Indonesia Retail Summit 2022,  Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Ekonomi

Indonesia Retail Summit 2022,  Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih

Published

on

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan sambutan dalam acara Konferensi Pers Indonesia Retail Summit 2022 yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Foto: Kemendag)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga. Kontribusi para peritel, termasuk yang berada di pusat perbelanjaan, dapat mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong bisnis ritel tetap tumbuh, khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas dalam acara peluncuran Indonesia Retail Summit 2022 yang digelar secara hibrida di Kantor Kemendag, Jakarta, pada hari ini, Kamis (14/7/2022).

Turut hadir dalam acara ini Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto.

“Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga yang kontribusinya mencapai 53,65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34 persen pada kuartal I 2022,“ terang Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas mengungkapkan, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 dan Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) 2022. Acara ini merupakan kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global.

“Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. Di samping itu, dengan acara ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia,” jelas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menambahkan, acara ini merupakan salah satu sarana mempromosikan produkproduk dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global.

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia,” ujar Mendag Zulhas.

Sementara itu, Budiharjdo menyampaikan, acara Indonesia Retail Summit akan digelar pada 15—16 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

“Acara ini merupakan upaya nyata membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” imbuhnya. [adv/ad]

Banjarmasin

Gubernur Kukuhkan Hatmansyah Sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel

Published

on

Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sejalan dengan upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemegang peran sentral dan strategis pembangunan daerah, Bank Kalsel kembali memperkuat strukturnya dengan dipenuhinya posisi Komisaris Utama. Setelah beberapa bulan posisi ini belum definitif, maka dengan lahirnya Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-15/D.03/2023, tanggal 26 Januari 2023, tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Dr. Hatmansyah, ME dinyatakan lulus sebagai Selaku Calon Komisaris Utama Independen PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Hal ini diperkuat Kembali dengan hasil RUPS Luar Biasa sebagaimana termuat dalam Akta Pernyataan Pemegang Saham PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 6 tanggal 8 Februari 2023, yang menyetujui dan mengesahkan pengangkatan yang bersangkutan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang pelantikannya berlangsung hari ini.

Setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Kalsel dalam kurun waktu 14 November 2016 hingga 7 Februari 2023, pada hari ini, Rabu 8 Februari 2023, Hatmansyah melakukan prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, efektif sejak tanggal 8 Februari 2023 sampai dengan tanggal 7
Februari 2028. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H dengan disaksikan Bupati/Wali Kota Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Jajaran FORKOMPINDA Kalsel, Kepala Dinas Prov. Kalsel, Jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Group Head, Direktur UPZ, Kepala Divisi maupun Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel, serta para tamu undangan baik dari kalangan BUMN/D, Media, dan instansi lainnya, di Ruang Callamus Rattan Inn Hotel, Banjarmasin, Rabu (8/2/2023).

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas jabatan Komisaris Utama Independen yang disematkan kepada Hatmansyah, sekaligus berharap yang bersangkutan mampu bekerja dengan baik, bekerja dengan cepat, demi kemajuan bank kalsel yang lebih baik lagi selaras dengan perkembangan zaman.

“Saya berharap Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang baru dikukuhkan, mampu membuktikan diri sebagai individu yang profesional, inovatif dan gesit dalam berkontribusi untuk Bank Kalsel yang lebih baik dan memiliki daya saing yang kuat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut berharap seluruh Dewan Komisaris Bank Kalsel untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendorong bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang.

“Saya ingin, seluruh Komisaris Bank Kalsel bekerja secara cerdas, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas pengawasan, sehingga keberadaan Komisaris Bank Kalsel dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah, dan sekaligus mendorong Bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang. Saya berharap, suatu saat Bank Kalsel menjadi salah satu bank terbesar, terbaik dan terkuat, di industri perbankan nasional” harap Birin.

Selanjutnya, Hatmansyah yang telah resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemegang Saham dan berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dengan sebaik-baiknya sebagaimana fungsi tugas yang diemban.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah disematkan kepada Saya oleh Seluruh Pemegang Saham, untuk mengemban tugas Komisaris Utama Independen Bank Kalsel. Saya berkomitmen menjaga amanah yang diberikan, melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan fungsi pengawasan kepada Bank Kalsel sebagai perpanjangan tangan dari Pemegang Saham,” tutur Hatman.

Lebih lanjut, Hatman menyampaikan pentingnya kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel guna mewujudkan visi misi Bank Kalsel untuk menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi sebagai pengerak dan pendorong ekonomi daerah.

“Tentunya dalam menjalankan amanah ini, Saya tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bagi kemajuan Bank Kalsel kita tercinta bisa terwujud. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada seluruh Insan Bank Kalsel, agar senantiasa menjaga kekompakan serta menjalankan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

BI Kalsel Terus Kampanyekan CBP Rupiah Kepada Guru Dan Siswa 

Published

on

Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Raut semringah tampak merekah dari ratusan paras siswa SD Negeri Sungai Andai 3, Banjarmasin. Didampingi para guru dan wali kelas, mereka terhentak dengan keseruan sosialiasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah yang dibawakan oleh Rizki Rahmatullah dan Ahmad Zainudin dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (8/2/2023).

Edukasi keuangan, termasuk mengenali mata uang Rupiah, memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai pemegang tampuk masa depan bangsa, pengetahuan tentang Rupiah yang merupakan identitas dan simbol negara, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Oleh sebab itulah, Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Ada tiga aspek yang ditekankan Bank Indonesia pada setiap sosialisasi CBP Rupiah.

_Pertama_, aspek cinta. Yakni menekankan pentingnya mengenali keaslian uang Rupiah. Termasuk bagaimana merawat dan menjaga uang Rupiah secara tepat demi mengindari risiko dari kejahatan uang palsu.

_Kedua_, aspek bangga. “Yakni meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, simbol kedaulatan NKRI, serta alat pemersatu bangsa,” jelas Rizki.

_Terakhir_, aspek paham. Yaitu mengakselerasi pemahaman masyarakat tentang posisi Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan alat penyimpan nilai kekayaan. “Termasuk di dalamnya bagaimana cara menggunakan Rupiah untuk bertransaksi, berbelanja, dan ajakan untuk menerapkan gaya hidup hemat,” tutur Ahmad.

Turut melengkapi rangkaian sosialisasi CBP Rupiah, hadir pula pegiat literasi Kampung Dongeng Intan Kalsel, Bunda Enik. Ia membacakan cerita anak dan dongeng bertema CBP Rupiah, agar mudah diterima oleh peserta sosialisasi.

“Supaya penyampaian CBP Rupiah dapat lebih mudah diterima di hati dan pikiran para murid,” ujar Bunda Enik.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus bersinergi dengan seluruh pihak demi meningkatkan pemahaman soal uang Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat. [ad/bi]

Continue Reading

Business

IOH Serah Terimakan Hadiah Pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022

Published

on

Pemberian hadiah kepada 9 pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022 di KPPTI (Kantor Pusat PT Indosat). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 menyelenggarakan seremonial pemberian hadiah kepada para pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022 di KPPTI (Kantor Pusat PT Indosat). IMPoin Pesta Hadiah 2022 merupakan program penghargaan dengan total hadiah hingga Rp1,7 miliar bagi para pelanggan setia IM3 yang memperoleh Loyalty Points dengan melakukan isi ulang atau membeli paket IM3 dari semua channels dan menukarkan poin tersebut di periode Desember 2022 lalu, Selasa (7/2/2023).

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengungkapkan ”Kami mempersembahkan program IMPoin Pesta Hadiah untuk mengapresiasi pelanggan setia yang telah memilih dan mempercayakan IM3 dalam memenuhi kebutuhan komunikasi digital mereka. Program ini sekaligus menjadi wujud komitmen kami sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang ingin selalu dekat kepada pelanggannya. Kami berharap program ini dapat memberikan keuntungan dan manfaat lebih bagi mereka yang telah setia menggunakan layanan dan produk IM3.”

Pada acara seremoni penyerahan hadiah hari ini, sembilan pelanggan yang merupakan perwakilan pemenang dari masing-masing kategori turut hadir menerima hadiah secara langsung. Mereka datang dari berbagai daerah sebagai pemenang untuk menerima hadiah Hyundai IONIQ 5, Paket perjalanan wisata ke Raja Ampat, EV NIU Gova 03, Element Folding Pikes Gen II, Macbook Pro M2 13.3 inch, iPhone 13 Pro, Apple Watch Series 6, Oculus Quest 2, dan Tokopedia Gift Card senilai 10 juta.

Daftar pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022 telah diumumkan secara langsung dan transparan pada acara pengundian yang diselenggarakan 11 Januari 2023 lalu. Sebanyak 250 pelanggan yang beruntung mendapatkan hadiah dari lima kategori, mulai dari Hyundai IONIQ 5, paket perjalanan wisata (Raja Ampat, Bali, dan Yogyakarta), NIU Gova 03, Folding Bike (Element Folding Pikes Gen II 6 Speed), Gadget (iPhone 13 Pro, MacBook Pro M2 13.3 inch, Apple Watch Series 6, Oculus Quest 2), dan Tokopedia Gift Card. Lebih dari itu, seluruh pajak hadiah ditanggung oleh IM3 sehingga pemenang tidak dipungut biaya apa pun.

Proses pengundian dan pengumuman pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022 telah berjalan memenuhi semua mekanisme pengundian dengan ketentuan yang berlaku dan melibatkan beberapa perwakilan dari Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, notaris dan pihak kepolisian. Proses pengundian telah dilakukan pada 11 Januari 2023 dan didokumentasikan dengan baik oleh IM3 dan lembaga terkait sebagai bukti transparansi. [ad/ioh]

Daftar pemenang IMPoin Pesta Hadiah 2022 selengkapnya dapat dilihat melalui https://bit.ly/IMPoinHadiah.

Continue Reading

Banjarmasin

High Level Meeting TPID Kalsel, Gubernur Kukuhkan Rencana Aksi Pengendalian Inflasi

Published

on

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pengendalian inflasi memerlukan langkah konkret dalam wujud rencana aksi agar pelaksanaannya lebih terencana, terukur, dan tepat sasaran. Kesimpulan itu mengemuka dari High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Calamus Ballroom Rattan Inn, Banjarmasin, Selasa (7/2/2023).

Berbeda dari biasanya, HLM TPID kali ini mengangkat tema “Rencana Aksi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dalam kerangka Peta Jalan Pengendalian Inflasi di Provinsi Kalimantan Selatan”. Fokus utama rapat koordinasi tingkat tinggi TPID kali ini adalah mengesahkan rencana aksi pengendalian inflasi di Kalsel.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutannya menegaskan inflasi telah menjadi perhatian nasional dan karenanya perlu dikendalikan guna menjaga daya beli dan kesejahteraan masyarakat Kalsel.

“Oleh karena itu, pada hari ini TPID Provinsi Kalsel bersama TPID Kabupaten dan Kota se-Kalsel menyepakati Rencana Aksi Pengendalian Inflasi Tahun 2023, supaya menjadi pedoman bagi seluruh pihak dalam upaya pengendalian inflasi di Kalsel,” sebut Paman Birin.

Secara khusus Paman Birin juga mengapresiasi upaya Bank Indonesia yang telah menyumbangkan pemikiran dan menginisiasi seluruh rangkaian proses penyusunan rencana aksi.

Dalam paparannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Wahyu Pratomo menyampaikan rencana aksi ini sejalan dengan kebutuhan dan kesimpulan yang mengemuka dari rangkaian rapat koordinasi TPID yang telah dilaksanakan sepanjang bulan Januari 2023.

“Tentunya, rencana aksi ini dilandasi dengan kerangka 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif, serta menjadi bagian dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang telah bergulir sejak 2022,” tutur Wahyu.

Wahyu juga menyebut sinergi TPID yang terus diperkuat mulai membuahkan hasil. Berdasarkan data BPS, tingkat inflasi Kalsel pada Januari 2023 tercatat sebesar 0,15% (month-to-month), lebih rendah dibandingkan Desember 2022 maupun rata-rata historis tiga tahun terakhir.

“Dengan upaya ekstra dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, Bank Indonesia memperkirakan inflasi Kalsel pada tahun 2023 dan 2024 akan mengalami perlambatan dan berada pada kisaran sasaran yang ditetapkan,” kata Wahyu.

Sebagai tanda sepakat dan kesiapan implementasi, rencana aksi tersebut kemudian ditandatangani oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, yakni Biro Perekonomian, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Prosesi penandatanganan kesepakatan rencana aksi tersebut disaksikan secara langsung oleh Paman Birin dan Wahyu Pratomo, serta dihadiri oleh TPID di 11 kabupaten dan 2 kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi degan Pemerintah Daerah dalam kerangka TPID dan GNPIP, guna memastikan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023. [ad/bi]

Continue Reading

Business

Pemilik Samsung, Ternyata Keluarga Kaya Raya Di Korsel

Published

on

Ilustrasi Pabrik Samsung. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Siapa pemilik Samsung? Samsung Group adalah sebuah konglomerat multinasional yang juga merupakan keluarga kaya alias chaebol terbesar di Korea Selatan (Korsel) yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan. Samsung didirikan oleh Lee Byung-chul sebagai sebuah perusahaan perdagangan pada tahun 1938. Setelah kematian Lee Byung-chul pada 1987, kemudian Lee Kun-hee yang merupakan putra bungsu dari Lee Byung-chul menjadi Chairman Samsung tetapi menyerahkan manajemen kepada staf perusahaan.

Lee sendiri berkuliah dan mengambil jurusan ekonomi di Universitas Waseda, Tokyo, Jepang. Kemudian, Lee memperoleh gelar magister administrasi bisnis dari Universitas George Washington, Washington DC, AS. Pada tahun 1968 Lee bergabung dengan Samsung yang bergerak di bidang elektronik, bahan kimia, mesin, dan jasa keuangan.

Lee menjabat sebagai pengganti ayahnya yang pendiam dan menjalankan kendali mutlak atas perusahaan tersebut. Pada awalnya, ayah Lee memutuskan untuk tidak menjadikan dua putra yang lebih tua sebagai penerus dari perusahaan yang didirikannya.

Di awal masa kepemimpinan Lee, Samsung dipandang sebagai produsen produk murah berkualitas jelek dan rendah. Kemudian pada Juni 1993, Lee meluncurkan perubahan secara dramatis dari atas guna membuat Samsung kompetitif secara internasional.

Setelah itu, di bawah kepemimpinan Lee, Samsung menjelma menjadi raksasa elektronik dunia dan mampu mengalahkan pesaingnya semodel Sharp, Sony, dan Panasonic. Selain itu, Samsung juga mampu mengalahkan Nokia dan Apple dalam penjualan ponsel.

Dari bisnis raksasa tersebut, Lee berhasil mengantongi kekayaan sebesar US$ 20,9 miliar atau setara Rp 308 triliun. Dengan keseluruhan total hartanya tersebut menjadikannya orang paling kaya di Korea Selatan. Lee sendiri juga merupakan generasi kedua keluarga pengusaha.

Lee juga dikenal sebagai sosok yang mampu membentuk budaya kerja Samsung kompetitif. Lee mengubah jam kerja perusahaan menjadi pukul 07.00 pagi. Bahkan ia pernah berhasil mengumpulkan 2.000 pekerja hanya untuk menyaksikan pembakaran 150 ribu ponsel, mesin faksimili, dan peralatan lain yang dianggap tidak memenuhi standarnya. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Ekonom Ingatkan BI Dampak Kenaikan Suku Bunga

Published

on

Waspadai dampak kenaikan suku bunga AS (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Ekonom ingatkan Bank Indonesia (BI) dampak kenaikan suku bunga AS. Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve System (The Fed) telah mengumumkan kenaikan suku bunga 25 basis poin menjadi 4,5% – 4,75%.

Kenaikan ini diprediksi akan menimbulkan peningkatan suku bunga di negara lain, khususnya negara berkembang seperti Indonesia.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menilai kenaikan suku bunga di Indonesia sebagai suatu hal yang wajar.

Hal ini dilakukan untuk menghindari keluarnya aliran modal asing (capital outflow) dari pasar keuangan dan untuk menjaga momentum penguatan nilai tukar Rupiah.

“Kenaikan tingkat suku bunga acuan di Amerika Serikat akan mendorong bank sentral di banyak negara terutama emerging market (negara dengan pasar berkembang) seperti Indonesia dalam meningkatkan suku bunga acuannya karena untuk menghindari capital outflow dan pelemahan nilai tukar,” ujar Faisal kepada MNC Portal, dikutip Sabtu (4/2/2023).

Namun, Faisal mengingatkan Bank Indonesia (BI) untuk berhati – hati dalam meningkatkan suku bunganya. “Jangan agresif, harus sangat berhati – hati,” jelas direktur eksekutif CORE Indonesia itu.

Faisal mengatakan meningkatnya suku bunga secara agresif memberikan pengaruh signifikan terhadap ekonomi Indonesia, seperti adanya peningkatan harga di sektor riil dan penyaluran kredit yang melambat.

“Dampak dari kenaikan suku bunga adalah pembiayaan ke sektor riil akan lebih mahal dan penyaluran ke sektor kredit lebih lambat potensinya karena bunganya lebih tinggi,” tambahnya.

Faisal menilai sektor yang paling berdampak adalah sektor riil yang membutuhkan pendanaan perbankan.

“Sektor yang paling terdampak adalah sektor riil yang membutuhkan pendanaan perbankan, seperti properti, otomotif, dan bisnis UMKM,” pungkasnya. [ad-sb]

Continue Reading

Business

Jeff Bezos Pemilik Amazon Pernah Jadi Orang Kaya Didunia

Published

on

Jeff Bezos pemilik Amazon. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Siapa pemilik Amazon? Akan kalian ketahui pada artikel kali ini. Amazon adalah perusahaan teknologi asal Amerika yang berfokus pada e-niaga, komputasi awan, streaming digital dan kecerdasan buatan.

AMAZON termasuk salah satu perusahaan terbesar di industri teknologi informasi AS, dan disebut sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan budaya paling berpengaruh di dunia.

Dimulai sebagai pasar online untuk jual beli buku tetapi tumbuh untuk menjual elektronik, perangkat lunak, video game, furnitur, pakaian, makanan, mainan dan perhiasan.

Perusahaan ini dimiliki oleh seorang pria asal Amerika bernama Jeff Preston Bezos. Amazon didirikan pada 5 Juli 1994.

Jeff Bezos sering menyandang gelar orang terkaya di dunia. Kabarnya kekayaan Jeff Bezos saat ini mencapai USD201,4 miliar atau sekitar Rp2.908 triliun.

Sepak terjang membangun perusahaan Amazon tidaklah mudah. Pria kelahiran 12 Januari 1964 ini sempat bekerja di beberapa bidang, sebelum memutuskan menjadi pengusaha.

Latar belakang

Jeff Preston Bezos lahir dari pasangan suami istri bernama Jacklyn Gisel Jorgensen dan Ted Jorgensen. Sayangnya, umur pernikahan kedua orangtuanya hanya bertahan 1 tahun.

Pasca bercerai dengan Ted, Jacklyn memutuskan kembali menikah dengan seorang imigran berasal dari Kuba bernama Mike Bezos. Jacklyn pun mengganti marganya menjadi Bezos, Termasuk Jeff.

Kapan Jeff Bezos membangun Amazon?

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1994 dengan membuka toko buku di garasi rumahnya. Setahun berikutnya ia membangun Amazon.com menjadi toko buku online yang dijalankan dari Seattle, Washington.

Jeff Bezos mampu membaca peluang dengan memprediksi di masa depan bahwa perusahaan berbasis internet akan makin eksis pada masa depan.

Untuk mengembangkan perusahaan, Jeff Bezos selalu menghadiri konvensi tahunan American Booksellers Association untuk melobi penjual buku.

Kunci sukses Jeff Bezos

Jeff Bezos membagikan tips sukses darinya. Pertama, berani mengambil risiko, tinggalkan keraguan dan gunakan kesempatan sebaik mungkin.

Selanjutnya, harus memiliki perencanaan yang matang terkait actions yang harus dilakukan sehingga mampu meminimalisir penyesalan.

Selanjutnya, selalu ingat prinsip pembeli adalah raja dalam berwirausaha sehingga konsumen produk yang anda tawarkan merasa nyaman. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Ekonomi Kuartal IV 2022 Ditopang Ekspor Hingga Konsumsi

Published

on

Ilustrasi Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Chief Economist PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Banjaran Surya Indrastomo meramal pertumbuhan ekonomi di kuartal akhir tahun lalu masih menyentuh di angka 5%, yakni sebesar 5,3% secara year on year (YoY).

Angka ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi pada Kuartal III-2022 yang berada di angka 5,72%. Namun, Banjaran bilang, angka tersebut masih mencetak nilai positif lantaran masih didorong oleh ekspor dan konsumsi.

“Surplus neraca perdagangan selama kuartal IV-2022 tercatat sebesar US$ 14,69 miliar, sedikit lebih rendah 1,40% QtQ (quarter to quarter/ kuartalan) dibandingkan surplus dagang kuartal III-2022 sebesar US$ 14,90 miliar,” ujar Banjaran kepada Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Sementara dari sisi konsumsi, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat dari 117,20 pada akhir kuartal III-2022 (September) menjadi 119,90 pada akhir kuartal IV-2022 (Desember 2022).

Kemudian, Banjaran juga mencatat, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia sedikit menurun dari 53,70 pada akhir kuartal III-2022 menjadi 50,90 pada akhir kuartal IV-2022. Namun, angka tersebut masih berada pada nilai yang positif untuk menunjang perekonomian.

Selain itu, daya beli masyarakat juga semakin membaik setelah mengabsorbsi efek kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada September 2022 lalu, di mana inflasi pada akhir kuartal IV-2022 sebesar 5,51% YoY sudah membaik jika dibandingkan dengan akhir kuartal III-2022 yang sebesar 5,95%.

Selain didorong oleh faktor konsumsi dan ekspor, Banjaran juga menyampaikan bahwa efek musiman seperti perayaan natal dan tahun baru (Nataru) serta cuti dan libur sekolah juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2022.

Ia mengutip dari data Kementerian Perhubungan, terdapat 8,32 juta penumpang angkutan umum yang bepergian pada masa libur natura, yakni dari periode 19 Desember hingga 30 Desember 2022. Angka tersebut meningkat 41,59% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 4,86 juta penumpang.

“Tetapi perlu diperhatikan bahwa pertumbuhan kuartal IV-2022 juga akan relatif lebih kecil dibandingkan kuartal III karena adanya high base effect dari pertumbuhan pada tahun sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut, Ia memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) riil untuk kuartal IV-2022 sebesar Rp 2.996,1 triliun, sehingga total PDB 2022 diramal sebesar Rp 11.686,2 triliun, atau meningkat 5,09% dibandingkan Rp 11.118,9 triliun pada 2021. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Investasi Asing Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2023

Published

on

Ilustrasi Kota Jakarta. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pemerintah masih optimistis, pertumbuhan ekonomi di tahun ini capai 5% atau bahkan mendekati target yang ada dalam APBN 2023 yakni sebesar 5,3%.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan 5% pada tahun 2023 ini, pemerintah perlu mendorong investasi agar tetap resilient di kisaran 5% dan juga mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Menurut dia, dorongan tersebut harus dengan mempertimbangkan high base effect pada kinerja perekonomian pada tahun 2022 yang lalu.

Artinya, pemerintah perlu mendorong peningkatan realisasi investasi di sektor padat karya sekaligus yang mendorong penciptaan lapangan kerja yang masif di tengah kondisi perlambatan ekonomi global, serta transmisi kenaikan suku bunga acuan bank sentral sejak tahun 2022 yang lalu.

“Dari sisi domestik, sejalan dengan pemulihan aktivitas ekonomi domestik, konsumsi rumah tangga diproyeksikan menjadi salah satu potensi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan akan tetap resilient di tengah ketidakpastian global,” tutur Josua, Selasa (31/1).

Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky juga sepakat dengan meningkatkan investasi yang masuk ke Tanah Air, maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kisaran 5%.

“Agar pertumbuhan ekonomi Indonesia 5%, harus mengandalkan investasi, tapi agak sulit di tengah ketidakpastian global yang tinggi,” kata Dia.

Meski begitu, Riefky mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini nampaknya akan melambat dari tahun sebelumnya namun tetap tinggi dan masih di kisaran 5%, ini didorong oleh ketidakpastian global yg relatif masih tinggi. [ad-sb]

Continue Reading

Umum

Populer