BI Luncurkan LPI 2022 Dan Arah Kebijakan 2023 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Ekonomi

BI Luncurkan LPI 2022 Dan Arah Kebijakan 2023

Published

on

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) hari ini meluncurkan Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2022 yang merupakan perwujudan dari laporan transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 58 ayat (2), ayat (6), dan ayat (7) dari UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Senin (30/1/2023).

Bank Indonesia juga meluncurkan Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah (KEKSI) 2022 yang merupakan bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua publikasi ini mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”.

“Kami melihat sinergi dan inovasi adalah dua kata kunci ketahanan ekonomi Indonesia dalam menghadapi rentetan gejolak global dan menjadi elemen strategis dalam mempercepat kebangkitan ekonomi menuju Indonesia Maju,” demikian disampaikan Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menambahkan, tiga hal mengenai pandangan prospek perekonomian ke depan. Pertama bersyukur dan optimis bahwa stabilitas perekonomian tetap terjaga dan berlanjutnya proses pemulihan perekonomian serta waspada akan dampak gejolak perekonomian global terhadap kinerja perekonomian nasional.

Kedua, pentingnya konsistensi, inovasi, dan sinergi (KIS) dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah tantangan yang makin mengemuka. Ketiga, transparansi dan akuntabilitas perlu dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung efektivitas kebijakan melalui pembentukan rational expectation.

LPI 2022 menjabarkan evaluasi pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia pada tahun 2022, arah kebijakan, dan sasaran untuk tahun 2023. Perekonomian Indonesia pada 2022 tetap kuat didukung kebijakan Bank Indonesia yang bersinergi dengan bauran kebijakan nasional. Ke depan, bauran kebijakan Bank Indonesia pada 2023 yang bersinergi erat dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus diarahkan untuk memperkuat ketahanan serta mempercepat pemulihan dan kebangkitan perekonomian.

Dalam kaitan ini, kebijakan moneter pada 2023 akan tetap diarahkan untuk menjaga stabilitas (pro-stability). Sementara itu, kebijakan makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pengembangan pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau akan terus diarahkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional (pro-growth). Arah kebijakan BI tersebut juga bersinergi dengan bauran kebijakan ekonomi nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali berada di lintasan jangka menengah menuju visi Indonesia Maju.

Pembahasan penting yang juga diangkat dalam LPI 2022 ialah tentang Presidensi G20 Indonesia dan “Proyek Garuda” terkait arsitektur Rupiah Digital. Indonesia dalam Presidensi G20 mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, yang menyuarakan perlunya penguatan koordinasi dan kerja sama internasional untuk mengatasi berbagai tantangan perekonomian global.

Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga berperan aktif melalui jalur keuangan untuk memperkuat koordinasi global dalam memitigasi risiko ekonomi global jangka pendek dan memperkuat ketahanan ekonomi jangka menengah. “Proyek Garuda” oleh Bank Indonesia menjadi proyek yang memayungi berbagai inisiatif desain arsitektur Rupiah Digital. Mempertimbangkan bahwa Proyek Garuda merupakan inisiatif berskala nasional maka sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan akan terus ditempuh guna memperkuat efektivitas kebijakan.

KEKSI 2022 menguraikan perkembangan, sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah nasional pada tahun 2022, serta prospek dan perumusan arah kebijakan tahun 2023. Publikasi menyampaikan sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah yang ditempuh sebagai bagian dari respon kebijakan nasional, mampu memperkuat peran ekonomi dan keuangan syariah dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi. Ke depan, ekonomi dan keuangan syariah diprakirakan terus tumbuh pada 2023 sehingga menopang upaya mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.

Uraian lebih lengkap laporan tentang pelaksanaan tugas 2022 dan arah kebijakan Bank Indonesia 2023 dapat diunduh dalam format digital, lewat tautan https://www.bi.go.id/id/laporan-transparansi-dan-akuntabilitas-2022/default.aspx. [ad/bi]

Bagikan ke

Banjarmasin

Sambut Ramadan 1444 Hijriah, BI Kalsel Uji Coba Layanan Tukar Uang Lantatur

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menerapkan inovasi baru berupa layanan penukaran uang Rupiah secara lantatur (drive-through). Uji coba terhadap layanan itu akan dilaksanakan di kantor BI Kalsel, Jl. Lambung Mangkurat No.15, Banjarmasin, pada Kamis, 16 Maret 2023 mendatang.

Dalam keterangan yang dirilis oleh Humas BI Kalsel, Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo mengatakan inovasi yang dilakukan pihaknya adalah wujud nyata upaya BI untuk memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar (clean money policy).

“Inovasi ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. Karena berdasarkan data historis, kebutuhan uang kartal pada momen tersebut cenderung meningkat,” tutur Wahyu.

Jika uji coba tersebut dinilai berhasil, lanjut Wahyu, maka pada bulan Ramadan mendatang BI Kalsel akan membuka layanan tukar uang Rupiah lantatur secara reguler dan terjadwal. Pengumuman jadwal penukaran uang lantatur sepanjang bulan Ramadan akan disampaikan dalam waktu dekat ini secara terpisah.

Di samping penukaran uang Rupiah secara lantatur, selama bulan Ramadan BI Kalsel juga menggelar layanan kas keliling susur sungai. Layanan ini terbuka bagi masyarakat umum, khususnya yang bermukim di sekitar sungai.

Berbeda dari kas keliling biasa yang menggunakan mobil khusus, kas layanan keliling susur sungai akan menggunakan kelotok (perahu bermotor) sebagai moda transportasinya.

“Kas keliling susur sungai sengaja kami sediakan untuk melayani kebutuhan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat di pinggiran sungai, yang aksesnya sulit dijangkau oleh moda transportasi darat,” kata Wahyu.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dapat terlebih dahulu mempelajari syarat penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang dapat diakses pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaranKasKeliling maupun syarat penukaran uang rusak/uang cacat pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukara.

“Ke depan, BI Kalsel akan terus berkomitmen memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar, dalam jumlah yang cukup, dan pecahan yang sesuai,” tutup Wahyu. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat dan Huawei Tingkatkan Inovasi Bersama SRv6 untuk Dorong Transformasi Digital Indonesia

Published

on

Indosat dan Huawei Tingkatkan Inovasi Bersama SRv6 untuk Dorong Transformasi Digital Indonesia

BARCELONA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan penyedia solusi TIK global Huawei tentang inovasi bersama SRv6 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023. Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak akan bersama-sama melakukan penelitian dan verifikasi SRv6, sambil juga mempromosikan komersialisasi SRv6 skala besar untuk mempercepat transformasi ke arsitektur jaringan otomatis dan cerdas.

MoU tersebut ditandatangani oleh Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, dan Daniel Wu, Director of Huawei Indonesia IOH Account. Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Vikram Sinha, President Director and CEO IOH, Gary Lu, President of Huawei’s Network Marketing and Solution Sales Department, Linda Cui, President of Hutchison Global Key Account Dept, dan Long, CEO of Huawei Indonesia Tech Investment, Senin (27/2/2023).

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, “Kerja sama antara IOH dan Huawei akan sangat mendorong perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Kami akan bekerja sama untuk menyediakan layanan jaringan berkualitas lebih tinggi dengan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui konvergensi jaringan IP, konvergensi arsitektur jaringan, dan pengoptimalan arsitektur jaringan. Ini juga akan membantu IOH memelopori transformasi digital cerdas dan menetapkan tolok ukur untuk ekonomi digital global.”

Sementara itu, Gary Lu dari Huawei menekankan bahwa pemimpin teknologi global itu akan terus berinovasi dan mendorong batas. Dengan teknologi terdepan dalam transportasi konvergensi IP cerdas dan pengalaman luas dalam komersialisasi, Huawei akan membantu IOH membuat terobosan dalam aplikasi SRv6 dan memberikan layanan komunikasi yang lebih beragam bagi pengguna lokal.

Pengembangan berbasis informasi mengarah pada pertumbuhan eksplosif aplikasi Internet di seluruh dunia. Dengan meningkatnya skala jaringan dan munculnya era cloud, semakin banyak layanan jaringan yang muncul. Pada gilirannya, layanan ini memberlakukan lebih banyak persyaratan pada jaringan. SRv6, sebagai protokol transport IP generasi berikutnya, terikat untuk memimpin pengembangan industri. Huawei berharap dapat bekerja sama dengan mitra industri dan memanfaatkan keunggulannya dalam inovasi teknologi SRv6 dan pengalaman penerapan SRv6 untuk memberdayakan berbagai industri dan memfasilitasi pengembangan ekonomi digital. Huawei siap mendukung IOH mengejar tujuannya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Dengan visinya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling disukai di Indonesia, IOH terus mendorong pertumbuhan baik di industri telekomunikasi maupun ekonomi digital Indonesia melalui kinerjanya yang solid pada tahun 2022, tahun pertama sejak merger. IOH (IDX:ISAT) telah bekerja dengan Huawei di berbagai bidang sejak 2005 dan mulai membangun jaringan transportasi konvergensi 5G-ready berbasis SRv6 pertama di kawasan Asia-Pasifik bersama dengan Huawei pada tahun 2020.

MWC Barcelona 2023 berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol. Huawei memamerkan produk dan solusinya di stand 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Bersama dengan operator global, profesional industri, dan pemimpin opini, Huawei menyelami topik-topik seperti kesuksesan bisnis 5G, peluang 5,5G, pengembangan hijau, transformasi digital, dan visinya menggunakan cetak biru bisnis GUIDE untuk meletakkan dasar bagi 5,5G dan membangun kesuksesan 5G untuk kemakmuran yang lebih besar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: https://carrier.huawei.com/en/events/mwc2023. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Deputi Gubernur Senior BI Dukung Pengembangan Pariwisata dan Pelestarian Kebudayaan Kota Lama Banjarmasin

Published

on

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Iring-iringan kabriolet dan skuter klasik tampak menyusuri sejumlah ruas jalan utama Kota Banjarmasin pada sore hari Minggu (19/02). Di balik kursi penumpang, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo, terlihat antusias menikmati kesyahduan panorama adimarga Kota Seribu Sungai.

Kabriolet klasik berwarna putih itu menjadi pilihan moda transportasi orang nomor dua di Bank Indonesia dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan. Adalah buah kreativitas Paguyuban Usaha Industri Kreatif Kota Lama Banjarmasin yang sengaja memilihkan moda transportasi itu demi menunjukkan potensi pariwisata dan industri kreatif di Banjarmasin.

Sebelum jalan-jalan sore, Destry memang menyempatkan diri berkunjung ke kawasan Kota Lama Banjarmasin dan diterima jajaran pengurus dan anggota paguyuban. Pada kesempatan itu, Destry mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Banjarmasin membuka kembali kawasan “Wisata Kuliner Bandarmasih Tempo Doeloe” pada 2021, setelah sempat mati suri gara-gara dihantam pandemi.

Lewat sinergi erat antara Pemerintah Daerah dan pelaku usaha industri kreatif di sana, kawasan ini berhasil menjadi ikon kebangkitan pariwisata dan industri kreatif di Kalimantan Selatan yang kini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Kendati dipadati pelaku usaha yang menjajakan kuliner kekinian, konsep bangunan di sana tetap mengusung kota lama.

“Kawasan Kota Lama Banjarmasin membuat saya merasa seperti berada di luar negeri. Sangat unik. Ini adalah buah sinergi Pemda dan komunitas lokal, yang berhasil memadukan wisata kuliner dengan tetap melestarikan kebudayaan lokal, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru,” tutur Destry.

Pada kesempatan itu pula, Destry dan Wahyu menyampaikan komitmen dan dukungan Bank Indonesia terhadap pengembangan Kawasan Kota Lama, dengan memberikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa bantuan sarana dan prasarana.

“PSBI merupakan bentuk kontribusi nyata dari Bank Indonesia dengan memberikan pemikiran dan solusi untuk membantu terwujudnya aktivitas pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara sistematis dan terencana, guna mendorong terwujudnya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif,” jelas Wahyu.

Ketua Paguyuban Usaha Industri Kreatif Kota Lama Banjarmasin, Bayu, menyambut baik dukungan yang diberikan Bank Indonesia. Pihaknya mengucapkan apresiasi kepada Bank Indonesia yang peduli terhadap pengembangan pariwisata berbasis kreativitas anak muda.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bank Indonesia, yang terus-menerus mendukung pengembangan pariwisata dan budaya di kawasan Kota Lama Banjarmasin,” sebut Bayu.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2022 Bank Indonesia bersama perbankan telah mendorong penggunaan QRIS di Kawasan Kota Lama. Hal itu dilakukan agar transaksi pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, murah, aman, dan andal. PSBI yang diberikan saat ini merupakan bentuk dukungan lanjutan Bank Indonesia untuk pengembangan ekonomi masyarakat di Kawasan Kota Lama Banjarmasin. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Wahyu Pratomo Dikukuhkan sebagai Kepala KPw BI Kalsel

Published

on

Acara pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. (Foto/Humas BI)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, memimpin Upacara Pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Senin (20/2/2023).

Dengan pengukuhan ini, Wahyu Pratomo resmi menggantikan Imam Subarkah yang kini menjabat sebagai Kepala Departemen Hukum. Prosesi pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2023 oleh Gubernur Bank Indonesia kepada 26 pimpinan satuan kerja, baik di kantor pusat maupun di Kantor Perwakilan Dalam Negeri.

Guna meningkatkan kinerja KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan, dalam sambutannya, Deputi Gubernur Senior Destry menyampaikan beberapa arahan. Pertama, memperkuat sinergi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan pemangku kebijakan daerah untuk menjaga momentum pemulihan dan mengantisipasi dampak risiko stagflasi yang terjadi secara global terhadap perekonomian nasional, tidak terkecuali di Kalimantan Selatan.

Kedua, sumber pertumbuhan ekonomi baru perlu terus digali, terutama untuk mempersiapkan transisi ekonomi hijau khususnya dari sisi pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan daerah seperti di Kawasan Kota Lama Banjarmasin, guna mendukung peran Kalimantan Selatan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketiga, optimalisasi peran KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan, baik melalui pengembangan UMKM unggulan daerah, digitalisasi ekonomi, maupun dukungan pengendalian inflasi dalam kerangka perluasan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) guna meminimalisir risiko inflasi pangan yang bersumber dari sisi harga pangan bergejolak (volatile foods).

Deputi Gubernur Senior Destry juga berpesan ketiga hal tersebut perlu dilakukan secara konsisten, inovatif, dan sinergis dengan Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan.

Senada dengan itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan yang telah menjadi mitra pembangunan ekonomi bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya dalam tiga area pembangunan ekonomi, yaitu pengendalian inflasi, digitalisasi perekonomian, dan pengembangan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

Gubernur Sahbirin Noor juga berharap Wahyu Pratomo dapat melanjutkan estafet kepemimpinan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan dengan baik, guna mendukung kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, H Supian HK juga memberikan piagam penghargaan kepada Imam Subarkah sebagai tanda apresiasi atas kontribusi dan kinerja terbaik yang telah diberikan untuk kemajuan Provinsi Kalimantan Selatan semasa menjabat sebagai Kepala KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan sejak Februari hingga Desember 2022.

Agenda pengukuhan tersebut juga turut dihadiri oleh Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia di Kantor Pusat dan wilayah Kalimantan, Kepala Daerah, Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Perbankan, serta Pimpinan Mitra Strategis Bank Indonesia di wilayah kerja KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan.

Penetapan dan reposisi pemimpin baru di Bank Indonesia merupakan bagian dari transformasi organisasi dan sumber daya manusia guna memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas di Bank Indonesia. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Launching Program Sanggam Babungas, Pemkab Balangan Teken MoU Bersama Bank Kalsel

Published

on

Bupati Balangan H Abdul Hadi dan Kepala Cabang Bank Kalsel Paringin Agus Setiawan seusai penandatangan MoU program Sanggam Babungas. (Foto : Ist)

BALANGAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan dengan Bank Kalsel Cabang Paringin meresmikan program Sanggam Babungas atau pinjaman kredit tanpa bunga untuk para pelaku usaha di Balangan.

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan, Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Balangan H Abdul Hadi dan Kepala Cabang Bank Kalsel Paringin Agus Setiawan yang berlangsung di Kantor Bank Kalsel Cabang Paringin, Senin (20/2/2023).

“Program tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Balangan, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Semoga dengan adanya program ini bisa membawa pengusaha UMKM lebih berkembang dan maju,” ucap Abdul Hadi.

Sementara itu, Kepala Bank Kalsel Cabang Paringin Agus Setiawan mengatakan akan terus membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Balangan.

“Kita akan dukung program Pemkab Balangan agar terus bisa bersinergi dalam peningkatan ekonomi dan pembangunan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut ada beberapa pelaku UMKM yang hadir saat launching, mereka merasa senang dan terbantu dengan adanya program Sanggam Babungas.

“Merasa senang dan terbantu dengan adanya program kredit tanpa bunga ini, kami sangat mendukung sekali dengan program sanggam Babungas tersebut,” ucap Siti Nur Hajratunnaim pelaku UMKM asal Haur Batu, Paringin.

“Sangat terbantu dengan program tersebut dan untuk proses peminjaman juga sangat mudah tidak dipersulit sama sekali oleh Bank Kalsel, semoga program ini tetap berlanjut,” timpal Zuraidah yang juga salah satu pelaku UMKM toko plastik di Pasar Tradisional Adaro. [ad/adv]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Jalan Lingkungan, Developer Perumahan Banyak Ingkar Janji

Published

on

Ilustrasi jalan lingkungan perumahan rusak. (Foto/Ist)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono mengaku geram dengan tingkah pengembang perumahan yang abai dengan janji yang dilontrakan kepada konsumen mengenai jalan lingkungan perumahan yang baru dibangun.

Pengamatan Wartono selama ini, masih banyak pengembang perumahan yang ingkar janji mengenai jalan lingkungan perumahan yang dijanjikan akan di aspal. Namun faktanya, sampai proses akad kredit usai, jalan perumahan masih dibiarkan berlubang, becek alias belum mulus.

“Kita sudah panggil semua pengembang perumahan atau developer. Kita panggil juga pihak bank pemberi kredit. Kita tekankan developer agar kometmen membangunkan jalan  sesuai perjanjian. Kepada pihak bank kita minta jangan lakukan akad kredit kalau jalan masih belum beres,” ujar Wartono kepada detakkalimantan.com belum lama tadi.

Wartono menegaskan, kalau pihak developer perumahan hanya bisa berharap kepada pemerintah kota untuk mengaspal kan jalan, maka itu jelas tidak memungkinkan karena dana APBD sangat terbatas.

“Kita lihat di Banjarbaru, banyak sekali pengembang perumahan yang membangun perumahan baru. Tentu ini menggembirakan bagi kita. Namun sekali lagi pengembang harus membangun jalan lingkungan yang layak bagi konsumennya. Sekali lagi jangan hanya berharap kepada pemerintah,” tutupnya. [ad/ltf]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

IOH Catat Kinerja Solid Tahun 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital dan Industri Telekomunikasi Indonesia

Published

on

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha beserta team. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“IOH” atau “Perusahaan”) hari ini melaporkan kinerja keuangannya untuk kuartal keempat dan satu tahun penuh yang berakhir pada 31 Desember 2022. IOH terus mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia dengan performa yang solid di satu tahun pascamerger sepanjang tahun 2022.

Perusahaan mencatat pertumbuhan yang sangat baik dengan total pendapatan naik sebesar 48,9% YoY atau Rp31.388,3 miliar menjadi Rp46.752,3 miliar. EBITDA tercatat sebesar RP19.468,7 miliar atau naik sebesar 40,2%, dengan margin EBITDA tercatat sebesar 41,6% pada 2022. Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp4.723,4 miliar. Pelanggan seluler Perusahaan meningkat 62,5% menjadi 102,2 juta dengan pertumbuhan lalu lintas data sebesar 91,8% di tahun 2022, berkontribusi pada kenaikan pendapatan Data sebesar 61,3% dibanding tahun sebelumnya, Senin (13/2/2023).

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “Kami senang dapat mengumumkan pencapaian keuangan dan operasional di tahun pertama IOH resmi beroperasi di Indonesia. Seluruh indikator menunjukkan hasil yang positif, kami dapat menunjukkan nilai sinergi kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan kami, dan semua ini hanya dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan mereka. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pelanggan setia, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan berkontribusi pada pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia di masa depan.”

Selain itu, cakupan jaringan Perusahaan juga meningkat seiring dengan peningkatan jumlah BTS 4G yang mencapai 137 ribu, sehingga mampu menangani peningkatan trafik yang tinggi. Integrasi jaringan Perusahaan sesuai target, bahkan di seluruh wilayah Jabodetabek telah selesai lebih cepat sehingga dapat memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi pelanggan.

IOH juga masih memperluas jangkauan jaringan dan pelayanan yang jauh lebih baik, termasuk jaringan 5G. Sampai awal tahun ini, jaringan 5G IOH telah menjangkau delapan kota yakni Jakarta, Karawang, Bandar Lampung, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Bali.

“Kami optimis bahwa IOH dapat menyediakan akses teknologi, komunikasi, dan informasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dipandu oleh tujuan yang lebih besar, kami akan terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital Indonesia,” tutup Vikram. [ad/ioh]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kukuhkan Hatmansyah Sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel

Published

on

Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sejalan dengan upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemegang peran sentral dan strategis pembangunan daerah, Bank Kalsel kembali memperkuat strukturnya dengan dipenuhinya posisi Komisaris Utama. Setelah beberapa bulan posisi ini belum definitif, maka dengan lahirnya Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-15/D.03/2023, tanggal 26 Januari 2023, tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Dr. Hatmansyah, ME dinyatakan lulus sebagai Selaku Calon Komisaris Utama Independen PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Hal ini diperkuat Kembali dengan hasil RUPS Luar Biasa sebagaimana termuat dalam Akta Pernyataan Pemegang Saham PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 6 tanggal 8 Februari 2023, yang menyetujui dan mengesahkan pengangkatan yang bersangkutan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang pelantikannya berlangsung hari ini.

Setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Kalsel dalam kurun waktu 14 November 2016 hingga 7 Februari 2023, pada hari ini, Rabu 8 Februari 2023, Hatmansyah melakukan prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, efektif sejak tanggal 8 Februari 2023 sampai dengan tanggal 7
Februari 2028. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H dengan disaksikan Bupati/Wali Kota Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Jajaran FORKOMPINDA Kalsel, Kepala Dinas Prov. Kalsel, Jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Group Head, Direktur UPZ, Kepala Divisi maupun Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel, serta para tamu undangan baik dari kalangan BUMN/D, Media, dan instansi lainnya, di Ruang Callamus Rattan Inn Hotel, Banjarmasin, Rabu (8/2/2023).

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas jabatan Komisaris Utama Independen yang disematkan kepada Hatmansyah, sekaligus berharap yang bersangkutan mampu bekerja dengan baik, bekerja dengan cepat, demi kemajuan bank kalsel yang lebih baik lagi selaras dengan perkembangan zaman.

“Saya berharap Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang baru dikukuhkan, mampu membuktikan diri sebagai individu yang profesional, inovatif dan gesit dalam berkontribusi untuk Bank Kalsel yang lebih baik dan memiliki daya saing yang kuat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut berharap seluruh Dewan Komisaris Bank Kalsel untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendorong bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang.

“Saya ingin, seluruh Komisaris Bank Kalsel bekerja secara cerdas, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas pengawasan, sehingga keberadaan Komisaris Bank Kalsel dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah, dan sekaligus mendorong Bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang. Saya berharap, suatu saat Bank Kalsel menjadi salah satu bank terbesar, terbaik dan terkuat, di industri perbankan nasional” harap Birin.

Selanjutnya, Hatmansyah yang telah resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemegang Saham dan berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dengan sebaik-baiknya sebagaimana fungsi tugas yang diemban.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah disematkan kepada Saya oleh Seluruh Pemegang Saham, untuk mengemban tugas Komisaris Utama Independen Bank Kalsel. Saya berkomitmen menjaga amanah yang diberikan, melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan fungsi pengawasan kepada Bank Kalsel sebagai perpanjangan tangan dari Pemegang Saham,” tutur Hatman.

Lebih lanjut, Hatman menyampaikan pentingnya kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel guna mewujudkan visi misi Bank Kalsel untuk menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi sebagai pengerak dan pendorong ekonomi daerah.

“Tentunya dalam menjalankan amanah ini, Saya tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bagi kemajuan Bank Kalsel kita tercinta bisa terwujud. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada seluruh Insan Bank Kalsel, agar senantiasa menjaga kekompakan serta menjalankan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

BI Kalsel Terus Kampanyekan CBP Rupiah Kepada Guru Dan Siswa 

Published

on

Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Raut semringah tampak merekah dari ratusan paras siswa SD Negeri Sungai Andai 3, Banjarmasin. Didampingi para guru dan wali kelas, mereka terhentak dengan keseruan sosialiasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah yang dibawakan oleh Rizki Rahmatullah dan Ahmad Zainudin dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (8/2/2023).

Edukasi keuangan, termasuk mengenali mata uang Rupiah, memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai pemegang tampuk masa depan bangsa, pengetahuan tentang Rupiah yang merupakan identitas dan simbol negara, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Oleh sebab itulah, Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Ada tiga aspek yang ditekankan Bank Indonesia pada setiap sosialisasi CBP Rupiah.

_Pertama_, aspek cinta. Yakni menekankan pentingnya mengenali keaslian uang Rupiah. Termasuk bagaimana merawat dan menjaga uang Rupiah secara tepat demi mengindari risiko dari kejahatan uang palsu.

_Kedua_, aspek bangga. “Yakni meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, simbol kedaulatan NKRI, serta alat pemersatu bangsa,” jelas Rizki.

_Terakhir_, aspek paham. Yaitu mengakselerasi pemahaman masyarakat tentang posisi Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan alat penyimpan nilai kekayaan. “Termasuk di dalamnya bagaimana cara menggunakan Rupiah untuk bertransaksi, berbelanja, dan ajakan untuk menerapkan gaya hidup hemat,” tutur Ahmad.

Turut melengkapi rangkaian sosialisasi CBP Rupiah, hadir pula pegiat literasi Kampung Dongeng Intan Kalsel, Bunda Enik. Ia membacakan cerita anak dan dongeng bertema CBP Rupiah, agar mudah diterima oleh peserta sosialisasi.

“Supaya penyampaian CBP Rupiah dapat lebih mudah diterima di hati dan pikiran para murid,” ujar Bunda Enik.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus bersinergi dengan seluruh pihak demi meningkatkan pemahaman soal uang Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat. [ad/bi]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer