SWI Kembali Temukan 10 Entitas Investasi Ilegal Dan 100 Pinjol Ilegal – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Jakarta

SWI Kembali Temukan 10 Entitas Investasi Ilegal Dan 100 Pinjol Ilegal

Published

on

Data 10 entitas melakukan penawaran investasi tanpa izin. (Foto/SWI)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Jakarta Satgas Waspada Investasi (SWI) pada periode Juni 2022 kembali menemukan 10 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin.

Kesepuluh entitas yang melakukan
penawaran investasi tanpa izin, yaitu berupa:
• 5 entitas melakukan money game;
• 1 entitas melakukan kegiatan forex dan robot trading tanpa izin;
• 3 entitas melakukan kegiatan perdagangan asset kripto tanpa izin;
• 1 entitas lain-lain.

Satgas Waspada Investasi telah memanggil dan meminta penghentian kegiatan serta
pengembalian dana masyarakat yang telah dihimpun kepada beberapa entitas yang
diduga telah melakukan penawaran investasi tanpa izin dari regulator, diantaranya yaitu
PT Enel Kekuatan Hijau yang diduga telah melakukan money game/skema pondzi dan
Advance Global Technology/AGT yang diduga melakukan penawaran investasi tanpa izin dari regulator dengan modus jasa periklanan.

Pemberantasan terhadap investasi ilegal sangat tergantung pada peran serta masyarakat. Masyarakat diharapkan tidak tergiur dengan penawaran bunga tinggi dan harus mempertimbangkan aspek legalitas dan kewajaran dari entitas dan produk yang
ditawarkan. Masyarakat dapat melakukan pengecekan legalitas dengan mengunjungi website dari Otoritas yang mengawasi atau melakukan pengecekan dalam list entitas yang dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi melalui minisite waspada investasi https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/alert-portal/Pages/default.aspx.

100 Kegiatan Usaha Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal.

Satgas Waspada Investasi kembali menemukan 100 pinjaman online ilegal, sehingga sejak tahun 2018 sampai 2022, jumlah pinjaman online ilegal yang telah ditutup menjadi sebanyak 4.089 entitas pinjol ilegal.

Cyber patrol dan pemblokiran harian bersama-sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI terus dilakukan untuk mempersempit ruang gerak dari pelaku pinjaman online ilegal, meskipun telah ribuan ditutup, praktek pinjaman online ilegal di masyarakat tetap marak.

Satgas Waspada Investasi mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat.

Masyarakat diminta mewaspadai segala bentuk modus baru yang dilakukan oleh para pelaku untuk menjerat korban.
Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan serta pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

***
Informasi lebih lanjut:
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing.Telp: 021-29600000,
Email: waspadainvestasi@ojk.go.id

Jakarta

Operasi Semut Mengubah Wajah Kotor Plaza Selasar Timur JIS

Published

on

Plaza Selasar Timur Jakarta International Stadium (JIS) atau dulu dikenal sebagai Taman BMW. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Tersiar di media, penampakan sampah tercecer di area Plaza Selasar Timur Jakarta International Stadium (JIS) atau dulu dikenal sebagai Taman BMW. Wajah kotor kawasan publik tersebut disebabkan pengunjung yang meninggalkan sampah begitu saja. Pengunjung berasumsi ada petugas kebersihan yang akan membereskan. Kondisi tidak tersedia tempat sampah, tidak ada yang mengingatkan. Tampaknya budaya bertanggung jawab pada sampah sendiri, masih jauh dari harapan.

Operasi Semut hadir siang ini, Senin (8/8/2022) sebagai respon solutif untuk mengubah wajah kotor kawasan dengan menerjunkan 7 orang relawan. Tim yang berasal dari masyarakat setempat dimotori Akamsi (Anak Kampung Sini), melakukan pengambilan sampah secara manual disertai edukasi kepada pengunjung yang masih ada. Para relawan Operasi Semut mengajak pengunjung untuk berlatih disiplin bersama dan berperilaku teladan bersama.

Giat Operasi Semut merupakan aksi rutin para pemuda setempat bersama masyarakat dari berbagai latar belakang. Semudah menempatkan sampah pada tempatnya, karena perlu pembiasaan dan latihan, maka setiap aksi merupakan usaha untuk membiasakan diri menjadi teladan dan pada fase kolektif menjadi budaya baik.

Dari hasil giat operasi selama sekitar 45 menit saja, diperoleh sampah seberat 2,2 kg. Sampah tersebut dibawa ke lokasi pemilahan di Bank Sampah setempat.

Operasi Semut terbuka bagi sosok-sosok yang berkenan meluangkan waktu untuk mengambil peran menjadi generasi solusi, bukan penonton atau komentator.

Setidaknya, kehadiran Operasi Semut dapat memberi faedah bagi lingkungan, dalam menerjemahkan “Jakarta Sadar Sampah”. Kunci penting adalah setiap pribadi memastikan membawa kembali sampahnya hingga menemukan pewadahan sampah yang tepat apabila di lokasi ruang publik tidak tersedia tempat sampah.

Seiring harapan, dalam waktu dekat pihak pengelola JIS melakukan proses edukasi publik melalui signage, kru edukator dan petugas kebersihan yang bergerak rutin merawat kawasan. (Rohena/Azs)

Continue Reading

Jakarta

SPBU Tanah Merdeka Diduga Menyalahi Aturan Standarisasi Pertamina

Published

on

SPBU Pertamina Tanah Merdeka tidak ada terpasang Totem dan coran beton diatas saluran air yang sudah rusak. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – SPBU Pertamina Tanah Merdeka tidak ada terpasang Totem dan coran beton diatas saluran air yang sudah rusak. (Foto/Ist)

Jakarta, SPBU Pertamina Tanah Merdeka yang berlokasi area terminal Tanah Merdeka Kelurahan Kalibaru RT 009 RW 012 Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara diduga tidak memenuhi standarisasi persyaratan yang ditetapkan PT Pertamina.

Pasalnya, SPBU Tanah Merdeka yang sudah beroperasi cukup lama ini tidak tampak terpasang Totem atau plang SPBU, pintu masuk dan keluar SPBU hanya satu jalur, tanaman yang terlihat sekitar areal SPBU adalah pohon Seri, singkong dan tidak terlihat tanaman hias, tidak tampak ada mini market dan saluran air tidak berfungsi.

Terkait pelayanan hidrogen, MCK dan Musholla tampak terlihat ada.

Menurut warga sekitar, awal pembangunan pengisian bahan bakar umum Tanah Merdeka peruntukanya untuk stasiun pengisian Bahan Bakar Gas (BBG) Tranjakarta untuk operasional Jakarta Utara yang pengelolaannya oleh PT Aksara.

“Awalnya untuk pengisian BBG Transjakarta oleh PT Aksara, namun pada tahun 2015 dijual ke Jakpro Propertindo tahun 2015. Dan pada tahun 2019 pengelolaanya kerjasama operasi atau KSO dengan Pertamina Retail,” ungkap warga seraya minta namanya tidak disebutkan, Sabtu (6/8/2022)/

Dia menyanyangkan jalan pintu masuk dan keluar SPBU hanya satu, sementara di SPBU lainnya di wilayah Jakarta yang dikunjunginya untuk mengisi bahan bakar motor miliknya, semuanya memiliki akses jalan masuk dan keluar yang berbeda.

“Kita berharap kepada Pemerintah atau Pertamina meninjau langsung SPBU Tanah Merdeka ini. Jika pintu masuk dan keluar hanya ada satu, kan itu sangat membahayakan warga pelanggan SPBU jika tidak sangat berhati-hati. Apalagi bagi warga yang baru ke SPBU tersebut pasti akan merasa aneh apalagi jika musim penghujan akan ada genangan air ,” katanya seraya meminta agar Amdal SPBU ini diperiksa kembali apakah sudah benar sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, Robin, salah seorang staf kelapa ship SPBU Tanah Merdeka mengakui bahwa Totem atau plang SPBU belum dipasang hingga saat ini. “Memang belum dipasang, namun saya tidak berwenang menjelaskannya. Itu adalah wewenang pimpinan kami,” ungkap Robin Sabtu (6/8/2022)

Sumber Pertamina.com menyebutkan bahwa dalam membangun sebuah SPBU, Pertamina sendiri telah memiliki standarisasi yang bertujuan agar semua SPBU bisa seragam dan sama dari segala aspek dan spesifikasi yang ada.

Desain bangunan harus disesuaikan dengan karakter lingkungan sekitar seperti letak pintu masuk, pintu keluar dan lainya. Elemen bangunan yang adaptif terhadap iklim dan lingkungan akan sirip penangkal sinar matahari, jendela yang menjorok kedalam, dan penggunaan material dan tekstur yang tepat.

Asitektur bangunan sarana pendukung harus terintegrasi dengan bangunan utama, seluruh fasade bangunan harus mengekspresikan detail dan karakter arsitektur yang konsisten, variasi bentuk dan garis atap yang menarik.

Bangunan harus adaptif terhadap panas matahari dan pantulan sinar matahari dengan merancang sirip
penangkal sinar matahari dan jalur pejalan kaki/ trotoar yang tertutup dengan atap, bangunan dibagi-bagi menjadi komponen yang berskala lebih kecil untuk menghindari bentuk massa yang
terlalu besar.
Panduan untuk kanopi adalah integrasi antara kanopi tempat pompa bensin dan bangunan diperbolehkan. Ketinggian ambang kanopi dihitung dari titik terendah kanopi tidak lebih dari 13’9’’ dan ketinggian keseluruhan kanopi tidak lebih dari 17’.

Ceiling kanopi tidak harus menggunakan bahan yang bertekstur atau flat, tidak diperbolehkan
menggunakan material yang mengkilat atau bisa memantulkan cahaya. Tidak diperbolehkan menggunakan lampu tabung pada warna logo perusahaan.

Panduan untuk pump island terdiri dari fuel dispenser, refuse container, alat pembayaran otomatis, bollard pengaman, dan peralatan lainnya. Desain pump island harus terintergrasi dengan struktur lainnya dalam lokasi, yaitu dengan menggunakan warna, material dan detail arsitektur yang harmonis.

Minimalisasi warna dari komponen-komponen pump island, termasuk dispenser, bollard dan lain-lain dan jalan keluar masuk mudah untuk berbelok ke tempat pompa dan ke tempat antrian dekat pompa mudah juga untuk berbelok pada saat keluar dari tempat pompa tanpa terhalang apa-apa dan jarak pandang yang baik bagi pengemudi pada saat kembali memasuki jalan raya.

Pintu masuk dan keluar dari SPBU tidak boleh saling bersilangan, jumlah lajur masuk minimum 2 lajur, lajur keluar minimum 3 lajur atau sama dengan lajur pengisian BBM dan lebar pintu masuk dan keluar minimal 6 meter.

Dan persyaratan lokasi SPBU Pertamina luas minimal lahan tergantung dari letak lahan yang akan dibangun menjadi sebuah SPBU. Apabila lahan yang akan dibangun SPBU terletak di jalan besar atau utama, maka luas lahan yang harus dimiliki minimal 1800 m². Sedangkan untuk akses jalan lokal minimal 1000 m². (Rohena/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Konpres JNE Terkait Beras Bantuan Presiden

Published

on

JNE melalui kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea saat wawancara bersama awak media. (Foto/Ist) 

JAKARTA UTARA, SuaraBorneo.com – Pihak JNE memastikan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan dalam penguburan 3,4 ton beras bantuan presiden,di kawasan depok,jawa barat,beberapa waktu lalu,mengingat beras tersebut dalam kondisi rusak dan juga milik jne sendiri,pihak jne juga akan melakukan sikap tegas/ dengan melaporkan orang yang dianggap memfitnahnya melakukan penimbunan beras bantuan presiden.

Pihak PT Jalur Nugraha Eka atau JNE melalui kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea akhirnya membuka suara terkait tudingan penimbunan beras bantuan presiden, yang dikubur di sebuah lahan di wilayah Depok/Jawa Barat.

Hotman menjelaskan jika jne sebagai perusahaan ekspedisi digandeng PT Store Send Indonesia atau SSI, yang dipercayakan oleh Kementrian Sosial dan juga Bulog untuk menyalurkan 6.199 ton beras bantuan presiden, kepada 247.997 keluarga penerima manfaat yang berdomisili di wilayah Depok.

Dalam proses pengiriman bantuan untuk periode bulan Mei hingga Juni 2020 tersebut, sebanyak 3,4 ton beras mengalami kerusakan, sehingga pihak JNE harus mengganti dengan beras baru, dibeli dari PT Store Send Indonesia dengan sistem pembayaran pemotongan honor distribusi, Hotman menjelaskan bahwa JNE telah mengganti beras Banpers yang rusak tersebut dan telah mendistribusikannya kepada warga penerima manfaat// hal itu dibuktikan dengan sejumlah dokumen yang di tunjukkan kepada awak media, Kamis (4/8/22).

3,4 ton beras rusak yang sudah menjadi milik JNE tersebut kemudian disimpan di gudang selama satu setengah tahun, sebelum akhirnya dibuang dengan cara dikubur di lahan tersebut.

Berita ini kemudian mencuat ketika ada seseorang berinisial R yang mengaku sebagai pemilik lahan/ memviralkan dengan adanya temuan timbunan beras bantuan presiden oleh pihak JNE.

Inti pokok dari kenapa kami mengundang rekan media, karena JNE sudah menjadi korban fitnah, JNE tidak pernah menimbun beras, JNE membuang beras milik JNE yang sudah rusak.

Proyek bantuan beras presiden ini dilakukan melalui Kementerian Sosial dan Bulog, kemudian bulog menuju perusahaan PT SSI sebagai rekanan, dan khusus untuk distribusi untuk pengiriman ke warga di kontrakkan ke PT JNE, jadi JNE hanya sebagai transportasi untuk mengantar ke setiap kepala keluarga, atau kepada Lurah, atau RT RW istilahnya keluarga penerima manfaat ini proyek saya uraikan di sini, untuk wilayah Depok beras yang didistribusikan oleh JNE sebanyak 6.199 ton untuk 247.997 KPM, keluarga penerimaan atau warga yang menerima beras.

Menurut kontrak, kalau ada kerusakan maka itu tanggung jawab dari JNE, harus mengganti dengan beras baru. maka setiap ada kerusakan, JNE meminta lagi kepada SSI beras baru untuk mengganti yang rusak, dan JNE membayar dengan cara memotong honornya, namanya debit note.

Pertanyaannya berapa jumlah beras yang rusak, jumlah beras yang rusak dari 6.199 dan hanya 3,4 ton. kalau secara presentasi hanya 0,05%.

Karena beras pengganti sudah dikirim pakai uangnya JNE maka beras yang rusak ini adalah milik dari JNE, mau dikemanakan atau mau dipakai untuk apa itu urusan JNE, jadi yang mengatakan bahwa ditimbun itu fitnah dan pidana. yang kedua beras ini kejadian rusaknya itu bulan mei tahun 2020, selama satu setengah tahun beras rusak ini disimpan di gudang JNE yang 3,4 ton, cuma makin rusak makin busuk, akhirnya dicari inisiatif agar beras ini dibuang saja, karena kalau diedarkan ke masyarakat takut nanti disalahgunakan, takut nanti kita dituduh menjual beras Banpres, akhirnya ada ide ya udah di kubur aja kebetulan ada lahan yang menjaganya setuju, nanti ada kaitannya juga itu, karena yang membongkar ini adalah orang yang mengaku sebagai pemilik tanah tersebut yang tidak kaitannya sama kita, dan tidak ada kaitannya sama banpres ini, kalau dia memang merasa memiliki hak atas tanah itu perkara terpisah itu perkara perdata. dialah yang mengekspos ini, dialah yang mengarang cerita ini, seolah-olah kita menimbun menyembunyikan bantuan presiden, padahal itu adalah beras milik JNE.

Secara hukum tidak ada unsur perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh JNE. orang-orang yang menuduh bahwa itu dihimpun itu adalah fitnah, kalau memang ada niat untuk korupsi atau menambah keuntungan kenapa harus dikubur, kenapa dicurahkan begitu berasnya, dijual lagi aja berasnya ke pasar diam-diam. ini nggak, kan ada videonya beres tersebut dicurahkan dirusak dibuang ke dalam tanah, itulah bukti bahwa memang sama sekali tidak ada niat untuk korupsi atau apapun karena memang ini beras kita, beras JNE.

Selain menegaskan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh kliennya saat ini pihak JNE juga tengah mempertimbangkan untuk membuat laporan ke pihak kepolisian, terkait informasi bohong yang disampaikan saudara R yang dianggap masuk dalam kategori pencemaran nama baik. (rohena/azs)

Continue Reading

Jakarta

Anies Harapkan JMSI Jadi Mitra Strategis Pemerintah Jaga Ekosistem Pers

Published

on

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam pelantikan Pengurus Daerah DKI Jakarta. (Foto/JMSI) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Kepengurusan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) DKI Jakarta resmi dilantik Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa pada Selasa (2/8). Adapun Fahd Pahdepie terpilih menjadi Ketua Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Bertempat di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta,  pelantikan ini langsung disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Izinkan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus JMSI Jakarta yang baru saja dilantik hari ini,” kata Anies saat memberikan sambutan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu turut menaruh harapan besar kepada kepengurusan JMSI Jakarta yang baru dilantik.

“Semoga kepengurusan ini kolaboratif dalam mewujudkan komunitas pers yang sehat di Jakarta,” katanya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu berharap kehadiran JMSI di Jakarta dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga ekosistem pers. Selain itu juga, JMSI bisa membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya mencari infomasi dari sumber media yang kredibel dan terverifikasi, terutama dalam menguatkan kepercayaan publik dalam berdemokrasi,” jelasnya.

Anies mengingatkan, agar perusahaan pers tetap membangun trust atau kepercayaan atas tiap produk pemberitaan yang dihasilkan.

Berikut Daftar Kepengurusan JMSI DKI Jakarta 2020-2025
Pembina: Muchlis Hasyim Jahja
Ketua Dewan Pakar: Darmawan Sepriyossa
Ketua Pengurus Daerah: Fahd Pahdepie – Inilah.com
Wakil Ketua: M Ade Maulidin – Gemapos
Sekretaris: Aendra Medita – Jakartasatu.com
Wakil Sekretaris: Kusnandang – Epicentrum
Bendahara: Indra Zaenal Muttaqien – Inilah.com
Wakil Bendahara: Hasanuddin – HajiNews.id

Bidang Organisasi
Ketua : Firman Mulyadi – Kataberita.com
Sekretaris : Widi Kusnadi – MINA News

Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Literasi
Ketua : Rahmat Basuki – Inilah.com
Sekretaris : Wicaksono – JakartaSatu
Bidang Pengembangan Potensi
Ketua : Rana Setyawan – MINA News
Sekretaris : Frans Lature – Berita9

Bidang Pengembangan Informasi dan Teknologi Komunikasi
Ketua : Ikhsan Suryakusumah – Inilah.com
Sekretaris : Yunila Wati – Farah.id

Bidang Kerja sama Antar-Lembaga
Ketua : Subhan Wijaya – Berita9
Sekretaris : Susi Andrini – JakartaSatu

Bidang Hukum dan Advokasi
Ketua : Syahrir Lantoni
Sekretaris : Tauhid Ananda – Epicentrum
idang Penelitian dan Pengembangan
Ketua : Widian Vebriyanto – RMOL
Sekretaris : Eddy Rachmat -JakartaSatu

Bidang Koordinasi Program
Ketua : Subhan Ihsan – Kataberita.com
Sekretaris : M. Ibnu Naufal – Inilah.com

Continue Reading

Jakarta

Harga Pertamax Turbo dan Dex Series Terbaru, Cek Disini! 

Published

on

SPBU Pertamina. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) secara berkala melakukan penyesuaian harga untuk 3 (tiga) produk bahan bakar khusus (BBK) yang merupakan BBM non subsidi, yaitu Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan bahwa mekanisme penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan, dimana harga BBM Non subsidi harganya fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau ICP.

“Tercatat, harga rata-rata ICP per Juli di angka 106.73 USD/barel, masih lebih tinggi sekitar 24% dari harga ICP pada Januari 2022. Harga ICP ini memang sangat fluktuatif, namun harganya masih cukup tinggi,” jelas Irto.

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 17.900, Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 18.900, dan Dexlite (CN 51) menjadi 17.800 per liter untuk wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5%. Harga ini berlaku mulai 3 Agustus 2022.

“Penyesuaian harga ini sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Harga Pertamax Turbo dan Dex Series ini juga masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk dengan kualitas setara, ini adalah komitmen kami menyediakan BBM berkualitas tetap dengan harga terjangkau,” tambah Irto.

Irto melanjutkan, selain memastikan harga ini telah mempertimbangkan aspek menjaga daya beli masyarakat, porsi Pertamax Turbo dan Dex Series yang hanya sekitar 5% dari total konsumsi nasional tidak akan terlalu berpengaruh terhadap harga komoditas ataupun sektor transportasi. Disisi lain, Pertamax dan BBM subidi yakni Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan harga.

“95% dari porsi BBM nasional yakni Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak berubah harganya, hanya BBM segmen tertentu saja yakni Pertamax Turbo dan Dex Series yang berubah itupun masih paling kompetitif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan kedepan evaluasi harga akan terus kami lanjutkan,” terangnya.

Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengakses website berikut https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/daftar-harga-bbk-tmt-3-agustus-2022-Zona-3 atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. [ad/sb]

Continue Reading

Jakarta

Rapimnas JMSI 2022, Bahas Perampingan Kepengurusan Sampai Verifikasi Faktual Di Dewan Pers

Published

on

Suasana sidang pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Jakarta. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pedoman organisasi menjadi pembahasan alot dalam sidang pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, 1 hingga 2 Agustus 2022.

Di antara beberapa hal krusial yang dibahas adalah tentang perampingan kepengurusan JMSI Pusat, yang tentunya juga berlaku ke kepengurusan JMSI di daerah. Sebut saja satu di antaranya posisi Wakil Sekretaris Umum sepakat dihilangkan.

Dalam sidang Rapimnas yang langsung disaksikan Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa ini disepakati jika Ketua Umum hanya dibantu Sekretaris Jenderal (Sekjen) dalam menjalankan dapur organisasinya, dan Sekjen tanpa wakil sekretaris lagi.

Hal penting lainnya tentang biaya pendaftaran keanggotaan yang diputuskan sebesar Rp1 juta per media. Sementara untuk iuran bulanan diwajibkan sebesar Rp50 ribu per bulan dengan akumulasi pembayaran per 3 bulan sekali atau total sebesar Rp150 ribu.

Perusahaan media yang dinyatakan sah sebagai anggota JMSI akan diberikan sertifikat yang diterbitkan langsung oleh JMSI Pusat. Sertifikat keanggotaan ini ditayangkan di media masing-masing.

Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli, Selasa (2/8/2022) mengungkapkan, banyak hal yang dibahas dalam Rapimnas 2022 ini. Ada beberapa bagian penting yang dirubah, seperti perampingan kepengurusan.

“Nanti akan kita sosialisasikan hasil Rapimnas ini ke anggota JMSI Kalsel. Pastinya struktur kepengurusan JMSI di daerah juga akan dirampingkan, dan posisi jabatannya disesuaikan dengan kebutuhan di daerah,” terang Milhan.

Soal uang pendaftaran, lanjut Milhan, juga dibahas alot. Seperti tentang iuran pendaftaran yang akhirnya disepakati sebesar Rp1 juta. Kemudian untuk iuran bulanan disepakati sebesar Rp50 ribu per bulan.

“Iuran ini sebagai upaya untuk menggerakkan roda organisasi, agar organisasi lebih mandiri. Komitmen dari JMSI Pusat bersama pengurus daerah bagaimana mengupayakan menjalin kerja sama dengan mitra, salah satunya dengan KPU,” jelasnya.

JMSI Pusat, lanjutnya, akan mendorong JMSI daerah untuk menjalin kerjasama bersama mitra di daerah. Ia meyakini jika JMSI ini dijalankan dengan baik akan berefek positif bagi organisasi dan anggotanya.

Menurut Milhan, MoU yang telah ditandatangani KPU RI dengan JMSI Pusat, merupakan langkah terobosan akan adanya kerja sama media. Tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan lembaga atau instansi di pusat maupun di daerah akan dilakukan semacam itu.

Terkait verifikasi faktual di Dewan Pers juga dibahas. Karena itu, JMSI mendorong anggotanya menjadi media profesional berbasis legalitas dan terverifikasi di Dewan Pers. Untuk membantu verifikasi itu, JMSI sudah membentuk tim Pokja di Dewan Pers.

“Jadi kawan-kawan di daerah tak perlu khawatir, karena akan terus dipantau proses verifikasi termasuk melengkapi persyaratan hingga benar-benar mendapatkan sertifikat verifikasi Dewan Pers,” pungkasnya. [ad/rls]

Continue Reading

Jakarta

Apresiasi Rapimnas JMSI, Erick Thohir: Media Siber Harus Ikut Jaga Demokrasi

Published

on

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan akses masyarakat pada informasi di ruang digital semakin cepat dan luas. Hal ini harus dibarengi peningkatan kualitas perusahaan pers, khususnya media siber.

Demi menjaga demokrasi yang bercirikan kebebasan berpendapat dan kebebasan pers, pengelola ruang redaksi perlu menarik garis yang tegas antara informasi bohong dan informasi faktual.

Demikian antara lain pesan Menteri BUMN, Erick Thohir, di hadapan peserta Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI), di Ruang Banda, Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

“Saya percaya kita memiliki semangat sama dalam mengembangkan kualitas media siber di Indonesia, terutama mengingat semakin majunya perkembangan teknologi dan digitalisasi di Indonesia yang membuat akses masyarakat terhadap media siber semakin mudah dan luas,” ujar Erick.

Rapimnas bertema “Penguatan Pondasi Organisasi dan Akselerasi Program Kerja” dihadiri unsur pimpinan JMSI di seluruh Indonesia. Rapimnas dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya, mewakili Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra.

Rapimnas dipimpin oleh Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, dan Sekjen, Eko Pamuji, dihadiri pimpinan teras JMSI Pusat lainnya.

Erick Thohir merupakan satu dari 18 pimpinan kelompok media massa yang menandatangani Piagam Palembang dalam Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di Palembang, Sumatera Selatan.

Piagam Palembang merupakan salah satu tonggak penting perkembangan masyarakat pers nasional, berisi antara lain komitmen pemilik media membangun perusahaan pers profesional yang melaksanakan sepenuhnya Kode Etik Jurnalistik, Standar Perusahaan Pers, Standar Perlindungan Wartawan, dan Standar Kompetensi Wartawan.

Dalam sambutan di hadapan peserta Rapimnas JMSI, Erick mengatakan, Kementerian BUMN selalu berkomitmen mendukung prinsip kebebasan pers maupun kebebasan berpendapat di media siber.

“Saya percaya dan mengakui kedua prinsip tersebut merupakan satu tarikan nafas dengan semangat demokrasi,” ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini.

Di sisi lain, dia menambahkan, tidak dapat dipungkiri selalu ada pihak yang berupaya memanfaatkan kebebasan dalam demokrasi untuk kepentingan diri sendiri.

“(Mereka) menggerogoti demokrasi melalui informasi yang sangat kejam, hoax, fitnah, dan provokasi,” tegasnya.

Erick Thohir mengingatkan masyarakat pers nasional, terutama pengelola media siber, ikut menjaga demokrasi dengan menghadirkan informasi yang memenuhi prinsip check and balances.

“Saya yakin seluruh insan pers yang ada hari ini mampu memberikan informasi yang akurat, adil, berimbang, serta membuat garis batas yang tegas antara opini yang tidak benar yang berdasarkan hoax dan fakta yang benar,” katanya.

Dengan ketegasan dalam menarik “garis batas” itu, Erick Thohir yakin masyarakat Indonesia akan mendapatkan berita yang benar, edukasi yang benar, dan mampu mencerna informasi dengan baik. [ad/rls]

Continue Reading

Jakarta

Rumah Komando Bang JAPAR Jakarta Utara, Adakan Giat Manaqieb Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani Dan Doa Bersama Untuk Ketahanan NKRI Dan Peradaban Dunia

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Rumah Komando Ormas Bang JAPAR Korwil Jakarta Utara, Adakan Giat Manaqieb Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani Juga Doa Bersama Untuk Ketahanan NKRI Dan Peradaban Dunia Di Cilincing Jakarta Utara, Kamis (28/07/2022)

Kegiatan Manaqieb Ini Untuk Merayakan 9 Kemenangan, Di Samping Untuk Merayakan Hari Hari Besar Umat Islam Salah Satu Perayaan Kemenangan Adalah Merayakan Kemenangan Untuk Ketahanan NKRI Dan Peradaban Dunia.

Adapun Kegiatan Tersebut Bertempat Di *Rumah Komando Bang Japar Jakarta Utara* Yang Beralamat Di Jalan Baru Cilincing No 55 Rt 001 Rw 01 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara.

Sebagai Pemangku Hajat Adalah *IKO SETIAWAN, SE* Beserta Staff Jajaran Kepengurusan Bang Japar Jakarta Utara.

Sebagai Pengisi Amaliah Ilmiah Dalam Kegiatan Manaqieb Tersebut Adalah Guru Besar AL HIKMAH BERTORIQOH 38 Juga Pengasuh Serta Pendiri Pondok Pesantren SIRRUL HIKMAH Cisoka Banten, *Abuya KH TB Edi Sutisna Rasa, Mag*,
Sedangkan Para Petugas Amaliah Dan Doa Dari Para Pengurus AL HIKMAH BERTORIQOH 38 Jakarta Utara Di Bawah Kepemimpinan *Baka Perdana, Ssr*

Turut Hadir Dalam Kegiatan Tersebut Sekcam Cilincing Dalam Hal Ini Mewakili Camat Cilincing Yang Tidak Bisa Hadir Dalam Kegiatan Tersebut.

Saat Di Temui Oleh Awak Media Perpek Media *IKO SETIAWAN SE* Menyatakan Bahwasanya, ” Di Samping Untuk Mempererat Tali Silaturahmi Antar Ormas Dan Aparat Pemerintahan Dengan Para Ulama, Kegiatan Inipun Untuk Pemanasan Dan Koordinasi Kegiatan Manaqieb Dan Doa Bersama Yang Lebih Besar Lingkupnya Di Islamik Centre Pada Bulan Oktober 2022 Mendatang ” Katanya.

“Kami Juga Menyampaikan Amanah Dari Ketua Umum Ormas Bang JAPAR *Fahira Idris, SE. MH.* Untuk Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Guru Besar AL HIKMAH BERTORIQOH 38, *Abuya KH TB Edi Sutisna Rasa, Mag* Yang Sudah Berperan Serta Dalam Membantu Masyarakat Dalam Memberikan Siraman Rohani Kepada Masyarakat Setempat, Juga Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Aparat Pemerintahan Kecamatan Cilincing,” tambahnya. (Rohena/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Perubahan Struktur Kepengurusan, Teguh Santosa Tunjuk Eko Pamuji Sekjen JMSI Periode 2020-2025

Published

on

Sekjen JMSI untuk masa jabatan 2020-2025, Eko Pamuji. (Foto: Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa, Senin (25/7/2022) melakukan perombakan di jajaran pengurus pusat organisasi perusahaan pers tersebut. Perubahan struktur kepengurusan disampaikannya pada rapat antara pengurus provinsi (Pengprov) dan pengurus pusat yang dilangsungkan secara virtual, atau zoom meeting.

Lewat keputusan nomor 09/KPTS/JMSI/VII/2022, Eko Pamuji ditunjuk sebagai Sekjen JMSI untuk masa jabatan 2020-2025, dan selain itu juga Teguh Santosa menetapkan Zulfikar Rachman sebagai bendahara umum, serta Dino Umahuk sebagai ketua bidang organisasi.

Saat membacakan perubahan struktur kepengurusan JMSI periode 2020-2025, Teguh menyampaikan bahwa, dinamika dan tantangan organisasi perusahaan pers semakin kompleks kedepannya. Untuk itu, dibutuhkan akselerasi pelaksanaan program kerja organisasi yang dapat menjawab hal tersebut.

Dalam melakukan perubahan struktur kepengurusan yang baru itu, CEO RMOL.id itu juga menyampaikan bahwa, dirinya telah berkonsultasi dengan tokoh kunci organisasi guna merumuskan langkah strategis dalam upaya mempercepat pelaksanaan program kerja JMSI kedepannya.

Dalam kesempatan itu, Teguh juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para sahabat-sahabatnya yang ikut dalan kepengurusan sebelum keputusan perubahan tersebut ditetapkannya.

Sementara itu, Eko Pamuji yang hadir dalam pertemuan virtual itu, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Ketua Umum Teguh Santosa. Ia berkomitmen akan terus bekerja membangun dan membesarkan organisasi JMSI yang dia cintai itu.

Pemilik media online duta.co itu juga meminta dukungan para pengurus daerah (Pengda) usai dirinya ditunjuk sebagai Sekjen JMSI, agar harapan ketua umum dalam akselerasi program organisasi dapat dijalankan bersama, demikian Eko Pamuji. [ad/JMSI]

Continue Reading

Umum

Populer