank Indonesia akan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut melalui berbagai langkah, antara lain:

Memperkuat kebijakan nilai tukar Rupiah untuk menjaga stabilitas nilai tukar;
melanjutkan implementasi kebijakan makroprudensial yang akomodatif;
melanjutkan kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit (SBDK); memastikan kecukupan kebutuhan uang dan kesiapan BI-FAST; melonggarkan kebijakan penyimpanan uang elektronik; dan memperkuat kebijakan internasional, termasuk promosi perdagangan dan menyukseskan Presidensi G20 tahun 2022.

Bank Indonesia juga terus memperkuat kebijakan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CEMUMUAH) serta inklusif dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi non tunai, Bank Indonesia terus mendorong inovasi sistem pembayaran termasuk dalam rangka mendukung elektronifikasi keuangan pemerintah dan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta mendorong akselerasi Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) yang inklusif dan efisien melalui kebijakan sistem pembayaran nontunai antara lain melalui layanan BI-FAST melalui mobile banking  serta meningkatkan komunikasi kepada masyarakat dan lembaga terkait. Sinergi dengan Pemerintah juga terus dilakukan untuk mendorong percepatan digitalisasi pembayaran melalui elektronifikasi bansos, transaksi Pemda, dan transportasi.

Di sisi tunai, Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada triwulan I 2022 meningkat 13,58% (yoy). Bank Indonesia memperkuat layanan kas kepada masyarakat melalui implementasi digitalisasi layanan kas keliling (PINTAR), menjaga ketersediaan uang tunai, termasuk tambahan penyediaan uang sebesar Rp27,4 triliun sehingga menjadi Rp202,7 triliun selama periode bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1443H serta memperkuat kerja sama kelembagaan dalam pengedaran uang ke seluruh wilayah NKRI.

Perkembangan Ekonomi dan Inflasi Kalimantan Selatan

Perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan I 2022 tetap tumbuh positif yaitu sebesar 3,49% (yoy), melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,55% (yoy). Perlambatan antara lain disebabkan oleh kinerja lapangan usaha (LU) pertambangan yang terkontraksi sebagai dampak dari pemberlakuan larangan ekspor batubara pada awal tahun 2022. Selain itu, keterbatasan bahan baku TBS akibat faktor trek turut mempengaruhi perlambatan kinerja sektor pertanian dan industri pengolahan, terutama CPO.

Pandemi Covid-19 yang semakin terkendali dan pelonggaran PPKM telah mendorong peningkatan aktifitas perekonomian dan peningkatan permintaan masyarakat. Kondisi ini serta trend/pola musiman selama Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, mendorong kenaikan inflasi Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan April 2022 menjadi sebesar 1,15% mtm, lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang inflasi 0,93% mtm. Secara year to date, inflasi sampai dengan April 2022 tercatat 2,69%.

Inflasi terutama didorong oleh inflasi angkutan udara sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode cuti bersama dan mudik lebaran di tengah kenaikan harga avtur. Selain itu, inflasi juga bersumber dari kenaikan PPN, harga minyak goreng sebagai dampak dari pencabutan HET minyak goreng kemasan dan kenaikan harga BBRT dan BBM nonsubsidi sejalan dengan peningkatan harga migas dunia.

Sejalan dengan peningkatan aktivitas ekonomi, maka tekanan permintaan terhadap barang dan jasa diprakirakan juga meningkat sehingga berpotensi mendorong kenaikan inflasi. Namun kapasitas produksi yang terpasang saat ini masih dapat memenuhi peningkatan permintaan dimaksud sehingga inflasi akan tetap terkendali. Selanjutnya, kami juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk berbelanja bijak sesuai kebutuhan dan tidak melakukan penumpukan stok barang karena pasokan barang terjaga.

Bank Indonesia tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi agar berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022.

Transformasi Ekonomi Melalui Hilirisasi SDA

Untuk mendukung pengembangan perekonomian Kalimantan Selatan, transformasi ekonomi menjadi penting dilakukan dengan tujuan meningkatkan daya saing daerah yang memiliki SDA terhadap dinamika global.

Saat ini, struktur ekspor Kalsel yang didominasi oleh SDA seringkali dipengaruhi oleh fenomena Commodity Boom, yaitu peningkatan kinerja ekspor didorong harga komoditas yang tinggi. Di sisi lain, kondisi tersebut juga menyebabkan kerentanan ekonomi terhadap gejolak/volatilitas harga.
Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan penguatan struktur ekonomi Kalsel yang dapat dilakukan melalui transformasi manufaktur. Pertumbuhan nilai ekspor komoditas low, medium, dan high tech manufactures lebih stabil dibandingkan komoditas primer.

Dalam hal ini, dukungan program hilirisasi perlu terus didorong untuk mendukung penguatan manufaktur, antara lain pengembangan gasifikasi batubara, produk oleochemical, mendorong pengembangan industri ban dan aspal karet, serta produk olahan udang.

Pengembangan Pariwisata Sebagai Sumber Pertumbuhan Baru

Dalam rangka menjaga momentum pemulihan pertumbuhan ekonomi dan mendorong penguatan struktur ekonomi Kalimantan Selatan, identifikasi sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru sangat diperlukan. Hasil Growth Diagnostic BI Kalsel, salah satu sektor yang berpotensi dikembangkan adalah Pariwisata berbasis alam dan budaya.

Pemerintah mendorong pemulihan aktivitas pariwisata di masa Pandemi melalui implementasi sertifikat CHSE untuk meningkatkan level of confidence wisatawan dalam berwisata. Hingga akhir 2021, terdapat sebanyak 103 usaha tersertifikasi CHSE di Kalsel. Sertifikasi CHSE pada usaha pariwisata menjadi salah satu pendorong pemilihan aktivitas oleh wisatawan.

Untuk mewujudkan sektor pariwisata sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi Kalsel, koordinasi dan kerjasama antar stakeholder di daerah diperlukan untuk menyiapkan aspek infrastruktur maupun fasilitas pendukung pariwisata. Ke depan, pengembangan pariwisata Kalsel juga perlu diarahkan pada Quality Tourism melalui pengembangan 3A (Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas) 2P (Pelaku Usaha dan Promosi).

Perkembangan UMKM, QRIS dan CBP Rupiah

Dalam rangka pengembangan UMKM, Bank Indonesia memfokuskan pada pengembangan klaster pangan dan digitalisasi UMKM. Pengembangan klaster pangan bertujuan untuk mendukung stabilitas nilai Rupiah dalam kerangka pengendalian inflasi baik inflasi nasional maupun inflasi daerah. Sedangkan pengembangan UMKM memiliki sasaran akhir untuk mendorong UMKM yang berdaya saing untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

KPwBI Kalsel melakukan berbagai upaya untuk mendorong UMKM Naik Kelas melalui berbagai program. Dimulai dari peningkatan kapasitas melalui Bantek, pelatihan keuangan, penguatan produk dengan pelatihan packaging dan sertifikasi, dan pendampingan pemasaran digital melalui Karya Kreatif Borneo Tahun 2022 dalam mendukung KKI dan GBBI Tahun 2022.

Beberapa agenda KPwBI Kalsel dalam pengembangan UMKM di 2022 antara lain Karya Kreatif Banua (Mei 2022), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalsel (Juli 2022) dan Pamor Borneo (Agustus 2022).

Pada tahun 2022 terdapat target penambahan jumlah pengguna baru QRIS secara nasional sebanyak 15 juta. Per posisi Maret 2022, jumlah pengguna QRIS di Kalimantan Selatan sebesar 136.936 atau terdapat 66.181 pengguna baru jika dibandingkan posisi Desember 2021. Hal tersebut juga sejalan dengan jumlah merchant yang terus meningkat, di wilayah Kalsel jumlah merchant QRIS pada Triwulan I 2022 tercatat sebanyak 183.284 dengan dominasi merchant kategori usaha mikro dan kecil.

Sepanjang tahun 2022, KPwBI Kalsel terus melaksanakan kampanye program Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Kampanye tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas uang yang beredar di masyarakat, menjaga masyarakat agar terhindar dari kasus uang palsu, menerapkan uang Rupiah menjadi satu-satunya alat pembayaran di NKRI serta menumbuhkan kecintaan kebanggaan dan pemahaman akan Rupiah. Untuk mencapai tujuan dimaksud, KPwBI Kalsel telah melaksanakan berbagai kegiatan edukasi CBP yang dilakukan di berbagai instansi dan masyarakat baik secara online maupun offline. [ad/rls]

Banjarmasin

Jelang Akhir Tahun, UNIQLO Buka Toko Pertamanya Di Banjarmasin 9 Desember Mendatang

Published

on

Persiapan Opening UNIQLO Di Banjarmasin 9 Desember Mendatang. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Menjelang akhir tahun, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO mengumumkan akan membuka toko pertamanya di Kalimantan Selatan yang berlokasi di Duta Mall Banjarmasin Lantai 2 pada Jumat, 9 Desember 2022 mendatang. Sesuai dengan komitmen UNIQLO untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pakaian yang berkualitas dan nyaman, toko ke-56 di Indonesia dengan luas 2452,8 m2 ini diharapkan bisa menjawab antusiasme masyarakat dengan menyediakan semua kebutuhan gaya hidup melalui berbagai koleksi LifeWear.

Berbagai koleksi LifeWear favorit lengkap untuk pria, wanita hingga anak-anak dengan beragam model dan warna telah disiapkan di UNIQLO Duta Mall Banjarmasin untuk dinikmati masyarakat kota Banjarmasin dan sekitarnya. Beberapa diantaranya adalah koleksi pakaian olahraga lewat deretan Sport Utility Wear dan Proteksi Sinar UV yang mendukung aktivitas di luar ruangan, koleksi Loungewear dan Innerwear, koleksi Sweat untuk luaran, koleksi UT atau UNIQLO T-Shirt dengan berbagai kolaborasi, seperti Disney dengan Mickey Stands, Museum of Modern Art (At MoMA) hingga yang menjadi incaran penggemar anime UT Makoto Shinkai dan SPY X Family. Selain itu, berbagai produk esensial yang menjadi koleksi wajib juga tersedia serta koleksi AIRism yang selalu menjadi favorit pecinta LifeWear di Indonesia karena bahannya yang nyaman, sederhana namun sangat fungsional dan cocok digunakan di iklim tropis seperti Banjarmasin, Selasa (6/12/22).

Pelanggan UNIQLO LifeWear di Banjarmasin dan sekitarnya juga bisa mendapatkan harga khusus pembukaan untuk produk-produk tertentu yang hanya berlaku di UNIQLO Duta Mall Banjarmasin selama periode 9-15 Desember 2022, diantaranya beberapa koleksi untuk pria dan wanita seperti Blus Rayon Kerah Skipper Lengan 3/4, Kemeja Oxford Slim Fit Lengan Panjang, dan AIRism Celana Pendek Rileks. Ada juga koleksi anak-anak seperti Gaun Motif Panel Lengan Panjang, Jeans lembut Ultra Stretch (Resleting) dan masih banyak lagi. Untuk kebutuhan traveling khususnya ke daerah yang dingin, pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai koleksi Mantel Rajut, Jaket Fleece dan HEATTECH innerwear dengan penawaran khusus.

Berbagai promo menarik juga telah disiapkan selama periode pembukaan diantaranya pengunjung akan mendapatkan :
Exclusive Thermal Tumbler terbatas dengan pembelanjaan senilai Rp. 500.000, berlaku untuk kelipatan dan selama persediaan masih ada mulai dari tanggal 9 – 11 Desember 2022.

Bagi pengguna baru aplikasi UNIQLO akan mendapatkan UNIQLO App Welcome Coupon senilai Rp. 25.000 mulai dari tanggal 1 – 31 Desember 2022.

UNIQLO Duta Mall Banjarmasin juga mengimplementasikan pilar keberlanjutan (yang terdiri dari pilar People dan juga Society) yang diusung UNIQLO melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalam toko. Diantaranya dengan menyediakan ruang ganti untuk penyandang disabilitas yang dilengkapi bangku dan pegangan khusus agar memudahkan mereka memilih koleksi LifeWear favoritnya dengan nyaman sebagai komitmen untuk memberikan ruang bagi semua orang dari berbagai latar belakang (pilar People).

Kemudian penerapan pilar keberlanjutan Society, UNIQLO Duta Mall Banjarmasin menyediakan area khusus di dalam toko yang menampilkan instalasi produk dan informasi dari UKM terpilih dengan memadukan barang lokal dengan pakaian LifeWear bernama #BanjarmasinNEIGHBORHOOD. Program bertajuk UKM Neighborhood Collaboration ini merupakan bentuk dukungan dan kontribusi UNIQLO untuk turut membantu pelaku bisnis lokal agar bisa terus berkembang semakin baik lagi.

Hingga saat ini, UNIQLO telah memiliki 55 toko yang tersebar di seluruh Indonesia dan UNIQLO Duta Mall Banjarmasin menjadi penutup rangkaian pembukaan toko terbaru UNIQLO di tahun ini. UNIQLO Duta Mall Banjarmasin secara resmi akan dibuka untuk umum mulai Jumat, 9 Desember 2022 dan dapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dengan menikmati penawaran terbatas dan eksklusif selama periode pembukaan.

Untuk informasi terkini tentang UNIQLO Indonesia, kunjungi:
https://www.uniqlo.com/id/

Instagram Resmi UNIQLO Indonesia:
https://www.instagram.com/uniqloindonesia/

#####

Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan gaya modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Kesederhanaan desain dengan detail-detail modern yang tersembunyi dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, lebih hangat, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan bermasyarakat.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, Theory, PLST (Plus T), Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2.3 Triliun Yen untuk tahun 2022, tahun fiskal yang berakhir pada Agustus 2022 (USD 16.6 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2022 1 US Dollar = 138.7 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.400 toko di seluruh dunia termasuk Jepang, Asia, Eropa dan Amerika Utara. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri lebih dari 20 toko Grameen-UNIQLO di Dakha.

Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world (mengubah pakaian, mengubah pemikiran konvensional, merubah dunia) Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UNIQLO dan Fast Retailing, kunjungi www.uniqlo.com dan www.fastretailing.com. [ad/rls]

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
UNIQLO Indonesia PR
Yulia Rachmawati (yulia.rachmawati@uniqlo.co.id)
Yuli Triastuti (yuli.triastuti@uniqlo.co.id)
South Quarter Tower C, 17th Floor
Jl. R.A. Kartini Kav. 8 Cilandak, Jakarta Selatan, 12430

Image Dynamics (PR Agency):
Ayunda Putri ayunda@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-2001-411)
Ima Silaban ima.silaban@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-9055-4435)
Menara Sentraya Lt 11, Blok A1 11
Jl Iskandarsyah Raya No 1A, Jakarta

Continue Reading

Banjarmasin

KBPP Polri Kalsel Gelar Musdalub Dalam Memilih Ketua Baru

Published

on

Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP) Polri Provinsi Kalsel saat menggelar Musdalub. (Foto/Nurul)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) merupakan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan yang didirikan berdasarkan Telegram Kapolri Nomor T/219/IX/2001 serta di bawah pembinaan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Demikian juga halnya dengan KBPP POLRI di tingkat daerah untuk Ketua Dewan Pembina dijabat oleh Kapolda dan Wakapolda selaku Dewan Harian, dengan Anggota Dewan Pembina terdiri dari Irwasda, Dirbinmas, Kabid Humas, Dirintelkam, Ka SPN, para Dirreskrim, Karo SDM, Karolog, Dirlantas, Dirpoairud dan Dansat Brimob.

KBPP POLRI Daerah Kalimantan Selatan, sejak meninggalnya Ketua Pengurus Daerah KBPP POLRI Kalimantan Selatan, Yulian Bhayangkara, pada 23 Februari 2022 yang lalu, hingga saat ini belum ada penggantinya dan sementara dijabat oleh Yohana Maria Rahail selaku Plt PLT Ketua Pengurus Daerah KBPP POLRI Kalimantan Selatan yang sebelumnya sebagai Sekretaris.

Sehubungan dengan kosongnya Ketua Pengurus Daerah Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) Kalimantan Selatan, maka sesuai dengan AD-ART KBPP POLRI, pengurus daerah wajib melaksanakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (MUSDA LUB) untuk memilih ketua yang baru, Senin (5/12/22) bertempat di Tree Park Km.6 Kota Banjarmasin.

Hadir Ketua Umum KBPP Polri diwakili Ketua OKK Enita Adyalaksmita, SH MH menyampaikan, KBPP Polri merupakan mediator atau perantara yang berperan menyampaikan hal-hal dari masyarakat kepada pihak Polisi, dan sebaliknya KBPP Polri menyampaikan dari Pemerintah dan khususnya Polri himbauan kepada masyarakat.

“Dalam kegiatan Musdalub bertujuan untuk menjalin kekompakan dan silahturahmi antara Polri dan anak Polri, pemilihan pemimpin dan pengurus KBPP Polri untuk 5 tahun kedepan. Kepada Pimpinan Daerah dan Pengurus KBPP Polri yang telah menyelengarakan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian generasi putra putri polri dalam pembinaan generasi putra putri polri yang memberikan sumbangsih tenaga dan fikirannya bagi kemajuan bangsa dan negara. Semoga pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa Keluarga Besar Putra- Putri (KBPP) Polri Provinsi Kalsel dapat berlangsung dengan aman, tertib serta dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi kemajuan KBPP Polri Kalsel,” ungkapnya.

Dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa Keluarga Besar Putra- Putri (KBPP) Polri Provinsi Kalsel dengan hasil terpilih sebagai Ketua KBPP Polri Daerah Kalsel Akhmad Demiat Koso.

Acara Musdalub ini dihadiri langsung Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mewakili Kapolda, mengharapkan KBPP Polri ini menjadi organisasi kemasyarakatan dalam sosial, edukasi dalam menciptakan Harkabtimmas karena yang bersangkutan sendiri adalah salah satu kepanjangan tangan dari Polri karena organisasi putra putri Polri dan siapapun yang putra putri Polri bisa masuk dalam organisasi ini.

“Dengan terpilihnya ketua baru akan berkiprah didalam bidang kemasyarakatan social maupun edukasi dalam rangka menciptakan keamanan, mohon dukungan dari masyarakat,” pesannya.

Maksud dibentuknya Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) adalah sebagai berikut :
1) KBPPP menghimpun putra putri purnawirawan dan putra putri Polri untuk menjadi manusia yang berkepribadian pancasila dan berwatak luhur sehingga terbentuk putra putri pimpinan bangsa
yang memiliki :
a) Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap mental, moral dan budi pekerti yang luhur.
b) Kecerdasan, tanggap dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
c) Kesetiaan dan pengabdian pada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi warga Negara Indonesia yang Pacasilais dan mewujudkan putra putri yang bewatak terpuji, memiliki rasa solidaritas, serta mempunyai pemikiran dan orientasi kepada pembaharuan dan pembangunan untuk kemajuan bangsa dan Negara Indonesia.

2) KBPPP bermaksud menggalang potensi segenap putra putri purnawirawan dan putra putri Polri dan menjadikan penggerak pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Tujuan dibentuknya Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) adalah sebagai berikut:
1) KBPPP bertujuan menggalang persatuan dan kesatuan untuk meningkatkan dan mengembangkan semangat pengabdian kepada organisasi, bangsa dan negara sebagai wujud kepedulian cinta
tanah air.
2) KBPPP bertujuan mengembangkan dan mendayagunakan potensi yang dimiliki putra putra purnawirawan dan putra putri POLRI sehingga terbentuk cipta dan karya dalam semangat kebersamaan
yang diabadikan untuk kesejahteraan anggota.

Fungsi dibentuknya Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) adalah sebagai organisasi berfungsi menjembatani berbagai latar belakang sosial segenap putra putri purnawirawan dan putra putri POLRI untuk menjalin kerja sama yang bersifat kekerabatan dari sumber yang sama secara serasi, seimbang dan selaras sehingga tercapai cita-cita bersama. [ad-sb]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Teken Berita Acara Bank Penerima Setoran BPIH Implementasi Aplikasi SISKEHAT G2

Published

on

Penandatanganan Berita Acara oleh Ratu Mashamidah Bangsawan Putri dari Divisi Usaha Syariah mewakili Dirut Bank Kalsel di Hotel JW Mariott Surabaya, dengan disaksikan Anggota BPKH, Sulistyowati.

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam upaya mempermudah akurasi data yang masuk melalui aplikasi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) terkait pelaporan penempatan setoran Calon Jemaah Haji, Bank Kalsel telah menandatangani berita acara Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Haji Terpadu (SISKEHAT G2).

Penandatanganan Berita Acara oleh Ratu Mashamidah Bangsawan Putri dari Divisi Usaha Syariah mewakili Dirut Bank Kalsel di Hotel JW Mariott Surabaya, dengan disaksikan Anggota BPKH, Sulistyowati. Penandatanganan juga dilakukan oleh beberapa BPD di Indonesia, Jum’at (2/12/22).

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menyampaikan bahwa Bank kalsel akan selalu mendukung dalam memberikan layanan baik berupa pendaftaran hingga penerimaan setoran haji bagi seluruh Calon Jemaah Haji di Kalimantan Selatan.

“Melalui penandatanganan Berita Acara Impelementasi Aplikasi SISKEHAT G2 yang dilaksanakan pada hari ini, Bank Kalsel siap mendukung BPKH dalam memberikan layanan kepada para Calon Jamaah Haji khususnya di Kalimantan Selatan. Tentunya dengan adanya sistem ini, akan semakin mempermudah dalam akurasi data antara Bank Kalsel dengan BPKH, sehingga layanan yang diberikan dapat semakin optimal,” terang Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Mulai 1 Desember, SPBU di Banjarmasin Mulai Uji Coba Pembelian Solar Dengan QR Code

Published

on

sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan mulai melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak jenis biosolar dengan quick response (QR) code di SPBU Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terhitung mulai 1 Desember 2022 kemarin.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan penerapan program Subsidi Tepat telah dilaksanakan sejak kemarin ditujukan agar pendistribusian BBM subsidi dapat lebih termonitor, tepat sasaran, dan tepat volume.

“Ini merupakan uji coba dari hasil kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat yang selama ini kami lakukan semenjak beberapa bulan kemarin. Uji coba penerapan program ini secara menyeluruh akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin,” jelas Arya, Jum’at (2/12/22).

Pertamina mengajak masyarakat yang merasa berhak untuk dapat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website www.subsiditepat.mypertamina.id. “Setelah terdaftar, masyarakat akan menerima QR Code yang bisa dicetak dan dibawa sebagai bukti berhak menerima BBM Subsidi saat bertransaksi di SPBU,” tambahnya.

Melalui hasil pantauan di lapangan, terdapat sejumlah sopir kendaraan yang sudah memiliki QR Code namun ada juga yang belum. “Bagi sopir yang belum memiliki QR Code, kami menyediakan booth pendaftaran di SPBU. Akan ada petugas yang membantu melakukan pendaftaran,” terang Arya.

Ditemui di SPBU Belitung, Asep, salah satu pengendara truk pengangkut pasir memberikan tanggapannya terkait uji coba penggunaan QR Code untuk membeli Solar subsidi. Ia mengaku melakukan pendaftaran melalui booth yang ada di SPBU Belitung dan saat ini sudah memiliki QR Code. “Ya saya ikut saja aturannya gimana, biar tertib kalau beli solar,” ucapnya.

Sementara itu, pengendara truk lainnya, Mansyah mengaku bingung saat ingin melakukan pendaftaran program subsidi tepat, sehingga saat ini belum memiliki QR Code. “Iya saya ngga punya QR Code, baru saja daftar. HP saya model lama ngga bisa dibuat daftar, jadi didaftarin petugas di SPBU itu,” tutur Mansyah.

Ketentuan penggunaan BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

“Kami berharap dengan dimulainya ujicoba ini penyaluran BBM subsidi terutama solar menjadi tepat sasaran dan mereka yang memang berhak mendapatkan tidak lagi khawatir akan kekurangan stok BBM subsidi tersebut,” tutup Arya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi kontak Pertamina di 135 atau mengunjungi website resmi Pertamina di www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Open Donasi, Bank Kalsel Peduli Korban Gempa Cianjur

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Musibah gempa Cianjur yang menelan korban ratusan jiwa dan meluluhlantakkan puluhan ribu rumah serta puluhan ribu jiwa mengungsi, memantik kepedulian Bank Kalsel.

Sebagai bank kebanggaan urang Banua, Bank Kalsel mengajak masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), karyawan khususnya nasabah Bank Kalsel untuk menyisihkan rezeki membantu korban gempa Cianjur.

“Mari bantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa Cianjur,” ujar Direktur UPZ Bank Kalsel HM Fajri Muhtadi, Senin (28/11/22).

Bank Kalsel membuka Donasi bagi korban Gempa Cianjur ke rekening 6500045777 atas nama Donasi Bencana dan Kemanusiaan UPZ Bank Kalsel.

Pengumpulan donasi ini, kata dia, merupakan inisiatif Bank Kalsel dan jajaran sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kepada korban gempa Cianjur.

“Mudahan donasi yang terkumpul dan dikirim nantinya dapat meringankan beban dan penyemangat warga yang menjadi korban gempa tersebut,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel Hanawijaya mewakili jajarannya, mengatakan ikut merasakan duka yang mendalam akibat bencana alam yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya.

TOP 100 CEO di Indonesia ini, juga mengajak dan mengirimkan doa kepada warga yang terkena musibah gempa, agar diberikan ketabahan dan kesabaran serta kekuatan melewati ujian tersebut.

