Jalan Sehat Pengembang Perumahan Kota Kapuas Baru Antusias Diikuti Masyarakat – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

Jalan Sehat Pengembang Perumahan Kota Kapuas Baru Antusias Diikuti Masyarakat

Published

on

Kegiatan Jalan Sehat yang digelar Pengembang Kota Kapuas Baru Minggu (22/1/2023). (Foto/Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kegiatan jalan sehat yang digelar Pengembang Perumahan Kota Kapuas Baru Permata Inn Group, semarak dan antusias diikuti warga Kota Air Kapuas, Minggu (22/1/2023) pagi.

Ratusan perserta dari berbagai kalangan ambil bagian berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Hadir Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono, Anggota DPRD Kapuas Fariz Ismeth Rinzani serta undangan lainnya yang hadir memeriahkannya.

Peserta jalan sehat dilepas Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama Sekda Kapuas Septedy bertempat di halaman
Hotel Permata Inn Ballroom di Jalan Seroja, Kuala Kapuas.

Event masih dalam rangka memeriahkan tahun baru 2023 ini selain jalan santai, juga digelar berbagai lomba lainnya, senam aerobik, hingga lomba permainan kekinian lato-lato. Panitia menyiapkan hadiah utama satu unit sepeda motor serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang positif tersebut, selain ajang silaturahmi, kebersamaan sekaligus untuk olah raga menjaga kebugaran.

Jalan santai ini menempuh rute Start dan Finish Hotel Permata Inn Ballroom di Jalan Seroja – Jalan Tambun Bungai – Jalan Kenanga, Jalan Melati -Jalan Teratai dan kembali ke Jalan Seroja.

Setelah peserta jalan sehat sampai di finish, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba mulai lomba Senam aerobik, lomba modeling, lomba lato-lato dewasa umum dan anak-anak di Ballrom Permata Inn.

Supenpri, Sos, Owner Perumahan Kota Kapuas Baru dan Permata Inn Group, mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat dan beragam perlombaan ini memiliki makna kebersamaan yang tinggi dimana para karyawan dan undangan yang hadir bisa berolah raga dan bisa menyapa satu sama lain.

“Jalan sehat dan berbagai lomba hari ini dalam rangka menciptakan kebersamaan sambil berolah raga,”kata Supenpri.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang suport dan mendukung hingga kegiatan itu sukses dan berjalan lancar.
(ujang/ery-SB).

Kalteng

Tingkatkan SDM, KONI Kapuas Gelar Rakor

Published

on

Kegiatan Rakor KONI Kab. Kapuas di Aula Bappelitbanda Kapuas Sabtu (28/1/2023). (Foto/Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Kerja dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Rakor bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas Jalan Tambun Bungai Sabtu (28/1/2023) dihadiri Sekda Kapuas Drs Septedy M. Si Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang merangkap sebagai Plt Kepala Dinas Kominfo Kapuas Ilham Anwar Plt Kepala Dinas Kebudayaan kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Agusthe dan jajaran, Ketua KONI Kabupaten Kapuas H. Saferaniansyah beserta pengurus dan anggota KONI para ketua cabor serta pelatih.

Sekda Kapuas mengatakan kegiatan Raker KONI mengusung tema Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang olahraga untuk meraih prestasi yang gemilang ini merupakan satu tema yang luar biasa.

Era Vuca menurut Sekda merupakan singkatan dari Volality Uncertainty Complexity dan Ambiguity.

Fenomena ini adalah fenomena dimana seluruh kejadian yang ada itu akan berubah dengan cepat. Oleh karena itu untuk menghadapi era seperti ini, organisasi seperti KONI ini diharapkan mampu meningkatkan kapasistas para SDM nya agar bisa memiliki kecerdasan dalam berkomunikasi dan beradaptasi.

Ketua KONI Kapuas H.Saferaniansyah mengatakan melalui rakor KONI seluruh cabang olahraga semakin dapat meningkatkan SDM dan meraih prestasi.
(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Plt Kadinkes Serahkan Tropi Untuk DWP

Published

on

Penyerahan Tropi untuk DWP Dinkes Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr.Tonun Irawaty Panjaitan, MM didampingi Kepala Bidang, Kasubbag dan Sub Koordinator di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, menyerahkan tropi secara simbolis usai apel pagi di Kantor Dinkes setempat Senin (30/1/2023).

Penyerahan tropi ini diberikan kepada Perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas atas keberhasilan meraih Juara Harapan 2 dalam Lomba Paduan Suara dan juara Harapan 3 untuk lomba Senam Kreasi yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Januari 2023 yang lalu di Aula Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Kegiatan lomba yang diikuti ini dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-72 serta peringatan hari jadi Kota Kuala Kapuas yang ke-217. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kadis DPMD : Penyelenggaraan Pemdes, Tahun 2023 ADD Kapuas Naik 62 Persen

Published

on

Kadis DPMD Kab. Kapuas, Budi Kurniawan S. Sos M. Si didampingi sekretaris dan sejumlah Kepala Bidang ketika menyampaikan rilis terkait alokasi ADD dan DD serta program pembangunan desa tahun 2022 di Aula Kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas Jumat (27/1/2023). (Foto/Suhaili) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memacu peningkatan kinerja penyelenggaran pemerintahan desa di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng), pada tahun 2023 Alokasi Dana Desa (ADD) mengalami kenaikan.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan S. Sos M. Si didampingi sektetaris dan sejumlah Kepala Bidang ketika menyampaikan rilis kepada wartawan di Aula Kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas Jumat (27/1/2023).

“Total ADD tahun 2023
sebesar RP. 158.650.738.500 yang mengalami peningkatan sebesar 62% dari tahun sebelumnya yakni 97.983.000.000,” katanya.

Dikatakan, prioritas penggunaan ADD selain untuk SILTAP Kades dan Perangkat Desa, BPD, RT/RW dan Kepala Dusun juga
bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan program prioritas nasional diantaranya percepatan penurunan stunting.

Namun, imbuhnya, dalam rangka efesiensi dan efektivitas penggunaan dan penyerapan ADD, ada beberapa pemyederhanaan mekanisme.dan tatakelola penyaluran ADD antara lain, tahapan penyaluran ADD hanya diatur untuk 2 tahap dan prosesnya dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan selaku Pembina penyelenggaraan Pemerintah Desa sesuai PP Nomor 19/2017.

Lebih lanjut dikatakan, kedepan terkait SILTAP akan menggunakan mekanisme Cashless Management System (CMS) yang dalam pelaksanaannya akan bekerja dengan Bank Penyalur.

Ditambahkan, Budi Kurniawan sebelumnya Kadis Sosial Kapuas ini, selain ADD Pemerintah Desa juga mendapat Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat yang totalnya utk 214 desa se-Kabupaten Kapuas pada tahun 2023 sebesar Rp. 181.835.924.000.

“Hal ini sebagaimana diatur dalam Permenkeu Nomor 201/PMK.07/2023 dan Permendes Nomor 8 tahun 2023 adalah program pemulihan ekonomi nasional, ” katanya.

Oleh karena itu, harapannya sekaligus himbauan dengan semakin besarnya alokasi anggaran agar Pemerintah Desa dapat secara maksimal menggunakan ADD/DD untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat di desa.

“Perlu diingat bahwa ADD/DD adalah uang rakyat yang harus dipertanggung jawabkan penggunaannya sesuai ketentuan UU yang berlaku, “ujarnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Bupati Kapuas Pimpin Rapat Percepatan Penurunan Stunting, Kapuas Turun 20,1 Persen

Published

on

Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas, bertempat di Aula Bappelitbangda Kapuas Kamis 26 Januari 2023. (foto/ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT pimpin Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuss Jalan Tambun Bungai Kamis (26/1/2023).

Plt Kepala Dinas P3APPKB Kapuas dr Tri Setyautami selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas mengatakan dalam rapat disampaikan rilis dari pemerintah pusat tentang prevalensi stunting berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022.

“Kabupaten Kapuas menurut SSGI tahun 2022 berada di angka 20,1 persen. Ini ada penurunan dari tahun sebelumnya yakni 25 persen, ” katanya kepada wartawan usai kegiatan itu.

Dikatakan rapat yang dipimpin langsung Bupati Kapuas ini juga sebagai evaluasi atas apa yang sudah dilaksanakan bersama-sama di tahun 2022.

Bupati dalam hal ini sebagai pengarah pembina dan penangunggjawab dari Tim Percepatan Penurunan Stunting mengadakan rapat untuk mengevaluasi.

Lebih lanjut dikatakan ini terkait aspek-aspek apa saja dari faktor-faktor determinan spesifik maupun sensitif itu yang masih perlu kita tingkatkan lagi agar nanti angka prevalensi stunting bisa kita turunkan.

“Artinya target nasional di 2024 nanti sesuai harapan Presiden angka stunting berada di 14 persen. Kalau Bapak bupati kita menginginkan untuk Kapuas adalah di bawah 10 persen, “jelas dr Tri.

Rapat dihadiri Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto Polres Kapuas BPS Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor Sekda Kapuas Septedy Kepala OPD terkait camat UPT Puskesmas tenaga kesehatan PT serta penyuluh KB. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Anggota Dewan Fraksi Nasdem Sampaikan Selamat Untuk Petugas PPS Pemilu 2024

Published

on

Anggota DPRD Kapuas Bardiansyah SE. (foto/ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Anggota DPRD Kapuas dari Fraksi Nasdem Bardiansyah SE menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kapuas Kalteng yang telah dilantik dan diambil sumpah janji.

“Selamat kepada seluruh anggota PPS se-Kabupaten Kapuas yang mendapatkan amanah dalam mengawal jalannya Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang,”katanya
Rabu (25/1/2023).

Bardiansyah wakil rakyat yang pernah menjabat sebagai Ketua KPU Kapuas ini berpesan agar para petugas PPS mampu mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab demi suksesnya pesta demokrasi mendatang.

“Tugas kawan-kawan kita sebagai PPS ini cukup berat untuk mengawal jalannya proses demokrasi. Tingkat kesuksesan Pemilu tak terlepas juga ditentukan tanggung jawab dan kinerja PPS,” ujarnya.

Legislator yang pernah beberapa kali menjadi komisioner KPU ini
meminta para petugas PPS tetap mengedepankan netralitas profesionalitas dan integritas.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada kepada jajaran KPU Kapuas yang sudah bekerja keras mempersiapkan tahapan-tahapan Pemilu mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Kapuas Adi Resido menyampaikan anggota PPS yang dilakukan pelantikan di GOR Panunjung Tarung Kecamatan Selat
Selasa 24 Januari 2023
ada 412 orang untuk
11 wilayah kecamatan.

Sedangkan pelantikan dan Pengambilan sumpah PPS juga dilangsungkan pada hari yang sama untuk 6 Kecamatan pada 3 titik yaitu di Timpah untuk Kecamatan Mantangai dan Kecamatan Timpah di Pujon untuk Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang dan di Sei Hanyo untuk Kecamatan Kapuas Hulu serta Kecamatan Mandau Talawang. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Terus Bersinergi Pengembangan Program Food Estate

Published

on

Foto Bersama Bappenas Kementan Bappedalitbang Provinsi Kalteng Sekda Kapuas Kapuas usai rakor Program Food Estate di Aula Kantor Bappedalitbangda Kab Kapuas Jumat (20/1/2023). (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Pemerintah Pusat terus meningkatkan pengembangan program Food Estate yang telah dicanangkan pemerintah pusat untuk ketahanan pangan nasional.

“Konsistensi kita sudah barang tentu dengan adanya Food Estate peningkatan infrastruktur pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin baik kedepannya,” katanya.

Sekda Kapuas Septedy kepada media usai rakor program Food Estate bersama Bappenas Kementan Bappedalitbang Provinsi Kalteng Distan Provinsi Distan Kapuas dan Distan Pulang Pisau di Aula Kantor Bappedalitbangda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas Jumat (20/1/2023) sore.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah H Kaspinor mengatakan dengan adanya Food Estate diharapkan menjadi kemajuan bagi Provinsi Kalimantan Tengah khususnya dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah dan nasional.

“Harapannya pula adanya sinergi yang baik dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat mendorong percepatan program Food Estate tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Fungsional Direktorat Pangan dan Pertanian Bappenas Noor Avianto mengatakan rakor Food Estate tujuannya memperkuat sinergi dengan Pemda terkait berbagai masukan potensi resiko juga evaluasi untuk menjadi bahan di tahun 2023. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Seleksi Guru P3K Kapuas Disetujui 1000 Lebih

Published

on

Kadisdik Kapuas Drs Aswan MSi yang didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan M Ali Hanafiah. (foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat pada tahun 2023 mengusulkan sekitar 3000 terhadap guru status tenaga kontrak untuk seleksi program Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau (P3K).

Namun dari jumlah tersebut disetujui Kemendikbud Ristek berdasar data yang diterima pihak Disdik yakni 1000 lebih.

Hal ini disampaikan Kadisdik Kapuas Drs Aswan MSi didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan M Ali Hanafiah kepada awak media di ruang kerjanya Rabu (18/1/2023).

“Idealnya sesuai kebutuhan daerah untuk tenaga guru 3000 itu. Namun disetujui 1000 lebih, ” katanya.

Dijelaskan Aswan yang sebelumnya Kaban BKPSDM Kabupaten Kapuas itu secara keseluruhan keberadaan guru kontrak di Kabupaten Kapuas berjumlah 5000 an.

Yang disetujui 1000 an lebih. Hanya saja apakah nanti dalam proses seleksi P3K tersebut bisa lolos semua.

Lanjut Kadisdik secara umum Kabupaten Kapuas dengan luas wilayah yang memiliki 17 kecamatan masih memiliki kendala kekurangan tenaga guru terutama di SD dan SMP.

“Oleh karena itu harapannya dengan adanya seleksi P3K dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan di Kapuas, ” ujarnya. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Kejari Kapuas Gelar JMS di MAN

Published

on

Giat Safari Jaksa Masuk Sekolah Di MAN Kuala Kapuas. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka penyuluhan hukum bagi masyarakat serta sekolah SD SMP dan SMA mengawali tahun 2023 Kejari Kapuas melaksanakan Safari Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kuala Kapuas Kamis (19/1/2023).

Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Arif Raharjo SH MH melalui Kasi Intelijen Amir Giri Muryawan SH MH dalam melalui rilisnya Kamis (19/1/2023) mengatakan kegiatan sebagai bentuk edukasi terkait penerangan hukum.

“Kita terus konsisten terkait penerangan dan penyuluhan hukum sehingga masyarakat juga para siswa pihak sekolah dapat mengetahui hukum mengenali hukum serta menjauhi hukum, ” katanya.

Dikatakan pelaksanaan oleh Tm Jaksa Masuk Sekolah di MAN Kapuas untuk siswa kelas XII dengan memberikan paparan dan materi oleh nara sumber Kejari Kapuas.

Dilanjutkan Amir giat JMS utamanya pencegahan terkait bahaya narkotika radikalisme dan aksi terorisme di lingkungan anak muda sebagai pemilih pemula Pemilu tahun 2024.

“JMS kali ini diantaranya telah sesuai dengan Rencana Aksi Nasional (RAN) Instuksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tahun 2020 – 2024 (P4GN), ” jelasnya.

Kegiatan JMS tersebut diikuti oleh Kabag TU para Dewan Guru dan 222 siswa siswi. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Sahkan Raperda Rencana Induk Kepariwisataan

Published

on

Bupati dan pimpinan DPRD Kapuas tandatangani Pengesahan Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan. (foto : Ist) 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas mensahkan Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan pengesahan ini melalui

Rapat paripurna ke 11 masa persidangan I pada di DPRD setempat, Senin (16/1/2023).

Jalannya rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kapuas, Yohanes didampingi Wakil Ketua II, Evan Rahman Sahputra, dan diikuti sejumlah anggota dewan, serta dihadiri Plt Sekwan Marlina Kasyfiatie.

Sedangkan, dari pihak eksekutif dihadiri langsung Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, Sekda Septedy, perwakilan unsur Forkopimda, dan para kepala SOPD setempat.

“Sesuai jadwal Banmus hari ini kita lakukan pengesahan dan penandatanganan Raperda tentang rencana induk kepariwisataan,” kata Yohanes saat membuka rapat

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Anes ini menuturkan lembaga DPRD melalui alat kelengkapan yaitu Bapemperda yang salah satu tugas dan fungsinya adalah mengkoordinasi penyusunan Rancangan Propemperda yang memuat daftar urut Raperda berdasarkan skala prioritas.

“Dan melakukan pengawasan, dalam rangka memantapkan dan penyempurnaan konsep Raperda Kabupaten Kapuas ini sudah memenuhi syarat sesuai aturan perundangan undangan yang berlaku,” katanya.

Kemudian, sesuai hasil Rapat Bapemperda bersama eksekutif pada tanggal 12 Januari 2023 telah disepakati program pembentukan Peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Kapuas.

“Yang tentunya akan ditetapkan dengan keputusan DPRD Kapuas,” ucapnya.

Pengesahan Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan ditandatangi Bupati Kapuas dan unsur pimpinan DPRD.

Sementara itu usai penandatanganan Raperda tentang rencana induk kepariwisataan, akan dilanjutkan dengan Paripurna penyampaian hasil reses Daerah Pemilihan (Dapil) anggota DPRD. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Populer