Nutriville Hadir Dengan Son Ye Jin Sebagai Brand Ambassador – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Business

Nutriville Hadir Dengan Son Ye Jin Sebagai Brand Ambassador

Published

on

Dari kiri ke kanan: dr. Yohan Samudra, Sp.GK selaku Nutritionist and Health Expert, Son Ye Jin selaku Brand Ambassador NutriVille, dan Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT Asia Health Energi Beverages. (Foto//Ist) 

SuaraBorneo.com – Hari ini PT Asia Health Energi Beverage (AHEB) resmi meluncurkan NutriVille, minuman kolagen terbaru, yang membantu dukung kesehatan kulit dan tubuh. NutriVille menggandeng bintang besar dari Korea Selatan, Son Ye Jin, sebagai Brand Ambasador agar dapat menginspirasi banyak wanita Indonesia dalam merawat diri. Hadir dalam konferensi pers hari ini Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT AHEB, Son Ye Jin sebagai Brand Ambasador NutriVille, dan dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K, (5/1/23).

Kolagen adalah protein struktural utama dalam jaringan ikat dan komponen matriks jaringan ekstraseluler, yang ada dalam pembentukan fibroblas, keratinosit, melanosit, dan sel khusus sistem kekebalan kulit di tubuh manusia. Kolagen merupakan 25% hingga 30% dari semua protein dalam tubuh, banyak terdapat pada kulit, rambut, tendon, tulang rawan, dan tulang. Aksi ganda kolagen pada kulit adalah menyediakan komponen building blocks untuk kulit (dan elastin), serta mengikat reseptor di fibroblas yang terletak lapisan dermal untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat.

Namun faktanya, kemampuan tubuh manusia memproduksi kolagen menurun dratis seiring usia dan beberapa faktor eksternal dari gaya hidup, seperti merokok, kurang tidur, kurang gizi, paparan sinar matahari, dan lainnya. Berkurangnya kuantitas dan kualitas elastin dan kolagen pada daerah dermis membuat kekenyalan kulit menurun sehingga tampak “kosong” atau “longsor”, bertambahnya kerutan, hilangnya elastisitas, dan perubahan warna kulit.

“Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa asupan minuman kolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh. Tampak pada penggunaan 2.5 g kolagen peptide setiap hari, selama 60 – 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas dan mengurangi kerutan, meningkatkan bioaktifitas fibroblast dan sintesis kolagen, melindungi fungsi sel dari efek berbahaya UVA, menyehatkan saluran pencernaan, hingga dapat memperbaiki kondisi sarcopenia, radang sendi, penyembuhan luka, dan menambah imun tubuh,” terang dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K.

Studi tahun 2019 dari 11 penelitian dengan total 805 pasien menggunakan kolagen hidrolisat, 2,5g-10g/hari, selama 8-24 minggu, untuk pengobatan ulkus dekubitus, xerosis, penuaan kulit, dan selulit. Dua penelitian lain menggunakan kolagen tripeptida, 3g/hari selama 4 hingga 12 minggu. Suplemen kolagen oral tampak berefek dalam penyembuhan luka juga penuaan kulit dengan meningkatkan elastisitas kulit, hidrasi dan kepadatan kolagen kulit. Studi lainnya, yaitu studi meta-analisis tahun 2021 dengan total 1.125 peserta berusia antara 20 dan 70 tahun (95% wanita) menunjukkan suplementasi kolagen terhidrolisis meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, dan mengurangi kerutan selama konsumsi 90 hari.

“Setiap minuman kolagen harus disertai dengan kandungan vitamin C guna membantu penyerapan kolagen yang lebih cepat pada kulit,” tutup dr. Yohan.

“PT AHEB telah secara konsisten menghadirkan inovasi produk-produk minuman berkualitas yang dibutuhkan masyarakat luas. NutriVille hadir karena kami memahami pada usia tertentu banyak wanita mulai khawatir dengan penampilan kulit yang menurun seperti kerutan dan kusam. Proses penuaan memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat prosesnya dengan gaya hidup yang tepat. Sekarang semua wanita Indonesia bisa merasakan manfaat NutriVille setiap hari untuk jaga penampilan kulit mereka,” papar Ricky Suhendar, Chief Marketing Officer PT AHEB.

Satu kaleng NutriVille mengandung 500 mg kolagen yang aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Terdapat juga kandungan Vitamin C sebanyak 90 mg yang berfungsi untuk percepat penyerapan kolagen di kulit. Kandungan kalori pada NutriVille juga rendah yaitu hanya 45 kkal per kaleng. Ditambah lagi NutriVille menggunakan kemasan dapat didaur ulang, menjadikannya ramah lingkungan.

NutriVille memilih Son Ye jin menjadi Brand Ambasador karena reputasi baik aktris cantik itu dalam menerapkan gaya hidup sehat yang holistik dalam merawat diri. “Son Ye Jin sangat menginspirasi banyak fans wanitanya untuk hidup sehat. Konsistensi kesuksesan karirnya selama hampir 2 dekade berkarya sama dengan konsiten kecantikannya walau bertambah usia. Son Ye Jin merupakan personifikasi dari NutriVille yang ingin mengajak wanita Indonesia untuk rajin merawat diri sehingga dapat selalu percaya diri dan berkarya,” imbuh Ricky.

Son Ye jin menyampaikan kebanggaan menjadi Brand Ambassador NutriVille, dimana ini merupakan kesempatan pertamanya menjadi wajah bagi sebuah brand Indonesia.

“Bagi saya merawat diri itu penting sekali sebagai langkah awal menyatangi diri kita yang seutuhnya. Karena itu penting untuk olahraga, banyak minum air, menjalankan pola makan yang sehat, dan minum kolagen. Saya sudah merasakan keuntungan dari minum NutriVille dengan konsisten selama beberapa minggu. Saya sudah menyukai minum minumam kolagen dari muda, karena itu ketika NutriVille meminta saya untuk menjadi brand ambassador, saya merasa sangat senang. Pertama, saya percaya akan benefit kesehatan dari NutriVille Kedua saya juga senang bisa lebih dekat dengan para penggemar saya di Indonesia,” ucap Son Ye Jin, Brand Ambasador NutriVille.

Saat ini NutriVille bisa didapatkan di beberapa market place, supermarket besar dan kecil di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk info lebih lanjut mengenai NutriVille dapat mengunjungi akun Instagram resmi @Nutrivilleid. [ad-sb]

Bagikan ke

Business

Idul Fitri, Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan.Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

MAKASSAR, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Komitmen ini ditujukan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat mulai dari perjalanan mudik hingga sampai di tujuan. Demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Mewakili seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas. Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi,” Rabu (3/4/2024).

Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024. Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Di wilayah Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) diperkirakan terjadi peningkatan trafik data hingga 12% dengan lonjakan tertinggi berada di area Banjarmasin, Sampit, Sintang, Gowa, Pare-Pare dan Palu. Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Untuk wilayah Kalimantan, Indosat melakukan optimalisasi jaringan diantaranya di jalur tol Samarinda – Balikpapan serta jalur non tol Banjarmasin – Martapura dan Pontianak – Singkawang. Sedangkan di wilayah Sulawesi, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Bandara Hasanuddin – Makassar dan Manado – Bitung serta jalur non tol Bandara Hasanuddin – Maros dan Makassar – Parepare. Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.

*Berdayakan Perekonomian Lokal*
Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri, Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi. Menggandeng berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak usaha, hingga pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program ‘Gerobak Berkah’ kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kalimantan, Indosat memberikan Gerobak Berkah kepada marbot diantaranya di Sambas, Sekadau, dan Samarinda. Sedangkan di wilayah Sulawesi, Gerobak Berkah disalurkan kepada Marbot di Palu, Mamuju, Pangkajene Kepulauan, Makassar, dan Manado. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.

Sa’Ad Abu Abdillah, marbot asal Makassar mengatakan, “Saya bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelangganya, karena dengan program ini saya memperoleh tambahan modal usaha serta fasilitas penunjang usaha. Selain kegiatan sehari-hari sebagai marbot, saya juga bisa membuka usaha baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di area masjid.”

“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan dan Idulfitri ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Vikram. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

“Kuliner Indonesia Kaya” Ajak Pecinta Kuliner Jelajahi Keragaman Hidangan Di Jawa Timur, Kalimantan dan Lombok

Published

on

Mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – www.indonesiakaya.com senantiasa menghadirkan berbagai tayangan menarik bagi para penikmat seni yang dapat diakses dimana saja. Pada bulan Ramadan 2024 ini, www.indonesiakaya.com kembali menyuguhkan web series yang senantiasa mengulik keragaman kuliner khas Nusantara mulai dari filosofi, cara, hingga tips memasak, yaitu Kuliner Indonesia Kaya. Kali ini, tiga episode terbaru dari web series yang hadir dalam format dokumenter ini, mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya.

“Setelah sebelumnya kami mengulik keragam kuliner di Kudus, Yogyakarta, Cirebon, Makassar, Solo dan juga Minang, pada Ramadan 2024 ini kami mengangkat keragaman kuliner yang ada di Jawa Timur, Banjarmasin dan Lombok. Melalui web series Kuliner Indonesia Kaya kami ingin mengenalkan dan menambah pengetahuan para pecinta kuliner tentang keragaman masakan di Indonesia yang memiliki kelezatan, citarasa, dan nilai budaya yang berbeda dari tiap daerah. Semoga ketiga episode terbaru dari Kuliner Indonesia Kaya ini dapat menginspirasi, menambah wawasan dan meningkatkan minat para pecinta kuliner dengan keragaman yang ada,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com, Kamis (28/3/2024).

Di episode pertama yang ditayangkan sejak Kamis 21 Maret 2024, Kuliner Indonesia Kaya akan mengajak para pecinta kuliner untuk menyaksikan tiga hidangan khas dari ujung timur pulau Jawa. Bagi masyarakat Jawa Timur, kuliner bukan sekedar hidangan yang diwariskan, tapi budaya yang budaya yang mencerminkan karakter kerukunan keberagaman dan nilai kesantunan, seperti Bebek Songkem, dari Bebek Songkem Pak Salim, di Bangkalan, Madura yang mewakili rasa hormat yang diajarkan secara turun temurun.

Selain menjelaskan tentang filosofi dari Bebek Songkem, Bambang Hermanto, penerus generasi ketiga dari Bebek Songkem Pak Salim juga menceritakan tentang keunikan dari Bebek Songkem, “Keunikan dari Bebek Songkem adalah cara memasaknya. Setelah dibersihkan, bebek akan diberikan bumbu, dan sebelum dibungkus kepala bebek akan ditundukan yang berarti sungkem sebelum di bungkus dengan daun pisang. Selain itu, proses pengukusan Bebek Songkem juga tidak menggunakan air, tapi digantikan dengan uap dari batang pohon pisang yang telah dipanaskan.

Setelah menyaksikan keunikan dari Bebek Songkem, pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan proses pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Mardiah, seorang pedagang Tajin Sobih di Madura yang mendapatkan resep pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Kandungnya. Selanjutkan pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan keunikan dari proses pembuatan Pecel Semanggi, dari Bu Kemi seorang pedagang Pecel Semanggi.

Pada episode kedua yang akan ditayangkan mulai hari ini (28/3) pukul 17.00 WIB, para pecinta kuliner diajak untuk mengunjungi ragam kuliner yang ada di kota 1000 sungai, yaitu Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di episode ini, pecinta kuliner diajak untuk melihat kelezatan dan sejarah singkat Ketupat Kandangan yang dipadukan dengan Ikan gabus asap dari Ketupat Kaum Banjarmasin yang sudah didirikan dari tahun 1890. Selanjutnya pecinta kuliner diajak untuk melihat visualisasi menarik dari kuliner yang lahir dari proses akulturasi budaya, yaitu Mie Bancir yang dipadukan dengan suwiran ayam kampung, irisan dari telur bebek, daun seledri, dan bawang goreng dari Mie Bancir Khas Banjar Ala Agus Sasirangan. Di akhir episode, pecinta kuliner diajak untuk melihat sejarah singkat dan proses pembuatan Kue Bingka.

Netty Asistina, selaku generasi kedua dari Bingka Bunda yang telah berdiri dari 1984 mengungkapkan, “Bingka ini dihidangkan untuk acara-acara tertentu saja dan untuk orang-orang kerajaan atau acara adat. Sekarang kita sudah bisa menemukannya setiap hari, bisa kapan saja kita mau makan, sudah ada tersedia. Mudah-mudahan Kue Bingka dapat terus dilestarikan dan tetap menjadi salah satu ciri khas kuliner di Banjarmasin.”

Di pekan depan, tepatnya Kamis (4/4) pukul 17.00 WIB, episode ketiga dari Kuliner Indonesia Kaya akan membawa para pecinta kuliner untuk menyaksikan ragam kuliner yang ada di Lombok. Selama kurang lebih 10 menit, penikmat seni akan menyaksikan sejarah singkat dan proses pembuatan dari Babalung, Sate Rembiga dan Cerorot. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Ramadhan 1445 H, Pertamina Optimalkan Distribusi BBM, LPG dan Avtur di Kalsel

Published

on

Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra bersama team. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memastikan ketersediaan energi di Kalimantan Selatan (Kalsel) selama Bulan Ramadhan 1445 H, PT Pertamina Patra Niaga mengoptimalkan distribusi dan memastikan stok bahan bakar yaitu BBM, LPG dan Avtur selalu tersedia di seluruh Depot BBM, Depot Pesawat Udara dan lembaga penyalur seperti SPBU dan pangkalan LPG. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, disela kegiatan buka puasa bersama dengan awak media pada Kamis (14/3).

Menurut Arya, saat ini kondisi stok BBM, LPG dan Avtur di wilayah Kalimantan Selatan dalam keadaan aman. “Untuk BBM dan LPG di Terminal BBM Banjarmasin memiliki ketahanan stok antara 5-8 hari akumulatif, begitu pula dengan bahan bakar pesawat udara yaitu avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor memiliki ketahanan hingga 10 hari akumulatif. Ketahanan stok ini tentu akan terus bertambah seiring dengan dinamika distribusi salah satunya melalui jalur laut menggunakan kapal,” ujar nya.

Saat ini, penyaluran BBM dan LPG di wilayah Kalimantan Selatan dilayani melalui Integrated Terminal Banjarmasin yang mendistribusikan produk ke 205 unit SPBU, 107 unit Pertashop dan lebih dari 5.000 pangkalan LPG.

“Rata-rata normal penyaluran harian produk BBM seperti Pertalite sebanyak 1.531 Kiloliter (KL) per hari, Pertamax 345 KL per hari dan Biosolar sebanyak 611 KL per hari. Sementara untuk LPG subsidi atau PSO penyaluran harian sebanyak 360 Metrik Ton (MT) per hari dan LPG Non Subsidi sebanyak 57 MT per hari,” tambah Arya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti, Pertamina juga akan mengaktifkan posko Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) serta penambahan beberapa titik SPBU Kantong di jalur-jalur wisata atau mudik.

“Untuk pembukaan posko satgas serta penempatan titik-titik SPBU Kantong serta fasilitas lainnya menjelang akan kami akan informasikan kembali kepada masyarakat karena saat ini masih dalam tahap pembahasan mengenai penempatan lokasi SPBU kantong tersebut,” ungkap Arya.

Untuk memastikan informasi kepada masyarakat atau konsumen berjalan optimal, Pertamina membuka jalur komunikasi melalui kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui aplikasi google atau apple. “Kami senantiasa berkomitmen memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat terpenuhi selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H. Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui 135 dan aplikasi MyPertamina,” pungkas Arya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Nasabah Makin Gencar dan Nyaman Gunakan Pembayaran Dengan EDC BRI

Published

on

Nasabah semakin gencar dan nyaman menggunakan pembayaran dengan EDC BRI. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Dengan semakin banyaknya bisnis ritel yang tumbuh dan berkembang, EDC Bank BRI yang menyediakan fitur paling lengkap dan mudah untuk semua jenis usaha merchant kini semakin diminati masyarakat dalam melakukan pembayaran di merchant-merchant yang ada di wiilayah kerja Bank BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya.

Demikian disampaikan Branch Manager Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haw kepada awak media, Kamis (7/7/2024) di Kisaran.

“Nasabah semakin gencar dan nyaman menggunakan pembayaran dengan EDC BRI. Hal tersebut ditandai dengan suksesnya Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar program Merchant BRI Get Reward 2023 BRI BO Kisaran dengan reward berupa sepeda motor, sepeda listrik hingga smartphone android kepada 5 merchant dengan volume transaksi terbanyak menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) pada merchant EDC kelolaan Bank BRI Branch Office Kisaran,’ papar Fajrul Haq.

Untuk mengapresiasi hal tersebut, Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Program Merchant BRI Get Reward 2024 BRI BO Kisaran dengan hadiah yang lebih menarik.

“Sebagai wujud apresiasi, maka BRI Kisaran kembali menggelar program Merchant BRI Get Reward 2024 BRI BO Kisaran dengan hadiah yang lebih menarik yaitu logam mulia (emas) dengan ketentuan berlaku untuk EDC Merchant kelolaan BRI BO Kisaran, serta minimal transaksi Rp 15 juta per bulan menggunakan EDC BRI,’ ujar pria yang akrab disapa Pak Pinca ini.

Fajrul Haq menambahkan, dengan melakukan pembayaran melalui EDC BRI akan memudahkan nasabah maupun merchant serta akan menambah semangat merchant untuk berusaha mendapatkan volume transaksi sebanyak-banyaknya dengan EDC BRI.

“Kemudahan bagi nasabah yang melakukan pembayaran melalui EDC BRI tentunya transaksi yang aman dan tidak perlu membawa uang tunai serta program reward poin, sementara bagi merchant, selain dapat terhindar dari peredaran uang palsu, dengan EDC Bank BRI ini pemilik merchant tidak perlu menyediakan uang kembalian lagi, jadi lebih mudah dan lebih aman, serta ada hadiahnya bagi merchant dengan volume transaksi tertinggi. Jadi kita harapkan program ini akan menambah semangat merchant untuk mencetak volume transaksi tertinggi,” pungkas Fajrul Haq. (Yusnar/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

#AksiCantik Kolaborasi Brand Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely, Meningkatkan Pemberdayaan Santriwati di Banjarmasin

Published

on

Sandeep Kohli selaku Direktur Beauty dan Wellbeing Unilever Indonesia. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, Suaraborneo.com – Seringkali perempuan dilihat hanya dari segi sebatas kecantikan dan penampilan fisiknya saja. Padahal cantik yang sesungguhnya itu juga terpancar dari kebaikan hati dan tindakan yang berdampak dan berkelanjutan.

Kebaikan dapat lebih berbekas dan abadi daripada kecantikan fisik semata. Maka dari itu #AksiCantik bukan perihal merawat diri saja, tetapi juga tentang merawat aksi kebaikan. Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely sangat memahami kondisi yang kini sedang dialami oleh banyak perempuan dan dengan aksi positifnya membantu memberdayakan para perempuan muda terutama perempuan muslimah melalui program #AksiCantik.

Sandeep Kohli selaku Direktur Beauty dan Wellbeing Unilever Indonesia, mengungkapkan sejalan dengan komitmen Unilever untuk selalu mendukung komunitas Muslim di Indonesia. ‘Kami menjalankan banyak program edukasi dan enterpreneurship yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan perempuan Muslim di Indonesia. Semoga kegiatan positif ini dapat menjangkau, menyentuh dan berdampak bagi lebih banyak lagi santriwati-santriwati di seluruh Indonesia,” ucap Sandeep Kohli, dalam keterangannya.

Ia menyebutkan, diikuti oleh 600 Santriwati di Pondok Pesantren Al Hikmah Kelayan, kegiatan aksi ini merupakan ajakan untuk memulai aksi kebaikan melalui pemberdayaan perempuan.

‘Sebagai aksi positif dan wujud nyata #AksiCantik yang berkelanjutan, Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely menyelenggarakan serangkaian kegiatan womenpreneur, women education & craftpreneur bagi para perempuan muslimah muda di Banjarmasin’

Selain itu aksi ini pun turut didukung dan dihadiri oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H Ahmad Sawiti, S.Ag., M.H.I dan Kepala PP Al Hikmah Banjarmasin, Ustadz H. Agus Salim, Lc, M.Hi.

Dukungan dan sambutan hangat disampaikan H. Ahmad Sawiti, S.Ag., M.H.I Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya sangat berterima kasih, bersyukur dan mendukung penuh kerja sama antara Kementrian Agama dan Unilever yang sudah terbangun sejak 2021 melalui berbagai kegiatannya sehingga di tahun ini kegiatan #AksiCantik ini dapat terselenggara di PP Al-Hikmah Kelayan. Alhamdulillah melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat terutama dalam hal pendidikan dan berbisnis diharapkan memotivasi para santriwati untuk terus meraih dan mewujudkan cita-citanya. Selain itu saya juga berharap agar program #AksiCantik seperti ini dapat meluas dan menjangkau lebih banyak lagi Pondok Pesantren di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Program dan aksi nyata ini tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya pemberdayaan perempuan sebagai bagian dari aksi kebaikan untuk membangun cantik yang sesungguhnya bagi para perempuan muslimah muda di Banjarmasin,” tutup Ahmad.

Dalam upaya mewujudkan pemberdayaan perempuan, Sunsilk, Citra, dan Glow & Lovely telah mengambil langkah konkret melalui program #AksiCantik yang dirancang untuk membantu perempuan, khususnya perempuan Muslim.

Dengan memberikan wadah dan peluang untuk membangun aksi kebaikan. Beberapa perempuan muda menginspirasi juga dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan ini, diantaranya Marsha Natika, Content Creator dan Business Woman, dalam sesi talkshow bersama Sunsilk yang mengusung tema tema “Buat Bisnismu Lebih Berkilau di Dunia Digital!”.

Enta Fadila, penerima beasiswa LPDP RI dan Co Founder dari Ourdee.id, dalam sesi kelas dan talk show bersama Glow & Lovely yang membawakan tema “Pendidikan Tinggi untuk Raih Glowingmu dan Wujudkan Cita-citamu”.
Ayu Muniarti, Seniman dan Craftpreneur, dalam sesi kelas dan talk show bersama Citra yang mengusungkan tema “Kembangkan Kreativitas dan Mulai Bisnismu”

Dengan hadirnya ragam aksi positif yang terus memperkuat pemberdayaan santriwati untuk terus melakukan aksi baiknya dalam bidang pendidikan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari.
Mari gaungkan kebaikan sebagai wujud nyata kecantikan lewat #AksiCantik. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Balikpapan

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Terpenuhi Jelang Pemilu 2024 di Kalimantan

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024. (Foto/Ist)

BALIKPAPAN, SuaraBorneo.com – Menjelang Pemililhan Umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024 yang aktif sejak 5 Februari 2024 kemarin dan akan bertugas hingga 18 Februari 2024 mendatang. Tujuan dibentuknya Satgas Pemilu yaitu untuk memonitor penyaluran dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) serta memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG tersedia bagi masyarakat di Kalimantan. Hal tersebut diungkapkan dalam keterangan pers oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, pada Senin (12/2).

“Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan mencatat selama periode 1 Januari hingga 10 Februari 2024, rerata konsumsi BBM di wilayah Kalimantan untuk produk Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) sekitar 7.867 KL/hari, untuk produk Gasoil (Solar dan Dex Series) sekitar 3.134 KL/hari dan rerata konsumsi untuk LPG sekitar 1.564 MT/hari. Sedangkan ketahanan hari akumulatif stok per tanggal 11 Februari 2024 ini untuk BBM jenis Gasoil sekitar 10 hari, Gasoline sekitar 13 hari dan LPG sekitar 6 hari. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi stok mencukupi dan dalam keadaan aman,” ujar Arya.

Selain itu, Arya menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM dan LPG karena Patra Niaga akan selalu memastikan distribusi BBM dan LPG berjalan dengan lancar dan aman. “Pertamina Patra Niaga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti aparat kepolisian, Dishub, BPH Migas, serta Pemerintah Daerah dalam pengamanan kondisi selama Pemilu 2024 ini,” ungkapnya.

Meskipun stok dipastikan dalam keadaan aman, Pertamina Patra Niaga tetap menghimbau masyarakat untuk menggunakan energi dengan bijak yaitu bagi masyarakat yang mampu secara ekonomi tidak menggunakan BBM atau LPG bersubsidi. “Hal ini terus kami gaungkan ke masyarakat agar program subsidi tepat sasaran baik untuk BBM dan LPG berjalan dengan efektif sehingga masyarakat yang memang berhak menikmati subsidi bisa mendapatkannya dengan mudah,“ tambah Arya.

Sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga tentunya akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

“Bagi konsumen atau masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses bisnis Pertamina Patra Niaga termasuk yang terkait dengan kegiatan Satgas Pemilu dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” tutup Arya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023, Rabu (7/1/2024).

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu, sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.

*Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo*

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Maju Pesat Usaha Bordir Sasirangan Hingga Mampu Memberi Lapangan Kerja Untuk Warga Sekitar

Published

on

Gerai NDF sasirangan di Sungai Tiung Cempaka dan Admin NDF sasirangan. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Sasirangan adalah kain batik khas dari Kalimantan Selatan yang sudah di turunkan secara turun temurun dan memiliki ciri khas dengan berbagai macam komposisi dan aneka ragam corak yang mengagumkan.

Di era modern ini pembuatan sasirangan masih menggunakan cara manual untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, dari sasirangan yang sudah bermotif akan di padukan dengan bordir untuk menambah kesan eksotis dari kain sasirangan tersebut.

Dari sekian banyak pengrajin bordir sasirangan di wilayah Cempaka Banjarbaru, salah satunya milik Hj Imay, yang terkenal dengan NDF Sasirangan, di Desa Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Di gerai NDF sasirangan tidak hanya menjual kain tetapi juga pengolahan dari bahan mentah hingga jadi kain sasirangan, dan kelebihan NDF sasirangan juga menyediakan sasirangan dengan motif Limited Edition.

Menurut keterangan dari Admin NDF sasirangan Farida, sebelum membuka gerai NDF sasirangan, pemilik NDF memiliki keterampilan menjahit atau bordir sudah di kuasai sudah sejak lama dan teruskan selalu ikut pelatihan sehingga bisa membuka Usaha Gerai NDF sasirangan yang sudah enam tahun berjalan.

“Dulu sebelum membuka gerai, ibu hobi menjahit Sprey orang perkawinan adat Banjar, dari dulu ibu sudah bisa membordir sebelum orang bisa membordir, setelah itu ibu ikut pelatihan proses bordir sasirangan dari Dinas Koperasi,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu (20/1/2024).

Usaha makin maju Gerai NDF sasirangan saat ini memperkerjakan warga sekitar.

“Karyawan yang berkerja di tempat kami dari wilayah sekitar, dan karyawan saat ini berjumlah dua ratus, mereka memiliki tugas masing masing, dari awal membuat desain pola pada kain putih, menjahit menjelujur, memberi warna pada kain, hingga melepas benang ikatan jelujurnya hingga menyetrika,” katanya.

Farida juga menjelaskan harga kainnya bervariasi.

“Kain sasirangan ini harga mulai dari seratus delapan puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung motif dan bahan kainnya, untuk Limited Edition yang kebanyakan menggunakan katun sutra sehingga harga menjadi mahal hingga mencapai satu juta lima ratus rupiah,” pungkasnya. (ad-sb)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Wow! Pertamina Borong 8 Penghargaan Indonesia Green Awards 2024

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menerima penghargaan di ajang Indonesia Green Awards 2024. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menerima penghargaan di ajang Indonesia Green Awards 2024 oleh Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi di Hotel Kempinski Jakarta. Perusahaan Energi ini menyabet 8 penghargaan di berbagai kategori.

Termasuk 2 unit operasi yang berkokasi di Provinsi Kalimantan Selatan yakni Integrated Terminal Banjarmasin dengan kategori The Promising – Mengembangkan Edukasi Perubahan Iklim dengan Program Masyarakat Siaga Bencana dan DPPU Syamsudin Noor dengan Kategori The Promising – Penanganan Sampah Plastik Program Hiling di Kasturi – Futuristik (Furniture dari Sampah Plastik).

La Tofi mengungkapkan, IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. “Perusahaan menyisihkan sebagian dari laba perusahaan untuk mengelola kegiatan CSR, sehingga masyarakat mampu merasakan manfaat dari setiap Perusahaan,” jelas La Tofi, Rabu (17/1/2024).

Latar Belakang Program Kampung Siaga Bencana Kuin Cerucuk tidak terlepas dari wilayah ring 1 yang memiliki kerentanan resiko bencana banjir maupun kebakaran. Selain itu, Program Kampung Siaga Bencana (KSB) Kuin Cerucuk juga menjawab isu terkait dengan pengorganiran relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk. Program CSR ini merupakan salah satu upaya Pertamina bagi masyarakat melalui pengurangan resiko dan mitigasi bencana.

Selanjutnya, DPPU Syamsudin Noor mencanangkan program CSR bertema Penghijauan dan Pengelolaan Lingkungan (Hiling) dengan mengajak kelompok bank sampah Sumber Rezeki di RT 33 Kasturi, Kelurahan Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk mengolah sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi dan utilitas tinggi. Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru bahwa terdapat 0,68 kg sampah yang dihasilkan perorang setiap harinya. Menjawab isu tersebut, Pertamina mendorong kreativitas masyarakat dalam pengolahan 3R (reduce, reuse dan recycle) sampah plastik.

Arya Yusa Dwicandra selaku Area Manager Comm,Rel & CSR Regional Kalimantan mengungkapkan apresiasinya kepada The La Tofi School of CSR yang telah memberikan penghargaan kepada Pertamina. “Semoga ke depannya kami dapat melakukan kontribusi yang lebih banyak lagi untuk lingkungan dan juga CSR bagi masyarakat,” tuturnya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer