Pembayaran Gaji ASN Tanbu, Bank Kalsel Tawarkan Sistem One Step Payroll  – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Daerah

Pembayaran Gaji ASN Tanbu, Bank Kalsel Tawarkan Sistem One Step Payroll 

Published

on

Direktur Bank Kalsel, Hanawijaya dihadapan Pejabat lingkup Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu). (Foto: Ist) 

TANAH BUMBU, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) selama ini melakukan transaksi pembayaran gaji ASN tidak harus tanggal 1 di awal bulan, mengingat ada benturan dengan hari libur yang mengakibatkan penundaan pembayaran gaji hingga terjadi pembayaran di atas tanggal 1.

Kendati demikian Bank Kalsel menawarkan kepada seluruh ASN ataupun pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Tanbu berupa sistem one step payroll atau sistem robotik.

Sistem tersebut memiliki arti transaksi pembayaran secara otomatis bisa diterima tepat pada tanggal 1 meski saat itu sedang hari libur.

“Melalui sistem ini akan mempermudah ASN menerima gaji meski tanggal 1 itu bertepatan hari libur Minggu atau tanggal merah lainnya,” kata Direktur Bank Kalsel, Hanawijaya dihadapan Pejabat lingkup Pemkab Tanbu, Senin 20 Juni 2022 kemarin di ruang rapat Bupati.

Tak hanya itu, Hanawijaya juga memaparkan tentang kemudahan layanan Bank Kalsel dalam hal peminjaman dana bagi ASN.

“Pinjaman ini berbasis digital, Nasabah cukup satu kali datang tanpa harus bolak balik. Dengan artian cukup sekali urus atau cukup sekali tanda tangan,” terangnya.

Dia menambahkan, sistem Ready Cash Bank Kalsel tak kalah penting dalam memberi kemudahan bagi ASN.

“Misalnya kehabisan dana saat bepergian keluar daerah, dengan sistem Ready Cash nasabah bisa diberi kasbon, maka setelah awal gajihan dengan sendirinya akan terpotong,” ujarnya.

Terkait sistem tersebut, Sekda Tanbu H. Ambo Sakka mengatakan, pihaknya menanggapi positif, dimana hal demikian turut memberi kemudahan bagi ASN.

Menurutnya kelebihan sistem itu sepertinya akan mempermudah kerja bendahara dalam hal pengelolaan pembayaran.

Untuk menindaklanjuti sistem ini, saya minta para pimpinan SKPD agar merapatkan secara internal di kantornya masing-masing,” tutup Sekda. (adv/ad)

Daerah

Kakemenag Kanwil Kaltim Meninggal Dalam Musibah Laka Tunggal

Published

on

Evakuasi korban meninggal laka tunggal di Desa Sakakajang Kec Jabiren Raya Kab Pulang Pisau Kalteng sekitar pukul 8.15 Wib Minggu (17/7/2022) pagi. (Foto/Ist).

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Trans Kalimantan Desa Sakakajang Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah (Kalteng) sekitar pukul 8.15 Wib Minggu (17/7/2022).

Dalam kejadian itu 6 orang satu keluarga meninggal di TKP yakni
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim H Masrawan meninggal di TKP termasuk istri anak menantu cucu serta ibu mertua.

Informasi dihimpun menyebut mobil Innova disopiri Mahfuz anak korban melaju dari arah Palangkaraya menuju Kapuas.

“Kejadiannya begitu cepat mengalami laka tunggal di jalur jalan lurus dan masuk ke dalam parit dengan posisi mobil terbalik,” kata warga setempat Minggu (17/7).

Atas laka tersebut pihak kepolisian dibantu warga setempat langsung melakukan evakuasi terhadap enam jenazah selanjutnya di bawa ke rumah sakit.

Sementara itu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur dalam siaran persnya Minggu (17/7/2022) berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah tersebut.

“Kita doakan bersama dengan sholat gaib bersama di rumah masing-masing semoga almarhum dan almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosanya, ” kata Muhammad Isnaini atas nama jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim.

Almarhum H Masrawan sebelumnya adalah Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Beri Bantuan Pembuatan Lapangan Upacara MTs Arrahman Kabupaten Tabalong

Published

on

Kepala Kantor Cabang Tanjung Bank Kalsel, Khuzaimi serahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua Yayasan Arrahman, Masruddinor. (Foto: Ist) 

TABALONG, SuaraBorneo.com – Dalam rangka melengkapi sarana dan prasarana MTs Arrahman yang beralamat JI. Batu Pujung RT, 04 Desa Usih Kec. Bintang Ara Kab Tabalong. MTs Arrahman saat ini lahan yang dijadikan sebagai lapangan upacara hanya tanah rawa basah yang ditumbuhi rumput kecil, jika hujan, lapangan tidak bisa digunakan, baik upacara maupun kegiatan olah raga dan yang lainnya.

Lapangan upacara dan untuk kegiatan olah raga serta aktivitas lainnya merupakan sarana yang harus ada disetiap sekolahan.

Berdasarkan hal tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kalimantan Selatan, Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan untuk pembuatan lapangan upacara MTs Arrahman Kabupaten Tabalong.

Adapun penyerahan bantuan dana pembuatan lapangan upacara MTs. Arrahman Kabupaten Tabalong dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Cabang Tanjung Bank Kalsel, Khuzaimi kepada Ketua Yayasan Arrahman, Masruddinor di Kantor Bank Kalsel Cabang Tanjung.

“Semoga bantuan tersebut dapat segera terealisasi pembuatan lapangan upacara di MTs Arrahman Kabupaten Tabalong agar dapat terfasilitasi kegiatan pendidikan tersebut,” ungkap Khuzaimi. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

USTP Group Bagikan Dana Bagi Hasil kebun Kemitraan Plasma Untuk Warga 8 Desa di Lamandau

Published

on

Giat PT USTP Group di Kabupaten Lamandau. (Foto/Ist)

NANGA BULIK, SuaraBorneo.com – Dua perusahaan perkebunan di bawah naungan Union Sampoerna Triputra Persada (USTP ) Group, yakni PT. Sumber Mahardika Graha (SMG) dan PT. Graha Cakra Mulia (GCM) menyalurkan dana bagi hasil produksi kebun dengan total 10 Miliar lebih kepada masyarakat kabupaten Lamandau. Dana tersebut disalurkan kepada 1.573 KK yang merupakan Sisa Hasil Produksi (SHP) kebun masyarakat.

Penyaluran secara simbolis dana dalam bentuk uang elektronik tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Gedung Pertemuan Umum Lantang Torang Nanga Bulik, Senin (4/7/2022).

Masyarakat penerima manfaat berasal dari 8 desa yang ada di tiga Kecamatan yakni Bulik, Lamandau dan Kecamatan Belantikan Raya.

“Ini merupakan komitmen USTP group untuk ikut berperan dan berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat kabupaten Lamandau . Ini adalah tahapan akhir bahwa pembangunan kebun masyarakat sudah selesai dan siap disalurkan kepada yang berhak,”ungkap Document License and Community Development Division Head USTP Suhardi dalam laporannya di hadapan semua yang hadir.

Dijumpai wartawan usai kegiatan, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan, penyaluran dana bagi hasil produksi kepada masyarakat menjadi bukti nyata adanya nilai manfaat kehadiran dunia usaha atau investasi di Kabupaten Lamandau.

“Ya, hari ini secara simbolis kita salurkan sisa hasil usaha kemitraan dengan PT.SMG dan PT. GCM kepada 1573 KK mencakup 8 desa yang dikelola oleh 3 koperasi dengan nilai SHP yang dibagikan sekitar 10 Miliar lebih,” ucap Bupati

Ia berharap, ke depan kebun sawit tersebut bisa dikolaborasikan dengan sapi. Sehingga selain bisa menambah sumber pendapatan masyarakat, juga bisa mewujudkan swasembada daging di kabupaten Lamandau.

“Program fasilitasi pembangunan kebun masyarakat ini sebagai upaya pemerintah dan dunia usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kebun, sehingga sebagai mitra, kedua pihak harus memegang prinsip saling menguntungkan dari kerjasama tersebut,”ungkap Bupati.

Manfaat kerjasama tersebut yaitu petani mendapatkan keistimewaan berupa harga TBS yang lebih tinggi jika dibandingkan petani swadaya atau mandiri. Dan bagi perusahaan keuntungan yang didapat salah satunya ada kepastian pasokan TBS secara berkelanjutan dari kebun kemitraan ke pabrik kelapa sawit yang dimilikinya.

“Saya berharap dengan disalurkannya dana bagi hasil ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat meningkatkan daya beli dan mengurangi tingkat kemiskinan serta meningkatkan peredaran uang di masyarakat,” harapnya.

Penyaluran-penyaluran SHP tersebut dilakukan secara non tunai , yakni langsung ke masing-masing rekening penerima manfaat. Selain kartu anggota, buku tabungan, dan kartu ATM, mereka juga mendapat kartu uang elektronik/e-money.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Distakan Lamandau, Tiryan Kuderon menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan verifikasi Calon Petani Calon Lahan (CPCL) kebun plasma/kemitraan seluas 2.044,73 Ha (lahan tertanam 1.908,37 Ha) yang dikelola oleh tiga Koperasi yakni Koperasi Subasena Sepakat Bersama (806,95 Ha), Lamandau Mulya Bersatu (855,25 Ha), serta Koperasi Graha Mitra Bakuba seluas 382,53 Ha.

“Sisa hasil produksi kebun kemitraan ini akan disalurkan kepada 1.573 KK yang mencakup 8 desa di tiga Kecamatan yakni Desa Sekoban, Bakonsu, Sungai Buluh, Nanga Belantikan, Kelurahan Nanga Bulik, Liku Mulya Sakti, Suja, dan Desa Penopa,” terangnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Daerah

Danlanal Banjarmasin Resmikan Mess Harun Pos TNI-AL Samuda

Published

on

Kunjungan Kerja Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla dan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta rombongan resmikan renovasi Mess Harun Pos TNI AL Samuda. (Foto: Ist) 

KOTAWARINGIN, SuaraBorneo.com – Pos TNI AL (Posal) Samuda yang terletak di Desa. Samuda Besar Kec. Mentaya Hilir Selatan Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalteng yang merupakan jajaran dibawah Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin menerima rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla dan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta rombongan dalam rangka peresmian renovasi Mess Harun Pos TNI AL Samuda.

Rangkaian kegiatan dipandu oleh Danposal Samuda Kapten Laut (P) Ahmad Fauzi diawali dengan pembacaan do’a, sambutan, pemotongan pita, penandatanganan prasasti, peninjauan Mess Harun, penyerahan bantuan sosial kepada pengurus/anak TPA Nurul Ilmi, panen raya ikan nila dan patin, penanaman bibit pohon mangga dan sayuran untuk program ketahanan pangan nasional dilanjutkan foto bersama dan ramah tamah. Selanjutnya Danlanal Banjarmasin beserta rombongan berkesempatan melaksanakan ziarah tabur bunga ke makam Syekh Abu Hamid Bin H. Muhammad Asa’d serta meninjau produksi sentra pembuatan kerupuk udang sijura di Desa. Sei Ijum Raya Mentaya Hilir Selatan.

Dalam sambutannya Danlanal Banjarmasin mengatakan, keberadaan Pos TNI AL Samuda merupakan salah satu unsur pelaksana tugas di bawah jajaran Lanal Banjarmasin yang memiliki tugas pokok meliputi bidang intelijen, operasi keamanan laut, potensi maritim dan juga memiliki fungsi sebagai pendukung pelaksanaan satuan/unsur patroli perairan diwilayah kerja dan sebagai unsur utama pelaksanaan SAR yang tergabung dengan pendukung instansi terkait, menekan dan meminimalisir aktivitas illegal yang dilakukan oleh kapal-kapal yang melintas serta cegah dini dan deteksi dini terhadap tingkat kerawanan lainnya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dan sinergitas yang terjalin baik kepada unsur Forkopimda dan stakeholder, sehingga renovasi Mees Harun Pos TNI AL Samuda sudah selesai terbentuk kuat dan kokoh serta layak ditempati oleh Prajurit dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya,” jelas Danlanal.

Turut hadir unsur Forkopimcam, perwakilan jasa agen pelayaran wilayah Kotawaringin Timur H. Bambang Wiwit, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para tamu dan undangan lainnya. [ad/rls]

Continue Reading

Daerah

1.300 Pohon Mangrove Ditanam Prajurit Lanal Banjarmasin Di Pesisir Sungai Bakau

Published

on

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin telah melaksanakan tanam pohon Mangrove tahap pertama sebanyak 1.300 pohon dan tahap kedua akan dilaksanakan secara serentak nasional pada tanggal 26 Juli 2022 sebanyak 3.000 pohon. (Foto: Ist)

TANAH LAUT, SuaraBorneo.com – Bertempat dipesisir Desa. Sungai Bakau Kec. Kurau Kab. Tanah Laut Prov. Kalsel, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin telah melaksanakan tanam pohon Mangrove tahap pertama sebanyak 1.300 pohon dan tahap kedua akan dilaksanakan secara serentak nasional pada tanggal 26 Juli 2022 sebanyak 3.000 pohon.

Penanaman Mangrove kali ini mengambil tema “Melalui Sinergritas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022 TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global.
*_The Mangrove Leader And Safe Our Earth_*,  Kamis (30/6/2022).

Dikesempatannya, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengatakan, kegiatan yang baik dan bermanfaat ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli tahun 2022. Salah satu tujuannya adalah untuk mengantisipasi abrasi pertahanan pantai serta dapat mendorong dan menumbuhkan kesejahteraan perekonomian masyarakat maritim, terutama para warga pesisir.

Selain itu pohon Mangrove mempunyai banyak kegunaannya diantaranya, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam, getahnya untuk campuran batik, buahnya dapat diolah menjadi minuman sirup, sumber pendapatan bagi nelayan pantai, mencegah pemanasan global, sebagai habitat perikanan dan mencegah erosi.

Rencana kedepan Lanal Banjarmasin memiliki dua program nasional yakni penanaman Mangrove serentak nasional dan program pembentukan Kampung Bahari Nasional (KBN) di DesaTabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut.

Penanaman Mangrove ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara., Terang Danlanal

Turut hadir Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta para pengurus, Forkopimcam, siswa Amnus (Akademi Maritim Nusantara), pramuka saka bahari dan masyarakat pesisir. [ad/rls]

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Amuntai Gelar Sosialisasi Layanan One Step Payroll Dan Ready Cash

Published

on

Kepala Bank Kalsel Cabang Amuntai, Ali Rizkan saat menggelar sosialisasi One Step Payroll dan Ready Cash. (Foto: Ist) 

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel Cabang Amuntai menggelar sosialisasi One Step Payroll dan Ready Cash yang dihadiri Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (28/6/2022).

Kegiatan sosialisasi yang digelar, di Aula DR Ideham Khalid dihadiri, Divisi Konsumer Bank Kalsel Pusat, Suwanto, Divisi Dana dan Digital Banking Bank Kalsel, Khairil Ramadhan sejumlah Kepala SKPD serta para bendahara keuangan di lingkup Pemkab setempat.

Kepala Bank Kalsel Cabang Amuntai, Ali Rizkan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ready cash merupakan suatu terobosan Bank Kalsel dengan platform kredit berbasis digital. Dan ready cash ini bisa dipilih konvensional dan syariah.

Bahkan untuk kelancaran penggunaan ready cash ini diperlukan one step dalam penggajian, sehingga dengan konsep ini bendahara SKPD tidak perlu lagi melakukan pencairan cek. Dengan adanya ready cash digital ini merupakan solusi kebutuhan keuangan ASN yang bersifat mendadak maupun kebutuhan jangka panjang, lanjutnya.

Ali mengatakan melalui kegiatan ini berharap mempererat silaturahmi antara Bank Kalsel dan pemerintah daerah. ” Semoga kedepan hubungan ini selalu terjalin harmonis dan saling support, memberikan Sinergi dalam upaya meningkatkan pembangunan di HSU,” ungkapnya.

Ali menambahkan mewakili manajemen Bank Kalsel mengucapkan terima kasih kepada nasabah yang selalu setia.

Sementara itu PltBupati HSU H. Husairi Abdi Lc dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan apreasi atas terobosan bank kalsel yang memudahkan para nasanah.

Ready cash ini tentunya merupakan terobosan yang positif dan langkah nyata dari Bank Kalsel dalam upaya meninkatkan layanan memberikan kemudahan kepada nasabah khususnya ASN.

”Semoga terobosan ini dapat memberikan kemudaban bagi ASN baik untuk jangka panjang maupun kebutuhan mendadak,” pungkas Husairi. [adv/ad]

Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Kolaborasi Dengan Pemkab Balangan Bantu Pembangunan Masjid Hayatuddin Desa Hukai 

Published

on

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Balangan Abdul Hadi dan Kepala Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan, kepada Perwakilan Panitia Pembangunan Masjid Hayatuddin, Risibli. (Foto: Ist) 

PARINGIN, SuaraBorneo.com – Kapasitas Masjid Hayatuddin tergolong cukup kecil dan saat ini tidak mampu lagi untuk menampung jamaah.

Atas dasar itu, Bank Kalsel melalui UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan dana untuk pembangunan di Desa Hukai RT 02, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut.

Bantuan untuk dapat menunjang sarana dalam beribadah itu juga dikolaborasikan dengan Pemkab Balangan.

Kepala Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan mengatakan, UPZ Bank Kalsel memberikan dana untuk pembangunan Masjid Hayatuddin sebesar Rp 20 juta.

“Semoga dengan adanya kolaborasi bersama Pemkab Balangan dapat mempercepat proses pembangunan Masjid Hayatuddin, agar memfasilitasi warga dalam beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan,” katanya.

Diketahui dalam kolaborasi tersebut, Pemkab Balangan akan memberikan dana sebesar Rp500 juta yang bersumber dari APBD 2023 Balangan.

Bupati Balangan Abdul Hadi berterima kasih dengan pihak Bank Kalsel yang ikut memberikan sumbangsih untuk pembangunan Masjid itu.

Bupati Balangan Abdul Hadi berterima kasih dengan pihak Bank Kalsel yang ikut memberikan sumbangsih untuk pembangunan Masjid itu.

“Semoga bantuan itu bermanfaat dan pembangunan tempat ibadah tersebut bisa segera terlaksana,” ujarnya.

Sementara Perwakilan Panitia Pembangunan Mesjid Hayatuddin, Risibli menuturkan, pembangunan itu sebagai upaya yang dilakukan agar dapat menampung lebih banyak jemaah. Mengingat, kapasitas masjid cukup kecil dan sudah tidak muat jika diisi banyak jemaah.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu. Mudahan berkah dan menjadi amal ibadah,” katanya.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Balangan Abdul Hadi dan Kepala Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Agus Setiawan, kepada Perwakilan Panitia Pembangunan Masjid Hayatuddin, Risibli.

Dalam penyerahan juga turut hadir sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan, Camat Juai, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Juai, Kepala Desa dan Aparatur Desa setempat. (adv/ad)

Continue Reading

Daerah

Jaga Eksestensi Samuda Sebagai Sentra Perkebunan Kelapa DalamJaga Eksestensi Samuda Sebagai Sentra Perkebunan Kelapa Dalam

Published

on

Ketua Himtani Kalteng Drs Nurul Edy MSI. (Foto/Ist)

SAMPIT, SuaraBorneo.com – Kelapa dalam merupakan komoditas pekebunan primadona masyarakat pesisir Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu guna menjaga eksistensi kawasan itu sebagai sentra penghasil kelapa dalam nomor tiga se-Indonesia Himpunan Masyarakat Tani Nelayan Indonesia (Himtani) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) aktif melakukan pembinaan petani terutama agar mereka tak tergiur beralih membudidayakan kelapa sawit.

Ketua DPD Himtani Kalteng Drs H Nurul Edy MSi saat melakukan kunjungan ke Samuda Kamis (16/6/2022) menjelaskan kawasan sentra perkebunan kelapa dalam di Kotim ini antara lain, Kecamatan Teluk Sampit Pulau Hanaut Mentaya Hilir Selatan dan Mentaya Hilir Utara. Sebagian lagi masuk di wilayah pesisir Kabupaten Seruyan.

Dibincangi wartawan usai memberikan paparan pada “Diskusi Kajian Masa Jeda Kepala Daerah Definitif se-Kalteng” yang digelar Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan bersama tokoh KAHMI Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan Bawaslu Kabupaten Seruyan pekan tadi Nurul Edy menyebut era keemasan perkebunan kelapa dalam di daerah ini pernah terjadi di akhir periode orde baru akhir tahun 90 an.

“Perkebunan kelapa dalam ini merupakan usaha turun temurun masyarakat di daerah ini. Pada saat krisis moneter sekitar tahun 1997 harga kelapa per biji naik Rp 500 sampai Rp 600. Harga yang tinggi saat itu. Pendapatan petani meningkat drastis.

Istilahnya banyak petani yang kaya mendadak,”tutur mantan Asisten II Setda Provinsi Kalteng yang pernah menjabat sebagai Camat Pulau Hanaut Katingan Kuala dan Mentaya Hilir Selatan itu.

Dia melanjutkan, saat ini harga kelapa tertahan di kisaran Rp 1.400 hingga Rp 1.500. Kondisi demikian menyebabkan sejumlah petani tergiur beralih membudidayakan kelapa sawit yang harga tandan buah segarnya (TBS) kini bisa mencapai Rp 155 per kilogram.

“Dalam hal ini Himtani terus mendorong masyarakat di daerah ini tetap konsisten membudidayakan kelapa dalam karena tetap lebih menguntungkan dan cocok dengan kondisi geografis di sini. Untuk komoditas kelapa sawit lebih cocok di kawasan Kotawaringin ke arah barat,” sebut Nurul Edy yang menemui masyarakat Samuda didampingi Ketua Bidang Media Massa Himtani Kalteng H Sutransyah.

Dijelaskannya nilai ekonomis pekebunan kelapa dalam dibandingkan kelapa sawit antara lain harga jual hasil panen yang lebih stabil alias tidak fluktuatif seperti kelapa sawit biaya tanam perawatan dan pemupukan yang lebih murah masa panen relatif lebih cepat usia produktif berbuah lebih panjang (mencapai 50 tahun) tingkat permintaan yang stabil untuk mencukupi kebutuhan nasional maupun ekspor ke mancanegara serta pola tanam yang sudah sangat dipahami masyarakat setempat.

“Sayang jika keuntungan-keuntungan ini tidak kita pertahankan. Karena itu Himtani Kalteng berupaya mendorong petani tetap menekuni perkebunan kelapa dalam ini,” lanjut mantan Pj Bupati Kotawaringin Barat dan Sukamara juga Sekda Kapuas ini.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Himtani Kalteng di antaranya mendorong penambahan area perkebunan kelapa baru menjembatani petani dengan pihak penyedia bibit kelapa unggul serta merangkul investor penyerap hasil produksi petani kelapa dalam.

Untuk penambahan area tanam kelapa dalam saat ini sudah tersedia lahan baru siap tanam dengan luasan sekitar 5 ribu Hektare (Ha). Lokasinya terbentang dari ujung Kecamatan Mentaya Hilir Utara hingga Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit.

Kemudian Himtani Kalteng juga sudah menjalin kerja sama dengan pihak penyedia bibit kelapa unggul yang dapat berbuah di usia 2,5 hingga 3 tahun sejak ditanam memiliki tingkat produktivitas buah yang lebat serta daging kelapa dalam yang tebal.

“Untuk penyerapan hasil produksi petani kelapa dalam sudah ada pula investor yang berminat bahkan siap membantu permodalan. Jadi masyarakat petani bisa fokus pada pembudidayaan dan pengelolaan dengan pola kemitraan yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Selain itu lanjut Nurul Edy Himtani Kalteng juga aku mantan Kepala Kantor Despenda Kabupaten Seruyan ini terus berkoordiansi dengan pemerintah daerah serta dinas terkait dalam upaya pembinaan petani serta perizinan usaha. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Daerah

Razak Lantik Kepengurusan MD KAHMI Seruyan

Published

on

Bersama kepengurusan MD Kahmi Kabupaten Seruyan. (Foto/Ist)

SERUYAN, SuaraBorneo.com – Kepengurusan Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Seruyan masa bakti 2022-2027 resmi dilantik di Kota Kuala Pembuang, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan organisasi tingkat daerah ini dipimpin langsung Ketua Umum Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir H Abdul Razak.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jenderal KAHMI Nasional Drs H Manimbang Kahariady serta sejumlah tokoh KAHMI Kalteng.

Sesuai Surat Keputusan Majelis Wilayah KAHMI Kalteng nomor: 003/SK/MW-KAHMI-KT/IX/1443, komposisi kepengurusan KAHMI Kabupaten Seruyan masa bakti 2022-2027 antara lain, Ketua Umum Denni Rahmadani, Ketua I Arvian Yuli Artha, dan Ketua II Indra Jaya.

Mereka akan dibantu Sekretaris Umum Nur Cholid Hidayat, Bendahara Umum Subli Hayati, serta sejumlah divisi di bawahnya.

Setelah pelantikan pengurus KAHMI, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Majelis Daerah Forum Alumni HMI-Wati (Forhati) Kabupaten Seruyan masa bakti 2022-2027 berdasarkan Surat Keputusan Majelis Wilayah Forhati Provinsi Kalteng Nomor: 05/SK/MW-FORHATI/KTG/VI/2022.

Ketua Umum Emilda Rosihani, Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan Sri Susilawati, Ketua Bidang Pendidikan Agama, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup Rahmawati, dan Ketua Bidang ekonomi dan Kewirausahaan Arlis Suana.

Para ketua ini akan dibantu Sekretaris Umum Eka Puspita Sari, Bendahara Umum Nema Ajimah Suja, serta para wakil dan koordinator departemen.

Ketua Umum Majelis Wilayah KAHMI Kalteng Ir H Abdul Razak dalam arahannya berharap, baik kepengurusan KAHMI maupun Forhati yang baru dilantik ini segera melakukan konsolidasi, baik di internal maupun eksternal organisasi.

Khusus konsolidasi eksternal, Anggota DPRD Provinsi Kalteng yang juga mantan Bupati Kotawaringin Barat meminta kepengurusan dapat berkolabirasi dengan Pemerintah Kabupaten Seruyan dalam membangun daerah.

Harapan serupa juga disampaikan Sekretaris Jenderal KAHMI Nasional Drs H Manimbang Kahariady.

Dikatakan Manimbang, ketika terpilih sebagai pengurus KAHMI, maka harus mampu berkolaborasi dengan pemerintah.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan diskusi publik “Kajian Masa Jeda Kepala Daerah Definitif Jelang Pilkada” yang digelar KAHMI Kabupaten Seruyan bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (FISIP UMPR), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan.

Diskusi menampilkan pembicara Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Agus Pramusinto MDA, Sekretaris Jenderal KAHMI Nasional Drs H Manimbang Kahariady, pakar hukum tata negara Universitas Andalas Dr Khairul Fahmi, Dekan Fisip UMPR Dr (C) Irwani SSos MAP, mantan Asisten II (Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan) Sekratariat Daerah Provinsi Kalteng Drs H Nurul Edy MSi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Seruyan Yulius.

Sedangkan moderator diskusi adalah Dosen Pascasarjana UMPR Dr HM Yusuf SSos MAP.
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Umum

Populer