“Semoga musibah ini menjadi yang terakhir di Indonesia. Mari semua pihak saling bahu membahu memberikan bantuan kepada korban terdampak gempa,” pungkasnya. (adv/ad)

Continue Reading

Banjarmasin

Dirut Bank Kalsel Didapuk Sebagai Top 100 CEO Dari Info Bank Award 2022

Published

on

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dengan didampingi Wakil Pemimpin Redaksi, Karnoto Muhammad. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dunia sedang bersiap-siap menghadapi ancaman resesi global di tahun mendatang, tak terkecuali Indonesia. Indonesia yang memiliki kemungkinan mengalami resesi ekonomi hanya 3% pun terancam mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun depan. Jika resesi biasanya berlangsung tidak lebih lama dari beberapa kuartal keuangan, dampak stagflasi terhadap perekonomian lebih hebat lagi. Efeknya pun dapat berlangsung lebih lama hingga memukul sektor manufaktur, banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan, daya beli masyarakat melemah, dan pendapatan yang menurun. Bagi para pelaku bisnis, hal tersebut akan berakibat pada penurunan omzet perusahaan, melambatnya pertumbuhan kredit, terganggunya arus kas, penurunan harga saham dan laba, serta menurunnya kualitas produk dan layanan.

Kondisi tersebut menegaskan faktor kepemimpinan sebagai salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan agar mampu beradaptasi dan bersaing seiring dengan kemajuan zaman. Setidaknya sejak kondisi Pandemi Global yang menerpa seluruh perusahaan di dunia, mereka yang mampu bertahan dan beradaptasi dengan kondisi tersebut, salah satu faktor yang menentukan adalah terletak pada sosok Pemimpin/Leader perusahaan (CEO – Chief Executive Officer). CEO yang mampu menciptakan nilai-nilai/values perusahaan, memiliki pengalaman luas, berhasil dalam melakukan transformasi dan menghadapi turnaround serta mampu menghadapi krisis, dipastikan akan mampu membawa perusahaannya untuk terus
survive dan berkembang serta mampu beradaptasi dengan era disrupsi.

Keberhasilan para CEO berdasarkan indikator tersebut, menjadi latar belakang bagi Infobank Media Group bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI) untuk menggelar Infobank TOP 100 CEO & The Next Leader Forum 2022. Gelaran akbar yang mengangkat tema “The Secrets of Effective Leadership in Crisis” tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 di Pullman Hotel, Jakarta, dengan dihadiri para TOP CEO dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Pada gelaran ini, Hanawijaya, selaku Direktur Utama Bank Kalsel, didapuk sebagai TOP 100 CEO versi Majalah Infobank, bersanding dengan CEO lainnya yang berasal dari kalangan perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Adapun kriteria lainnya yang turut mendukung raihan tersebut adalah berdasarkan kinerja perusahaan yang dipimpin oleh para CEO tersebut yang memperoleh hasil rating 2022 versi Majalah Infobank (diutamakan predikat “Sangat Bagus”), rating bank, rating asuransi, rating multifinance, dan rating BUMN. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, dengan didampingi Wakil Pemimpin Redaksi, Karnoto Muhammad.

“Saya selaku Direktur Utama Bank Kalsel, mengucapkan terima kasih setinggi- tingginya atas apresiasi yang diberikan kepada Saya sebagai TOP 100 CEO versi
Majalah Infobank. Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan para Kepala Daerah
selaku Pemegang Saham Bank Kalsel, para Jajaran Manajemen dan seluruh insan Bank Kalsel disegala lini perusahaan, serta nasabah-nasabah setia Bank Kalsel. Raihan ini menjadi amanah bagi Saya untuk terus memberikan karya dan inovasi terbaik bagi perkembangan Bank Kalsel ke depan, sehingga selanjutnya akan berdampak pula pada peningkatan perekonomian daerah,” tutur Hanawijaya, Kamis (24/11/22).

Lebih lanjut, Hanawijaya berharap agar Bank Kalsel dapat terus maju dan berkembang, senantiasa konsisten memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat/nasabah sebagaimana harapan seluruh Pemegang Saham.

“Sebagai entitas bisnis daerah, Bank Kalsel senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat Kalimantan Selatan. Dengan semakin meningkatnya kinerja Bank Kalsel, maka akan semakin meningkat pula pendapatan daerah, sehingga nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sejalan dengan tagline kami Setia Melayani, Melaju Bersama,” pungkas Hana. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

9 ASN Pemko Banjarmasin Mendapatkan Emas Antam dari Undian KPE Bank Kalsel

Published

on

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Wajah sumringah terpancar dari sembilan ASN Pemko Banjarmasin yang mendapat hadiah emas Antam ukuran 10 gram dan 5 gram dari Undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah menyerahkan hadiah emas dari undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel kepada 9 orang ASN di Pemko Banjarmasin, Jum’at (18/11/22).

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengucapkan, terima kasih kepada Bank Kalsel yang memberikan hadiah untuk para pemegang KPE dengan hadiah sangat lumayan. “Selamat kepada pemenang semoga hadiah emas Antamnya bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya, mengungkapkan, undian KPE Bank Kalsel memberikan kesempatan kepada ASN mendapatkan hadiah menarik. “Makin banyak tabungan makin besar kesempatan mendapat hadiah, karena kupon undian diberikan setiap Rp250 ribu per satu kupon undian,” tambahnya.

Pemegang tabungan KPE juga diikutsertakan pada pengundian Simpeda Nasional yang hadiahnya uang tunai miliaran rupiah. “Jadi banyak keuntungan yang didapat dari KPE Bank Kalsel. Mari perbanyak tabungan karena tahun depan hadiah akan semakin di perbesar,” ajaknya.

Seorang ASN, Kurnisah, mengaku, beruntung mendapat emas Antam 10 gram.”Saya senang dan sebentar lagi pension. Rencananya emas ini dijual untuk membeli bibit durian persiapan masa pension. Saya ucapkan terima kasih ke Bank Kalsel yang menjadi bank kebanggaan Banua,” imbuhnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Dana Pendidikan Kepada Anak Yatim/Piatu Berkolaborasi Bersama LAZ Sahabat Yatim Indonesia

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Cabang Kalimantan Selatan LAZ Sahabat Yatim Indoensia, Ibu Nina Apriliana. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal dan berguna bagi masyarakat dan negara.

Namun jenjang pendidikan yang harus dilewati adalah sangat panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya proses dalam pendidikan formal atau non formal harus benar-benar diperhatikan agar dapat melahirkan penerus bangsa yang unggul.

Dengan hal tersebut diatas LAZ Sahabat Yatim Indonesia mengajak UPZ Bank Kalsel untuk berkolaborasi melalui Program Dukung Yatim Berprestasi yang digagas oleh LAZ Sahabat Yatim Indonesia, Jum’at (18/11/22).

Program Dukung Yatim Berprestasi merupakan program santunan berupa perlengkapan sekolah maupun uang saku yang diberikan kepada anak-anak yatim dhuafa sebagai penunjang bagi mereka untuk menjadi siswa dan siswi yang berprestasi.

Berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan dana pendidikan kepada anak yatim/piatu berkolaborasi bersama LAZ Sahabat Yatim Indonesia.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Cabang Kalimantan Selatan LAZ Sahabat Yatim Indoensia, Ibu Nina Apriliana. Dalam penyerahan tersebut didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi anak yatim/piatu dan dapat memberikan semangat kepada mereka untuk menuntut ilmu,” ungkap Fajri Muhtadi.

Bagi Donatur dan Sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPz Bank Kalsel

Rekening Zakat, Infak dan Sedekah:
Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan sedekah) A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel: 0811505153
[adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bantuan 1 Unit Mesin ATM Beras Kolaborasi UPZ Bank Kalsel kepada Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Lazismu Kantor Layanan Masjid A-Jihad, Muhammad Ikbal. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka Kolaborasi /Kerjasama antara UPZ Bank Kalsel dengan Lazismu untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan pokok kaum dhuafa tidak hanya mengandalkan program pemerintah untuk mengatasinya, masyarakat pun dapat berperan sekaligus sebagai upaya menanamkan kepekaan untuk saling tolong menolong.

Salah satu upaya sederhana namun berdampak langsung contohnya dengan membiasakan diri menginfaqkan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit, seperti memberikan santunan kepada kaum dhuafa dalam bentuk beras sebagai bahan pangan pokok.

Saat ini Lazismu Kantor Layanan Masjid Al jihad rutin setiap bulannya membagikan beras kepada kaum dhuafa kurang lebih sebanyak 100 (seratus) orang penerima dengan masing-masing diberikan 5 (lima) kilo gram beras.

Beras yang dibagikan tersebut berasal dari infaq/donasi Jemaah masjid Al-jihad dan Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad.

Berdasarkan hal tersebut di atas untuk memudahkan agar lebih praktis dan terukur dalam pendistribusian beras kepada kaum dhuafa maka UPZ Bank Kalsel dalam rangka Berkolaborasi dengan Lazismu untuk memberikan 1 (Satu) unit mesin ATM Beras kepada Lazismu Kantor Layanan Masjid Al-Jihad.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, Bapak H. M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Lazismu Kantor Layanan Masjid A-Jihad, Muhammad Ikbal. Dalam penyerahan tersebut didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan mempermudah dalam menditribusikan beras kepada mustahik,” pesan Fajri Muhtadi.

Bagi Donatur dan Sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Continue Reading

Umum

Populer