Hujan Deras Dan Puting Beliung Terjang HSS, 1 Orang Meninggal, 8 Rumah Rusak – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Hulu Sungai Selatan

Hujan Deras Dan Puting Beliung Terjang HSS, 1 Orang Meninggal, 8 Rumah Rusak

Published

on

Keadaan rumah saat diterjang angin puting beliung. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Akibat hujan, disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengakibatkan 8 buah rumah rusak.

Dikabarnya satu orang meninggal dunia akibat tersetrum di kejadian tersebut berlokasi Di Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Senin (20/6).

Peristiwa itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 16.00 Wita, satu orang warga tersetrum diketahui bernama Jairani (57).

Menurut informasi Tim relawan HSS, korban tersetrum akibat kabel listrik putus bergelantungan mengenai tubuhnya setelah rumahnya terkena angin puting beliung.

Untuk korban, Jairani tersetrum, wargapun langsung melarikan korban ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis, akan tetapi korban meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Brigjen H Hassan Basry Kandangan.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD HSS Kusairi membenarkan adanya kejadian bencana puting beliung sore tadi di Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang.

Akan tetapi, pihaknya belum bisa memastikan bahwa ada korban meninggal dunia akibat tersengat aliran listrik di rumahnya.

“Sementara informasi yang kami terima, ada warga tersetrum akibat puting beliung. Beliau masih di rumah sakit, kami belum tahu kondisinya saat ini,” ucapnya kepada, Wartawan

Berdasarkan laporan sementara petugas BPBD HSS di lapangan, 8 buah rumah rusak dengan rincian 4 buah rusak berat, dua rusak ringan dan dua lainnya rusak sedang akibat angin puting beliung.

“Kami masih memastikan kerusakan yang terjadi akibat angin puting beliung di Desa Bamban Utara,” terang Kusairi.

Saat ini, BPBD HSS juga sedang melakukan penanganan bencana puting beliung karena ada beberapa pohon tumbang di Desa Bamban Utara Kecamatan Angkinang.

“Kami sedang menuju ke lokasi untuk penanganan pohon tumbang di Desa Bamban Utara,” pungkasnya. [ari]

Hulu Sungai Selatan

Puncak Peringatan Hari Jadi ke 72 HSS Berlangsung Meriah

Published

on

Peringatan hari jadi kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-72 dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Rentang sejarah perjalanan panjang terus membawa kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bergerak maju kedepan untuk mewujudkan cita – cita bersama. Saat ini HSS genap berusia 72 tahun, perayaannya berlangsung meriah digelar di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan dengan dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Mengambil tema “Gawi Manuntung Barataan Himung” , Bupati HSS H. Achmad Fikry melaporkan kepada Gubernur Kalsel bahwa di momentum peringatan hari jadi ini menjadi sarana bagi semua untuk berkomitmen menyelesaikan tugas serta memberikan yang terbaik untuk warga HSS.

“Tema ini juga mengandung makna bagi kami untuk dapat menyelesaikan amanah yang diberikan dengan sebaik – baiknya, dan tentunya memberikan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat utamanya dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat sebagaimana harapan,” tutur Bupati, Jum’at (2/12/22).

Dilaporkan pula oleh Bupati bahwa peringatan hari jadi HSS tahun melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan rangkaian kegiatan diantaranya melaksanakan ziarah ke makam pendiri kabupaten, kunjungan ke lansia asuh sebanyak 160 orang, haflah tilawatil Al Qur’an dengan qori internasional Salman Amrillah bersama para qori terbaik se Kalsel.

“Kami juga menggelar syukuran hari jadi bersama para ulama, para anak yatim dan masyarakat umum, dengan makan ketupat bersama kemudian ceramah agama dengan mengundang Ustadz Das’ad Latif yang dilaksanakan di mesjid Iberahim Negara, dan insyallah malam ini ada kegiatan Hulu Sungai Selatan Bersholawat bersama Habib Syech Assegaf dan dilanjutkan dengan HSS Ekspo tanggal 5 sampai 11 Desember nanti,” kata Bupati.

Bupati juga menyatakan jajaran pemerintah Kab. HSS tetap terus berkomitmen untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik – baiknya. Bupati juga menyampaikan berbagai prestasi dan penghargaan, baik di tingkat pusat maupun provinsi telah diraih oleh Kab. HSS di tahun 2022.

Berbagai penghargaan tersebut diantaranya adalah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2022 yang ke 9 kali berturut – turut. Yang kedua diterimanya penghargaa SAKIP Award 2021 dimana Kab. HSS mampu meningkatkan predikat SAKIP menjadi A dan merupakan satu – satunya kabupaten dari provinsi Kalsel yang mendapat penghargaan predikat A untuk SAKIP dari Kemenpan RB.

Kemudian diraihnya penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional (PPD), yang merupakan penghargaan khusus oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) atas penanggulangan kemiskinan pada masa pandemi covid – 19. satu – satunya di Indonesia yang angka kemiskinannya menurun meski dilanda covid – 19.
Selanjutnya diterimanya tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Ketua TP. PKK Kab HSS, Hj. Isnaniah Acmad Fikry.

Ada pula penghargaan Iinnovative Government Award, dimana HSS 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia dari tahun 2019, 2020, 2021 dari Kementerian Dalam Negeri. Kemudian diraih juga penghargaan 5 terbaik se Indonesia Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) pada kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB.

“Berbagai prestasi dan penghargaan tersebut di atas bukanlah tujuan akhir dari pemerintahan kami, namun hal itu kami jadikan semangat dan motivasi untuk bisa terus memberikan yang terbaik bagi warga HSS yang merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan dalam perjalanan 72 tahun ini, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Kab. HSS tampak semakin maju dan berkembang.

“Kabupaten ini juga baru saja meraih sukses sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov dan Peparprov tahun 2022, saya yakin dan optimis, HSS bisa lebih hebat lagi di masa mendatang,” ujar Gubernur.

Ditambahkan Gubernur bahwa HSS memiliki potensi besar untuk lebih maju dan berkembang. Berbagai potensi ada di daerah ini, mulai dari pertambangan, perkebunan, pertanian, peternakan hingga perikanan, termasuk potensi pariwisata yang sangat menjanjikan untuk terus berkembang.

“Potensi ini aset yang luar biasa jika bisa dioptimalkan, karena itu, pemerintah dan masyarakat di Kab. HSS harus yakin dan optimis, bahwa daerah ini bisa lebih maju dari saat ini,” ucap Gubernur Sahbirin Noor. [adv/hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Ustadz Das’ad Latif Isi Rangkaian HUT HSS Ke-72 Di Daha

Published

on

Tabligh akbar yang digelar di Mesjid Jami Ibrahim ini menghadirkan Ustadz kondang, Ustadz Das’ad Latif. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Rangkaian peringatan HUT Pemkab HSS ke- 72, Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyelenggarakan Tabligh Akbar di Mesjid Jami Ibrahim, Jum’at (2/12).

Tabligh akbar yang digelar di Mesjid Jami Ibrahim ini menghadirkan Ustadz kondang yaitu Ustadz Das’ad Latif, yang juga dihadiri para Habaib dan alim ulama serta juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP MA beserta unsur Forkompimda lainnya.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP MA dalam sambutannya menuturkan bahwa tabligh akbar digelar dalam rangka peringatan HUT Pemkab HSS ke- 72. Dikatakannya juga bahwa kegiatan tabligh akbar yang digelar bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta menuntut ilmu guna merefleksikan diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan penuh keberkahan.

Dikesempatan ini Wabup HSS juga mengatakan bahwa di HUT HSS ke 72 ini adalah tahun terakhir masa bakti dirinya bersama Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikri M.AP dan selama pengabdian berbagai program, penghargaan dan kegiatan telah pihaknya laksanakan yang dapat disaksikan dan dirasakan bersama hasil dan manfaatnya.

“Alhamdulillah salah satunya khusus di wilayah Daha telah berdiri RS Daha Sejahtera yang representatif dengan berbagai pelayanan sehingga keluarga kita tidak lagi harus ke Kandangan tetapi cukup dengan di RS Daha Sejahtera.

Sedang Dalam tausiahnya Ustadz Das’ad Latif diantaranya berpesan agar kita semua menjaga akan sholat 5 waktu, karena sholat adalah hal utama yang pertama akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Selain itu Ustadz Das’ad Latif juga berpesan agar kita semua untuk bisa memperbanyak membaca sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW, karena dengan sholawat kehidupan dunia akhirat akan penuh dengan keberkahan. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Dan Wakil Serta Jajaran Pemda Hadiri Kegiatan Syukuran Harjad Ke-72 HSS

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Kegiatan Syukuran dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke – 72 Tahun 2022 berlangsung dengan meriah. Dimana pada kesempatan itu menghadirkan para alim ulama, serta para anak yatim. Mereka berkesempatan makan bersama – sama dengan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan dan jajaran Forkopimda.

Kegiatan yg dilaksanakan pada Jumat, 2 Desember 2022 di Lapangan Lambung Mangkurat tersebut juga dihadiri oleh TGH. Ahmad Syairazi, pimpinan Majelis Raudhatul Ghana Annabawiyah, serta TGH. Jamhari Muhdin, Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M.AP.,bersama dengan Ketua TP. PKK Hj. Isnaniah Acmad Fikry, didampingi Wakil Ketua Srie Astuti Syamsuri Arsyad dan Hj. Elyani Yustika M.Noor, di awal kegiatan berkesempatan meninjau dan mengunjungi Stand – Stand tempat berlangsungnya kegiatan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran seluruh elemen masyarakat yg telah berkenan hadir pada kegiatan syukuran. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para alim ulama yg telah turut mendukung pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Momentum hari jadi ke – 72 ini menjadi momentum kita untuk terus bekerja dan bekerja bagi kabupaten Hulu Sungai Selatan,” kata Bupati, Selasa (2/12/22).

Pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba Logo dan Tagline Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kegiatan syukuran kali ini menyajikan makanan berupa Ketupat Kandangan, yang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bersama dengan kuliner apam kandangan sebagai kue yang dinikmati oleh masyarakat. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Sumpah Pejabat Fungsional Dan Struktutal

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP kembali membacakan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pada hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP Kembali membacakan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. Khomis, 7 jumadil Awal 1444 H/Kamis (01/12/22)

Bertempat di Pendopo Bupati Sebanyak 5 Pejabat Tinggi Pratama, 3 Pejambat Administrator, dan 204 Pejabat Fumgsional dilantik bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP pada hari ini.

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati HSS, dilanjutkan dengan prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan.

Kemudian Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP memberikan arahan dan pesan kepada para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional yang mengikuti acara pelantikan hari ini.

Dalam arahannya Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP berharap kepada semua pejabat yang baru dilantik hari ini untuk bisa Amanah dan melaksanakan tugas yang baik-baiknya.

“Dengan harapan mudah-mudahan Amanah yang diberikan bisa dijalankan sebaik-baiknya dan bisa memberikan pengabdian yang terbaik sesuai denagn bidang tugasnya masing-masing”. Harap bupati

Dan Saya minta naskah sumpah yang sudah di ucapkan ini tidak lewat begitu saja tapi dimaknai dan dihayati dalam tugas masing-masing jangan pernah berpikir sesaat berpikirlah jangka Panjang untuk karier bapak ibu sekalian.

Selain itu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP Kembali menegaskan kepada ASN Pemerintah Kabupaten HSS untuk menjadi pelayan masyarakat.

“Kepada semua ASN saya ingatkan Kembali bahwa Mindset ASN di kabupaten HSS yaitu kita adalah pelayan masyarakat bukan dilayani masyarakat karena tanpa masyarakat formasi CPNS itu tidak ada,” tegas Bupati. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Haflah Tilawatil Qur’an Menggema Di Bumi Rakat Mufakat Dalam Rangka Harjad HSS Ke-72 Tahun

Published

on

Haflah ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Semarak Keagamaan dengan Haflah Tilawatil Qur’an bersama Qari Internasional Ustadz Salman Amrillah, S. Pd dan Qori / Qoriah kebanggaan Kalimantan Selatan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berlangsung penuh khidmat di Lapangan Lambung Mangkurat (Lamang) Kandangan, Kamis (1/12) malam.

Lantunan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Kamaruddin yakni Qari terbaik 1 golongan Qira’at Mujawwad Dewasa dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXIX tahun 2022 menjadi pertanda dimulainya Haflah tersebut.

Acara haflah ini juga bertujuan untuk membesarkan dan mengagungkan asma Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan saling bergantian Qori/Qoriah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an suasana pun berubah menjadi sangat khidmat.

Haflah ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA, Ketua DPRD Kab. HSS Akhmad Fahmi, SE, Sekretaris Daerah Kab HSS Drs. H. M Noor, M.AP, Ketua MUI Kab. HSS TGH. Jamhari Muhdin, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kab. HSS, Para Alim Ulama, tokoh-tokoh agama, Qari/Qariah dan tahfiz Al-Qur’an serta warga masyarakat.
Pada kesempatan itu, Bupati HSS menyerahkan penghargaan terhadap Qori-qoriah berprestasi dalam ajang MTQ Nasional Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Bupati HSS H. Achmad Fikry mengucapkan terimakasih dan aspirasi sebesar-besarnya kepada Qari-Qariah, baik dari Kabupaten HSS maupun dari Provinsi Kalsel ataupun Kalteng. “secara khusus kepada Qari Internasional Ustadz Salman yang berkenan hadir dan mengikuti kegiatan haflah malam ini,”tambahnya.

Dikatakan pula, kita bersyukur besok tanggal 2 Desember, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan berusia 72 tahun, “malam ini kita sambut dengan haflah Al-Qur’an, dan besok pagi kita akan melaksanakan syukuran bersama, sehingga pada kesempatan baik ini kami mengundang bapak-ibu semua berkenan hadir dimulai jam 8 pagi dan melaksanakan makan bersama dengan kita ciptakan kebersamaan setelah makan bersama maka acara selesai,” kata Bupati.

Kegiatan kita malam ini dalam terus upaya untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada Al-Qur’an tentunya kita berharap dari Bumi Rakat Mufakat Hulu Sungai Selatan akan membumi Al-Qur’an dimana-mana. “Dengan kita membaca Al-Qur’an semoga keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan terus turun di daerah kita tercinta”,tuturnya.

“Apa yang kita lakukan malam ini, juga adalah sejalan dengan visi Hulu Sungai Selatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat”,ucap Bupati.

“Termasuk kita terus mendorong para qori-qoriah untuk bisa memberikan yang terbaik dan kita bersyukur Hulu Sungai Selatan pada saat MTQ Nasional di Banjarmasin telah menghantarkan Qori-qoriah kita untuk menjadi yang terbaik sehingga Kalsel pada MTQ kali ini menduduki peringkat ke 3 dari sebelumnya peringkat 18, di dalamnya ada orang Hulu Sungai Selatan yang ikut berkontribusi”,tambahnya.

Dalam momentum ini, saya mengajak para qori-qoriah dan para pengajar Al-Qur’an tetap konsisten dan semangat untuk membimbing anak-anak kita belajar Al-Qur’an, semoga segala jerih payah tersebut mendapatkan ganjaran pahala oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemerataan Energi Hingga Pelosok, Pertamina Hadirkan BBM 1 Harga Di Kalsel

Published

on

Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman bersama Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama BPH (Badan Pengatur Hilir) Migas meresmikan secara serentak 14 titik lembaga penyalur bahan bakar minyak, melalui program BBM Satu Harga.

Adapun peresmian secara simbolis dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Rabu, 30 November 2022. Penerapan BBM Satu Harga ini merupakan wujud program energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Sejak awal kehadiran program BBM 1 Harga pada tahun 2017 hingga November 2022, Pertamina telah membangun total 402 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 63 tahun 2020. Sementara khusus untuk Tahun 2022, sudah terbangun 81 SPBU dari target 92 lokasi. Pertamina sendiri ditargetkan untuk bisa membangun total 573 SPBU sampai dengan Tahun 2024.

Selain di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada hari ini akan diresmikan 14 lembaga penyalur BBM 1 Harga yang berada di Kabupaten Sambas, Sintang, Melawi, Sanggau, Landak, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung. Acara peresmian dilakukan serentak di 3 lokasi yaitu di Kab. Hulu Sungai Selatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Nias Selatan di Provinsi Sumatera Utara, dan Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

“Dengan resminya 14 titik BBM 1 Harga yang kita lakukan pada hari ini, Pertamina bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali mewujudkan energi  berkeadilan bagi saudara-saudara kita yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses untuk menikmati energi dengan harga yang terjangkau,” jelas M. Taufiq Setyawan, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Rabu (30/11/22).

Taufiq menambahkan realisasi volume penyaluran BBM 1 Harga terus meningkat setiap tahunnya, hingga tahun 2022 ini volume BBM yang tersalurkan kepada masyarakat sudah mencapai 819.876 KL. Hal ini menunjukkan bahwa program BBM 1 Harga ini telah berhasil memberikan akses energi yang mudah dengan harga yang sama hingga ke wilayah 3T di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman dalam sambutannya menyampaikan harapannya akan BBM 1 Harga bagi masyarakat. “Kami menargetkan BBM 1 Harga tidak hanya dapat mendukung pemerataan energi di seluruh negeri namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya.

Apresiasi atas terwujudnya keadilan energi juga datang dari Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. “Masyarakat mengapresiasi pemerintah dan pertamina dalam program BBM 1 harga, kami mendukung pelaksanaan program tersebut dan harapannya kedepan makin banyak lokasi terpencil yang tersedia BBM 1 harga,” tuturnya. [ad/rls]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pembukaan Peparprov IV Kalsel 2022 Di HSS

Published

on

Opening ceremony Pekan Paralympic Provinsi (Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi di dibuka oleh Gubernur Kalsel Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Opening ceremony Pekan Paralympic Provinsi (Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi di dibuka oleh Gubernur Kalsel Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H pagi ini. Ahad, 25 Jumadil Akhir1444/Minggu(20/11/22)

Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 yang dilaksanakan di kabupaten Hulu Sungai Selatan ini dari tanggal 20-27 November 2022 dan di ikuti oleh 13 Kabupaten/kota dengan total sebanyak 807 Atlet, 381 Pelatih dan Official serta 11 cabang olahraga yang di pertandingkan.

Sebelum dibuka resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H pada kesempatan ini terlebih dahulu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalsel dan seluruh Atlet, Pelatih serta Official di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Bumi Rakat Mufakat.

“Kehadiran bapak gubernur di tengah-tengah kita memberikan motivasi yang luar biasa dengan melihat perhatian beliau dalam bidang olahraga di rangkaian kegiatan Porprov dan peparprov yang meluangkan waktu sudah bersama kita meskipun di hari libur akan tetapi beliau bersedia hadir dalam membuka resmi kegiatan ini”. Ungkap Bupati

Bupati juga berharap ajang olah raga ini menjadi ajang silaturahim bukan hanya sekedar ajang berkompetesi sesama atlet warga Kalimantan selatan.

“”Kami berharap kepada para pimpinan kontingen 13 kabupaten/kota apabila nantinya ada persaingan kompetisi antara satu sama lain yang meninbulkan ketidak nyamanan atlet, pelatih danofficial lainnya sekiranya bisa di selesaikan dengan arif serta bijaksana yang sesuai dengan semboyan Hulu Sungai Selatan yaitu Rakat Mufakat”.

Dalam arahan Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H berharap dengan adanya event olah raga ini bisa melahirkan lagi para atlet yang lebih handal dan bisa berprestasi di tingkat internasional.

“di moment kali ini saya ingin menyatakan rasa salut,rasa bangga kepada para atlet Paralympic Kalimantan selatan atas prestasinya sebagai peringkat 4 di Indonesia”. Ungkap gubernur
Dan saya sangat bangga kegiatan olah raga ini bisa dilaksanakan di kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menurut saya kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah kota pahlawan karena di kabupaten ini banyak lahir para pejuang.

Setelah membuka secara resmi kemudian Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H didampingi oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP menyalakan Obor Perparov IV Kalsel yang merupakan tanda Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi dibuka. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Lepas 146 Kontingen Paralimpik (Peparprov) IV Kab HSS

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP kembali melepas kontingen Pekan Olahraga Provinsi IV (Peparprov) Kalimantan Selatan Tahun 2022. (Foto//Ist) 

 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Setelah closing ceremonial Pekan Olahraga Provinsi Porprov XI Kalimantan Selatan, Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP kembali melepas kontingen Pekan Olahraga Provinsi IV (Peparprov) Kalimantan Selatan Tahun 2022 di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab HSS, Senin (14/11/2022).

Pelepasan atlet ini sendiri ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Peparprov IV oleh Bupati HSS kepada Ketua Kontingen Peparprov IV.

Turut hadir melepas kontingen, Forkomimda HSS, Sekretaris Daerah Kab HSS, Kemenag Kab HSS, Kepala OPD dan Ketua Kontingen, Manager, Official.

Ketua Kontingen Peparprov IV Tarmiji menyampaikan bahwa kontingen Peparprov Kab HSS diterjunkan untuk turut serta berlaga dan berprestasi membawa nama baik Kab HSS dalam multi event Peparprov IV Kalsel di Kab HSS.

Kontingen Peparprov IV ini diberangkatkan untuk mendulang emas prestasi berjumlah 146 Kekuatan yang terdiri dari 100 Atlet dan 22 pelatih dan 24 Official yang tersebar dalam 11 Cabang Olahraga yang diikuti. Pelaksanaan direncanakan selama 8 hari, yaitu sejak tanggal 20 Nopember 2022 sampai dengan tanggal 27 Nopember 2022, bertempat di Kabupaten Hulu sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ditambahkannya lagi Tarmiji mengatakan dalam pelaksanaan Peparprov IV TAHUN 2022 ini Kontingen Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang diterjunkan mengemban misi prestasi yaitu dengan sekuat tenaga untuk Kab HSS dengan FINISH MINIMAL pada posisi jajaran 5 besar teratas Klasemen Perolehan Medali Akhir, tuturnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan kehadiran kami semua disini ingin memberikan support dan doa restu kepada para atlet paralimpik untuk bisa mengukir prestasi yang terbaik.

Tunjukanlah semangat dan prestasi yang terbaik, mudahan juga Peparprov IV ini bisa mengukir sejarah baru seperti Porprov XI Kalsel bisa menjadi juara umum, “beban tuan rumah harus bisa menunjukan prestasi yang terbaik, apa yang dilakukan pemerintah adalah merupakan upaya penyataraan, tidak ada perbedaan, meskipun kalian atlet disabilitas tetap akan kami berikan ruang yang sama untuk menunjukan prestasi dalam olahraga”, tuturnya.

Kita masih punya waktu untuk lebih memantapkan kemampuan individual maupun kemampuan grop sehingga pada saat bertanding kita sudah betul-betul bisa memberikan yang terbaik, ucapnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry berkeinginan bahwa jadilah peserta Porprov sekaligus tuan rumah yang baik, terhadap kontingen kabupaten/kota lainnya, Jadilah kita orang yang bisa menghargai prestasi orang lain, jangan mencari kambing hitam, belajar menghargai prestasi orang lain, tunjukan sportifitas kita sebagai kontingen HSS, jaga nama baik HSS dengan Moto Rakat Mufakatnya untuk tidak melakukan hal yang tidak kita inginkan, pesan Bupati.

Bupati mengharapkan apa yang sudah dicapai oleh rekan atlet Porprov XI, saya ingin juga bisa dicapai oleh kawan-kawan atlet paralimpik yang juga bisa menunjukan yang terbaik, kawinkanlah juara 1 di Kalimantan Selatan, ajak Bupati. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Buka Latsar CPNS, Bupati HSS Ingatkan ASN Melayani Bukan Dilayani

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengingatkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk berkerja profesional. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengingatkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk berkerja profesional dengan pola pikir atau mindset yang melayani bukan minta layani.

Penegasan itu disampaikan Bupati Achmad Fikry saat membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan II Angkatan I dan II Tahun 2022 di Gedung 2 BKPSDM HSS, Senin (14/11/2022).

Bupati juga mengingatkan jika seorang sudah menerima SK penetapan sebagai PNS maka ia harus siap menyerahkan kebebasannya dan waktunya untuk di atur oleh pemerintah.
“ada banyak aturan yang harus di taati seorang PNS mulai dari berpakaian , jam kerja dan lainnya diserahkan kepada pemerintah untuk di atur, tidak bisa sekehendak sendiri” kata bupati.

Selain itu Bupati juga berpesan agar semua peserta Latsar ini meluruskan niatnya untuk menjadikan ASN sebagai ladang pengabdian. Kembangkan diri untuk berkreatifitas dan berinovasi dengan menunjukkan kinerja yang terbaik sehingga bisa berkarier dan berkompetisi di masa mendatang.

Sementara berdasarkan laporan Kepala BKPSDM Kab. HSS H. Zulkipli, S,Sos, M.AP, Latsar ini terselenggara atas kerjasama BKPSDM Kabupaten HSS dengan BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan pola fasilitasi.

Pelatihan Dasar CPNS ini dilaksanakan untuk Golongan II sebanyak 2 angkatan secara Blended Learning, yaitu dengan tiga bagian MOOC, E Learning dan Klasikal. Untuk peserta adalah CPNS formasi tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kab. HSS dengan jumlah peserta sebanyak 40 masing-masing angkatan hingga jumlahnya 80 orang.

Adapun tujuan dari Latsar ini adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan Mujiyat S.Sn, M.Pd, Kepala OPD terkait dan jajaran BPKSDM HSS. [adv/HSS]

Continue Reading

Populer