Enam Orang Jajaran Bawaslu Kalteng Tercatat sebagai Anggota Parpol – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Kalteng

Enam Orang Jajaran Bawaslu Kalteng Tercatat sebagai Anggota Parpol

Published

on

Foto : Satriadi Ketua Bawaslu Kalteng. (foto/ist).

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah terus melakukan pencermatan dan menginstruksikan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalteng.

Pasalnya sejak dibuka hingga ditutupnya pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU tanggal 14 Agustus 2022 ditemui setidaknya ada Enam orang jajaran Bawaslu di Kalteng yang tercatat di keanggotaan Parpol yang terdapat dalam Sipol.

“Dari Enam orang yang namanya tercatat di keanggotaan Parpol tersebut satu orang Anggota Bawaslu di Kabupaten Kapuas dan sisanya adalah staf di Sekretariatan Bawaslu di beberapa Kabupaten,”kata Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi di Palangka Raya Selasa (16/8/2022).

Dikatakan terkait itu pihaknya telah menyampaikan hasil pencermatan tersebut kepada KPU di daerah yang ditemui adanya nama jajarannya yang tercatat sebagai angota Parpol untuk menindaklanjuti dan mencoret NIK anggota dan staf yang tercatat di keangotan Parpol tersebut.

Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah lanjut Satriadi juga membuka Posko Pengaduan bagi masyarakat yang mengetahui namanya terdaftar dalam keanggotan atau kepengurusan Parpol, padahal yang bersangkutan merasa tidak pernah ikut menjadi anggota atau pengurus dari Parpol tersebut.

Untuk mengetahui atau mengecek apakah ada namanya tercatat baik di kepengurusan ataupun anggota parpol, masyarakat bisa mengecek kembali keanggotaan atau kepengurusan di link https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik . Caranya menulis nama dan NIK sesuai KTP dan tekan “cari”.

“Posko pengaduan ini juga ada di seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalteng, jadi masyarakat yang menemukan namanya tercatat di keaggotaan maupun kepengurusan Parpol, padahal merasa tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Parpol, bisa menyampaikan hal ini melalui Posko Pengaduan tersebut, “kata Satriadi seraya menambahkan terhadap temuan itu nantinya akan disampaikan ke KPU. (ujang/ery-SB).

Kalteng

Tingkatkan Kapasitas SDM, Distan Kapuas Gelar Pelatihan Pemetaan Dengan Drone

Published

on

Giat Dinas Pertanian Kab Kapuas tentang pemetaan wilayah untuk keperluan lahan pertanian. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan pemetaan.

Kegiatan pelatihan pemetaan difasilitasi langsung oleh pihak Kementerian Dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang diikuti Distan Kapuas maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bertempat di Aula Kantor Distan Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

“Tujuan pelatihan pemetaan wilayah dalam rangka peningkatan kapasitas SDM,”kata Kabid Sarana Dan Prasarana (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Silahudin, Selasa (4/10/2022).

Oleh karena itu lanjutnya guna memastikan pemetaan wilayah khususnya untuk lahan pertanian dalam pelatihan maupun praktek lapangan memakai drone mempermudah pemetaan. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Samakan Persepsi DP3APPKB Adakan Diskusi Panel Audit Dan Manajemen Kasus Stunting

Published

on

Diskusi Panel Audit Kasus Stunting dan Manajemen Kasus Stunting di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Rabu (5/10/2022). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyamakan persepsi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah mengadakan Diskusi Panel Audit Kasus Stunting Dan Manajemen Kasus Stunting, Rabu (5/10/2022).

Diskusi Panel di Aula Kantor Kemenag Kapuas dibuka Wabup Kapuas HM NafiahDiskusi Ibnor dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat membuka kegiatan tersebut mengharapkan ini dapat semakin meningkatkan pemahaman tentang alur dan mekanisme pelaksanaan audit kasus stunting.

Ia mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas hingga kelurahan/desa yang telah bekerja keras dan berupaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas dr Tri Setyautami menyampaikan kalau tujuan kegiatan intinya untuk sama-sama mendorong percepatan prnanganan stunting memacu penuntasan stunting.

“Kami terus mendorong menyelesaikan sampai tahap diseminasi dan menyamakan persepsi tentang bagaimana stunting itu secara khusus dan tugas TPPS secara umum,” kata dr Tri.

Lanjutnya melalui kegiatan ini diketahui faktor-faktor resiko terjadinya stunting dan bagaimana rekomendasi-rekomendasinya.

Oleh karena itu dia berharap seluruh Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) di Kabupaten Kapuas dapat bersinergi dalam menekan terjadinya stunting.

“Intinya melalui sinergi BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong percepatan penanganan stunting di kabupaten Kapuas, ” kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Satyawati Kusumawijaya didampingi Koordinator Satgas Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalteng Muhammad Efendi. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kejari Kapuas Resmi Tahan 3 Tersangka Dugaan Tipikor KPUD dan Mantan Kades

Published

on

Pers Release jajaran Kejari Kapuas terkait dugaan korupsi KPUD dan mantan Kades Kaburan Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas di Aula Kantor Kejari Jl A. Yani Kuala Kapuas Senin (3/10/2022). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Setelah sebelumnya menetapkan tersangka pada tahap II Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas resmi menahan 3 tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng).

2 orang tersangka KPUD Kapuas yakni O mantan sekretaris dan B mantan anggota KPUD Kapuas terkait korupsi dana hibah APBN pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.

Sementara mantan Kades Kaburan Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas TA terkait dugaan korupsi Dana Desa (DD).

“Atas kelengkapan pelimpahan berkas perkara korupsi 3 tersangka resmi kami tahan dikirim ke Rutan Palangkaraya selama
20 hari kedepan selanjutnya untuk kemudian disidangkan di pengadilan,”kata Kajari Kapuas Arif Rahardjo SH MH didampingi Kasi Pidsus dan lainnya yang menggelar Pers Release di Aula Kantor Kejari Kapuas Senin (3/10/2022).

Dikatakannya kerugian negara dugaan korupsi di KPUD Kapuas mencapai Rp 1,6 milyar sedangkan mantan Kades Rp 900 juta lebih.

“Kalau KPUD penanganan hukum Kejari Kapuas sedangkan mantan Kades Polres Kapuas, ” jelasnya.

Meski begitu imbuh Kajari dugaan korupsi KPUD Kapuas
2 tersangka O dan B tetap tak mengakui perbuatannya. “Meski tak mengakui perbuatannya di pengadilan nanti pembuktiannya,” tandas Kajari.

Lebih lanjut dikatakan sebagai aparat penegak hukum terkait penegakan hukum pihaknya
tetap bekerja profesional sesuai ketentuan perundangan berlaku dan kedepankan asas keadilan.

“Adapun ancaman hukuman 4 tahun penjara berdasar UU tindak pidana korupsi, ” jelasnya.

Pada kesempatan itu Kajari Kapuas menyampaikan apresiasi kepada pihak Polres Kapuas atas kerja sama yang baik penanganan tipikor. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kapuas Raih Juara Umum Lomba Guru Kepala Sekolah Berprestasi

Published

on

Ketua PGRI Kabupaten Kapuas Kadeni. (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih juara umum guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi tahun 2022.

“Hari ini kita melaksanakan penyerahan hadiah, “kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kapuas Kadeni usai kegiatan tersebut kepada awak media di Aula Kantor Disdik Kapuas Jumat (30/9/2022).

Menurut Kadeni PGRI sendiri sebagai pendamping dalam pelaksanaan lomba tersebut.

Adapun hasil kejuaraan yang diraih untuk Kabupaten Kapuas yakni juara 3 Guru SD berprestasi juara 2 kepala sekolah berprestasi juara 1 kepala sekolah SD berprestasi serta juara 1 kepala sekolah TK berprestasi.

Dikatakan dari 6 yang dilombakan Kapuas menyabet 4 juara namun sisanya untuk kategori guru SMP dan TK belum diraih.

“Harapannya dapat memotivasi para guru dan kepala sekolah kedepannya lebih ditingkatkan lagi, ” jelasnya.

Dia melanjutkan atas keberhasilan tersebut semuanya tak lepas dari koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kapuas yang selalu berupaya meningkatkan prestasi guru dan kepala sekolah.

“Sebagai upaya terhadap guru dan kepala sekolah sebelumnya melakukan PGRI bersama Disdik melakukan pem bimbingan selama 3 bulan, “ujar Kadeni.
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

DPRD Dan Eksekutif Tandatangani Raperda APBD Perubahan TA 2022

Published

on

Penandatanganan nota kesepakatan Raperda APBD perubahan Kabupaten Kapuas TA 2022 usai diteken unsur pimpinan DPRD dan Bupati Kapuas Kamis, (29/9/2022) di DPRD Kapuas. (Foto/Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalteng kembali mengelar rapat paripurna dengan dua agenda berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kapuas, Kamis (29/9/2022).

Jalannya rapat dipimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Waket I Yohanes dan diikuti anggota dewan lainnya.

Dari eksekutif dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Forkopimda dan Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah, menyampaikan, kalau rapat tersebut merupakan rangkaian rapat paripurna sebelumnya.

“Rapat paripurna ke-5 masa persidangan I tahun sidang 2022 dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung dewan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2022,” kata Ardiansah.

Dia melanjutkan agenda selanjutnya dari rapat tersebut penandatangan nota kesepakatan Raperda perubahan tahun anggaran 2022.

Adapun penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung dewan terhadap Raperda perubahan Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2022, disampaikan masing-masing juru bicara fraksi pendukung dewan.

Tujuh fraksi di DPRD Kapuas tersebut, Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra, Fraksi Keadilan Amanat Bangsa dan Fraksi Nurani Bintang Demokrat.

Selanjutnya dari rapat itu, nota kesepakatan Raperda APBD Perubahan tahun 2022 ditandatangi unsur pimpinan DPRD dan Bupati Kapuas.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan atas nama Pemerintah daerah, dan seluruh perangkat daerah menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kapuas atas semangat dan kerjasama yang luar biasa.

“Oleh karena itu, kami yakin hal tersebut merupakan aspirasi dan keinginan masyarakat Kapuas yang disampaikan melalui anggota DPRD,” kata Ben.
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kebakaran Hanguskan 4 Rumah di Desa Saka Mangkahai Kapuas Barat

Published

on

Kebakaran permukiman di Desa Saka Mangkahai Mandomai Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas Kalteng Selasa (27/9/2022). (Foto/Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sedikitnya 4 buah rumah di Desa Mangkahai Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas Kalteng hangus dilalap api sekitar pukul 8.15 Wib Selasa (27/9/2022).

Kobaran api begitu cepat melahap bangunan di permukiman padat penduduk yang terbuat dari kayu RT 05 itu.

Namun sekitar satu jam kemudian api dapat dipadamkan oleh tim gabungan TRC BPBD Dinas Damkar Pol PP TNI-POLRI Damkar Swasta relawan masyarakat sekitar dibantu BPBD Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan ada 4 rumah habis terbakar dalam kejadian itu.

“Dari pendataan TRC BPBD Kapuas rumah terbakar atas nama Ladi Dedy Harlianor Timah dan Toni. Sedangkan korban mengalami luka bakar Toni yang mendapatkan penanganan medis. Korban terdampak 4 KK 8 jiwa, ” katanya dikonfirmasi Selasa (27/9/2022).

Sementara itu penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Penyegaran, Bupati Lantik Camat Kapuas Kuala Dan Tamban Catur

Published

on

Kepala BKPSDM Kab Kapuas Drs Aswan MSi (Foto/Ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT melantik dua camat di Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Kedua camat tersebut adalah Inop dan Rustamaji. Inop sebelumnya menjabat Camat Kapuas Kuala sedangkan Rustamaji Camat Tamban Catur.

“Pelantikan pejabat admistrator untuk eselen III diketahui hanya bertukar Inop resmi dilantik sebagai Camat Tamban Catur sementara Rustamaji menjabat Camat Kapuas Kuala, “kata Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Drs Aswan MSi usai pelantikan kepada awak media di Kantor Bappeda Kapuas Selasa (27/9/2022).

Aswan mengatakan pelantikan bagi kedua camat tersebut merupakan penyegaran. Oleh karena itu sesuai pesan Bupati terus tingkatkan kinerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Forum Pemerhati Pembangunan Kapuas Sampaikan Aspirasi ke DPRD

Published

on

Bersama DPRD Kapuas Polres dan Forum Pemerhati Pembangunan Kab. Kapuas usai audiensi terkait penyampaian aspirasi. (Foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Forum Pemerhati Pembangunan Kabupaten Kapuas menggelar aksi damai di gedung DPRD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Senin (26/9/2022).

Aksi itu sendiri dikawal ketat aparat keamanan Polres Kapuas.

Adapun tuntutan mereka kepada pihak DPRD terkait percepatan APBD perubahan Kabupaten Kapuas TA 2022 dan RAPBD TA 2023.

Kemudian hasil pemeriksaan BPK RI perwakilan Kalimantan Tengah terkait kondisi PDAM Kapuas.

“Tuntutan yang kami sampaikan terkait dua poin tersebut kepada DPRD Kapuas, ” kata koordinator aksi Maseran Mahmud didampingi Samsul Munir usai audiensi di ruang rapat gabungan dipimpin Ketua DPRD Kapuas Ardiansah anggota dewan dan Polres Kapuas.

Oleh karena itu kami meminta DPRD Kapuas menindak lanjut inya sesuai ketentuan atas tuntutan yang kami sampaikan tersebut.

“Tujuan tersebut tak lain demi kesejahteraan masyarakat dan mempercepat program pembangunan oleh Pemda, ” imbuh Maseran Mahmud.

Samsul Munir menambahkan DPRD harus peka terhadap persoalan tersebut untuk kepentingan masyarakat dan jangan hanya jadi cap stempel pemerintah.

Sementara itu Sekretaris Komisi II DPRD Kapuas mengatakan kalau terkait aspirasi yang disampaikan menjadi perhatian DPRD baik persoalan APBD perubahan RAPBD 2023 maupun PDAM itu.

“Tindak lanjut dewan akan
menjadwalkan rapat dengan mengundang para pihak pemerintah serta Forum Pemerhati Pembangunan Kabupaten Kapuas, ” ujar Darwandi. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kajati Kalteng Resmikan Rumah Restorative Justice Dan Balai Rehabilitasi korban Penyalahgunaan Narkotika di Kapuas

Published

on

Penandatanganan secara simbolis peresmian Rumah Restorative Justice (Keadilan Restorasi) dan Balai Rehabilitasi Kuala Kapuas oleh Kejati Kalteng Pathor Rahman SH MH di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Jalan A Yani Kapuas disaksikan Kajari Kapuas Arif Raharjo SH MH Wabup HM Nafiah Ibnor Wakil Ketua DPRD Yohanes Kapolres AKBP Qori Wicaksono Kodim 1011/Klk Sekda Kapuas Dra Septedy MSi sejumlah OPD terkait direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo Camat Basarang Mudjiono Senin (19/9/2022). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kalteng) Pathor Rahman SH MH meresmikan Rumah Restorative Justice (Keadilan Restorasi) dan Balai Rehabilitasi Kuala Kapuas, Senin (19/9/2022).

Peresmian bertempat di Aula Kantor Kejari Jalan A yani Kuala Kapuas disaksikan sejumlah jajaran Kejati Kalteng Kejari Kapuas Arif Rahardjo SH MH Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono Kodim 1011/Klk Wakil Ketua DPRD Yohanes Wabup HM Nafiah Ibnor Sekda Drs Septedy MSi sejumlah OPD terkait Pemkab Kapuas Direktur RSUD dr Soemarmo Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo serta Camat Basarang Mudjiono.

Kajari Kapuas Arif Rahardjo SH MH mengatakan tujuan Restorative Justice (Keadilan Restorasi) tujuannya adalah dalam rangka penanganan korban penyalahgunaan narkotika.

“Karena itu adanya Restorative Justice dan Balai Rehabilitasi tentu aparat hukum bisa melakukan pendampingan terhadap korban ketika mereka menjalani proses hukum, ” kata Arif Rahardjo.

Rumah Restorative Justice dan Balai Rehabilitasi itu sendiri berada di RSUD Kapuas dan Kecamatan Basarang.

Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kejati dan Kejari Kapuas yang sudah meresmikannya.

“Harapan kita ini dapat dilakukan penanganan dengan baik terhadap korban penyalahgunaan narkotika, ” ucap Wabup.

Kajati Kalteng Pathor Rahman SH MH mengatakan bahwa menyangkut keadilan sangat penting untuk masyarakat.

Keadilan jangan hanya ke atas atau kebawah namun harus seimbang meski tak mengedepankan ketentuan namun asas keadilan.

Oleh karena itu adanya Restorative Justice dan Balai Rehabilitasi berharap aparat hukum khususnya jajaran Kejari Kapuas dapat menjalankan dengan baik penanganan terhadap korban penyalahgunaan narkotika.

Sementara itu
kedatangan Kajati Kalteng didampingi istri dan rombongan sebagai tamu disambut dengan adat istiadat dayak potong pantan dipandu damang di halaman Kantor Kejari Kapuas. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Umum

Populer