Soal Stunting, Bank Kalsel Bantu Asupan Makanan Tambahan Gizi Kepada Ibu-ibu Hamil dan Balita – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Banjarbaru

Soal Stunting, Bank Kalsel Bantu Asupan Makanan Tambahan Gizi Kepada Ibu-ibu Hamil dan Balita

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin, Kabid DP3A Kalsel, Suharto, moderator Diskominfo Kalsel, Ibu Puspa. (Foto/Ady)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Dinas Komuniksi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar kegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Komunikasi Publik, bertemakan Pencegahan Stunting di Kalimantan Selatan, Senin (27/2/2023) bertempat di Setara Coffe, Kota Banjarbaru.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin, masalah Stunting bukan saja masalah tinggi badan tapi masalah kualitas sumber daya manusia (SDM) di banua kita Kalimantan selatan, semakin tinggi angka stunting, semakin sulit bersaing kedepan bukan cuma di Indonesia tapi juga di dunia. Menurut Pilpres Nomor 72 Tahun 2021 Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar dalam istilahnya pendek.

“Hal yang menentukan stunting di tes IQ, kemampuan motorik, dilihat dari tinggi badan dengan usia, orang yang stunting atau pendek dicurigai selama dalam kandungan sampai lahir asupan makanannya tidak cukup terlihat dengan mata badannya pendek, tapi yang tak terlihat oleh mata otaknya bearti tidak sebagus asupan gizinya yang kurang,” katanya.

Kalimantan Selatan menjadi 3 Besar Provinsi dengan penurunan stunting tertinggi (-5,4%) di tahun 2022, Bersamaan dengan Provinsi Sumatera Selatan dengan penurunan stunting tertinggi mencapai (-6,2%), disusul dengan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara sebesar (-5,4%) berdasarkan hasil SSGI yang dikeluarkan Kemenkes RI. Awalnya di Tahun 2021 Stunting di Kalimantan Selatan Mencapai 30,0% dan di tahun 2022 mengalami penurunan 24,6%. Dengan angka 24,6%, penurunan stunting masih menjadi prioritas Kalsel untuk mencapai target 14% di 2024.

“Kabupaten/Kota sudah jalan melibatkan Forkopimda, Kepala SKPD dan perusahaan-perusahaan setempat, untuk wilayah-wilayah yang ada perusahaan dana CSRnya, dimintakan untuk berkontribusi membantu penurunan stunting ini, di bantu BKKBN dengan agenda kepada perusahaan-perusahaan melakukan komitmen bersama-sama mencegah stunting khususnya ditahun 2023 ini, di tahun kemaren sudah banyak yang ikut membantu seperti di wilayah Kabupaten Balangan di bantu PT Adaro serta Bank Kalsel membantu dalam memberikan asupan makanan tambahan gizi kepada ibu-ibu hamil dan balita, merupakan komitmen kita untuk melakukan pemantauan,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke

Banjarbaru

Peduli Kesehatan, Pasar Bauntung dan Puskesmas Banjarbaru Selatan Gelar Pengobatan Gratis Untuk Warga

Published

on

Kepala Pasar Bauntung memantau pengobatan gratis Puskesmas Banjarbaru Selatan di klinik Pasar Bauntung Banjarbaru. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Wujudkan Pasar Berlisensi SNI Pasar Bauntung Banjarbaru bekerjasama dengan Puskesmas Banjarbaru Selatan dengan dukungan Bank Kalsel mengadakan pengobatan gratis untuk pedagang pasar Bauntung dan pengunjung pasar serta warga yang memerlukan.

Pengobatan gratis yang di laksanakan oleh Puskesmas Banjarbaru Selatan dengan dukungan Bank Kalsel di buka setiap satu bulan sekali, kegiatan ini sudah berjalan hampir 2 tahun dan hari ini Selasa 20/02/2024 hari pertama di buka kembali di tahun 2024.

Dalam keterangan nya, saat wawancara bersama awak media Dokter Puskesmas Banjarbaru Selatan Dr Sri Astuti dengan di dampingi Barlian Perawat sekaligus Koordinator Tata Usaha Puskesmas Banjarbaru Selatan Barlian, Perawat Puskesmas Banjarbaru Selatan Endah Setiyani menjelaskan tujuan kegiatan ini.

“Peresmian pengobatan gratis di pasar Bauntung di laksanakan bulan April 2022 hingga saat ini. Kegiatan pengobatan gratis sudah berjalan hampir dua tahun,” jelasnya.

Senada apa yang disampaikan Dokter Puskesmas Banjarbaru Selatan Sri Astuti, Kepala pasar Bauntung Putra Yulianda Ariesandi saat kami hubungi juga menyampaikan tentang kegiatan pengobatan gratis untuk pedagang dan pengunjung pasar Bauntung Banjarbaru.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk menjadikan pasar Bauntung menjadi pasar yang berlisensi Standar Nasional Indonesia, itu salah satu syarat harus ada tempat kesehatan untuk pengobatan gratis untuk pedagang dan warga,” terangnya.

Selain itu, Kepala Pasar Bauntung juga menyampaikan harapan untuk kegiatan pengobatan gratis ini.

“Harapan kami kegiatan ini terus berjalan setiap bulan dan terlihat antusias pedagang yang selalu hadir intuk pemeriksaan di klinik Pasar Bauntung, dan banyak juga pengunjung yang ikut berobat gratis di klinik tersebut, dan mudahan di setiap bulan bisa dua atau tiga kali di laksanakan pengobatan gratis ini,” harapnya.

Beberapa pedagang di pasar Bauntung juga merasa sangat terbantu dengan program ini karena bisa mudah berobat di wilayah mereka melaksanakan kegiatan jual beli tanpa harus menggangu aktifitas pedagang.
(Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Ditemukan Amunisi Dan Granat Saat Menggali Tanah Saat Bangun Kandang

Published

on

Pengamanan penemuan Amunisi dan granat di Jalan Karet oleh Unit Gegana Sat Brimob Polda Kalsel, Unit Kamneg Sat Intelkam Polres Banjarbaru, Piket Gabungan Polsek Liang Anggang, Piket Propam Polres Banjarbaru, Babinsa dan Babinkamtibmas, Piket Intel Kodim 1006 Martapura. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Hari Sabtu (17/02/2024) pukul 17.00 Wita Maman Sumantri (41) di kejutkan saat menggali Tanah di belakang rumahnya, saat menggali menggunakan linggis Sumantri merasa ada benda keras yang beradu dengan linggisnya.

Penasaran dengan adanya benda tersebut, Sumantri menggali lebih dalam dan di temukan sebuah karung. Selanjutnya Sumantri membongkar karung tersebut, betapa terkejutnya saat di buka karung tersebut berisi amunisi berbagai jenis dan sebuah granat nanas.

Segera Sumantri menghubungi kakaknya untuk melaporkan penemuan amunisi dan granat ke Polres Banjarbaru.

Pada pukul 20.00 Wita Personil Piket Gabungan Polsek Liang Anggang sampai di Tempat Kejadian Perkara di Jalan Karet Komplek Mekatani Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru untuk melakukan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara.

Disampaikan penemuan tersebut oleh Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, melalui Kasi Humas Polres Banjarbaru AKP Syahruji.

“Betul, anggota mendapatkan informasi penemuan amunisi dan granat nanas yang terkubur dalam karung, jumlah yang di temukan sati buah granat nanas, 50 butir peluru kaliber 9 mm, dan 26 butir Amunisi Kaliber 7,62 mm,” jelasnya.

Di jelaskan lagi oleh AKP Syahruji bahwa amunisi tersebut punya orang tua penemu.

“Berdasarkan pengakuan penemu, amunisi dan granat tersebut punya orang tuanya, di mana di ketahui orang tua penemu dulu merupakan seorang purnawiran TNI AD, yang mana dulunya amunisi tersebut sengaja di kubur oleh orang tua nya di halaman belakang rumahnya namun tidak ingat lagi di mana letaknya,” imbuhnya.

Pada pukul 20.45 Wita Sat Brimob Polda Kalsel datang ke TKP dan Kemudian granat dan amunisi tersebut di serahkan ke Unit Gegana Sat Brimob Polda Kalsel untuk di amankan dan rencana nya akan di laksanakan disposal pada hari Minggu (18/02/2024). (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Tragis, Tergencet Kayu Gelondongan Pria Paruh Baya Tewas Dengan Muka Gepeng

Published

on

Identifikasi korban, sebelum di Evakuasi ke Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Gudang tempat pemotongan kayu (Bansau) di Jalan Mistar Cokrokusumo Rt.01 Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru digegerkan dengan penemuan orang tewas dengan keadaan tragis dengan keadaan tergencet kayu gelondongan.

Penemuan korban (GF), pertama kali di temukan oleh saksi satu Hadi Rusadi (39), saksi dua pemilik Gudang Bansau H.Jahrani (71), di mana di ketahui saksi satu dan saksi dua pada hari Sabtu 17/02/2024 pukul 07.00 Wita membuka gudang Bansau untuk mengisi minyak.

Saat berjalan saksi satu dan saksi dua melihat ada tergeletak di antara gelondongan kayu di gudang tersebut, saksi segera mendekati untuk memeriksa.
Dan benar adanya bahwa ada sesosok manusia terhimpit di gelondongan kayu.

Segera kedua saksi melaporkan kejadian tersebut kepada warga dan Babinkamtibmas Polsek Cempaka untuk segera di tindak lanjuti.

Saat di hubungi awak media Suaraborneo melalui via WhatsApp Kapolsek Cempaka AKP Syuaib Abdullah Menjelaskan perihal kejadian Tersebut.

“Pada saat di temukan, korban dalam keadaan tengkurap dengan posisi tangan kanan dan kaki kanan patah dalam posisi terlipat, dan posisi korban terhimpit kayu gelondongan besar dengan kepala korban gepeng dan membiru. Serta di temukan Handphone di sela sela kayu dalam keadaan retak,” jelasnya.

“Menurut informasi dari Petugas yang mengidentifikasi korban, korban meninggal belum sampai 12 jam, di karenakan di lihat dari kondisi korban masih lemah dan masih hangat. Anggota juga menemukan uang tunai di kantong celana sebesar 3.361.000, di kantong kiri sebesar 10.000.000,” imbuhnya.

Kapolsek Cempaka juga menambahkan, bahwa korban memang bekerja di gudang tersebut dan memiliki riwayat sakit.

“Korban memang bekerja di gudang Bansau tersebut dan menurut informasi korban sudah lama mempunyai riwayat sakit TBC, untuk hasil visum, keterangan saksi serta petunjuk bukti di duga kuat korban meninggal di karenakan tertimpa gelondongan kayu dan bukan karena perbuatan pidana,” tutupnya.

Korban di bawa ke Rumah Sakit Idaman Banjarbaru, dalam visum tidak di temukan tanda tanda kekerasan di tubuh korban.
Selain itu, untuk keluarga korban sudah mengetahui dan rela menerima peristiwa ini sebagai musibah. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Beberapa Lembaga Survey Nyatakan Pasangan Prabowo Gibran Unggul Dalam Hitung Cepat

Published

on

Survey hitung cepat dari media, sementara pasangan Prabowo-Gibran unggul. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Pemilihan Umum serentak telah dilaksanakan di 38 Provinsi di seluruh Indonesia, bahkan warga Indonesia di Luar Negeri juga ikut merayakan Pemilu 2024 ini.

Dari hasil survey hitung cepat di beberapa media dan https://kawalpemilu.org menunjukan perolehan suara pasangan Prabowo Gibran mengungguli dua Capres lainnya.

Dari Hasil sementara perolehan suara yang di lansir dari https://kawalpemilu.org, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 53,28 persen, di lanjut oleh pasangan Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan perolehan 29,21 persen, di urutan ke tiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan 17,51 persen.

Dari tiga Provinsi Paslon urut 01 unggul suara sementara, di Aceh suara sementara 86,94 persen, sedangkan Paslon 02 mendapat 11,32 persen, DKI Jakarta paslon 01, 44,21 persen, pasangan Paslon 02 mendapat 39,04 persen, Sumatra Barat Paslon 01 mendapat 60,11 persen, dan untuk Paslon 02 mendapat 34,61 persen.

Untuk 35 Provinsi paslon urut 02 unggul, di Kalimantan Selatan perolehan sementara suara saat ini, unggul pasangan 02 dengan hasil survey 54,00 persen sedang paslon urut 01 memperoleh hasil 38,98 persen sedang paslon nomor urut 03 mendapat 7,02 persen.

Hasil perolehan suara bisa berubah ubah sewaktu waktu, untuk mengetahui hasil suara bisa buka di situs resmi kawal pemilu, http://kawalpemilu.org/ atau dari media yang menayangkan penghitungan cepat. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Gempa Dengan Magnitudo 4,7 Skala Richer Guncang Kalsel, Ini Tanggapan Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG

Published

on

Gempa berkekuatan 4,7 skala richer guncang sebagian wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. (Foto/Ist)

BANJARBARU, suaraborneo.com – Shakemap (guncangan) gempa bumi dirasakan oleh warga di beberapa wilayah Kalimantan Selatan, meliputi Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala).

Tidak hanya wilayah Kalimantan Selatan, kalimantan Tengah meliputi Kota Sampit, Pulang Pisau, dan Kota Palangkaraya juga merasakan getaran nyata seakan terasa truk sedang berlalu.

Untuk menghindari kekhawatiran masyarakat tentang adanya gempa ini, Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kalimantan Selatan Wiji Cahyadi angkat bicara.

“Jenis dan Mekanisme ini, di lihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, ini akibat aktivitas patahan Meratus,” jelasnya, Selasa (13/1/2024).

“Hasil analis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,7 Skala richer. Episenter gempa tepatnya berlokasi pada jarak 19 Km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan Dengan kedalaman 10 Km, sehingga tidak ada kemungkinan terjadi tsunami,” imbuh Wiji.

Selain itu, Wiji jiga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tenang dan tidak terpengaruh isu yang beredar.

“Kami sampaikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu isu yang tidak bertanggung jawab, dan pastikan untuk memeriksa keadaan rumah pastikan tidak ada kerusakan akibat gempa, untuk masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa,” pungkasnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Wakapolda Hadiri Pembukaan Diktuk Bintara dan Tamtama Di SPN Banjarbaru

Published

on

Wakapolda hadir pembukaan peserta pendidikan pembentukan di SPN Banjarbaru. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Program pendidikan Pembentukan (Diktuk) untuk Bintara dan Tamtama untuk membentuk jiwa yang matang serta profesional, bermoral, dan berintegritas tinggi. Tidak mudah mencapai keberhasilan untuk menjadi peserta didik, sehingga menjadi Polisi yang memiliki bertanggung jawab terhadap pembangunan sumberdaya manusia khususnya Bintara Polri untuk menjadi insan Polri yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul.

Program Pendidikan Pembentukan tahap satu anggaran 2024 di laksanakan serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair Lemdiklat Polri, dan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda.

Hari Selasa (13/02/2024) pukul 08.00 Wita, Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rosyanto Yudha saat menghadiri upacara pembukaan di SPN Banjarbaru.
Brigjen Pol Rosyanto Yudha menuturkan jumlah peserta didik yang ikut dalam Pelatihan tahap satu anggaran 2024 ini.

“Jumlah peserta didik sebanyak 8.043, yang terdiri dari 7.443 peserta didik pria, 600 Bintara wanita dan 1557 Tamtama,”tuturnya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang pendidikan yang akan di laksanakan oleh peserta didik.

“Peserta didik akan mengikuti pendidikan selama lima bulan, di situ peserta didik akan di bekali materi, pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan teknis dan taktis profesi kepolisian dasar, tidak hanya itu peserta didik akan di berikan pelatihan jasmani sehingga memiliki fisik yang bagus serta mental yang kuat,” imbuh Yudha.

Serta tak lupa juga, beliau menyampaikan pesan serta harapan untuk peserta didik ini untuk bisa Memiliki jiwa yang tangguh, Profesional di perkembangan jaman bidang teknologi.

“Selain kita mendidik untuk pembentukan, juga kita jadikan peserta didik memiliki profesionalisme yang akan kita didik selama lima bulan ini, dan harapan kedepannya pelatihan ini untuk mengisi kekurangan jumlah personil Polda Kalimantan Selatan yang belum mencapai lima puluh persen,” tutupnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Pemprov Buka Pelatihan Kerja Se-Kalsel Tahap Satu Di BLK Sungai Ulin Banjarbaru

Published

on

Kepala BLK Provinsi Kalimantan Selatan Sayyid MYusfiansyah Al Zhmatkhan menyampaikan kegiatan Pelatihan Vokasi BLK tahap l APBN. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan Ir.P.M.Noor Sungai Ulin Kota Banjarbaru, membuka pelatihan perdana untuk tahap satu Menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada hari Senin (12/02/2024) pukul 09.00 Wita.

Dalam pelatihan yang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui BLK provinsi Kalimantan Selatan ini sekitar 80 peserta ikut Dalam pelatihan ini, serta ada lima jurusan yang di buka dalam pelatihan.

Melalui kepala Balai Latihan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan Sayyid M.Yusfiansyah Al Zhmatkhan menyampaikan kegiatan tentang pelatihan tahap satu ini.

“Kegiatan pelatihan tahun 2024 ini sekitar 2500 peserta yang mendaftar, kita seleksi berkali kali sehingga mendapatkan 80 peserta dari 13 kabupaten atau Kota,” jelas Yusfiansyah.

“Pelatihan tahap satu kami buka lima jurusan, di antaranya menjahit, pengelola administrasi perkantoran, desainer, servis sepeda motor dan rias kecantikan, kita berikan materi satu bulan, selanjutnya langsung terjun ke lapangan untuk magang selan dua bulan agar bisa mempraktekan pembelajaran yang sudah di dapat selama latihan,” tegasnya

Selain itu, Yusfiansyah juga menuturkan pelatihan yang di adakan ini untuk menjadikan peserta memiliki pengalaman keterampilan dalam pekerjaan.

“Kegiatan ini untuk melatih para peserta yang berhasil masuk dalam pelatihan tahap satu ini, pelatihan ini untuk peserta memiliki keterampilan dalam pekerjaan, sehingga bisa menjadikan seseorang berkompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” tutupnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Sigap, Babinkamtibmas Desa Haur Kuning Selamatkan Warga Dari Serangan Bekantan

Published

on

Saat evakuasi hewan epidemik kalimantan (Bekantan) bersama Babinkamtibmas dan anggota BKSDA. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Seorang warga Desa Haur Kuning Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar, mendapat serangan dari hewan epidemik asli Kalimantan, Bekantan.

Di awal kejadian, di ceritakan saksi mata menemukan seekor bekantan berukuran besar tersangkut di jaring ikan milik salah seorang warga berinisiatif ingin menyelamatkan hewan epidemik ini, dengan bantuan dari warga lain untuk melepaskan jeratannya.

Dalam proses evakuasi penyelamatan, tiba tiba salah seorang warga (Sani), mendapat serangan dari bekantan, sehingga korban berteriak minta tolong. kebetulan saat korban mendapat serangan, Babinkamtibmas Polsek Beruntung Baru Aipda Puput R.A sedang berpatroli.

Mendengar teriakan korban Aipda Puput segera mendatangi dan dengan sigap membantu melepaskan gigitan bekantan tersebut, setelah itu korban gigitan bekantan di bawa ke puskesmas oleh Aipda Puput.

Korban dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama dan kita antisipasi terkena Rabies, di mana kita ketahui gigitan, dan cakaran primata sangat riskan dengan penularan penyakit, dan resiko terkena Rabies.

Sementara itu, Kapolsek Beruntung Baru IPDA Rudini melalui Kasi Humas Polres Banjarbaru AKP Syahruji membenarkan kejadian tersebut.

“Pihak Polsek beruntung baru sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan untuk penanganan dan evakuasi bekantan yang terjebak perangkap tradisional,” jelasnya.

Upaya koordinasi untuk memastikan keselamatan hewan dan pencegahan insiden terjadi lagi di masa mendatang.

“Saat ini bekantan sudah di evakuasi ke Cagar Alam Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala dengan keadaan sehat, serta kami menghimbau untuk masyarakat lebih hati hati dan waspada jika menemui primata langka berkeliaran di pemukiman, segara hubungi BKSDA atau Polsek terdekat untuk mendapatkan penanganan,” imbuhnya.

Serta beliau juga menyampaikan harapannya terkait masalah ini.

“Dari kami pihak berwenang berharap penanganan ini dapat memberikan pembelajaran untu masyarakat agar lebih waspada terhadap keberadaan primata langka, dan kita harapkan dapat menjaga keseimbangan ekosistem dan melindungi kehidupan liar di wilayah Beruntung Baru,” harapnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Gabungan Himpunan Mahasiswa, Pekerja, Dosen, Dan Rektor Gelar Deklarasi Damai Pemilu, Pesan Moral Hindari Perpecahan

Published

on

Dukung Pemilu damai 2024 untuk wujudkan indonesia aman dan damai. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Deklarasi damai selalu di gaungkan dari semua elemen untuk memberi pesan kepada khalayak luas agar bisa menghindari perpecahan, kerawanan di masyarakat.

Mendekati ajang pesta demokrasi Pemilu yang akan di laksanakan (14/02/2024) nanti, dari Rektor, Dosen, Akademisi, Mahasiswa hingga Serikat Pekerja mengajak untuk mendukung Pemilu aman, sejuk, dan damai serta jujur adil di Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Semua terlihat di berbagai media sosial publik di Kalimantan Selatan ajakan serta dukungan pemilu aman dan damai, ajakan Pemilu damai di sampaikan mulai dari Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Prof.Dr Ahmad Ali Bachri, Rektor Universitas Sari Mulya, Dosen Fisip ULM Dr.Taufik Arbain, ITS Mandiri Kabupaten Balangan dan BEM Poltek Negeri Tanah Laut.

Selanjutnya Mahasiswa Akademi Kebidanan Banua Bina Husada Banjarbaru, gabungan Mahasiswa dalam kelompok Cipayung Plus kalsel, serta Ketua DPC KSPI sekaligus Koordinator wilayah Kalsel, dan Federasi Serikat Pekerja Energi Pertambangan Minyak, gas Bumi dan Umum Sharul.

Dikatakan Rektor ULM Prof.Dr. Ahmad Ali Bachri, mengajak semua pihak mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu jujur adil dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Umum yang bersifat jujur, adil dan bermartabat, untuk menjaga, memelihara NKRI kita,” imbaunya.

Senada apa yang di sampaikan
Para Akademisi Vivitas Akademika ULM dan Mahasiswa, serta Datuk Cendikia Hikmadiraja kesultanan Banjar, sekaligus beliau sebagai pakar bidang Politik dan Pengajar Indonesia, dan Dosen FISIP ULM Dr.Taufik Arbain.

Kita akan mengikuti Pemilu yang akan di laksanakan tanggal 14/02/2024, tentu saja ajang Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden, bisa menimbulkan perpecahan dan kerawanan, kita boleh berbeda pilihan, tapi kita tetap jaga harmoni kita bersama, untuk Indonesia yang lebih baik,” ucapnya. (Erick)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer