Sambut Hari Bhayangkara ke 76, Polres Serdang Bedagai Gelar Bakti Kesehatan Massal – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Umum

Sambut Hari Bhayangkara ke 76, Polres Serdang Bedagai Gelar Bakti Kesehatan Massal

Published

on

Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Dr. Ali Machfud,S.I.K.,M.I.K. (Foto: Ist) 

SERDANG BEDAGAI, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Polres Serdang Bedagai menggelar kegiatan Bakti Kesehatan, seperti khitanan massal, pengobatan umum dan Vaksinasi, Jumat (17/6/2022) pagi bertempat di Aula Patriatama Polres Sergai.

Turut menghadiri kegiatan itu, Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Dr. Ali Machfud,S.I.K.,M.I.K, Wakapolres, Kompol Sofyan,SH, para PJU dan personel Polres Sergai.

Kegiatan diawali dengan melakukan kegiatan Bakti Kesehatan yaitu, khitanan massal, pengobatan umum dan vaksinasi dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76.
Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai.

Bahkan kegiatan sangat direspon masyarakat dengan dibuktikan , hasil kegiatan Bakti Kesehatan di-ikuti peserta sunat massal sebanyak 88 orang, pengobatan umum sebanyak 257 orang serta Vaksinasi Dosis III (Bosster) sebanyak 297 orang. [yusnar]

Banjarmasin

Mulai 1 Desember, SPBU di Banjarmasin Mulai Uji Coba Pembelian Solar Dengan QR Code

Published

on

sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan mulai melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak jenis biosolar dengan quick response (QR) code di SPBU Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terhitung mulai 1 Desember 2022 kemarin.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan penerapan program Subsidi Tepat telah dilaksanakan sejak kemarin ditujukan agar pendistribusian BBM subsidi dapat lebih termonitor, tepat sasaran, dan tepat volume.

“Ini merupakan uji coba dari hasil kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat yang selama ini kami lakukan semenjak beberapa bulan kemarin. Uji coba penerapan program ini secara menyeluruh akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin,” jelas Arya, Jum’at (2/12/22).

Pertamina mengajak masyarakat yang merasa berhak untuk dapat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website www.subsiditepat.mypertamina.id. “Setelah terdaftar, masyarakat akan menerima QR Code yang bisa dicetak dan dibawa sebagai bukti berhak menerima BBM Subsidi saat bertransaksi di SPBU,” tambahnya.

Melalui hasil pantauan di lapangan, terdapat sejumlah sopir kendaraan yang sudah memiliki QR Code namun ada juga yang belum. “Bagi sopir yang belum memiliki QR Code, kami menyediakan booth pendaftaran di SPBU. Akan ada petugas yang membantu melakukan pendaftaran,” terang Arya.

Ditemui di SPBU Belitung, Asep, salah satu pengendara truk pengangkut pasir memberikan tanggapannya terkait uji coba penggunaan QR Code untuk membeli Solar subsidi. Ia mengaku melakukan pendaftaran melalui booth yang ada di SPBU Belitung dan saat ini sudah memiliki QR Code. “Ya saya ikut saja aturannya gimana, biar tertib kalau beli solar,” ucapnya.

Sementara itu, pengendara truk lainnya, Mansyah mengaku bingung saat ingin melakukan pendaftaran program subsidi tepat, sehingga saat ini belum memiliki QR Code. “Iya saya ngga punya QR Code, baru saja daftar. HP saya model lama ngga bisa dibuat daftar, jadi didaftarin petugas di SPBU itu,” tutur Mansyah.

Ketentuan penggunaan BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

“Kami berharap dengan dimulainya ujicoba ini penyaluran BBM subsidi terutama solar menjadi tepat sasaran dan mereka yang memang berhak mendapatkan tidak lagi khawatir akan kekurangan stok BBM subsidi tersebut,” tutup Arya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi kontak Pertamina di 135 atau mengunjungi website resmi Pertamina di www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Minta Rute Tarakan-Tawau Dibuka Kembali

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Guna menggerakkan kembali sejumlah sektor ekonomi di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sabah, Malaysia. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah, Malaysia menuju Tarakan (PP) dan reaktivasi jalur penerbangan kargo Tarakan-Tawau.

“Mengingat Pandemi Covid-19 telah dapat dikendalikan, maskapai yang biasanya beroperasi tiga kali dalam seminggu (MASWings,red), diharapkan bisa kembali aktif,” kata Gubernur Kaltara, pada saat melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Rabu (30/11).

Berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Gubernur didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, Andi Nasuha dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P.

Sementara Menhub, didampingi Dirjend Perhubungan Laut, Arif Toha, Direktur ASDP, Junaidi, Direktur Navigasi Hengky, dan Direktur Angkutan Udara, Putu Cahyadi
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengungkapkan reaktivasi rute penerbangan dan pelayaran (Tarakan-Tawau) dilakukan sebagai upaya peningkatan pembangunan kawasan perbatasan. Hal tersebut, katanya, sebagaimana program kerja pada forum Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) pada tiga bidang. Yakni kerjasama sosial dan budaya, kerjasama ekonomi, perdagangan dan perhubungan serta kerjasama keamanan dan perbatasan.

Kondisi saat ini, trayek Tarakan-Tawau hanya melayani pengiriman hasil laut melalui jalur pelayaran. Namun pengiriman menurun dikarenakan biaya cargo naik.

“Kita mau terbukanya pengiriman cargo melalui jalur udara. Ini juga menghindari adanya petani kepiting bakau yang melalui jalur tidak resmi dalam menyalurkan barang ekspor ke wilayah Tawau,” ungkapnya.

Dihadapan Menhub Budi Karya, Gubernur Zainal juga meminta agar rute dan frekuensi penerbangan dari Tanjung Selor keluar Kaltara ditambah. “Hal ini agar masyarakat Kaltara memiliki banyak pilihan waktu untuk keluar dan masuk Kaltara,” terangnya.

Sementara terkait dengan hibah atau pinjam pake Kapal Rade, Gubernur mengungkapkan bahwa pada intinya Kaltara siap menerima.
Dimana Kapal Rade nantinya, akan dioperasikan untuk melayani Daerah 3TP (Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Pedalaman). Misal ke daerah Lumbis, Sungai Ular, Ancam dan Sungai Dangkal di wilayah Kaltara. Tak hanya mengangkut barang dan orang, tapi juga kendaraan, sembako dan lainnya.

“Intinya kita (Pemprov,red) siap, prosesnya sendiri lagi penyusunan kajian operasional Kapal Rede di wilayah Provinsi Kaltara,” beber Gubernur didampingi Plt Kadishub Kaltara, Andi Nasuha.

Terakhir, disampaikan perihal rencana pembangunan pelabuhan barang di Sei Menjuaring Salangketo, Desa Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan.
“Alhamdulillah, mendapat respon positif. Kita berharap Menteri Perhubungan segera dapat menfasilitasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltara. (md/dkisp)

Continue Reading

Jakarta

Teken Nota Kesepakatan dengan 13 Pemda, Ombudsman RI Minta Komitmen Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Ombudsman RI meminta komitmen dari para kepala daerah di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Demikian disampaikan oleh Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih usai menandatangani Nota Kesepakatan antara Ombudsman RI dan 13 Pemerintah Kota/Kabupaten di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (30/11/2022) di Kantor Ombudsman RI, Jakarta.

Najih mengharapkan agar komitmen tersebut terus dijaga dan diwujudkan dalam kualitas pelayanan publik yang berkeadilan. “Setiap kepala daerah disini memiliki komitmen untuk pelayanan publik ke masyarakat, lebih baik lagi bila didukung oleh APBD,” katanya.

Najih menekankan pekerjaan bersama usai ditandatanganinya nota kesepakatan yaitu percepatan penyelesaian laporan, pencegahan maladministrasi, pertukaran data dan/atau informasi, dan kegiatan lain yang disepakati.

Terakhir, Najih menjelaskan mengenai penilaian kepatuhan tahun 2022 yang dikembangkan menjadi empat dimensi yaitu dimensi input yang mencakup sumber daya manusia dan sarana prasarana, dimensi proses mencakup standar pelayanan publik, dimensi pengelolaan pengaduan, dan dimensi outcome yaitu persepsi masyarakat. “Secara prorata penilaian kepatuhan pemda di Kalimantan Selatan masih masuk zona kuning di tahun 2021. Kami berharap hasil penilaian meningkat di tahun 2022,” tegas Najih.

Sependapat, Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Subhan Nur Yaumil, mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, mengatakan untuk mewujudkan agenda pembangunan daerah perlu partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat. “Hubungan antar pemerintah dengan masyarakat harus dibangun melalui pelayanan publik yang profesional dan berkeadilan,” tuturnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas komitmen Ombudsman karena telah mengawasi terwujudnya pelayanan publik yang profesional, efektif, dan efisien,” jelas Subhan.

Nota kesepakatan ditandatangani oleh Ombudsman dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Pemerintah Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Pemerintah Kabupaten Tapin, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Pemerintah Kabupaten Balangan, dan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Turut hadir Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika dan Hery Susanto, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, Hadi Rahman, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, Bupati Tanah Laut, Sukamta, Pj Bupati Barito Kuala, Mujiyat, Wakil Bupati Banjar, Said Idrus, Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, serta Sekda Kabupaten Kotabaru Said Akhmad. [ad/rls]

Continue Reading

Kaltara

Tingkatkan Ekspor Lewat Produk UKM

Published

on

Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah terus berupaya agar pelaku usaha dalam negeri bisa menembus pasar global. Di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, dalam mendorong hal tersebut berbagai program pembinaan terus dilakukan. Kali ini, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dilakukan bagi para pelaku UKM.

Bertajuk “Peningkatan Ekspor Kaltara Melalui Produk UKM”, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindakop-UKM) Kaltara itu, dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry, Senin (28/11/2022).

Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa dan Politik, Amir Bakry mengatakan, sektor ekspor saat ini menjadi bagian penting dan memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan ekonomi nasional. Hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dimana menurutnya, kegiatan ekspor suatu negara sangat erat hubungannya dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di negara tersebut,” Karena semakin tinggi aktivitas ekspor suatu negara, maka iklim investasu dan pertumbuhan ekonominya juga semakin baik,” kata Amir Bakry.

Amir Bakry yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara itu juga mengungkapkan, jika kodisi ekspor Kaltara di penghujung tahun 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan.

Amir menjelaskan jika merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, tercatat pada bulan Juli 2022 nilai ekspor Kaltara untuk sektor migas dan non migas sebesar USD 1.877.670.000. Nilai ini, katanya, mengalami peningkatan sebesar 54,41 persen dibandingkan nilai ekspor pada September tahun 2021 yang berada pada angka USD 1.002.830.000.

“Hal ini tentunya merupakan sinyal positif bagi pemulihan ekspor nasional, terutama setelah kita mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara, Hj Hasriyani menambahkan, dalam mendorong peningkatan ekspor nasional melalui pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengembangan para pelaku usaha menjadi salah satu fokus Pemerintah Pusat maupun daerah, tidak terkecuali di Provinsi Kaltara.

“Seperti kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor ini, adalah salah satu upaya kita (Pemprov Kaltara,red) untuk meningkatkan potensi mereka, para pelaku usaha yang berorientasi ekspor,” terangnya.

Hasriyani mengharapkan, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi pelaku usaha dalam meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam meningkatkan kualitas standar produk.

Dengan begitu, akan melahirkan para pelaku usaha yang terampil, berwawasan tinggi, memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan bisnisnya serta berdaya saing tinggi di dalam menghadapi persaingan di pasar ekspor. (dksip/mdd)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemerataan Energi Hingga Pelosok, Pertamina Hadirkan BBM 1 Harga Di Kalsel

Published

on

Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman bersama Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama BPH (Badan Pengatur Hilir) Migas meresmikan secara serentak 14 titik lembaga penyalur bahan bakar minyak, melalui program BBM Satu Harga.

Adapun peresmian secara simbolis dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Rabu, 30 November 2022. Penerapan BBM Satu Harga ini merupakan wujud program energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Sejak awal kehadiran program BBM 1 Harga pada tahun 2017 hingga November 2022, Pertamina telah membangun total 402 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 63 tahun 2020. Sementara khusus untuk Tahun 2022, sudah terbangun 81 SPBU dari target 92 lokasi. Pertamina sendiri ditargetkan untuk bisa membangun total 573 SPBU sampai dengan Tahun 2024.

Selain di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada hari ini akan diresmikan 14 lembaga penyalur BBM 1 Harga yang berada di Kabupaten Sambas, Sintang, Melawi, Sanggau, Landak, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung. Acara peresmian dilakukan serentak di 3 lokasi yaitu di Kab. Hulu Sungai Selatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Nias Selatan di Provinsi Sumatera Utara, dan Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

“Dengan resminya 14 titik BBM 1 Harga yang kita lakukan pada hari ini, Pertamina bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali mewujudkan energi  berkeadilan bagi saudara-saudara kita yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses untuk menikmati energi dengan harga yang terjangkau,” jelas M. Taufiq Setyawan, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Rabu (30/11/22).

Taufiq menambahkan realisasi volume penyaluran BBM 1 Harga terus meningkat setiap tahunnya, hingga tahun 2022 ini volume BBM yang tersalurkan kepada masyarakat sudah mencapai 819.876 KL. Hal ini menunjukkan bahwa program BBM 1 Harga ini telah berhasil memberikan akses energi yang mudah dengan harga yang sama hingga ke wilayah 3T di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman dalam sambutannya menyampaikan harapannya akan BBM 1 Harga bagi masyarakat. “Kami menargetkan BBM 1 Harga tidak hanya dapat mendukung pemerataan energi di seluruh negeri namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya.

Apresiasi atas terwujudnya keadilan energi juga datang dari Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. “Masyarakat mengapresiasi pemerintah dan pertamina dalam program BBM 1 harga, kami mendukung pelaksanaan program tersebut dan harapannya kedepan makin banyak lokasi terpencil yang tersedia BBM 1 harga,” tuturnya. [ad/rls]

Continue Reading

Kalteng

Ultah ke 55 Plt Sekwan Kapuas Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota DPRD

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik usai pelaksanaan rapat paripurna di Kantor DPRD Kapuas, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta sejumlah anggota dewan mengucapkan selamat ulang tahun ke 55 untuk Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara simbolis memberikan tumpeng kepada Plt Sekwan sebaliknya kepada unsur pimpinan dewan.

“Semoga Plt Sekwan DPRD Kapuas Ibu Hj Marlina selalu diberikan kesehatan panjang umur bahagia serta dapat menjalankan tugas dan pelayanan yang baik, “ucap Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Hj Marlina menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan yang telah memberi perhatian selama ini. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raperda APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran (TA) 2023 disetujui. Persetujuan tersebut tertuang dalam rapat paripurna ke X masa persidangan pertama, Selasa (29/11/2022).

Rapat paripurna di Kantor DPRD dpimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah Wakil Ketua I Yohanes Wakil Ketua II Efan Rahman Saputra serta anggota DPRD.

Dari eksekutif Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor
mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda Sekda Kapuas Septedy serta OPD.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah kepada awak media usai kegiatan Selasa (29/11/2022) mengatakan untuk raperda APBD TA 2023 Kabupaten pada hari ini resmi disetujui dengan penandatanganan.

“Ya sudah disetujui untuk selanjutnya sesuai mekanisme dan ketentuan disampaikan kepada gubernur untuk evaluasi, ” kata legislator Partai Golkar itu.

Sebelumnya telah dilakukan pembahasan bersama antara TAPD dan dewan terkait APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 tersebut.

Adapun rancangan skema APBD Kabupaten Kapuas Tahun 2023 yakni
Pendapatan Rp. 2.252.316.387.888.00
Belanja Rp. 2.226.619.285.544.00 Surplus (defisit) Rp. 25.697.102.344.00
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Mentan Tinjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas

Published

on

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kawasan Food Estate di kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah meninjau kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Sabtu (36/11/2022).

Kunker Mentan didampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya beserta rombongan dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan lahan yang berada di Dadahup ini memiliki keasaman atau tingkat (PH)
yang sangat rendah sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Oleh karena itulah perlu kita benahi. Kita tak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini. Namun masa depanlah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia, ” jelasnya Mentan.

Namun demikian imbuhnya bahwa
lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus.

Karenanya kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya, “ujarnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32 yang mana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa disamping peninjauan infrastruktur di area kawasan Food Estate.

Sedangkan Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Harapan kita bersama kawasan Food Estate ini menjadi lumbung ketahanan pangan nasional, ” katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Banjarmasin

Open Donasi, Bank Kalsel Peduli Korban Gempa Cianjur

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Musibah gempa Cianjur yang menelan korban ratusan jiwa dan meluluhlantakkan puluhan ribu rumah serta puluhan ribu jiwa mengungsi, memantik kepedulian Bank Kalsel.

Sebagai bank kebanggaan urang Banua, Bank Kalsel mengajak masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), karyawan khususnya nasabah Bank Kalsel untuk menyisihkan rezeki membantu korban gempa Cianjur.

“Mari bantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa Cianjur,” ujar Direktur UPZ Bank Kalsel HM Fajri Muhtadi, Senin (28/11/22).

Bank Kalsel membuka Donasi bagi korban Gempa Cianjur ke rekening 6500045777 atas nama Donasi Bencana dan Kemanusiaan UPZ Bank Kalsel.

Pengumpulan donasi ini, kata dia, merupakan inisiatif Bank Kalsel dan jajaran sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kepada korban gempa Cianjur.

“Mudahan donasi yang terkumpul dan dikirim nantinya dapat meringankan beban dan penyemangat warga yang menjadi korban gempa tersebut,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel Hanawijaya mewakili jajarannya, mengatakan ikut merasakan duka yang mendalam akibat bencana alam yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya.

TOP 100 CEO di Indonesia ini, juga mengajak dan mengirimkan doa kepada warga yang terkena musibah gempa, agar diberikan ketabahan dan kesabaran serta kekuatan melewati ujian tersebut.

“Semoga musibah ini menjadi yang terakhir di Indonesia. Mari semua pihak saling bahu membahu memberikan bantuan kepada korban terdampak gempa,” pungkasnya. (adv/ad)

Continue Reading

Umum

Populer