MPC PP Melawi Gelar Diskusi Terbuka, Lilik Hidayatullah : Pemuda Harus Bisa Membentengi diri Dari Bahaya Narkoba – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalbar

MPC PP Melawi Gelar Diskusi Terbuka, Lilik Hidayatullah : Pemuda Harus Bisa Membentengi diri Dari Bahaya Narkoba

Published

on

Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC. PP) Kabupaten Melawi menggelar Diskusi terbuka. (Foto/Ist) 

MELAWI, SuaraBorneo.com – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC. PP) Kabupaten Melawi menggelar Diskusi terbuka di Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Senin (31/10/2022) pagi.

Diskusi Mengusung Tema “Optimalisasi Generasi Millenial Dalam Pencegahan Dan Penyalahgunaan Bahaya Narkoba”.

Kegiatan Di buka oleh Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Melawi Lilik Hidayatullah menyampaikan Pemuda Tidak hanya Membentengi diri sendiri Saja Namun Harus Jadi Pelopor dan Menyampaikan Kembali Kepada Pemuda dan Sesama Anak Bangsa Tentang Bahaya Narkoba Saat ini.

“Saya berharap para pemuda agar bersama sama memerangi Narkoba dan memahami bagaimana sebab akibat pada generasi penerus bangsa, jika terjerumus kepada Narkoba maka akan merusak generasi penerus bangsa hingga penyalahgunaan bahaya Narkoba dapat di Minimalisir di Wilayah Kabupaten Melawi,” ujar Lilik Hidayatullah.

Sementara itu Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya Mengapresiasi MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Melawi Yang telah menyelenggarakan kegiatan Diskusi Tersebut.

Menurut Dadi Pemkab Melawi Berkomitmen Bersama Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN),Masyarakat dan Pihak lainnya Untuk Terus Melakukan Pencegahan Peredaran Narkoba Di Wilayah Kabupaten Melawi.

“Sekali lagi Pemerintah tidak Dapat Bekerja Sendiri di Butuhkan Keterlibatan Seluruh pihak. Berantas ke Akar-akarnya Karena Sudah terbukti berpotensi merusak Generasi Bangsa” Ucap Dadi.

Majalis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Melawi juga menggandeng Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Juang, Dan Polres Melawi Sebagai Pemateri yang di wakili Kasatnarkoba Polres Melawi AKP. Aris Setiawan dan ketua RBM kota Juang Marumi. (io).

Bagikan ke

Bengkayang

DAD Bengkayang dan Para Tokoh Dukung Pemilu 2024 Damai

Published

on

Dewan Adat Dayak (DAD) di Wilayah Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Mengadakan Fokus Group Discussion (FGD). (Foto/Ist)

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Dewan Adat Dayak (DAD) di Wilayah Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) dalan rangka mendukung terciptanya Pemilu Damai Tahun 2024 di aula kantor Camat Bengkayang, Kamis (25/5/2023)

Hadir dalam kegiatan diskusi Publik FGD Camat Bengkayang, Heri Setiyono, S.STP., M.Si.Ketua DAD Kec. Bengkayang, Yulius Heri, M.Pd.KBO Sat Intelkam Polres Bengkayang, IPDA Bambang Rudiyanto beserta 5 personil. Kasi Trantib Kecamatan Bengkayang, Tarigan, Kades, Todat dan Tomas yang ada di wilayah Kecamatan Bengkayang.

Dalam Diskusi tersebut,Ketua DAD Kecamatan Bengkayang Yulius Heri Mengapresiasi dan mengajak seluruh para agar mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu tahun 2024.

Menurut nya Sebagai warga negara Indonesia yang baik maka kita selaku Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat bersama pihak keamanan Polres Bengkayang mempunyai kontribusi penyambung antara masyarakat dan pemerintah agar dampaknya dapat dirasakan baik oleh semua kalangan masyarakat.

“Menjelang pemilu tahun 2024 bahwa setiap masyarakat berhak memberikan hak suaranya untuk kemajuan demokrasi bangsa dan bernegara, namun diharapkan kita juga harus selalu menjaga situasi keamanan agar pelaksanaan kegiatan tersebut tetap berjalan lancar dan kondusif,” ungkap Ketua DAD Kecamatan Bengkayang,Yulius Heri

Yulius Heri menungkapkan ada beberapa jalur alternatif menyelesaikan permasalahan jika terjadi di masyarakat yaitu dalam bentuk Sanksi hukum Adat.

“Jika ada permasalahan di wilayahnya diharapkan kita selaku penengah dalam arti kata mempunyai kewenangan hukum adat dapat membantu setiap warganya menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan dengan seadil-adilnya,” tambahnya.

Kemudian menjelang even budaya Barape Sawa Kabupaten Bengkayang Tahun 2023 .

Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Bengkayang juga mengajak semua pihak agar mendukung even Budaya Barape Sawa yang merupakan agenda rutin tidak lama lagi akan di selenggarakan.

“Kita semua yang terlibat dalam ranah DAD wajib mendukung, karena acara tersebut merupakan salah satu ciri khas Budaya Dayak Bakati yang harus kita lestarikan, supaya dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun luar daerah Kabupaten Bengkayang dalam membangun pariwisata dan menjaga budaya adat di Kabupaten Bengkayang,” tegasnya

Dewan Adat Dayak Kecamatan Bengkayang berharap semua pihak terus berkontribusi membantu pemerintah dan pihak berwenang dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika melalui himbauan dan sosialisasi kepada warga masyarakat agar generasi penerus dapat hidup bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara.

Sementara itu,KBO Sat Intelkam Polres Bengkayang IPDA.Bambang mengapresiasi Diakusi Publik mendukung Terciptanya Pemilu Damai Tahun 2024.

“Sinergitas Polri bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat mempunyai peran penting dalam menjaga toleransi kerukunan antar suku bangsa dan umat beragama, hal ini telah kita wujudkan dalam interaksi kehidupan sosial sehari-hari,” ungkap Ipda Bambang

IPDA Bambang Mengajak Menjelang pemilu 2024 TNI-Polri agar tetap berkomitmen bersikap Netral.

Sekaligus menghimbau kepada steakholder agar bersama-sama mengawal dan menjaga situasi kamtibmas supaya pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan kondusif.

Selanjutnya,Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang Tarigan menyampaikan dalam FGD kontribusi Steakholder para tokoh sangat Penting sebagai penyampai pesan-pesan kamtibmas yang positif kepada masyarakat untuk kepentingan dalam mencapai keharmonisan dan ketentraman bersama.

“Kecamatan Bengkayang rata-rata dihuni oleh masyarakat kalangan suku dan agama yang berbeda-beda, namun semua itu menjadi suatu bentuk dinamika untuk saling belajar memahami dan menghargai yang dinamakan toleransi,” jelas Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang,Tarigan

Menurut Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Bengkayang Tarigan berharap lembaga adat dan tokoh-tokoh masyarakat menjadi panutan bagi masyarakatnya dalam mencapai kesejahteraan sosial.

“Lewat FGD kita harus bersepakat Atensi kita bersama-sama mengawal dan menjaga situasi kamtibmas menjelang pemilu 2024 supaya berjalan lancar dan kondusif,” tambahnya

Pemerintah Kecamatan Bengkayang Mengajak semua pihak bersama-sama melakukan pengawasan secara berkala terkait pemuda pemudi sekarang agar tidak terjerumus kedalam narkoba dan pernikahan dini, sehingga diharapkan sinergitas antar instansi terkait dan tokoh-tokoh masyarakat dapat membantu memberikan dampak yang baik kepada masyarakat. (Rbn)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Komisi IV DPR-RI Gandeng Dirjen KSDAE KLHK Gelar Bimtek Kapasitas Kelompok Masyarakat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Published

on

Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat. (Foto/Ist)

SINTANG, SuaraBorneo.com – Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat di Gelar Salah Satu Aula hotel di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Rabu (24/5/2023) Pagi.

Bimtek itu terwujud Atas kerjasama Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Bersama Komisi IV DPR RI.

Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) sebagai salah satu UPT
Direktorat Jenderal KSDAE secara Maksimal Turut Berupaya Merangkul
Peran serta Masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

“Saat ini terdapat Kurang Lebih sepuluh Ribu jiwa yang bermukim di Desa-Desa Penyangga di sekitar Kawasan TNBBBR”, Kata Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Andi Muhammad Khadafi.

Menurut Andi Muhammad Khadafi, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Memandang Keberadaan Masyarakat Sebagai Sebuah Peluang untuk Mewujudkan Sinergitas pengelolaan kawasan. Dalam Pengelolaan Masyarakat Merupakan mitra strategis yang sangat Potensial Bagi Pengembangan Pemanfaatan sumber daya Hutan Berupa Pemanfaatan jasa Lingkungan Maupun Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Secara Lestari.

“Pada Desa-Desa Penyangga TNBBBR saat ini sudah terbentuk lebih dari Tiga Puluh Tiga Kelompok. Sembilan belas kelompok berada di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi yang telah dibentuk kelembagaannya serta dilakukan Pembinaan intensif secara periodik”, Tutur Andi.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalbar II Yessy Melania Mengatakan Komisi IV DPR RI merupakan mitra Kementerian Lingkungan Hidup Dan kehutanan dan Salah satu kolaborasi Menjaga Alam dengan tidak Meninggalkan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan Taman Nasional.

“Karna kita Kita Tau Bahwa Hutan Kita bisa di Katakan Hampir Kritis, Keberadaan Kelompok Masyarakat di sekitar ini lah Sebagai Salah Satu Upaya Membantu Negara Dalam Pelestarian Alam dan Ekosistem di Sekitar”, Ujar Yessy.

Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania juga Mengajak Masyarakat Kelompok Sekitar untuk Menjaga Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. “Kami semua di sini tidak bisa bekerja Sendiri. Nah bapak ibu kelompok ini lah yang Paling Berperan Penting di sekitar Kawasan itu”, Harapnya

Bimtek juga di Rangkai Dengan Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Desa Penyangga Taman Nasional Bukit Bakar Bukit Raya Kepada Lima Kelompok Senilai 205 Juta Di antara Kelompok Transportasi Topakai, Kelompok Home Stay Danum sorio, Kelompok Tani Tolian Danum Komeruh, Kelompok Porter Mothere, dan Kelompok Tani Mekar pelita Yang di serahkan Langsung Oleh Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania.

Satu di antara Kelompok Menyambut baik Atas Bantuan Yang di berikan. “Kami selaku Perwakilan Kelompok Tani Mekar Pelita Mengucapkan Terimakasih Kepada Anggota komisi IV DPR RI Yessy Melania Yang telah Memberikan Bantuan ini. semoga Bantuan ini dapat Kami gunakan denga Sebaik baiknya” Ucap Yopenelius Obeng. (Tio).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Perangi Stunting dan Gizi buruk, Yessy Melania Salurkan 650 Paket Ikan di Kecamatan Pinoh Selatan

Published

on

DPR RI Yessy Melania Fraksi Nasdem Dapil Kalbar II. (Foto/Ist)

MELAWI, SuaraBorneo.com – Sebanyak 650 Paket ikan di Salurkan Anggota komisi IV DPR RI Yessy Melania Di Beberapa Desa di Kecamatan Pinoh Selatan di Pusatkan Halaman Kantor Kecamatan Pinoh Selatan, Desa Manggala Senin, (22/5/2023).

Kegiatan itu diinisiasi Anggota DPR RI Yessy Melania Fraksi Nasdem Dapil Kalbar II Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Dengan Perluasan Safari Gemarikan di Kabupaten Melawi.

Legislator Dapil Kalbar II yang Sekaligus Putri Asal Melawi ini Pun meminta Masyarakat Mengkampanyekan Gemar Makan ikan.

“Bapak presiden kita Konsen Akan Generasi Emas Indonesia Ke Depan. Nah Salah satu harapan beliau Masyarakat bisa Mendapatkan ikan Segar dari Pemerintah. Melalui Safari Gemarikan ini kita Daerah Melawi juga di dorong mendapatkan Asupan Gizi yang baik Guna Mencegah Stunting,” ujar Yessy

Lanjut Yessy, Mengkampanyekan Gemar Makan Ikan Langsung Tanpa di olah Masyarakat cenderung kurang minat, Apalagi Anak Usia Dini.

“Banyak Cara lain untuk dapat Mengkonsumsi ikan Salah satunya di buat Olahan Produk turunan lainnya Seperti Abon ikan,Kerupuk ikan, Atau Bakso ikan. nah itu kan Sangat-Sangat memungkinkan,” tuturnya.

Menurut Yessy, Cakupan Konsumsi Ikan di Melawi Masih Sangat Rendah Melalui Safari Gemarikan ini Masyarakat khususnya ibu Hamil Anak Usia dini bisa mendapatkan Asupan Gizi Protein dari ikan. “Harapan Saya dengan penyaluran ini Masyarakat bisa Mendapatkan Pemenuhan konsumsi ikan,” terangnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Melawi Syaiful khair Mengucapkan Terimakasih Kepada Anggota DPR RI Yessy Melania dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Atas terselenggara Safari Gemarikan di Melawi.

“Khususnya di Dinas Kami beliau (Yessy Melania) banyak Kontribusinya. tidak hanya di bidang Perikanan, tetapi juga bidang Peternakan. sangat banyak Kontribusinya Khususnya Daerah kita Melawi ini,” ungkap Syaiful Khair.

Berdasarkan data dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Melawi produksi ikan air Tawar di Tahun 2022 sebanyak Enam Ribu sembilan Ratus dua Puluh Empat Ton Pertahun , di sisi lain ada Pengadaan Bibit ikan di tahun yang Sama ada lima kelompok Sebanyak Satu juta dua Ratus lima puluh Ekor Sedangkan Angka konsumsi ikan khusus di Kabupaten Melawi tiga Puluh Koma tujuh belas kilo perkapita. Sementara data kurang konsumsi ikan sebanyak dua puluh enam koma tiga puluh satu kilo perkapita.

“Mudah-Mudahan Program Pemerintah yang di bawa Perwakilan Komisi IV DPR RI ibu Yessy Melania ini bisa Mencapai ke Daerah kita lagi Ke Depannya. Dengan Adanya Safari Gemarikan ini Sangat Membantu Masyarakat kita,” tutup Syaiful khair. (Tio)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Petinju TNI AD Praka Hiyar Ismansyah Siap Harumkan Nama Bengkayang Naik Ring di Thailand

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – saat ini Petinju asal kabupaten Bengkayang, Hiyar Ismansyah tengah mempersiapkan diri untuk ikut seleksi XBC Sportech PreQualification Fight menuju Road to Rajadamnern 2023.

Jika lolos seleksi pada 11 Juni 2023 mendatang, dirinya akan bertanding di Rajadamnern Muay Thai, Thailand tahun 2023 – mewakili Kalimantan Barat.

“Rencana saya mau bertanding di Thailand ketika saya lolos seleksi di Indonesia di tanggal 11 Juni 2023. Karena tiap kelas ada tiap provinsi yang mewakili, seedangkan dikelas saya ada 4 provinsi yakni Kalbar, Kaltim , NTT dan Bekasi. Dan saya berhadapan dengan atlit NTT,” ucap Praka Hiyar yang saat ini berdinas di divisi Infanteri 1 Kostrad, Depok.

Dalam mempersiapkan diri, Hiyar juga terus berlatih fisik setiap harinya bersama sang pelatih. “program yang kita jalani adalah Power di pagi untuk mengasah pukulan siang fisik agar di dalam pertandingan tidak keteteran ketika sepanjang ronde. Dan malam tehnik agar bisa bagaimana untuk mengantifikasi yang saya hadapi nanti nya seperti apa, sejauh ini itu yang kita lakukan untuk sebulan ini yg kita persiapkan ,” kata Hiyar.

Hiyar nantinya akan bermain di kelas 57 KG, dan sudah menandatangani kontrak pertandingan tersebut pada 11 Mei 2023.

Untuk bisa tampil di Muay Thai, Thailand Hiyar meminta dukungan dan doa dari masyarakat Kalimantan Barat, khususnya kabupaten Bengkayang agar bisa membawa kemenangan dan harumkan nama daerah.

“Saya mohon masyarakat Kalbar khususnya Bengkayang mohon doa dan dukungannya agar saa bisa membawa kemenangan dan mengambil tiket di kejuaraan rood to Rajadamnern Muay Thai Thailand di tahun 2023,” ucap Hiyar.

Prestasi

Hiyar Ismansyah merupakan Abang kandung dari petinju nasional, Hisar Pacmen atau Hisar Mawan. Ia memulai karier tinjunya pada tahun 2012, dan tahun yang sama pula ia pertama kali mengikuti kejuaraan tinju Cornelis Cup se-Kalbar dan bermain di kelas 52KG. Saat itu, pertama kali Hiyar mendapatkan medali emas.

Kemudian di tahun 2013, berkat prestasi di bidang olah raga tinju, dia di tawarkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota TNI-AD oleh salah satu rekannya – yang juga merupakan anggota TNI-AD. Namun pada saat itu kata Hijar, dirinya sudah bekerja di salah satu perusahaan sawit dan sambil menjadi pelatih sepak bola SD.

“Selama 8 bulan bekerja, tiba-tiba orang tua saya menelpon sambil nangis ibu saya bilang ada yg nawarkan masuk TNI dari prestasi, tolong balik ibu kasian kamu kerja sawit itu keras, saya menjawab ok saya mau tapi sekali saja kalau tidak lulus saya tetap kerja sawit dan jadi pelatih sepak bola,” cerita Hiyar sambil mengenang kembali obrolan dengan ibunya saat itu.

Hiyar memutuskan untuk mendaftar diri sebagai anggota TNI, dan mengikuti serangkaian tes, berbekal prestasi yang dimiliki. Bak semesta mendukung, Hiyar lolos sebagai anggota TNI-AD di tahun 2014, dan ditugaskan di Jakarta.

Tahun 2016, Hiyar kembali ikut pertandingan di WSBC dengan perolehan medali emas. Saat itu ia berhadapan dengan Petinju asal Jakarta. Setahun kemudian, 2017 ia kembali mendapatkan medali emas dan mengalahkan petinju asal Jawa Barat.

Kemudian di tahun 2020, Hiyar memutuskan untuk bergabung di olahraga campuran, yakni Muay Thai. Sejak itu dirinya sering naik ring dan menang TKO dan KO. Dan sampai tahun 2021 dan 2022 dia bermain di kejuaraan tarung bebas kick boxing membawa nama kabupaten Bengkayang. Di momen ini ia bersama adik kandungnya, Irawan Purwanto dan berhasil menjadi juara satu dan mendapatkan penghargaan dari Bupati Bengkayang. Sejak itu pula, ia banyak mendapatkan tawaran hingga di Provinsi Jawa Barat.

Terakhir di tahun 2022, ia mendapat medali emas di Wushu pada Porprov Kalbar.

Sejatinya, olahraga apapun itu, jika dia jalani dan tekuni sepenuhnya hati akan membawa berkah dikemudian hari. Hiyar berharap, dukungan dari masyarakat Kalbar untuk dirinya agar bisa tampil di Rajadamnern Muay Thai, Thailand tahun 2023. (Robin)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalbar

Tingkatkan SDM Petani Kakao dan Sawit Melalui Bimtek, Yessy Melania : Konsisten Dalam Bertani itu Penting

Published

on

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil II Kalbar Fraksi Partai Nasdem Yessy Melania. (Foto/Ist)

MELAWI, SuaraBorneo.com – Anggota Komisi IV DPR RI Dapil II Kalbar Fraksi Partai Nasdem Yessy Melania melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) Manajemen Perkebunan Sawit dan Kakao bekerjasama dengan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI di Aula Kurnia Waterpark, Desa Tembawang Panjang,Kecamatan Nanga Pinoh Selasa (16/5/2023) Pagi.

Dalam Sambutannya Yessy Melania Turut mengapresiasi atas kehadiran para Petani yang ada di Kabupaten melawi untuk mengikuti Bimtek, selain itu Yessy juga Meminta Para Kelompok Tani untuk meningkatkan Produktivitas Terutama Sawit yang tidak Asing lagi Bagi para petani yang ada di penjuru Melawi bahkan Indonesia.

“kita akui Sawit sudah di mana-Mana dan komoditi itu sudah menjadi mata pencaharian skala besar. dulu kita terkenal dengan Karet tetapi harga anjlok dan Masyarakat mulai beralih ke Sawit. Memang Potensi Perkebunan sawit secara global Sangat luar biasa Rata-Rata tiga hingga lima Besar Untuk Produktivitas Sawit di Indonesia”. Papar Yessy.

Legislator Dapil Kalbar II Fraksi Nasdem (Sanggau,Sekadau, Sintang,Melawi dan Kapuas Hulu) ini pun berharap Melalui Bimtek dapat mendapatkan ilmu yang baik agar Para Petani Sawit Maupun Kakao yang ada di kabupaten Melawi dapat Terus menciptakan inovasi cara Bertani yang baik.

“Yang paling Penting Bertani itu konsisten dan Hasilnya pun Akan Baik apa lagi dengan Pengelolaan dan Perawatan yang cukup Baik”. Tutur Yessy.

Menurut Yessy, Masih banyak Potensi Pertanian yang ada di Melawi. bukan hanya Sawit Saja.

“Tahun lalu kita Pernah Memasukan Kakao di Desa Entebah kecamatan Belimbing Mereka sudah mengajukan 30 hektar dan sudah Reaalisasi bahkan di bagikan ke beberapa daerah di Kecamatan Pinoh Selatan” Ujar Yessy.

Sementara Itu kepala Dinas Pangan Perkebunan Kabupaten Melawi yang di wakili Mustofa mengatakan untuk Perkebunan Sawit Salah satu hal paling Mutlak adalah Bibit bersertifikat.

“Untuk Sawit Pemilihan Bibit Paling di utamakan Terutama bibit yang benar benar Jelas”. kata Mustofa.

Kepala dinas pangan dan Peternakan Provinsi Kalbar yang di wakili Eka Julianti menyatakan sesuai dengan peraturan gubernur (Pergub) No. 28 Tahun 2020 ada Enam Prioritas komoditi pengembangan Perkebunan di Kalbar di antaranya, Kelapa Sawit,Karet, Kelapa,Kakao, Lada, dan Kopi. Sedang untuk Tanam lainnya Cengkeh, kemiri, Aren, Pinang,Tebu, dan Sagu.

“Kami juga titip Pesan dengan ibu Yessy Mudah-mudahan bukan hanya Kakao dan Sawit Saja yang di kembangkan, untuk komoditi lainnya di lakukan Pembinaan dan Pengembangan. namun yang di minati Masyarakat Saat ini yaitu kopi, karena kopi juga sangat familiar Di Mana-Mana Banyak Bermunculan Warung kopi di Melawi maupun di Kalbar, tetapi Masyarakat untuk membudidaya Tanaman kopi Sangat Minim “. Ungkap Eka Julianti.

kegiatan di lanjutkan Dengan Penyampaian Materi oleh Para Narasumber. Hadir Pada Bimtek Sub Standarisasi mutu Ratna Sariati,Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar yang di Wakili Eka Julianti, Kadis Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi yang di Wakili Mustofa,Para Narasumber hingga Peserta Bimtek.

Penulis : Tio

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Cek Pos PAM, Polres Bengkayang Terus Matangkan Kesiapan OPS Ketupat 2023

Published

on

Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M. Turun Lapangan Mengecek dan memastikan Seluruh kesiapan Pos Pelayanan (Posyan) untuk Operasi Ketupat Kapuas 2023. (Foto/Ist)

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M. Turun Lapangan Mengecek dan memastikan Seluruh kesiapan Pos Pelayanan (Posyan) untuk Operasi Ketupat Kapuas 2023 Beberapa Hari Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (15/4/23) malam.

Pengecekan di lakukan yaitu mulai kesiapan personel pelayanan, kesiapan pos, kelengkapan sarpras maupun data-data penunjang pos pelayanan. Kapolres menambahkan, selain pos pelayanan di Kecamatan Bengkayang tersebut, pihaknya juga mendirikan Posyan di terminal Kec. Sungai Raya dan Pos Pengamanan (Pospam) di Pantai Kura-kura dan Pantai Samudera Indah.

” pengecekan seluruh kesiapan Posyan di Pasar Bengkayang. Kami pastikan kelengkapan sarpras dan data-data pendukung di Pos sudah siap, selain itu kami juga berikan arahan dan SOP terkait pelayanan,” ucap Kapolres Bengkayang AKBP.Bayu Suseno saat berada di Posyan.

“Tidak hanya itu, kami juga telah mendirikan Posyan di Terminal Pasar Sungai Duri Kecamatan Sungai Raya, Pospam di Pantai Kura-kura dan Pantai Samudera Indah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan,” tambah Kapolres.

Menurut Kapolres, keberadaan Pospam dan Posyan sangat Penting, selain mengantisipasi gangguan kamtibmas maupun kamseltibcarlantas, juga bisa sebagai tempat istirahat bagi pemudik.

“Keberadaan Posyan ini guna memberikan keamanan dan kelancaran bagi pemudik maupun masyarakat lainnya serta mencegah aksi kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi. Selain itu, Pos ini sebagai tempat istirahat (rest area) bagi pemudik yang kelelahan. Sedangkan Pospam ini didirikan agar para wisatawan dapat merasa aman, nyaman dan tenang saat berwisata,” ujar Kapolres.

Terakhir Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun pemudik untuk selalu menaati peraturan lalu lintas serta bersama-sama menjaga kamtibmas khususnya di Kabupaten Bengkayang.

“Kepada seluruh pemudik agar selalu menaati peraturan lalu-lintas, jaga keselamatan dan keamanan selama mudik maupun selama berlibur tempat wisata. Mari bersama kita jaga dan wujudkan kondusifitas kamtibmas serta kamseltibcarlantas di Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 ini,” sampai Kapolres. (Robin)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Polres Bengkayang Klarifikasi Video Pemukulan Dilakukan Oknum Kades

Published

on

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Kepolisian Resor Bengkayang mengklarifikasi video Pemukulan yang di lakukan Oknum Kepala Desa di wilayah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Video pemukulan Oleh Oknum Kepala Desa sempat Beredar di media sosial Beberapa waktu lalu.

Dalam video yang bersedar di media sosial dilakukan oleh tiga orang terhadap satu dari lima orang yang di duga pelaku percobaan pencurian dengan pemberatan.

Dalam video tersebut tergambar suasana di lingkungan Polsek Sungai Raya Kepulauan. Mengenai hal tersebut, pihak Polres Bengkayang telah melakukan investigasi sebagai berikut:

Bahwa benar lokasi kejadian pemukulan tersebut berada di ruang tamu atau Lobby Polsek Sungai Raya Kepulauan dan terjadi pada hari Senin (10/4/23) sekira jam 02.15 Wib. Pelaku pemukulan adalah sdr. AN dan sdr. AL. Sedangkan untuk pelaku yang merekam adalah sdr. AS. Ketiganya merupakan warga masyarakat Desa Rukma Jaya, sedangkan AL diketahui merupakan oknum kades setempat.

Berdasarkan Kronologis yang di sampaikan Kepolisian Kepolisian setempat penganiayaan tersebut, AN yang memakai baju atau kaos berwarna biru muda tidak berlengan melakukan penganiayaan terhadap WS. Sedangkan AL yang memakai baju warna putih melakukan penganiayaan terhadap AL.

Terkait adanya keterlibatan anggota Polsek Sungai Raya Kepulauan yang melakukan pemukulan, Polres Bengkayang telah melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap Bripda AR dan Aipda F. Apabila hasil pemeriksaan terbukti mereka melakukan pemukulan maka akan di proses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun untuk kronologi kejadian, pada Minggu (9/4/23) sekira pukul 22.00 Wib telah terjadi aksi pencurian dengan pemberatan di Dusun Bakti, Desa Rukma Jaya, Kec. Sungai Raya Kepulauan yang dilakukan oleh lima orang pria berinisial AZ, MW, AA, DI dan KU. Kemudian pada Senin (10/4) sekira pukul 02.15 Wib, sdr. AL, AS dan AN bersama 8 orang lainnya membawa orang yang diduga sebagai pelaku percobaan pencurian tersebut ke Polsek Sungai Raya Kepulauan dan AS langsung masuk tanpa izin menuju lobby Polsek, pada saat itu Aipda F dan Bripka AA sedang mengintrogasi lisan terhadap kelima pelaku pencurian yang kemudian AN dan AL berbicara dengan WS dan AL. Tiba-tiba AN melakukan penganiayaan terhadap WS dan AL juga melakukan penganiayaan terhadap AL. Sementara itu, AS secara diam-diam mengambil rekaman video pada saat terjadinya penganiayaan.

Kemudian, pihak Polsek Sungai Raya Kepulauan telah melakukan beberapa upaya terkait kejadian tersebut, yaitu pada Rabu (12/4) telah dilakukan mediasi dengan menghadirkan semua pihak, namun belum menemukan kata sepakat.

Selain itu, Kanit Reskrim Polsek Sungai Raya Kepulauan telah melakukan pemeriksaan terhadap AN dan AL selaku pelaku pemukulan. Dari hasil pemeriksaan, diketahui alasan pelaku melakukan penganiayaan karena AL merasa malu dengan perbuatan yang dilakukan korban, yang mana AL masih mempunyai hubungan keluarga dengan korban. Setelah itu, AN, AL dan AS membuat video klarifikasi untuk meminta maaf kepada keluarga korban serta meminta maaf kepada pihak Polsek Sungai Raya Kepulauan.

Mengenai kejadian tersebut, Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. menghimbau kepada masyarakat terkhusus di Kabupaten Bengkayang terkait apabila menemukan atau menangkap tangan pelaku kejahatan agar tidak melakukan aksi main hakim sendiri.

“Apabila menangkap tangan pelaku kejahatan apapun, agar tidak melakukan aksi main hakim sendiri apalagi tersangka berada di lingkungan Polsek atau Polres, karena hal ini justru membuat munculnya perbuatan melawan hukum yang baru. Hal ini akan merugikan masyarakat itu sendiri, yang semula melakukan tindakan yang benar, justru nanti akan menjadi tersangka baru,” ujar Kapolres.

Adapun mengenai beredarnya video penganiayaan yang terjadi, Kapolsek Sungai Raya Kepulauan akan membuat laporan terkait adanya unsur pidana undang-undang ITE dalam kejadian tersebut. (Robin)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Serikat Pekerja Buruh di Bengkayang Siap Jaga KAMTIBMAS Pemilu 2024

Published

on

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Federasi serikat pekerja pertanian dan perkebunan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP PP KSPSI) Kabupaten Bengkayang mengadakan diskusi dan deklarasi Damai jelang Pemilu Tahun 2024 bertempat di salah satu usaha warung kopi di kelurahan Bumi Emas,Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang, Rabu (12/4/2023).

Diskusi santai Para serikat pekerja buruh yang tergabung dalam FSP PP KSPSI Kabupaten bengkayang ini di isi sekaligus menjadi ajang silahturahmi dengan berbuka puasa Bersama.

Beberapa poin yang di bahas serikat pekerja buruh diantaranya menyatakan komitmen menjaga situasi keamanan dan ketertiban (kamtibmas) kabupaten bengkayang tetap kondusif dengan tidak menggelar aksi unjuk rasa pada peringatatan Hari buruh yang di peringatai setiap tanggal 1 Bulan Mei sebagai hari buruh sedunia atau May day.

“Tujuan kita mengadakan diskusi forum antar sesama Buruh ini ,yang pertama silahturahmi dan berbuka puasa bersama,” ungkap Ketua asosiasi pasar Teratai Bengkayang dan selaku pimpinan diskusi, Benny Vanalaiyan.

Diakui Beni selaku bagian dari FSP PP KSPSI pihaknya telah menerima banyak masukan asistensi terhadap perjuangan pihaknya atau buruh.

“Kita juga menyarankan kepada sesame pekerja terutama buruh dan para pekerja pertanian yang paling dominan di kabupaten bengkayang supaya terus meningkatkan kinerja dan terus bersuykur, sehigga apa yang menjadi kerja keras para buruh bisa menjadi sesuatu hasil yang memuaskan,” ucap Benny vanalaiyan

di luar sesi diskusi,hal yang tak kalah pentingya di sampaikan dalam forum serikat pekerja buruh jelang pemilu 2024 mendatang para buruh bersepakat dan komitmen tetap menjaga situasi Kamtibmas kabupaten bengkayang.

“Menjelang pemilu 2024 ini, para pekerja buruh dan pekerja pertanian harus siap menghadapi berbagai bentuk tantangan dengan tidak terprovokasi isu-isu negative yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di daerah bengkayang yang memiliki keberagaman Bahasa ,suku dan budaya,” tegas Benny Vanalaiyan.

Sementara itu , Beni anggota SPSI bidang bongkar muat barang dan Transportasi menambahkan pihaknya sepakat dan memastikan tidak akan mengadakan aksi Demo pada Peringatan Hari Buruh mei mendatang.

“Kita sepakat tidak akan melakukan aksi pada peringatan Hari Buruh atau may day 1 mei 2023 mendatang khusus di bengkayang,alasan utama tidak ada gangguan kamtibmas,” tegas Beni

Lanjut Beni, selaku dari bagian SPSI menyarankan peringatan hari buruh nanti di isi dengan kegiatan bakti sosial dan kegiatan positif lainnya apapu bentuknya.

“Maunya kita untuk mengisi peringatan hari buruh dengan kegiatan aksi sosial bkerjasama dengan pemerintah daerah setempat akan lebih baik dan bisa menjadi Langkah tepat membangun silahturhami juga,” jelas Beni

Usai mengikuti Rangkaian diskusi forum serikat pekerja buruh di kabupaten bengkayang melakukan Deklarasi Pemilu Damai 2024. Dengan isi Sebagai berikut.
1.Mendukung suksesnya Pemilu 2024 yang aman damai dan sejuk.

2.menolak keras berita hoax dan ujaran kebencian.
3. mendukung penegakan hukum terhadap segala bentuk penyebaran berita hoax,ujaran kebencian , hasutan dan provokasi serta isu-isu yang memecah belah kebhinekaan pada pemilu 2024. (sr)

Bagikan ke
Continue Reading

Bengkayang

Ramadhan, Muhammadiyah Bengkayang Bagikan Paket Sembako kepada Warga di Sanggau Ledo

Published

on

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Bulan Ramadhan bulan yang mulia merupakan bulan yang dinantikan oleh umat muslim di penjuru dunia, termasuk umat muslim Kabupaten Bengkayang.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim berlomba-lomba untuk berbuat amal kebaikan untuk mendapat pahala dan ridho dari ALLAH SWT, tak mau ketinggalan dalam berbuat kebaikan di bulan Ramadhan Tahun 2023/1444 H adalah Muhammadiyah Kab. Bengkayang.

Salah satu Nya seperti yang di Lakukan Muhamadiyah Kabupaten Bengkayang.

Muhamadiyah kabupaten Bengkayang yang di pimpin langsung H.Maulidin Memiliki kesempatan membagikan Sejumlah paket Sembako ke warga di kecamatan Sanggau Ledo kabupaten Bengkayang.6 april 2023 lalu.

Paket sembako di berikan ke warga berupa Beras Minyak goreng, Telur, Sarden, Gula dan susu kaleng.

“Pada Ramadhan Tahun 2023/1444 H kali ini, Muhammadiyah Kabupaten Bengkayang melaksanakan kegiatan berupa memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat di sekitaran Kecamatan Sanggau Ledo ,” tutur H. Maulidin, SPKP, selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bengkayang.

H. Maulidin, berharap lewat Berbagai sembako dapat menjadi corong untuk membangun tali silaturahmi antara Muhammadiyah kepada Masyarakat.

“kegiatan ini selain mengharap ridho dari ALLAH SWT, juga sebagai bentuk kepedulian serta partisipasi Muhammadiyah Bengkayang kepada sesama umat muslim yang memerlukan, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahim antara Muhammadiyah dengan masyarakat Kabupaten Bengkayang.” ungkap H Maulidin

Dalam kegiatan tersebut juga Muhammadiyah sekaligus memberikan pamahaman ataupun Edukasi kepada masyarakat terutama untuk menjaga KAMTIBMAS .

“Agar tidak mudah terpancing isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia saya mengajak masyarakat, baik sesama umat muslim maupaun dengan masyarakat yang non muslim tetap menjaga hubungan baik agar tidak terjadi perpecahan di masyarakat, terlebih lagi agar tidak terjadi perpecahan persatuan kesatuan umat muslim di Kabupaten Bengkayang.” cetusnya.

Lanjut H. Maluidin sebagai Pimpinan Muhammadiyah di kabupaten Bengkayang ia menghimbau masyarakat tetap waspada terhadap kehadiran kelompok aliran yang dapat memcah persatuan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat muslim di Bengkayang agar tidak mudah untuk mengikuti suatu kelompok aliran yang belum jelas dan rawan terpapar paham radikal dan intoleransi, jika ingin belajar atau bertanya tentang agama tanyakan kepada alim ulama yang memahami tentang agama, jangan menggali informasi atau belajar melalui sumber yang tidak jelas,” tukas ketua Pimpinan Daerah Muhammadiayah Kabupaten Bengkayang.

Terakhir dalam kegiatan tersebut H. Maulidin berpesan kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk dm menjalankan ibadah puasa.

“Kita wajib jaga toleransi sesama agama dan sesama antar umat beragama, jaga persatuan dan kesatuan, kerukunan antar umat beragama di daerah Bengkayang yang sudah baik ini . kita jaga, kita pelihara dengan baik sehingga Kabupaten Bengkayang tetap selalu aman dan kondusif pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H serta memasuki tahun Politik 2024,” tutup H Maulidin. (Robin)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer