9 ASN Pemko Banjarmasin Mendapatkan Emas Antam dari Undian KPE Bank Kalsel – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Banjarmasin

9 ASN Pemko Banjarmasin Mendapatkan Emas Antam dari Undian KPE Bank Kalsel

Published

on

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Wajah sumringah terpancar dari sembilan ASN Pemko Banjarmasin yang mendapat hadiah emas Antam ukuran 10 gram dan 5 gram dari Undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Direktur Kepatuhan Bank Kalsel IGK Prasetya dan Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Firmansyah menyerahkan hadiah emas dari undian Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Bank Kalsel kepada 9 orang ASN di Pemko Banjarmasin, Jum’at (18/11/22).

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengucapkan, terima kasih kepada Bank Kalsel yang memberikan hadiah untuk para pemegang KPE dengan hadiah sangat lumayan. “Selamat kepada pemenang semoga hadiah emas Antamnya bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK Prasetya, mengungkapkan, undian KPE Bank Kalsel memberikan kesempatan kepada ASN mendapatkan hadiah menarik. “Makin banyak tabungan makin besar kesempatan mendapat hadiah, karena kupon undian diberikan setiap Rp250 ribu per satu kupon undian,” tambahnya.

Pemegang tabungan KPE juga diikutsertakan pada pengundian Simpeda Nasional yang hadiahnya uang tunai miliaran rupiah. “Jadi banyak keuntungan yang didapat dari KPE Bank Kalsel. Mari perbanyak tabungan karena tahun depan hadiah akan semakin di perbesar,” ajaknya.

Seorang ASN, Kurnisah, mengaku, beruntung mendapat emas Antam 10 gram.”Saya senang dan sebentar lagi pension. Rencananya emas ini dijual untuk membeli bibit durian persiapan masa pension. Saya ucapkan terima kasih ke Bank Kalsel yang menjadi bank kebanggaan Banua,” imbuhnya. [adv/ad]

Bagikan ke

Banjarmasin

Permudah Pelayanan Masyarakat Bayar Pajak, Gubernur Kalsel Resmikan Samsat Drive Thru dan Samsat Bayar Malam (Samalam)

Published

on

Samsat Drive Thru dan Samsat Bayar Malam (Samalam) diresmikan Gubernur Kalsel melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor apresiasi ragam inovasi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel yang memudahkan pelayanan untuk masyarakat.

Inovasi layanan Samsat Drive Thru dan Samsat Bayar Malam (Samalam) tersebut diresmikan oleh Gubernur yang akrab disapa Paman Birin melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira, pada acara Gebyar Samsat Banjarmasin II, Senin (18/3).

”Semoga dengan hadirnya berbagai inovasi, dari Bapenda Kalsel, terlebih inovasi tersebut berkaitan dengan layanan masyarakat, dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harap Paman Birin melalui sambutan yang disampaikan oleh Fajar.

Paman Birin juga mengingatkan bahwa inovasi bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan.

”Ingat, inovasi itu sifatnya memudahkan,” ingat Paman Birin.

Terlebih ujar Paman Birin, pajak memiliki peranan penting dalam pembangunan sebagai salah satu bagian terbesar dari pembangunan negara.

Oleh karena itu sudah seharusnya pelayanan terkait pajak dipermudah, agar masyarakat rajin untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

”Pajak merupakan salah satu bagian terbesar dari penerimaan negara, untuk membiayai pembangunan, oleh karena itu kita harus melakukan berbagai inovasi, agar penerimaan pajak dapat dilakukan secara maksimal,” sampai Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan, dirinya tidak ingin masyarakat dikecewakan dengan pelayanan yang kurang baik dan rumit, yang dapat berakibat pada masyarakat enggan membayar pajak ataupun melakukan balik nama kendaraan bermotor.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kalsel, Subhan Nor Yaumil dalam laporannya menyampaikan bahwa inovasi Samsat Drive Thru dan Samalam merupakan langkah maju untuk mendukung dan memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kendaraan bermotor.

Untuk Samsat Drive Thru, masyarakat bisa melakukan urusan administrasi kendaraan bermotor, tanpa harus turun dari kendaraan.

Sedangkan untuk Samsat Bayar Semalam, atau Samalam, diadakan untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengurusan administrasi kendaraan di siang hari.

”Kami menyadari bahwa banyak dari kita memiliki kesibukan sehari-hari yang membuat sulit untuk mengurus pajak kendaraan bermotor. Dengan layanan ini, masyarakat di Kalsel dapat melakukan pengurusan pajak pada sore dan juga malam hari,” sampai Subhan.

Subhan juga menyampaikan bahwa Bapenda juga berencana untuk membangun Samsat Digital kedua di Indonesia. Diketahui saat ini Samsat Digital hanya ada di Provinsi Jawa Barat.

Dalam giat Gebyar Samsat Banjarmasin II ini juga diadakan pemberian hadiah kepada Wajib Pajak yang taat pajak, dengan beragam hadiah seperti barang elektronik rumah tangga dan grand prize satu buah sepeda motor.

Untuk grand prize satu buah sepeda motor merk Yamaha Mio, berhasil didapatkan oleh Ahmad Rifani yang berprofesi sebagai driver ojek online. [ad/Adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Warga Antusias Dengarkan Tausiyah Gus Miftah di Mahligai Pancasila

Published

on

Masyarakat mendengarkan ceramah Gus Miftah atau Miftah Maulana Habiburrahman dalam acara Hikmah Ramadhan di Mahligai Pancasila. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Keinginan masyarakat untuk mendengarkan ceramah Gus Miftah atau Miftah Maulana Habiburrahman dalam acara Hikmah Ramadhan yang diundang Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin cukup tinggi.

Bahkan usai berbuka puasa warga mulai memadati gedung bahkan halaman Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (16/3) malam.

Seperti yang dilakukan Jamain (29) warga Basirih yang datang bersama keluarganya untuk mendengarkan ceramah dari Gus Miftah.

“Ya biasanya cuman nonton di televisi, sekarang bisa melihat langsung, terima kasih Paman Birin,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Samsul yang mengaku senang dengan ceramah yang disampaikan Gus Miftah.

“Saya senang dengan ceramahnya, kadang lucu sehingga tak membosankan bagi jamaah,” kata Samsul warga Handil Bakti.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang berkenan hadir.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada warga yang berkenan hadir, mohon maaf kalo ada yang tidak berkenan ” katanya.

Paman Birin berharap kehadiran Gus Miftah di banua dapat membawa keberkahan. “Mudah mudahan kehadiran Gus Miftah membawa keberkahan kepada kita semua,” katanya.

Sebelumnya, Guru Ahmad Supian Al Banjari menyampaikan, bulan ramadan bulan berkah bagi umat Nabi Muhammad SAW.

“Rajab bulanya Allah, Syaban bulanya Nabi Muhammad, sedangkan bulan Ramadhan bulanya umat Nabi Muhammad SAW, siang dan malam penuh dengan ganjaran pahala ibadah,” katanya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Harapkan Aksi Berbagi Amanah Group Jadi Contoh Perusahaan Lain

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar ini diisi dengan tausyiah oleh penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman SPd atau lebih dikenal dengan Gus Miftah. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Amanah Group kembali menggelar buka puasa bersama pada hari ke-6 Ramadan 1445 hijriyah, Sabtu (16/04/2024) di Jalan Dahlia II Kelurahan Telawang, Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Kalsel H. Sahbirin atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar ini diisi dengan tausyiah oleh penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman SPd atau lebih dikenal dengan Gus Miftah.

Pada kesempatan tersebut, Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi Gubernur Kalsel dan Pemerintah Provinsi atas terlaksananya kegiatan buka puasa bersama yang rutin diselenggarakan Amanah Group setiap tahun di bulan Ramadhan ini.

“Diharapkan kepedulian Amanah Group ini, bisa dicontoh perusahaan lain, demi mendukung tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” uangkap Paman Birin.

Disebutkan, bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dan diantara keberkahan ini bisa dirasakan disaat berkumpul bersama untuk menantikan buka puasa bersama seperti kegiatan ini yang tidak didapatkan di bulan yang lain.

Di momen buka puasa ini, sampai Paman Birin bukan saja memperoleh dimensi spritual, tetapi juga merasakan hubungan sosial yang bertambah akrab.

Suasana seperti ini diharapkan juga menyebar hingga keseluruh lapisan masyarakat Kalsel di wilayah manapun, karena kehidupan masyarakat yang dilandasi nilai nilai spritual, kehidupan yang agamis dan hubungan sosial yang harmonis.

Paman Birin juga mengajak umat muslim lainnya untuk menjga kehidupan religius di banua dengan memelihara hubungan sosial yang harmonis, saling menghargai dan saling menghormati.

“Jika ada perbedaan pandangan dalam kehidupan kita, seperti perbedaan pilihan dalam Pemilu kemarin atau perbedaan penetapan awal ramadan, itu hanyalah romantika kehidupan,” pesan Paman Birin.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Amanah Group Banjarmasin, Imam Abror mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dan masyarakat luas.

“Acara ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadan. Ini merupakan momen berharga bagi kami sekeluarga,” ucap Imam. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Apresiasi Launching Layanan Penukaran Uang Rupiah “Serambi 2024”

Published

on

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Muhammad Amin bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Wahyu Pratomo. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan melaunching layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat Banua yakni Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau Semarak 2024, Jumat (15/03/2024) di Banjarmasin.

Launching ini dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Muhammad Amin, unsur TNI dan Polri, OJK Regional IX Kalimantan, serta forkopimda lainnya.

Gubernur Paman Birin melalui sambutan tertulisnya menyebutkan, Provinsi Kalsel memiliki geografis yang luas yang tentunya jadi tantangan untuk layanan pemenuhan uang pecahan di masyarakat.

Upaya layanan BI ini ujar Paman Birin perlu dukungan semua pihak agar masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan uang mereka.

Paman Birin pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran BI Perwakilan Kalsel atas upaya dan sinergi yang terus dilakukan bersama Pemerintahan Provinsi Kalsel.

“Disadari pemenuhan kebutuhan bahan pokok meningkatkan selama bulan ramadhan dan diperkirakan hingga lebaran nanti. Maka diimbau, agar masyarakat juga bijak dalam berbelanja, yakni
sesuai kebutuhan,” pesan Paman Birin.

Sementara, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Wahyu Pratomo menyebutkan, secara nasional, BI menyediakan layanan penukaran uang kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2024 senilai Rp 197,6 triliun. Total uang tersebut meningkat 4,65 persen secara tahunan dibandingkan realisasi tahun 2023 senilai Rp 188,8 triliun.

Total uang Rp 197,6 triliun terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) senilai Rp 172,8 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) senilai Rp 24,6 triliun.

Wahyu juga mengajak masyarakat, dalam bertransaksi, selain menggunakan uang fisik rupiah, juga pembayaran non tunai atau QRIS.

Berbagai layanan dilakukan ujar Wahyu, mulai Kas keliling Baiman (Baimbai Perbankan), Kas Keliling Bersama Perbankan (Kaliber), layanan kas keliling susur sungai, kas keliling masjid dan pesantren, dan kas keliling di bandara dan pelabuhan.

Layanan tersebar di 217 titik, terdiri dari 195 titik perbankan sisanya bank perkreditan rakyat. Disebutkan, kebutuhan uang masyarakat Kalsel untuk ramadhan dam Idul Fitri 1445 hijriah tahun ini diperkirakan Rp3,06 triliun atau naik 11 dari tahun lalu yakni 2,74 triliun.

Launching ditandai dengan penukaran uang rupiah secara simbolis di mobil keliling BI Perwakilan Kalsel. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Hikmah Ramadhan, Gubernur Kalsel Datangkan Gus Miftah di Mahligai Pancasila

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan menggelar kegiatan Hikmah Ramadhan 1445 Hijriah bersama Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan menggelar kegiatan Hikmah Ramadhan 1445 Hijriah bersama Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin pada Sabtu (16/3) malam.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengundang masyarakat umum untuk berhadir pada kegiatan keagamaan itu.

Selain dihadiri Gus Miftah, Hikmah Ramadhan ini juga mengahdirkan Alimmul Fadhil Al Hafidz, KH Muhammad Wildan Salman dan Guru Ahmad Supian Al Banjari.

Rencananya, acara diawali dengan shalat Isya dan Teraweh berjamaah kemudian baru tausiah dari Gus Miftah.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, puasa Ramadhan dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah Ta’ala sebab seseorang rela menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkannya demi mengharap pahala kepada-Nya.

Menurutnya, puasa akan mendatangkan kesehatan, baik pada hati maupun badan. Puasa sangat bermanfaat untuk membuat badan menjadi lebih sehat. Karena selama berpuasa kita makan dan minum secara teratur dan tidak berlebihan.

“Dalam suasana bulan puasa ini, Ulun mengundang warga Banua untuk mengikuti tausiah bersama Gus Miftah dalam Hikmah Ramadhan pada Sabtu malam di Mahligai Pancasila Banjarmasin,” ungkap Paman Birin.

Sebelumnya, Gubernur Paman Birin diketahui rutin menggelar kegiatan keagamaan di Mahligai Pancasila seperti pembacaan manaqib Datu Kalampayan, lalu Syekh Samman Al-Madani, Manaqib Guru Sekumpul dan pembacaan manaqib Khadijah Al-Kubra. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Berbagi Berkah Ramadan, Bank Kalsel Salurkan Makanan Gratis ke Masyarakat

Published

on

Sebagai bentuk kepedulian Bank Kalsel terhadap sesama di bulan suci Ramadan. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di bulan suci Ramadan, Bank Kalsel dengan bangga mengumumkan inisiatifnya untuk membagikan 200 paket makanan gratis bagi masyarakat di sekitar Kantor Cabang Bank Kalsel se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran setiap Senin hingga Kamis, dimulai pukul 16.15 WITA. Kegiatan perdana dilaksanakan oleh Bank Kalsel Cabang Utama Banjarmasin, yang berlokasi di Jalan Lambung Mangkurat no. 7 Banjarmasin pada tanggal 13 Maret 2024.

Para penerima makanan disambut dengan hangat oleh tim Bank Kalsel, menciptakan momen kebersamaan yang penuh kebahagiaan.

Di lain waktu, Fachrudin, Direktur Utama Bank Kalsel, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi karyawan dan masyarakat luas untuk saling berbagi kebaikan dan semangat berbagi di bulan Ramadan.

“Berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, Bank Kalsel juga berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial lainnya dalam memberikan dampak positif, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat
Kalimantan Selatan,” ungkap Fachrudin.

Salah satu penerima manfaat dari program ini, Amin, seorang tukang becak mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sumbangan makanan gratis yang diberikan oleh Bank Kalsel.

“Terima kasih atas makanan berbuka puasa yang diberikan oleh Bank Kalsel. Semoga Bank Kalsel semakin maju kedepannya, sehingga dapat memberikan lebih banyak kontribusi bagi masyarakat luas,” pungkas Amin. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Ramadhan 1445 H, Pertamina Optimalkan Distribusi BBM, LPG dan Avtur di Kalsel

Published

on

Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra bersama team. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memastikan ketersediaan energi di Kalimantan Selatan (Kalsel) selama Bulan Ramadhan 1445 H, PT Pertamina Patra Niaga mengoptimalkan distribusi dan memastikan stok bahan bakar yaitu BBM, LPG dan Avtur selalu tersedia di seluruh Depot BBM, Depot Pesawat Udara dan lembaga penyalur seperti SPBU dan pangkalan LPG. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, disela kegiatan buka puasa bersama dengan awak media pada Kamis (14/3).

Menurut Arya, saat ini kondisi stok BBM, LPG dan Avtur di wilayah Kalimantan Selatan dalam keadaan aman. “Untuk BBM dan LPG di Terminal BBM Banjarmasin memiliki ketahanan stok antara 5-8 hari akumulatif, begitu pula dengan bahan bakar pesawat udara yaitu avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor memiliki ketahanan hingga 10 hari akumulatif. Ketahanan stok ini tentu akan terus bertambah seiring dengan dinamika distribusi salah satunya melalui jalur laut menggunakan kapal,” ujar nya.

Saat ini, penyaluran BBM dan LPG di wilayah Kalimantan Selatan dilayani melalui Integrated Terminal Banjarmasin yang mendistribusikan produk ke 205 unit SPBU, 107 unit Pertashop dan lebih dari 5.000 pangkalan LPG.

“Rata-rata normal penyaluran harian produk BBM seperti Pertalite sebanyak 1.531 Kiloliter (KL) per hari, Pertamax 345 KL per hari dan Biosolar sebanyak 611 KL per hari. Sementara untuk LPG subsidi atau PSO penyaluran harian sebanyak 360 Metrik Ton (MT) per hari dan LPG Non Subsidi sebanyak 57 MT per hari,” tambah Arya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti, Pertamina juga akan mengaktifkan posko Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) serta penambahan beberapa titik SPBU Kantong di jalur-jalur wisata atau mudik.

“Untuk pembukaan posko satgas serta penempatan titik-titik SPBU Kantong serta fasilitas lainnya menjelang akan kami akan informasikan kembali kepada masyarakat karena saat ini masih dalam tahap pembahasan mengenai penempatan lokasi SPBU kantong tersebut,” ungkap Arya.

Untuk memastikan informasi kepada masyarakat atau konsumen berjalan optimal, Pertamina membuka jalur komunikasi melalui kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui aplikasi google atau apple. “Kami senantiasa berkomitmen memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat terpenuhi selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H. Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui 135 dan aplikasi MyPertamina,” pungkas Arya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Harga dan Distribusi Kebutuhan Pokok di Kalsel Dipengaruhi Cuaca Buruk

Published

on

Beberapa bahan pokok sembako. (Foto/Ilustrasi)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Harga kebutuhan pokok di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mengalami kenaikan. Kondisi cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir dinilai ikut mempengaruhi lonjakan harga dan kelancaran distribusi kebutuhan pokok di daerah.

“Kondisi cuaca buruk mempengaruhi panen maupun distribusi kebutuhan pokok yang terganggu. Ini ikut memicu kenaikan harga dan kelancaran pasokan. Terlebih mayoritas kebutuhan pokok mengandalkan pasokan dari luar daerah,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kalsel M Sulkan, Rabu (13/3).

Namun kenaikan harga masih terkendali, sehingga Kalsel tidak masuk 10 provinsi tertinggi inflasi. “Harga kebutuhan pokok masih terkendali, ini dapat dilihat dari inflasi berada pada level menengah,” tuturnya.

Harga kebutuhan pokok di Kalsel saat ini terpantau masih tinggi seperti, harga beras jenis medium berada pada harga Rp14.000 per kilogram dan beras premium Rp16.100 per kilogram. Di sisi lain seperti provinsi lainnya, Kalsel juga mengalami kekosongan beras kemasan akibat terganggunya pasokan dari Pulau Jawa.

“Pada dasarnya ketersediaan beras baik pada distributor maupun bulog dalam kondisi cukup. Apabila terdapat kekosongan di toko-toko ritel, kemungkinan besar disebabkan faktor distribusi atau pasokan dari Pulau Jawa,” kata Sulkan.

Pemprov Kalsel akan kembali menggelar pasar murah dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

Selain beras, harga sejumlah kebutuhan pokok lain juga masih tinggi seperti harga gula pasir Rp18.900 per kilogram. Harga minyak goreng curah Rp13.800 per liter dan minyak goreng kemasan Rp20.500 per liter.

Harga telur ayam ras Rp28.700 per kilogram, harga daging ayam Rp35.500 per kilogram. Sementara harga daging sapi paha belakang berada pada kisaran harga Rp155.000 per kilogram. Bawang merah Rp34.000 per kilogram dan bawang putih Rp36.700 per kilogram.

Harga cabai merah besar Rp71.500 per kilogram dan cabai rawit Rp60.000 per kilogram. “Tingkat inflasi di Kalsel masuk kategori rendah yaitu 2,34 persen,” tutur Agus Salim, Kepala Bagian Kebijakan Perekonomian, Biro Ekonomi Provinsi Kalsel. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Sensus Sampah Plastik BRUIN, Kalsel Termasuk 10 Jadi Pencemar Terbesar

Published

on

Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) melaksanakan Sensus Sampah Plastik di 64 titik di 28 kabupaten/kota di 13 provinsi di Indonesia. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) melaksanakan Sensus Sampah Plastik di 64 titik di 28 kabupaten/kota di 13 provinsi di Indonesia. Kegiatan brand audit tersebut berhasil mengumpulkan 25.733 sampah plastik, yang didominasi kemasan plastik (sachet) dan mengidentifikasi 10 produsen pencemar terbesar. Berada di posisi puncak polutan terbanyak adalah sampah plastik tanpa merek (unbranded), diikuti oleh sampah plastik berlabel dari produsen Wings Food, Unilever, Indofood, dan Mayora di 5 besar pencemar.

Selanjutnya ada PT Santos Jaya Abadi, Unicharm, P&G, Garuda Food, dan Ajinomoto. Atas temuan adanya 10 pencemar terbesar, BRUIN meminta pertanggungjawaban EPR (Extended Producer Responsibility) dari 10 produsen pencemar tersebut untuk mengelola sampah plastik sesuai dengan peraturan pengelolaan sampah, serta menekan jumlah penggunaan plastik, termasuk dengan desain yang lebih ramah lingkungan. Hal ini selaras untuk mendukung target pengurangan 30 persen sampah oleh produsen pada tahun 2029.

BRUIN juga meminta pemerintah memperluas layanan tata kelola sampah, dan mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Koordinator Sensus Sampah Plastik BRUIN, M Kholid B, menyatakan bahwa waktu yang berdekatan antara publikasi hasil penelitian dengan gelaran Debat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Sesi ke-4 tanggal 14 Januari nanti diharapkan bisa lebih mengangkat isu pencemaran sampah plastik agar mendapat lebih banyak perhatian dari pemerintah dan produsen, serta memberi edukasi bagi masyarakat.

Sensus Sampah Plastik ini adalah audit sampah plastik di perairan yang pertama kali dilakukan di jumlah titik terbanyak di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Selatan (Kalsel), Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat. Penelitian dilakukan dengan metode yang variatif dan lengkap, sehingga menjadi penelitian sampah yang paling komprehensif di Indonesia. Sensus Sampah Plastik dilakukan di periode Maret 2022 hingga November 2023, dengan melibatkan 270 relawan dari 38 komunitas/kampus.

“Adanya 10 pencemar plastik terbanyak di perairan Indonesia menunjukkan pemerintah ke depan harus berkomitmen untuk tegas mengawasi pengelolaan sampah plastik oleh produsen dan menekan penggunaan plastik. Oleh karena itu, hasil penelitian ini juga akan kami berikan kepada tim capres dan cawapres, dan diharapkan bisa menjadi bahan untuk diangkat dalam debat sesi ke-4 mendatang,” kata Kholid.

Senada dengan Kholid, Guru Besar Hukum Lingkungan sekaligus Wakil Direktur Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Digitalisasi, dan Internasional Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr Suparto Wijoyo, menyayangkan sikap abai dari produsen sebagai akar polusi plastik di Indonesia. Ia berharap, pemerintah mengambil langkah lebih tegas terhadap para produsen nakal.

“Solusinya adalah penguatan penegakan hukum dan pengawasan bagi industri pencemar sebagai cara memutus keran polusi plastik di Indonesia,” kata Prof Suparto menegaskan.

Pencemaran sampah plastik di perairan memang sudah sepatutnya jadi salah satu perhatian utama pemerintah. Tak hanya mengancam kelangsungan biota di ekosistem perairan, keberadaan limbah plastik, khususnya mikroplastik, dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Mikroplastik yang masuk ke perairan tawar dapat masuk ke pencernaan biota yang hidup di dalamnya, misalnya ikan. Oleh karena itu, mikroplastik dapat ditransfer ke dalam tubuh manusia melalui makan,” jelas Founder Envigreen Society dan Peneliti Ecoton Mochammad Alaika Rahmatullah.

“Ukurannya yang sangat kecil (< 5mm) membuatnya terjebak di dalam saluran pencernaan manusia dan menjadi vektor transportasi racun,” sambungnya.

Metodologi yang dilakukan mencakup metode kuantitatif dan kualitatif yaitu secara kuantitatif, BRUIN mengumpulkan dengan aneka teknik pengumpulan sampah yang efektif, penghitungan jumlah total sampah plastik, pengelompokkan jumlah sampah plastik berdasarkan berbagai variabel termasuk tipe lapisan plastik, tipe material plastik dan tipe produk plastik, serta sejumlah pengukuran lainnya. Sementara secara kuantitatif, BRUIN menganalisa lokasi sampling, kondisi masyarakat, dan lainnya.

Salah satu yang terlibat dalam penelitian kolaboratif ini adalah Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN). Personil ESN, Amiruddin Muttaqien, menceritakan apa yang dilihatnya saat meneliti sejumlah sungai di Pulau Jawa dan luar Jawa di tahun 2022, dengan mengendarai dua motor.

“Kami banyak melihat sampah yang tidak terkelola dan tercecer di lingkungan, di sungai, bahkan diperairan pantai, terutama di Indonesia Timur, yang menandakan pemerintah tidak hadir atau lalai dalam memberikan layanan tata kelola sampah bagi masyarakat di daerah tersebut,” kata Amiruddin.

Selain abainya produsen dan lalainya pemerintah, banyaknya sampah plastik di perairan juga menunjukkan masih rendahnya pengetahuan dan tingkat edukasi masyarakat mengenai bahaya sampah plastik dan pentingnya mengurangi penggunaan plastik. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer