Kampung Tangguh Anti Narkoba Ada Di Desa Sindanglaya, Ini Tanggapan Masyarakat – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Umum

Kampung Tangguh Anti Narkoba Ada Di Desa Sindanglaya, Ini Tanggapan Masyarakat

Published

on

Kapolsek Pagelaran, AKP RAHYA membeberkan maksud dan tujuan adanya kampung tangguh anti Narkoba. (Foto : Ist) 

PANDEGLANG, SuaraBorneo.com – Adanya Kampung tangguh Anti Narkoba di Desa Sindanglaya Kecamatan Pagelaran menuai perhatian masyarakat, pasalnya harapan masyarakat bebas dari narkoba adalah hal yang sangat diinginkan demi terjaganya anak-anak generasi penerus bangsa dari Narkoba, Kamis (28/07/2022).

Kapolsek Pagelaran, AKP RAHYA membeberkan maksud dan tujuan adanya kampung tangguh anti Narkoba kepada awak media. Bhabinkamtibmas Desa Sindanglaya. Hal ini dilakukan untuk menekan, meminimalisir dan menghilangkan serta antisipasi peredaran Narkoba yang akan masuk ke wilayah Polsek Pagelaran Khususnya Desa Sindanglaya Kecamatan Pagelaran.

Bhabinkamtibmas Desa Sindanglaya BRIPTU DADAN WAHID, dan Kepala Desa Sindanglaya Sdr. HIDAYAT (Dayat) Sasarannya bukan hanya Desa Sindanglaya, tapi seluruh Desa di Kecamatan Pagelaran aman dari Narkoba dan pengaruh obat-obatan serta minuman beralkohol.

“Kedepan kita akan perbanyak Kampung tangguh anti Narkoba minimal satu Desa satu kampung, sehingga bisa menjalar, semua kampung bisa bekerjasama dengan Polri dalam menciptakan masyarakan bebas Narkoba, ” pungkas Kepala Desa Pagelaran. [Irvan]

Banjarmasin

Bantu Pelaku UMKM, Bank Kalsel Beri Bantuan Satu Unit Rombong Barakah

Published

on

Bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi didampingi oleh Sekretaris, Junaidi dan Staf. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel dengan Program Rombong Barakah yang merupakan bantuan untuk para Mustahik dalam memulai usaha (Wirausaha) baru atau yang sudah ada namun tidak memiliki wadah atau tempat berjualan dan yang sudah tidak layak untuk wadah tempat jualan bagi pelaku UMKM.

Untuk merealisasikan Program Rombong Barakah dimaksud Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel telah memberikan bantuan 1 (satu) unit rombong dan tambahan modal usaha kepada UMKM binaan Bank Kalsel Bapak Anang Suriansyah, Senin (30/1/2023).

Anang Suriansyah seorang penjual buah kupas yang beralamat di JI. Sungai Miai RT. 008 RW. 001 Kota Banjarmasin.

Buah yang dijual Anang Suriansyah terdiri dari bengkuang, semangka, dan nanas yang telah dipotong-potong sehingga siap santap.

Anang Suriansyah memiliki gerobak jualan yang sudah tidak layak untuk digunakan, berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan 1 (satu) unit Rombong Barakah kepada Anang Suriansyah.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Anang Suriansyah. Adapun dalam penyerahan didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi dan Staf UPZ Bank Kalsel.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anang Suriansyah dalam berjualan,” pesan Fajri Muhtadi. [adv/ad]

Continue Reading

Kalsel

Bank Kalsel Turut Berpartisipasi Haul Ke-18 Guru Sekumpul

Published

on

Staf Keberlanjutan Usaha dan Penanganan Hukum Perusahaan Bank Kalsel, Hilary Ligina bersama rekan. (Foto/Ist) 

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel turut berpartisipasi pada kegiatan Haul ke-18 Guru Sekumpul yang digelar tanggal 26 Januari 2023.

Tidak hanya berpartisipasi dalam menyediakan tenda-tenda dibeberapa posko, Bank Kalsel juga menyalurkan ribuan roti dan kopi untuk jemaah haul Akbar.

Dijelaskan Hilary Ligina, staf Keberlanjutan Usaha dan Penanganan Hukum Perusahaan, Bank Kalsel ikut berpartisipasi pada kegiatan Haul Akbar yang digelar di Kampung Keramat kediaman Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

“Kami membagikan paket makanan bagi para tamu haul Guru Sekumpul ke-18 berupa 2.000 paket terdiri dari roti dan kopi,”jelasnya.

Selain itu, Bank Kalsel juga turut berpartisipasi atas kerjasama dengan beberapa dinas, berupa penyediaan tenda dibeberapa titik posko.

“Untuk kegiatan pembagian paket roti dan kopi dibagikan pada titik sekitar tempat acara haul di gelar,” tambahnya.

Sementara itu, untuk kegiatan haul ke-18 di kawasan Sekumpul yang digelar Senin malam nanti, pihaknya berencana melakukan hal serupa.

“Untuk haul ke-18 yang digelar di kawasan Sekumpul, rencananya kami akan kembali melakukan pembagian paket makanan bagi para jamaah Haul, InsyaAllah,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bentuk Karakter Kuat Dan Tangguh Berbasis Spiritual, Divisi UMK Bank Kalsel Gelar Bootcamp

Published

on

Kegiatan Bootcamp Bank Kalsel yang diadakan di Kiram Park. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai upaya untuk membentuk karakter kuat dan tangguh berbasis spiritual, enterpreneur dan leadership, Divisi UMK Bank Kalsel menggelar Bootcamp yang digelar pada tanggal 20 hingga 21 Januari 2023 di Kiram Park.

Kegiatan yang diikuti 130 orang peserta yang terdiri dari pegawai Bank Kalsel pada Divisi UMK di Kantor Pusat dan Cabang serta pegawai di Bagian Pembiayaan UMK Unit Usaha Syariah Bank Kalsel berlangsung seru dan menarik.

Acara Bootcamp Divisi UMK Bank Kalsel ini dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya dan ditutup Direktur Bisnis Bank Kalsel Fachrudin.

Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya menjelaskan, kegiatan Bootcamp Divisi UMK ini merupakan salah satu strategi manajemen Bank Kalsel dalam rangka meningkatkan militansi, menjalin kebersamaan, dan menjaga kekompakan tim serta peningkatan kompetensi pegawainya melalui materi-materi yang diberikan saat pelaksanaan Bootcamp.

“Saya berharap kegiatan ini bisa semakin memacu kinerja untuk lebih baik lagi,” harapnya.

Pada rangkaian acara Bootcamp ini telah diberikan penghargaan kepada pemasar dan koordinator pemasar Divisi UMK dengan pencapaian kinerja terbaik di tahun 2022.

Materi yang diberikan pada Bootcamp kali ini antara lain terkait rencana Manajemen Bank Kalsel untuk merealisasikan AO Farmer pada Unit Bisnis Divisi UMK.

Dimana kehadiran AO farmer ini diharapkan mampu menjadi pendamping, pengawal, pengawas dan pengaman dari kredit yang disalurkan kepada masyarakat khususnya kepada para pelaku usaha mikro dan kecil.

AO Farmer akan memiliki tanggung jawab untuk menjadi “agent of change” mewujudkan dunia Perbankan yang terpercaya dan teruji kehadirannya. Dengan AO Farmer diharapkan bank bukan hanya mampu menyalurkan kredit, namun juga mampu mengamankan kredit yang telah diberikan.

Materi terkait AO Farmer ini disampaikan oleh Entang Sastraatmadja yang ahli di bidang penyuluhan pertanian.

Pada acara bootcamp ini juga diberikan pembekalan materi berupa tahapan aktivitas penjualan berikut strategi marketing yang mesti diterapkan oleh pemasar-pemasar di Divisi UMK pada tahun 2023.
Kemudian materi Leadership Entrepreneur berbasis Spiritual dan materi Etos Kerja juga diberikan pada rangkaian acara Bootcamp ini yang disampaikan oleh Ustadz Komarudin Chalil.

Selain pemberian materi, kegiatan juga dibarengi dengan kegiatan shalat fardhu dan shalat tahajud berjamaah, pemberian tausiyah, senam bersama juga kegiatan games dan lomba yel yel Divisi UMK turut menjadi rangkaian acara pada Bootcamp kali ini. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Terapkan Layanan Baik, Bank Kalbar Studi Banding Ke Bank Kalsel

Published

on

Bahtiar Kepala Bidang Senior Layanan Bank Kalbar dan Dimas Bagus Prasetyo staf divisi SDM Bank Kalbar diterima langsung Direktur Bisnis Bank Kalsel Fachrudin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel dinilai lebih sukses dalam penerapan layanan baik yang bersifat konvensional maupun ekosistem digital.

Hal inilah yang membuat Bank Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan studi banding ke Bank Kalsel untuk melihat langsung penerapan layanan Bank Kalsel kepada nasabahnya.

Studi banding Bank Kalbar yang digelar tanggal 26 Januari 2023 dipimpin Bahtiar Kepala Bidang Senior Layanan Bank Kalbar dan Dimas Bagus Prasetyo staf divisi SDM Bank Kalbar diterima langsung Direktur Bisnis Bank Kalsel Fachrudin diruang kerja direksi.

Dijelaskan Bachtiar, kedatangan Bank Kalbar ke Bank Kalsel dalam rangka studi banding terkait penerapan layanan di Bank Kalsel baik yang konvensional maupun ekosistem digitalnya.

“Kami juga ingin tahu soal mekanisme penilaian terhadap petugas customer service, teller dan satpam di Bank Kalsel,” jelasnya.

Ia pun berharap dari hasil studi banding ini bisa menjadi masukan berharga bagi Bank Kalbar dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Bank Kalsel Fachrudin mengaku, berterima kasih atas kunjungan Bank Kalbar ke Bank Kalsel.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Bank Kalbar dan kami juga ingin berbagi informasi dari Bank Kalbar dalam mengembangkan bisnis perbankan ke depan,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Kalteng

Tingkatkan SDM, KONI Kapuas Gelar Rakor

Published

on

Kegiatan Rakor KONI Kab. Kapuas di Aula Bappelitbanda Kapuas Sabtu (28/1/2023). (Foto/Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Kerja dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Rakor bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas Jalan Tambun Bungai Sabtu (28/1/2023) dihadiri Sekda Kapuas Drs Septedy M. Si Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang merangkap sebagai Plt Kepala Dinas Kominfo Kapuas Ilham Anwar Plt Kepala Dinas Kebudayaan kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Agusthe dan jajaran, Ketua KONI Kabupaten Kapuas H. Saferaniansyah beserta pengurus dan anggota KONI para ketua cabor serta pelatih.

Sekda Kapuas mengatakan kegiatan Raker KONI mengusung tema Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang olahraga untuk meraih prestasi yang gemilang ini merupakan satu tema yang luar biasa.

Era Vuca menurut Sekda merupakan singkatan dari Volality Uncertainty Complexity dan Ambiguity.

Fenomena ini adalah fenomena dimana seluruh kejadian yang ada itu akan berubah dengan cepat. Oleh karena itu untuk menghadapi era seperti ini, organisasi seperti KONI ini diharapkan mampu meningkatkan kapasistas para SDM nya agar bisa memiliki kecerdasan dalam berkomunikasi dan beradaptasi.

Ketua KONI Kapuas H.Saferaniansyah mengatakan melalui rakor KONI seluruh cabang olahraga semakin dapat meningkatkan SDM dan meraih prestasi.
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Plt Kadinkes Serahkan Tropi Untuk DWP

Published

on

Penyerahan Tropi untuk DWP Dinkes Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr.Tonun Irawaty Panjaitan, MM didampingi Kepala Bidang, Kasubbag dan Sub Koordinator di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, menyerahkan tropi secara simbolis usai apel pagi di Kantor Dinkes setempat Senin (30/1/2023).

Penyerahan tropi ini diberikan kepada Perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas atas keberhasilan meraih Juara Harapan 2 dalam Lomba Paduan Suara dan juara Harapan 3 untuk lomba Senam Kreasi yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Januari 2023 yang lalu di Aula Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Kegiatan lomba yang diikuti ini dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-72 serta peringatan hari jadi Kota Kuala Kapuas yang ke-217. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kaltara

Wali Kota H Khairul Menghadiri Pelantikan PDGI Di Kaltara

Published

on

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Wali kota Tarakan dr.H.Khairul,M.Kes., menghadiri Pelantikan Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kalimantan Utara, Minggu (29/01/2023).

Bertempat di Hotel Royal Tarakan, Pelantikan Pengurus Wilayah PDGI Kalimantan Utara masa bakti 2022-2025 ini merupakan pelantikan pengurus wilayah yang ke dua sejak terbentuknya PDGI Wilayah Kalimantan Utara.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan empat Pengurus Cabang PDGI se-Kalimantan Utara yaitu Pengurus Cabang Tarakan, Nunukan, Malinau, dan Bulungan masa bakti 2022-2025.

Melalui kepengurusan baru ini diharapkan PDGI khusunya PDGI Cabang Tarakan dapat terus berkontribusi dan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Tarakan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut.

Adapun kegiatan pelantikan ini turut dirangkaikan dengan rapat kerja dan seminar ilmiah. (mdd).

Continue Reading

Ekonomi

BI Luncurkan LPI 2022 Dan Arah Kebijakan 2023

Published

on

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) hari ini meluncurkan Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2022 yang merupakan perwujudan dari laporan transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 58 ayat (2), ayat (6), dan ayat (7) dari UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Senin (30/1/2023).

Bank Indonesia juga meluncurkan Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah (KEKSI) 2022 yang merupakan bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua publikasi ini mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”.

“Kami melihat sinergi dan inovasi adalah dua kata kunci ketahanan ekonomi Indonesia dalam menghadapi rentetan gejolak global dan menjadi elemen strategis dalam mempercepat kebangkitan ekonomi menuju Indonesia Maju,” demikian disampaikan Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menambahkan, tiga hal mengenai pandangan prospek perekonomian ke depan. Pertama bersyukur dan optimis bahwa stabilitas perekonomian tetap terjaga dan berlanjutnya proses pemulihan perekonomian serta waspada akan dampak gejolak perekonomian global terhadap kinerja perekonomian nasional.

Kedua, pentingnya konsistensi, inovasi, dan sinergi (KIS) dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah tantangan yang makin mengemuka. Ketiga, transparansi dan akuntabilitas perlu dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung efektivitas kebijakan melalui pembentukan rational expectation.

LPI 2022 menjabarkan evaluasi pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia pada tahun 2022, arah kebijakan, dan sasaran untuk tahun 2023. Perekonomian Indonesia pada 2022 tetap kuat didukung kebijakan Bank Indonesia yang bersinergi dengan bauran kebijakan nasional. Ke depan, bauran kebijakan Bank Indonesia pada 2023 yang bersinergi erat dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus diarahkan untuk memperkuat ketahanan serta mempercepat pemulihan dan kebangkitan perekonomian.

Dalam kaitan ini, kebijakan moneter pada 2023 akan tetap diarahkan untuk menjaga stabilitas (pro-stability). Sementara itu, kebijakan makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pengembangan pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau akan terus diarahkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional (pro-growth). Arah kebijakan BI tersebut juga bersinergi dengan bauran kebijakan ekonomi nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali berada di lintasan jangka menengah menuju visi Indonesia Maju.

Pembahasan penting yang juga diangkat dalam LPI 2022 ialah tentang Presidensi G20 Indonesia dan “Proyek Garuda” terkait arsitektur Rupiah Digital. Indonesia dalam Presidensi G20 mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, yang menyuarakan perlunya penguatan koordinasi dan kerja sama internasional untuk mengatasi berbagai tantangan perekonomian global.

Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga berperan aktif melalui jalur keuangan untuk memperkuat koordinasi global dalam memitigasi risiko ekonomi global jangka pendek dan memperkuat ketahanan ekonomi jangka menengah. “Proyek Garuda” oleh Bank Indonesia menjadi proyek yang memayungi berbagai inisiatif desain arsitektur Rupiah Digital. Mempertimbangkan bahwa Proyek Garuda merupakan inisiatif berskala nasional maka sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan akan terus ditempuh guna memperkuat efektivitas kebijakan.

KEKSI 2022 menguraikan perkembangan, sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah nasional pada tahun 2022, serta prospek dan perumusan arah kebijakan tahun 2023. Publikasi menyampaikan sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah yang ditempuh sebagai bagian dari respon kebijakan nasional, mampu memperkuat peran ekonomi dan keuangan syariah dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi. Ke depan, ekonomi dan keuangan syariah diprakirakan terus tumbuh pada 2023 sehingga menopang upaya mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.

Uraian lebih lengkap laporan tentang pelaksanaan tugas 2022 dan arah kebijakan Bank Indonesia 2023 dapat diunduh dalam format digital, lewat tautan https://www.bi.go.id/id/laporan-transparansi-dan-akuntabilitas-2022/default.aspx. [ad/bi]

Continue Reading

Kalsel

Merasa Senang, Akhirnya Haul Guru Sekumpul Ke-18 Untuk Umum Digelar

Published

on

Suasana jamaah menunggu haul ke 18 Guru Sekumpul didepan makam (kubah). (Foto/ady)

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Setelah disampaikan oleh Guru H Sa’dudin Salman Imam di Mushola Ar Raudah, Haul Ke 18 KH Zaini bin Abdul Ghani biasa disebut Guru Sekumpul secara resmi dibuka untuk umum.

Salah satu jurnalis dari media siber suaraborneo.com Ady Wiryawan selalu mengikuti acara haulan tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini di 2023 haulan beliau (Guru Sekumpul) digelar kembali, sempat libur haul yang ke 16 dan 17 karena Pandemi Covid-19, di haul ke 18 ini dapat berhadir kembali,” ungkap Ady (merasa senang).

Haul ke 18 terbuka untuk umum, tidak terbatas lagi seperti tahun sebelumnya (masa Pandemi Covid-19), sempat tidak dipublikasikan, mendadak dua hari sebelumnya baru diumumkan.

“Sempat rencana mau menghadiri acara haulan ke 18 Guru Sekumpul yang digelar di kediaman Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor tapi cuacanya hujan mulai pagi sampai sore hari,” ujar Ady menambahkan.

Peringatan Haul Guru Sekumpul secara umum terakhir digelar pada tahun 2019 sebelum wanah Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia sampai ke tanah air. [ad-sb]

Continue Reading

Populer