Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Banjarbaru

GTC Banjarbaru Pemuda Pancasila Bersama Indika Foundation, Kembali Mendapatkan Pelatihan

Published

on

BANJARBARU, suaraborneo.com -Relawan Gugus Tugas Cabang (GTC) Pemuda Pancasila Kota Banjarbaru bersama Indika Foundation, kembali mendapatkan pelatihan relawan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual, di Posko GTC Banjarbaru, Selasa (07/09/2021).

Seusai mendapatkan pembekalan dari Gugus Tugas Nasional Relawan Task Force Kemanusiaan (GTN RTFK) Covid-19, terkait persiapan aksi sosial yang rencananya digelar tanggal 13 September 2021 mendatang.

Ketua GTC Kota Banjarbaru, A Yani Makkie berharap melalui pelatihan relawan dari BNPB ini, para relawan yang bertugas di lapangan nantinya mempunyai bekal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Yani Makkie juga berpesan kepada para relawan agar tetap mengedepankan protokol kesehatan pada saat melaksanakan kegiatan.

“Jadikan contoh yang baik kepada masyarakat, tunjukkan bahwa Pemuda Pancasila peduli dan berada di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Pembekalan diantaranya di berikan oleh Decky Matulessy, dari Sub Bidang Pelatihan Bidang koordinasi Relawan BNPB yang didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini, menyampaikan berbagai macam hal terkait kerelawanan, diantaranya yakni ciri khusus relawan dan tugas relawan dalam penanganan Covid-19.

“Relawan itu punya ciri khusus, yakni pelayanan terhadap individu atau kelompok dilakukan secara sadar dan atas kemauan sendiri,” ujar Decky.

Selanjutnya kata Decky, relawan fokus pada kesejahteraan bagi yang dilayani, melakukan pelayanan dalam semangat kebersamaan dan persaudaraan, dan tidak mengharapkan imbalan.

“Sedangkan alasan umum menjadi relawan yakni, memiliki keinginan untuk menolong orang lain, mengekspresikan nilai-nilai yang dianut, dan sebagai kesempatan untuk mendapat keterampilan baru dan bertemu dengan orang baru,” jelasnya.

Kemudian, untuk tugas relawan dalam penanganan Covid-19 jelas Decky, yakni membantu posko-posko dan menggerakkan masyarakat untuk terlibat menjadi relawan dalam upaya penanganan Covid-19 di tingkat RT/RW, desa maupun kelurahan.

Tak hanya itu, para relawan juga melakukan edukasi dan sosialisasi dan monitoring protokol kesehatan di layanan publik, mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat, membantu penanganan pasien dan keluarganya yang terkonfirmasi positif Covid-19, mendukung penanganan bencana lainnya yang terjadi di masa pandemi Covid-19, sampai menguatkan organisasi atau lembaga dalam penanganan Covid-19.

“Mereka (para relawan) juga menginformasikan laporan-laporan yang ada di lapangan melalui penggunaan aplikasi SIM-R dan BLC (Bersatu Lawan Covid-19),” imbuhnya. (hrs-sb)

 93 kali dilihat

Umum

Populer