8 Rekomendasi Kado untuk Bayi yang Bisa Anda Coba – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Umum

8 Rekomendasi Kado untuk Bayi yang Bisa Anda Coba

Published

on

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/baby-child-sleeping-asleep-napping-21998/

SUARABORNEO.COM – Bingung mencari kado untuk bayi? Mendengar seorang teman atau kerabat melahirkan pasti membuat Anda ikut bahagia. Namun ketika berencana untuk menjengukkan, tidak sedikit yang berpikir kira-kira hadiah apa yang pas?

Memang orang tua si kecil pasti sudah menyiapkan semua perlengkapannya. Tetapi dengan memberikan sesuatu, bisa membuatnya semakin bahagia. Perhatian kecil pun bisa menjadi hadiah teristimewa.

8 Inspirasi Kado untuk Bayi yang Paling Bermanfaat

Sebelum membelikan sebuah kado untuk bayi baru lahir, jangan hanya terpikir harganya. Meski tidak mahal, pastikan barang tersebut bermanfaat. Jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, mainan dan lainnya.

Kado untuk bayi perempuan lebih bervariatif karena bisa mendandaninya dengan banyak gaya. Tapi, ketika memilihnya, utamakan manfaatnya. Hadiah terbaik bagi bayi adalah yang membuat mereka nyaman ketika memakainya.

Namun, semua kembali lagi, harus tetap membuat buah hati dan si ibu merasa senang. Berikut beberapa alternatif kado untuk bayi yang bisa menjadi pilihan.

1. Pakaian
Barang satu ini sangat lazim menjadi kado ketika akan datang ke rumah sahabat yang baru melahirkan. Bentuknya yang lucu-lucu sering membuat gemas. Apalagi warnanya yang sangat cantik.

Ketika membeli pakaian untuk bayi, sebaiknya memilih satu ukuran lebih besar karena pertumbuhannya cepat. Jika membeli sesuai ukuran sebenarnya, maka dalam waktu dekat pakaian tersebut tidak akan muat lagi.

Pilihlah model baju tanpa tambahan pernak-pernik karena manik-manik atau hiasan lain bisa terlepas ketika si bayi menariknya.

Apabila tertelan dapat menimbulkan bahaya. Bahan pakaian juga harus mendapat perhatian. Pastikan bisa menyerap keringat dengan sempurna agar bayi tetap nyaman.

2. Perlengkapan Mandi
Perlengkapan mandi juga sangat pas sebagai kado untuk bayi cowok maupun cewek. Sabun mandi, shampoo, cologne, baby oil dan minyak telon adalah perlengkapan yang setiap hari dibutuhkan. Agar lebih praktis, Anda bisa membeli dalam bentuk paket dengan kemasan cantik.

Anda juga bisa memilih item dari brand yang berbeda kemudian membungkusnya sendiri. Pengemasan yang rapi dapat membuatnya terlihat elegan dan mahal. Kado dari Anda ini akan menjadi barang yang pasti berguna.

3. Mainan
Menurut ahli, mainan sangat penting untuk membantu perkembangan motorik anak. Warna dan bentuknya bisa menjadikan mereka fokus dan berkonsentrasi pada barang tersebut. Untuk bayi, bisa memilih jenis mainan yang dapat menimbulkan suara namun tidak nyaring.

Sebelum membeli, pastikan bahannya lembut dan tidak ada bagian yang bisa menimbulkan luka atau menggores kulitnya. Bahan karet biasanya selain aman juga mudah untuk membersihkannya, cukup dengan deterjen khusus untuk bayi.

4. Alat Pumping
Alat pumping penting bagi ibu bayi ketika menyiapkan asupan minuman untuk buah hati. Meski sebenarnya menyusui secara langsung lebih baik, alat ini diperlukan pada saat buah hati belum dapat mengisap.

Selain itu, alat ini juga penting ketika si ibu akan meninggalkan buah hati untuk bekerja.

Dengan melakukan pumping, kebutuhan ASI untuk bayi bisa tercukupi. Bahkan ibu bisa menyetok dalam jumlah cukup mulai dari cuti melahirkan.

5. Perlengkapan Makan
Barang ini memang belum diperlukan sebelum bayi berumur 6 bulan atau mulai mengenal MPASI. Namun, tidak ada salahnya menjadikan sebagai kado. Pilihlah produk yang aman untuk bayi.

Dalam satu set alat makan biasanya terdiri dari mug bertutup, piring, mangkok, sendok dan garpu. Anda juga bisa memilih jenis sendok dan garpu dari bahan silikon yang jika terkena makanan terlalu panas akan berubah warna. Ini bisa menjadi indikator apakah makanan atau minuman siap untuk diberikan pada bayi.

6. Tas Bayi
Diaper bag atau tas bayi biasanya terdiri dari beberapa sekat untuk menyimpan pakaian, popok, minuman dan makanan. Ada yang berukuran besar dan kecil yang simpel. Jenis tas kecil cocok dibawa si ibu ketika pergi imunisasi atau jalan-jalan.

Sebaiknya memilih yang berbahan lembut karena ketika si ibu membawanya sambil menggendong bayi, bisa saja kulitnya mengenai permukaan tas tersebut. Model tas ini lucu-lucu, Anda sendiri pun pasti suka.

7. Dekorasi Kamar Bayi
Salah satu barang yang sering terlupa ketika ibu membeli perlengkapan bayi adalah dekorasi. Calon orang tua biasanya lebih fokus ke barang yang langsung berkaitan dengan buah hati.

Jika Anda membelikan dekorasi kamar bayi sebagai kado, bisa membuat mereka merasa sangat senang. Perhatian spesial akan terus teringat. Apalagi banyak baby shop yang menyediakan pernak-pernik lucu untuk menghias kamar buah hati.

8. Sarung Guling dan Bantal
Berikutnya, satu set sarung guling bantal bisa menjadi kado istimewa. Pilihkan yang berbahan lembut agar bayi merasa nyaman ketika menggunakannya. Kelebihan sarung guling lembut adalah cocok untuk si kecil yang imut, model, warna dan motifnya sangat banyak.

Tidur dengan diapit guling bersarung lembut dapat membuat si kecil nyenyak dan terlihat lebih imut. Sarung juga dapat melindungi guling dari debu dan kotoran. Bahannya mudah untuk dicuci sehingga semua noda bisa cepat hilang.

Anda bisa membeli sarung guling lembut di Blibli, marketplace yang menyediakan perlengkapan rumah tangga secara lengkap. Blibli menyediakan produk berkualitas dengan banyak pilihan motif dan warna.

Berbelanja di marketplace satu ini juga praktis, tinggal buka aplikasi, pilih produk, membayar dan seller akan segera mengirimnya.

Banyak pilihan kado untuk bayi yang bisa menjadi alternatif. Soal harga tersedia dari yang ekonomis sampai cukup mahal. Jika ingin membelinya, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia. [ady/rls]

Kalteng

Tingkatkan Kapasitas SDM, Distan Kapuas Gelar Pelatihan Pemetaan Dengan Drone

Published

on

Giat Dinas Pertanian Kab Kapuas tentang pemetaan wilayah untuk keperluan lahan pertanian. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan pemetaan.

Kegiatan pelatihan pemetaan difasilitasi langsung oleh pihak Kementerian Dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang diikuti Distan Kapuas maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bertempat di Aula Kantor Distan Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

“Tujuan pelatihan pemetaan wilayah dalam rangka peningkatan kapasitas SDM,”kata Kabid Sarana Dan Prasarana (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Silahudin, Selasa (4/10/2022).

Oleh karena itu lanjutnya guna memastikan pemetaan wilayah khususnya untuk lahan pertanian dalam pelatihan maupun praktek lapangan memakai drone mempermudah pemetaan. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Samakan Persepsi DP3APPKB Adakan Diskusi Panel Audit Dan Manajemen Kasus Stunting

Published

on

Diskusi Panel Audit Kasus Stunting dan Manajemen Kasus Stunting di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Rabu (5/10/2022). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyamakan persepsi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah mengadakan Diskusi Panel Audit Kasus Stunting Dan Manajemen Kasus Stunting, Rabu (5/10/2022).

Diskusi Panel di Aula Kantor Kemenag Kapuas dibuka Wabup Kapuas HM NafiahDiskusi Ibnor dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat membuka kegiatan tersebut mengharapkan ini dapat semakin meningkatkan pemahaman tentang alur dan mekanisme pelaksanaan audit kasus stunting.

Ia mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas hingga kelurahan/desa yang telah bekerja keras dan berupaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas dr Tri Setyautami menyampaikan kalau tujuan kegiatan intinya untuk sama-sama mendorong percepatan prnanganan stunting memacu penuntasan stunting.

“Kami terus mendorong menyelesaikan sampai tahap diseminasi dan menyamakan persepsi tentang bagaimana stunting itu secara khusus dan tugas TPPS secara umum,” kata dr Tri.

Lanjutnya melalui kegiatan ini diketahui faktor-faktor resiko terjadinya stunting dan bagaimana rekomendasi-rekomendasinya.

Oleh karena itu dia berharap seluruh Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) di Kabupaten Kapuas dapat bersinergi dalam menekan terjadinya stunting.

“Intinya melalui sinergi BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong percepatan penanganan stunting di kabupaten Kapuas, ” kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Satyawati Kusumawijaya didampingi Koordinator Satgas Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalteng Muhammad Efendi. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Inspektur Peringatan HUT Ke-77 TNI Di Halaman Yonif R 613/RA

Published

on

Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.hum, menghadiri sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI 2022. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.hum, menghadiri sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI (Tentara Nasional Indonesia) tahun 2022.

Kegiatan yang dirangkai dengan syukuran ini dipusatkan di halaman upacara Batalyon Infanteri Raider 613/Raja Alam, Tarakan, Rabu (5/10).

Hadir Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han., Komandan Korem 092/Maharajalila Kolonel Arm Ari Estefanus, S.Sos, MSc., Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han., Komandan Yonif 613/RJA Letnan Kolonel Inf Alisun, Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes., unsur Forkopimda Kota Tarakan, dan seluruh prajurit TNI Yonif 613/RJA.

Dalam upacara tersebut, Gubernur membacakan sambutan Panglima TNI, Andika Perkasa, yang mengatakan bahwa berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.
Diantaranya, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) per 24 Juni 2022, mencatat TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen.

Sedangkan terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) per 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.

Demikian juga, lanjut Gubernur, hasil lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), per 27 September 2022, yang merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93,5 persen.
Panglima TNI menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat, dengan bertindak dan berucap sesuai tugas pokok TNI. “TNI Adalah Kita”.

Sementara dalam sambutannya, Gubernur Zainal Arifin Paliwang mengatakan TNI atau Tentara Nasional Indonesia, lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman penjajah. Sehingga keberadaan tentara di suatu negara sangatlah penting, begitu pula TNI bagi Indonesia.

Tak terkecuali Kaltara, keberadaan TNI sangatlah penting. Kaltara yang notabene berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, perlu mendapat perhatian khusus dalam hal penjagaan dan keamanan sebagai beranda terdepan NKRI.

Gubernur pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja keras segenap jajaran TNI di Provinsi Kaltara, yang telah turut menjaga keamanan di perbatasan.
“Dengan amannya suatu wilayah, maka segalanya akan lebih mudah, perekonomian akan terus bergerak dan masyarakat akan semakin makmur.

Selamat HUT ke-77 TNI, terus menjadi TNI yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indoensia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandasakan gorong-royong,” katanya dalam acara ramah tamah peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022.

Ia juga mengajak TNI untuk selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat HUT ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia, tetaplah bekerja dengan ketulusan, karena TNI selalu dekat dengan rakyat, TNI Adalah Kita,” tutupnya. (mdd).

Continue Reading

KrimHum

Kawanan Maling Bawa Kabur Brankas Berisi Uang Rp 31 Juta Milik Alfamart Perbaungan

Published

on

Ilustrasi Toko Alfamart. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Toko minimarket Alfamart di Jalan Serdang Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai dibobol pelaku tindak pidana pencurian atau maling, pada Senin (3/10) sekitar pukul 10.55 WIB.

Insiden tersebut berdasarkan Laporan Polisi (LP) yang diterima oleh SPKT Polsek Perbaungan, pada Hari Senin Tanggal 03 Oktober 2022 Pukul 13.30 WIB

Dengan nomor LP / B / 230 / X /2022 / SPKT /POLSEK PERBAUNGAN / POLRES SERGAI / POLDA SUMUT, tanggal 3 Oktober 2022, pelapor diketahui Maya Nivita Sari (Kepala Toko Alfamart) (32) warga Dusun II Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai.

Informasi dihimpun media ini, pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2022 sekira pukul 11.28 wib, pelapor sebagai Kepala Toko Alfamart di Jalan Serdang Kelurahan Simpang Tiga Pekan Perbaungan mendapat kabar dari seseorang bahwa toko nya dirampok.

Kemudian Pelapor langsung berangkat menuju toko Alfamart tersebut dan Pelapor menemui karyawan yang jaga pada saat itu yakni saksi Erdianti Utami Nasution dan Sri Ramadani.

Di dapat informasi kedua saksi tersebut bahwa pelaku sebanyak 2 (dua) orang dan kemudian membawa kedua saksi dan menuju keruangan brangkas penyimpanan uang dan dipaksa untuk membuka brangkas dan pelaku membawa kabur uang yang ada didalam brangkas.

Pelapor maupun saksi tidak mengetahui identitas pelaku pencurian uang milik Toko Alfamart tersebut.

Atas kejadian tersebut Pelapor ( Kuasa PT Sumber AlfariaTri Jaya TBK) mengalami kerugian atas hilangnya uang Rp 31.658.782,- (Tiga puluh satu juta enam ratus lima puluh delapan ribu tujuh ratus delapan puluh dua rupiah) sehingga merasa keberatan dan membuat pengaduan agar pelaku dapat di proses dilidik di sidik dan diproses sesuai hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat dikonfirmasi Kanit Reskrim Polsek Perbaungan IPDA Zulfan Ahmadi kepada wartawan Selasa (4/10) mengatakan para pelaku masuk kedalam Alfamart dan membawa secara paksa dua Karyawan Alfamart kedalam ruangan Brangkas lalu pelaku memaksa Karyawan untuk membuka brangkas yang berisi uang tunai.

“Kerugian mencapai sebesar Rp 31.658.782- (Tiga Puluh Satu Juta Enam Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Dua rupiah). Sedangkan pelaku masih dalam penyelidikan,” ujarnya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Jelang Digantikan dari Ketua DPRD Sergai, FKI-1 Sergai Apresiasi Riski Ramadhan Masih Tetap Peduli Masyarakat

Published

on

Ketua DPRD Serdang Bedagai (Sergai), dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan. (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Menjelang digantikan dari Ketua DPRD Serdang Bedagai (Sergai), dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan masih tetap peduli dengan masyarakat Sergai.

Demikian ditegaskan Ketua Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, M. Nur Bawean pada Selasa (4/10) sore.

“Hal itu terlihat saat menerima puluhan warga yang tergabung pada Kelompok Tani Terbit Terang Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan yang gelar aksi bermalam di Kantor DPRD, dengan kepeduliannya dr Riski Ramadhan Hasibuan turun langsung,”ujarnya, mengapresiasi sosok politisi muda tersebut.

M. Nur Bawean menegaskan walaupun nantinya beliau tidak lagi menjabat sebagai Ketua DPRD Sergai, diharapkan agar tetap membantu masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Saya berharap dr Riski Ramadhan agar terus berbuat dan berjuang demi rakyat. Semoga pengganti Riski lebih baik dan peduli kepada masyarakat,” tutupnya.

Foto: Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan saat temui Masyarakat kelompok tani di Kantor DPRD Sergai. [yusnar]

Continue Reading

Daerah

Komisi II  DPRD Kalsel Apresiasi Kinerja Bank Kalsel KC Tanjung

Published

on

Anggota Komisi II DPRD Kalsel DR. H. Karlie Hanafi Kalianda, S.H., M.H. dalam gelaran kunjungan kerja ke Bank Kalsel KC Tanjung. (Foto/Ist) 

TABALONG, SuaraBorneo.com – Pertumbuhan LABA Bank Kalsel KC Tanjung yang mencapai 27,74% atau sebesar Rp 26,69 milyar periode September 2022, mendapat apresiasi dari komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut di sampaikan anggota Komisi II DPRD Kalsel DR. H. Karlie Hanafi Kalianda, S.H., M.H. dalam gelaran kunjungan kerja, dengan agenda monitoring dan evaluasi perbankan milik daerah tersebut, Senin (3/10).

DR. Karlie Hanafi menjelaskan, meski masih ada hasil yang kurang bagus di beberapa bagian, capaian kinerja Bank Kalsel KC Tanjung tersebut patut di apresiasi, pasalnya dilihat dari performanya, Bank Kalsel KC Tanjung mangalami peningkatan.

Banyak target- target yang mampu tercapai bahkan dilampaui pada tahun ini, ungkap Karlie Hanafi.

Ditemui di akhir kegiatan, kepala cabang Bank Kalsel KC Tanjung Khuzaimi, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedatangan rombongan dari komisi II DPRD Kalsel kali ini.

Dirinya beranggapan kunjungan Dewan Kalsel ini dapat menambah semangat pihaknya untuk terus berkembang, dalam hal penyaluran dan ekspansi kredit.

“Kami berterima kasih banyak, komisi II DPRD provinsi yang mengunjungi kami, dalam rangka kunjungan kerja ke cabang kami di Tanjung, Alhamdulillah hari ini kami bisa menyajikan data kinerja yang baik, sampai dengan posisi 30 September 2022, Mudah-mudahan ini jadi motivasi kami kedepannya, untuk mencapai target di triwulan ke empat agar lebih maksimal lagi”, tutup Khuzaimi. [adv/ad]

Continue Reading

Bengkayang

Pemkab Bengkayang Diminta Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Published

on

Pengerajin Bidaid di perbatasan RI-MALAYSIA kecamatan Jagoi Babang kab Bengkayang. (Foto/Ist) 

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkayang mendorong agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang bangkitkan Ekonomi Kreatif. Hal tersebut di sampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus.

“Hal ini perlu di dorong Pemda karena masih banyak ekonomi kreatif belum mendapat perhatian serius. Terutama dalam pemasaran produk lokal seperti Kerajinan tangan,” kata Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Fransiskus, Senin (3/10).

Selain itu, menurut Fransiskus, beberapa Potensi wisata alam yang ada di kabupaten Bengkayang juga masih kurang maksimal dikelola. Ia meminta, agar pemerintah kabupaten Bengkayang untuk lebih fokus dan serius.

“Kedepan pemerintah daerah harus lebih serius dan fokus , untuk membangkitkan dan ekonomi kreatif ini perlu juga ada pendampingan, ” ungkap Ketua DPC partai Gerindra .

Fransiskus menilai, saat ini masih banyak hasil kerajinan kreatif belum di perhatikan seperti anyaman kerajinan Bidai. Padahal lanjutnya, kerajinan tangan tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan ekonomi.

“Bahkan sampai sekarang Bidai contohnya masih di pasarkan ke Negara tetangga Malaysia, karena nilai dan harganya lebih tinggi. Sementara dalam negeri atau daerah sendiri belum memiliki wadah khusus dalam pemasarannya sehingga terkesan terjadi pembiaran,” bebernya.

Beberapa tahun terakhir kabupaten Bengkayang terbatas bahan Baku rotan sebagian harus di datangkan dari luar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus mengingatkan Pemkab Bengkayang melalui dinas terkait untuk mampu memaksimalkan pemanfaatan gedung pusat kuliner yang telah dibangun untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Bumi Sebalo.

Terkait itu, Esi meminta agar fasilitas ini segera difungsikan untuk membantu pedagang yang ada. Terutama untuk segera diisi. Hal tersebut, kata Esi, agar produk UMKM bisa menggeliat kembali pascapandemi covid-19.

“Wadah yang telah tersedia harus dimaksimalkan dengan baik. Sehingga ekonomi masyarakat juga segera pulih,” pesan Esi.

Dirinya menilai, sampai saat ini jajaran Pemkab Bengkayang masih belum mampu menonjolkan keunggulan-keunggulan khas daerah yang memiliki nilai ekonomis. Seperti diantaranya potensi pariwisata, mulai dari wisata budaya, hingga kuliner belum terpromosikan dengan baik.

Sehingga, katanya, potensi ini masih belum dikenal luas. Dia beranggapan, hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk diperbaiki kedepannya. Dari DPRD sendiri lanjut Esi akan berupaya terus mendorong lewat fungsi dan peran yang ada.

“Kita sudah punya gedung pusat kuliner dan UMKM. Ini mesti dimaksimalkan supaya bisa menjadi sektor unggulan untuk mendongkrak pertumbuhan ekomoni di Kabupaten Bengkayang,” katanya.

Oleh Karena itu, fasilitas pusat kuliner dan UMKM yang telah dibangun harus benar-benar dimanfaatkan. Termasuk untuk dikonsep agar menarik dan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan.

“Sehingga UMKM dapat hidup dan berkembang,” katanya.

Lebih jauh, dia mengingatkan, bahwa pengelolaan pusat kuliner ini menjadi tantangan dinas terkait untuk dikembangkan dan benar-benar menjadi pusat ekonomi baru bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bengkayang.

“Fasilitas pusat kuliner itu harus mampu menjadi wadah khusus untuk mempromosikan berbagai aneka potensi khas daerah untuk dijual,” tegasnya. (Rbn)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Dandim 1003/HSS Hadiri Apel Gelar Operasi Zebra Intan 2022

Published

on

Dandim 1003/HSS, Letkol Info Nurliwedie Nurdin Kanan, pagi ini menghadiri Apel gelar Operasi Zebra Intan Tahun 2022. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dandim 1003/HSS, Letkol Info Nurliwedie Nurdin Kanan, pagi ini menghadiri Apel gelar Operasi Zebra Intan Tahun 2022 selama dua pekan dimulai pada Senin (3/9/2022) hingga Minggu (10/9/2022).

Dalam Kesempatan ini Dandim 1003/HSS, menghimbau Masyarakat kita agar mematuhi segala aturan dalam berlalu lintas agar nantinya tidak terjadi pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan dalam berkendara, “ucapnya Dandim di kegiatan tersebut”

Apel gelar Operasi Zebra Intan Tahun 2022 dipimpin oleh Kapolres HSS AKBP. Sugeng Prianto, S.I.K M.H di Mapolres Hulu Sungai Selatan.

Pada Apel Operasi Zebra Intan 2022 serentak digelar selama 14 hari, dari tanggal 3 Oktober 2022 sampai 16 Oktober 2022, Kapolres HSS AKBP. Sugeng Prianto, S.I.K M.H di Mapolres Hulu Sungai Selatan membacakan Amanat dari Amanat Kakor Lantas kalsel.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kaplores HSS, disebutkan pelaksanaan Operasi Zebra 2022 ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Artinya tidak ada penegakkan hukum secara stationer, penegakkan hukum lalu lintas dilakukan secara ETLE (electronic traffic law enforcement),” ujarnya.

Ada tujuh prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra Intan 2022 ini, antara lain pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara ranmor yang masih dibawah umur.

Kemudian pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman.

Selain itu pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengendara melawan arus dan pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan

Kapolres HSS AKBP. Sugeng Prianto, S.I.K M.H menyampaikan bahwa saat ini ETLE (electronic traffic law enforcement) di HSS pihaknya sudah berkerja sama pihak Kominfo HSS agar bisa memonitor pelanggaran lalu lintas. [ari]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Wabup Syamsuri Arsyad Sampaikan Dua Ranpenda

Published

on

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., menyampaikan Dua Buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranpenda) kepada jajaran DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pada Rapat Paripurna Tingkat I yang dilaksanakan senin, 3 Oktober 2022, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., menyampaikan Dua Buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranpenda) kepada jajaran DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dalam kegiatan rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD tersebut, Wakil Bupati memaparkan penjelasan umum Ranperda tentang Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Ranperda tentang Keamanan Pangan Asal Tumbuhan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Ranperda tentang Cadangan Pangan Pemerintah Daerah merupakan dasar hukum dalam upaya menjaga kecukupan cadangan pangan pemerintah daerah serta disalurkan untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial, dan / atau keadaan darurat.

“pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia”. Kata Wakil Bupati.

Selanjutnya, Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa Ranperda tentang keamanan pangan asal tumbuhan merupakan regulasi yang mengatur tentang sistem produksi dan perdagangan pangan segar asal tumbuhan sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi secara aman tanpa ada kekhawatiran dan rasa takut.

“Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan produsen sekaligus konsumen pangan segar sehingga Pemerintah Daerah berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari konsumsi pangan segar yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, serta jaminan pemasaran pangan segar produksi lokal di daerah,” papar Wakil Bupati.

Setelah menyampaikan penjelasan umum, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Rancangan Peraturan Daerah tersebut dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan kepada DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Turut berhadir Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD, Asisten dan Staf Ahli, serta Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. [adv/hss]

Continue Reading

Umum

Populer