Bupati Sergai Diminta Nonaktifkan Camat Perbaungan – SuaraBorneo.com
Connect with us

Sergai

Bupati Sergai Diminta Nonaktifkan Camat Perbaungan

Published

on

Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Serdang Bedagai (Sergai), Ahmad Almaseh. (Foto/Ist) 

SERGAI, SuaraBorneo.com| Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Serdang Bedagai (Sergai), Ahmad Almaseh meminta kepada Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya untuk segera menonaktifkan Camat Perbaungan Muhammad Fahmi karena kuat dugaan melakukan Pungutan liar (Pungli) terhadap para Kepala Desa (Kades).

“Hal ini harus menjadi perhatian serius Bupati Serdang Bedagai. Karena adanya oknum Camat nakal yang menggunakan tugas dan fungsinya yang terkesan hanya untuk kepentingan pribadi dan memperkaya diri Sendiri,”tegasnya, di Perbaungan, Rabu (14/9) sore.

Hal tersebut, lanjut Ahmad Almaseh, tidak boleh menjamur di Kabupaten yang kita cintai ini. Dengan semangat pembangunan yang sedang dilakukan untuk mencapai Sergai yang Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius).

“Untuk itu, tidak boleh dikotori dengan adanya Oknum Camat yang melakukan pungli dan menganggu stabilitas dan program pembangunan yang ada di Serdang Bedagai khususnya Kecamatan Perbaungan,”paparnya.

Ditegaskan Ahmad Almaseh, dia meminta Bupati segera memanggil dan menonaktifkan Camat, Kecamatan Perbaungan dan pihak terkait untuk segera memeriksa Camat Perbaungan dengan dugaan keterlibatan dalam Pungli Kepada kepala desa – kepala desa di Kecamatan Perbaungan sesuai dengan tugas dan fungsinya sesuai Pemendagri 73 tahun 2020.

“Hal ini harus segera di tindaklanjuti. Agar kedepan kasus seperti ini, adanya Dugaan Kuat Camat nakal melakukan Pungli sesuai dengan Tupoksinya tidak lagi terjadi. Kami dari Partai Solidaritas Indonesia Serdang Bedagai akan terus mengawal hal ini dan mendesak agar Camat Perbaungan segera dinonaktifkan dan penyidikan kasus ini segera di lakukan oleh pihak terkait,”pungkasnya.

Terpisah, Camat Perbaungan Muhammad Fahmi saat dikonfirmasi hingga Kamis (15/9) belum ada jawaban. [yusnar]

Bagikan ke

Sergai

Kunjungi Warga Korban Bencana Puting Beliung, Bupati Sergai : Semoga Lebih Sabar Menghadapi Musibah

Published

on

korban bencana alam angin puting beliung, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya bergerak cepat menuju rumah korban. (Foto/Ist)

PERBAUNGAN, SuaraBorneo.com – Mendapat informasi tentang warganya yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya bergerak cepat menuju rumah korban Nurhayati (58) di Dusun II Desa Lubuk Dendang Kecamatan Perbaungan, Sabtu (22/6/2024).

Didampingi Camat Perbaungan Edy Syahputera, Bupati menyerahkan santunan dan bantuan berupa sembako kepada korban bercana.

“Musibah ini terjadi pada Kamis (20/6/2024) malam, sekira pukul 23.50 WIB. Tampak rumah roboh dihantam angin puting beliung,” kata Bupati disela-sela kunjungannya yang juga didampingi oleh beberapa warga.

Seperti kita ketahui, lanjutnya lagi, akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrem. Saat malam hari terkadang hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang. Oleh karenanya, Bupati Darma Wijaya menghimbau agar masyarakat tetap waspada menghadapi cuaca seperti ini.

Bupati juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang dialami oleh warganya tersebut.

“Kami sangat prihatin atas musibah ini. Semoga dapat lebih sabar dan tawakal dalam menghadapinya. Kepada masyarakat sekitar mari sama-sama kita membantu korban agar dapat lebih meringankan bebannya,” pungkas Bupati. (MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Bupati Darma Wijaya Hadiri Peletakan Batu Pertama Rehabilitasi Gedung Kantor Satlantas Polres Sergai

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri peletakan batu pertama rehabilitas Gedung Kantor Satuan Lantas (Satlantas) Polres Sergai. (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri peletakan batu pertama rehabilitas Gedung Kantor Satuan Lantas (Satlantas) Polres Sergai, bertempat di Polres Sergai, Sei Rampah, Jumat (21/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan rasa bangganya atas kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si di Sergai. Ia juga mengapresiasi kinerja Polres Sergai dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

“Ini adalah momen yang luar biasa bagi kami, karena Bapak Kapolda dapat hadir di Sergai. Kami berharap kehadiran Pak Kapolda bisa jadi kondusivitas dan keamanan di Kabupaten Sergai bisa terus terjaga,” ujar Darma Wijaya.

Darma Wijaya juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung dan berkolaborasi dengan Polres Sergai dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini di Sergai ada 7 Polsek dan Insya Allah akan bertambah 2 Polsek lagi yang perosesnya masih berjalan. Dengan di bangunnya fasilitas-fasilitas tersebut, kami harapkan dapat meningkatkan pelayanan Polres Sergai kepada masyarakat,” jelas Darma Wijaya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai atas kolaborasinya dengan Polres dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Sergai yang terus berkolaborasi dengan polri untuk pelayanan Kepada masyarakat,” ujar Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi.

Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi juga menekankan pentingnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Aspek pelayanan kepada masyarakat sangat penting untuk di tingkatkan dalam hal ini pengurusan SIM. Dengan pembangunan ini kami menyakini bahwa pelayanan yang akan di laksanakan akan semakin maksimal,” jelas Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda berharap dengan dibangunnya Gedung Kantor Satlantas Polres Sergai yang baru, tidak hanya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas mengemudi masyarakat Sergai.

“Kita harapkan tempat ini tidak hanya membuat masyarakat memiliki SIM, namun juga paham aturan dan memiliki kualifikasi mengemudi yang baik dan dapat mengubah perilaku lebih baik dalam mengendarai,” harapnya.

Acara peletakan batu pertama ini turut dihadiri oleh Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK beserta jajaran, Kepala Kejari Sergai Rufina Ginting, SH, MH, Ketua MUI Sergai H. Haspul Huznain, dan jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut. (NR/02).

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Hadiri HKG PKK ke-52, Bupati Sergai Tekankan Pentingnya Peran PKK Dalam Pembangunan Masyarakat

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52. (Foto/Ist)

PANTAI CERMIN, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52 Kabupaten Sergai Tahun 2024 yang diadakan di Aula Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis, (20/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menekankan pentingnya peran PKK dalam pembangunan masyarakat. PKK, sebagai gerakan nasional, Bupati yakini dapat memberdayakan masyarakat dan mewujudkan keluarga yang beriman, berakhlak mulia, berbudhi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, serta kesetaraan gender dan sadar hukum dan lingkungan.

“Kami berpesan agar kader PKK dapat memaksimalkan perannya dalam memberdayakan PKK dan bermitra dengan pemerintah daerah. Sinergi antara PKK dan pemerintah diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dalam penanganan stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dengan penuh syukur, dirinya menyebut angka stunting di Kabupaten Sergai telah turun dari 21,1% ke 14,4%.

“Saya berharap harapan agar PKK dapat menginspirasi keluarga-keluarga di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sergai, untuk melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan serupa, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya adalah organisasi kaum perempuan yang memiliki peran meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

“Selain itu, PKK juga sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK,” ucapnya.

Ia melanjutkan, peringatan HKG yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengenang sejarah lahirnya PKK sehingga timbul motivasi dan semangat dalam diri setiap kader guna mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Tema HKG PKK ke-52 tahun 2024 ini yaitu “bergerak bersama PKK wujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju”. Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Rosmaida Saragih menegaskan TP-PKK akan berupaya semaksimal mungkin dalam mendukung pelaksanaan seluruh program pembangunan pemerintah.

“TP-PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang bersinergi dengan 10 Program Pokok PKK untuk menjadikan Sergai yang Maju Terus,” tandasnya. (NR/02)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Pemkab Sergai Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Jenjang SD

Published

on

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan melalui saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK. (Foto/Ist)

PERBAUNGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan menggelar sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Bebasis Komputer untuk Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2024 bertempat di Aula Titik Temu Sergai Kecamatan Perbaungan, Rabu (12/6/2024).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan melalui saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK merupakan inovasi baru yang dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional (UN). Hal ini merupakan salah satu langkah yang telah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.

Asesmen ini menurut Wabup Adlin bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa dalam berbagai aspek, termasuk literasi membaca, numerasi, serta karakter. selain itu, ANBK juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kualitas pendidikan di sekolah-sekolah kita.

“Saya mengajak seluruh tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi diri dan mempersiapkan siswa-siswi dengan sebaik mungkin. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat mengikuti ANBK dengan baik dan meraih hasil yang optimal. yang mana hasilnya nanti akan kita lihat bersama melalui terbitnya rapor pendidikan,” ajak Adlin Tambunan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution S.Pd, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pelaksanaan ANBK kepada seluruh pihak yang terlibat, baik itu kepala sekolah, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh peserta dapat lebih siap dan memahami teknis pelaksanaan ANBK, sehingga tujuan dari asesmen ini dapat tercapai dengan baik penguatan pendidikan karakter dan pengembangan sekolah berdasar pada 8 standar nasional pendidikan dan harapan Pemkab Sergai agar seluruh sekolah di Sergai menjadi sekolah mandiri, terampil, asri, dan berkualitas (MANTAB),” jelas Suwanto.

Disampaikan juga bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 12-13 Juni dan diikuti oleh 235 peserta yang terdiri dari operator kecamatan dan operator sekolah dari satuan pendidikan sekolah dasar negeri/swasta se- kabupaten Sergai. (MSC)

Bagikan ke
Continue Reading

Nasional

Hadiri HUT APKASI, Bupati dan Wabup Sergai Puji Kesiapan Trenggalek sebagai Tuan Rumah

Published

on

Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke-24. (Foto/Ist)

TRENGGALEK, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke-24 yang dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, Jumat (7/6/2024). Acara tersebut berlangsung dengan meriah di area Tebing Kepuh dan dihadiri oleh pejabat dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia.

Bupati Sergai dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan APKASI 2024. Darma Wijaya menyebut, dirinya terkesan dengan bagaimana Kabupaten Trenggalek mampu memanfaatkan perbukitan dan mengubahnya menjadi tempat yang indah dengan pencahayaan yang baik untuk mendukung pelaksanaan acara.

Salah satu hal yang juga menarik perhatiannya dari pelaksanaan APKASI 2024 ini adalah komitmen terhadap konsep Eco Green di mana seluruh kebutuhan listrik untuk rangkaian kegiatan hari ini bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata. Hal ini menunjukkan keseriusan panitia dalam mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Saya sangat mengapresiasi kreativitas Trenggalek dalam menyelenggarakan HUT APKASI 2024 ini. Tempat ini benar-benar disulap menjadi lokasi yang indah dengan efek pencahayaan yang memukau. Selain itu, saya mendengar bahwa seluruh listrik yang digunakan di sini bersumber dari PLTA, yang tentu saja sangat ramah lingkungan,” kata Bupati Darma Wijaya.

Bupati yang dikenal akrab dengan panggilan Bang Wiwik ini juga menambahkan bahwa Sergai dapat belajar banyak dari pelaksanaan acara ini.

“Kita harus belajar bagaimana mengelola dan menggali potensi yang ada di Sergai. Potensi-potensi tersebut dapat kita kembangkan untuk mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” tambahnya.

Wabup Adlin Tambunan juga turut memberikan komentarnya mengenai acara tersebut. Ia menilai suasana yang tercipta sangat bagus, tata panggungnya diatur dengan baik, dan dirinya pun menikmati makanan yang disajikan.

Selain itu, dirinya dan Bupati Sergai pada kesempatan ini juga menyatakan memberikan dukungan penuh kepada Ananda Dwi Putri Sinaga yang berkompetisi di Grand Final Putri Otonomi Indonesia 2024.

“Hal ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Sergai dalam mendukung generasi muda yang berprestasi,” terangnya.

Adlin Tambunan menilai, kehadiran para pemimpin daerah ini dalam forum APKASI diharapkan dapat menciptakan hubungan antar kabupaten yang semakin erat dan dapat saling berbagi pengalaman serta inovasi untuk kemajuan bersama.

“Acara HUT APKASI ke-24 di Trenggalek menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar Pemkab di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Sebelumnya pembukaan acara HUT APKASI dilakukan oleh Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin. Dalam sambutannya, Bupati Nur Arifin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya HUT APKASI 2024 di Trenggalek. Ia menyampaikan kebanggaannya karena Kabupaten Trenggalek dipilih sebagai tuan rumah untuk acara nasional yang bergengsi ini. “Ini adalah kehormatan besar bagi kami. Terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah hadir di Kabupaten Trenggalek,” ujarnya.

Ikut hadir pada acara ini di antaranya Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD. (NR/MCS)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Penanaman 50 Pohon dan Penaburan 1.000 Ekor Ikan di Desa Sekitar PTPN IV Regional II Unit Adolina

Published

on

Manajemen Unit Adolina bersinergi dengan Desa sekitar. (Foto/Ist)

SERGAI, Suaraborneo.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Juni 2024 yang berlokasi di beberapa tempat di Desa sekitar Unit Adolina, Manajemen Unit Adolina bersinergi dengan Desa sekitar melaksanakan kegiatan penanaman pohon buah-buahan berbagai jenis sebanyak 50 pohon dan penaburan 1.000 ekor ikan di daerah aliran sungai yang melintasi desa sekitar Unit Adolina.

Kegiatan ini berlokasi di 10 tempat terpisah di setiap Afdeling unit adolina yang berdampingan dengan desa sekitar.
Seremonial kegiatan dihadiri segenap unsur Manajemen dan perangkat Desa. Hadir di lokasi Kepala Desa Cilawan kecamatan pantai cermin tuhadi simbolon, Kepala Desa Ujung Rambung kecamatan perbaungan Rusdi / mewakili, Kepala Desa pondok tengah kecamatan pegajahan irfan sinaga/mewakili, Kepala Desa Bangun Purba Tengah kecamatan Bangun Purba Heri Suwardi, serta Kepala Desa lainnya di sekitar Unit Adolina, mitra kerja Unit Fendi.

Dilokasi penanaman pohon dan tabur bibit ikan, dalam sambutan mewakili Kepala Desa, Tuhadi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PTPN IV Regional II Unit Adolina atas pelaksanaan kegiatan ini, dengan harapan terjalin komunikasi dan sinergitas yang harmoni antara perusahaan dengan Desa sekitar, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi keberlangsungan alam sehingga tetap terjaga kedepannya.

Mengusung tema Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan, Ruben Sihombing yang dalam hal ini mewakili Manajer Unit adolina Yudhi Hari Prabowo, menyampaikan sambutan bahwa kebersamaan dan sinergitas antara Perusahaan dengan Desa sekitar tetap harus dijaga dan harmonis, hal ini bisa ditunjukkan dengan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan seperti yang kita laksanakan saat ini.

“Penanaman pohon dan penaburan bibit ikan yang kita laksanakan ini merupakan wujud nyata dari bentuk kepedulian dan dukungan perusahaan terhadap kelestarian lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman pohon di bantaran daerah aliran sungai dan penaburan bibit ikan di sungai sekitar.

“Semoga kegiatan sosial seperti ini tetap konsisten dilaksanakan Setiap tahunnya dan semoga PTPN IV Regional II Unit Adolina khususnya semakin sukses dan Jaya kedepannya,” pungkasnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

PT Perkebunan Nusantara IV Regional II Unit Adolina Tanam Perdana Tahun 2024

Published

on

Manager Unit Adolina, Yudhi Hari Prabowo, ST. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – PT. Perkebunan Nusantara IV Regional II Unit Adolina ( AFD VIII BLOK 03 AC) Melaksanakan Penanaman Perdana Tanaman Ulang (TU), Kamis (30 /5/ 2024).

Sebelum acara di mulai seluruh hadirin terlebih dahulu menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a yang dipimpin oleh Ustadz Hamid Dasopang, berlangsung dengan hikmat untuk mengharapkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT.

Setelah selesai Do’a acara dilanjutkan dengan Pemberian Santunan kepada anak Yatim sebanyak 55 orang, yang langsung diberikan oleh Bapak Region Head Regional II beserta SEVP Op. I dan II, GMD III,Brigif 07/RR, FORKOPIMCA dan seluruh Karyawan Pimpinan Unit Adolina.
Acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan yang pertama oleh Manager Unit Adolina (Bapak Yudhi Hari Prabowo, ST).

Yudhi Hari Prabowo menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini kita diberikan kesehatan dan cuaca yang cerah, dan mudah-mudahan acara pada hari ini yakni Tanam Perdana Tahun 2024 dapat berjalan dengan sesuai yang kita harapkan.

Lanjutnya, bahwa Tanam Perdana di Unit Adolina ada di dua Afdeling yakni Afdeling VIII seluas 416 Ha dan di Afdeling IX seluas 321 Ha.

Sambungnya lagi, bahwa tanam ulang ini untuk /Ha nya ada 143 tanaman pohon sawit yang berumur 12 bulan. Capaian yang diharapkan produksi buah sawit harus menghasilkan sekitar 20 ton/Ha, sebutnya.

Manager, menyampaikan rasa terima kasih kepada FORKOPIMCA, BRIGIF 7/RR, Kepala Desa Bandar Kuala, Ormas serta Tokoh masyarakat Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang serta semua yang hadir diacara tanam perdana ini, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari DAN BRIGIF yang diwakili oleh Letkol. Inf. Suirwan (Kasbrigif 7 – RR) , beliau menyampaikan bahwa BRIGIF 07/RR siap membantu keamanan dan ketertiban Tanaman Perdana Afdeling VIII Blok 03 AC dan aset yang ada di wilayah Afdeling VIII Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang Deli Serdang meskipun Brigif 07/RR bukan merupakan teritorial, tetapi kami siap untuk membantu.

Selanjutnya sambutan/arahan dari Region Head PTPN IV Regional II (Bapak Sudarma Bhakti Lessan).

Beliau menyampaikan Tanam Perdana Afdeling VIII Blok 03 AC, di Desa Bandar Kuala Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, seperti yang disampaikan Manager ada seluqs 737 Ha, dan nantinya bisa menambah hasil Produksi yang baik seseuai dengan SOP, disela-sela sambutannya beliau menyampaikan bahwa Regional II bertambah dalam hal pengawasannya yakni PTPN II, KSO dan PTPN XIV.

Beliau juga menyampaikan bahwa Tanam Perdana yang di laksanakn oleh PTPN IV Regional II yang ada di beberapa Unit sebanyak 7.700 Ha, berarti Unit Adolina ada 10% nya dari total Tanam Perdana yang dilaksanakan.

Acara Berikutnya Brifing Instruction oleh Askep Rayon Bangun Purba (Bapak Azhir) Langsung memperagakan cara tanam kelapa sawit yang benar yang akan mempengaruhi kualitas tanaman sawit dan mempengaruhi buah yang akan dihasilkan.
Mungkin beberapa petani sawit masih ada yang menanam kelapa sawit secara sembarangan dan tidak memperhatikan standarisasi penanaman yang baik dan benar, ungkapnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan siang yang diawali terlebih dahulu dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Region Head Regional II dan potongan pertama diberikan kepada Manager Adolina beserta semua staf dan para undangan secara bergiliran.

Sebelum acara di tutup pemandu acara (MC) memberikan kesempatan kepada seluruh hadirin untuk foto bersam dengan Region Head, SEVP Op. I dan II serta tamu-tamu undangan lainnya, acara tanam perdana ini berlangsung denga lancar dan hikmat. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

PTPN IV Unit Adolina Berbagi di HUT Ke 28th Integration for a Greater Success

Published

on

Manajer PTPN IV Unit Kebun Adolina Yudhi Hari Prabowo, ST. (Foto/Ist)

SERGAI, Suaraborneo.com – Kamis pagi yang cerah, tanggal 30 Mei 2024, menjadi saksi bagi momen spesial di PTPN IV Unit Kebun Adolina. Dengan semangat yang membara, mereka menggelar acara berbagi sembako untuk warga kurang mampu di sekitar afdeling kebun unit adolina.

Bertempat di Kantor Unit Kebun Adolina, kegiatan ini tidak hanya menjadi perayaan biasa, melainkan juga bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun ke-28 PT. Perkebunan Nusantara Group. Dengan tema “Integration for a Greater Success,” PTPN IV Adolina menegaskan komitmennya untuk menjadi kekuatan dalam industri agribisnis nasional, Jum’at (31/05/2024).

Tema ini menyiratkan semangat kebersamaan seluruh insan PTPN Group untuk menjadi perusahaan Agribisnis Nasional Kelas Dunia dengan kinerja prima dan melaksanakan tata kelola bisnis terbaik.

Dibuka oleh Manajer Yudhi Hari Prabowo, ST, acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan optimisme. “Kegiatan pagi hari ini adalah bentuk kepedulian PTPN IV Adolina untuk terus semangat bekerja maksimal demi kemajuan perkebunan di unit Adolina,” ujarnya dengan tulus.

Lebih dari sekadar beras dan gula, berbagi sembako ini adalah ekspresi nyata dari kepedulian mereka terhadap masyarakat sekitar. “Bukan tentang berapa kilo atau nominalnya, tetapi sebagai bukti bahwa kami sangat memperdulikan masyarakat di sekitar kebun unit Adolina,” tambahnya.

Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para karyawan dan pimpinan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, sambil memperkuat ikatan kebersamaan. sebanyak 50 orang menerima bantuan berupa sembako, memberikan sentuhan kemanusiaan yang hangat di tengah kesibukan perkebunan.

Dengan semangat yang membara dan tindakan nyata, PTPN IV Unit Adolina tidak hanya merayakan pencapaian mereka dalam dunia perkebunan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang membutuhkan. Acara ini adalah cerminan dari semangat integrasi dan kepedulian yang menjadi fondasi kesuksesan mereka di masa mendatang. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

TP-PKK Sergai Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, Suaraborneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (29/5/2024).

Membuka sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyebut kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesejahteraan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama. Untuk itu, bagi semua yang tergabung dalam wadah organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator serta dinamisator pembangunan.

“PKK juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” ucapnya.

Ia menjelaskan TP-PKK memiliki program pokok yang dituangkan dalam 10 program dan diimplementasikan dari PKK pusat, provinsi, kabupaten serta kecamatan hingga desa. Dari program itu mencakup seluruh kepentingan masyarakat dari mulai pemberdayaan, peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan, dan kesehatan.

“Sebagai mitra pemerintah, TP-PKK Kabupaten Sergai perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Sergai untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kapasitas kader dalam melaksanakan 10 program Pokok PKK serta diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran kader pkk,” katanya.

Dirinya menyebut, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk para Kader PKK kedepannya, sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, guna membangun Kabupaten Sergai menjadi lebih Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius di masa yang akan datang.

“Kami berharap materi-materi yang diberikan, nantinya bisa diterapkan dalam melaksanakan kegiatan PKK di setiap jenjang wilayah masing-masing,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menjelaskan TP-PKK merupakan salah satu kelembagaan penting dan mendasar di desa.

“PKK adalah wadah untuk pembangunan dan pemberdayaan keluarga di tingkat desa. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah,” jelasnya.

Rosmaida Saragih menyebut kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Kabupaten Sergai untuk meningkatkan Kapasitas Kader PKK.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran Kader PKK, meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk PKK kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, perwakilan OPD terkait, dan Kader PKK se-Sergai. (Media Center Sergai).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer