DPRD Kapuas Laksanakan Bimtek Pembangunan Daerah Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Bersama Multi Gama Yogyakarta – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Kalteng

DPRD Kapuas Laksanakan Bimtek Pembangunan Daerah Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Bersama Multi Gama Yogyakarta

Published

on

Bimtek DPRD Kapuas di Royal Darmo Yogyakarta. (foto/ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka pengayaan informasi referensi profesionalitas dan kompetensi DPRD Kabupaten Kapuas pimpinan dan anggota melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah di Yogyakarta.

Kegiatan Bimtek berlangsung selama 2 hari tanggal 15 – 16 Februari 2023 bersama Gama Multi Usaha Multi Universitas Gajah Mada (UGM) di Royal Darmo Yogyakarta.

“Kegiatan dimaksudkan sebagai bentuk pengayaan informasi yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi legislator. Oleh karena itu diharapkan menambah wawasan anggota DPRD, “kata Ketua DPRD Kapuas Ardiansah secara resmi membuka Bimtek, Rabu (15/2/2023).

Dikatakan legislator Partai Golkar ini terkait hal itu proses penetapan keputusan tentunya tetap mengacu ketentuan yang berlaku.

Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes mengharapkan anggota DPRD aktif dan konsisten mengikuti Bimtek untuk menyerap penjelasan yang disampaikan narasumber.

Wakil Ketua II DPRD Kapuas Evan Rahman Saputra mengatakan dari apa yang kita peroleh pada kegiatan bimtek ini sejatinya dapat kita aplikasikan pada kegiatan & fungsi DPRD dalam mengawal pelaksanaan pembangunan Kabupaten Kapuas ke depannya.

Plt Sekwan DPRD Kapuas Marlina Kasfiatie menyampaikan Terima kasih kepada pihak Multi Gama memfasilitasi kegiatan DPRD Kapuas.

Sementara itu Koordinator Pelatihan Pengembangan SDM Gatot Harianto didampingi narasumber Syam Kusufi dari UGM menyampaikan rasa bangga dapat bekerja sama dengan DPRD Kapuas karena kegiatan ini dapat menjadi contoh dalam model pembangunan di Kabupaten Kapuas. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Pj Bupati : 2024 Pemkab Kapuas Siapkan Formasi 1430 Untuk ASN dan PPPK

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika menghadiri rapat koordinasi pengadaan ASN TA 2024 di Jakarta. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun Anggaran 2024 bertempat di Hotel Bidakara Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2024).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka setidaknya 690 ribu formasi fresh graduate atau lulusan baru dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Jumlah formasi ini merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan dalam seleksi CASN tahun lalu formasi untuk lulusan baru hanya terbatas dibuka untuk posisi di kejaksaan hingga Kementerian Luar Negeri itu pun jumlahnya tidaklah besar porsinya hanya sekitar 20% dari keseluruhan formasi.

Dikatakan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN persoalan penataan honorer harus selesai paling lambat Desember 2024. Oleh karena itulah pada seleksi CASN beberapa waktu ke belakang formasi untuk tenaga non-ASN diperbesar.

Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya fresh graduate menjadi salah satu fokus dalam formasi tahun ini. Oleh karena itu formasi dibuka dalam jumlah besar salah satu yang mendapat perhatian lebih ialah untuk posisi talenta digital. Hal ini juga selaras dengan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus pada penerimaan talenta digital.

Meski demikian talenta digital juga didorong untuk ada di dalam formasi pemerintah daerah hingga pusat. Anas juga mengimbau agar para kepala daerah memastikan secara langsung menyangkut pengajuan formasi talenta digital di instansi daerah.

“Formasi untuk Pemda tolong prioritas talenta digital. Jangan tidak ada kesempatan lagi ke depan kalau Bupati/Walikota tak lakukan dengan baik kali ini. Dan juga tolong jangan diserahkan ke BKD (Badan Kepegawaian Daerah) masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan sebagai tambahan informasi proses seleksi CASN 2024 ini akan dibuka sebanyak 3 kali. Untuk periode pertama seleksi administrasi ASN dan Sekolah Kedinasan akan dilakukan pada pekan ketiga Maret 2024.

Untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kedinasan akan dimulai pada minggu keempat Mei. Setelah SKD akan dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada pekan pertama sampai keempat Juli sehingga pengumuman periode pertama akan dilaksanakan pada pekan ketiga Agustus 2024.

Kemudian untuk seleksi periode kedua rencananya dibuka untuk seleksi CPNS dan PPPK pada pekan kedua Juli. SKD bagi CPNS dan Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) bagi PPPK akan dimulai pada pekan pertama Agustus sampai pekan pertama September.

Terakhir untuk seleksi periode ketiga rencananya seleksi CPNS dan PPPK dibuka pada pekan keempat Agustus. Rinciannya, SKD untuk CPNS dan SKT untuk PPPK akan dimulai di pekan keempat Oktober sampai dengan pekan ketiga November.

Menanggapi hal tersebut Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi berharap agar para pelamar di Kabupaten Kapuas bisa memanfaatkan dengan baik peluang tersebut. “Mudah-mudahan saja ini kita persembahkan untuk Non PNS di Kabupaten Kapuas dan juga formasi umum untuk mengikuti seleksi CPNS dan kita harapkan semoga semuanya berjalan dengan lancar,” katanya.

Sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas pada pengadaan ASN tahun anggaran 2024 mendapatkan persetujuan alokasi sesuai dengan permintaan sebanyak 1430 formasi dengan jenis kebutuhan sebagai berikut untuk Tenaga Guru PPPK sebanyak 558 Tenaga Kesehatan sebanyak 194 CPNS dan 430 PPPK serta tenaga teknis sebanyak 124 CPNS dan 124 PPPK jumlah untuk CPNS sebanyak 316 dan PPPK sebanyak 1112. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Sekda Buka Rakor Perhutanan Sosial DPMD Kapuas

Published

on

Rakor Perhutanan Sosial DPMD Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pembangunan Perhutanan Sosial yang digelar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kamis (14/3/2024).

Dalam rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan perwakilan Bappelitbangda Provinsi Kalteng perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng sejumlah Camat berserta Kepala Desa para Kepala Balai kepala UPT dan Yayasan terkait.

Sekda Kapuas Septedy mengatakan perhutanan sosial merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang mana dilaksanakan oleh masyarakat setempat maupun masyarakat hukum adat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Dikatakan program perhutanan sosial dikatakan Sekda merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang tujuannya agar masyarakat sekitar hutan bisa sejahtera dengan tetap menjaga kelestarian dan fungsi kawasan hutan.

“Dengan luasnya kawasan hutan yang dimiliki Kabupaten Kapuas keberadaan hutan selain berfungsi sebagai paru-paru dunia dan keseimbangan lingkungan juga dapat dimanfaatkan melalui perhutanan sosial,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan melalui rapat koordinasi yang digelar ini dirinya mengharapkan bagi desa yang sudah memiliki persetujuan pengelolaan perhutanan sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan baik hutan desa hutan kemasyarakatan maupun hutan tanaman rakyat untuk bisa berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pembangunan perhutanan sosial diwilayahnya untuk dapat pendanaan. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Awali Safari Ramadan di Masjid Agung Al Mukarram Amanah

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin safari ramadan di Masjid Agung Al Mukkarram Amanah. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas melakukan safari ramadan yang dimulai dari Masjid Agung Al – Mukarram Amanah Kuala Kuala Kapuas, Selasa (12/3/2024) sore.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar Pemerintah Daerah dan masyarakat bersama dengan umat beragama dapat saling bertatap muka dan untuk bisa saling bersilaturahmi.

Dikatakannya dengan pertemuan silaturahmi ini banyak hal yang bisa kami dengarkan terkait usulan dalam rangka mendukung kegiatan bidang keagamaan.

Harapannya partisipasi semua agar selalu dapat meningkatkan keimanan serta ketaqwaan dengan datangnya bulan ramadan sembari berpesan agar selalu menjaga kebersamaan dan mendoakan agar seluruh masyarakat selalu aman.

“Lebih daripada itu selalu memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi dan selalu bersatu padu untuk membangun Kabupaten Kapuas yang lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bawa Pemerintah Daerah selalu memperhatikan apa yang selalu menjadi usulan apa yang menjadi kepentingan semua umat beragama yang ada di Kabupaten Kapuas. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Resmi Buka Pasar Ramadhan

Published

on

Pengguntingan pita sebagai tanda pembukaan Pasar Ramadhan oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi beserta Pj Ketua TP PKK Agustina Erlin Hardi Selasa (12/3/2024). (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pasar Ramadhan menjadi lokasi yang sering dikunjungi masyarakat sembari ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa untuk mencari menu takjil dengan berbagai macam jenis makanan dan minuman.

Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Kapuas memfasilitasi puluhan lapak atau stand yang ditujukan kepada para pedagang untuk menjual berbagai menu berbuaka puasa.

Adapun lokasi Pasar Ramadhan ini berada di Jalan Letjend Suprapto Kelurahan Selat Hilir Kecamatan Selat.

Pembukaan pasar Ramadhan tersebut dilakukan secara resmi oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi dan Sekda Kapuas Septedy bersama Forkopimda Kemenag, Selasa (12/3/2024).

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi didalam pelaksanaan pasar Ramadhan ini. Saya berpesan kepada para pedagang yang berjualan diarea pasar Ramadhan ini agar selalu menjaga kebersihan sekitarnya,” tutur Erlin Hardi.

Dikatakan Pj Bupati melalui suasana bulan Ramadhan ini semoga selalu memberikan rasa sejuk untuk semua masyarakat sehingga keharmonisan didalam menjalankan keberagaman tetap selalu terjamin terjalin dan harmonis.

“Tidak terasa kita sudah bertemu dengan bulan suci Ramadhan kembali, dikehidupan yang singkat ini marilah kita semakin memperbanyak amal ibadah yang nantinya akan menambah kesiapan kita didalam menghadapi kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Sementara itu Ketua Panitia H Suwarno Muriyat menyebutkan didalam pasar Ramadhan ini Pemkab Kapuas menyiapkan 75 lapak gratis bagi pedagang dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lokasi tersebut.

“Pasar Ramadhan ini akan berlangsung selama satu bulan dan bagi masyarakat yang ingin berbelanja di pasar tersebut bisa mulai pukul 15.00 WIB,” ujar Suwarno. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Lantik 3 Pejabat JTP, Ini Harapan Pj Bupati Kapuas

Published

on

Bersama Penjabat Bupati (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi foto bersama pada pelantikan 3 Pejabat Jabatan Tinggi Pratama (JTP) lingkup Pemkab Kapuas Rabu (13/3/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi resmi melantik 3 orang pejabat eselon II B hasil seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama lingkup Pemkab Kapuas Rabu bertempat di ruang Aula Rujab Bupati Kapuas, Rabu (13/3/2024).

Pelantikan dihadiri forkopimda Kejati Kalteng jajaran Kejari Kapuas dan Katingan Sekda Kapuas Septedy serta OPD lingkup Pemkab Kapuas.

Adapun 3 pejabat JTP tersebut yakni Asisten I Setda Kapuas Romulus Kepala Dinas Disporabudpar Appolonia serta Kepala Dinas Kesehatan dr Tunon Irawati Panjaitan.

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan selamat kepada pejabat tersebut.

“Harapannya kepada para pejabat yang dilantik agar melaksanakan program program pembangunan untuk Kabupaten Kapuas.

Segera lakukan koordinasi dan sinergi dalam rangka mendorong percepatan program pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas,” harap Erlin.

Diketahui 3 pejabat tersebut telah mengikuti seleksi terbuka yang dilaksanakan BKPSDM Kapuas tahun 2023.

Romulus sebelumnya menjabat Kabag Hukum Setda Katingan Apponia Sekretaris BPPRD Kapuas dan dr Tunon Irawati Panjaitan Sekretaris Plt Kadinkes Kapuas. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Jaksa Bidik Dugaan Tipikor di Kapuas

Published

on

Kantor Kejaksaan Negeri Jalan A Yani Kuala Kapuas. (foto/Kejari).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kejaksaaan Negeri (Kejari) Kuala Kapuas Kalimantan Tengah melalui Jaksa Penyidik diam-diam kini tengah melakukan penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Tak tanggung-tanggung dikabarkan ada beberapa kegiatan yang sedang di bidik oleh Korps Adhyaksa tersebut pada sejumlah dinas instansi lingkup Pemkab Kapuas.

Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Luthcas Rohman SH MH melalui Kasi Intelijen Dr Amir Giri Muryawan ketika dikonfirmasi awak media melalui aplikasi Whats App (WA) terkait kebenaran informasi tersebut enggan berkomentar banyak.

“Iya Jaksa penyidik Kejari Kapuas sedang bekerja nanti kita tunggu saja hasilnya ya,” singkatnya seperti dalam rilisnya disampaikan ke media Rabu (13/3/2024).

Meski begitu mantan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kapuas di Palingkau tersebut juga tidak menyebutkan dinas apa yang sedang dibidiknya.

“Sejauh ini perkara-perkara tersebut telah dilakukan gelar/ekspose dan disepakati untuk naik ke tahap penyidikan, ” ujar Amir Giri. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Ikuti Silatnas dan Workshop Adkasi di Jakarta

Published

on

Kegiatan Silatnas dan Workshop Adkasi di Jakarta. (foto/ist).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kapuas (DPRD) Kalteng mengikuti Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Workshop Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah seluruh Indonesia (Adkasi) tahun 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Kegiatan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta diikuti pimpinan dan dewan dan anggota.

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah mengatakan kegiatan itu bertujuan membangun kekuatan potensi daerah. Sehingga diharapkan nantinya dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi.

“Oleh karena itu terkait isu di forum tersebut serta rumusan dapat menjadi bagian penting untuk kemudian menjadi kajian penting bagi daerah,” kata legislator Partai Golkar itu.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes legislator PDIP mengatakan kegiatan Silatnas dan Workshop diikuti 33 orang anggota DPRD Kapuas.

“Dalam hal ini rumusan dan solusi DPRD sangat diharapkan menjadi revolusi regulasi guna disetujui oleh rekan kita DPR RI,” ujarnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Gelar Rapat Persiapan Safari Ramadan dan Kunker Pj Bupati

Published

on

Pemkab Kapuas menggelar rapat persiapan safari ramadan dan kunker Pj Bupati. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menjelang Bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M semakin dekat umat muslim menjalankan ibadah wajib puasa sebulan penuh.

Karenanya Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui panitia Tim Safari Ramadhan melaksanakan rapat persiapan kunjungan kerja Pj Bupati Kapuas dan Safari Ramadhan Pemkab Kapuas bertempat di Ruang Rapat Bupati Kapuas, Jumat (8/3/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas (Asisten III) Ahmad M Saribi Kepala Dinas Disarpustaka Kapuas yang juga sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Safari Ramadhan Suwarno Muriyat perwakilan Kantor Kementrian Agama Kapuas Kabag Kesra Mujiono Para Camat Lurah dan Kepala Desa.

H Suwarno Muriyat mengatakan bahwa Rapat ini dibahas bersama dengan 17 Camat dan beberapa Lurah serta Kepala Desa Setempat sehingga nantinya bisa sinkron antara apa yang di rencanakan oleh Panitia Pelaksana sekaligus membahas kunjungan Pj Bupati ke 17 Kecamatan nantinya.

“Tadi teknisnya juga dijelaskan dari Kantor Kementrian Agama diantaranya pelaksanaan buka puasa kemudian ada tausiah setelah itu sholat tarawih dan seterusnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan mereka juga mempersiapkan untuk daerah non pasang surut rombongan Safari Ramadhan akan menginap baik itu di Kecamatan Timpah Kapuas Tengah Kapuas Hulu maupun Mandau Talawang.

“Dengan adanya rapat ini apa yang kami rencanakan sebagai Panitia Pelaksana Insya Alah akan berjalan lancar dan tertib.

Kemudian dengan rapat ini juga panitia yang ada di 17 Kecamatan lebih mantap dan lebih siap serta maksimal memobilisasi umat Muslim yang ada disekitar Masjid untuk hadir pada acara tersebut,” tutupnya. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Panen Raya Padi di Desa Warna Sari Kecamatan Tamban Catur

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika panen padi di Desa Warna Sari Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melaksanakan kegiatan panen raya padi di Desa Warna Sari Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas, Minggu (10/4/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi sejumlah Kepala OPD Camat Tamban Catur Rustamaji dan para Kelompok Tani setempat.

Pj Bupati mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan panen padi dari para petani di Desa Warna Sari karena dinilai dapat meningkatkan kembali hasil dari lahan-lahan pertanian mereka ditahun sebelumnya.

“Dari informasi yang didapatkan pada tahun kemarin didaerah ini hasil panen padi milik petani sempat menurun dikarenakan serangan hama. Tapi Alhamdulillah pada hari ini kita melihat langsung bahwa panen kali ini sukses dan hasil padinya bagus,” ujarnya.

Dikatakan bahwa Pemkab Kapuas akan selalu memperhatikan apa yang menjadi usulan-usulan dari para petan baik itu masalah infrastruktur seperti saluran irigasi maupun alat pertaniannya.

“Untuk itu besar harapan kami untuk para petani agar selalu tetap bersemangat untuk bagaimana bisa terus meningkatkan hasil dari pertanian di wilayah Kabupaten Kapuas khususnya Kecamatan Tamban Catur,” ujarnya.

Seperti diketahui pada lahan di desa ini hasil panen padi untuk perhektarnya dapat mencapai 5-6 ton. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer