Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Serahkan Alsintan Untuk Kelompok Tani Kapuas – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalteng

Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Serahkan Alsintan Untuk Kelompok Tani Kapuas

Published

on

Penyerahan Alsintan oleh anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat SH MH di halaman Kantor Dinas Pertanian Jalan Pemuda Kuala Kapuas Senin (21/11/2022). (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng) Ary Egahni Ben Bahat SH MH menyerahkan alsintan untuk kelompok tani di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan penyerahan alsintan di halaman Kantor Dinas Pertanian Jalan Pemuda Kuala Kapuas Senin (21/11/2022) didampingi Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT Sekda Kapuas Drs Septedy MSi OPD BPP PPL serta kelompok tani.

“Alsintan ini merupakan aspirasi saya untuk petani di Kabupaten Kapuas. Adapun alsintan berupa 8 unit hand traktor dan 6 unit alat multifator, ” kata Ary Egahni kepada wartawan Senin (21/11/2022).

Srikandi Partai Nasdem itu mengatakan dengan adanya alsintan tentunya dapat meningkatkan hasil produksi pertanian lebih baik lagi.

Kemudian dalam rangka membantu kebutuhan petani ia akan ke kabupaten lainnya di wilayah Kaltemg menyerahkan alsintan.

“Alsintan dipelihara dan selalu dirawat secara efisien sehingga petani lebih maksimal dan bersemangat mengolah lahan meningkatkan produksi, ” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan sebagai wakil rakyat dirinya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten bersama stake holder terus berupaya meningkatkan pengembangan pertanian di daerah ini.

“Harapannya Kabupaten Kapuas bukan saja menjadi lumbung padi di Kalteng akan tetapi juga menjadi lumbung padi program ketahanan pangan nasional, ” terang Ary Egahni. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Digelar Disarpustaka Kapuas, Pj Bupati Resmi Buka Pemilihan Duta Baca

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada pembukaan acara Pemilihan Duta Baca digelar Disarpustaka Kabupaten Kapuas. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Bunda Literasi Kabupaten Kapuas Agustina Sri Rejeki membuka resmi Pemilihan Duta Baca digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan bertempat di Rumah Betang Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas dihadiri sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab KapuasKadisarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat dan jajaran.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan acara tersebut mengambil tema “Budaya Literasi Mencerdaskan dan Mensejahterakan”.

“Hari ini membuka acara pemilihan duta baca tingkat SLTA sederajat diharapkan melalui kegiatan semacam ini kita tingkatkan budaya literasi di Kapuas,” katanya.

Dikatakan para duta ini pun nantinya bisa mendorong dan membantu upaya meningkatkan minat baca bagaimana kemudian kita membudayakan literasi untuk diri sendiri masyarakat dan anak-anak kita di Kapuas.

“Oleh karena itu program ini
tidak sekadar baca tapi juga memahami mengembangkan pola pikir meningkatkan pengetahuan serta wawasan,” ujarnya.

Sebelumnya Bunda Literasi Agustina Sri Rejeki mengucapkan selamat kepada peserta yang sudah lolos hingga jadi finalis.
“Nantinya akan dipilih siapa yang jadi duta baca tetap semuanya ini adalah anak anak terbaik,” ungkapnya.

Kemudian menurutnya akan mewakili Kapuas untuk ke tingkat provinsi. “Duta baca ini nantinya akan membantu Bunda Literasi juga meningkatkan minat dan budaya gemar baca bersama kita terus semangat Hinje Mamangun Kapuas, “terangnya seraya mengatakan saat ini ada program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Lebih daripada itu lanjutnya program prioritas nasional bertujuan meningkatkan kegemaran membaca untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat artinya selaras dengan tema kegiatan kita hari ini.

Sementara itu Kadisarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat mengatakan kegiatan ini telah diawali technical meeting dan seleksi awal. “Lalu pada hari ini pembukaan dan lanjut unjuk bakat,” kata Suwarrno

Dijelaskan kegiatan ini bertujuan agar para pelajar lebih kompeten, meningkatkan gemar baca dan literasi serta bijak bermedia sosial. “Peserta yang menjadi finalis ada 22 orang dari sembilan SMA, SMK dan MA baik negeri ataupun swasta yang ada di Kapuas,” katanya.

Kadisarpustaka menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati atas segala komitmen dan dukungannya kepada Disarpustaka Kapuas. “Kami terus akan tingkatkan kinerja baik dari kearsipan dan perpustakaan dengan dorongan bapak Pj Bupati,” jelasnya.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan sembilan buku karya Dr H Suwarno Muriyat MPd kepada finalis duta baca. Penyerahan dilakukan oleh Bunda Literasi Kapuas juga penyerahan buku oleh Kadisarpustaka kepada Pj Bupati Kapuas dalam rangka
mendorong upaya peningkatan literasi bagi generasi bangsa. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Perspektif, Pj Bupati Erlin Hardi Paparkan Desain Land Mark Pengembangan Kota AIR Kuala Kapuas

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika menyampaikan perspektif paparan pengembangan Kota AIR Kuala Kapuas. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik disampaikan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam berbagai kesempatan ketika membuka menghadiri kegiatan digelar OPD lingkup Pemkab Kapuas.

Salah satunya tentang rencana pembangunan Kota Kuala Kapuas diantaranya sekarang ini renovasi Cafe Terapung.

Kemudian kedepan bertahap pengembangan kawasan pelabuhan sungai Kapuas kemudian akses ruang publik Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Pulau Telo termasuk peningkatan infrastruktur lainnya.

“Ini perspektif konsep desain tekait penataan kawasan Kota AIR Kuala Kapuas kedepan,” kata Pj Bupati Kapuas ketika menyampaikan paparan di acara Pemilihan Duta Baca
para pelajar diselenggarakan Disarpustaka Kapuas bertempat di Rumah Betang Lapangan Bukit Ngalangkan, Kamis (13/6/2024).

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang juga Kadis Perkimtan Provinsi Kalteng itu mengatakan secara umum keberlanjutan program pembangunan sangat penting strategis bagaimana kemudian mewujudkan namun tentunya melalui perencanaan matang
dan terintegrasi.

Dikatakan pula dengan desain tersebut tentang pengembangan Kota Kuala Kapuas kedepan tentu menjadi magnet daya tarik tersendiri bagi semua orang.

“Kota merupakan peradaban sehingga ketika itu semua terwujud pada akhirnya berdampak positif dari segi ekonomi sosial lingkungan. Tak hanya bagi warga Kapuas namun juga warga luar daerah,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan program percepatan pembangunan di semua sektor oleh Pemkab Kapuas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Paradigma ini merupakan pelaksanaan keberlajutan pembangunan,” ujar Pj Bupati sembari mengharapkan kita semua selalu sinergi. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Soroti Rendahnya Serapan Anggaran

Published

on

Ketua Komisi I DPRD Kapuas, Lawin. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penyerapan anggaran tahun 2024 di Kabupaten Kapuas Kalteng rendah berdampak lambatnya pelaksanaan program pembangunan menjadi sorotan DPRD Kapuas.

“Realisasi serapan anggaran hanya mencapai sekitar 25 persen padahal sudah masuk bulan ke 6. Kalau tak dipercepat akhirnya menimbulkan konsekwensi,” kata Ketua Komisi I DPRD Kapuas Lawin kepada wartawan Rabu (12/6/2024).

Politisi Partai Hanura tiga periode di DPRD Kapuas ini mengatakan pelaksanaan kegiatan program pembangunan anggaran murni dikelola OPD semestinya sudah harus berjalan namun kenyataan berjalan lambat.

“Maka itu dirinya mengingatkan TAPD Sekda dan Pj Bupati menggerakkan OPD percepatan serapan anggaran karena sebelumnya sudah menyampaikan di forum RDP,” tandasnya.

Lawin mencontohkan seperti serapan anggaran bagian Kesra Setda terkait bantuan sarana rumah ibadah capaiannya rendah hanya 20 persen. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Hadiri Silaturahmi Ngobras Bersama Forum RT RW dan Tokoh Masyarakat

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada kegiatan Ngobras di Kelurahan Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri acara Silaturahmi dan Ngobrol Santai (Ngobras) bersama Forum RT RW dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung bertempat di halaman Kantor Kelurahan, Selasa (11/6/2024).

Pj Bupati didampingi Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas. Hadir Camat Kapuas Murung Akhmad Kurnadi Lurah Palingkau Lama Mahyuni beserta jajaran serta warga setempat.

Pj Bupati mengatakan kegiatan ngobrol merupakan hal yang dapat diterapkan di dalam dunia pemerintahan atau di lingkungan masyarakat secara terbuka.

Dikatakan terkait program pembangunan di daerah ini nantinya bisa untuk dilakukan leveling sehingga semua jalan-jalan sampai ke gang dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Melalui program Pemerintah Daerah Kabupaten penanganan kawasan kumuh penanganan-penanganan ini wajib dilakukan karena ada beberapa yang menjadi target sasaran awal untuk ditangani,” katanya.

Camat Kapuas Murung Akhmad Kurnadi mengapresiasi Pj Bupati dan jajaran telah memenuhi undangan untuk melihat langsung berkumpul secara santai mendengarkan keluhan dari masyarakat Kecamatan Kapuas Murung khususnya Kelurahan Palingkau Lama.

“Seperti yang kita lihat secara kasat mata saya terus terang Kelurahan Palingkau Lama ini agak sedikit tertinggal baik dari sisi pembangunan atau yang lainnya. Maka dari itu saya mengharapkan bantuan dan perhatian dari pemerintah agar Palingkau Lama dapat lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Palingkau Lama Mahyuni menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Kapuas dalam acara Ngobras bersama warga mendengar masukan usulan terkait program pembangunan. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Syukuran dan Penguatan PPPK di Kecamatan Pulau Petak

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada acara syukuran Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pulau Petak Selasa (11/6/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri syukuran dan penguatan PPPK diadakan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pulau Petak bertempat di Aula Kantor setempat Jalan Pemuda Km 16,5, Selasa (11/6/2024).

Pj Bupati didampingi Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi Kadisdik Aswan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas Camat Pulau Petak Marce serta undangan lainnya.

Adapun tema acara “Mari kita jalin silaturahmi dan kebersamaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan”

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pulau Petak Mahmudin Ariadi menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Kapuas dan rombongan pada acara syukuran.

Dikatakan terkait keberadaan tenaga PPPK di Pulau Petak untuk SD 62 orang sedangkan SMP ada 10 orang.

Harapannya agar Pemkab dapat memperjuangkan nasib para guru salah satunya melalui jalur PPPK itu. “Kami akan berupaya meningkatkan pendidikan dan tak ingin tertinggal apalagi Kadisdik dan Pj Bupati mendukung untuk itu,” katanya.

Terkait kondisi sarpras menurutnya saat ini masih kurang namun hal itu tak menyurutkan semangat untuk kemudian sinergi memajukan pendidikan di Pulau Petak.

Kadisdik Kapuas Aswan mengatakan pelaksanaan kegiatan murni dari teman-teman korwil karena mereka menyampaikan ingin lebih dekat dengan Pj bupati dan hadir langsung.

Dikatakan banyak program akselerasi untuk pendidikan di Kapuas selama Pj Bupati saat ini menjabat.

“Untuk penerimaan PPPK tahun 2023 lalu adalah formasi terbesar. Harapannya tahun ini yang tersisa bisa jadi PPPK,” harapnya.

Sementara itu Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan pemerintah daerah akan selalu mendukung dan memperjuangan nasib para guru.

“Tahun 2023 lalu ada hampir 1700 yang diterima untuk PPPK. Selanjutnya tahun ini ada 1400 formasi CPNS dan PPPK untuk Kabupaten Kapuas,” katanya.

Dijelaskan pula sebagaimana disampaikan Kadisdik tadi ada lebih 500 formasi hanya saja tetap menunggu juklak juknis dari pusat tentang pelaksanaannya. Sedangkan
untuk rekrutmen prosesnya tak dipungut biaya.

“Kalau ada memungut laporkan ke saya karena semuanya berjalan murni,” ujarnya seraya mengharapkan para guru kini diterima menjadi PPPK senantiasa meningkatkan kualitas diri menjadi seorang pendidik. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas : Keberadaan Perawat Jadi Perhatian Pemkab

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. (foto/Istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Keberadaan perawat memiliki peran penting dalam rangka memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu menjadi perhatian Pemkab,” kata Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi kepada wartawan usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas di Hall Rujab Bupati, Senin (10/6/2024).

Menurutnya perhatian dimaksud sudah barang tentu secara maksimal sehingga dengan begitu pelayanan kesehatan dapat berjalan baik.

Dikatakan berdasar data di Kabupaten Kapuas bahwa keberadaan perawat di Kabupaten Kapuas masih banyak belum diangkat setidaknya menjadi PPPK.

“Tetap jadi perhatian Pemkab sehingga terus mengupayakan untuk itu ketika dianggap sebagai kendala,” tandasnya.

Dikatakan pula terkait pelayanan kesehatan semua tingkatan dari pustu puskesmas rumah sakit perawat bersama petugas kesehatan lainnya diharapkan sinergi.

“Tentu semua ini tujuannya agar dalam memberikan pelayanan kesehatan berjalan maksimal,” katanya seraya menjelaskan saling memberikan kenyamanan baik perawat maupun yang dirawat.

Lebih lanjut dikatakan terkait permasalahan tersebut diatas melalui pelaksanaan Rakerda PPNI Kapuas ini harapannya bisa merumuskan bersama-sama hal apa saja ketika kemudian ada kendala bagi perawat mencari solusi terbaik.

“Intinya perawat jadi perhatian Pemkab Kapuas. Karenanya terus mendorong penguatan kapasitasnya,” ujar Erlin Hardi. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pansus III DPRD Kapuas Monitoring ke Beberapa Desa Kecamatan Mandau Talawang

Published

on

Pansus III DPRD Kapuas pada kegiatan monitoring di Kecamatan Mandau Talawang. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus III DPRD Kapuas melakukan monitoring ke beberapa desa Kecamatan Mandau Talawang diketuai Lawin beserta anggota Desa tersebut diantaranya Desa Tumbang Bukoi Desa Tumbang Menyarung Desa Lawang Tamang Desa Tumbang Tihis dan Desa Tanjung Renda.

Ketua Pansus III DPRD Kapuas Lawin mengatakan kegiatan monitoring berkaitan Raperda Kabupaten Layak Anak dan Raperda tentang pencabutan Perda Kabupaten Kapuas Nomor 10 Tahun 2007 tentang Lembaga Kemasyarakatan.

Dikatakan melalui monitoring setidaknya melihat langsung lapangan masukan masyarakat tokoh masyarakat serta mantir adat untuk kemudian dapat dibahas kembali di rapat pansus.

“Terima kasih kami sudah diterima dengan baik oleh masyarakat dalam rangka menyerap masukan sehingga nantinya Raperda Kabupaten Layak Anak dan pencabutan Perda Kabupaten Kapuas Nomor 10 Tahun 2007 tentang Lembaga kemasyarakatan dapat di jalankan dengan sebagai mana mestinya,” kata Ketua Pansus III DPRD Kapuas Lawin seperti disampaikan rilis DPRD Kapuas, Senin (10/5/2024).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Resmi Buka Rakerda PPNI Kapuas

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada kegiatan Rakerda DPD PPNI Kabupaten Kapuas Senin (10/6/2024). (foto/Istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas tahun 2024 bertempat di Hall Rujab Bupati Senin (10/6/2024).

Rakerda dihadiri Kadinkes Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan Ketua PPNI Kapuas Elvina dan anggota.

Rakerda PPNI Kapuas 2024 dengan tagline PPNI Jaya Kapuas Barigas Perawat Sejahtera dengan harapan ke untuk para optimalisasi peran dan tugas perawat ke depan.

“Pada hari ini menghadiri pembukaan Rakerda PPNI keperawatan,” kata Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi kepada wartawan usai pembukaan.

Dikatakan terkait hal ini Pemkab akan selalu memperhatikan bagaimana perawat yang ada di Kapuas. “Sehubungan peranannya sudah barang tentu menjadi perhatian untuk kemudian ditingkatkan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan melalui Rakerda PPNI harapannya agar bisa dirumuskan bersama
hal konkret apa saja kendala kekurangan untuk pelayanan kesehatan itu.

“Oleh karena itu dalam rangka memperkuat kapasitas keperawatan di Kapuas pentingnya memperkuat sinergi kemudian sarpras agar terus didorong,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PPNI Kabupaten Kapuas Elvina mengatakan pelaksanaan
rakerda ini menjadi agenda PPNI.

“Pelaksanaan Rakerda satu kali dalam satu periode kepengurusan dilanjutkan Ketua PPNI periode 2021-2026 rakerda untuk mencari solusi pemecahan masalah yang ada di lapangan,” ujarnya.

Dijelaskan untuk permasalahan keperawatan saat ini pertama masih ada tenaga kontrak yang belum diangkat menjadi tenaga PPPK kedua terdapat tenaga sukarela bertugas di daerah hulu Kapuas. “Harapannya mereka diupayakan menjadi tenaga kontrak,” harapnya.

Kemudian ketiga permasalahan di PPNI terkait dengan adanya UU nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan dimana seorang tenaga perawat wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI.

Dijelaskan pula SKP atau standar profesi itu harus mencapai 50 SKP. Caranya harus mengikuti pelatihan atau webinar melalui virtual zoom meeting dengan akses internet mereka yang bertugas di daerah teroencil.

“Karenanya PPNI akan berupaya terkait itu hingga semua perawat nantinya bisa memiliki STR. Kami akan di Rakerda ini bersama Kadinkes dan PPNI Provinsi melalui sidang sidang komisi yang akan dilaksanakan mencari solusi termasuk masukan pemerintah daerah,” ujar Elvina. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pansus I DPRD Kapuas Laksanakan Monitoring Daerah Terkait Raperda Bangunan Gedung

Published

on

Pansus I DPRD Kapuas salah melaksanakan monitoring daerah. (foto/hmsdprd)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus I DPRD Kabupaten Kapuas yang diketuai H Ahmad Zahidi serta anggota melakukan monitoring dalam daerah terkait Raperda Kabupaten Kapuas tentang Bangunan Gedung ke beberapa desa.

Adapun desa yang dikunjungi antara lain
Desa Palampai Desa Terusan Raya Barat Desa Cemara Labat Desa Terusan Karya Desa Batanjung Desa Terusan Raya Hulu Desa Danau Rawah Desa Tumbang Muroi dan Desa Petak Puti.

Ketua Pansus I DPRD Kapuas Ahmad Zahidi mengatakan kami berkunjung Ke beberapa desa ini diberikan tugas oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas dalam rangka menyelesaikan Perda tentang Bangunan dan Gedung.

“Perda ini peralihan dari Perda IMB (Izin Mendirikan Bangunan) beralih menjadi Perda PBG (Persetujuan Bangunan Gedung), ” katanya dalam rilis disampaikan, Sabtu (8/6/2024).

Dikatakan Perda ini tidak lama lagi akan disahkan Raperda ini menjadi Perda karena sekarang masyarakat yang butuh terhadap Perda ini tentu menjadi sebuah kebutuhan yang sangat diperlukan masyarakat.

“Kita membutuhkan adanya payung hukum tentu Perda ini setelah kita lakukan kajian dari beberapa daerah termasuk Kota Yogyakarta Bandung serta Banjarmasin,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan ada 5 kesimpulan terkait Perda ini yakni pertama Perda ini dulu pengajuan IMB itu namun manual lewat kelurahan atau kecamatan.

Sedangkan yang akan datang PBG ini pengajuannya dari masyarakat melalui elektronik atau online. Kedua pembayaran retribusi PBG ini nantinya melalui Perbankan. Ketiga Perda ini sangat berhati – hati sekali terutama dalam Bangunan Gedung 200m2.

“Harus lewat kajian tim ahli PUPR agar menghindari terjadinya konstruksi bangunan miring jadi kebih baik dilakukan kajian diberikan waktu 45 hari,” jelasnya.

Kemudian ke empat bangunan yang sifatnya kurang dari 200 meter itu cukup kajian dan persetujuan dari PUPR saja. Selanjutnya yang kelima kita melakukan kajian dari Perda tersebut adalah dari segi aspek manfaat ada nilai waktu dan nilai ekonomi.

“Kalau dulu mohon izin ada istilah percaloan sekarang tidak ada lagi jadi masyarakat bebas lewat online tersebut. Semoga Perda ini dalam waktu dekat sudah disahkan,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer