Pemerintah Kampung Suka Muria Gelar Rapat Pihak Perusahaan PT. TBP P (Tanjung Buyu Perkasa) Plantation Terkait CSRnya – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Umum

Pemerintah Kampung Suka Muria Gelar Rapat Pihak Perusahaan PT. TBP P (Tanjung Buyu Perkasa) Plantation Terkait CSRnya

Published

on

Kepala Kampung Suka Muria beserta Masyarakat, mengadakan rapat bersama pihak Perusahan, membahas CSR Perusahaan PT. TBP.P (Tanjung Buyu Perkasa) Plantation. (Foto: Ist) 

TALISAYAN, SuaraBorneo.com – Kepala Kampung Suka Muria beserta Masyarakat, mengadakan rapat bersama pihak Perusahan, Membahas CSR Perusahaan PT. TBP.P ( Tanjung Buyu Perkasa ). Plantation. Kamis 14 Juli 2022.

Rapat tersebut Di hadiri Oleh Kepala Kampung Suka Muria, Serta Aparat-aparat Kampung Suka Muria, BPK Suka Muria, Rt-rt, dan Perwakilan Perusahaan PT. TBP.P ( Tanjung Buyu Perkasa ) Plantation.

Dalam rapat tersebut,
ada beberapa permohonan Masyarakat suka Muria yaitu:
1) Bantuan Mesjid 10 jt/tahun
2) Bantuan Gereja 10 jt/tahun
3) Bantuan uang debu 10 jt/tahun
4) dan untuk Pemerintah Kampung 20 jt/tahun

Terkait Penyaluran dana CSR di Kalimantan Timur Sesuai PERGUB Nomor 27 Tahun 2021. tentang pelaksana Program Prioritas tanggung jawab Sosial dan lingkungan Serta program kemitraan dan bina Lingkungan di Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Kampung Suka Muria mengatakan Kepada Media Suara Borneo, memang kita belum ada pembicaraan dengan Perusahaan terlebih dahulu, mengenai CSR. jadi pada hari ini kami mengusulkan kepada perwakilan perusahaan PT. TBP.P ( Tanjung Buyu Perkasa ) Plantation. Sehingga dapat menyampaikan ke pihak perusahaan, dan dapat segera memahami tugas dan kewajibannya terhadap Masyarakat atau Kampung. Tempat Perusahaan beroperasi.

“Harapan kami selaku Pemerintah Suka Muria dan Masyarakat, semoga Perusahaan mengabulkan permintaan Masyarakat, sehingga perusahaan dan Masyarakat, ada kerja sama yang baik,” ungkapnya.

“Apabila tidak menanggapi, maka tindakan Masyarakat akan melakukan sangsi, melarang kendaraan masuk di lingkungan Jalan Suka Muria. Ucap Kepala Kampung Suka Muria,” tambahnya.

Pak Rt. 04 Bapak Sil mengatakan kami masyarakat Suka Muria bukan setiap saat , nanti kalau ada rusak jalan yg tidak bisa di lewati baru ada respon dari perusahaan, itupun kita berteriak dulu ke tiga kalinya baru ada respon dari perusahaan.

Mau masyarakat Suka Muria yaitu:
1) Jalanan / Jangan sudah tidak bisa dilalui baru ada tindakan dari perusahaan.
2) Debu / selama 8 Tahun perusahaan operasi di wilayah Suka Muria, belum perna ada respon, mengatakan uang debu atau peduli ke Masyarakat yang terdampak oleh perusahaan.

Memang belum perna Masyarakat mengeluh secara langsung, tapi tidak mungkin Masyarakat langsung mengeluh ke perusahaan, karena kami tau bahwa semua ada prosedur jadi kami melalui Pemerintah Kampung. Itu kami sudah jalankan tapi belum ada terealisasikan atau belum perna berjalan, baru hari ini Masyarakat bisa ketemu langsung oleh pihak perusahaan.

“Dan hari inilah kami menyampaikan keluh kesan Masyarakat Suka Muria, jadi kalau bahasanya bapak tadi mengatakan, tidak ada perjanjian itu maaf aja, tidak mungkin tidak ada perjanjian awal sosialisasi sudah ada pembahasan soal itu, jadi kami tidak mau dengar bahwa tidak ada perjanjian antara perusahaan dan Masyarakat,” beber Sil Ketua Rt. 0.

“Dari pihak perwakilan perusahaan TBP.P Mengatakan karna CSR ini di atur dengan UUD. tentunya semua kita kordinasikan dengan Pemerintah setempat, dan CSR ini sesuai dengan kemampuan perusahaan. dan kita akan komunikasikan kepada pemerintah Kecamatan dan pemerintah Kampung, kebetulan yang menangani CSR ini ada Tim sendiri, nanti kita akan sampaikan apa yang menjadi permintaan dalam rapat tadi,” ujar Patur perwakilan perusahaan. [junar]

Kalteng

Pemkab Kapuas Laksanakan Seleksi P3K

Published

on

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Komari SE. (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) pada bulan Desember Tahun 2022 ini melaksanakan seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Komari SE kepada media Kamis (1/12/2022) mengatakan seleksi P3K saat ini masih dalam proses penilaian.

“Untuk tenaga guru jumlah pendaftar sebanyak 598. Lulus pra sanggah 576. Lulus setelah pasca sanggah 587 orang dengan quota 88,” katanya.

Kemudian jelasnya untuk tenaga kesehatan jumlah pendaftar 638. Tak lulus pra sanggah 238 lulus setelah pra sanggah 373. Adapun quota 87.

Ia melanjutkan pelaksanaan seleksi P3K tanggal 6-20 Desember 2022 sambil menunggu informasi lebih lanjut dari BKN regional VIII terkait pelaksanaan seleksi P3K Kabupaten Kapuas.

“Harapannya dengan adanya seleksi P3K dapat mengisi kekurangan tenaga guru dan nakes pada dinas terkait. Sedangkan bagi yang belum berhasil tahun ini tahun depan dapat mengikuti seleksi kembali.

Lebih dari itu seleksi P3K dapat meningkatkan kinerja secara profesional sesuai tupoksinya, “katanya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Dan Wakil Serta Jajaran Pemda Hadiri Kegiatan Syukuran Harjad Ke-72 HSS

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Kegiatan Syukuran dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke – 72 Tahun 2022 berlangsung dengan meriah. Dimana pada kesempatan itu menghadirkan para alim ulama, serta para anak yatim. Mereka berkesempatan makan bersama – sama dengan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan dan jajaran Forkopimda.

Kegiatan yg dilaksanakan pada Jumat, 2 Desember 2022 di Lapangan Lambung Mangkurat tersebut juga dihadiri oleh TGH. Ahmad Syairazi, pimpinan Majelis Raudhatul Ghana Annabawiyah, serta TGH. Jamhari Muhdin, Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP., MA., Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M.AP.,bersama dengan Ketua TP. PKK Hj. Isnaniah Acmad Fikry, didampingi Wakil Ketua Srie Astuti Syamsuri Arsyad dan Hj. Elyani Yustika M.Noor, di awal kegiatan berkesempatan meninjau dan mengunjungi Stand – Stand tempat berlangsungnya kegiatan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran seluruh elemen masyarakat yg telah berkenan hadir pada kegiatan syukuran. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para alim ulama yg telah turut mendukung pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Momentum hari jadi ke – 72 ini menjadi momentum kita untuk terus bekerja dan bekerja bagi kabupaten Hulu Sungai Selatan,” kata Bupati, Selasa (2/12/22).

Pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba Logo dan Tagline Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kegiatan syukuran kali ini menyajikan makanan berupa Ketupat Kandangan, yang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bersama dengan kuliner apam kandangan sebagai kue yang dinikmati oleh masyarakat. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati HSS Sumpah Pejabat Fungsional Dan Struktutal

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP kembali membacakan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pada hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP Kembali membacakan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. Khomis, 7 jumadil Awal 1444 H/Kamis (01/12/22)

Bertempat di Pendopo Bupati Sebanyak 5 Pejabat Tinggi Pratama, 3 Pejambat Administrator, dan 204 Pejabat Fumgsional dilantik bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP pada hari ini.

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati HSS, dilanjutkan dengan prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan.

Kemudian Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP memberikan arahan dan pesan kepada para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional yang mengikuti acara pelantikan hari ini.

Dalam arahannya Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP berharap kepada semua pejabat yang baru dilantik hari ini untuk bisa Amanah dan melaksanakan tugas yang baik-baiknya.

“Dengan harapan mudah-mudahan Amanah yang diberikan bisa dijalankan sebaik-baiknya dan bisa memberikan pengabdian yang terbaik sesuai denagn bidang tugasnya masing-masing”. Harap bupati

Dan Saya minta naskah sumpah yang sudah di ucapkan ini tidak lewat begitu saja tapi dimaknai dan dihayati dalam tugas masing-masing jangan pernah berpikir sesaat berpikirlah jangka Panjang untuk karier bapak ibu sekalian.

Selain itu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP Kembali menegaskan kepada ASN Pemerintah Kabupaten HSS untuk menjadi pelayan masyarakat.

“Kepada semua ASN saya ingatkan Kembali bahwa Mindset ASN di kabupaten HSS yaitu kita adalah pelayan masyarakat bukan dilayani masyarakat karena tanpa masyarakat formasi CPNS itu tidak ada,” tegas Bupati. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Haflah Tilawatil Qur’an Menggema Di Bumi Rakat Mufakat Dalam Rangka Harjad HSS Ke-72 Tahun

Published

on

Haflah ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Semarak Keagamaan dengan Haflah Tilawatil Qur’an bersama Qari Internasional Ustadz Salman Amrillah, S. Pd dan Qori / Qoriah kebanggaan Kalimantan Selatan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berlangsung penuh khidmat di Lapangan Lambung Mangkurat (Lamang) Kandangan, Kamis (1/12) malam.

Lantunan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Kamaruddin yakni Qari terbaik 1 golongan Qira’at Mujawwad Dewasa dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXIX tahun 2022 menjadi pertanda dimulainya Haflah tersebut.

Acara haflah ini juga bertujuan untuk membesarkan dan mengagungkan asma Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan saling bergantian Qori/Qoriah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an suasana pun berubah menjadi sangat khidmat.

Haflah ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S. AP, MA, Ketua DPRD Kab. HSS Akhmad Fahmi, SE, Sekretaris Daerah Kab HSS Drs. H. M Noor, M.AP, Ketua MUI Kab. HSS TGH. Jamhari Muhdin, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kab. HSS, Para Alim Ulama, tokoh-tokoh agama, Qari/Qariah dan tahfiz Al-Qur’an serta warga masyarakat.
Pada kesempatan itu, Bupati HSS menyerahkan penghargaan terhadap Qori-qoriah berprestasi dalam ajang MTQ Nasional Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Bupati HSS H. Achmad Fikry mengucapkan terimakasih dan aspirasi sebesar-besarnya kepada Qari-Qariah, baik dari Kabupaten HSS maupun dari Provinsi Kalsel ataupun Kalteng. “secara khusus kepada Qari Internasional Ustadz Salman yang berkenan hadir dan mengikuti kegiatan haflah malam ini,”tambahnya.

Dikatakan pula, kita bersyukur besok tanggal 2 Desember, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan berusia 72 tahun, “malam ini kita sambut dengan haflah Al-Qur’an, dan besok pagi kita akan melaksanakan syukuran bersama, sehingga pada kesempatan baik ini kami mengundang bapak-ibu semua berkenan hadir dimulai jam 8 pagi dan melaksanakan makan bersama dengan kita ciptakan kebersamaan setelah makan bersama maka acara selesai,” kata Bupati.

Kegiatan kita malam ini dalam terus upaya untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada Al-Qur’an tentunya kita berharap dari Bumi Rakat Mufakat Hulu Sungai Selatan akan membumi Al-Qur’an dimana-mana. “Dengan kita membaca Al-Qur’an semoga keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan terus turun di daerah kita tercinta”,tuturnya.

“Apa yang kita lakukan malam ini, juga adalah sejalan dengan visi Hulu Sungai Selatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat”,ucap Bupati.

“Termasuk kita terus mendorong para qori-qoriah untuk bisa memberikan yang terbaik dan kita bersyukur Hulu Sungai Selatan pada saat MTQ Nasional di Banjarmasin telah menghantarkan Qori-qoriah kita untuk menjadi yang terbaik sehingga Kalsel pada MTQ kali ini menduduki peringkat ke 3 dari sebelumnya peringkat 18, di dalamnya ada orang Hulu Sungai Selatan yang ikut berkontribusi”,tambahnya.

Dalam momentum ini, saya mengajak para qori-qoriah dan para pengajar Al-Qur’an tetap konsisten dan semangat untuk membimbing anak-anak kita belajar Al-Qur’an, semoga segala jerih payah tersebut mendapatkan ganjaran pahala oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. [adv/HSS]

Continue Reading

Banjarmasin

Mulai 1 Desember, SPBU di Banjarmasin Mulai Uji Coba Pembelian Solar Dengan QR Code

Published

on

sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan mulai melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak jenis biosolar dengan quick response (QR) code di SPBU Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terhitung mulai 1 Desember 2022 kemarin.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan penerapan program Subsidi Tepat telah dilaksanakan sejak kemarin ditujukan agar pendistribusian BBM subsidi dapat lebih termonitor, tepat sasaran, dan tepat volume.

“Ini merupakan uji coba dari hasil kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat yang selama ini kami lakukan semenjak beberapa bulan kemarin. Uji coba penerapan program ini secara menyeluruh akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin,” jelas Arya, Jum’at (2/12/22).

Pertamina mengajak masyarakat yang merasa berhak untuk dapat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website www.subsiditepat.mypertamina.id. “Setelah terdaftar, masyarakat akan menerima QR Code yang bisa dicetak dan dibawa sebagai bukti berhak menerima BBM Subsidi saat bertransaksi di SPBU,” tambahnya.

Melalui hasil pantauan di lapangan, terdapat sejumlah sopir kendaraan yang sudah memiliki QR Code namun ada juga yang belum. “Bagi sopir yang belum memiliki QR Code, kami menyediakan booth pendaftaran di SPBU. Akan ada petugas yang membantu melakukan pendaftaran,” terang Arya.

Ditemui di SPBU Belitung, Asep, salah satu pengendara truk pengangkut pasir memberikan tanggapannya terkait uji coba penggunaan QR Code untuk membeli Solar subsidi. Ia mengaku melakukan pendaftaran melalui booth yang ada di SPBU Belitung dan saat ini sudah memiliki QR Code. “Ya saya ikut saja aturannya gimana, biar tertib kalau beli solar,” ucapnya.

Sementara itu, pengendara truk lainnya, Mansyah mengaku bingung saat ingin melakukan pendaftaran program subsidi tepat, sehingga saat ini belum memiliki QR Code. “Iya saya ngga punya QR Code, baru saja daftar. HP saya model lama ngga bisa dibuat daftar, jadi didaftarin petugas di SPBU itu,” tutur Mansyah.

Ketentuan penggunaan BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

“Kami berharap dengan dimulainya ujicoba ini penyaluran BBM subsidi terutama solar menjadi tepat sasaran dan mereka yang memang berhak mendapatkan tidak lagi khawatir akan kekurangan stok BBM subsidi tersebut,” tutup Arya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi kontak Pertamina di 135 atau mengunjungi website resmi Pertamina di www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Minta Rute Tarakan-Tawau Dibuka Kembali

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Guna menggerakkan kembali sejumlah sektor ekonomi di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sabah, Malaysia. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum meminta agar melakukan aktivitas penerbangan Tawau Sabah, Malaysia menuju Tarakan (PP) dan reaktivasi jalur penerbangan kargo Tarakan-Tawau.

“Mengingat Pandemi Covid-19 telah dapat dikendalikan, maskapai yang biasanya beroperasi tiga kali dalam seminggu (MASWings,red), diharapkan bisa kembali aktif,” kata Gubernur Kaltara, pada saat melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Rabu (30/11).

Berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Gubernur didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, Andi Nasuha dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Kaltara, Jaini, S.Hut., M.P.

Sementara Menhub, didampingi Dirjend Perhubungan Laut, Arif Toha, Direktur ASDP, Junaidi, Direktur Navigasi Hengky, dan Direktur Angkutan Udara, Putu Cahyadi
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengungkapkan reaktivasi rute penerbangan dan pelayaran (Tarakan-Tawau) dilakukan sebagai upaya peningkatan pembangunan kawasan perbatasan. Hal tersebut, katanya, sebagaimana program kerja pada forum Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) pada tiga bidang. Yakni kerjasama sosial dan budaya, kerjasama ekonomi, perdagangan dan perhubungan serta kerjasama keamanan dan perbatasan.

Kondisi saat ini, trayek Tarakan-Tawau hanya melayani pengiriman hasil laut melalui jalur pelayaran. Namun pengiriman menurun dikarenakan biaya cargo naik.

“Kita mau terbukanya pengiriman cargo melalui jalur udara. Ini juga menghindari adanya petani kepiting bakau yang melalui jalur tidak resmi dalam menyalurkan barang ekspor ke wilayah Tawau,” ungkapnya.

Dihadapan Menhub Budi Karya, Gubernur Zainal juga meminta agar rute dan frekuensi penerbangan dari Tanjung Selor keluar Kaltara ditambah. “Hal ini agar masyarakat Kaltara memiliki banyak pilihan waktu untuk keluar dan masuk Kaltara,” terangnya.

Sementara terkait dengan hibah atau pinjam pake Kapal Rade, Gubernur mengungkapkan bahwa pada intinya Kaltara siap menerima.
Dimana Kapal Rade nantinya, akan dioperasikan untuk melayani Daerah 3TP (Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Pedalaman). Misal ke daerah Lumbis, Sungai Ular, Ancam dan Sungai Dangkal di wilayah Kaltara. Tak hanya mengangkut barang dan orang, tapi juga kendaraan, sembako dan lainnya.

“Intinya kita (Pemprov,red) siap, prosesnya sendiri lagi penyusunan kajian operasional Kapal Rede di wilayah Provinsi Kaltara,” beber Gubernur didampingi Plt Kadishub Kaltara, Andi Nasuha.

Terakhir, disampaikan perihal rencana pembangunan pelabuhan barang di Sei Menjuaring Salangketo, Desa Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan.
“Alhamdulillah, mendapat respon positif. Kita berharap Menteri Perhubungan segera dapat menfasilitasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltara. (md/dkisp)

Continue Reading

Jakarta

Teken Nota Kesepakatan dengan 13 Pemda, Ombudsman RI Minta Komitmen Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Ombudsman RI meminta komitmen dari para kepala daerah di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Demikian disampaikan oleh Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih usai menandatangani Nota Kesepakatan antara Ombudsman RI dan 13 Pemerintah Kota/Kabupaten di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (30/11/2022) di Kantor Ombudsman RI, Jakarta.

Najih mengharapkan agar komitmen tersebut terus dijaga dan diwujudkan dalam kualitas pelayanan publik yang berkeadilan. “Setiap kepala daerah disini memiliki komitmen untuk pelayanan publik ke masyarakat, lebih baik lagi bila didukung oleh APBD,” katanya.

Najih menekankan pekerjaan bersama usai ditandatanganinya nota kesepakatan yaitu percepatan penyelesaian laporan, pencegahan maladministrasi, pertukaran data dan/atau informasi, dan kegiatan lain yang disepakati.

Terakhir, Najih menjelaskan mengenai penilaian kepatuhan tahun 2022 yang dikembangkan menjadi empat dimensi yaitu dimensi input yang mencakup sumber daya manusia dan sarana prasarana, dimensi proses mencakup standar pelayanan publik, dimensi pengelolaan pengaduan, dan dimensi outcome yaitu persepsi masyarakat. “Secara prorata penilaian kepatuhan pemda di Kalimantan Selatan masih masuk zona kuning di tahun 2021. Kami berharap hasil penilaian meningkat di tahun 2022,” tegas Najih.

Sependapat, Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Subhan Nur Yaumil, mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, mengatakan untuk mewujudkan agenda pembangunan daerah perlu partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat. “Hubungan antar pemerintah dengan masyarakat harus dibangun melalui pelayanan publik yang profesional dan berkeadilan,” tuturnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas komitmen Ombudsman karena telah mengawasi terwujudnya pelayanan publik yang profesional, efektif, dan efisien,” jelas Subhan.

Nota kesepakatan ditandatangani oleh Ombudsman dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Pemerintah Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Pemerintah Kabupaten Tapin, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Pemerintah Kabupaten Balangan, dan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Turut hadir Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika dan Hery Susanto, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, Hadi Rahman, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, Bupati Tanah Laut, Sukamta, Pj Bupati Barito Kuala, Mujiyat, Wakil Bupati Banjar, Said Idrus, Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, serta Sekda Kabupaten Kotabaru Said Akhmad. [ad/rls]

Continue Reading

Kaltara

Tingkatkan Ekspor Lewat Produk UKM

Published

on

Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah terus berupaya agar pelaku usaha dalam negeri bisa menembus pasar global. Di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, dalam mendorong hal tersebut berbagai program pembinaan terus dilakukan. Kali ini, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dilakukan bagi para pelaku UKM.

Bertajuk “Peningkatan Ekspor Kaltara Melalui Produk UKM”, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindakop-UKM) Kaltara itu, dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik, Ir. H. Amir Bakry, Senin (28/11/2022).

Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa dan Politik, Amir Bakry mengatakan, sektor ekspor saat ini menjadi bagian penting dan memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan ekonomi nasional. Hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dimana menurutnya, kegiatan ekspor suatu negara sangat erat hubungannya dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di negara tersebut,” Karena semakin tinggi aktivitas ekspor suatu negara, maka iklim investasu dan pertumbuhan ekonominya juga semakin baik,” kata Amir Bakry.

Amir Bakry yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara itu juga mengungkapkan, jika kodisi ekspor Kaltara di penghujung tahun 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan.

Amir menjelaskan jika merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, tercatat pada bulan Juli 2022 nilai ekspor Kaltara untuk sektor migas dan non migas sebesar USD 1.877.670.000. Nilai ini, katanya, mengalami peningkatan sebesar 54,41 persen dibandingkan nilai ekspor pada September tahun 2021 yang berada pada angka USD 1.002.830.000.

“Hal ini tentunya merupakan sinyal positif bagi pemulihan ekspor nasional, terutama setelah kita mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara, Hj Hasriyani menambahkan, dalam mendorong peningkatan ekspor nasional melalui pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengembangan para pelaku usaha menjadi salah satu fokus Pemerintah Pusat maupun daerah, tidak terkecuali di Provinsi Kaltara.

“Seperti kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor ini, adalah salah satu upaya kita (Pemprov Kaltara,red) untuk meningkatkan potensi mereka, para pelaku usaha yang berorientasi ekspor,” terangnya.

Hasriyani mengharapkan, kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Ekspor melalui Kaltara Sme’s Development Program dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi pelaku usaha dalam meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam meningkatkan kualitas standar produk.

Dengan begitu, akan melahirkan para pelaku usaha yang terampil, berwawasan tinggi, memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan bisnisnya serta berdaya saing tinggi di dalam menghadapi persaingan di pasar ekspor. (dksip/mdd)

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemerataan Energi Hingga Pelosok, Pertamina Hadirkan BBM 1 Harga Di Kalsel

Published

on

Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman bersama Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama BPH (Badan Pengatur Hilir) Migas meresmikan secara serentak 14 titik lembaga penyalur bahan bakar minyak, melalui program BBM Satu Harga.

Adapun peresmian secara simbolis dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Rabu, 30 November 2022. Penerapan BBM Satu Harga ini merupakan wujud program energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Sejak awal kehadiran program BBM 1 Harga pada tahun 2017 hingga November 2022, Pertamina telah membangun total 402 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 63 tahun 2020. Sementara khusus untuk Tahun 2022, sudah terbangun 81 SPBU dari target 92 lokasi. Pertamina sendiri ditargetkan untuk bisa membangun total 573 SPBU sampai dengan Tahun 2024.

Selain di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada hari ini akan diresmikan 14 lembaga penyalur BBM 1 Harga yang berada di Kabupaten Sambas, Sintang, Melawi, Sanggau, Landak, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung. Acara peresmian dilakukan serentak di 3 lokasi yaitu di Kab. Hulu Sungai Selatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Nias Selatan di Provinsi Sumatera Utara, dan Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

“Dengan resminya 14 titik BBM 1 Harga yang kita lakukan pada hari ini, Pertamina bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali mewujudkan energi  berkeadilan bagi saudara-saudara kita yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses untuk menikmati energi dengan harga yang terjangkau,” jelas M. Taufiq Setyawan, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Rabu (30/11/22).

Taufiq menambahkan realisasi volume penyaluran BBM 1 Harga terus meningkat setiap tahunnya, hingga tahun 2022 ini volume BBM yang tersalurkan kepada masyarakat sudah mencapai 819.876 KL. Hal ini menunjukkan bahwa program BBM 1 Harga ini telah berhasil memberikan akses energi yang mudah dengan harga yang sama hingga ke wilayah 3T di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Saleh Abdurrachman dalam sambutannya menyampaikan harapannya akan BBM 1 Harga bagi masyarakat. “Kami menargetkan BBM 1 Harga tidak hanya dapat mendukung pemerataan energi di seluruh negeri namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya.

Apresiasi atas terwujudnya keadilan energi juga datang dari Bupati Hulu Sungai Selatan yakni Drs. Achmad Fikry, M.AP. “Masyarakat mengapresiasi pemerintah dan pertamina dalam program BBM 1 harga, kami mendukung pelaksanaan program tersebut dan harapannya kedepan makin banyak lokasi terpencil yang tersedia BBM 1 harga,” tuturnya. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer