BUMDes Jadi Mitra Bank Kalsel Untuk Mengakses UMKM – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Banjarmasin

BUMDes Jadi Mitra Bank Kalsel Untuk Mengakses UMKM

Published

on

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar dan Ketua DPRD Kalsel, Supian HK dalam penyelenggaraan BUMDes EXPO 2022. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk upaya dalam mendorong dan memberikan ruang kepada para pelaku Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar menampilkan produk unggulannya masing masing sehingga produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan BUMDes EXPO 2022 yang diikuti oleh perwakilan BUMDes Se-Kalimantan Selatan yang berlangsung selama 2 hari 6-7 Agustus 2022 di Atrium Duta Mall.

Kehadiran BUMDes diharapkan dapat meningkatkan perekonomian tingkat desa. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, Sabtu (6/8/2022).

Ia menyampaikan bahwa BUMDes adalah salah satu program prioritas pemerintah dalam memajukan desa. Dimana dengan hadirnya BUMDes, diharapkan dapat mendorong aktivitas ekonomi tingkat desa sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah.

“Hadirnya BUMDes diharapkan benar-benar dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menuturkan kegiatan ini merupakan program economy recovery milik Pemprov Kalsel yang melibatkan seluruh Kabupaten/Kota sehingga Bank Kalsel bisa melakukan sinergitas dengan para UMKM. Selain itu atas terselenggaranya kegiatan ini Bank Kalsel juga memberikan dukungan dengan menjadi salah satu sponsor.

“Bagi Bank Kalsel hal ini sangat strategis dimana Bank Kalsel berkepentingan untuk meningkatkan peranan BUMDes melalui pembiayaan/kredit Bank Kalsel,” ungkap Hana.

Untuk meningkatkan ekonomi di desa Bank Kalsel juga tengah menyiapkan sebuah program terobosan dengan menggunakan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Laku Pandai merupakan Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

“Jadi nantinya BUMDes akan menjadi mitra atau agen Bank Kalsel untuk mengakses UMKM yang di kecamatan/desa, selain bisa mendapatkan nasabah dan melakukan aktivitas perbankan tentunya BUMDes juga dapat meningkatkan perekonomian di desanya,” pungkasnya.

Selain itu, pada gelaran ini Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Rantau didapuk penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada BUMDes Tapin yang menjadi salah satu terbaik pada penilaian BUMDes se-Kalimantan Selatan Tahun 2022. [adv/ad]

Bagikan ke

Banjarmasin

Di Event Survey Indeks ETPD Semester II 2023, Bank Kalsel Sampaikan Komitmennya Sukseskan ETPD di Provinsi Kalsel

Published

on

Komitmen disampaikan oleh Direktur Operasional Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putra saat kegiatan Survey Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Semester II Tahun 2023 Provinsi Kalsel. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel berkomitmen untuk mendukung suksesnya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Komitmen tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putra saat kegiatan Survey Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Semester II Tahun 2023 Provinsi Kalsel yang digelar, Senin (4/12/2023) di Hotel Fugo Banjarmasin.

“ETPD adalah suatu upaya yang terpadu dan terintegrasi untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah (Pemda) dari tunai menjadi non tunai berbasis digital dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Kami tentunya sangat mendukung hal ini dan terus melakukan pembenahan layanan agar dapat mensukseskan program ETPD di Provinsi Kalsel,” ungkapnya.

Salah satu bentuk dukungan konkrit Bank Kalsel adalah telah menyediakan berbagai jenis produk layanan/kanal digital seperti Instrumen pembayaran yang terdiri dari kartu ATM/Debit GPN, uang elektronik berbasis kartu (co-brading BRIZZI) dan Kanal Pembayaran yang terdiri dari Teller/Webteller, PPOB, Mobile Banking, Internet Banking, Internet Banking Bisnis, SP2D Online, CMSP, QRIS, BI-Fast, BI-RTGS, SKNBI, Virtual account, E-Commerce dan Modern Channel.

“Selain itu Bank Kalsel juga telah melakukan integrasi sistem penerimaan pada sejumlah Pemda di Provinsi Kalsel seperti pembayaran PBB, e-Samsat, Pajak Pendapatan, Pembayaran Perizinan, BPHTB, Retribusi dan KIR semuanya sudah terintegrasi dengan beberapa sistem kanal peneriman Bank Kalsel,” tambahnya.

“Harapannya dengan telah tersedianya beberapa sistem untuk kanal penerimaan dan pengeluaran di Bank Kalsel dapat mempermudah Pemda di seluruh Provinsi Kalsel dalam mengimplementasikan ETPD secara efektif dan efesien di daerahnya dan dapat mengoptimalkan pencapaian Championship TP2DD pada penilaian tahun 2024,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalsel Hj. Raudatul Jannah AMG, SKM., M.Kes mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan agar bisa meningkatkan pemahaman Pemda atau pun Bank Pengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dalam mendorong peningkatan kualitas pelaporan data elektronifikasi transaksi Pemda Semester 2 Tahun 2023.

“Melalui kegiatan ini besar harapan kita dapat memberikan dampak yang besar bagi peningkatan kategori atau level indeks elektronifikasi transaksi Pemda se-Kalsel kedepannya,” bebernya.

Berdasarkan data indeks ETPD Semester I Tahun 2023, Provinsi Kalsel telah mencapai tahap Pemda Digital dengan skor 93,6 persen.

“Diharapkan pada II Tahun 2023 ini semua Pemda di Provinsi Kalsel bisa mencapai level digital dengan perbaikan kualitas data serta melaporkannya sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dalam kesempatan ini saya juga meminta agar Bank Kalsel sebagai Bank RKUD dapat mendukung penuh dari sisi data yang dibutuhkan untuk bisa di input di website SIP2DD,” tuturnya.

Dilain pihak, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel Wahyu Pratomo menambahkan, berdasarkan data Indeks ETPD Semester-I tahun 2023, dirinya mengapresiasi upaya Pemprov Kalsel atas meningkatnya level kategori IETPD Pemprov Kalsel dari kategori “Maju” menjadi kategori “Digital” dengan skor 93,6%. Bahkan secara yearover-year meningkat 34,29% dari Semester-I tahun 2022.

“Kami juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalsel yang telah menerima penghargaan dalam Bank Indonesia Award 2023 sebagai Pemerintah Provinsi Dengan Implementasi QRIS Terbaik di Wilayah Kalimantan. Semoga capaian ini dapat mengobarkan semangat implementasi ETPD tidak hanya di lingkungan Provinsi, namun juga di seluruh Kabupaten dan Kota se-Kalsel,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Tingkatkan Sinergi, Ombudsman RI Teken MoU Dengan ULM Banjarmasin

Published

on

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D, laksanakan penandatanganan nota kesepakatan melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D, laksanakan penandatanganan nota kesepakatan melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si didampingi Dekan Fakultas Hukum ULM Prof. Dr. Achmad Faisal, S.H., M.H dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ULM Prof. Dr. H. Budi Suryadi, S.Sos., M.Si.

Selain penandatanganan MoU, kegiatan kerjasama kelembagaan turut dituangkan dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Perwakilan Ombudsman RI Prov. Kalsel, dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (05/12/2023).

Bertempat di ruang Auditorium Fakultas Hukum ULM Banjarmasin, serta dihadiri oleh Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial & Politik ULM, kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, Hadi Rahman, S.I.P., MPA (Mgmt), yang menyampaikan pengantar kepada audiens tentang pemahaman pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Rektor ULM Banjarmasin mewakili seluruh Sivitas Akademika Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Setelah penyampaian sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Ombudsman RI dengan Rektor ULM, disambung dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan, dengan Dekan Fakultas Hukum dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Politik ULM.

Usai kegiatan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kuliah umum, yang diberikan oleh Ketua Ombudsman RI kepada para mahasiswa dan peserta yang berhadir, dengan tema “Sinergi Ombudsman dan Perguruan Tinggi dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Era Society 5.0”. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Terbaik II Salurkan KUR, Bank Kalsel Raih Penghargaan dari Pemprov Kalsel dan Kanwil DjPb

Published

on

Penghargaan yang langsung ditandatangani oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Kepala Kanwil DjPb Provinsi Kalsel Syafriadi ini diberikan kepada Direktur Utama Bank Kalsel Fachruddin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Komitmen dan konsistensi Bank Kalsel dalam membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi melalui penyaluran kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbuah manis.

Hal itu setelah Pemprov Kalsel bersama Kanwil DjPb Provinsi Kalsel memberikan piagam penghargaan kepada Bank Kalsel untuk kategori terbaik II dalam kinerja penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Kalsel periode tahun 2023.

Penghargaan yang langsung ditandatangani oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Kepala Kanwil DjPb Provinsi Kalsel Syafriadi ini diberikan disela kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2024 yang digelar, Jumat (1/12/2023) lalu di Gedung DR. KH. Idham Chalid, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Direktur Utama Bank Kalsel Fachruddin yang menerima langsung penghargaan tersebut mengaku berterimakasih atas penghargaan yang diberikan kali ini oleh Pemprov Kalsel dan Kanwil DjPb Provinsi Kalsel.

“Ini tentunya semakin memotivasi kami untuk terus konsisten dalam melakukan penyaluran KUR kepada pelaku UMKM yang ada di Banua. Dengan demikian harapan kita ekonomi Kalsel bisa terus bergerak menjadi semakin maju,” ungkapnya.

Tidak hanya sekedar penyaluran KUR, Bank Kalsel juga secara konsisten melakukan berbagai pembinaan kepada pelaku UMKM yang ada di Banua melalui berbagai kegiatan hingga kolaborasi dengan banyak pihak.

“Dengan pembinaan yang kita lakukan, harapan kita UMKM yang ada di Banua dapat semakin professional dan berkembang usaha mereka. Ujungnya mereka tidak hanya memerlukan tambahan modal usaha tapi juga mampu memberikan kontribusi lainnya untuk daerah, baik itu penyerapan tenaga kerja hingga kontribusi melalui pembayaran pajak,” tambahnya.

Sekedar diketahui, pada sektor keuangan hingga 31 Oktober 2023, untuk KUR di Provinsi Kalsel telah disalurkan kepada 70.901 debitur dengan nilai sebesar Rp4,10 Triliun oleh penyalur sebanyak 10 Bank dan 1 Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Ada pun untuk Penyaluran kredit Ultra Mikro (UMi) sampai dengan 31 Oktober 2023 telah mencapai Rp54,84 Miliar kepada 13.449 debitur oleh penyalur sebanyak 7 LKBB. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Apel Gabungan, Gubernur Kalsel Serahkan Undian Simpeda KPE Periode IX

Published

on

Hadiah secara langsung dari Gubernur Kalsel dengan didampingi oleh Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Saat apel gabungan di perkantoran Pemprov Kalsel, Kota Banjarbaru, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, secara simbolis resmi menyerahkan hadiah Undian SIMPEDA KPE Periode IX Tahun 2023 kepada 6 (enam) dari 20 (dua puluh) orang total pemenang dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemprov Kalsel.

Acara ini merupakan kelanjutan dari pengundian yang telah dilaksanakan pada Rabu, 15 November 2023, di Kantor Pusat Bank Kalsel. Pemenang undian menerima hadiah secara langsung dari Gubernur Kalsel dengan didampingi oleh Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya dalam sebuah kegiatan apel gabungan yang memperlihatkan dukungan nyata terhadap ASN yang aktif menggunakan produk dan layanan Bank Kalsel.

Disela kegiatan, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya, mengungkapkan bahwa hadiah Undian Simpeda KPE bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi kepada para ASN yang konsisten memilih produk dan layanan Bank Kalsel.

“Kami akan lakukan upaya terus-menerus untuk para ASN tidak hanya memilih Bank Kalsel karena kepemilikan Pemerintah Daerah, tetapi juga agar ASN merasa memiliki dan menikmati kualitas produk dan layanan Bank Kalsel, salah satunya melalui pembenahan layanan Mobile Banking Aksel by Bank Kalsel,” ungkap Prasetya.

Salah satu penerima hadiah, Sutikno, ASN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, mengungkapkan rasa Syukur atas hadiah yang diterima oleh Bank Kalsel. Rencananya hadiah ini akan disumbangkan Sebagian untuk orang yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel atas hadiah yang diserahkan pada hari ini, tidak pernah menyangka bakal terpilih untuk menerima hadiah dari Bank Kalsel sebesar 10 juta rupiah, rencana hadiah ini akan saya gunakan untuk uang muka rumah nantinya,” ucap Sutikno.

Sebagai informasi, disela Apel Gabungan yang dilaksanakan hari ini Bank Kalsel memberikan hadiah kepada ASN berupa doorprize kepada peserta upacara di Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel untuk menunjukkan keterlibatan aktif bank dalam mendukung kegiatan komunitas di wilayah tersebut. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Giliran Tim Kuning Gubernur Kalsel Kalahkan Hulu Sungai Utara

Published

on

Tim kuning yang dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor lawan tanding futsal tim gabungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Tim kuning yang dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin kedatangan lawan tanding futsal tim gabungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Tim kuning mampu menang 60-3 melawan tim gabungan HSU di Lapangan Futsal Mahligai Pancasila pada Jumat (1/12) malam.

Teriakan semangat dan yel-yel ratusan warga memberikan semangat pada pemain futsal persahabatan antara Tim Paman Birin dengan tim gabungan warga Hulu Sungai Utara.

Kedatangan warga HSU yang didampingi Wahyudin Agus Faisal, Kordinator Kecamatan Danau Panggang Desa Manarap dan H. Khairullah, Kecamatan Danau Panggang Desa Teluk Mesjid memenuhi undangan Paman Birin yang diketahui sangat perhatian terhadap pengembangan olahraga di Banua.

Paman Birin pun turut senang atas kehadiran masyarakat Hulu Sungai Utara.

Paman Birin pun mengatakan semangat dan gemar berolahraga terus digelorakan kepada semua kalangan, tak terkecuali generasi milenial.

“Kami senang dapat bertemu dengan warga. Selain untuk meningkatkan imun juga sekaligus menjaga kekompakan serta mempererat silaturahmi dengan masyarakat yang selama ini sudah terjalin baik,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Arbani, meski desanya alami kekalahan 60-3 dan warganya hanya mencetak 3 gol aja dalam laga futsal gembira melawan tim Paman Birin, warganya sangat senang bisa bersilaturahmi dengan Gubernur Kalsel.

“Alhamdulillah, kami bisa bertemu dan bersilaturahmi secara langsung dengan Paman Birin, Gubernur kesayangan kita. Warga tampak begitu senang dan antusias,” kata Arbain, mewakili warga.

Sejak mau berangkat hingga pulang, masyarakat Hulu Sungai Utara sangat senang bisa bertemu dengan Paman Birin. Warga mendoakan Paman Birin selalu diberikan kesehatan dan selalu bergerak berbuat untuk kesejahteraan rakyat Banua. [adv/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Berikan Apresiasi Merdeka Belajar, Motivasi Terus Berinovasi dan Bergerak Mencetak Generasi Cerdas

Published

on

Pemberian penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pemberian penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah dapat semakin memperkuat kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Banua dan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya sebelum menyerahkan penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah di Hotel Aria Barito – Banjarmasin, Jumat (1/12) Malam.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, pendidikan merupakan faktor utama, yang mendorong kemajuan, dan perubahan yang lebih baik diberbagai lingkup kehidupan.

“Untuk itu, salah satu kunci untuk terus mencetak SDM yang berkualitas dan berdaya saing adalah pada penyelenggaraan pendidikan,” katanya

Paman Birin menambahkan, program pendidikan merdeka belajar adalah sebuah program kebijakan di bidang pendidikan, yang diharapkan dapat mendorong inovasi di lembaga pendidikan, serta meningkatkan kompetensi guru.

“Merdeka Belajar juga diharapkan mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa, karena mereka lebih banyak dilibatkan dan mereka belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ucap Paman Birin yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan Anugerah Kihajar 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang dengan penuh semangat, mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

“Semoga apresiasi yang diberikan malam ini, dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi, terus bergerak, dan memperkuat sinergi dengan stakeholders, demi mencapai tujuan bersama, yaitu mencetak generasi yang cerdas, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalsel, Yuli Haryanto menuturkan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan yang telah turut mensukseskan program Merdeka Belajar.

“Ada 14 Award yang kami berikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalsel serta apresiasi kepada komunitas belajar karena kolaborasi dengan mereka, secara nasional kita dapat penghargaan,” ucapnya

Yuli Haryanto berharap, melalui penghargaan ini dapat memotivasi dan memberi dampak positif bagi pengajar maupun murid. [adv/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Bantu 100 Mahasiswa UNISKA Beasiswa Rp 200 Juta

Published

on

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra, kepada Ketua Badan Pembina Yayasan Uniska Hj Rahmi Hayati Tadjudinnoor. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel kembali menunjukkan komitmennya terhadap dunia pendidikan di Banua melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan memberikan bantuan beasiswa sebesar Rp200 juta kepada 100 mahasiswa/i dari keluarga pra sejahtera yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra, kepada Ketua Badan Pembina Yayasan Uniska Hj Rahmi Hayati Tadjudinnoor, dengan disaksikan Wakil Rektor III UNISKA MAB Banjarmasin H. Idzani Muttaqin, ST., MT; Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi, perwakilan dari Divisi Usaha Syariah, dan Kepala Bank Kalsel Cabang Syariah Banjarmasin, Kamis (30/11/2023).

Dalam sambutannya, Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra, berharap agar bantuan ini merupakan program Pendidikan Bank Kalsel melalui UPZ dalam rangka mencerdaskan bangsa, sehingga dapat memberikan semangat baru bagi para mahasiswa/i penerima beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan mereka di UNISKA MAB Banjarmasin.

“Saya berharap dengan adanya bantuan ini mereka bisa bersemangat lagi untuk menempuh pendidikan hingga sarjana. Selain itu, bantuan beasiswa yang diberikan hari ini dari zakat Karyawan/I yang disisihkan 2,5% setiap bulannya begitu juga dari nasabah setia Bank Kalsel, yang kemudian dana tersebut dikelola dan diberikan kepada mereka sesuai dengan 8 asnaf, dan beasiswa yang disalurkan pada hari ini merupakan program Pendidikan untuk pelajar hingga mahasiswa/I pra Sejahtera yang sedang menempuh Pendidikan,” ucap Fatrya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Yayasan Uniska Hj Rahmi Hayati Tadjudinnoor menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan beasiswa dari Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang kemudian disalurkan kepada mahasiswa/i UNISKA MAB Banjarmasin. Semoga Bantuan ini bisa sedikit meringankan beban mereka untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya.

“Kita mengucapkan terima kasih atas berbagai bantuan dan kolaborasi yang telah diberikan oleh Bank Kalsel hingga saat ini. Tentunya kerjasama antara UNISKA dan Bank Kalsel dapat terus berkembang dan diharapkan kedepannya bisa terus dilanjutkan,” pungkas Rahmi.

Sebagai Informasi, bagi masyarakat yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu mereka yang membutuhkan, bisa berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Kalsel melalui UPZ. Donatur dapat menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui rekening Bank Kalsel Syariah dengan nomor 6500844928 (Zakat) dan 6500846214 (Infak dan sedekah) atas nama Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel dan bisa konfirmasi transfer melalui WA UPZ di nomor 0811505153. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Peduli Palestina, UPZ Bank Kalsel Ketuk Hati Generasi Muda

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Halo sobat Bank Kalsel, Kami mengajak dan mengetuk hati Sobat semua, mari bantu Saudara kita di Palestina
dengan menyalurkan Bantuan Donasi Kemanusian Peduli Palestina, Senin (27/11/2023).
Donasi dapat dilakukan melalui :
UPZ Bank Kalsel
6500 045 777
Atas nama : Donasi Bencana dan Kemanusiaan UPZ Bank Kalsel.
“Donasi sobat sekalian akan disalurkan ke Baznas Provinsi Kalimantan Selatan (@baznaskalsel) lalu diteruskan ke Baznas RI Pusat (@baznasindonesia),” ajak Pengelola UPZ Bank Kalsel dalam WA Grup.
Mari peduli pada sesama, mereka adalah Saudara kita. [adv/ad]
#maribantusesama
#donasipalestina
#bankkalsel
Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Serahkan Donasi Ke BAZNAS Kalsel Peduli Palestina

Published

on

Donasi diserahkan langsung Direktur Utama Bank Kalsel, Fachruddin, didampingi Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi dan pejabat lainnya. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan menerima donasi sebesar Rp168.586.500,- dari Bank Kalsel dalam acara penyerahan donasi “Membasuh Luka Palestina”.

Donasi ini merupakan hasil sumbangan dari karyawan Bank Kalsel, nasabah, dan masyarakat umum yang peduli terhadap kemanusiaan.

Donasi diserahkan langsung Direktur Utama Bank Kalsel, Fachruddin, didampingi Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi dan pejabat lainnya, pada awal pekan ini. Donasi diterima Ketua BAZNAS Kalsel, Irhamsyah Safari, didampingi para Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Kalsel.

Dalam sambutannya, Fachruddin menyampaikan, bahwa donasi ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak dan telah dilakukan selama satu bulan penuh.

“Semula kami tidak menduga respon karyawan, nasabah dan masyarakat sekitar begitu luar biasa. Donasi ini dibuka melalui rekening UPZ Bank Kalsel dan dibuka selama satu bulan penuh dan terus terbuka untuk donasi. Alhamdulillah, ternyata banyak pihak yang tertarik,” jelasnya.

Irhamsyah Safari, Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan sumbangan yang diberikan Bank Kalsel dan masyarakat umum.

“Donasi ini akan sangat bermanfaat untuk membantu warga Palestina yang sedang membutuhkan uluran tangan kita,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa donasi yang telah terhimpun saat ini, baik itu dari BAZNAS Kabupaten/Kota maupun pihak lain termasuk Bank Kalsel sudah mencapai kurang lebih Rp2 miliar.

“Donasi yang sudah terhimpun nantinya akan disalurkan melalui BAZNAS RI atas nama masyarakat Kalimantan Selatan untuk kemudian disampaikan kepada warga Palestina melalui kementerian luar negeri,” terangnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer