Bank Kalsel Cabang Barabai Beri Warga Desa Mantaas Ratusan Paket Sembako – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Daerah

Bank Kalsel Cabang Barabai Beri Warga Desa Mantaas Ratusan Paket Sembako

Published

on

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai, Muhaini Achyar kepada Pembakal. (Foto/Ist) 

BARABAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel Cabang Barabai memberikan ratusan paket sembako kepada warga Desa Mantaas, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (11/5).

Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai, Muhaini Achyar kepada Pembakal dan beberapa warga Desa Mantaas.

Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai, Muhaini Achyar mengatakan, bantuan ini sebagai respon pihaknya atas permintaan dari masyarakat Desa Mantaas saat bulan Ramadan tadi.

“Mereka meminta bantuan lewat proposal sebab terdampak musibah banjir yang cukup lama, mereka mendata ada sekitar 300 lebih rumah yang terendam,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ujarnya, pihaknya meminta bantuan kepada Unit Pengelola Zakat (UPZ) Bank Kalsel.

“Alhamdulillah ada respon dari UPZ Bank Kalsel, yakni membantu warga Desa Mantaas 300 lebih paket sembako senilai Rp50 juta. Sembako ini terdiri dari sejumlah bahan kebutuhan pokok yang diperlukan masyarakat, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, ikan kaleng dan mie instan,” bebernya.

Ia berpesan, kepada warga penerima bantuan, agar bantuan itu jangan dilihat dari nilainya, tapi lihat dari cara membagikan kebahagian kepada masyarakat sekitar.

“Semoga bisa meringankan warga Desa Mantaas dan dengan bantuan paket sembako tersebut dapat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke

Daerah

Program Bantuan Bedah Rumah di HST Dinilai Belum Merata

Published

on

Kantor DPRD Kabupaten HST. (Foto/Ist)

BARABAI, SuaraBorneo.com – Program bantuan bedah rumah untuk pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masih dinilai belum merata oleh masyarakat.

Hal itu sempat berulang kali dikeluhkan warga, khususnya yang tinggal di daerah terujung atau daerah pinggiran Kabupaten HST. Contohnya keluhan warga Dusun Awang Landas belum lama tadi.
Anggota Komisi III DPRD HST, Erwin Jecky Silalahi pun buka suara terkait hal itu. Dirinya pun akan mencoba mengkoordinasikan dengan dinas terkait agar ada solusinya ke depan.

Jecky mengaku, pihaknya berkomitmen memperjuangkan bedah rumah secara konsisten untuk membantu masyarakat HST yang membutuhkan.

“Tentunya, kita berharap program bedah rumah ini tepat sasaran. Oleh karena itu, butuh pengawasan bersama seluruh elemen masyarakat untuk memastikan itu,” ungkapnya, Selasa (21/5/2024). (Sumber : Pojokbanua)

Lebih lanjut, pihaknya mengaku terus berjuang untuk bedah rumah ini agar bisa dari segi jumlah meningkat setiap tahunnya.

“Kita perjuangkan jumlah penerimanya agar bisa lebih banyak membantu dalam hal menyelesaikan permasalahan RTLH di HST,” ujarnya.

Ia memastikan, akan berusaha menggandeng seluruh instansi terkait untuk sama-sama mengawasi berjalannya program ini, baik itu kejaksaan maupun Kepolisian.

“Pelibatan berbagai pihak ini untuk mengawasi diharapkan program bantuan ini tersalurkan tepat sasaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim HST, Dr Sa’dianoor memastikan untuk tahun ini program bedah rumah akan masuk ke Dusun Awang Landas, Desa Sungai Buluh, HST.

Pihaknya pun telah menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Desa untuk melakukan kolaborasi penyaluran di lapangan, yakni menggunakan perahu milik desa karena harus melewati perairan rawa.

“Kita akan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dalam penyalurannya,” singkatnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Produksi Padi di Balangan Menurun Dialihkan Fungsi Jadi Perumahan

Published

on

Salah satu gambaran tanaman padi. (Foto/Ist)

PARINGIN, SuaraBorneo.com – Alih fungsi lahan dan pengutangan jumlah lahan merupakan faktor yang berakibat pada penurunan produksi padi di Balangan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan, Rizkianoor Fauzi, melalui petugas pendataan, Miati mengatakan produksi padi setiap tahunnya menurun. Bahkan dari 2018 sampai 2022.

Produksi padi di Balangan menurun, diduga lantaran lahan pertanian yang setiap tahunnya turut berkurang.

“Faktor utama penyebab, karena lahan pertanian sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan lainnya,” ujarnya, Rabu (15/5/2024).

Lahan pertanian tersebut dialih fungsikan untuk dijadikan perumahan dan lain sebagainya.

“2018, produksi padi 206.557,8 sedangkan 2019 produksi padi mulai mengalami penurunan yaitu 155.903,61. Penurunan tersebut berlanjut di tahun 2020 186.240, 77, juga di tahun 2021 yang mengalami sedikit kenaikan yaitu 189.010,53. Akan tetapi, kembali mengalami penurunan tahun 2022 yakni 70.164,04,” jelasnya.

Ia menyebut dari delapan kecamatan di Balangan ada tiga kecamatan yang masih memiliki lahan pertanian luas yaitu di Kecamatan Awayan, Lampihong dan Batumandi.

“Sedangkan di daerah pegunungan seperti Kecamatan Juai, Halong dan Tebing Tinggi, mereka biasanya memproduksi padi gogo,” tambahnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Sulit Dapat BBM, Nelayan di Kotabaru Beli Solar Dengan Harga Mahal

Published

on

Nelayan tradisional desa Rampa Lama banyak tidak bisa melaut BBM solar mahal. (Foto/Ist)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Nelayan Kotabaru khususnya nelayan yang tinggal di desa Rampa Lama, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

Masyarakat Desa Rampa Lama, yang mayoritas penduduknya adalah nelayan tradisional terhambat saat melakukan aktivitas melaut atau mencari ikan karena hal tersebut.

Informasi dihimpun, dari salah satu nelayan H.Burhan (70) mengatakan, nelayan sangat kesulitan mendapatkan BBM Solar yang bersubsidi, mereka mendapatkan BBM Solar dengan harga yang mahal di pengecer.

“BBM pun tak bisa dengan mudah di dapat, salah satunya BBM jenis solar,” ujar H.Burhan.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, para nelayan hanya mendapat jatah 100 liter sampai 150 liter per bulan oleh pangkalan minyak milik AKR dengan harga 6. 800 perliter di pelabuhan pelelangan ikan.

“Itu tidak mencukupi para nelayan untuk melaut selama sebulan, untuk mencukupi selama sebulan terpaksa kami beli ke pengencer dengan harga yang mahal sekitar 12 ribu perliter,” terangnya.

Senada dengan itu, Jailani seorang nelayan (45) mengatakan, para nelayan terpaksa membeli solar di eceran dengan harga yang mahal, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah untuk dapat menyediakan pangkalan BBM di Desa Rampa Lama.

“Kami para nelayan berharap kepada pemerintah daerah bisa menyediakan pangkalan BBM (solar) di desa Rampa Lama khusus para nelayan,jadi kami mudah mendapatkannya untuk melaut, solar ini tidak langka tapi mahal harganya di pedagang bervariasi. Kita tidak bisa tentukan, karena di setiap pedagang harganya beda-beda,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Penarikan Undian PHS 2024, Nasabah BRI BO Kisaran Raih Grandprize Honda BR-V

Published

on

Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. Acara ditandai dengan konvoi hadiah utama PHS 2024 dari titik awal kantor BRI Branch Office Kisaran menuju lokasi Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024).

Hadir dalam acara penarikan undian ini, di antaranya Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran Fajrul Haq, para nasabah, rekanan BRI serta pekerja BRI.

Hadir pula tiga saksi, Notaris Siti Aminah, SH, Aiptu M. Juliyadi dari Polres Asahan dan Kawalta Ginting dari Dinas Sosial Kabupaten Asahan, serta Ketua Panitia Undian PHS 2024, Fadlan.

Dalam undian Panen Hadiah ini, BRI Branch Office Kisaran menyiapkan tiga kategori hadiah, yakni Grandprize berupa satu mobil All New Honda BR-V, kategori hadiah utama berupa 6 (enam) unit sepeda motor Suzuki, dan kategori hadiah biasa yang jumlahnya belasan hadiah barang elektronik.

Pada penarikan undian yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir, pemenang Grandprize Mobil All New Honda BR-V diraih oleh Risnawati, nasabah BRI BO Kisaran. Penyerahan hadiah grandprize ditandai dengan penyerahan kunci mobil kepada Ketua Panitia, Fadlan selaku mewakili pemenang hadiah grandprize.

Branh Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq dalam sambutannya mengemukakan undian dimaksud sebagai salah satu bentuk apresiasi dari BRI kepada nasabah setia BRI yang gemar dan selalu menabung di BRI, khususnya melalui tabungan Simpedes.

“Undian yang BRI gelar ini sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi kepada nasabah yang selalu setia menabung di BRI,” katanya.

Fajrul Haq menjelaskan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, selain memaksimalkan keberadaan BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya, BRI juga telah bekerja sama dengan agen BRILink yang tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Asahan, Batubara dan Tanjungbalai dengan tujuan memberikan layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

“Agen BRILink ini melayani masyarakat seperti layaknya BRI Unit. BRILink menerima angsuran simpanan, transfer uang atau kirim ke anak sekolah, beli tiket pesawat dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan di agen BRILink,” paparnya.

Selain itu ada layanan e-Banking melalui ATM, serta BRImo yang merupakan aplikasi keuangan Digital BRI berbasis Data Internet.
“BRImo memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi perbankan dengan biaya lebih hemat, lebih cepat dan aman,” jelas Fajrul Haq.

Acara penarikan panen hadiah simpedes 2024 ini berlangsung sangat meriah. Kemeriahan ditandai dengan kemasan acara hiburan yang disiapkan secara baik yang dipandu Master of Ceremony (MC) kocak dari Medan, hiburan tarian, stand UMKM, serta pembagian hadiah door prize bagi undangan yang beruntung.(^)

Photo : Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes 2024 di Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024). (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Pendekatan Sosiologis Peduli Pelajar Guna Pastikan Keamanan Kondusif, Polsek Kotarih Edukasi Pelajar

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan 'Jumat peduli'. (Foto/Ist)

KOTARIH SERGAI, SuaraBorneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan ‘Jumat peduli’ memberikan imbauan dan edukasi kepada pelajar yang ‘nongkrong’ di jalan utama Kotarih, Jumat (03/05).

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH di Polsek Kotarih, membenarkan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat guna pastikan kamtibmas kondusif khususnya generasi muda pelajar.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi agar anak-anak kita pelajar langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak nongkrong menggunakan pakaian seragam sekolah,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan awalnya Personel melihat adanya kerumunan anak-anak muda yang tidak biasa dengan berseragam sekolah dan yang sudah berpakaian bebas dipinggir jalan kemudian diberikan imbauan dan edukasi untuk antisipasi kenakalan remaja pada jam bubaran anak sekolah.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi guna menekan potensi tawuran pelajar dan geng motor, juga mentaati peraturan berlalu lintas saat berkendara di jalan.” tegasnya.

Polsek Kotarih melakukan upaya pembinaan kepada anak-anak sekolah dengan harapan menciptakan generasi muda yang disiplin, berprestasi dan peduli kepada diri, lingkungan serta alam semesta.

Reno selaku warga mengapresasi respon Polsek Kotarih yang peduli situasi dilingkungannya agar anak-anak sekolah bisa langsung pulang ke rumah sehingga orangtua tidak was-was khawatir.

“Kita bersyukur kepedulian Polsek Kotarih agar anak-anak kita tidak ikut tawuran dan geng motor yang sedang ramai di daerah lain.” ujarnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Riski Ramadhan Ambil Formulir Pendaftaran Bacalon Wakil Walikota Tebing Tinggi ke PPP dan Nasdem

Published

on

dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi. (Foto/Ist)

TEBING TINGGI, SuaraBorneo.com – dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi ke DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi, Kamis (2/5) sore.

Pengambilan formulir ini diwakili oleh anggotanya, Yusnar Al-Banjari, S.Pd.I didampingi Tim Riski Center, Riki Irawan, Roni Yahya, dan Syaiful Anwar.

Diketahui, dr. Riski Ramadhan Hasibuan merupakan seorang politisi muda, pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sergai dan sekarang sebagai anggota DPRD Sergai Periode 2019-2024.

Riski Ramadhan juga seorang pengusaha muda dan pimpinan perusahaan di bidang kesehatan, pendidikan, penyiaran, dan media online.

Beliau juga saat ini aktif di organisasi diantaranya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai dan PD Al-Washliyah Sergai.

Kedatangan Tim Riski Center dipimpin Yusnar Al-Banjari untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi diterima langsung Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman, S.Pd, M.Si di Kantor DPC DPP Kota Tebing Tinggi Jalan H. Ahmad Bilal No.7 Kecamatan Padang Hilir.

Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman kepada wartawan mengatakan dalam enam hari pembukaan pendaftaran calon kepala daerah, mereka telah menerima berkas dari enam bakal calon. Firman mengatakan bahwa meskipun PPP hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan legislatif kemarin.

“Alhamdulillah, di hari ke enam pembukaan pendaftaran, kita sudah menerima berkas dari enam calon kepala daerah dengan berbagai latar belakang profesi yang berbeda. Informasinya ini akan terus bertambah sesuai dengan yang sudah mengkonfirmasi kita melalui telepon,” ujar Abdul Firman.

Firman berharap calon yang mereka rekomendasikan dapat membantu mempercepat pembangunan dan mengatasi kelemahan-kelemahan di Kota Tebing Tinggi. Meskipun hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan sebelumnya, Firman mengungkapkan bahwa atensi terhadap Partai PPP cukup tinggi pada Pilkada 2024.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan, Abdul Firman menyebut sosok beliau memiliki potensi untuk menjadi kepala daerah di Kota Tebing Tinggi meskipun berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai.

“Pandangan saya tentang sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan secara pribadi saya sangat mengenal beliau karena memiliki sumber daya yang cukup untuk menjadi kepala daerah khususnya di Kota Tebing Tinggi,”katanya.

Firman menambahkan, meskipun beliau berkarir politik di Kabupaten Serdang Bedagai, tapi kami melihat, mendengar bahwa atensi beliau di Tebing Tinggi, punya niat dan hajat untuk mengabdikan dirinya di kota Tebing Tinggi.

“Karena beliau punya modal yang cukup, apalagi dia ada di dalam partai politik yang cukup besar di Kota Tebing Tinggi ini,” tutupnya.

Pengambilan berkas pendaftaran di Kantor DPC PPP Kota Tebing Tinggi ini dihadiri oleh, Ketua Tim Penjaringan Bahrum Syah, Sekretaris Aulia Hendri, Anggota DPRD PPP terpilih H. Sulaiman Nasution dan jajaran pengurus lainnya.

Selanjutnya Tim Riski Center datang ke Kantor Sekretariat Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi di Jalan D.I Panjaitan No.45 dengan tujuan yang sama sebelumnya, untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dan diterima Ketua Tim Penjaringan Asnawi Mangkualam, S.HI.

Asnawi Mangkualam, S.HI, kepada wartawan menyampaikan bahwa pihaknya telah membuka penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota mulai tanggal 1 hingga 7 Mei 2024. Penjaringan ini dilakukan atas perintah dari DPP Partai Nasdem dengan tujuan untuk memanggil putra dan putri terbaik yang siap membangun Kota Tebing Tinggi.

“Hingga hari kedua penjaringan, sudah ada delapan perwakilan yang datang ke kami untuk mengambil formulir pendaftaran. Dari mereka, enam orang siap maju sebagai bakal Calon Walikota, dan dua orang siap maju sebagai bakal calon Wakil Walikota,”ungkap Asnawi Mangkualam.

Asnawi juga menambahkan beberapa nama yang mendaftar akan dilaporkan kepada DPW Nasdem Provinsi Sumatera Utara sebelum tanggal 7 Mei 2024 untuk selanjutnya dikirim ke DPP Nasdem.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan yang akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Tebing Tinggi Priode 2024-2029, Asnawi mengatakan bahwa mereka melihat dr. Riski sudah cukup berpengalaman, memiliki kapasitas, integritas, dan komitmen yang dibutuhkan.

“Kami dari Partai Nasdem hanya akan mendukung dan mendoakan yang terbaik baginya. Semoga niat dan hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkas Asnawi.

Terpisah, Politisi muda, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan saat dikonfirmasi wartawan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi yang hari ini telah menerima kedatangan Tim Riski Center dalam rangka pengambilan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wakil Walikota Tebing Tinggi pada Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, saya tahun ini mencoba untuk mengikuti kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 khususnya dalam berkontribusi untuk pembangunan Kota Tebing Tinggi.

“Hari ini Kamis (2/5/2024) saya mengambil formulir untuk bakal calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasdem. Tentunya mudah mudahan ini bisa menjadi pintu masuk, yang insya Allah diridhoi oleh Allah SWT untuk bisa bersama sama memajukan Kota Tebing Tinggi khususnya bersama PPP dan Nasdem,”paparnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Momentum Harjad HSU, Gubernur dan Acil Odah Berbagi Kebahagiaan Berikan Hadiah Umroh

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah hadiri Hari Jadi Kabupaten HSU ke-72. (Foto/Adpim) 

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah berbagi kebahagian dengan memberikan hadiah umrah kepada warga di acara puncak Hari Jadi Kabupaten HSU ke-72 pada Kamis (2/5/2024).

Sebanyak 6 orang menerima Hadiah Umroh dari Paman Birin dan Acil Odah di Lapangan Pahlawan, Kota Amuntai, Kabupaten HSU.

Awal mulanya, momentun itu setelah Paman Birin memanggil dua orang pembakal atau Kepala Desa (Kades) setempat yang siapa cepat datang menemui orang nomor 1 di Kalimantan Selatan tersebut.

“Sebelah sini siapa pembakal. Silahkan maju cepat, siapa datang bedahulu itu yang dapat. Ayo, pembakal sini,” kata Paman Birin.

Di atas podium itu, satu per satu diberikan pertanyaan soal jumlah ikan di Kota Bertaqwa, kemudian membuat pantun secara spontan hingga pertanyaan lainnya. Ada 3 sosok pembakal yang maju disamping Gubernur Kalsel itu, kemudian pingsut di antara keduanya maka terpilihlah dua orang yang menerima umroh.

Tak lama, Paman Birin kembali memanggil dua warga di pojok panggung dan salah satunya merupakan pembina pramuka sekolah. Hal itu berkat pilihan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah berdiri menunjuk langsung seseorang tersebut. Dimana, Acil Odah sendiri adalah Ketua Kwarda Pramuka Kalsel.

“Ulun panggil acil nang dipojok itu. Sini Cil, datangi maju kalaunya handak hadiah,” ungkap Paman Birin, tegas.

Ternyata nama acil itu bernama Anita (43), warga asal Desa Kandang Halang, Amuntai Tengah. Dengan cepat, Paman Birin menanyakan soal bahan kuliner lokal yaitu Gangan Waluh.

“Baik. Perhatikan sama-sama, pertanyaannya bahwa sebutkan bahan-bahan gasan membuat Gangan Waluh?” tanya Paman Birin, tegas.

“Bayam, waluh, labu siam, kacang, uyah dan gula. Ditumpahkan air hingga mendidih,” jawab Acil Anita, tegang.

Secara langsung Paman Birin mengucapkan, selamat Acil Anita menerima hadiah umroh. Sorak suara warga bergemuruh dan bertepuk tangan dengan meriah.

Selepas itu, Anita disambut bahagia oleh rekan kerjanya di Komunitas Gabungan Emergency (KGE) Kabupaten HSU. Berkat dorongan teman-temannya, ia yakin maju saat dipanggil oleh Gubernur Kalsel.

Mata Acil Anita berkaca-kaca, dirinya masih kaget dengan bahagia menerima kabar baik tersebut. Tak ada mimpi apa-apa, ia merasa senang sekali dapat terpanggil ke Tanah Suci Mekkah.

“Belum pernah umroh. Ini kesempatan mahal yang ulun terima, Alhamdulillah sekali ya Allah,” ungkap dia lagi penuh gembira.

Dikesempatan itu, Acil Anita juga tak menyangka bahwa isteri Gubernur Kalsel yakni Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah merupakan kelahiran Alabio, Kabupaten HSU.

“Baru tau bahwa sidin (Acil Odah) warga asli sini. Ternyata beliau adalah orang nomor satu di Kalsel, tak lain urang Amuntai sendiri,” imbuhnya.

Perempuan kedua yang dipilih Paman Birin adalah penari asal Sanggar Air Mata bernama Seri Maulida (20), warga asal Desa Lampihong. Berbusana gaun kuning, ia tak menyangka juga dapat dipanggil langsung oleh Paman Birin.

Sebagai bentuk apresiasi Paman Birin, maka dirinya perwakilan sanggar untuk maju. Maulida mengaku spechless (tidak bisa berkata-kata) lagi.

“Dikira pertanyaannya sulit banget gitu. Ternyata tidak, Paman Birin baik sekali. Dihadapan beliau, cuma terbengong aja saat disebut ulun menerima umroh itu,” ucap Maulida.

“Kayak gak mungkin ya kita bisa umroh. Lagian sekarang itu mahal, ternyata Alhamdulillah diberi rezeki ini dimomentum Harjad HSU,” katanya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Beri Bantuan Korban Kebakaran di Kecamatan Paringin

Published

on

Bantuan secara simbolis diserahkan Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dan didampingi Kepala Cabang Paringin Fitri Hernadi. (Foto/Ist) 

BALANGAN, SuaraBorneo.com – Pada hari Sabtu, 27 April 2024 pukul 13:50 WITA di Komp. Maritam, Kel. Paringin Timur, Kec. Paringin, Kab. Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan telah terjadi musibah kebakaran.

Akibat kebakaran tersebut telah menghanguskan 12 buah rumah dan sebanyak 27 Kepala Keluarga menjadi korban akibat dari musibah kebakaran tersebut.

Sebagai wujud kepedulian Bank Kalsel atas musibah yang menimpa, melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel serta mewakili Manajemen Bank Kalsel menyampaikan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang dialami oleh warga setempat dan sekaligus memberikan bantuan uang tunai kepada Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban musibah kebakaran di Komp. Maritam, Kel. Paringin Timur, Kec. Paringin, Kab. Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dan didampingi Kepala Cabang Paringin Fitri Hernadi kepada perwakilan warga yang terdampak musibah kebakaran dan disaksikan oleh ketua RT. 01 Kabupaten Balangan.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” pesan Fachrudin. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Jalan Longsor Segera Diperbaiki Minta Legislator Balangan

Published

on

Anggota DPRD Balangan Elly Satriana. (Foto/Ist)

PARINGIN, SuaraBorneo.com – Anggota komisi III DPRD Balangan Elly Satriana meminta kepada pemerintah daerah secepatnya melaporkan adanya jalan longsor milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel yang ada di desa kusumbi hulu kecamatan Lampihong.

“Karena ini jalan milik Pemprov, pemkab Balangan melalui PUPR setempat secepatnya melaporkan ke PUPR Kalsel untuk segera melakukan penanganan perbaikan” ujarnya saat di hubungi via whattshap, Kamis (18/4/24) .

Kemudian, untuk penanganan sementara mengantisipasi terjadinya korban akibat jalan longsor, kepada PUPR dan Dishub untuk segera melakukan pemberian tanda dan penerangan pada malam hari.

“Mungkin perlu dipasang tanda adanya jalan longsor dan diberikan penerangan untuk malam hari,” tegasnya.

“Kami berharap kepada PUPR Balangan segera melaporkan jalan longsor tersebut dan kita harapkan bersama Pemprov Kalsel dalam hal itu PUPR Kalsel dapat segera melakukan perbaikan,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer