Operasi Semut Mengubah Wajah Kotor Plaza Selasar Timur JIS – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Jakarta

Operasi Semut Mengubah Wajah Kotor Plaza Selasar Timur JIS

Published

on

Plaza Selasar Timur Jakarta International Stadium (JIS) atau dulu dikenal sebagai Taman BMW. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Tersiar di media, penampakan sampah tercecer di area Plaza Selasar Timur Jakarta International Stadium (JIS) atau dulu dikenal sebagai Taman BMW. Wajah kotor kawasan publik tersebut disebabkan pengunjung yang meninggalkan sampah begitu saja. Pengunjung berasumsi ada petugas kebersihan yang akan membereskan. Kondisi tidak tersedia tempat sampah, tidak ada yang mengingatkan. Tampaknya budaya bertanggung jawab pada sampah sendiri, masih jauh dari harapan.

Operasi Semut hadir siang ini, Senin (8/8/2022) sebagai respon solutif untuk mengubah wajah kotor kawasan dengan menerjunkan 7 orang relawan. Tim yang berasal dari masyarakat setempat dimotori Akamsi (Anak Kampung Sini), melakukan pengambilan sampah secara manual disertai edukasi kepada pengunjung yang masih ada. Para relawan Operasi Semut mengajak pengunjung untuk berlatih disiplin bersama dan berperilaku teladan bersama.

Giat Operasi Semut merupakan aksi rutin para pemuda setempat bersama masyarakat dari berbagai latar belakang. Semudah menempatkan sampah pada tempatnya, karena perlu pembiasaan dan latihan, maka setiap aksi merupakan usaha untuk membiasakan diri menjadi teladan dan pada fase kolektif menjadi budaya baik.

Dari hasil giat operasi selama sekitar 45 menit saja, diperoleh sampah seberat 2,2 kg. Sampah tersebut dibawa ke lokasi pemilahan di Bank Sampah setempat.

Operasi Semut terbuka bagi sosok-sosok yang berkenan meluangkan waktu untuk mengambil peran menjadi generasi solusi, bukan penonton atau komentator.

Setidaknya, kehadiran Operasi Semut dapat memberi faedah bagi lingkungan, dalam menerjemahkan “Jakarta Sadar Sampah”. Kunci penting adalah setiap pribadi memastikan membawa kembali sampahnya hingga menemukan pewadahan sampah yang tepat apabila di lokasi ruang publik tidak tersedia tempat sampah.

Seiring harapan, dalam waktu dekat pihak pengelola JIS melakukan proses edukasi publik melalui signage, kru edukator dan petugas kebersihan yang bergerak rutin merawat kawasan. (Rohena/Azs)

Ekonomi

ASPI Dukung Konsolidasi Industri Sistem Pembayaran Nasional

Published

on

Bank Indonesia (BI) telah resmi meluncurkan infrastruktur pembayaran, yaitu BI-Fast pada Desember 2021. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) telah resmi meluncurkan infrastruktur pembayaran, yaitu BI-Fast pada Desember 2021. Direktur Eksekutif Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Djamin Nainggolan mengatakan, BI-Fast dibangun dalam rangka mendukung konsolidasi industri sistem pembayaran nasional dan integrasi ekonomi keuangan digital secara end-to-end.

BI Fast juga dibangun untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana yang lebih efisien, cepat (real-time), dan tersedia setiap saat.

Djamin mengatakan, BI-Fast hadir seiring dengan tumbuhnya transaksi digital di Indonesia. Menurut Djamin, pertumbuhan uang elektronik di Indonesia meningkat 10 kali lipat sepanjang 2016-2021. Pada 2016 tercatat ada sebesar 51 juta. Lalu, pada 2021 tercatat ada sekitar 575 juta transaksi elektronik.

“Tahap pertama BI-Fast pada Desember 2021 sudah kredit transfer dan masih akan dilengkapi fitur-fiturnya. Peserta juga akan lebih banyak. Pada tahap pertama ada 21 bank. Ada sekitar 128 peserta bank, yang akan masih terus bergerak”, seperti dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (3/10/2022).

Djamin meyakini, tren digitalisasi yang terus berkembang dapat mengurangi GAP antara bank besar maupun bank kecil di Indonesia. Sebab, pada akhirnya semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa memberikan kepuasan kepada nasabah.

Selain itu, lanjut dia, selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam tren perkembangan digital di dalam negeri dengan dapat meningkatkan kerjasama antara fintech maupun bank, mengingat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan ekosistem yang bisa menunjang berbagai layanan untuk pelanggan.

“Sebagai pemain kita sama-sama bisa lihat bahwa banyak tren menggunakan uang elektronik chip maupun server base, karena onboarding yang gampang, customer experience-nya berbeda dan tidak ribet kalau buka account,” kata dia. (ril/her/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Setahun Diberlakukan, STID Tanjung Priok Lampaui Target

Published

on

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok menjadi yang pertama di Indonesia yang menerapkan Single Truck Identification Data (STID). (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok menjadi yang pertama di Indonesia yang menerapkan Single Truck Identification Data (STID). STID ini merupakan upaya Pelindo dalam peningkatan pelayanan dan kelancaran distribusi barang karena angkutan barang lebih tertata dan terawasi sesuai dengan perintah yang diberikan oleh Dirjen Perhubungan Laut melalui Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor 803/DJPL/2021 tentang Penerapan Data Identifikasi Truk Tunggal (Single Truck Identification Data) di Pelabuhan Tanjung Priok. Sejak diresmikan Penerapan STID oleh Plt. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan tanggal 08 September 2021 jumlah kendaraan yang telah memiliki kartu STID sebanyak 23.439 melampaui dari target 20.000 kartu, Sabtu (1/10/22).

Penerapan STID merupakan sebuah sistem berbasis elektronik yang terintegrasi dengan asosiasi truk, cabang pelabuhan dalam hal ini Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dan terminal-terminal operator yang ada di wilayah pelabuhan. Sebelum diberlakukan STID, identitas truk pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok diterbitkan oleh masing – masing terminal sehingga tidak dapat digunakan antar terminal.

STID menjadi identitas tunggal setiap truk, dengan sistem berbasis elektronik yang terkoneksi dengan sistem IT manajemen pelabuhan yang berisi database meliputi kelayakan teknis truk dan pengemudinya, termasuk data nomor polisi kendaraan/truk serta pemilik/perusahaan angkutannya.

STID wujud dari sinergi dan kolaborasi Pelindo dengan stakeholders pemerintahan di pelabuhan, asosiasi truk dan perbankan untuk memonitor efektivitas arus truk di terminal pelabuhan.

Tujuan penerapan STID di Pelindo Regional 2 Tanjung Priok adalah penyeragaman sistem, sehingga armada truk apapun yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok harus cukup dengan menggunakan 1 (satu) kartu. Penerapan STID ini sangat perlu diterapkan untuk menertibkan perusahaan dan armada truk yang beroperasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan implementasi STID ini, identitas truk yang masuk ke dalam terminal di Pelabuhan Tanjung Priok akan berada dalam satu data base sehingga memudahkan dalam proses identifikasi dan monitoring truk, ujar General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, M Hadi.

Wilayah penerapan implementasi STID di Pelindo Regional 2 Tanjung Priok diantaranya Wilayah PT NPCT 1. Wilayah PT Jakarta International Container Terminal, Wilayah IPC Terminal Petikemas, Wilayah PT Pelabuhan Tanjung Priok, Wilayah PT Indonesia Kendaraan Terminal, Wilayah PT Multi Terminal Indonesia, Wilayah TPK Koja. dan Wilayah PT Nusantara Pelabuhan Handal.

Dalam mendukung penerapan STID di Pelabuhan Tanjung Priok, tidak hanya sistem dan infrastruktur yang dikembangkan namun juga dari sisi sumber daya manusia dalam hal ini pengemudi truk. Melalui program “Lebih Dekat Dengan Pengemudi” Pelindo Regional 2 Tanjung Priok telah memberikan training kepada para pengemudi di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain memberikan training sebagai komitmen dalam mendukung zero accident dalam berkendara, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan juga memberikan bantuan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sepatu keselamatan, rompi keselamatan dan helm keselamatan.

Pelindo Regional 2 Tanjung Priok terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap pelayanan kepelabuhanan yang handal serta mampu menekan biaya logistik nasional.

“Kita semua berharap bisa membuat Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan bertaraf internasional dan pelabuhan hub yang mencerminkan transparansi, kolaborasi, berdaya saing dengan penataan sistem informasi yang terintegrasi, ucap Capt Wisnu Handoko Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Tanjung Priok.(Rohena/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Ganjarist Satrel Macan Kemayoran Siapkan Deklarasi Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Published

on

Dukungan untuk Ganjar Pranowo menuju kursi RI-1 pada pemilu 2024. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Dukungan untuk Ganjar Pranowo menuju kursi RI-1 pada pemilu 2024 mendatang kembali mengalir. Hal ini di buktikan oleh Deklarasi yang akan di lakukan oleh Ganjarist Satuan Relawan (Satrel) Macan Kemayoran pada Sabtu mendatang (01/10/2022).

Meski pemilu masih dua tahun lagi, namun antusiasme masyarakat untuk mendukung mantan Gubernur Jawa Tengah ini semakin mencuat. Menurut rilis yang di kirim ke redaksi, Ganjarist Satrel Macan Kemayoran ini terbentuk atas insiasi masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Pusat dan di wilayah lain dalam perhelatan politik mendatang.

“Sore hari ini, kami adakan pertemuan untuk persiapan Deklarasi nanti. Selain dari Ganjarist sendiri yang akan hadir, kami juga mengundang Kornas Ganjarist untuk menyaksikan. Deklarasi yang kami lakukan nanti merupakan inisiatif dari kami, semua persiapan di lakukan secara mandiri dari pengurus dan anggota relawan,” pungkas ketua Ganjarist Satrel Macan Kemayoran Verdinand Sudargo.

Pria yang akrab di sapa Verdi ini menjelaskan, “kami melihat Ganjar merupakan sosok yang cocok untuk menjadi Presiden 2024 mendatang menggantikan Jokowi. Selain memang beliau memiliki pengalaman yang cukup di pemerintahan, Ganjar juga merupakan sosok yang visioner, nasionalis, humble dan merakyat,” terang Verdi.

Memiliki markas di bilangan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Deklarasi mulai di persiapkan jauh-jauh hari. Legal Satuan Relawan serta hal-hal teknis lainnya di bahas tuntas termasuk komunikasi dan koordinasi dengan Koordinator Nasional (Kornas) Ganjarist.

“Sore hari ini (Minggu, 25/09/2022) kami bahas tuntas persiapan-persiapan untuk Deklarasi agar semuanya berjalan lancar dan sukses. Koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti kornas, pengelola tempat untuk Deklarasi termasuk dengan masyarakat sekitar menjadi fokus kami termasuk sore hari tadi kami lakukan survey untuk Deklarasi,” tutup Verdi. (Subhan/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Samanta, Sosok Wanita Pengusaha Kena Tipu, Beberkan Kasus Menimpa Dirinya

Published

on

Samanta Wanita pengusaha Indonesia saat melakukan aksi. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Samanta Wanita pengusaha Indonesia yang cukup punya nama dan pergaulannya juga bukan kaleng – kaleng, Senin (12/09/2022).

Di hadapan Awak media’ Samanta Janda beranak 4 membeberkan krologis seluruh kejadian yang menimpa dirinya.

Niatnya untuk membesarkan ke 4 anaknya sepeningal suaminya, Samanta menerima tawaran kerjasama bisnis dari
Salah seorang yang mengaku pengusaha tambang batu bara yang punya nama , A Palaloi Tabrang.

Dengan iming-iming Keuntungan besar 100 JT Rupiah perbulan dan keuntungan – keuntungan lainya, sehingga membuat ibu samanta tertarik akan tawaran tersebut. Alhasil ratusan juta sampai milyaran Rupiah uang ibu Samanta Melayang.

Karena waktu yang dijanjikan jauh meleset dan akhirnya Samanta mengutus kepercayaannya untuk mengecek tambang batu bara tapi ternyata semuanya fiktif.

Dalam menjalankan modus operandinya
Aloy menunjukan Photo-photo di tumpukan batu bara, selfi di plang perusahan batu bara, bahkan selfi di dekat tongkang yang sedang lewat untuk meyakinkan pada Samanta akan kebenaran oroyek tersebut.

Karena iming-iming dashat itu dan niat Samata mencari tambahan untuk membesarkan ke 4 putra/putrinya, sejumlah uang yang diminta oleh A Palaloi pun
Dia transfer.

“Ternyata semua itu fiktif ” pungkas Samata sambil mengusap air matanya.

Samata berusaha terus menelusuri siapa A Palaloi sebenarnya, dan ternyata orang tersebut memang punya catatan hitam pernah terlibat catatan kriminal 26 Juni 2014.

Lebih lanjut Samanta mengatakan, saat ini dirinya cuma terus dijanji-janjikan yang tak kunjung ada akhirnya. Dirinya kembali ditipu dengan beberapa lembar cek kosong dari Bank Mandiri dengan nilai ratusan juta rupiah.

“Sampai saat ini Andi Palaloi tidak menunjukan itikad baiknya, bahkan dengan santainya dan seolah-olah tanpa dosa dia bilang akan Jadi Sultan nikel dan akan mencalonkan dirinya sebagai anggota DPR RI dari Partai Nasdem,” ujar Samanta.

Saya tidak punya kepentingan apa-apa, saya hanya menuntut hak saya agar uang saya dikembalikan beserta seluruh kerugian
Saya, dari total uang, total bunga bank yang saya bayar bertahun-tahun, janji keuntungan 100juta / bulan, dan lain-lain.

“Saya hanya minta kepada Ketua umum partai Nasdem Bapak Surya Paloh, apakah partai Nasdem mau mengusung orang yang cacat moral yang telah melakukan perbuatan melanggar hukum, menipu perempuan
Seorang janda yang beranak 4,” pungkas Samanta. (Rohena/wwn/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Diduga Depresi, Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta

Published

on

Seorang pria berinisial D (26) tewas mengenaskan usai tertabrak kereta. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Seorang pria berinisial D (26) tewas mengenaskan usai tertabrak kereta di perlintasan kereta api Green Garden, Kedoya Utara, Jakarta Barat, Jumat (9/9/2022). Korban diduga mengalami depresi.

Petugas Perlintas Rel, Sofyan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 9.30 WIB. Saat itu korban terlihat mondar-mandir di sekitaran rel.

Korban, lanjutnya, sempat diteriaki warga setempat untuk tidak berada di tengah perlintasan.

“Saya juga teriak bang, “kereta-kereta” saya tunjuk-tunjuk kereta,” katanya seraya memperagakan saat memberi peringatan pada korban, Jumat (9/9/2022).

Mendengar teriakan warga, korban pun kemudian pergi. Namun beberapa menit kemudian, tepatnya pada pukul 10.30 WIB, dirinya sudah melihat korban tertabrak kereta dengan posisi tengkurep.

Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk Iptu Rizky Ari Budianto mengatakan, korban diduga merupakan orang dalam keadaan gangguan jiwa (ODGJ). Meski demikian, ia belum dapat menjelaskan rinci terkait peristiwa itu.

Pihaknya hingga saat ini masih melalukan olah tempat kejadian perkara. “Infonya dari saksi gitu (ODGJ). Sekarang masih diselidiki lebih lanjut,” pungkasnya. (Azs)

Continue Reading

Jakarta

Polda Metro Jaya Siagakan 8.350 Personel, Amankan 3 Titik Jakarta Kenaikan Harga BBM

Published

on

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto : Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Polda Metro Jaya menyiagakan 8.350 Personel pengamanan aksi demo menolak penyesuaian kenaikan harga BBM di Jakarta hari ini, Jumat (9/9/2022). Massa demo hari ini terpusat di 3 titik yakni di DPR, Patung Kuda, dan kantor LBH Menteng, Jakarta Pusat.

“Hari ini sesuai pemberitahuan ada beberapa kelompok elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait BBM ini di DPR, Patung Kuda, dan LBH, Menteng, Jakarta Pusat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Beberapa elemen massa yang akan berunjuk rasa di antaranya dari komunitas ojol, dan sejumlah kelompok mahasiswa. Tuntutan massa adalah menolak kenaikan BBM.
“Kemudian ada elemen lain yang tidak memberitahukan, ini kita antisipasi dan kita awasi,” kata Kombes Zulpan.

Kombes Zulpan mengatakan pihaknya mengapresiasi massa yang menyampaikan pemberitahuan terkait aksi ke pihak kepolisian. Polisi mengimbau masyarakat yang akan melakukan unjuk rasa untuk tertib dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut, Kombes Zulpan mengatakan Polda Metro Jaya menyiapkan personel untuk mengawal dan menjaga pelaksanaan demo BBM hari ini.

“Untuk perkuatan pengamanan kita turunkan sebanyak 8.350 personel,” katanya.

Kombes Zulpan mengatakan tidak ada penutupan lalu lintas selama demo berlangsung. Penutupan lalu lintas dilaksanakan secara situasional.

“Untuk penutupan lalu lintas melihat kondisi di lapangan,” tuturnya. (Rohana/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Peluncuran Wisata Hukum, Inovasi Literasi Bagi Generasi Milenial Tingkatkan Kesadaran Hukum

Published

on

Forum Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara meluncurkan Wisata Hukum di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Forum Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara meluncurkan Wisata Hukum di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (08/09/2022). Dengan hadirnya Wisata Hukum ini menjadikannya sebagai literasi baru bagi generasi milenial sadar terhadap hukum sedari dini.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyambut baik inisiasi Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang menghadirkan gagasan awal terhadap pengenalan hukum sedari dini sehingga terwujudnya Wisata Hukum bagi generasi milenial.

Melalui Wisata Hukum ini, generasi milenial yang dalam hal ini diwakilkan kalangan pelajar semakin menyadari dan mengenali hukum sehingga menjauhi potensi berhadapan dengan pelanggaran hukum.

“Baru saja kita luncurkan Wisata Hukum. Ini konsepnya berwisata tapi berisi tentang bagaimana pelajar bisa mengenal hukum sehingga timbul kesadaran hukum sehingga dapat menjauhi potensi-potensi pelanggaran hukum atau menjauhi hukuman,” kata Ali Maulana Hakim saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (8/9).

Ali menjelaskan Wisata Hukum ini merujuk pada kerangka utama dalam menghadirkan Kota Layak Anak (KLA) di Jakarta Utara yang kini menyandang kategori Nindya.

Dengan mengikuti Wisata Hukum, setidaknya pelajar akan memiliki pengalaman baru yang dapat diketuktularkan kepada teman, keluarga, saudara, maupun tetangga di lingkungan rumah sehingga kesadaran hukum masyarakat Jakarta Utara meningkat.

“Pelajar harus kita kenali hukum, bukan hanya dengan membaca, tapi perlu ada pengalaman bagaimana proses dan tahapan penegakan hukum. Ini juga motivasi kita mewujudkan program pemerintah, Kota Layak Anak, supaya kita benar-benar mengarah ke sana. Kalau Jakarta Utara sudah layak untuk anak, apalagi untuk dewasa,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Atang Pujiyanto menerangkan Wisata Hukum ini memantapkan program penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang telah dilakukan sebelumnya.

Rombongan pelajar yang merupakan perwakilan sejumlah sekolah difasilitasi bus untuk mengunjungi kantor penegak hukum seperti Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, hingga Lembaga Permasyarakatan.

“Jadi Wisata Hukum ini sebetulnya program penyuluhan hukum terhadap anak-anak di sekolah yang sebelumnya kita hadirkan program JMS (Jaksa Masuk Sekolah). Harapan kami dengan mengikuti Wisata Hukum ini pelajar bisa melihat, mendengar, mengetahui, dan merasakan secara langsung proses penegakan hukum sehingga menjadi pengalaman baru. Sehingga nantinya diharapkan generasi milenial bisa menjauhi hukuman dan memberikan informasi-informasi berkaitan dengan penegakan hukum,” tutup Atang Pujiyanto. (Rohena/Azs)

Continue Reading

Jakarta

Jalin Kemitraan, Bank Artha Graha Internasional Teken MoU Dengan JMSI

Published

on

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Wakil Direktur Utama PT Bank Artha Graha Internasional Christina Harapan, Direktur Indrastomo Nugroho, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bank Artha Graha Internasional dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait Kerjasama Kemitraan pada hari ini, 8 September 2022 bertempat di ruang serbaguna Gedung Artha Graha SCBD.

Penandatangan Nota Kesepahaman ini dilakukan dalam upaya menjalankan kemitraan antara dua belah pihak dalam hal pengembangan kapasitas kewirausahaan dalam jaringan JMSI dan juga sebagai upaya penyebaran informasi positif dan konstruktif di masyarakat.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Wakil Direktur Utama PT Bank Artha Graha Internasional Christina Harapan, Direktur Indrastomo Nugroho, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, dan Ketua Bidang Kesekretariatan JMSI Ari Rahman.

Christina Harapan mengatakan bahwa ia menyambut baik kerjasama ini dimana JMSI dapat memanfaatkan produk dan jasa yang dimiliki oleh PT Bank Artha Graha Internasional.

“Fasilitas yang dapat dimanfaatkan JMSI diantaranya fasilitas pinjaman modal kerja untuk mengembangkan media, khususnya media online dan kemudahan dalam mengakses jaringan Perbankan Nasional.” ujarnya.

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa mengatakan bahwa, kerjasama ini diharapkan dapat membantu para wartawan terutama dari segi kewirasusahaan dan peminjaman modal.

“Saya berharap kerjasama ini dapat memberi energi tambahan bagi kawan-kawan kami yang mengelola media siber di daerah-daerah,” harap Teguh.

Teguh berharap, nota kesepahaman dengan PT Bank Artha Graha Internasional ini dapat dijadikan payung dalam meningkatkan kesejahteraan wartawan di perusahaan pers anggota JMSI.

JMSI Pusat nantinya akan melakukan penilaian dan memberikan rekomendasi mengenai anggotanya yang ingin menggunakan fasilitas pinjaman modal kerja yang diberikan Bank Artha Graha Internasional. Sehingga bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran. [ad/rls]

Continue Reading

Jakarta

Pocari Sweat Bintang SMA 2022 Digelar, Harapkan Jadi Inspirasi Positif Lintas Generasi

Published

on

Dari kiri ke kanan: Daniel Mananta selaku Pemandu Acara, Puspita Winawati selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Reza Rahadian dan Eka Gustiwana, selaku Panelis Juri Bintang SMA 2022. (Foto//Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – POCARI SWEAT dengan bangga mengumumkan kembalinya BINTANG SMA 2022, ajang pencarian bakat online satu-satunya untuk siswa SMA atau sederajat tingkat nasional. Konsisten mengusung komunikasi “Sweat for Dream” sebagai bentuk dukungan untuk anak-anak muda yang ingin mewujudkan mimpi dengan usaha dan keringat. Hadir sebagai narasumber di konferensi pers yang dibawakan Daniel Mananta hari ini adalah Puspita Winawati, Reza Rahadian, dan Eka Gustiwana.

Sejak pertama digelar di tahun 2019, BINTANG SMA telah sukses menggalang bakat remaja Indonesia dari berbagai bidang, seperti musik dan tari, olahraga, hingga content creation yang menjadi talenta pemenang BINTANG SMA tahun lalu. Semangat juang dan kreativitas ribuan partisipan dari 157 kota inilah yang memotivasi POCARI SWEAT untuk terus berinovasi menjadi wadah bagi generasi muda menunjukkan talenta dan kreativitasnya.

“POCARI SWEAT kembali lagi dengan BINTANG SMA di tahun keempatnya karena setiap tahun kita selalu temukan bakat-bakat yang semakin variatif dan partisipasi dari kota-kota yang semakin luas. Dan kita merasa potensi bakat dari anak-anak SMA di Indonesia ini sangat luar biasa. Untuk itu, harapan kami, semangat mengejar mimpi yang ditunjukkan anak-anak SMA ini tidak hanya berhenti menginspirasi di mereka saja, tapi bisa menularkan inspirasi tersebut ke lintas generasi. Dengan harapan, semakin banyak orang yang tidak berhenti mengejar mimpi mereka, dengan usaha dan keringat,” ujar Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati yang biasa dipanggil Wina, Selasa (6/9/22).

“Setiap orang memiliki bakat yang berbeda, dan di BINTANG SMA, kami mendukung apapun bakatmu. Di masa SMA itu masa yang tepat untuk mengasah bakat kalian. Karena semua pencapaian yang besar dimulai dari mimpi yang besar, tekad yang kuat, dan kepercayaan diri,” ujar Eka Gustiwana, musisi yang tahun ini menjadi salah satu panelis juri BINTANG SMA 2022.

Tahun ini, BINTANG SMA berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Ruangguru, dan Narasi untuk menghadirkan pengalaman seru dan edukatif bagi para peserta. Di BINTANG SMA 2022, POCARI SWEAT juga membawa panel juri dengan figur-figur yang inspiratif dan memiliki segudang pengalaman di bidangnya yaitu Najwa Shihab, Cinta Laura, Reza Rahadian, dan Eka Gustiwana. Para juri akan memberikan bimbingan, berbagi pengalaman mereka, serta menilai bakat-bakat dari peserta BINTANG SMA 2022. Tidak hanya itu, pemenang BINTANG SMA 2022 juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi di Jepang dengan salah satu juri.

“Pemenang BINTANG SMA 2022 akan menjadi brand ambassador dari POCARI SWEAT dan juga mendapatkan special project di Jepang dengan salah satu juri. Harapannya agar BINTANG SMA bisa menghasilkan karya yang menjadi milestone untuk anak-anak SMA yang berpartisipasi dan kelak menjadi portofolio mereka di masa depan,” Wina menambahkan.

Aktor Indonesia, Reza Rahadian mengatakan, “Sebagai juri tahun lalu yang diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pemenang BINTANG SMA, saya sangat impressed. Saya yakin dengan bimbingan yang tepat, dan wadah seperti BINTANG SMA ini, anak-anak SMA ini bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Saya sudah tidak sabar untuk memulai tugas saya sebagai juri kembali dan menantikan talenta-talenta baru bermunculan di BINTANG SMA 2022.”

Untuk mengikuti kompetisi BINTANG SMA 2022, caranya sangat mudah. Rekam bakatmu sekreatif mungkin, lalu unggah videomu ke media sosial Instagram, Twitter, TikTok kamu, atau ke website BINTANG SMA dengan tagar #BintangSMA2022 dan tag @pocariid. Periode submission video ini akan dibuka hingga 12 Oktober dan selanjutnya para finalis akan mengikuti serangkaian acara yang diisi oleh para juri dan experts, hingga ke Grand Final tanggal 19 November di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Informasi lebih lanjut mengenai BINTANG SMA 2022 dapat mengunjungi akun media sosial Instagram @pocariid atau website pocarisweat.id/bintangsma.

Tentang POCARI SWEAT
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Saat ini, ada beberapa varian kemasan POCARI SWEAT yaitu kaleng 330mL, sachet 13 gr, botol PET 350mL, 500mL, 900mL, dan 2L.

Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengkonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan Pengawet, Pemanis Buatan, Soda dan Kafein, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?
Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Bekerja di ruangan ber-AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin, dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml, dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, sprei, dan lain-lain. Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh.

Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti, maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah. Menurut penelitian, dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat, dengan cara mengeluarkan keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya.

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh.

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK?
Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.
Minuman isotonik memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis.

Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonik, dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonic, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonic dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

Tentang PT. Amerta Indah Otsuka
PT. Amerta Indah Otsuka berdiri sejak 1997, merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Memiliki total jumlah karyawan lebih dari 1300 orang dan berkantor pusat di Wisma Pondok Indah Lt. 6, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V – TA, Jakarta 12310. Memiliki dua buah pabrik yang berlokasi di Jl. Siliwangi Km. 28, Kp. Sindangresmi RT. 07/04, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi 43359 dan di Jl. Raya Pasuruan- Malang KM 11, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kab Pasuruan 67172.

PT. Amerta Indah Otsuka didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk yang berada dibawah naungan PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT – minuman isotonik pengganti ION tubuh, SOYJOY – camilan sehat dari kedelai, ION WATER – minuman isotonik rendah kalori, ORONAMIN C – minuman bervitamin mengandung madu, dan FIBE MINI – minuman serat yang bantu penuhi kebutuhan serat harian.

PT Amerta Indah Otsuka telah mendapatkan berbagai sertifikasi ISO antara lain ISO 9001:2008 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 22000:2005 (Sistem Keamanan Pangan) dan ISO 14001:2004 (Sistem Manajemen Lingkungan).

Untuk informasi tambahan:
Corporate Communication
PT Amerta Indah Otsuka
IDA 081290623035

Continue Reading

Umum

Populer