Terkait Pupuk Subsidi Langka, Komisi B DPRD Sergai Akan Panggil Dinas Pertanian – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Sergai

Terkait Pupuk Subsidi Langka, Komisi B DPRD Sergai Akan Panggil Dinas Pertanian

Published

on

Ketua Komisi B DPRD Sergai, Rajali Prima. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Komisi B DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan memanggil Dinas Pertanian Sergai terkait langkanya pupuk subsidi ditengah masyarakat petani.

Demikian ditegaskan Ketua Komisi B DPRD Sergai, Rajali Prima kepada media ini Selasa (5/7/2022).

“Kita panggil Dinas terkait secepatnya bang,” ujarnya.

Lanjutnya, Komisi B DPRD Sergai ingin tahu pasti kenapa barang tersedia tapi dilapangan langka.

“Biar kita cari dimana titik permaslahannya dan setelah itu kita cari solusi bersama,” tegas Rajali Prima.

Sebelumnya diberitakan, saat dikonfirmasi Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Sergai, Mariana Marta kepada wartawan mengatakan kita sudah koordinasi dengan tim verval lapangan untuk mengumpulkan informasi terkait masalah ini sehingga bisa kita cari solusinya.

“Kalau di lapangan jelas tidak mencukupi kebutuhan petani pak. Karena keterbatasan alokasi dari pusat juga nya itu pak,” jelasnya.

Sementara saat disinggung terkait ketersediaan pupuk subsidi tetap mencukupi di Gudang Penyangga Lini 3 Kabupaten Serdang Bedagai.

“Itulah nanti kita koordinasikan dulu apa masalah nya jika memang di gudang banyak stok knp blum salur ke kios. Secepatnya kami telusuri ya pak,” pungkas Mariana. [yusnar]

Sergai

Ketua DPC Partai Demokrat Sergai: Kader Kompak Dukung AHY

Published

on

Terpilihnya Yunasril, SH, MKn sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Syukuran atas terpilihnya Yunasril, SH, MKn sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berlangsung sukses.

Acara dirangkai dengan memberikan santunan puluhan anak yatim dan para janda.

Berlangsung di Rumah Makan Cinderalas Sei Rampah, Jumat (5/8) sore.

Dalam sambutannya, Ketua DPC Partai Demokrat Sergai, Yunasril menegaskan agar seluruh kader bersama-sama membesarkan Partai Demokrat di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Karena, lanjut Yunasril, tanpa adanya dukungan dan kerjasama diantara kita, itu sangat mustahil Partai Demokrat di Kabupaten Sergai bisa besar.

“Saya berharap kepada para Ketua PAC Partai Demokrat agar segera membentuk kepengurusan Ranting dan Anak Ranting Demokrat se Kabupaten Sergai,”ujarnya.

Dihadapan para kader Demokrat Sergai, Yunasril menegaskan agar seluruh pengurus kompak untuk mendukung Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

Partai Demokrat untuk di Kabupaten Sergai sekarang ini terdapat 3 kursi, atau 3 Anggota DPRD Sergai Fraksi Demokrat yakni dari Dapil I, III dan V.

“Untuk itu, inilah target kita kedepan jangka pendek dan jangka panjang untuk menyusun program-program kita kedepan dan jangan lagi kita bersantai-santai karena tahapan Pemilu sudah dekat,”tutupnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan Partai Demokrat Burhanuddin dalam sambutannya sangat berharap kepada Ketua DPC terpilih, Yunasril agar bisa berhasil membesarkan Partai Demokrat dan meraih suara sebanyak-banyaknya agar Partai Demokrat di Sergai bisa jaya dan menang kembali.

Pada kesempatan itu, Sekretaris DPC Demokrat Sergai Susilawati membacakan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat nomor: 527/SK/DPP.PDPC/VII/2022
Tentang Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai periode 2022-2027 adapun sebagai Ketua DPC Yunasril, SH, MKn, Sekretaris Susilawati, dan Bendahara H. Syafrul Rizal.

Surat Keputusan ini ditetapkan di Jakarta, 27 Juli 2022, masing-masing ditandatangani oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Penuhi Kriteria, Sergai Terima Penghargaan KLA

Published

on

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak Kementrian PPPA, Agustina Erni, menyerahkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) level Madya yang diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Perhatian maksimal Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terhadap sistem pembangunan hak dan perlindungan anak, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak Kementrian PPPA, Agustina Erni, menyerahkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) level Madya yang diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Kamis (4/8/2022). Apresiasi ini diserahkan di kantor Kementerian PPPA, Jl. Medan Merdeka Barat No.15, RT 2/RW 3, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Wabup menyampaikan, penghargaan yang diberikan kali ini menjadi istimewa karena status Sergai mengalami peningkatan.

“Sebelumnya beberapa kali Sergai sudah mendapat penghargaan serupa dengan status Pratama. Sekarang kita naik satu tingkat ke level Madya,” jelas Wabup Adlin. .

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian PPPA yang sudah melaksanakan penilaian dan di saat yang sama selalu memberi dukungan terhadap implementasi program kerja Pemkab Sergai, terutama dalam upaya memberantas stunting.

“Kami juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi sehingga Sergai berhasil mendapatkan penghargaan ini, terkhusus kepada orang tua angkat maupun stakeholder lainnya,” ungkap Adlin Tambunan.

Selain itu, bagi Wabup, prestasi yang diraih ini bisa menjadi motivasi bagi OPD terkait untuk menjaga kinerja, bahkan meningkatkannya ke arah yang lebih baik.

“Saya optimis, level Nindya, bahkan Utama, bisa kita capai jika bekerja sama-sama dan bergotong royong. Insya Allah,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Sergai dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes, yang ikut mendampingi Wabup, menyampaikan kalau penghargaan ini diberikan sebab Kabupaten Sergai memenuhi kriteria KLA.

“Kriteria tersebut antara lain sudah adanya regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati yang mengatur tentang implementasi KLA, pengentasan stunting, dan sebagainya. Selain itu fasilitas publik seperti rumah ibadah yang layak anak. Ada pula Desa Layak Anak, Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan lainnya,” papar dr. Helminur. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

BNPB RI Kunjungi Kabupaten Sergai Tindaklanjuti Pengajuan Dinas PUPR

Published

on

Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Rabu (03/08/2022) dan Kamis (04/08/2022).

Hal ini dalam menindaklanjuti proposal Dana Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang diajukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Serdang Bedagai.

Turut hadir Kepala Subdirektorat Perencanaan pendanaan, Rita Indrayani, SE., MM, Staf Direktorat PRR, Ria Kusumaningrum, ST dan Grandis Kumala Sari, S.Pd serta perwakilan BPBD Provinsi, dan BBWS Sumatera II.

Pada kesempatan itu, Tim BNPB RI memverifikasi usulan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pemkab Serdang Bedagai sebelum pengajuan anggaran ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas PUPR Sergai Johan Sinaga, Kepala Bidang Bina Marga PUPR Sergai Abdul Rahman Purba, utusan BPBD Propinsi dan BPBD Sergai beserta pejabat dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sergai turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Sergai Johan Sinaga menyebutkan Pemerintah Kabupaten Sergai berharap BNPB Pusat dapat memberikan bantuan dan dukungan melalui program rehabilitasi dan rekonstruksi Pasca Bencana guna pemulihan kebutuhan masyarakat pada prasarana dasar yaitu bidang infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Usulan kegiatan yang ditinjau antara lain Jembatan Gantung Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis, Jembatan Dusun I Desa Mariah Padang Kecamatan Tebing Tinggi, dan Dinding Penahan Tanah di belakang Gedung Puskesmas Sipispis Kecamatan Sipispis dan Jembatan Produksi di Desa Pardomuan Kecamatan Dolok Masihul,” papar Johan Sinaga. [yusnar]

Continue Reading

KrimHum

Acuk Ditangkap Polsek Tanjung Beringin, Temannya Diterbitkan sebagai DPO

Published

on

SERGAI, SuaraBorneo.com| Pelaku tindak pidana pencurian atau maling sepeda motor yang ditangkap YI alias Acuk (30) dan temannya yang masih buron inisial D diduga sudah beberapa kali beraksi.

Warga Dusun II, Desa Pematang Kuala, Kecamatan Teluk Mengkudu itu diamankan Polsek Tanjung Beringin di kediamannya pada hari Sabtu (30/7/2022) sekira pukul 11:00 WIB.

“Barang bukti yang berhasil diamankan berupa BPKB dan STNK, sedangkan kunci T dan sepeda motor sedang dalam pencairan. Untuk sementara terhadap pelaku diketahui sudah lebih 2 Laporan Polisi (LP),”demikian disampaikan Wakapolres Sergai, Kompol Sofyan, Kapolsek Tanjung Beringin AKP T Sihombing, Kanit Reskrim IPTU Maruli Sihombing, dan PS Kasi Humas Bripka Juparto Situmorang, di Mapolres Sergai Selasa (2/8/2022).

Kemudian, kata Wakapolres, terduga tersangka lainnya inisial D kini sudah diterbitkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) dan keduanya ini tidak menutup kemungkinan tersangkut tindak pidana kejahatan lainnya.

“Modus pelaku berpura pura bertamu dengan mengamati situasi sekitar jika dianggapnya sudah aman langsung melakukan pencurian dengan menggunakan diduga kunci palsu, mudah-mudahan 1 lagi terduga pelaku segera ditangkap,”paparnya.

“Atas perbuatan pelaku, dijerat Pasal 363 KHUP ayat (1), ke 3e, 4e, dan 5e dengan ancaman hukuman 7 tahun,”tegas Kompol Sofyan.

Sebelumnya, penangkapan pelaku atas adanya laporan korban Sahroni (57) warga Dusun III Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Dengan Polisi Nomor : LP/ B /42/ VII/ 2022 / SPKT/ POLSEK TANJUNG BERINGIN / POLRES SERGAI / POLDA SUMUT, tanggal 30 Juli 2022 tentang tindak pidana Pencurian Sepeda Motor dengan Pasal 363 KUHP.

Peristiwa tersebut terjadi pada Hari Jum’at tanggal 29 Juli 2022, sekira pukul 21.00 Wib, tepatnya Dusun II Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai.

Adapun kronologinya, berawal pada hari Jumat tanggal 29 Juni 2022 sekira pukul 2022 WIB, korban mengendarai sepeda motor Honda Vario, nomor polisi BK 5937 MV dengan tujuan berkunjung kerumah keponakan korban bernama Nurhaliza warga II Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin.

Setelah Korban sampai kemudian memarkirkan sepeda motor di halaman rumah dalam keadaan tidak terkunci stang, sekira pukul 21.00 WIB, saat akan korban pulang kerumahnya, korban sudah tidak menemukan lagi sepeda motor miliknya yang terparkir ditempat semula.

Setelah mengetahui hilangnya sepeda motor korban langsung memberitahu dan bertanya kepada keponakannya bahwa sepeda motornya telah hilang, lalu keponakan korban bertanya dengan orang disekitar lokasi.

Kemudian menurut keterangan saksi Nur Ainun menyebutkan melihat dua orang laki laki sedang mengambil sepeda motor milik korban dengan nama panggilan Acuk dan Dulah warga Dusun II Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai.

Setelah mengetahui pelaku dikenali oleh beberapa teman korban, langsung pergi mencari kedua orang yang dimaksud, hingga akhirnya korban bertemu dengan Acuk yang sedang di dalam rumahnya.

Setelah di interograsi, akhirnya pelaku YI alias Acuk mengakui benar mengambil sepeda motor tersebut bersama dengan temannya yang melarikan diri.

Kemudian pelaku diboyong ke Mapolsek Tanjung Beringin, sedangkan terduga pelaku lainnya inisial D masih dalam pencarian. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Baliho Robek dan Kusam di Jalinsum Sergai Ancam Pengguna Jalan

Published

on

Baliho yang 'kedaluwarsa' terlihat robek dan kusam bahkan kini bergelantungan tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Sei Bamban. (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Baliho berukuran besar berbahan easy banner yang berada di Jalinsum Medan – Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut tampak sangat semerawut dan mengancam pengguna jalan yang melintas.

Baliho yang ‘kedaluwarsa’ terlihat robek dan kusam bahkan kini bergelantungan tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Sei Bamban, Sei Rampah dan Kecamatan Perbaungan.

Bahkan papan reklame billboard di jalan umum ini juga tidak menutup kemungkinan turut andil dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai.

Hingga dinilai penertiban baliho tak layak dan nyaris tersentuh aspal tersebut sengaja dibiarkan maka diduga ini merupakan bentuk kelalaian Dinas terkait.

Dikatakan inisial AS (32), salah satu pengguna jalan yang sering melintas mengatakan bahwa baliho yang menempel pada papan iklan besar itu, kondisinya sobek dan juga menggantung sangat rawan terlepas menyebabkan jatuh jika diterpa angin kencang. Sampai kini, baliho tersebut masih menggantung belum ada tanda-tanda penertiban.

“Kondisi itu sangat membahayakan masyarakat pengguna jalan saat melintasi lokasi tersebut, apalagi terutama saat cuaca hujan sangat rawan terbawa angin kencang akibatnya jatuh ke pengendara melintas,” ujarnya.

Hal senada dikatakan warga inisial SW (44). Dia menyesalkan, belum ada tindakan dari pengelola billboard dan Dinas terkait saat baliho sudah bergelantungan. Padahal itu sangat rawan ambruk saat cuaca memburuk diterpa angin kencang.

“Baliho itu sangat membahayakan warga dan pengguna jalan yang melintas di lokasi itu. Semoga cepat ditertibkan, jangan sampai jatuh duluan menimpa orang di bawahnya yang bisa membuat celaka,”ujar SW.

Lanjutnya, apalagi jalan tersebut sebagai jalur utama penghubung antara Medan – Tebing Tinggi dan tak terhitung pejabat Pemkab Serdang Bedagai yang melintas dibawah papan iklan tersebut tetapi hal itu nampaknya tidak berpengaruh terhadap baliho yang nyaris menyentuh Jalinsum.

“Sudah dari bulan kemarin itu bang (wartawan-red), kadang-kadang kita warga sini juga takut kalau copot dan mengenai warga dan pengguna jalan. Soalnya baliho tersebut berukuran besar,”tutupnya.

Sementara Kasat Pol PP Sergai, M. Wahyudhi kepada wartawan Jumat (29/7/2022) melalui sambungan telepon seluler WhatsApp menyebutkan penertiban baliho di Jalinsum terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Setdakab Sergai.

“Dimana titik-titiknya. Nanti kami akan berkoordinasi dulu dengan Bapenda,” ujarnya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Tokoh Muda Sergai Kunjungi Korban Angin Puting beliung

Published

on

Tokoh muda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Zoefri Arie Harahap, S.Pd didampingi Anggota DPRD Sumut, Loso Mena mengunjungi korban bencana angin puting beliung. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Tokoh muda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Zoefri Arie Harahap, S.Pd didampingi Anggota DPRD Sumut, Loso Mena mengunjungi korban bencana angin puting beliung di Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Sergai, Rabu (27/7/2022) malam.

Pada kesempatan itu sekaligus memberikan bantuan berupa 50 goni beras dan 30 kotak mie instan di Posko Bencana di Dusun XV Kampung Jati, Desa Sei Bamban.

Dikatakan Zoefri Ari Harahap, dirinya turut prihatin atas bencana angin puting beliung yang menimpa warga khususnya di Kecamatan Sei Bamban.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga yang tertimpa bencana angin puting beliung,”katanya

Terakhir, Zoefri Ari Harahap menyebut agar warga yang tertimpa musibah agar diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis di Posko Bencana mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan terhadap warganya.

“Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Loso Mena dan rombongan atas bantuannya,” ujarnya

Kades juga menjelaskan, bencana angin puting beliung ini menimpa 149 rumah di Dusun I, Dusun XII, Dusun XIII, Dusun XV dan Dusun XVI. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Puting Beliung Di Sergai Telan Korban Jiwa, Pembuat Batubata Rewas Tertimpa Pohon

Published

on

Bencana angin puting beliung rumah warga porak-poranda. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara, menelan korban jiwa, Rabu (27/).

Pembuat batubata, Junaidi (60) warga Dusun XI Pintu Air, Desa Sukadamai, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Sergai meninggal dunia setelah tertimpa pohon.

Tewasnya korban dibenarkan oleh
Kepala Desa Sukadamai, Karnain.

“Korban saat itu sedang kerja membuat batubata di Dusun V. Tiba-tiba pohon di sekitar tempatnya bekerja tumbang diterjang angin kencang disertai hujan,” ujarnya dihubungi melalui sambungan telepon seluler.

Selain menelan korban jiwa, dalam bencana angin puting beliung rumah warga porak-poranda.

“Data sementara ada sekitar ratusan rumah rusak berat dan ringan. Saat ini masih mendata berapa pasti jumlahnya,” terang Karnain.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sergai, Marnangkok Gultom menyebutkan data yang baru masuk di Kecamatan Sei Bamban diterjang angin puting beliung.

Begitupun, tidak menutup kemungkinan ada kecamatan lainnya. Oleh karena itu, masih didata.

“Untuk berapa jumlah rumah yang rusak di Kecamatan Sei Bamban belum diketahui, karena sedang mendata,” sebut Marnangkok dari panggilan ponselnya. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Kejari Sergai Tahan Seorang ASN Di Dinas Pertanian, Kasus Dugaan Mark-Up Penyalahgunaan Uang Klaim AUTP 2020

Published

on

Kajari Sergai, Muhammad Amin Pimpin Konferensi Pers. (Foto : Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai tahan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) inisial PR NST, terkait kasus korupsi dugaan Mark-Up Penyalahgunaan uang Klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2020 di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai.

Kepala Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Muhammad Amin, SH didampingi Kasi Intel Agus Adi Atmaja, Kasi Pidsus Elon Unedo Pinondang Pasaribu SH, Kasi Datun Richard M P Simaremare, menyampaikan seorang ASN, di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai, inisial PR, NST ditetapkan tersangka dan ditahan dalam perkara kasus korupsi dugaan Mark-Up Penyalahgunaan uang Klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2020, Senin (25/7/2022).

Lanjut M Amin, Dimana Sumber Dana dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Bahwa adapun peserta AUTP T.A 2020 yang mendaftar sebanyak 108 yang berasal dari Gapoktan dan KelompokTani :Gapoktan 6, KelompokTani 102.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 02/Kpts/SR.230/B/01/2020 tanggal 02 Januari 2020 tentang Pedoman Premi Bantuan Asuransi Usaha Tani Padi Adapun syarat sebagai peserta AUTP TA 2020 adalah Petani yang tergabung dalam kelompok tani dan Petani memiliki lahan sawah maximal 2 ha per pendaftaran per musim tanam (MT).

“Selanjutnya, Petani penggarap lahan sawah dan melakukan budidaya tanaman padi paling luas 2 Ha per musim tanam. Kemudian Petani pemilik atau penggarap yang mendaftar harus memiliki NIK dan Diutamakan petani mendapatkan bantuan Pemerintah atau KUR,” sebut Kajari.

“Bahwa besaran Premi Asuransi yang dibayarkan kepada Jasindo sebesar Rp. 180.000,-dengan rincian bantuan premidari Pemerintah (APBN 80%) atau sebesar Rp. 144.000,- per Ha per Musim Tanam dan swadaya (petani 20%) atau sebesar Rp. 36.000,-Per Ha per MusimTanam,” ujarnya.

Bahwa pada tahun 2020 Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai ada mengajukan klaim kerusakan/kebanjiran atas lahan yang diasuransikan sebesar Rp.3.298.560.000,- dan yang di setujui oleh pihak asuransi PT. Jasindo sebesar Rp. 3.271.200.000,

“Bahkan syarat yang harus dipenuhi dalam pemberian ganti rugi yaitu Umur padi sudah melewati 10 hari setelah tanam (HST), Umur padi sudah melewati 30 hari setelah melewati tebar (Teknologi Tabela), Intensitas kerusakan mencapai 75% dan luas kerusakan mencapai 75% pada setiap luas petak alami,” tambah Kajari.

Namun faktanya, tersangka PR NST, tidak pernah melakukan sosialisasi maupun mengupload peserta AUTP tanpa terlebih dahulu melengkapi dokumen persyaratan sebagai peserta AUTP. Selain itu tersangka tidak melibatkan UPTD/BPP pada kegiatan AUTP TA 2020 dan mendaftarkan Gapoktan sebagai peserta AUTP sementara sesuai dengan Pedoman GAPOKTAN tidak bisa mendaftar sebagai peserta AUTP TA 2020.

Namun, lanjut Kajari. Tersangka hanya menggunakan 1 akun user aplikasi SIAP, sementara setiap PPL yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai masing masing sudah memiliki user aplikasi SIAP yang dibuatkan oleh pihak PT.JASINDO, dan tersangka menginput/ mengupload salah satu Kelompok Tani yang tidak sesuai dengan luasan lahan yang sebenarnya.

Kemudian tersangka tidak pernah melaporkan secara tertulis terkait perkembangan kegiatan AUTP TA 2020 tersebut kepada Kepala Dinas namun tersangka menyampaikan secara lisan kepada Kepala Dinas bahwasannya kegiatan AUTP TA 2020 sudah berjalan dengan lancer dan sesuai dengan Pedoman. Dalam hal pengecekan kerusakan dan tersangka hanya melakukan sampling terhadap Sawah yang terkena dampak serangan banjir/kerusakan.

“Begitu Seharusnya tersangka bersama dengan PT.JASINDO dan POPT-PHP harus melakukan pengecekan keseluruhan sawah yang terkena dampak. Bahkan tersangka ada menerima pencairan dana AUTP TA 2020 yang seharusnya dana tersebut diperuntukkan kepada Kelompok Tani/Petani,” sebut Kajari.

Ia menambahkan, Bahwa Kerugian Negara yang sudah dikembalikan sudah dilakukan penyitaan sebesar Rp 200.500.000,- yang berasal dari 12 Kelompok Tani peserta AUTP TA 2020.”papar Kajari M Amin.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan PRIMAIR Pasal 2 ayat (1) Jo.Pasal 18ayat(2),(3) UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

Atau SUBSIDAIR Pasal 3 Jo.Pasal 18 ayat (2),(3) UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,”pungkas mantan Kajari Tanjung Balai. [yusnar]

Continue Reading

Sergai

Kantor Kemenag Sergai Boyong 3 Penghargaan

Published

on

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memboyong 3 penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (Foto: Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memboyong 3 penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Tebing Tinggi.

Pemberian penghargaan tersebut dalam rangka Sosialisasi Retur SP2D dan Penyesuaian Tarif PPN & Penyerahan Penghargaan Satker Semester I T. A 2022, bertempat Aula KPPN Tebing Tinggi, Kamis (21/7/2022).

Adapun penghargaan yang diterima Kantor Kemenag Sergai diantaranya, Terbaik I penyampaian LPJ Bendahara Pengeluaran tercepat, Terbaik II penyampaian laporan saldo rekening tercepat dan Terbaik III penyampaian LPJ Bendahara Pengeluaran Tercepat Semester I T.A 2022.

Ketiga penghargaan diterima langsung oleh KTU Kantor Kemenag Sergai, H. Yusuf Barus, M.Si dan Bendahara Pengeluaran, Irmayani, S.Sos.

Dalam kesempatan itu, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus
melalui KTU Kantor Kemenag Sergai, H. Yusuf Barus mengatakan bahwa pada dasarnya apresiasi ini disampaikan oleh pihak KPPN Tebing Tinggi bersama dengan Kementrian Keuangan Republik Indonesia kami mengucapkan terima kasih atas penghargaannya.

“Artinya ini bukan kerjaan satu orang, tapi ini adalah kerjaan tim,”tegasnya.

Maka dari itu, kata Yusuf Barus, kami berharap kekompakan agar dipegang penuh bagi seluruh jajaran Kantor Kemenag Sergai yang ada di Serdang Bedagai.

“Semoga kedepannya usaha ini semakin bagus dan menjadi motivasi kinerja agar lebih baik lagi,” tutupnya. [yusnar]

Continue Reading

Umum

Populer