Tingkatkan Kapasitas SDM, Distan Kapuas Gelar Pelatihan Pemetaan Dengan Drone – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalteng

Tingkatkan Kapasitas SDM, Distan Kapuas Gelar Pelatihan Pemetaan Dengan Drone

Published

on

Giat Dinas Pertanian Kab Kapuas tentang pemetaan wilayah untuk keperluan lahan pertanian. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan pemetaan.

Kegiatan pelatihan pemetaan difasilitasi langsung oleh pihak Kementerian Dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang diikuti Distan Kapuas maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bertempat di Aula Kantor Distan Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

“Tujuan pelatihan pemetaan wilayah dalam rangka peningkatan kapasitas SDM,”kata Kabid Sarana Dan Prasarana (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Silahudin, Selasa (4/10/2022).

Oleh karena itu lanjutnya guna memastikan pemetaan wilayah khususnya untuk lahan pertanian dalam pelatihan maupun praktek lapangan memakai drone mempermudah pemetaan. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Pemkab Kapuas Serahkan SK Pengakuan dan Perlindungan MHA

Published

on

Penyerahan SK Pengakuan dan Perlindungan MHA dan Penghargaan Proklim. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengakuan dan perlindungan MHA (Masyarakat Hukum Adat) serta menyerahkan piagam partisipasi program kampung iklim (Proklim) bertempat di ruang rapat Rujab Bupati Kapuas, Kamis (18/4/2024).

Acara tersebut dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Asisten II Setda Kapuas Salman dihadiri Forkopimda Kepala Kemenag Kapuas dan sejumlah pihak terkait lainnya.

“Hari ini kita melaksanakan penyerahan SK pengakuan dan perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Pinang di Desa Sei Pinang Kecamatan Mandau Telawang,” kata Kepala DLH Kapuas Karolinae.

Dikatakan selain itu juga dilaksanakan penyerahan Piagam partisipasi program kampung iklim (Proklim).

“Piagam Proklim ini diserahkan kepada 12 kepala desa/lurah di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan pihaknya juga melaksanakan penandatangan nota kesepahaman dengan Kantor Kemenag Kapuas tentang dukungan program sekolah Adiwiyata.

“Tentang program adiwiyata ini merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Serahkan SK PPPK lingkup Pemkab Kapuas

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika membacakan surat keputusan pelaksanaan penyerahan SK PPPK lingkup Pemkab Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun anggaran 2023.

Secara simbolis SK digital tersebut diserahkan Pejabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi kepada perwakilan P3K bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas Kamis (18/4/2024).

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kapuas mengucapkan selamat kepada Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang telah berhasil melalui proses seleksi yang panjang.

“Sehingga pada hari ini dilakukan penyerahan SK pengangkatan P3K sekaligus pengambilan sumpah dan janji jabatan fungsional lingkup Pemkab Kapuas,” katanya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan seleksi PPPK dengan transparan dan akuntabel.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Komari mengatakan total ada 2.110 orang PPPK yang dilantik dan diambil sumpah janjinya.

“Sebanyak 1.910 dari jumlah itu adalah P3K formasi tahun 2023 dan selebihnya adalah PPPK formasi dari tahun 2019 hingga 2022,” katanya.

Hadir dalam kegiatan itu Forkopimda Sekda Kapuas Septedy Kepala OPD serta para P3K. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Lantik 12 Pejabat Jabatan Tinggi Pratama

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika melantik 12 pejabat Jabatan Tinggi Pratama. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melantik dan mengambil sumpah janji jabatan kepada 12 pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas Kamis (18/4/2024).

Pj Bupati mengatakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji dalan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2024 ini telah mengikuti mekanisme sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Mutasi dan Pengkuhan Jabatan ini salah satu upaya untuk mengakselerasi pencapaian tujuan organisasi dengan menempatkan orang yang tepat pada tempat yang tepat,” katanya.

Dikatakan kegiatan pelantikan dan mutasi dijajaran Pejabat setiap Instansi Pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja.

Dirinya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik pada hari ini menginginkan momentum ini menjadi penyemangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat amanah bertanggung jawab serta profesional.

“Harapan saya selalu jaga integritas hindari KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) jadilah seorang pemimpinyang menjadi figure suri tauladan bagi bahwahannya dan ingat semua yang kita lakukan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy menyampaikan pelantikan ini merupakan salah satu kebutuhan organisasi untuk jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang terdiri dari 12 orang, dengan rincian 2 (dua) orang dikukuhkan dan 10 lainnya mutasi.

“Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas pada hari ini dalam rangka penggabungan Organisasi Pengembangan karier profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Peningkatan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kapuas serta pemenuhan hasil kerja tim penilai kinerja Kabupaten Kapuas.

Pelantikan ini merupakan hasil dari assessment pada bulan Oktober tahun 2023 lalu dimana sekarang ini baru mendapatkan izin dari Kemendagri RI untuk kemudian melaksanakan pelantikan,” katanya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny. Agustina Erlin Hardi Ketua DWP Kabupaten Kapuas Ny. Apollonia Septedy dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas.

Adapun nama-nama pejabat jabatan tinggi pratama eselon II B
lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas
1. Raison : Staf Ahli Bupati
2. Kusmiati : Kadis DKPP
3. Teras : Kadis Perhubungan
4. Salman : Kadis Nakertrans
5. Jaya : Kadis Dukcapil
6. Yang Hendri Ale : Kadis PUPRPKP
7. Vitrianson : Asisten II
8. Yunabut : Kaban Kesbangpol
9. Marlina : Kepala BPKAD
10. Darmawan : Staf Ahli
11. Heribowo : Inspektur
12.. Syahripin : Kepala Satpol PP dan Damkar. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Halal Bihalal Dengan Tokoh Agama

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama para tokoh agama. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi lakukan halal bihalal dan silaturahmi dengan tokoh – tokoh agama dari kecamatan pasang surut bertempat di kediaman Haji Muchtar Ruslan, Rabu (17/04/2024).

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan acara halal bihalal bersama pengurus MUI dalam rangka silaturahmi dan mendengar secara langsung aspirari dari tokoh agama terkait keagamaan di Kabupaten Kapuas.

“Untuk membangun keagamaan di Kabupaten Kapuas perlu mendengar aspirasi dari tokoh agama agar dimasukan dalam program kerja pemerintah daerah dan untuk mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Kapuas,” ucap Erlin.

Lebih lanjut dirinya mengharapkan dapat terjalinnya sinkroniasi dan harmonisasi dalam mendukung setiap kegiatan keagamaan dengan adanya masukan dari para ulama.

“Dari masukan dan saran tokoh agama terkait kegiatan keagamaan dan bantuan rumah ibadah bisa menjadi perhatian pemerintah daerah baik di kabupaten maupun kecamatan,” tutur Erlin.

Turut mendampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas yang diantaranya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekeratariat Daerah Kabupaten Kapuas Mujiono serta para pejabat yang mendampingi.

Ditempat yang sama KH Muctar Ruslan selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas menyampaikan apresiasinya kepada Pj Bupati Kapuas yang sudah melaksanakan silaturrahmi ke kediamannya.

“Tentunya selain untuk menjalin silaturrahmi kami juga berharap antara para tokoh dan Pemerintah Daerah bisa bersama-sama saling merangkul dalam hal membangun Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini,” pungkas Ketua FKUB.
(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Perkuat Sinergi, Pj Bupati Kapuas Serahkan Mobil Operasional Untuk Aparat Penegak Hukum

Published

on

Penyerahan mobil operasional oleh Pj Bupati Kapuas kepada aparat penegak hukum. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam mendukung pelayanan hukum diwilayah setempat, Pemerintah Kabupaten Kapuas terus menjalin sinergitas bersama TNI, Polri dan Kejaksaan Negeri. Hal ini dilakukan agar selalu terciptanya kondisi yang aman dan kondusif di lingkungan masyarakat.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada para aparat penegak hukum tersebut, adalah dengan dilakukannya penyerahan bantuan operasional lapangan yang berlangsung di halaman Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Rabu (17/4/2024).

Penandatanganan berita acara penyerahan bantuan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy bersamaan dengan Kapolres Kapuas AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Dandim 1011/klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto dan Kajari Kapuas Lutchas Rohman serta disaksikan langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi.

Dikatakan Pj Bupati Kapuas dalam kesempatan itu, penyerahan bantuan operasional lapangan yang dilakukan ini untuk membantu tugas TNI, Polri dan Kejari selaku aparat penegak hukum di wilayah Kabupaten Kapuas.

Dengan adanya bantuan yang diberikan ini, para aparat penegak hukum didalam melaksanakan tugasnya dapat terbantukan, karena mengingat wilayah kita ini cukup luas, sehingga memerlukan mobilitas yang tinggi, khususnya terkait permasalahan didaerah,” ungkap Erlin.

Dirinya pun mengharapkan juga melalui penyerahan mobil operasional ini, tugas-tugas mereka dapat dijalankan dengan maksimal, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas.

Adapun bantuan operasional lapangan yang diberikan berupa 1 buah mobil Hilux atau mobil double cabin dan 1 buah motor trail untuk masing-masing aparat penegak hukum.(Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Pimpin Rapat Persiapan Harjad Kota Kuala Kapuas 218 dan HUT Pemkab 73

Published

on

Pj Bupati Kapuas saat memimpin rapat persiapan Harjad Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Pimpin rapat persiapan Harjad Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemkab ke 73 bertempat di ruang rapat Rujab Bupati Kapuas Selasa (16/4/2024).

Rapat dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Ketua Panitia Harjad ke 218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke 73 Pemkab Kapuas yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Aswan, serta dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas.

Terdapat juga beberapa perusahaan Swasta dan BUMN/BUMD, dalam rangka membahas persiapan-persiapan dan pematangan Hari jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas.

“Maksud dan tujuan kita hari ini adalah membangun kebersamaan antara Pemerintah dan pihak Swasta dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas, tadi sudah disampaikan beberapa hal yang dibutuhkan oleh panitia untuk kegiatan ini. Pihak Swasta bersedia untuk membantu, tentunya ini akan kita laksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Erlin.

Dirinya juga berharap peringatan Hari Jadi dan HUT ditahun ini bisa lebih meriah dan lebih banyak pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga benar-benar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kapuas.

Adapun rencananya untuk memeriahkan Hari Jadi ke 218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke 73 Pemerintah Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya ada Upacara Peringatan, Expo, Festival (tentang adat dan kebudayaan dari Kabupaten Kapuas), Turnamen Olah Raga, Carnaval, Pestaforia yang dihadiri oleh artis Ibu Kota (Last Child dan Wika Salim), Pencetakan Rekor Muri yang rencananya dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dan Kapuas Bersholawat. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Sambut Idul Fitri, Pj Bupati Kapuas Gelar Open House

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua PKK Agustina Erlin Hardi ketika menerima tamu pada acara open house Idul Ftri. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama dengan Istri Agustina Erlin Hardi yang juga selaku Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas menggelar open house perayaan Idul Fitri di rumah Jabatan Bupati Kapuas pada Rabu (10/4/2024) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Kapuas mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkumpul serta bertemu secara langsung dengan masyarakat Kabupaten Kapuas pada momen open house tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri dan tentunya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk merekatkan silaturahim antar sesama,” ucap Erlin.

Selain ajang silaturahmi dan memaafkan di hari yang suci ini, kegiatan ini juga diharapkan bisa mempererat hubungan antara Pj Bupati Kapuas dengan masyakarat Kabupaten Kapuas sehingga tidak ada jarak antara pemerintah dan masyarakatnya.

“Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang tentram dan damai diwilayah Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini. Saya pribadi dan juga atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin,” pungkasnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Evaluasi Kinerja Pj Bupati Kapuas Triwulan II Mendapat Apresiasi Itjen Kemendagri

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama jajaran Pemkab Kapuas pada kegiatan penyampaian evaluasi kinerja triwulan II di Kemendagri. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menjalani Evaluasi Kinerja selaku Pj Bupati Kapuas untuk triwulan II di hadapan para pejabat utama Inspektorat Jenderal (itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia bertempat di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri lt 8 Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat Jumat (5/4/2024).

Hadir mendampingi Pj Bupati Kapuas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy Kepala Inspektorat Kapuas Heribowo dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kapuas.

Seperti diketahui evaluasi kinerja yang dilaksanakan oleh Kemendagri kepada Penjabat Kepala Daerah merupakan penilaian dan evaluasi atas pelaksanaan dan capaian kinerja yang telah dilaksanakan oleh Penjabat Kepala Daerah.

Penilaian yang dilakukan mencakup beberapa aspek yakni pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan yang sesuai dengan 10 program prioritas sesuai arahan Presiden Republik Indonesia seperti stunting kesehatan pendidikan dan pembangunan prioritas lainnya.

Pj Bupati Kapuas menjelaskan upaya yang telah dilakukan dan upaya yang akan dilakukan pihaknya yang mencakup dalam 10 program prioritas tersebut salah satunya adalah Kegiatan Unggulan yang mana menjadi penekanan bagi pihaknya.

“Beberapa aspek yang menjadi penekanan kami adalah Kegiatan Unggulan yaitu Gema Eka Asi (Gerakan Bersama Menujua Kapuas Bebas Stunting) karena kami melihat menjadi sebuah investasi jangka panjang yang perlu kami lakukan, ” kata Pj Bupati.

Dalam penilaian evaluasi tersebut laporan kinerja yang disampaikan Pj Bupati Kapuas bersama tim OPD Kabupaten Kapuas mendapat apresiasi.

Tim evaluasi menilai paparan kinerja yang dilaporkan Pj Bupati Kapuas sudah komprehensif karena telah melakukan capaian kinerja yang baik serta sesuai arahan dan evaluasi pada saat Rapat Asistensi beberapa waktu lalu. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Wakili Pj Bupati Sekda Kapuas Bagi Takjil Safari Ramadan dan Kunker Kapolda Kalteng

Published

on

Sekda Kapuas Septedy ketika bagikan takjil kepada masyarakat. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy menghadiri Safari Ramadan dan Kunjungan Kerja Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Djoko Poerwanto dengan Forkopimda Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat bertempat di Balai Banjar Kertawana Pura Dalem Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan tersebut dimulai dengan membagikan 300 paket takjil yang langsung dibagikan oleh Kapolda Kalteng beserta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas kepada masyarakat Basarang yang melintas di depan Balai Banjar Kertawana Pura Dalem Basarang Kabupaten Kapuas.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat di bulan suci Ramadan khususnya kepada para pengguna jalan yang mungkin tidak sempat melakukan buka puasa bersama keluarga.

”Semoga berkah dan bermanfaat terutama bagi masyarakat atau pengguna jalan yang tidak dapat berbuka puasa bersama keluarganya,” ucapnya.

Selain membagikan paket takjil kegiatan tersebut juga dimanfaatkan Kapolda Kalteng untuk dapat bertegur sapa secara langsung antara Polri dan masyarakat guna meningkatkan rasa persaudaraan dan kedekatan dengan masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy mengatakan terima kasih kepada Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto karena sudah memilih Kabupaten Kapuas sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan Safari Ramdan dan dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan energi kepada Kabupaten Kapuas. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer