Gubernur Ajak Seluruh Pihak Maksimalkan Peran Berantas Narkoba – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Kaltara

Gubernur Ajak Seluruh Pihak Maksimalkan Peran Berantas Narkoba

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang SH, M.Hum. (Foto/Ist) 

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang SH, M.hum melaksanakan Silatuhrami bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara.

Acara bertemakan “Sinergitas Stakeholder Menuju Kalimantan Utara Bersih Narkoba (BERSINAR)” Jumat (14/10) siang tadi, digelar di Kantor BNNP Kaltara.

Gubernur Zainal mengungkapkan jika kegiatan ini bentuk perhatian serius terhadap penyalahgunaan narkoba di wilayah Kaltara.

Diketahui, penyalahgunaan narkoba sudah sedemikian mengkhawatirkan dan perlu mendapatkan perhatian serius. Apalagi letak geografis Provinsi Kaltara sebagai daerah perbatasan, berada dititik yang cukup rawan sebagai pintu masuk peredaran narkotika di Indonesia.

Merujuk data penanganan kasus narkotika yang dirilis Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), semakin banyak jenis narkoba yang beredar dan semakin banyak jenis zat kimia yang tidak terdeteksi dalam jenis narkoba, padahal penyalahgunaan narkoba sudah jelas akan merugikan banyak orang.

Gubernur mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan silaturahmi ini. Ia menyakini melalui kegiatan ini akan dapat meminimalisir masuknya peredaran narkoba di wilayah Kaltara.

“Ada kegiatan (hari ini.Red), saya harap seluruh pihak akan memaksimalkan perannya, meningkatkan sinergitas dalam memberantas penyalahgunaan narkoba,” kata Zainal dalam sambutannya.

Gubernur turut berharap momentum ini dapat maksimalkan dan memperkuat aksi dan kerjasama dalam membangun Indonesia Sehat, khususnya di Provinsi Kaltara agar terbebas dari penyalahgunaan serta peredaran narkotika.

“Mari kita bersama-sama menguatkan sinergitas dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Provinsi Kaltara yang kita cintai ini,” tuturnya.

Ia juga mengajak untuk ikut memaksimalkan peran dan kontribusi seluruh jajaran sesuai dengan bidang dan tugasnya agar seluruh masyarakat Kaltara terhindar dari bahaya narkoba.

“Bukan hanya menjadi tugas BNNP saja, tapi tugas kita bersama dalam memberantas narkoba dan mensukseskan Kaltara Bersih Narkoba,” tuntasnya. (mdd).

Bagikan ke

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Gelar Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah Bersama Gubernur Kaltara

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyelenggarakan acara Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com (25 Maret 2024) – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menyelenggarakan acara Buka Bersama dan Sholat Maghrib Berjamaah yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., MH., di Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan.

Acara ini turut dihadiri oleh Forkopinda Kaltara, Forkopimda Kota Tarakan, Ketua MUI, Ketua Baznaz, serta berbagai tokoh agama lainnya. Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Tarakan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan kota Tarakan, yang menjadikan kota ini tampak bersih dan asri.

Lebih dari 800 undangan hadir, melebihi jumlah yang diharapkan, mencapai 1000 orang. Sebanyak 688 orang mendapatkan bantuan beras seberat 10 kg sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi, yang merupakan hasil kolaborasi dengan bagian ekonomi. Pembagian beras premium yang disuplai oleh bulog ini diharapkan dapat membantu mengatasi gejolak harga menjelang Ramadhan 1445 H.

Acara ditutup dengan penyerahan simbolis bantuan beras seberat 10 kg kepada para petugas kebersihan, petugas pemakaman DLH Kota Tarakan, swakelola pemeliharaan drainase DPUPR, dan petugas kebersihan Sekda Kota Tarakan. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kaltara, Pj. Wali Kota Tarakan, Forkopimda Kaltara, Forkopimda Kota Tarakan, sebelum diakhiri dengan foto bersama sebagai kenangan dari acara tersebut. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan dan Gubernur Kaltara Sambut Bulan Suci Ramadan dengan Beribadah Bersama di Masjid Darul Hikmah

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta Gubernur Kaltara, Dr. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum, mengikuti kegiataan Buka Puasa, Solat Isya, dan Tarwih Bersama. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta Gubernur Kaltara, Dr. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum, mengikuti kegiataan Buka Puasa, Solat Isya, dan Tarwih Bersama di Masjid Darul Hikmah, Intraca Secor C, Kelurahan Juwata Permai pada Minggu (24/3/2024).

Acara yang juga dihadiri oleh pejabat dan tokoh masyarakat setempat tersebut menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan umat Muslim di Tarakan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltara menyampaikan, “Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin,” sambil mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan tokoh agama yang turut hadir.

Pj. Wali Kota Tarakan juga menyampaikan harapannya, “Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT,” sambil menekankan pentingnya sinergi dalam membangun Kota Tarakan dan mengatasi permasalahan infrastruktur seperti drainase dan pencahayaan jalan.

Selain itu, dalam dialog bersama warga setempat, beberapa isu penting juga dibahas, seperti hak pesangon bagi pensiunan yang telah berkontribusi bagi Tarakan, penambahan jaringan gas untuk warga, zonasi dalam pendidikan, serta perubahan anggaran untuk memprioritaskan pembenahan infrastruktur di Kelurahan Juwata Permai.

Semua pihak berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi momentum ibadah, tetapi juga sebagai awal dari kerjasama yang lebih erat dalam memajukan Tarakan ke arah yang lebih baik. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Kegiatan Konferensi Pers Diadakan Dinok Cafe Bersama BPJS Kesehatan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta Ibu PJ Wali Kota Tarakan, Meisa Ruslina, S.E., turut hadir dalam Konferensi Pers Layanan Program JKN Libur Lebaran 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta Ibu PJ Wali Kota Tarakan, Meisa Ruslina, S.E., turut hadir dalam Konferensi Pers Layanan Program JKN Libur Lebaran 2024 “Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan” yang diselenggarakan di Nok Cafe pada Rabu (20/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Cabang Tarakan BPJS Kesehatan, Yusef Eka Darmawan, Kabid Kesehatan Dinas Kesehatan, serta awak media elektronik.

Dalam konferensi tersebut, Pemerintah Kota Tarakan menyatakan dukungannya terhadap perlindungan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Layanan program JKN selama libur Lebaran 2024 disorot sebagai inisiatif yang memungkinkan masyarakat memperoleh layanan kesehatan dengan mudah di mana pun.

“Pemerintah Kota Tarakan mendukung penuh program BPJS Kesehatan ini untuk memastikan kesehatan masyarakat terjaga, terutama saat libur Lebaran. Mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan semangat meningkatkan iman dan kesehatan bersama-sama,” ujar Dr. Bustan, S.E., M.Si., Pj. Wali Kota Tarakan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Buka Bersama dengan TKBM, Supir Angkot dan Komunitas Ojek di Tarakan

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., laksanakan kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi di Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Tepat memasuki hari ke-6 (enam) ramadan 1445 H, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., laksanakan kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi di Kota Tarakan pada Ahad (17/3) sore.

Buka puasa dan silaturahmi ini dilaksanakan bersama dengan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), supir-supir angkot, serta komunitas ojek yang ada di Tarakan. Yang juga di hadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, SE., M.Si., beserta istri.

Selain buka bersama, tujuan acara ini adalah untuk mengikat tali silaturahmi antara Gubernur dengan masyarakat, agar dapat bersama-sama mewujudkan Kaltara yang maju dan terdepan. Hal ini juga disinggung oleh penceramah Ustadz H. Abdul Samad, LC., bahwa hubungan silaturahmi antar sesama manusia jangan sampai terputus.

Setelah ceramah, beliau mengajak seluruh hadirin untuk bershalawat sembari menunggu waktu berbuka yang sudah disediakan.

Di penghujung acara, setelah buka bersama dan sholat maghrib, Gubernur membagikan sembako berupa beras kepada hadirin yang hadir, yang mana harapannya bahwa beras tersebut dapat bermanfaat bagi para penerimanya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Kaltara Dan Pj Wali Kota Tarakan Hadir Acara Buka Puasa Bersama Sopir Dan Ojek Online

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara buka puasa bersama sopir dan ojek se-Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pejabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara buka puasa bersama sopir dan ojek se-Kota Tarakan pada hari Minggu (17/3/2024).

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang, dan Ketua TP PKK Kota Tarakan turut hadir dalam acara yang berlokasi di Dapur Bu Tin, Jalan Yos Sudarso, Tarakan.

Acara buka bersama ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara pemimpin daerah, tokoh masyarakat, dan para pekerja di kota Tarakan. Lebih dari sekadar ritual berbuka puasa, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, terutama para pekerja yang berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dalam acara buka puasa ini, para sopir, dan ojek yang hadir, dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 300 orang turut mendapat sembako. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung dan meringankan beban ekonomi bagi para pekerja informal yang rentan terdampak oleh situasi sosial dan ekonomi saat ini. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Kabar Gembira, Usulan CASN Kaltara Disetujui Menpan-RB

Published

on

Usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Sebanyak 1.468 usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dari Pemprov Kaltara mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dimana rincian usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. yang hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 mengungkapkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut sudah mendapat lampu hijau langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

“Dalam mengusulkan formasi CPNS 2024 dan PPPK oleh Pemprov Kaltara tidak ada kendala teknis, hal ini karena semua pertimbangan tergantung langsung dari kebijakan kepala daerah yakni Gubernur,” kata Pollymaart.

Ia menyebutkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut merupakan bentuk komitmen Gubernur dalam memperjuangkan Tenaga Non ASN yang telah lama mengabdi dalam perkembangan pembangunan dan kemajuan di Pemprov Kaltara.

Lanjutnya, karena ini menyangkut kebijakan pembiayaan, pertimbangan dan perhatian Gubernur akhirnya disetujui dan tinggal meneruskan ke pemerintah pusat dengan data pendukung, lalu mendapat respon positif yaitu disetujui usulan formasi tersebut.

“Semua komitmen Pak Gubernur dalam menyikapi permasalahan honorer, Pak Gubernur pasti mengusahakan yang terbaik untuk masyarakatnya, khususnya anak – anak Kaltara yang telah membantu pertumbuhan dan kinerja Pemprov Kaltara,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa menjelaskan usulan tersebut disetujui. “1.468 disetujui semua, sesuai usulan yang disampaikan oleh Bapak Gubernur ke Menpan RB,” katanya melalui pesan Whatsapp, Kamis (14/3) malam.
(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara Rakor IKN Dihadiri Seluruh Kabupaten Kota Dan Provinsi

Published

on

Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan menggelar Rapat Koordinasi Nasional dengan tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua.”

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta seluruh kepala daerah dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan lembaga tinggi negara hadir dalam rakor tersebut.

Rapat yang berlangsung pada Kamis, 14 Maret 2024, di Hotel Kempinski, Jakarta, bertujuan untuk mensosialisasikan pembangunan IKN yang terus dilakukan dan sebagai langkah awal persiapan perayaan HUT RI ke-79.

IKN di desain sebagai Ibu Kota Negara yang tidak hanya memindahkan pusat pemerintahan, tetapi juga bertujuan memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Konsep kota hutan menjadi identitas IKN kedepannya, yang akan mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sektor swasta dalam investasi berkelanjutan.

Selain sebagai pusat administrasi negara, IKN juga bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Melalui pembangunan tanpa merusak hutan, IKN menjadi contoh dalam upaya pelestarian alam. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Dihadiri Pj Wali Kota Tarakan Dr Bustan

Published

on

Meisa Ruslina, S.E., resmi dilantik sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Meisa Ruslina, S.E., resmi dilantik sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kota Tarakan untuk tahun 2024.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK dan Dekranasda Provinsi Kaltara, Hj. Rachmawati Zainal, S.H., di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota Tarakan pada Rabu, 13 Maret 2024.

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dan mendorong sinergi antara Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Tarakan dengan Provinsi Kaltara. Ia menekankan pentingnya PKK sebagai mitra strategis dalam pemberdayaan keluarga serta Dekranasda sebagai mitra pengembangan sektor kerajinan dan produk khas daerah.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengapresiasi semangat tinggi dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh Tim PKK dan Dekranasda Kota Tarakan. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan mereka dapat mempertahankan kinerja positif, mendukung visi, dan misi Pemkot Tarakan selama masa transisi ini.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Bersama Tokoh Agama Bersholawat Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si. menggelar acara bersholawat dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/2024M. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si. menggelar acara bersholawat dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/2024M di Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan, pada Sabtu (9/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Tarakan, Kepala OPD Kota Tarakan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Tarakan menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam menjalankan tugas yang berat. Ia mengakui bahwa tidak mungkin untuk bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Sekda, Asisten Kepala OPD, dan Forkopimda Kota Tarakan, agar dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Tarakan.

Salah satu fokus pembinaan yang ditekankan dalam acara tersebut adalah bidang keagamaan dan spiritual. Pj. Wali Kota berharap kolaborasi ini dapat memberikan dukungan yang lebih baik kepada para pemain hadrah di Kota Tarakan, sehingga dapat memajukan kota dalam segala aspek.

Dengan adanya acara bersholawat ini, diharapkan dapat memperkuat iman serta mempererat silaturahmi antara tokoh pemuda dan pemudi di Kota Tarakan. Sebagai daerah perdagangan dan jasa, Kota Tarakan juga memberikan peluang yang luas bagi investor yang ingin berinvestasi di kota tersebut. Pemerintah Kota Tarakan siap memberikan dukungan kepada investor baik dalam hal perizinan maupun pengembangan usaha agar Kota Tarakan terus berkembang dan menjadi destinasi investasi yang menarik. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer