Pembentukan Prodi Kedokteran Dikebut – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kaltara

Pembentukan Prodi Kedokteran Dikebut

Published

on

Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH. M.Hu, hadir secara langsung pada agenda penandatanganan. Proses penandatanganan MoU oleh Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si dan Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. (Foto/Ist) 

YOGYAKARTA, SuaraBorneo.com – Pembentukan Program Studi Kedokteran Universitas Borneo Tarakan (UBT) segera segera terwujud. Informasi menggembirakan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama UBT dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Ruang Sidang Pimpinan Gedung Pusat UGM, Senin (8/8/2022).

Penandatanganan MoU ini mendapat dukungan langsung dari Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH. M.Hu. Bentuk dukungannya, dengan hadir secara langsung pada agenda penandatanganan. Proses penandatanganan MoU oleh Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si dan Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D.

Di mana MoU tersebut berisi perjanjian kerjasama kedua perguruan tinggi itu tentang pendampingan pendirian dan penyelenggaraan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter UBT.

“Hal ini suatu kebahagiaan bagi saya karena bisa hadir di UGM dan juga kabar gembira yang akan saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Kaltara,” kata Gubernur.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini adalah pendampingan review borang, pendampingan pemenuhan tenaga pendidik (dosen), pendampingan staff development bagi dosen baru dan/atau laboran, pendampingan proses belajar mengajar, dan peningkatan kompetensi SDM dosen melalui studi lanjut dengan jangka waktu 5 tahun.

Gubernur menjelaskan peningkatkan mutu dunia pendidikan dan kesehatan di provinsi ke 34 ini merupakan salah satu program kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara yang mendapat perhatian khusus. Karena itu melalui penandatanganan MoU terkait pembentukan Prodi Kedokteran UBT menjadi komitmen serius yang bidang pendidikan dan kesehatan.

Gubernur juga sedikit menceritakan kilas balik rencana pembentukan Prodi Kedokteran UBT. Di mana hal itu langsung disambut baik oleh segenap pihak. Alhasil, belum setahun pembentukan prodi ini terus berprogress hingga penandatanganan MoU.

“Rektor UBT bersama beberapa perangkat bertemu saya menyampaikan terkait pendirian Prodi Kedokteran. Saya bilang ayo kita bergerak cepat. Saya tidak mau berjalan lambat. Ayo kita wujudkan sehingga belum ada setahun ada beberapa dokumen yang sudah selesai,” jelasnya.

Ia mengungkapkan kehadiran Prodi Kedokteran ini nantinya dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan khususnya dokter-dokter yang kelak mampu bersama Pemerintah Daerah mengentas permasalahan kesehatan di Bumi Benuanta.

Gubernur menjelaskan pembentukan Prodi Kedokteran UBT menjadi prioritas pemerintah. Menurutnya, Kaltara merupakan wilayah yang strategis untuk meningkatkan layanan kesehatan.
“Kaltara memang saya prioritaskan untuk membuka Prodi Kedokteran. Sebab lokasinya di wilayah perbatasan,”katanya.

Ia menyebut, Kaltara membutuhkan distribusi dokter yang berkualitas. Khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan. Sebab, dokter memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan daerah.

“Jadi memang kekurangan tenaga medis yang masih banyak, sehingga mudah-mudahan hadirnya Prodi Kedokteran UBT ini bisa membantu peningkatan sumberdaya manusia (SDM) di bidang kesehatan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kaltara ini adalah berharap nantinya putra-putri Kaltara dapat diprioritaskan saat penerimaan calon mahasiswa. “Saya nanti menghadap Mendikbud RI, untuk menyampaikan ini sehingga lulusan pertama Prodi Kedokteran UBT adalah putra-putri Kaltara,”tuntasnya. (mdd).

Kaltara

Gubernur Inspektur Peringatan HUT Ke-77 TNI Di Halaman Yonif R 613/RA

Published

on

Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.hum, menghadiri sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI 2022. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.hum, menghadiri sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI (Tentara Nasional Indonesia) tahun 2022.

Kegiatan yang dirangkai dengan syukuran ini dipusatkan di halaman upacara Batalyon Infanteri Raider 613/Raja Alam, Tarakan, Rabu (5/10).

Hadir Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han., Komandan Korem 092/Maharajalila Kolonel Arm Ari Estefanus, S.Sos, MSc., Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han., Komandan Yonif 613/RJA Letnan Kolonel Inf Alisun, Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes., unsur Forkopimda Kota Tarakan, dan seluruh prajurit TNI Yonif 613/RJA.

Dalam upacara tersebut, Gubernur membacakan sambutan Panglima TNI, Andika Perkasa, yang mengatakan bahwa berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.
Diantaranya, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) per 24 Juni 2022, mencatat TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen.

Sedangkan terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) per 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.

Demikian juga, lanjut Gubernur, hasil lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), per 27 September 2022, yang merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93,5 persen.
Panglima TNI menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat, dengan bertindak dan berucap sesuai tugas pokok TNI. “TNI Adalah Kita”.

Sementara dalam sambutannya, Gubernur Zainal Arifin Paliwang mengatakan TNI atau Tentara Nasional Indonesia, lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman penjajah. Sehingga keberadaan tentara di suatu negara sangatlah penting, begitu pula TNI bagi Indonesia.

Tak terkecuali Kaltara, keberadaan TNI sangatlah penting. Kaltara yang notabene berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, perlu mendapat perhatian khusus dalam hal penjagaan dan keamanan sebagai beranda terdepan NKRI.

Gubernur pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja keras segenap jajaran TNI di Provinsi Kaltara, yang telah turut menjaga keamanan di perbatasan.
“Dengan amannya suatu wilayah, maka segalanya akan lebih mudah, perekonomian akan terus bergerak dan masyarakat akan semakin makmur.

Selamat HUT ke-77 TNI, terus menjadi TNI yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indoensia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandasakan gorong-royong,” katanya dalam acara ramah tamah peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022.

Ia juga mengajak TNI untuk selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat HUT ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia, tetaplah bekerja dengan ketulusan, karena TNI selalu dekat dengan rakyat, TNI Adalah Kita,” tutupnya. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Kejurnas Road Race Hadirkan Doni Tata

Published

on

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor (Road Race) Gubernur Kaltara Cup 2022 sukses digelar. (Foto/Ist) 

KALTARA, SuaraBorneo.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor (Road Race) Gubernur Kaltara Cup 2022 sukses digelar. Agenda yang berlangsung selama dua hari itu merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Provinsi Kalimantan Utara.

Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH,M.Hum juga berkesempatan menjajal sirkuit balap Bumi Rahayu. Seperti pebalap pada umumnya, orang nomor 1 di Kaltara ini beradu kecepatan dengan pebalap nasional, Doni Tata Pradita.

Kehadiran Doni Tata Pradita di provinsi ke 34 ini tidak hanya menjajal sirkuit balap dengan Gubernur. Melainkan juga memberikan coaching clinic kepada seluruh pebalap yang ada di Kaltara.

Gubernur mengungkapkan, Kejurnas balap motor ini menjadi wadah generasi muda yang memiliki hobi memacu adrenalin. Selain itu, juga dapat mengasah kemampuan dan mengejar prestasi.

“Alhamdulillah, sejak dibuka kegiatan Kejurnas Road Race Gubernur Kaltara Cup tahun 2022 ini dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai harapan kita semua, hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen panitia dan juga para pebalap,” katanya, Ahad (2/3).

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada juara yang berhasil memenangkan ajang tahunan itu. “Selamat kepada para pemenang Kejurnas Road Race Gubernur Kaltara Cup tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama menjunjung tinggi semangat sportivitas, menang dan kalah sudah biasa di dalam sebuah kompetisi jadikan motivasi untuk maju dan berkembang,” terangnya.

Gubernur berharap semoga dari kegiatan ini akan lahir pebalap profesional dan berintegritas tinggi. Serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki di daerahnya masing-masing terlebih di tingkat internasional.

Selain pebalap Kaltara, peserta yang mengikuti kejurnas sebanyak 110 pebalap dari beberapa provinsi di Indonesia. Seperti dari provinsi Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah. Sedangkan pulau Jawa diikuit pebalap dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Kunker TP-PKK Kaltara di Jateng, Siti Atikoh Ganjar Beri Pujian

Published

on

Ketua Tim Penggerak (TP), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rachmawati Zainal, S.H., beserta Wakil Ketua, Ping Yansen, foto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo S. H., M.I.P., beserta istri. (Foto/Ist) 

SEMARANG, SuaraBorneo.com – Ketua Tim Penggerak (TP), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rachmawati Zainal, S.H., beserta Wakil Ketua, Ping Yansen, melakukan sejumlah Kunjungan Kerja (Kunker) di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dalam rangka meningkatkan kapasitas kader PKK Kaltara.

Tiba di Provinsi Jawa Tengah, rombongan TP-PKK Kaltara disambut oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo S. H., M.I.P., beserta istri yang juga selaku Ketua TP-PKK Jawa Tengah, Hj. Siti Atikoh Ganjar di Rumah Jabatan Puri Gedeh, Gubernur Jawa Tengah, Kamis (29/9/22).

“Senang bisa dikunjungi ibu-ibu dari Kaltara. Saya kebetulan salah satu yang ikut memproses berdirinya Provinsi Kaltara. Waktu itu, saya masih di komisi II (DPR-RI). Saya bahkan pernah berkunjung ke sana (Kaltara), mudah-mudahan Kaltara ini menjadi provinsi yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ujar orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut.

Ganjar mengatakan, saat berkunjung ke Kaltara, dirinya melihat banyak masyarakat transmigran asal Jawa Tengah yang hidup dan bermukim lama di Bumi Benuanta-Kaltara.
“Mudah-mudahan ini cara bersinergi anak bangsa di manapun berada khusus di Kaltara,” ujarnya
Sementara, Siti Atikoh Ganjar menyebutkan telah banyak berdiskusi dengan Rachmawati Zainal juga Ping Yansen mengenai masing-masing potensi yang bisa diterapkan baik di Jawa Tengah (Jateng) maupun di Kaltara.

“Tantangan masing-masing daerah berbeda. Kalau kami disini jumlah penduduknya yang banyak, sementara di Kaltara itu masalah geografis, banyak tantangan. Namun, ibu-ibu PKKnya tetap semangat sekali saya lihat ketika mengikuti pembinaan di tiap pulaunya,” puji istri orang nomor satu di Jateng tersebut.
Dirinya juga memberikan kesan khusus terhadap kedua pemimpin TP-PKK Kaltara.

“Supel sekali dan cepat akrab. Memang beberapa kali bertemu di acara nasional jadi sudah saling mengenal. Kebetulan Ibu Gubernur paham sekali wilayah Jateng karena lama di sini, kemudian dengan Ibu Wagub juga kita beberapa kali bertemu di acara PAUD dan beberapa acara nasional. Tapi dengan seperti ini, acaranya lebih informal tambah lebih akrab lagi,” tutupnya.
Selanjutnya, acaara ditutup dengan saling bertukar cinderamata dan plakat antara TP-PKK Kaltara dan TP-PKK Jateng. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Rakor Brigdalkarhutla, Perkuat Sinergi dan Koordinasi Cegah Karhutla

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum, menghadiri Rapat Koordinasi Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Rakor Brigdalkarhutla). (Foto/Ist) 

DENPASAR, SuaraBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum, menghadiri Rapat Koordinasi Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Rakor Brigdalkarhutla) dalam rangka Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) di wilayah Provinsi Kaltara berlangsung di Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I, Denpasar Bali, Rabu (28/9).

Selain astisipasi penangangan Darkarhutla, kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kaltara itu, turut dilakukan guna Optimalisasi Kinerja Brigdalkarhuta pada Dinas Kehutanan Provinsi Kaltara.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltara hadir didampingi oleh Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dr Bustan, SE.,M.Si., serta Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltara, Syarifuddin.

Dikatakan, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Salah satunya, meminta seluruh unsur pemerintah di daerah baik gubernur, bupati, wali kota untuk terus meningkatkan kewaspadaan akan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang, dalam sambutannya menuturkan bahwa setiap tahunnya, Pemprov Kaltara rutin mengeluarkan Surat Edaran (SE) perihal antisipasi pencegahan Karhutla ke seluruh wilayah Kabupaten dan Kota se-Kaltara.

Pemprov juga mendorong peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dengan membentuk masyarakat peduli api pada setiap desa-desa yang rawan terjadi Karhutla.

Menurutnya, langkah-langkah tersebut diharapkan mampu menurunkan angka terjadi Karhutla di Provinsi Kaltara.
Gubernur berharap melalui kegiatan Rakor Brigdalkarhutla ini, dapat menyatukan niat dan komitmen bersama dalam menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan khususnya di Provinsi Kaltara melalui tindakan yang serius, cepat dan terukur.

“Diharapkan rakor ini dapat memperkuat sinergi dan koordinasi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan secara komprehensif di Provinsi Kaltara, melalui pencegahan, sumber daya manusia, dan teknologi,” pungkasnya. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Launching SOA Barang Ke Krayan

Published

on

Kebijakan Subsidi Ongkos Angkut (SOA). (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Kebijakan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Barang menjadi langkah solutif dalam menekan disparitas harga di wilayah perbatasan dan pedalaman di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Terbukti, lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara tahun 2021, tercatat realisasi layanan SOA Barang mencapai 100 persen.

Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara kembali melaksanakan Program SOA Barang ke wilayah perbatasan Kaltara. Hal ini ditandai dengan dilaunchingnya Program SOA Barang rute Tarakan-Krayan di Terminal VIP, Bandar Udara Juwata, Kota Tarakan, Sabtu (24/9).

“Sesuai dengan program yang kita rencanakan, kita ingin membantu masyarakat di perbatasan dan pedalaman yang jauh dari jangkauan. Kita ingin harga barang di perbatasan sama dengan harga yang ada di Tarakan atau Bulungan,” ujar Gubernur Zainal dijumpai usai kegiatan.

Gubernur Zainal mengatakan, kepedulian ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kaltara yang wilayahnya sulit dijangkau sehingga diperlukannya moda transportasi udara untuk menjangkaunya.

“Pemprov Kaltara sangat peduli atas kebutuhan sembako masyarakat perbatasan, sehingga melalui APBD Kaltara SOA Barang dianggarkan untuk membantu transportasinya,” jelasnya.

Kucuran anggaran SOA Barang tahun 2022 sendiri dianggarkan senilai Rp 8.625.330.000, diperuntukkan ke 14 titik lokasi wilayah perbatasan dan pedalaman Kaltara.

Di mana, titik lokasi itu diantaranya Kecamatan Mentarang Hulu, Kecamatan Sungai Tubu, Kecamatan Kayan Hulu, Kecamatan Pujungan, Kecamatan Bahau Hulu, Kecamatan Lumbis Hulu, Kecamatan Lumbis Pansiangan, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sei Menggaris, Kelurahab Sebakis, Daerah Krayan, Kecamatan Sungai Boh, dan Kecamatan Kayan Hilir.

“Tiap tahun berlanjut, dan mungkin tahun depan (2023,red) polanya akan kita revisi lagi, bukan lagi lelang per barang tetapi ada mekanisme lain seperti sewa/kontrak pesawat,” ungkapnya.
Melalui SOA Barang, dengan mensubsidi transportasi diharapkan dapat menekan tingginya harga kebutuhan pokok di wilayah Perbatasan.

“Saya minta agar barang yang sudah disubsidi angkut jangan terlalu mahal, karena untuk menekan inflasi”, tambahnya.

Sebagai informasi, launching SOA Barang dengan rute Tarakan-Krayan ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Zainal, sekaligus meninjau secara langsung angkutan udara yang nantinya digunakan untuk mendistribusi barang-barang kedaerah pedalaman Kaltara.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zainal didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr Bustan, SE., M.Si., Kaban Pengelola Perbatasan Daerah, Dr Udau Robinson dan Kepala Disperindagkop-UKM, Hasriyani, SH., M.M. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Maksimalkan Potensi Hasil Laut Kaltara

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang SH. M.Hum bertemu Kelompok nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah (Jateng). (Foto/Ist) 

SEMARANG, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H .Zainal A. Paliwang SH. M.Hum bertemu Kelompok nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah (Jateng) di Rinjani Room Hotel Grand Arkenso Kota Semarang-Jawa Tengah, Kamis (22/9).

Disaksikan Gubernur Zainal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara, Rukhi Syayahdin menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) antara Pemprov Kaltara dengan HNSI Jateng yang diketuai Riswanto dan DKP Provinsi Jateng oleh Kepala DKP Provinsi Jateng, Fendiawan Tiskiantoro tentang pemanfaatan sumber daya ikan. Para pihak bersepakat untuk melakukan PKS Andon Penangkapan Ikan.

Dengan maksud terjalin kerjasama dibidang Kelautan dan Perikanan, serta tujuan untuk mempermudah koordinasi penanganan, perizinan dan pengawasan terhadap nelayan Andon.

“Kami dari Kaltara ingin sekali meningkatkan pendapatan nelayan di Kaltara yang area tangkapnya dapat dimaksimalkan,”kata Gubernur.

Untuk itu, Gubernur menyambut baik HNSI Jateng yang ingin membantu mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan di Bumi Benuanta yang sangat menjanjikan.

“Saya bersyukur bahwa HNSI Jateng dengan Kaltara bisa bekerjasama untuk kemudian kita ujicoba mungkin 5-6 kapal. Yang hasilnya dapat kita lihat dalam waktu singkat,”terangnya.

Ia menghimbau, untuk dapat segera mempersiapkan rancangan kegiatan untuk perariran Kaltara dengan jangka waktu 5 tahun. “Masalah BBM, masalah keamanan kemudian masalah logistik tidak usah khawatir karena akan kita jamin itu semua. Kita akan melakukan koordinasi dengan Danlantamal dan Kapolda Kaltara,” bebernya.

Sebagai informasi, Andon Penangkapan Ikan adalah kegiatan Penangkapan Ikan di laut yang dilakukan oleh Nelayan dan Nelayan Kecil, dengan menggunakan kapal penangkap ikan berukuran sampai dengan 30 (tiga puluh) gross tonnage dengan daerah Penangkapan Ikan sesuai tanda daftar kapal perikanan andon atau surat tanda penangkapan ikan andon.

Tujuannya, mencari fishing ground yang masih potensial, menghindari musim paceklik, menghindari cuaca buruk, mengikuti ruaya ikan, efisiensi biaya penangkapan dengan mencari lokasi yang terdekat dengan fishing ground Overexploited di daerah asal. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Bantu Lansia Veteran Hingga Kunjungi Berbagai Sekolah

Published

on

Anggota Forum Group Discussion (FGD) Forkopimcam Tarakan. (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltara, Hj. Rachmawati Zainal, S.H., mengunjungi Kabupaten Nunukan. Kedatangan Rachmawati disambut oleh Ketua TP-PKK Nunukan, Hj. Sri Kustarwati Hanafiah, Wakil Ketua TP-PKK Nunukan, Katriana Sophia Serfianus dan Camat Nunukan, Hasan Basri.

“Kita beri bantuan anak gizi buruk, lansia dan veteran. Masyarakat senang sekali dan ingin selalu ada kegiatan seperti ini. Mereka menjadi lebih bersemangat, karena orang-orang tua itu butuh perhatian,” ujar Rachmawati.

Dimana agenda tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara dalam hal pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga masyarakat. Rachmawati juga berbagi pakaian sekolah untuk anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Selain memberikan beragam jenis bantuan di Nunukan, TP-PKK bekerjasama dengan BNNP juga mensosialisasikan bahaya Narkoba.
“Kami sudah memilih anak muda untuk menjadi duta anti narkoba dan oleh BNN, PKK Kaltara adalah yang pertama melaksanakan dengan memberdayakan masyarakat,”terangnya.

Ia mengingatkan pada tiap kesempatan agar para pejabat hadir di tengah masyarakat, mendekati dan mendengarkan keluh kesah masyarakat.
“Harus sering turun ke lapangan, bukan mereka mendekati kita tapi kita lah yang mendekati mereka, seperti lansia, tidak mungkin kalau ada curhatan hatinya, tidak mungkin mereka yang datang.

Kita yang diberi amanah kitalah yang mendekati mereka,” jelasnya
Rachmawati juga langsung mengunjungi rumah salah satu warga disabilitas untuk langsung menyerahkan bantuan berupa kursi roda dan bantuan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Rachmawati beserta rombongan juga mengunjungi SMKN 1 Nunukan untuk melaksanakan kampanye anti-narkoba bersama BNNP Kaltara.

Kemudian, dilanjutkan mengunjungi Pondok Pesantren Ibadurrahman Boarding School serta Panti Asuhan Yatim-Piatu Aisyiyah untuk menyerahkan beragam bantuan mulai dari makanan seperti beras dan telur, hingga alat-alat olahraga agar anak-anak lebih berprestasi khususnya di bidang olahraga.

Ke-esokan harinya sebelum bergerak menuju Sei Menggaris Rachmawati berkunjung ke Sekolah Menengah Atas Katolik Frateran Santo Gabriel dan SMP Katolik Yashinta, Nunukan Selata.

Di sana ia melakukan ramah tamah bersama masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah lama bermukim di wilayah perbatasan negara dan pada kesempatan tersebut kembali menyerahkan berbagai bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat dan anak sekolah. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Tinjau Progres Pembangunan Toko Indoensia di Sebatik

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum, Senin (19/9) meninjau progres pembangunan Pasar Modern berupa “Toko Indonesia”. (Foto/Ist) 

KALTARA, suaraborneo.com – Usai tanam perdana sawit rakyat di Desa Tanjung Aru, Sebatik Tengah. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum, Senin (19/9) meninjau progres pembangunan Pasar Modern berupa “Toko Indonesia” di Desa Bukit Aru, Sebatik Timur.

Kunjungan ini dilakukan Gubernur untuk memastikan secara langsung pembangunan Toko Indonesia di wilayah perbatasan berjalan dengan baik dan selesai sesuai target.

“Setelah berkeliling, saya lihat pembangunan Toko Indonesia di Sebatik ini cukup memuaskan dan berjalan baik. Saat ini, realisasi kegiatan fisiknya sudah hampir mendekati 50 persen,” Kata Gubernur di sela-sela kunjungannya.

Seperti diketahui, Pemeritah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, mengalokasikan dana sebesar kurang lebih Rp 5,5 miliar untuk pembangunan fisik (Tahap II) Toko Indonesia di wilayah Pulau Sebatik.

“Tahun ini merupakan tahap II pembangunan Toko Indonesia di Sebatik. Tahun lalu, tahap pertama dilakukan pengerjaan berupa pematangan lahan dan pemancangan,” tutur Gubernur.

Toko Indonesia di Pulau Sebatik sendiri memiliki luas bangunan seluas 2.820 meter persegi atau 30 meter x 94 meter. Sementara untuk total lahan secara keseluruhan mencapai 4.860 meter persegi, lahan ini merupakan hibah dari masyarakat.

Hadirnya Toko Indonesia diharapkan akan lahir pusat perekonomian baru, yang menjadi sentral pemenuhan barang kebutuhan sehari-hari masyarakat di Pulau Sebatik dan sekitarnya. (mdd).

Continue Reading

Kaltara

Resmikan Pendopo Pakuwaja di Sebatik, Gubernur : Di Mana Bumi Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum, melanjutkan kunjungan kerja menghadiri syukuran berdirinya Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Sebatik ke-20. (Foto/Ist) 

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum., melanjutkan kunjungan kerja menghadiri syukuran berdirinya Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Sebatik ke-20, sekaligus dirangkai dengan Peresmian Pendopo Pakuwaja Sebatik di Desa Sei Pancang, Minggu (18/9) malam.

Hadir bersama Gubernur, Bupati Nunukan yang diwakili oleh Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Dian Kusumanto, Anggota DPRD Kaltara, Anggota DPRD Nunukan, unsur Forkopimda Nunukan, Ketua Pakuwaja Kaltara, Ketua Pakuwaja Nunukan, Ketua Pakuwaja Sebatik, Tokoh Agama dan Masyarakat serta Ketua Paguyuban yang ada di Kaltara.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Gubernur mengucapkan selamat hari jadi ke-20 kepada keluarga besar Pakuwaja yang ada di Sebatik.

Gubernur berharap seiring bertambahnya usia dapat saling hidup guyub dan rukun, tanpa memandang perbedaan antara suku.

Gubernur terkesan melihat Pakuwaja yang ada di Sebatik tetap solid. Menurutnya, bagi sebuah organiasasi usia 20 tahun bukanlah usia yang muda.
“Ini tentu tak mudah, organisasi dapat tumbuh sampai dengan hari ini.

Ini merupakan salah satu bentuk kesatuan dari persaudaraan dan kebersamaan seluruh anggota Pakuwaja Sebatik, termasuk juga dukungan masyarakat sekitar,” kata Gubernur Zainal Paliwang dalam sambutannya.

Ia menyakini organisasi ini dapat tumbuh dan terus berkembang, memberikan pedoman kepada para generasi muda penerus bangsa dan sebagai wujud tolensi.

“Saya yakin organisasi ini dapat terus tumbuh dan berkembang. Meski buka suku mayoritas di Kaltara, tetapi warga Jawa bisa membuktikan bahwa dapat hidup rukun dan gotong-royong,” ucap Gubernur.

Gubernur kembali mengapresiasi Pakuwaja Sebatik yang telah menampilkan berbagai pentas seni, yang mana ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya leluhur bangsa kita.

“Hal ini sangat baik, karena di manapun kita berada, kita tidak boleh lupa pada akar budaya leluhur kita berasal. Di mana Bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” tuturnya.

Tak lupa, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa baik di Sebatik dan di seluruh Provinsi Kaltara, yang telah menjadi mitra Pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di segala bidang.

“Selagi lagi, saya mengucapkan selamat semoga organisasi ini dapat terus solid. Selamat juga atas Pendopo Pakuwaja yang telah berdiri sebagai bentuk pelestarian budaya Jawa di Provinsi Kaltara,” tutupnya. (mdd).

Continue Reading

Umum

Populer