ITB Bandung Kembali Latih Perajin Ketapang Di Tahun 2022, Membuka Jalan untuk Ekspor Produk Industri Kreatif – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalbar

ITB Bandung Kembali Latih Perajin Ketapang Di Tahun 2022, Membuka Jalan untuk Ekspor Produk Industri Kreatif

Published

on

Tim Peneliti ITB yang di Ketuai Dr. Sulistyaningsih ini berencana akan menjadikan Ketapang sebagai tempat Pengembangan Produk Industri Kreatif setiap tahun, Hal tersebut disampaikan pada Pertemuan Tim Peneliti, Ahli, Praktisi, Penyuluh Pertanian dan Perajin Ketapang melalui media Zoom. (Foto: Ist) 

KETAPANG, SuaraBorneo.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) berencana akan kembali mendatangi Kabupaten Ketapang di Bulan Juni 2022 mendatang, Pelatihan Pengembangan Produk Industri Kreatif di Ketapang sudah memasuki tahun Kedua,  Dalam rencana Tim Peneliti ITB yang di Ketuai Dr. Sulistyaningsih ini berencana akan menjadikan Ketapang sebagai tempat Pengembangan Produk Industri Kreatif setiap tahun, Hal tersebut disampaikan pada Pertemuan Tim Peneliti, Ahli, Praktisi, Penyuluh Pertanian dan Perajin Ketapang melalui media Zoom Sabtu Sore (21/05/2022).

” Tim Pelatih dari FSRD ITB sudah memiliki rencana jangka panjang untuk menjadikan Ketapang sebagai Kota Binaan, Ketapang dijadikan Tempat Pengembangan Produk Industri Kreatif dengan bahan baku alam yang tersedia, Dan ini Tahun Ke-2 Kami ke Kota Ketapang “ Ujar Dr Tri Sulistyaningsih dalam rapat Persiapan bersama Para Pakar dan Ahli yang akan ikut dalam program ini.

Hadir dalam pertemuan ini Adi Supriadi sebagai Tokoh Asli Ketapang dan Ahli Branding dan Sosial Media Marketing, Yani Suryani, M,Hum sebagai Ahli Budaya dan Humaniora, Dr. Husein Hendriyana, Pakar Desain Produk Industri Kreatif, Evi Fauziah Dosen Muda ITB, Sira dan Muhammad Hafidz Mahasiswa yang turut serta dalam Program ini, Dari Ketapang Dihadiri Muhammad Ilham sebagai Penyuluh Pertanian dan Pembina Para Perajin Area Matan Hilir Selatan dan Bu Ida sebagai Ketua Kelompok Wanita Perajin Sungai Beban.

Dalam kesempatan tersebut, Husen Hendriyana sebagai Nara sumber menjelaskan agar produk Kerajinan Ketapang khususnya dari bahan baku Pandan tidak lagi hanya menyediakan untuk kebutuhan kematian tetapi juga sudah sampai menyediakan anyaman pandan berupa sendal hotel, jika hotel di Ketapang sudah banyak.

“Selain itu, Bahan Baku dari Pandan ini tidak hanya berupa anyaman saja, tetapi bisa dikembangkan menjadi tambang, Tambang yang terbuat dari Pandan ini bisa dilolah lagi menjadi produk jadi, Seperti Kursi salah satunya, kekuatannya kursi dari tambang berbahan baku pandan bisa diduduki dengan berat 110 Kg, artinya sangat kuat, dan ini bisa jadi potensi ekonomi yang bagus untuk Para Perajin Ketapang jika diluar ke luar negeri” Kata Husen menjelaskan.

Sementara itu Ida, Ketua Perajin di Sungai Bemban didampingi Muhammad Ilham Penyuuh Pertanian Desa Sungai Besar menambahkan bahwa bahan baku kerajinan industri kreatif di Sungai Bemban bukan hanya pandan, tetapi juga sabut kelapa, batok kelapa, Nipah, Bemban dll. Potensi Bahan Baku Industri Kreatif di Ketapang sangat berlimpah, tetapi kreativitas perajin masih perlu ditingkatkan lagi melalui pelatihan dan pendampingan para pakar.

“Potensi Di Ketapang banyak yang bisa dikembangkan, hanya saja perlu ada pihak yang bisa membawa Kami untuk bisa menembus pasar lebih luas lagi, bukan hanya ketapang, selain itu harapan Kami tim Pelatih dari Bandung bisa membawa alat-alat kerja yang bisa menjadi contoh Kami buat dalam mengolah bahan baku seperti Pandan, Sabut Kelapa dll “ Terang Ida dengan Semangatnya.

Didalam rapat yang sama, Adi Supriadi yang hadir sebagai Tim Trainer ITB dan juga Ahli Branding dan Sosial Media Marketing STEBI Global Mulia Cikarang menyampaikan bahwa di tahun kedua kedatangan tim ITB bukan lagi Training mengenai Desain Produk dan Branding seperti tahun lalu, Pelatihan tahun kedua ini fokus pada proses dan memperkenalkan teknik twist ropes pada pengolahan tanaman pandan, Selain itu tahun kedua ini Kita akan sampaikan kepada Perajin di Ketapang Peluang Ekspor jika produk kerajinan lebih Kreatif.

“Jika tahun 2021 lalu, Pelatihan Kita seputar Desain Produk dan Wawasan Sosial Media Marketing, Tahun 2022 ini Insyaa Allah tentang Kreatifitas dan Pengembangan Produk serta Potensi Pemasaran Produk Kerajinan di Marketplace, Kita akan kenalkan pasarketapang.com kepada perajin, karena target tahun lalu memang Kita bisa mendirikan marketplace sendiri, nah tahun ini sekaligus sosiasilasi dan cara pemanfaatan marketplace yang sudah ada “ Papar Adi Supriadi kepada Media.

Pria kelahiran Ketapang yang bertekad kuat untuk membawa para ahli ke Ketapang dalam rangka meningkatkan SDM serta pengembangan potensi produk dengan potensi alam di Ketapang ini menambahkan, bahwa melalui Pakar Desain Produk Husen Hendrayana, akan membawa katalog produk contoh dan alat-alat yang bisa dibuat untuk membantu para perajin dalam mempercepat hasil produk kerajinan.
Untuk Pembuatan Katalog Produk-produk anyaman dan tambang dari pandan akan disusun oleh tim PPM dari Kelompok Keahlian Literasi, Media & Budaya FSRD ITB Bandung.

“ Selain Pandan, Kita juga akan melihat apa saja potensi-potensi alam yang bisa kembangkan jadi kerajinan di Ketapang dan berpotensi ekspor ke luar Negeri “ Harap Adi.

Tim Pelatih dari ITB berdasarkan hasil Survey awal melihat bahwa Para Perajin Di Sungai Bemban baru mengenal teknik anyaman saja belum mengenal teknik gulung untuk dijadikan tambang. Dari tambang pandan tersebut telah diteliti oleh Dr Husen Hendriyana, Pakar Desain Produk dan Staff pengajar dari Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung berkolaborasi dengan Peneliti KK LMB FSRD ITB.

Selain itu, Tim Peneliti  dan Pelatih FSRD ITB juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Ketapang agar memberikan kesempatan kepada para Perajin membuat lapak-lapak khusus para Perajin di daerah Wisata di Ketapang, seperti Pantai Pecal salah satunya yang kabarnya selalu ada pengunjung setiap hari maka sudah saatnya punya tempat penjualan Souvenir Produk Kerajinan Asli Ketapang.

“Terkait Peningkatan Anyaman pandan menjadi Tali Tambang Pandan, jika Perajin Sungai Bemban berhasil maka ini akan menjadi Potensi penghasilan PAD Daerah, potensi ekspornya besar dan banyak Trader luar negeri mencarinya, Semoga Perajin Pandan Ketapang bisa mengikuti jejak Perajin Anyaman Pandan Pangandaran jawa barat untuk bisa sama-sama jadi supplier untuk Ekspor,“ Tutup Tri Sulistyaningsih. [ad/rls]

Bengkayang

Nursiah Guru Bengkayang Di Daerah Terpencil Dinobatkan Sebagai Duta Teknologi Kemendikbud

Published

on

Nursiah, bertugas di SMPN 2 Seluas, Bengkayang diberikan Anugerah Kihajar 2022. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) kembali menggelar Anugerah Kihajar tahun 2022, 30 November lalu.

Anugerah Kihajar 2022 ini diberikan pada 34 guru dari sekolah berbeda di Indonesia. Salah satunya yang juga menerima anugerah Kihajar tahun 2022 ini yakni Nursiah, yang bertugas di SMPN 2 Seluas, Bengkayang.

Anugerah Kihajar tahun ini diberikan kepada pendidik dan peserta didik dari seluruh Indonesia yang berkarya dalam melakukan inovasi-inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya.

Salah satu apresiasi tersebut di berikan kepada para guru yang mengikuti program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2022. Pembatik ini berlangsung mulai dari tahap level 1 hingga Level 4 yang pada akhirnya terpilih 1 guru dari tiap provinsi yang mendapatkan apresiasi sebagai Duta Teknologi Pendidikan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono saat di hubungi Suara Pemred, Minggu (4/12) menyampaikan, salah satu guru hebat Bengkayang menjadi Duta Teknologi Kemendikbud. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan untuk Bengkayang dan Kalbar pada umumnya.

“Salah satu guru hebat kabupaten Bengkayang yang bertugas di SMPN 2 Seluas, tempatnya terpencil dan susah sinyal tetapi tetap bisa mengharumkan nama Kalbar. Selamat buat Bu Nursiah,” ucap Heru Bangga.

Lanjut Heru, meskipun berada di daerah terpencil dan juga keterbatasan yang ada, tetapi hal tersebut tak menjadi halangan untuk berkreasi dan berinovasi. Ia juga berpesan kepada guru-guru lain untuk terus bisa berinovasi, sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Gunakan growth mindset berpikir positif untuk menghasilkan sebuah karya besar. Semoga prestasi guru di pedalaman ini dapat menginspirasi guru-guru dipedalaman. Selamat dan sukses. Guru Bengkayang senantiasa Gembira Bergerak untuk “Mewujudkan SDM Unggul Bengkayang MANTAP,” pungkasnya.

Sementara itu, dari rilis Kemendikbud, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan, saat ini transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedepankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas.

“Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien,” ujar Mendikbudristek dalam sambutannya secara virtual pada acara Anugerah Kihajar 2022 yang diselenggarakan di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (30/11).

Nadiem Makarim mengatakan, salah satu faktor yang mendorong pengembangan transformasi digital adalah semangat para guru, pelajar, dan para pemerintah daerah (Pemda) untuk mengikuti berbagai pelatihan teknologi yang diadakan Kemendikbudristek seperti program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK), Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering, Math), serta materi-materi pembelajaran yang dibagikan melalui platform belajar.id.

Untuk itu, lanjut Mendikbudristek, sebagai apresiasi semangat dalam mengakselerasi transformasi sistem pendidikan dengan Gerakan Merdeka Belajar, Kemendikbudrsitek menggelar Anugerah Kihajar 2022. Melalui Anugerah Kihajar 2022, Menteri Nadiem berharap agar dapat mendorong semangat belajar para peserta didik serta guru sebagai pembelajar sepanjang hayat dan penggerak perubahan.

“Selamat kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan Anugerah Kihajar 2022. Marilah kita terus serentak berinovasi bergotong royong mewujudkan Merdeka Belajar,” pesan Mendikbudristek.

“Transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedepankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas. Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien,” ujar Menteri Nadiem lagi.

Kemudian, Dr. Hasan Chabibie, selaku Kepala Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek menyampaikan, bahwa Duta Teknologi Pendidikan Tahun 2022 adalah mitra Pusdatin dalam menciptakan ekosistem digital pada pendidikan di daerah. Kedepannya para duta akan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada di daerah demi menciptakan pendidikan yang lebih maju dan mampu menciptakan Profil Pelajar Pancasila.

“Ini adalah awal perjalanan dari guru-guru hebat untuk berbagi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan dalam menyebarkan inovasi-inovasi pembelajaran yang ada sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi siswa,” tutupnya. [rbn]

Continue Reading

Kalbar

23 Pucuk Senjata Lantak Diserahkan Masyarakat Ke Polisi

Published

on

Polsek Menukung menerima penyerahan senjata api jenis lantak. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Polsek Menukung menerima penyerahan senjata api jenis lantak dari masyarakat Kecamatan Menukung melalui anggota Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi di Polsek Menukung, Sabtu (3/12/2022).

Penyerahan senpi dilaksanakan di Polsek Menukung dihadiri Kapolsek Menukung Iptu Tri Jumadi, Anggota Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi Sucipto Ombo,SH, Ps.Kasium Polsek Menukung Bripka Edi Slamet Cahyono, Ps.Kanit IK Polsek Menukung Bripka Parnoto, Bhabinkamtibmas Bripka Ervianto,S, Babinsa Koramil Menukung Sertu Yusmadi, Sertu Yusuf.S.G serta perwakilan masyarakat yang menyerahkan senpi.

“Polsek Menukung telah menerima penyerahan sebanyak 23 pucuk senpi panjang jenis lantak,” Ujar Kapolsek Menukung Iptu.Tri Jumadi.

Penyerahan secara suka rela dan atas kesadaran tinggi dari masyarakat ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas di Kecamatan Menukung, penyerahan secara simbolis dilakukan oleh bapak Sucipto Ombo,SH dan perwakilan masyarakat.

“penyerahan senpi oleh masyarakat selanjutnya akan dilakukan penyimpanan di gudang Polres Melawi guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan”. Kata Iptu. Tri Jumadi.

Sementara itu Kapolres Melawi Sampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Kecamatan Menukung atas kesadaran yang tinggi bersedia menyerahkan 23 pucuk senpi lantak.

“Kami pihak Kepolisian Mengucapkan Terimakasih Kepada masyarakat Kecamatan Menukung,mari bersama sama kita menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi,” pungkasnya. (io).

Continue Reading

Kalbar

Jemaah Sholat Jum’at Masjid Shiratull Jannah Gelar Sholat Ghaib Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Published

on

Jemaah Sholat Masjid Shiratull Jannah Polres Melawi melaksanakan sholat Ghaib. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Jemaah Sholat Masjid Shiratull Jannah Polres Melawi melaksanakan sholat Ghaib untuk korban gempa bumi Cianjur Jawa Barat.

“Hari ini personil Polres Melawi bersama jemaah sholat jumat melaksanakan sholat Ghaib di Masjid Shiratull Jannah,” ujar AKBP Sigit, Jum’at (25/11/2022).

Tujuan dari pelaksanaan Sholat Ghaib untuk mendoakan korban gempa bumi cianjur.

“Dengan dilaksanakan sholat ghaib,kami mendoakan semoga saudara saudara kita yang sedang diuji yang maha kuasa selalu diberikan ketabahan,” harapnya

Seperti diketahui akibat gempa bumi menyebabkan korban meninggal dunia,korban luka serta kerugian harta benda. (io)

Continue Reading

Kalbar

2 Unit Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Published

on

Polsek Kota Baru Bersama Forkopimcam, Pemdes dan Masyarakat Sigap Melakukan Evakuasi. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Curah hujan yang tinggi dan angin kencang kerap melanda sebagian wilayah Kabupaten Melawi.Di Kecamatan Tanah Pinoh 2 rumah warga mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa pohon tumbang saat terjadi hujan dan angin kencang di Dusun Trigala II Desa Suka Maju Kecamatan tanah Pinoh.

Pohon tumbang menimpa rumah warga terjadi sekira pukul 13.00 wib. menimpa rumah milik sdr.Paden dan sdr.Amran.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto,S.I.K., membenarkan pohon tumbang menimpa rumah warga mengakibatkan 2 unit rumah warga mengalami kerusakan cukup parah, Senin (21/11/2022) siang.

“Benar,Akibat pohon tumbang yang terjadi di Dusun Trigala II Desa Suka Maju, 2 unit rumah warga mengalami kerusakan,” Ujar AKBP Sigit.

AKBP Sigit Menambahkan- Pasca menerima informasi dan laporan masyarakat personil Polsek Kota Baru berkoordinasi dengan Forkopimcam dan Pemerintah Desa Suka Maju dan segera melakukan tindakan evakuasi terhadap korban, harta benda dan material pohon tumbang yang menimpa rumah warga dengan menggunakan chainsaw dan alat lainnya.

Lebih jauh- AKBP Sigit menjelaskan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa namun kerugian materi sekitar Rp.45.000,000,- (empat puluh lima juta rupiah) sedangkan pemilik rumah sdr.Paden dan sdr.Amran sementara mengungsi dirumah keluarganya.

AKBP Sigit mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Melawi agar meningkatkan kewaspadaan menginggat curang hujan cukup tinggi dapat menyebabkan genangan air dan mengakibatkan banjir serta angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang yang dapat membahayakan keselamatan.

AKBP Sigit mengucapkan terima kasih kepada Polsek Kota Baru bersama Forkopimcam, Pemerintah Desa Suka Maju serta masyarakat yang telah dengan sigap membantu mengevakuasi korban, harta benda dan membersihkan material pohon yang menimpa rumah warga.

“Tetap waspada,curah hujan cukup tinggi yang dapat menyebabkan banjir dan angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang yang membahayakan masyarakat,” pungkasnya. (Tio)

Continue Reading

Bengkayang

11 Atlet E-sport Bengkayang Siap Tampil Maksimal di Porprov XIII Kalbar

Published

on

Atlet E-sport Bengkayang Siap berlaga di Porprov XIII Kalbar. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Pengurus E-sport kabupaten Bengkayang tengah persiapkan kematangan atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar November mendatang. Persiapan demi persiapan sudah dilakukan termasuk pembinaan dan kesiapan para atlet.

Porprov 2022 ini, E-sport atau biasa di singkat Esi mengirim dua tim atau 11 atlet yang terdiri dari atlet Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battlelgrounds (PUBG). Pengirim atlet tersebut sesuai dengan kemampuan, mengingat terbatasnya anggaran dari Pemda dan KONI. Walau keterbatasan itu, Esi yakin tim dari Bengkayang bisa memperoleh mendali.

“Kesiapan baik panitia dan juga atlet kita sudah siap. Saat ini pun atlet kita sudah berlatih, semoga lancar sampai hari H dan membawa mendali pulang,” ucap Ketua E-sport kabupaten Bengkayang, Mujidi, pada rapat internal pengurus E-sport Bengkayang, Kamis (13/10).

Mujidi menyatakan, pada Porprov tahuini Esi tetap mengirimkan atlet walaupun hanya exhibition.

Salah satu atlet PUBG Acun, menyampaikan rasa optimisnya pada ajang bergengsi ini, bisa membawa mendali pulang ke Bengkayang dan membanggakan kabupaten Bengkayang. Saat ini dia sendiri bersama tim tak henti-hentinya terus berlatih, baik itu tentang kelompokan tim maupun emosional.

“Optimis dapat mendali,” ucapnya Acun.

Sementara itu, sebagai Official, Baruna juga turut menyampaikan rasa optimisnya pada Porprov tahun ini. Melihat euforia dan semangat para atlet yang bersungguh-sungguh dalam berlatih, membuatnya haus akan kemenangan saat berlaga pada turnamen bergengsi di provinsi.
“Saya yakin kontingen E-sport Kabupaten Bengkayang dapat meraih prestasi dalam turnamen Porprov kali ini,”pungkasnya. (RB)

Continue Reading

Kalbar

TNI-Polri Gelar Baksos Bersihkan Taman Makam Pahlawan Raden Temenggung Setia Pahlawan

Published

on

TNI-POLRI Melakukan Kegiatan Bakti Sosial Membersihkan makam Pahlawan Raden Temenggung Setia Pahlawan. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – TNI-POLRI Melakukan Kegiatan Bakti Sosial Membersihkan makam Pahlawan Raden Temenggung Setia Pahlawan di Dusun Liang Desa Tekelak Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Rabu,(9/11/2022).

Baksos di Pimpin Langsung oleh Kapolres Melawi AKBP. Sigit Eliyanto Nurharjanto.

AKBP Sigit mengatakan baksos yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022.

“Sebagai bentuk sinergitas,hari ini TNI-Polri,Instansi terkait dan masyarakat melakukan baksos membersihkan makam pahlawan,” ujar AKBP Sigit.

Lanjut AKBP. Sigit, Bakti sosial untuk mengingat jasa pahlawan yang telah gugur berkorban untuk bangsa dan negara serta mempertebal nilai nilai perjuangan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas antusias masyarakat dalam membantu membersihkan kompleks makam pahlawan Raden Temenggung Setia Pahlawan,” pungkasnya. (io).

Continue Reading

Bengkayang

Koni Bengkayang Berangkatkan Cabor Futsal Lebih Awal Ikut Porprov Kalbar Ke-13

Published

on

Kontingen Porprv ke-13 Kalbar kabupaten Bengkayang Tahun 2022. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bengkayang Memberangkatkan sebanyak 24 Atlet Putra-putri Dari cabang olahraga Futsal pada 31 Oktober 2022, Senin Siang.

kontingen Cabang olahraga Futsal adalah 1 dari 31 Cabang Olahraga kabupaten Bengkayang yang di berangkatkan lebih Awal pada Porprv ke-13 Kalbar Tahun 2022.

Sebelum di berangkatkan Ke Pontianak pusat Kompetisi Porprv Kalbar.

Para Atlet Cabor Futsal di berikan motivasi Oleh Ketua KONI kabupaten Bengkayang.

Ketua KONI kabupaten Bengkayang Mardiansyah Herman Berharap Para atlet Cabor Futsal dapat mengikuti Porprv ke-13 Kalbar Lebih maksimal dan mampu mengumpulkan medali untuk daerah.

“ kepada atlet Cabor Futsal tetap semangat dan siap berkompetisi untuk Porprv ke-13 ini, serta juga harus dapat bertanding lebih maksimal, Ungkap Ketua KONI Kabupaten Bengkayang Mardiansyah Herman

Herman mengatakan Atlet Cabor Bengkayang yang di berangkatkan akan menginap di Mess Pemda Bengkayang selama pertandingan berlangsung.

“ para atlet yang akan menginap di Mess Pemda supaya tetap mematuhi peraturan tempat menginap seperti menjaga kebersihan Mess juga selain yang tak kalah penting nya menjaga kesehatan dan persiapan supaya saat berkompetisi pada Porprv Kalbar dapat Maksimal, Beber Herman.

Sementara itu Ketua Futsal Kabupaten Bengkayang Aven mengatakan sebelum berkompetisi pada Porprv ke-13 Kalbar, pihaknya sudah mempersiapkan matang para atlet.

“ sekitar sebulan lebih atlet Cabor Futsal sudah berlatih maksimal sebagai kesiapan menghadapi Porprv Kalbar dengan harapan dapat mewujudkan target medali salah satu tujuan yang akan di raih,jelas Aven Ketua Futsal Kabupaten Bengkayang

Aven berharap selama mengikuti Porprv ke-13 Kalbar atlet Cabor Futsal dapat berkompetisi lebih maksimal demi kabupaten Bengkayang.

“ agar lebih maksimal kepada para atlet futsal yang kita berangkat kan selama Porprv ,saya berpesan tetap menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup sehingga bisa lebih maksimal, ” kata Aven

Salah satu Atlet putri Cabor Futsal Rika ,mengatakan sebelum mengikuti pertandingan Porprv ke-13 Kalbar,ia dan Atlet sesama sudah melakukan persiapan matang.

“ kami sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti Porprv seperti latihan Rutin, Semoga dengan maksimal nya kesiapan ini kami bisa juara dan dapat membawa medali untuk kabupaten Bengkayang , ” Ungkap Rika Atelt Putri Cabor Futsal. (Rbn)

Continue Reading

Kalbar

MPC PP Melawi Gelar Diskusi Terbuka, Lilik Hidayatullah : Pemuda Harus Bisa Membentengi diri Dari Bahaya Narkoba

Published

on

Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC. PP) Kabupaten Melawi menggelar Diskusi terbuka. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC. PP) Kabupaten Melawi menggelar Diskusi terbuka di Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Senin (31/10/2022) pagi.

Diskusi Mengusung Tema “Optimalisasi Generasi Millenial Dalam Pencegahan Dan Penyalahgunaan Bahaya Narkoba”.

Kegiatan Di buka oleh Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Melawi Lilik Hidayatullah menyampaikan Pemuda Tidak hanya Membentengi diri sendiri Saja Namun Harus Jadi Pelopor dan Menyampaikan Kembali Kepada Pemuda dan Sesama Anak Bangsa Tentang Bahaya Narkoba Saat ini.

“Saya berharap para pemuda agar bersama sama memerangi Narkoba dan memahami bagaimana sebab akibat pada generasi penerus bangsa, jika terjerumus kepada Narkoba maka akan merusak generasi penerus bangsa hingga penyalahgunaan bahaya Narkoba dapat di Minimalisir di Wilayah Kabupaten Melawi,” ujar Lilik Hidayatullah.

Sementara itu Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya Mengapresiasi MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Melawi Yang telah menyelenggarakan kegiatan Diskusi Tersebut.

Menurut Dadi Pemkab Melawi Berkomitmen Bersama Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN),Masyarakat dan Pihak lainnya Untuk Terus Melakukan Pencegahan Peredaran Narkoba Di Wilayah Kabupaten Melawi.

“Sekali lagi Pemerintah tidak Dapat Bekerja Sendiri di Butuhkan Keterlibatan Seluruh pihak. Berantas ke Akar-akarnya Karena Sudah terbukti berpotensi merusak Generasi Bangsa” Ucap Dadi.

Majalis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Melawi juga menggandeng Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Juang, Dan Polres Melawi Sebagai Pemateri yang di wakili Kasatnarkoba Polres Melawi AKP. Aris Setiawan dan ketua RBM kota Juang Marumi. (io).

Continue Reading

Kalbar

Cek Sejumlah Apotek, Polisi Minta Warga Berhati-hati Beli Obat Sirup

Published

on

Polres Melawi melakukan Pengecekan Di sejumlah Apotek. (Foto/Ist)

MELAWI, SuaraBorneo.com – Polres Melawi melakukan Pengecekan Di sejumlah Apotek yang tersebar di Nanga Pinoh, Sabtu (22/10/2022).

Hal tersebut Menindaklanjuti surat edaran Kemenkes RI tentang kewajiban penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus gangguan ginjal akut pada anak dan surat edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi nomor:440/996/Dinkes-d tanggal 20 Oktober 2022 tentang pemberitahuan tindak lanjut dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

di ketahui Beberapa obat Sirup Telah mengandung dietilen glikol (DEG) maupun etilen glikol (EG) yang mengakibatkan maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia, bahkan berakibat pada kematian.

Kasat Binmas AKP Haryono mengatakan Pengecekan dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terkait larangan peredaran sirup untuk anak-anak.

“pengecekan dan pendataan pada beberapa apotek di Kabupaten Melawi ini terkait larangan memperjual belikan sirup untuk anak-anak”. ucap Kasat Binmas AKP.Haryono

AKP Haryono juga mengimbau kepada apotek-apotek di Kabupaten Melawi agar segera menghentikan penjualan sirup untuk anak-anak tersebut, karena hal tersebut sudah menjadi perhatian nasional terutama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi.

“Kami berharap apotek-apotek di Kabupaten Melawi ini, mengikuti surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Kemenkes RI dan Dinkes Kabupaten Melawi tersebut. Hal ini untuk mencegah dan menjaga anak-anak agar kasus gagal ginjal akut ini tidak terjadi di Kabupaten Melawi ini,” terangnya.

Adapun apotek yang sudah dilakukan pendataan dan pengecekan serta diberikan imbauan yaitu Apotek Indomaret Depan PLTD Sidomulyo, Apotek Ronario Sidomulyo, Alfamart samping SD 3 Sidomulyo, Toko Obat Lestari, Toko Obat Sumber Jaya, Apotek TIB dan Apotek Bunda Fatimah. (io)

Continue Reading

Umum

Populer