Bupati Ben Melayat Ke Rumah Duka Lurah Palingkau Lama – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalteng

Bupati Ben Melayat Ke Rumah Duka Lurah Palingkau Lama

Published

on

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat ketika melayat ke rumah duka Lurah Palingkau Lama. (Foto/Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ditengah kesibukannya sebagai Kepala Daerah, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyempatkan hadir melayat ke rumah salah satu jajarannya yang meninggal dunia untuk menyampaikan duka cita dan kata penghibur bagi keluarga Lurah Palingkau Lama yang tengah berduka.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat berharap keluarga almarhum yang ditinggalkan dapat diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. “Semua yang bernyawa pasti akan kembali kepada yang maha kuasa, tetap sabar, ikhlas serta semangat untuk keluarga yang ditinggalkan. Doakan almarhum mendapat tempat terbaik disisi-nya,” ungkap Ben Brahim kemarin.

Ben Brahim mengungkapkan bahwa semasa hidupnya, Almarhum adalah orang yang sangat baik, mengabdi segenap hati sebagai jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk masyarakat.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu selain untuk mengucapkan duka dan bela sungkawa, juga untuk memberikan semangat kepada keluarga dari Almarhum Readi. (ujang/ery-SB).

Kalteng

Gubernur Beri Bonus Rp 50 Juta Untuk Juara FASI Nasional

Published

on

Pemberian bonus oleh Gubernur Kalteng untuk juara FASI Nasional. (Foto/Ist).

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyerahkan bonus Rp 50 juta untuk juara Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Nasional, di penutupan MTQH, akhir pekan lalu. Bonus ini merupakan apresiasi atas keberhasilan Kontingen FASI Kalteng yang telah berjuang mengharumkan nama Kalteng.

“Alhamdulillah, luar biasa perhatian Pemprov Kalteng dan Bapak Gubernur Kalteng terhadap kontingen FASI Kalteng. Bonus untuk para juara semua cabang terbaik 1 sampai juara harapan,” tutur dan membenarkan Ketua BKPRMI Kalteng H Rus’ansyah MPd kepada awak media Sabtu (6/8/2022).

Bonus dari Pemprov Kalteng sebesar Rp 25 juta. Kemudian Gubernur menambahkan lagi bonus dari uang pribadinya sebesar Rp 25 juta. Jadi, kata Rus’ansyah total bonus yang diberikan, ada Rp 50 juta.

“Kami atas nama DPW BKPRMI Kalteng sangat terharu, bangga dan salut terhadap perhatian Bapak Gubernur. Insyaa Allah ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus membina generasi Qurani di Bumi Tambun Bungai memberantas buta aksara Alquran melalui gerakan TK/TPA Alquran dan menyelamatkan moral anak Indonesia demi terwujudkan Kalteng Berakhlak penuh dengan Keberkahan,”ujar Rus’ansyah, yang mantan aktivis HMI itu.

Saat FASI Nasional di Palembang bulan Maret 2022, Kontingen Kalteng berhasil menempati peringkat 9. Semula Kontingen Kalteng memasang target mempertahankan prestasi sebelumnya yakni masuk 10 besar.

Keberhasilan Kalteng meraih peringkat 9 dalam FASI ini, disumbangkan oleh sejumlah cabang yang berhasil meraih juara. Pertama, cabang Cerdas Cermat Al-Qur’an Tingkat TPA Juara 1 dari perwakilan Kabupaten Pulang Pisau. Regu ini terdiri dari Muhammad Rizky Hamonangan, Ahmad Fathurrizqi dan Ahmad Tijani Najib.

“Tiga orang anggota regu Cerdas Cermat Alquran yang berhasil meraih juara 1, akan mendapatkan hadiah Umrah,” sambung Rus’ansyah, yang juga Wakil Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kalteng ini.

Sedangkan cabang Cerdas Cermat Al-Qur’an Tingkat TKA berhasil Juara Harapan 1 dari perwakilan Kabupaten Kotawaringin Timur. Regu ini terdiri dari Melani Misdi, Nur Syahira Nabila Shabriyya Athaya Maritsa.

Kemudian untuk cabang Lagu-lagu Islami (Nasyid) Tingkat TPA berhasil Juara Harapan 3. Hasil ini diraih oleh perwakilan Kabupaten Sukamara yakni
Farisyina Dewi, Alifha Anis.

Sementara itu, untuk cabang Tilawah Tingkat TQA Putri berhasil juara 2 atas nama Tias Dwi Pratiwi berasal dari Perwakilan Kabupaten Barito Utara.

Selanjutnya, cabang Adzan dan Iqomah Tingkat TPA berhasil Juara 2 dari perwakilan Kabupaten Barito Timur atas nama Muhammad Najmi Alvaro.

Berikutnya, adalah cabang Ceramah Agama Islam Tingkat TKA Putra berhasil Juara Harapan 2 dari perwakilan Kabupaten Kotawaringin Timur atas Ahmad Busyro Adz-Dzikro.
Selanjutnya cabang Kisah Islami Tingkat TQA Putra berhasil Juara Harapan 3 berasal dari perwakilan Kabupaten Sukamara atas nama Harist.

Terakhir, Cabang Kisah Islami Tingkat TQA Putri yang berhasil Juara Harapan 2 dari perwakilan Kabupaten Kapuas atas Nabila Rizqi Callista.

“Keberhasilan ini, tak lepas kesungguhan anak-anak dan para official, pelatih serta dukungan Pemprov Kalteng dan doa masyarakat Kalteng. Semoga keberhasilan ini membuat Kalteng semakin Berkah,”ujar Rus’ansyah. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

UMPR Terima Kunjungan UMBJM Hibah MBKM

Published

on

UMPR terima Kunjungan UMBJM terkait sharing pengalaman mengenai Hibah di Aula Utama UMPR pada Kamis (4/8/2022). (Foto/Ist)

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menerima kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMBJM). Kunjungan tersebut memiliki maksud dan tujuan, diantaranya ingin menanyakan tips dan trik serta sharing pengalaman bagaimana cara UMPR mendapatkan Hibah. Kunjungan ini dilaksanakan pada Kamis (4/8/2022).

Rombongan UMBJM dipimpin langsung Rektor, Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag. Kehadirannya diterima Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. Keduanya didampingi oleh para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, Lembaga, Unit, dan staf terkait.

Pertemuan yang berlangsung di Aula Utama UMPR ini berlangsung sangat hangat yang diisi sharing tentang perkembangan masing-masing Universitas. Rektor UMBJM Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag. menyatakan kunjungan ini merupakan komitmen Bersama antara UMPR dan UMBJM yang sama-sama berstatus sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) yang berasal dari Kalimantan.

Hal lain yang penting untuk diperkuat kolaborasi dalam implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Demikian juga dengan implementasi indikator kinerja utama, termasuk di dalamnya menyangkut dharma perguruan tinggi berupa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tri dharma perguruan tinggi, dalam pengajaran kami juga sangat membutuhkan para pakar untuk menjadi praktisi mengajar di UMPR. Begitu juga dengan penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag.

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd., Sabtu (6/8/2022) pihaknya menyambut positif kunjungan tersebut Dikatakan, secara prinsip di perguruan tinggi, khususnya PTMA harus melakukan kerjasama yang lebih intens dan lebih baik dalam rangka mensukseskan kebijakan-kebijakan dari kementerian, termasuk MBKM.

“Karena untuk memenuhi kebijakan kementerian terkait MBKM, harus kita menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya. Salah satunya dengan UMBJM disamping dengan pergurun tinggi lain maupun dunia usaha dan dunia industri,” tegasnya.

Oleh karena itu, melalui kerjasama tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas Universitas masing-masing yang selanjutnya berdampak pada hasil lulusan yang semakin kompeten, berdaya saing, dan unggul. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Bupati Minta Kerja Sama Terkait Penanganan Karhutla

Published

on

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat di Aula Kantor Bappeda pada rakor penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas Jumat (5/8/2022). (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi suatu ancaman selain merusak lingkungan juga berdampak pada kesehatan dan sektor lainnya.

Hal ini disampaikan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT ketika memimpin rapat koordinasi terkait penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas Kalimatan Tengah (Kalteng).

Hadir dalam rakor di Aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas Jumat siang (5/8/2022) Forkopimda OPD camat serta dari pihak perusahaan besar swasta (PBS) yang ada di Kapuas.

“Saya meminta kepada seluruh OPD camat lurah dan desa serta PBS bekerja sama mengatasi munculnya Karhutla, ” kata Ben Brahim.

Bupati mengatakan memasuki musim kemarau tentunya menjadi perhatian serius pihak Pemda. Karena itu bagaimana caranya kita terus menjaga khususnya wilayah Kabupaten Kapuas dan Kalteng umumnya tak terjadi Karhutla.

Upaya-upaya mengatasi Karhutla seperti tahun-tahun sebelumnya telah kita lakukan dengan menekan munculnya titik panas atau hot spot di berbagai wilayah kecamatan di Kapuas.

“Upaya tersebut seperti menyiapkan sarpras dari tingkat kabupaten kecamatan desa dan kelurahann Sehingga dengan begitu Karhutla dapat kita minimalisir tak meluas dalam skala besar, “jelas Bupati Kapuas dia periode itu.

Bupati Ben melanjutkan tak hanya pemerintah diharapkan pula peran PBS ikut membantu bersinergi dalam penanganan Karhutla termasuk dalam hal ini masyarakat.

“Karenanya kesadaran bersama menjaga wilayah Kabupaten Kapuas sangat penting dari bencana Karhutla. Kita semua stake holder terkait
selalu bersama-sama terus memberikan himbauan dan sosialisasi agar Kapuas bebas dari Karhutla,” ujar Bupati. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Perbasi Kapuas Gelar Pelatihan Wasit Dan Pelatih

Published

on

Bersama Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dengan pengurus Perbasi Kab Kapuas dalam rangka kegiatan pelatihan wasit dan pelatih di Aula Kantor Disdik Kapuas. (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memperkuat kapasitas SDM dan wawasan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan untuk wasit dan pelatih.

Pelatihan berlangsung sejak tanggal 4 – 7 Agustus 2022 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Pada pembukaan di Aula Kantor Disdik Jumat (5/8/2022) hadir Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat Ketua KONI Kapuas H Saferiansyah Ketua Perbasi Kapuas H Suwarno Muriyat serta seluruh peserta pelatihan.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan melalui pelatihan wasit dan pelatih tentunya menambah wawasan bagi peserta guna pengembangan olahraga Bola Basket di Kapuas dan Kalteng umumnya.

“Harapannya dilapangan nantinya dapat diterapkan lebih baik dan kedepan semakin lebih baik melahirkan atlit berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, ” ujar Bupati.

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat kepada media Jumat (5/8/2022) mengatakan pelatihan bagi wasit dan pelatih olahraga basket diikuti 37 orang dari Kalsel dan Kalteng.

Dikatakan memperingati rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022 Perbasi Kapuas akan menggelar kejuaraan Bola Basket untuk pelajar SMP dan SMA.

“Harapannya atlit olahraga Basket khususnya di Kapuas dan Kalteng umumnya semakin berprestasi dapat membawa nama harum daerah baik Bola Basket pada kejuaraan tingkat Porprov maupun Popnas dan internasional, ” terang Suwarno Muriyat Kadisdik Kapuas itu. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Karang Taruna Kapuas Raih Peringkat 1 Tingkat Provinsi

Published

on

Penyerahan hadiah untuk Karang Taruna Kab. Kapuas. (Foto/Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Potensi Sumberdaya Kesejahteraan Sosial (PSKS), dilaksanakan seleksi PSKS Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022 baru-baru ini.

Seleksi itu diikuti unsur PSKS dr masing-masing Kab/Kota se Kalteng yg terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Karang Taruna.

Dari hasil seleksi Karang Taruna Kabupaten Kapuas berhasil meraih peringkat terbaik 1 Tingkat Provinsi. Kemudian, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) meraih peringkat 2 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) meraih peringkat 2 Sementara Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK meraih
peringkat 4.

Khusus untuk peringkat terbaik 1 nantinya, akan diikutkan dalam seleksi tingkat nasional mewakili Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan SSos MSI mengatakan dengan adanya seleksi PSKS ini, Dinas Sosial Kabupaten Kapuas selaku pembina seluruh PSKS yang ada di wil Kabupaten Kapuas secara kontinyu dan berkesinambungan terus melakukan upaya peningkatan kapasitas SDM dan Kelembagaan PSKS yang ada.

Dikatakan, hal ini penting karena peran PSKS sangat strategis dalam rangka membantu dan mendukung pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya bidang sosial.

“Harapannya, semoga bagi para peserta kegiatan ini dpt menjadi motivasi dan penambah wawasan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pelayanan sosial bagi masyarakat, “kata Budi Kurniawan kepada media Kamis (4/8/2022).

Adapun, TKSK yang meraih juara lanjut pria pernah menjabat Camat Bataguh itu, dari Kecamatan Kapuas Kuala, LKS Panti Asuhan Muhammadiyah Kecamatan Kapuas Timur, PSM Desa Anjir Kalampan Kecamatan Kapuas Barat, sedangkan Karang Taruna dari Desa Harapan Jaya Kecamatan Mantangai.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kapuas Kunanto menyampaikan, apresiasi atas prestasi yang dicapai tersebut. “Sebagai basis Karang Taruna kami terus melakukan peningkatan dan penguatan program sektor sosial, “ujar Kunanto. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Bupati Lantik 18 Pejabat Administrasi Dan Pengawas Pemkab Kapuas

Published

on

Bersama Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dan Wabup HM Nafiah Ibnor bersama pejabat yang dilantik. (Foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT kembali melantik sebanyak 18 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Kamis (4/8/2022) siang.

Pelantikan di Aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas itu dihadiri Forkopimda Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor Kepala OPD para pejabat yang dilantik serta undangan lainnya.

“Saya harapkan kepada pejabat yang dilantik agar melaksanakan amanah tanggung jawab dengan baik.

Dalam bekerja harus jujur loyalitas dan profesional. Kedepankan ketentuan dan layani masyarakat dengan baik, ” harap Bupati Kapuas dua periode itu.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Drs Aswan MSi mengatakan total pejabat yang dilantik sebanyak 18 orang.

Adapun rinciannya pejabat administrasi 2 orang terdiri dari pejabat promosi 1 orang mutasi 1 orang.

Kemudian pejabat pengawas sebanyak 16 org terdiri dari pejabat promosi 8 orang mutasi 8 orang.

Dikatakan Aswan bahwa pelantikan tersebut selain promosi mutasi juga mengisi kekosongan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Harapannya seperti disampaikan Bupati kepada para pejabat bekerja dengan penuh tanggung jawab baik jujur dan ikhlas, “katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kapuas Targetkan Tekan Stunting Hingga 10 Persen

Published

on

Kepala Bappeda Kapuas M Saribi.(Foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) komitmen turunkan angka stunting hingga 10 persen Bahkan 5 persen di bawah target nasional.

Hal ini dikatakan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Jahat MM MT pada rapat koordinasi penanganan stunting bersama OPD dan camat di Aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (3/8/2022).

“Berdasar target nasional 18 persen. Namun Kabupaten Kapuas berupaya keras menurunkan hingga 10 persen bahkan 5 persen menyumbang untuk nasional,” jelas Ben Brahim.

Oleh karena itu lanjut Bupati diharapkan Dinas Kesehatan sebagai lintas sektor utama terus membangun sinergi yang baik antar OPD maupun pemerintah kecamatan.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Ahmad Muhammad Saribi mengatakan terkait penanganan stunting sesuai ketentuan ada 29 indikator cakupan layanan esensial utama. Kemudian 35 indikator supply data dukung.

“Dari indikator tersebut 40 persen faktor lingkungan sanitasi dan air bersih. 30 persen faktor perilaku 20 persen faktor pelayanan kesehatan TTD PMT DNC Imunisasi. Selanjutnya 10 persen faktor keturunan genetika, ‘ jelas Kepala Bappeda kepada awak media, Kamis (4/8/2022).

Dilanjutkan semuanya mengacu kepada ketentuan Perpres Nomor 72 tahun 2021. Oleh karena itu terkait penanganan stanting seperti disampaikan Bupati pentingnya melakukan pemetaan membentuk serta tim kecil untuk gizi.

“Harapannya terkait penanganan stunting di Kapuas yang kini masih 25 persen dapat ditekan hingga 10 persen bahkan 5 persen dari target nasional 18 persen itu,” ujar Saribi.

Karena itulah tambahnya tentu adanya sinergi bersama Pemkab Kapuas pemerintah kecamatan serta kelurahan dan desa. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Bupati Kapuas Lepas 10 Ribu Peserta Pawai Tahun Baru Islam

Published

on

Pelepasan pawai Tahun Baru Islam oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Rabu (3/8/2022). (Foto/Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melepas secara resmi peserta Pawai dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah sekaligus Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun, bertempat di depan Rumah Jabatan Wakil Bupati Kapuas, Rabu (3/8/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas H Hamidhan, Ketua PHBI Kapuas KH Muchtar Ruslan, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas serta seluruh peserta pawai.

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terselenggaranya kegiatan tersebut dikarenakan selama pandemi Covid-19 melanda dunia serta mengapresiasi peserta pawai yang tetap taat terhadap protokol Kesehatan.

“Saya menyampaikan terima kasih, bangga dan penghargaan saya kepada Ketua PHBI Kabupaten Kapuas, yang telah melaksanakan pawai ini dan berikutnya saya meminta kepada seluruh masyarakat Kapuas tetap taat prokes Covid-19,” ungkapnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

KPU Kapuas Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 Bagi Parpol

Published

on

Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 tahun 2022. (Foto/Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU )Nomor 4 tahun 2022 kepada Partai Politik (Parpol) yang akan ikut kontestasi pada Pemilu Nasional Tahun 2024.

Kegiatan di hadiri Plt KPU Kapuas Adi Rasido Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo Pemda pengurus Parpol se Kabupaten Kapuas di Aula Kantor Kemenag Jalan Tambun Kuala Kapuas, Sabtu (30/7/2022).

Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas Adi Rasido mengatakan PKPU No 4/2022 sangat penting menyangkut tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) pada Pemilu 2024.

Dikatakan terkait jadwal waktu pendaftaran Partai Politik peserta Pemilu 2024 sudah ditetapkan oleh KPU paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 pada pasal 176 ayat 4 penetapan partai politik sebagai peserta pemilu dilalukan dalam sidang pleno KPU paling lambat 14 bulan sebelum hari pemungutan suara sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 pada pasal 179 ayat 2.

“Oleh karena itu KPU mulai membuka pendaftaran 14 Agustus 2022 bagi Parpol peserta pemilu 2024 setidaknya ada empat kategori yang harus di penuhi yakni Parpol yang memenuhi ambang batas perolehan suara 4 persen dari perolehan suara sah nasional di parlemen, ” katanya.

Dia melanjutkan bagi parpol.yang tidak memenuhi suara di parlemen pusat provinsi Kabupaten/kota tidak ikut sebagai peserta pada kontestasi Pemilu kecuali Partai Politik baru namun itu pun dibedakan jenis verifikasi berdasarkan putusan Mahkamah Konsitusi(MK)
nomor 5/PUU/XVIII/2020.

“PKPU nomor 4 tahun 2022 menjelaskan secara detail terkait verifikasi parpol yang masuk sebagai peserta pemilu pada tahun 2024 nanti dan bisa diakses melalui aplikasi SIPOL, ” ujar Adi Rasido. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Umum

Populer